Forum Diskusi Pertemuan-7

Forum Diskusi Pertemuan-7

Forum Diskusi Pertemuan-7

Number of replies: 14
setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-3, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini! 
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by RISKA.MARIANA_ 2113053207 -
Link Presentasi : https://drive.google.com/drive/folders/1Yi5TCTkL21UJ6vqdGMqaSyRi_amRfrpL?usp=sharing
Nama Anggota Kelompok 3 :
1. Rohmi Illiyin (2113053040)
2. Gustira Febri Sazita (2113053081)
3. Nafisa Khira (2113053172)
4. Vera Tri Astuti (2113053205)
5. Riska Mariana (2113053207)
6. Nadia Ivana Agustin (2113053245)
7. Rahmansisa Da’iyah Putri (2113053301)


In reply to RISKA.MARIANA_ 2113053207

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by GALATIA GALUH IVANKA 2113053039 -
Nama: Galatia Galuh Ivanka
NPM:2113053039
Izin bertanya Di antara jenis-jenis sumber dan media pembelajaran berbasis TIK di Indonesia, manakah yang sering dimanfaatkan oleh guru dalam proses pembelajaran
In reply to GALATIA GALUH IVANKA 2113053039

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by RISKA.MARIANA_ 2113053207 -
Nama: Riska Mariana
NPM: 2113053207

Ijin menjawab, video pembelajaran adalah media yang paling sering digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan cara merekam penjelasan guru kemudian video rekaman tersebut di unggah ke dalam grub pembelajaran ataupun di You Tube agar bisa ditonton oleh siswa.

Video pembelajaran ini merupakan salah satu media pembelajaran berbasis TIK yang dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar video pembelajaran yang dibuat dengan kreatif dapat menarik minat siswa untuk fokus menyimak materi yang di sampaikan melalui video pembelajaran. Media video pembelajaran ini juga sangat efisien karena siswa dapat memutar ulang video jika masih belum memahami materi, siswa juga dapat menonton video pembelajaran kapan saja dan dimana saja.
In reply to RISKA.MARIANA_ 2113053207

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by DANTI OKTARINA -
Nama : Danti Oktarina
NPM : 2113053223
Kelas : 4 H
Izin bertanya, sejauh mana teknologi telah membantu pendidik dalam proses pembelajaran di sekolah dasar?
In reply to DANTI OKTARINA

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Vera Tri Astuti -
Nama : Vera Tri Astuti
NPM : 2113053205

Izin menjawab pertanyaan Danti Oktarina, dapat diketahui bahwasanya Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat berdampak besar pengaruhnya terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran adalah pada inovasi pengembangan media pembelajaran yang lebih menarik dan komunikatif.

Teknologi Informasi sangat membantu guru dalam proses pembelajaran, karena teknologi informasi tersebut sangat memudahkan guru dalam mengolah nilai ataupun dalam bidang belajar mengajar.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat juga mempengaruhi perkembangan media pembelajaran yang lebih menarik. Penggabungan beberapa jenis media seperti media grafis, media audio dan media video membuat media pembelajaran lebih menarik dan komunikatif, sehingga dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar yang diperoleh siswa karena siswa dengan mudah dapat menyerap materi yang diajarkan. Serta adanya jaringan internet guru dan siswa dapat memperoleh informasi dengan cepat serta dapat berbagi informasi menggunakan media sosial.

Perkembangan teknologi infomasi dan komunikasi sangat berperan dalam proses pembelajaran dengan hadirnya media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Dengan adanya media pembelajaran yang interaktif dan menarik dapat membantu guru dalam menyampaikan pesan yang berupa materi pelajaran dengan baik dan jelas sehingga siswa mudah menerima apa yang disampaikan oleh guru, dan dapat membangkitkan motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran, dengan demikian dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu fungsi dari media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.

Beberapa bentuk penggunaan multimedia berbasis komputer yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran meliputi :

Multimedia presentasi
Multimedia presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoritis digunakan dalam pembelajaran klasikal, baik untuk kelompok kecil atau besar dengan menggunakan multimedia proyektor yang memiliki jangkauan pancar cukup besar. Kelebihan media ini dapat menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, gambar dan suara menjadi satu penyajian.

Pembelajaran Berbasis Komputer (CD Multimedia Interaktif)
Pembelajaran Berbasis Komputer, pada umumnya bertipe tutorial yang bertujuan membimbing siswa secara tuntas menguasai materi dengan cepat dan menarik. Kelebihan lain dari CD interaktif ini adalah siswa dapat belajar secara mandiri tidak tergantung kepada guru. Selain itu materi yang diajarkan dalam CD dapat langsung dipraktekkan oleh siswa. Terkait dengan peningkatan mutu pembelajaran, komputer dimanfaatkan dalam dua macam penerapan, yaitu dalam bentuk pembelajaran dengan bantuan komputer (Computer Assisted Instruction / CAI) dan pembelajaran berbasis komputer (Computer Based Instruction / CBI).
Kontrol pembelajaran dalam pembelajaran berbasis komputer ini sepenuhnya ada di tangan siswa, karena pembelajaran berbasis komputer menerapkan pola pembelajaran bermedia, yaitu secara utuh sejak awal hingga akhir menggunakan piranti sistem komputer (CD interaktif).

