Selamat pagi rekan-rekan mahasiswa yang berbahagia. Setelah mengamati video pembelajaran yang kalian amati di pertemuan sebelumnya, silahkan kalian berdiskusi di kelompok masing-masing membahas hasil analisis video yang kalian amati. Selamat berdiskusi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi semua!
Hari ini kita diskusi mengenai aplikasi pendekatan scientific ya. Video nya adalah video pertemuan lalu.
Hari ini kita diskusi mengenai aplikasi pendekatan scientific ya. Video nya adalah video pertemuan lalu.
wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, pagii jihan
okayy aku baca-baca tentang materinya dulu ya
ini aku dapet jurnal tentang scientific learning, barangkali bisa jadi referensi
Terima kasih Ulfi
sama-sama
Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh, oke Jihan. Oh ya ditempatku videonya engga bisa ditonton. Apa cuma ditempatku aja?
Di aku bisa. Yang lain bisa?
Ya sudah yg engga bisa boleh diliat forum diskusi kelompok Minggu kemarin aja..
Udh bisa kok Jihan
Ok terima kasih Jihan
Sebagai balasan Jihan Tama Farasiska 2113021027
Re: Kelompok 5
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, pagi jihann
Izin memberikan pendapat..
Menurut saya guru pada video tersebut telah mengaplikasikan pendekatan scientific dengan baik ditinjau dari langkah-langkah scientifik yaitu
1. Mengamati
Disini guru memberikan penjelasan topik yang ingin dipelajari. Kemudian siswa dapat mengidentifikasi topik pembelajaran tersebut dengan membentuk kelompok belajar. Kemudian guru memberikan tugas awal setiap kelompok.
2. Menanya
Pada video, guru tersebut mengajukan pertanyaan artinya guru tersebut mengajak siswa utk berdiskusi dan mengarahkan siswa untuk bisa merumuskan pertanyaan/permasalahan yang akan dipelajari.
3. Mencoba
Pada video ini, guru memberikan LKPD, kemudian siswa berdiskusi.
4. Menalar
Pada bagian ini, siswa membahas hasil praktik dalam kelompok, serangkan guru melakukan pengecekan dalam diskusi. Kemudian siswa menyusun laporan yang akan dipresentasikan.
5. Mengkomunikasikan
Pada bagian ini, siswa melakukan presentasi hasil kerja kelompok dan siswa melalui fasilitas guru menyimpulkan hasil kegiatan.
Terdapat bagian evaluasi diakhir yaitu guru mengingatkan ulang pembahasan yang telah dilakukan saat awal hingga akhir, kemudian guru memberikan kesimpulan kembali dari awal hingga akhir agar siswa dapat mengingat.
Menurut saya guru pada video tersebut telah mengaplikasikan pendekatan scientific dengan baik ditinjau dari langkah-langkah scientifik yaitu
1. Mengamati
Disini guru memberikan penjelasan topik yang ingin dipelajari. Kemudian siswa dapat mengidentifikasi topik pembelajaran tersebut dengan membentuk kelompok belajar. Kemudian guru memberikan tugas awal setiap kelompok.
2. Menanya
Pada video, guru tersebut mengajukan pertanyaan artinya guru tersebut mengajak siswa utk berdiskusi dan mengarahkan siswa untuk bisa merumuskan pertanyaan/permasalahan yang akan dipelajari.
3. Mencoba
Pada video ini, guru memberikan LKPD, kemudian siswa berdiskusi.
4. Menalar
Pada bagian ini, siswa membahas hasil praktik dalam kelompok, serangkan guru melakukan pengecekan dalam diskusi. Kemudian siswa menyusun laporan yang akan dipresentasikan.
5. Mengkomunikasikan
Pada bagian ini, siswa melakukan presentasi hasil kerja kelompok dan siswa melalui fasilitas guru menyimpulkan hasil kegiatan.
Terdapat bagian evaluasi diakhir yaitu guru mengingatkan ulang pembahasan yang telah dilakukan saat awal hingga akhir, kemudian guru memberikan kesimpulan kembali dari awal hingga akhir agar siswa dapat mengingat.
Pada langkah menanya, menurut Salsabila adalah guru mengajukan pertanyaan. Tetapi saya tidak melihat bahwa siswa telah merumuskan pertanyaannya.
Kalau dari pengalaman saya pribadi, ketika guru mengajukan pertanyaan, saya merumuskan pertanyaan tersebut di dalam pikiran saya sendiri hehe.. oh berarti kita akan membahas topik ini..
Baik, jadi pertanyaan tersebut tidak harus terajukan. Tetapi pada pendekatan scientific, siswa didorong untuk aktif mengajukan pertanyaan bukan hanya sekedar dalam pikiran kan?
