Selamat pagi rekan-rekan mahasiswa yang berbahagia. Setelah mengamati video pembelajaran yang kalian amati di pertemuan sebelumnya, silahkan kalian berdiskusi di kelompok masing-masing membahas hasil analisis video yang kalian amati. Selamat berdiskusi
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kelompok 8, mari berdiskusi
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh, yukkk diskusi mengenai pendekatan saintifik
Menurut jurnal yang aku baca (Imam Ghozali, 2017), pendekatan scientific ialah pendekatan yang digunakan dalam
pembelajaran yang dilakukan melalui proses ilmiah. Dalam artian, apa yang dipelajari dan diperoleh peserta didik dilakukan dengan indra dan akal pikiran
sendiri, sehingga mereka secara langsung dalam proses mendapatkan ilmu
pengetahuan. Jadi, proses pembelajarannya mengarahkan peserta didik pada pengalaman belajar berbasis sains atau keilmuan. Bagaimana menurut kalian?
pembelajaran yang dilakukan melalui proses ilmiah. Dalam artian, apa yang dipelajari dan diperoleh peserta didik dilakukan dengan indra dan akal pikiran
sendiri, sehingga mereka secara langsung dalam proses mendapatkan ilmu
pengetahuan. Jadi, proses pembelajarannya mengarahkan peserta didik pada pengalaman belajar berbasis sains atau keilmuan. Bagaimana menurut kalian?
Setuju, Izin menambahkan ya jadi menurut Direktorat Pembinaan SMP (Maprokhi, 2015: 170) mengatakan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik didefinisikan sebagai pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga siswa secara aktif memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap melalui tahapan-tahapan:
(1) mengamati (untuk mengidentifikasi masalah yang ingin diketahui).
(2) merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis).
(3) mengumpulkan data/informasi dengan berbagai teknik.
(4) mengolah/menganalisis data/ informasi dan menarik kesimpulan.
(5) mengomunikasikan hasil yang terdiri atas kesimpulan dan mungkin juga temuan lain yang di luar rumusan masalah.
(1) mengamati (untuk mengidentifikasi masalah yang ingin diketahui).
(2) merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis).
(3) mengumpulkan data/informasi dengan berbagai teknik.
(4) mengolah/menganalisis data/ informasi dan menarik kesimpulan.
(5) mengomunikasikan hasil yang terdiri atas kesimpulan dan mungkin juga temuan lain yang di luar rumusan masalah.
betul, menurut yang aku baca, pendekatan saintifik adalah pendekatan yang
dioperasionalisasikan dalam bentuk kegiatan pembelajaran yang di dalamnya memuat
pengalaman belajar dalam bentuk kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi (mencoba), menalar (mengasosiasi), dan mengomunikasikan. nah untuk melakukan tahapan tahapan tersebut dilakukan dengan menerapkan pembelajaran berbasis penyingkapan/penelitian
(discovery/inquiry learning), pembelajaran berbasis pemecahan masalah (problem based
learning, dan pembelajaran berbasis proyek (project based learning).
dioperasionalisasikan dalam bentuk kegiatan pembelajaran yang di dalamnya memuat
pengalaman belajar dalam bentuk kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi (mencoba), menalar (mengasosiasi), dan mengomunikasikan. nah untuk melakukan tahapan tahapan tersebut dilakukan dengan menerapkan pembelajaran berbasis penyingkapan/penelitian
(discovery/inquiry learning), pembelajaran berbasis pemecahan masalah (problem based
learning, dan pembelajaran berbasis proyek (project based learning).
Menurut Ine, 2015 pendekatan scientifc itu pembelajaran lebih aktif dan tidak membosankan, siswa membangun pengethuan dan keterampilan melaui fakta-fakta yang ditemukan di lapangan, selain itu juga siswa didorong lebih mampu dalam bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan mengenai hal-hal yang dipelajari dari pengalaman langsung.
wahh mantap temen-temen semuaa, keren banget ya berarti pendekatan ini sangat mengedepankan untuk membentuk siswa memperoleh pengetahuan. kalo menurut jendhiya gimanaa deyy?
menurut saya mungkin tidak jauh berbeda dari yang telah teman-teman paparkan, pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang meliputi lima pengalaman belajar, yaitu mengamati (observing), menanya(questioning), mengumpulkan informasi/mencoba (experimenting), menalar/mengasosiasi (associating), dan mengomunikasikan (communicating).
setujuu
Pendekatan scientifik juga memiliki kriteria ilmiah, yaitu:
1) Materi pembelajaran berdasarkan fakta yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu.