Video Pembelajaran
Media video pembelajaran dapat digolongkan ke dalam jenis media audio visual aids(AVA), yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang bisa dilihat. Video ini bersifat interaktif – tutorial membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Video bersifat interaktif tutorial membimbing peserta didik untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Media jenis ini juga dapat digunakan untuk menyajikan bagian bagian dari suatu proses dan prosedur secara utuh. Sehingga diharapkan siswa dapat memperoleh persepsi dan pemahaman yang sama dan benar, selain siswa dapat menerima materi pelajaran. Sedangkan guru diharapkan dapat mengikat siswa selama pembelajaran berlangsung dan membantu siswa mengingat kembali pengetahuan yang sudah dipelajarinya.

E – Learning
Seiring perkembangan teknologi dibidang komunikasi dan informasi , peranan guru sebagai sumber belajar sedikit tergeser. Guru lebih banyak memosisikan dirinya sebagai fasilitator. Yang bertugas memfasilitasi siswa agar dapat belajar setiap saat melalui berbagai macam sumber belajar yang sudah tersedia dimana mana. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi proses pembelajaran tersebut dimungkinkan terjadi dengan menyediakan sarana pembelajaran online melalui internet. Konsep pembelajaran tersebut lebih dikenal dengan sebutan e-learning, di dalam e-learning tidak saja materi ajar yang diajarkan secara online, tetapi juga ditandai dengan adanya suatu sistem untuk mengatur dan memonitor interaksi antara guru dan siswa.
In reply to RISKA.MARIANA_ 2113053207

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by KARINA CAHYA UTAMI 2113053217 -
nama : Karina Cahya Utami
npm : 2113053217
izin bertanya Semakin canggihnya peralatan TIK, dapat dimungkinkan terjadi penyalahgunaan dibidang pendidikan. Pertanyaan bagaimana mencegah terjadinya penyalahgunaan tik terutama di bidang pendidikan menurut kelompok kalian
In reply to KARINA CAHYA UTAMI 2113053217

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by NAFISA KHIRA -
Nama : Nafisa Khira
NPM : 2113053172

Izin menjawab pertanyaan Karina
a. Upaya preventif adalah suatu tindakan yang bertujuan untuk mencegah atau mengantisipasi timbulnya suatu permasalahan. Dalam hal ini upaya yang bias dilakukan oleh madrasah/ sekolah misalkan memberikan himbauan kepada siswa akan bahayanya Teknologi Informasi, memberikan teladan, menanamkan akhlak yang baik terhadap siswa.

b.Upaya represif adalah suatu tindakan aktif yang dilakukan oleh pihak yang berwajib pada saat penyimpangan itu terjadi agar dapat dihentikan. Dalam hal ini, pihak madrasah/ sekolah dapat memberikan suatu hukuman kepada siswa bila kedapatan melakukan penyimpangan terkait dengan perkembangan teknologi informasi, melakukan kunjungan kerumah siswa yang bermasalah, dan member sanksi kepada siswa apabila tetap melakukan kesalahan dan tak menyadarinya. Selain itu madrasah juga dapat melakukan upaya penanggulangan dampak negatif teknologi informasi, dengan pendekatan agama, yang dapat dilakukan dengan memberikan nasehat, melakukan shalat taubat, dan lain sebagainya.
In reply to RISKA.MARIANA_ 2113053207

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Lulu Rohmatun -
Nama : lulu rohmatun nazilah
Npm : 2113053198
Apa manfaat adanya TIK dalam dunia pendidikan saat ini khususnya dalam pendidikan sekolah dasar
In reply to Lulu Rohmatun

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Rahmanisa Da'iyah Putri 2113053301 -
Nama : Rahmanisa Da'iyah Putri
NPM : 2113053301
Kelas : 4H

isin menjawab pertanyaan lulu, Dalam kehidupan kita saat ini banyak hal yang bisa dilakukan dengan mudah dengan adanya bantuan teknologi. Perkembangan teknologi yang sangat pesat bisa kita manfaatkan seperti halnya untuk membantu di dunia pendidikan.
nah, kemudian apa aja sih manfaat manfaatnya:

1. Informasi semakin cepat diperoleh dan diakses untuk tujuan pendidikan.
3. Munculnya e-learning untuk menunjang kemudahan proses pendidikan.
3. Materi pelajaran dapat dibuat lebih menarik dan interaktif.
4. Pelajar mudah memperoleh ilmu pengetahuan dan informasi.
5. TIK menawarkan perpustakan digital yang mudah diakses.