Dan pada kegiatan mencoba disini, siswa melakukan diskusi untuk mengerjakan LKPD. Apakah itu sudah termasuk dalam langkah experimenting?
Oo jadi menurut Salsabila, pada langkah 3 yaitu siswa melakukan praktik. Praktik yang dimaksud termasuk didalamnya adalah mengerjakan LKPD ya? Saya pikir sebelumnya, praktik yang dimaksud itu seperti melakukan suatu percobaan secara langsung terhadap model geometri kubus/balok nya
Iya Jihan, praktik yang dimaksud itu mengerjakan LKPD
Baik...
Dari hasil pemahaman saya mengenai pendekatan scientific, pendekatan ini seharusnya terlaksana dalam lima langkah yang meliputi:
1. Observing (mengamati)
2. Questioning (menanya)
3. Experimenting (mengumpulkan informasi)
4. Associating (menalar/mengasosiasi)
5. Communicating (mengkomunikasikan)
Pada video di atas, langkah yang terjadi belum sesuai dengan yang seharusnya dilakukan pada pendekatan scientific.
1. Siswa melakukan observing dengan mengamati sedikit pengantar dari guru dan juga mengamati LKPD yang diberikan.
2. Langkah questioning tidak dapat dilihat dalam video. Selama proses pembelajaran, tidak ada siswa yang mengajukan pertanyaan kepada guru. Hanya dapat diasumsikan bahwa kegiatan tanya jawab terjadi antar teman sekelompok.
3. Siswa hanya mengumpulkan informasi melalui buku bacaan sehingga tidak terjadi kegiatan experimenting.
4. Kegiatan associating (menalar/mengasosiasi) terjadi, namun hanya pada kelompok yang digunakan untuk menyelesaikan soal pada LKPD.
5. Siswa melakukan langkah communicating dengan mengkomunikasikan hasil kerja LKPD di depan kelas. Akan tetapi yang dikomunikasikan oleh siswa hanya mengenai jawaban beberapa soal saja dan kesimpulan dilakukan oleh guru. Seharusnya pada pendekatan scientific, siswa juga menarik kesimpulan secara lisan.
Ini pendapat saya, pendapat yang lain bagaimana?
1. Observing (mengamati)
2. Questioning (menanya)
3. Experimenting (mengumpulkan informasi)
4. Associating (menalar/mengasosiasi)
5. Communicating (mengkomunikasikan)
Pada video di atas, langkah yang terjadi belum sesuai dengan yang seharusnya dilakukan pada pendekatan scientific.
1. Siswa melakukan observing dengan mengamati sedikit pengantar dari guru dan juga mengamati LKPD yang diberikan.
2. Langkah questioning tidak dapat dilihat dalam video. Selama proses pembelajaran, tidak ada siswa yang mengajukan pertanyaan kepada guru. Hanya dapat diasumsikan bahwa kegiatan tanya jawab terjadi antar teman sekelompok.
3. Siswa hanya mengumpulkan informasi melalui buku bacaan sehingga tidak terjadi kegiatan experimenting.
4. Kegiatan associating (menalar/mengasosiasi) terjadi, namun hanya pada kelompok yang digunakan untuk menyelesaikan soal pada LKPD.
5. Siswa melakukan langkah communicating dengan mengkomunikasikan hasil kerja LKPD di depan kelas. Akan tetapi yang dikomunikasikan oleh siswa hanya mengenai jawaban beberapa soal saja dan kesimpulan dilakukan oleh guru. Seharusnya pada pendekatan scientific, siswa juga menarik kesimpulan secara lisan.
Ini pendapat saya, pendapat yang lain bagaimana?
Saya sependapat dengan pendapat saudari Jihan
Jadi menurut Salsabila, guru pada video telah menerapkan pendekatan scientific atau belum? Karena sebelumnya Salsabila berpendapat bahwa guru telah mengaplikasisan pendekatan tersebut.
Sudah, hanya saja ada beberapa yang belum maksimal diterapkan oleh guru tersebut..
saya setuju dengan saudari jihan bahwa guru pada video tersebut belum sepenuhnya menerapkan 5 tahapan pendekatan scientific yaitu :
1. Mengamati (belum terpenuhi)
Mengamati berarti melihat, membaca, mendengar, dan menyimak hal-hal atau fenomena yang ada di sekitar kehidupan. Dengan mengamati, siswa akan menemukan berbagai masalah untuk dipecahkan dalam pembelajaran. Agar tahapan mengamati ini berjalan efektif, maka guru harus jeli dalam menyediakan objek yang akan diamati siswa sesuai konteks materi yang akan diajarkan. misalnya guru bisa memberikan contoh kotak bekal makanan yang berbentuk kubus atau penghapus papan tulis yang berbentuk balok dll agar siswa dapat mengamati dan memahami apa yang dimaksud dengan volume kubus dan balok dengan baik.