2) Penjelasan dari guru, respon siswa, serta interaksi edukatif guru dan siswa yang terbebas dari prasangka serta-merta, pemikiran subjektif, atau segelintir penalaran yang menyimpang dari alur berfikir logis.
3) Mendorong serta menginspirasi siswa untuk berpikir secara kritis, analisis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasi pembelajaran.
4) Mampu mendorong siswa dan menginspirasi siswa mengembangkan pola pikir yang rasional dan objektif dalam merespon pembelajaran.
5) Bersifat mendorong dan menginsipirasi siswa berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran.
6) konsep, teori, dan empiris dapat dipertanggungjawabkan.
7) merumuskan pembelajaran secara sederhana dan jelas namun menarik dalam sistem penjajiannya. (Lusiana, 2014).
1) Materi pembelajaran berdasarkan fakta yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu.
2) Penjelasan dari guru, respon siswa, serta interaksi edukatif guru dan siswa yang terbebas dari prasangka serta-merta, pemikiran subjektif, atau segelintir penalaran yang menyimpang dari alur berfikir logis.
3) Mendorong serta menginspirasi siswa untuk berpikir secara kritis, analisis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasi pembelajaran.
4) Mampu mendorong siswa dan menginspirasi siswa mengembangkan pola pikir yang rasional dan objektif dalam merespon pembelajaran.
5) Bersifat mendorong dan menginsipirasi siswa berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran.
6) konsep, teori, dan empiris dapat dipertanggungjawabkan.
7) merumuskan pembelajaran secara sederhana dan jelas namun menarik dalam sistem penjajiannya. (Lusiana, 2014).
wahh seperti ituu, boleh dikirim ni jurnalnya kesinii
http://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/5
Selain yang dipaparkan oleh teman-teman, pendekatan scientific akan lebih berkesan dan bermakna bagi siswa, karena mengajak siswa untuk memperoleh pengetahuan dan informasi baru secara mandiri yang bisa berasal dari mana saja, kapan saja, dan tidak bergantung pada informasi searah dari guru. selain itu juga siswa lebih aktif mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilan juga dapat mendorong siswa untuk melakukan peneylidikan guna menemukan fakta-fakta dari suatu kejadian.
betul, jadi mereka bisa lebih bereksplorasi mengenai suatu materi dan mendapatkan pemahaman mereka sendiri melalui tahapan-tahapan ilmiah yang sudah dijelaskan teman-teman di atas
oiya teman-teman setelah mencari materi pendekatan scientific kita kan akan menganalisis video pembelajaran, apa kalian udah mulai mencari-cari??
kita gunakan video yang ini ya teman teman, selanjutnya kita akan analisis apakah video pembelajaran tersebut memuat tahapan tahapan pendekatan scientific yg sudah kita diskusikan tadi
oke dian, ini pakai video kedua yang minggu lalu yaa kan
betull nadya
Nah pada video pembelajaran, guru tersebut telah mengaplikasikan pendekatan scientific. Bagian saat guru menerapkan pendekatan scientific yaitu:
Tahap mengamati
1). Guru memberikan penjelasan topik yang dipelajari
2). Siswa membentuk kelompok belajar
3). Guru memberikan tugas awal kelompok
Tahap Menanya
Guru mengajak siswa diskusi
Tahap Mencoba
Guru memberikan lembar kegiatan
Tahap Menalar
Guru mengarahkan siswa untuk diskusi
Tahap Mengkomunikasikan
1). Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok
2). Siswa menyimpulkan hasil kegiatan.
Bagaimana menurut teman-teman apakah memiliki pendapat lain?
