FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

oleh Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Jumlah balasan: 23

Mhs bernomor urut genap mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut ganjil menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Dwi Rahayu -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh izin memperkenalkan diri
Nama : Dwi Rahayu
Npm : 2113022071
No urut : 18
Izin bertanya
Mengapa Pembelajaran berbasis masalah perlu dikaitkan dengan berpikir kritis?dan apa kaitannya?
Terimakasih
Sebagai balasan Dwi Rahayu

Re: RUANG DISKUSI

oleh Adinda Putri purnamasari -
Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Adinda putri purnamasari
Npm: 2213022092
No. Urut : 17
Izin menjawab, Strategi yang berpusat pada peserta didik membangun keterampilan berpikir kritis dan penalaran adalah kreativitas dan kebebasan membantu peserta didik merasakan kepemilikan dari pekerjaan mereka.Penggunaan pembelajaran ini dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan kemampuan analisis seperti berpikir kritis, menjelaskan masalah,dan menyelesaikan masalah.peserta didik memulai mengembangkan keterampilan seperti teknik penelitian, menganalisis data,dan bekerja berkelompok. semua keterampilan tersebut membantu peserta didik untuk digunakan sebagai pembelajaran sepanjang hidup.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Fita Fita Agustia -
Assalamu'alaikum wr. Wb
Nama: Fita agustia
Npm: 2213022091
No urut: 4

Izin bertanya
Bagaimana penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran itu?
Sebagai balasan Fita Fita Agustia

Re: RUANG DISKUSI

oleh Melda Adinda Putri -
Nama: Melda Adinda Putri
NPM : 2213022072
No urut : 3

Izin menjawab pertanyaan dari Fita Agustia
PBL merupakan metode pembelajaran yang di dalamnya melibatkan siswa untuk berusaha memecahkan masalah dengan melalui beberapa tahap ilmiah.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Lutfiah Mazidah -
Nama: Lutfiah Mazidah
Npm: 2213022086
No urut: 10 (genap)
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin bertanya, apa perbedaan inkuiri discovery dengan problem base learning?
Sebagai balasan Lutfiah Mazidah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Nindi Putri Indah Sari -
Nama: Nindi Putri Indah Sari
Npm: 2213022083
No urut: 09 (Ganjil)

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
Izin menjawab pertanyaan dari Lutfiah Mazidah, Kalau pembelajaran (inkuiri-discoveri) itu lebih menekankan pada masalah akademik. Sedangkan dalam pembelajaran problem base learning lebih memfokuskan pada masalah kehidupan nyata yang bermakna bagi siswa.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Mila Rosalia Putri -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Mila Rosalia Putri
Npm : 2213022099
No.urut : 20

izin bertanya
Bagaimanakah cara menerapkan problem solving (langkah langkah) dalam pembelajaran fisika, apakah sama dengan langkah langkah PBL yang umum digunakan?
Terima kasih
Sebagai balasan Mila Rosalia Putri

Re: RUANG DISKUSI

oleh PUPUT PUPUT RAHAYU -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarrakatuh
Nama : Puput Rahayu
Npm : 2253022001
No urut 19
Izin menjawab pertanyaan Mila Rosalia putri

John Dewey mengemukakan bahwa keaktifan siswa di sekolah harus bermakna. Untuk memecahkan suatu masalah, John Dewey mengemukakan langkah-langkah sebagai berikut sebagai berikut :
1. Mengemukakan masalah atau masalah. Guru menghadapi masalah yang akan kehilangan kepada siswa.
2. Memperjelas persoalan atau masalah. Masalah tersebut dirumuskan oleh guru bersama siswa.
3. Siswa bersama guru mencari kemungkinan kemungkinan yang akan dilaksanakan dalam memecahkan soal.
4. Mencoba kemungkinan yang dianggap sebagai titik menguntungkan guru menetapkan cara memecahkan masalah yang dianggap paling tepat.
5. Penilaian cara yang diputuskan, apakah dapat mendatangkan hasil yang diharapkan atau tidak
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Yuli Yani Permata Sakti -
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh
Nama : Yuli Yani Permata Sakti
NPM : 2213022068
No Urut : 14

Izin bertanya
Apa tujuan dan maksud dibuat nya LKS (Lembar kerja siswa) dalam PBL, serta apa saja manfaat yang didapat didalam pembuatan LKS nya!

Terima Kasih
Sebagai balasan Yuli Yani Permata Sakti

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ulfa Siti Ulfa Nur Annisa -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Siti Ulfa Nur Annisa
NPM : 2213022088
No Urut : 13

Izin menjawab pertanyaan dari Yuli Yani Permata Sakti
Tujuan dan maksud dibuat nya LKS (Lembar kerja siswa) dalam PBL yaitu
1.Menyajikan bahan ajar yang memudahkan siswa untuk berinteraksi dengan materi yang diberikan
2.Menyajikan tugas tugas yang dapat meningkatkan penugasan siswa terhadap materi yang diberikan
3.Melatih kemandirian belajar siswa
4.Memudahkan dalam memberikan tugas kepada siswa
Adapun manfaat dari penggunaan suatu LKS dalam proses pembelajaran adalah mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, membantu siswa dalam mengembangkan konsep, sebagai pedoman guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran, membantu siswa untuk memperoleh catatan tentang materi yang dipelajari melalui kegiatan belajar serta membantu siswa untuk menambah informasi terkait konsep yang dipelajari melalui kegiatan belajar secara sistematis.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ananda Suci Ariefiana -
Nama:ananda suci Ariefiana
Npm:2213022090
No urut 26

Izin bertanya
Jelaskan apa kelemahan dari model based learning?
Sebagai balasan Ananda Suci Ariefiana

Re: RUANG DISKUSI

oleh Nisa Ulfa Dila -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Nisa Ulfa Dila
NPM : 2213022085
No Urut: 27

Izin menjawab pertanyaan dari Ananda Suci Ariefiana.