2. Menanya (belum terpenuhi)
, Dalam konteks menanya, siswa harus didorong untuk bertanya dan/atau membuat rumusan masalah-bahkan kalau perlu membuat hipotesa. Peran guru dalam tahap menanya ini adalah menyemangati dan tidak mendesak siswa untuk bertanya serta memberikan pujian terhadap pertanyaan sesuai ukuran bahasa siswa.
3. Mencoba (terpenuhi)
guru mencoba memberikan lkpd kepada siswa supaya mereka dapat memecahkan masalah dengan mengerjakan soal-soal didalamnya. dengan begitu mereka akan mencoba menggunakan rumus dalam menghitung. Dalam tahap mencoba ini, guru harus berperan sebagai mentor yang proaktif dalam membantu siswa.
4. Menalar (belum terpenuhi)
Dalam proses ini guru memperhatikan hasil diskusi siswa yang akan dipresentasikan. supaya dapat ditarik kesimpulan dari hasil diskusi dan presentasi yang dilakukan oleh siswa terkait materi yang dipelajari. jadi, Peran guru pada tahap menalar ini sebagai pemantau dari satu kelompok ke kelompok siswa yang lain untuk memberikan pendapat satu sama lain dengan begitu penalaran akan berjalan dengan baik.
1. Mengamati (belum terpenuhi)
Mengamati berarti melihat, membaca, mendengar, dan menyimak hal-hal atau fenomena yang ada di sekitar kehidupan. Dengan mengamati, siswa akan menemukan berbagai masalah untuk dipecahkan dalam pembelajaran. Agar tahapan mengamati ini berjalan efektif, maka guru harus jeli dalam menyediakan objek yang akan diamati siswa sesuai konteks materi yang akan diajarkan. misalnya guru bisa memberikan contoh kotak bekal makanan yang berbentuk kubus atau penghapus papan tulis yang berbentuk balok dll agar siswa dapat mengamati dan memahami apa yang dimaksud dengan volume kubus dan balok dengan baik.
2. Menanya (belum terpenuhi)
, Dalam konteks menanya, siswa harus didorong untuk bertanya dan/atau membuat rumusan masalah-bahkan kalau perlu membuat hipotesa. Peran guru dalam tahap menanya ini adalah menyemangati dan tidak mendesak siswa untuk bertanya serta memberikan pujian terhadap pertanyaan sesuai ukuran bahasa siswa.
3. Mencoba (terpenuhi)
guru mencoba memberikan lkpd kepada siswa supaya mereka dapat memecahkan masalah dengan mengerjakan soal-soal didalamnya. dengan begitu mereka akan mencoba menggunakan rumus dalam menghitung. Dalam tahap mencoba ini, guru harus berperan sebagai mentor yang proaktif dalam membantu siswa.
4. Menalar (belum terpenuhi)
Dalam proses ini guru memperhatikan hasil diskusi siswa yang akan dipresentasikan. supaya dapat ditarik kesimpulan dari hasil diskusi dan presentasi yang dilakukan oleh siswa terkait materi yang dipelajari. jadi, Peran guru pada tahap menalar ini sebagai pemantau dari satu kelompok ke kelompok siswa yang lain untuk memberikan pendapat satu sama lain dengan begitu penalaran akan berjalan dengan baik.
Akan tetapi dalam menalar siswa seharusnya didorong untuk mencari berbagai sumber referensi-baik secara manual maupun digital Sumber referensi yang ada digunakan untuk mengolah data hasil percobaan tetapi dalam video tersebut tidak terlaksana
5. mempresentasikan (belum terpenuhi)
siswa mengkomunikasikan hasil kerja kelompok yang telah diolah dan disimpulkan. Peran guru dalam tahapan ini adalah memberikan penghargaan(pujian) serta memperkuat jawaban sesuai konsep/rumus yang telah dikemukakan siswa dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan berpendapat kemudian guru membenarkan jawbaannya setelah mendapat respons dari siswa siswa.
5. mempresentasikan (belum terpenuhi)
siswa mengkomunikasikan hasil kerja kelompok yang telah diolah dan disimpulkan. Peran guru dalam tahapan ini adalah memberikan penghargaan(pujian) serta memperkuat jawaban sesuai konsep/rumus yang telah dikemukakan siswa dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan berpendapat kemudian guru membenarkan jawbaannya setelah mendapat respons dari siswa siswa.
akan tetapi menurut saya pada bagian mempresentasikan ini seharusnya menggunakan produk teknologi, seperti lcd projektor laptop, dan powerpoint untuk memberikan penggambaran secara jelas kepada siswa apa yang dimaksud dengan volume kubus dan balok
Baik, menurut Asri, guru telah menerapkan 5 langkah tersebut. Tetapi jika melihat siswa nya, mereka belum mengikuti langkah-langkah scientific menurut saya.
maaf maksud saya belum sepenuhnya menerapkan pendekatan scientific terlebih lagi pada bagian mengamati
Saya setuju dengan pendapat asri, dimana pendekatan scientific ini adalah siswa ditekankan untuk lebih mampu mengobservasi, bertajya, menalar serta mempresentasikan mengenai suatu materi yang di pelajarinya, dimana dalam proses ini guru dan siswa sama sama berperan penting atas keberjalananya metode pembelajaran scientific ini.