Tahap mengamati
1). Guru memberikan penjelasan topik yang dipelajari
2). Siswa membentuk kelompok belajar
3). Guru memberikan tugas awal kelompok
Tahap Menanya
Guru mengajak siswa diskusi
Tahap Mencoba
Guru memberikan lembar kegiatan
Tahap Menalar
Guru mengarahkan siswa untuk diskusi
Tahap Mengkomunikasikan
1). Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok
2). Siswa menyimpulkan hasil kegiatan.
Bagaimana menurut teman-teman apakah memiliki pendapat lain?
betul, setuju.
dalam video tersebut sudah penerapkan pendekatan saintifik, dengan begitu proses pembelajaran tidak hanya berjalan satu arah saja, siswa dapat memperoleh pengetahuan dan informasi baru dengan berdiskusi sesama teman
dalam video tersebut sudah penerapkan pendekatan saintifik, dengan begitu proses pembelajaran tidak hanya berjalan satu arah saja, siswa dapat memperoleh pengetahuan dan informasi baru dengan berdiskusi sesama teman
setuju dengan jendhiya, pada tahap diskusi yang dimana diberikan lks kepada para siswa, mereka akan mengamati persoalan, bertanya-tanya mengenai jawaban dari permasalahan, mencari informasi berupa jawaban, kemudian dipresentasikan di depan kelas lalu menyimpulkan
setuju dengan jendhiya, menurut aku, di video itu guru melakukan pendekatan scientific namun pada beberapa tahapan saja ya
1. mengamati
di tahap ini guru memberikan pengantar materinya dan mengerjakan lks secara berkelompok
2. merumuskan pertanyaan
disini kurang terlihat bahwa siswa tersebut merumuskan pertanyaan dan bertanya kepada guru
3. mengumpulkan data
pada langkah ini banyak terlihat ya, mulai dari alat peraga hingga tayangan video di kelas
4. menganalisis/menalar
disini terjadi diskusi dimana siswa memaparkan jawabannya di depan kelas
5. mengkomunikasikan
pada tahap ini juga sudah terjadi seperti terlihat siswa yang menyimpulkan hasil kegiatan dahulu baru dilanjut kesimpulan oleh guru.
1. mengamati
di tahap ini guru memberikan pengantar materinya dan mengerjakan lks secara berkelompok
2. merumuskan pertanyaan
disini kurang terlihat bahwa siswa tersebut merumuskan pertanyaan dan bertanya kepada guru
3. mengumpulkan data
pada langkah ini banyak terlihat ya, mulai dari alat peraga hingga tayangan video di kelas
4. menganalisis/menalar
disini terjadi diskusi dimana siswa memaparkan jawabannya di depan kelas
5. mengkomunikasikan
pada tahap ini juga sudah terjadi seperti terlihat siswa yang menyimpulkan hasil kegiatan dahulu baru dilanjut kesimpulan oleh guru.
Menurut dari video di atas, furu melakukan pemdekatan scientif yang di mana telah di jelaskan oleh rekan saya yaitu pendekatan scientific yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan, mencoba menalar dan mengkomunikasikan. Dan juga guru mendorong siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan melakukan komunikasi terhadap siswa mengenai pembelajaran yang diajarkan.
Pada video tersebut juga, sang guru menciptakan sebuah lagu tentang materi yang diajarkan itu merupakan salah satu cara agar proses pembelajaran terasa menarik dan berkesan untuk siswa, sehingga menjadi lebih bermakna dan mudah diingat oleh siswa
Menggunakan video minggu lalu dek untuk analisisnya
iyaa kakk baikk
baik lah temen" semua sebelum praktikumnya berakhir, ada kah yang mau menyampaikan kesimpulan pada praktikum hari ini mengenai pendekatan saintifik?
Jadi Kesimpulannya, pendekatan scientific adalah pendekatan pembelajaran yang mengarah pada fakta-fakta yang dapat dijelaskan secara logika atau penalaran tertentu bukan bersifat pada kira-kira, khayalan. Pendekatan scientific meliputi mengamati, menanya, mencoba. Menalar, dan mengkomunikasikan. Pendekatan scientif dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya, juga dapat mendorong siswa untuk melakukan penyelidikan guna menemukan fakta-fakta.
baiklah teman-teman karena waktu praktikum kita telah habis, kita lanjut di grup WA untuk lanjut buat makalah hasil analisis kita pada hari ini yaaa