Kelemahan dari model PBL ialah seringnya siswa menemukan kesulitan dalam menentukan permasalahan yang sesuai dengan tingkat berpikir siswa, selain itu juga model PBL memerlukan waktu yang relatif lebih lamadari pembelajaran konvensional serta tidak jarang siswa menghadapi kesulitan dalam belajar.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rabiatul Adawwiah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Rabiatul Adawwiah
Npm : 2213022073
No. Urut : 2

Izin bertanya,
Apakah karakteristik pembelajaran berdasarkan masalah atau Problem Based Learning?

Terimakasih banyak
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Sebagai balasan Rabiatul Adawwiah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Isma Salwa -
Nama: Isma Salwa
Npm: 2213022096
No urut: 23

Izin menjawab pertanyaan dari Rabiatul Adawwiyah,
Pada model Problem Based Learning memiliki tiga unsur esensial yaitu;
1). Adanya permasalahan
2). Pembelajaran berpusat pada siswa
3). Belajar dalam kelompok kecil berkolaborasi dengan teman lainnya.
Sebagai balasan Rabiatul Adawwiah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rizka Diah Nuariyanti 2213022078 -
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rizka Diah Nuariyanti
Npm : 2213022078
No. Urut : 1

Izin menjawab,

Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning/PBL)memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut;

1. Mengorientasikan siswa kepada masalah autentik dan menghindaripembelajaran terisolasi
2. Berpusat pada siswa dalam jangka waktu lama
3. Menciptakan pembelajaran interdisiplin
4.Penyelidikan masalah autentik yang terintegrasi dengan dunia nyata dan
5. pengalaman praktis
6. Menghasilkan produk/karya dan memamerkannya
7. Mengajarkan kepada siswa untuk mampu menerapkan apa yang merekapelajari di sekolah dalam kehidupannya yang panjang
8. Pembelajaran terjadi pada kelompok kecil
9. Guru berperan sebagai fasilitator, motivator dan pembimbing
10. Masalah diformulasikan untuk memfokuskan dan merangsang Pembelajaran
11. Masalah adalah kendaraan untuk mngembangkan keterampilanpemecahan masalah
12. Informasi baru diperoleh lewat belajar mandiri

Terimakasih banyak
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Risnawati Hutapea -
Selamat pagi,izin memperkenalkan diri
Nama : Risnawati Hutapea
Kelas : 2213022079
No urut : 8
izin bertanya,Mengapa perlu kaitan PBL dengan berpikir kritis dan apa kaitannya?
terimakasih
Sebagai balasan Risnawati Hutapea

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ririn Elysa -
Nama : Ririn Elysa
Npm : 2213022095
No.7
Izin menjawab PBL memberdayakan keterampilan berpikir kritis karena PBL melibatkan aktivitas berpikir yang tidak hanya sebagai proses operasi mental seperti penalaran.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh YAYANG SAFITRI -
Nama : Yayang Safitri
Npm : 2213022089
No absen : 22

Izin bertanya bagaimana cara menerapkan pelajaran based learning pada saat mengajar didalam kelas?
Sebagai balasan YAYANG SAFITRI

Re: RUANG DISKUSI

oleh Novia Mita Safitri -
NAMA : NOVIA MITA SAFITRI
NPM : 2213022081
NO ABSEN : 21

Izin menjawab pertanyaan dari YAYANG SAFITRI.
cara menerapkan pembelajaran based learning pada saat mengajar didalam kelas yaitu :
1. Orientasi Siswa pada Masalah.
2. Mengorganisasi Siswa untuk Belajar.
3. Membimbing Penyelidikan Individual dan Kelompok.
4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya.
5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Indah Purnama -
Nama : Indah purnama
NPM : 2213022087
no. urut 16
Izin bertanya
Apakah PBL lebih efektif daripada metode yang lain,mengapa?
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Agi Melianse -
Nama: Agi Melianse
NPM: 2213022076
No urut: 11

Izin menjawab pertanyaan indah
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Problem Based Learning lebih efektif jika dibandingan dengan metode Cooperative Learning tipe Jigsaw dan ceramah dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Perencana- an Pembelajaran.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Bella Wahyuni -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama :. Bella Wahyuni
Npm : 2213022080
No urut : 28
Izin bertanya
Mengapa guru memilih model pembelajaran PBL?

Terimakasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Azosila _ -
Nama : Azosila
Npm: 2213022082
No urut 24
Izin bertanya, Apa yg menarik dari Project Based Learning?
Kelebihan project based learning?