Dari video di atas pun sudah cukup dalam menerapkan hal tersebut namun mungkin belum maksimal atau masih bisa di tingkatkan ke yang lebih bagus lagi dalam menerapkan aspek-aspek pembelaharan berbasis scientific.
Dari video di atas pun sudah cukup dalam menerapkan hal tersebut namun mungkin belum maksimal atau masih bisa di tingkatkan ke yang lebih bagus lagi dalam menerapkan aspek-aspek pembelaharan berbasis scientific.
izin berpendapat asri, mungkin asri menganalisisnya dari peran gurunya ya. tapi berdasarkan jurnal yang saya baca, untuk pendekatan scientific learning ini siswanya lah yang dituntut untuk aktif. sehingga jika ditinjau dari pengalaman belajar siswa, menurut saya siswa belum benar-benar melakukan scientific learning.
iya benar ulfi, terimakasih atas koreksinya
terima kasih kembali asri
Iyaa setuju ulfi
saya setuju dengan pendapat jihan. karena dari jurnal yang saya baca, disebutkan bahwa pembelajaran berbasis pendekatan scientific
ini, siswa didorong lebih mampu dalam mengobservasi, bertanya, bernalar, dan mengomunikasikan atau mempresentasikan hal-hal yang dipelajari dari fenomena alam ataupun pengalaman langsung. (Ine, 2015 dalam Ghozali, 2017)
ditinjau dari video, pengalaman mengobservasi yang dialami siswa itu tidak signifikan karena media pembelajarannya hanya berupa lkpd. lalu untuk bagian bertanya, guru belum benar-benar memberikan siswa ruang untuk mereka dapat menyampaikan pertanyaan. tuntutan untuk mengonstruksi ilmu-ilmu yang didapat dari pengalaman secara langsung juga sepertinya belum tercapai secara maksimal sebab siswa hanya diarahkan untuk berdiskusi dan mengisi lkpd bersama kelompok kecil.
ini, siswa didorong lebih mampu dalam mengobservasi, bertanya, bernalar, dan mengomunikasikan atau mempresentasikan hal-hal yang dipelajari dari fenomena alam ataupun pengalaman langsung. (Ine, 2015 dalam Ghozali, 2017)
ditinjau dari video, pengalaman mengobservasi yang dialami siswa itu tidak signifikan karena media pembelajarannya hanya berupa lkpd. lalu untuk bagian bertanya, guru belum benar-benar memberikan siswa ruang untuk mereka dapat menyampaikan pertanyaan. tuntutan untuk mengonstruksi ilmu-ilmu yang didapat dari pengalaman secara langsung juga sepertinya belum tercapai secara maksimal sebab siswa hanya diarahkan untuk berdiskusi dan mengisi lkpd bersama kelompok kecil.
saya setuju dengan saudari ulfi
Jadi, kalau setuju dengan pendapat Ulfi, apakah guru tersebut sudah menerapkan pendekatan scientific? Sedangkan sebelumnya asri mengatakan setuju video trsbt telah menerapkan pendekatan scientific
maaf maksud saya belum sepenuhnya menerapkan pendekatan scientific terlebih lagi pada bagian mengamati karena siswa tidak mengamati secara langsung objek terkait materi yang dibahas
Iya benar, langkah scientific pada video tersebut menurut saya belum terlaksana secara tepat
Jadi, sudah menerapkan pendekatan scientific tetapi belum maksimal sepenuhnya atau belum menerapkan pendekatan scientific dengan baik?
Izin memberikan pendapat, mungkin sudah menerapkan tetapi belum maksimal dalam penerapannya
Baiklah, sekian diskusi kita pada hari ini.
Kesimpulan dari diskusi kita sejauh ini adalah guru pada video telah menerapkan pendekatan scientific tetapi belum tepat. Untuk diskusi lebih lanjut akan dilakukan via grup WA. Terima kasih semuanya...
Saya akhiri, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kesimpulan dari diskusi kita sejauh ini adalah guru pada video telah menerapkan pendekatan scientific tetapi belum tepat. Untuk diskusi lebih lanjut akan dilakukan via grup WA. Terima kasih semuanya...
Saya akhiri, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, terima kasih semuanya