nah itu td manfaat dalam dunia pendidikan, jika dalam lingkungan sekolah dasar, TIK ini sendiri memudahkan dan juga membantu guru SD untuk mencapai pembelajaran yang kondusif, salah satu contohnya yaitu ketika guru memanfaatkan powerpoint sebagai media penunjang untuk belajar, tanpa disadari anak anak akan lebih semangat untuk memperhatikan guru, karna media powerpoint itu tidak biasa mereka lihat, nah dari semangat untuk memperhatikan itulah tercipta pembelajaran yang kondusif dan tenang.

mungkin itu salah satu contohnya, contoh lainnya itu peserta didik nya lebih mudah menyerap pembelajaran, terciptanya pembelajaran yang tidak membosankan karna gurunya hanya menjelaskan lalu mencatat, dan masih banyak lg manfaat lainnya.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Alwan Naufal A -
Nama : Alwan Naufal Akmaluddin
NPM : 2113053192
Kelas : 4H

Izin bertanya, Bagaimana kita nanti sebagai calon pendidik mengatasi kendala " Yang ada pada pembelajaran yang berbasis TIK?
In reply to Alwan Naufal A

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Nadia Ivana Agustin -
Izin menjawab
Dalam proses pembelajaran tentu saja pasti terdapat kendala-kendala yang menghambat proses pembelajaran peserta didik di sekolah yang mana kendala tersebut dapat berasal dari internal pendidik maupun eksternal yaitu dari lingkungan sekolah tersebut. Kendala yang biasanya ada pada proses pembelajaran yang berbasis TIK yakni kurangnya kemampuan pendidik dalam menguasai serta mengoperasikan perangkat TIK dalam pembelajaran serta kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana perangkat TIK di sekolah. Dalam kendala-kendala tersebut pendidik harus dapat menguasai dan mengoperasikan perangkat TIK untuk dapat mengajarkan pembelajaran berbasis TIK bagi peserta didik.

Berdasarkan materi yang sudah saya jelaskan bahwa dalam proses meningkatkan kemampuan penguasaan TIK bagi guru dapat
dilakukan beberapa hal antara lain, seperti:
1. Mengirim guru untuk mengikuti kegiatan pelatihan, penataran,
seminar dan workshop mengenai TIK.
2. Mengadakan kegiatan pelatihan dan sosialisasi TIK bagi seluruh
guru dengan mendatangkan nara sumber ahli.
3. Melengkapi berbagai sarana dan media berbasis TIK yang dapat
menunjang kegiatan pembelajaran.
4. Melaksanakan dan melatih pembelajaran dengan menggunakan
berbagai strategi dan metode berbasis TIK, meskipun tidak semua sekolah
mampu melaksanakan secara efektif
6. Mengadakan studi banding ke sekolah lain yang dipandang lebih
maju bidang TIKnya

Dalam peningkatan tersebut guru diharapkan dapat terus mengasah ilmu untuk proses pembelajaran dan upgrade diri sehingga nantinya mampu membimbing peserta didik dalam perkembangan pembelajaran berbasis TIK. Kemudian untuk kendala kurangnya sarana dan prasarana di sekolah sebaiknya lembaga pendidikan mengalokasikan dana untuk melengkapi sarana tersebut. Kita selaku pendidik dapat mengajukan saran untuk keberlangsungan proses pembelajaran atau mungkin dapat mengajukan kerjasama kepada beberapa lembaga untuk dapat menyokong sarana dan prasarana tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by DESTIA RUSMIATI -
Nama : Destia Rusmiati
Npm : 2113053068

Izin bertanya Menurut pendapat kalian dari beberapa jenis sumber dan media pembelajaran berbasis TIK yang dimanfaatkan guru disekolah dasar, apakah semua nya efektif jika diterapkan di kelas rendah maupun kelas tinggi? Jelaskan
In reply to DESTIA RUSMIATI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Gustira febri Sazita 2113053081 -
Izin menjawab, Dari beberapa jenis sumber dan media pembelajaran berbasis TIK yang dimanfaatkan guru sekolah dasar dapat dikatakan efektif untuk diterapkan terlebih lagi untuk peserta didik di kelas tinggi, yang dimungkinkan telah memahami penggunaan komputer dan internet. Namun untuk peserta didik di kelas rendah dapat ditinjau kembali, karena memungkinkan anak belum memahami penggunaan dan pemanfaatan komputer dan internet yang baik dan benar. Terlepas dari pemahaman peserta didik, untuk pemanfaatannya dapat dikatakan efektif diterapkan dalam pembelajaran, karena dengan menggunakan komputer dan internet informasi terkait materi pelajaran dapat diakses dengan mudah dan lengkap, sehingga dapat membuat pembelajaran lebih efisien.