FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. གིས-
Number of replies: 21

Mhs bernomor urut ganjil mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut genap menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Ririn Elysa གིས-
Nama : Ririn Elysa
Npm : 2213022095
No.urut 7
Izin bertanya
Mengapa keterampilan proses sains dianggap sangat penting dalam proses pembelajaran IPA di sekolah dasar?
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Nisa Ulfa Dila གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Nisa Ulfa Dila
NPM : 2213022085
No Urut: 27

Izin bertanya.

Jelaskan seberapa pentingnya penilaian keterampilan proses sains!
In reply to Nisa Ulfa Dila

Re: RUANG DISKUSI

Ulfa Siti Ulfa Nur Annisa གིས-
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu
Nama : Siti Ulfa Nur Annisa
Kelas : C
NPM : 2213022088
No Urut : 13

Izin bertanya.
Strategi apa yang harus dilakukan oleh guru dalam menerapkan keterampilan bertanya agar semua siswa di kelas aktif bertanya dan menjawab pertanyaan?
In reply to Ulfa Siti Ulfa Nur Annisa

Re: RUANG DISKUSI

Yuli Yani Permata Sakti གིས-
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Yuli Yani Permata Sakti
Npm : 2213022068
No urut : 14

Izin menjawab
1. Mengenalkan sebuah fenomena yang menarik. ...
2. Permainan Words in a question. ...
3. Memberikan pertanyaan pancingan. ...
4. Membentuk kelompok belajar dalam kegiatan pengamatan dan bertanya. ...
5. Melengkapi pertanyaan. ...
6. Memulai Kelas dengan Bertanya. ...
7. Memberikan penghargaan.
In reply to Nisa Ulfa Dila

Re: RUANG DISKUSI

Bella Wahyuni གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Bella Wahyuni
Npm : 2213022080
No urut : 28
Izin menjawab no urut 27
Salah satu komponen penting dalam sistem pembelajaran adalah penilaian atau evaluasi. Oleh karena itu, perangkat penilaian merupakan bagian integral yang dikembangkan berdasarkan tuntutan tujuan pendidikan. Menurut Arikunto (2009), penilaian dalam pendidikan merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan ketercapaian tujuan pendidikan, bahkan aktivitas penilaian dapat pula digunakan untuk mengambil keputusan. Penilaian dilakukan dengan berbagai cara dan menggunakan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang kemajuan atau pencapaian kompetensi siswa.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

PUPUT PUPUT RAHAYU གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrakatuh

Nama : Puput Rahayu
Npm : 2253022001
No urut : 19
Izin bertanya
Uraikan langkah pembelajaran siswa sesuai keterampilan proses sains yang akan dilakukan siswa?
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Nindi Putri Indah Sari གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Nindi Putri Indah Sari
Npm: 2213022083
No absen: 09 (Ganjil)

Izin bertanya, Mengapa pendekatan keterampilan proses sains diterapkan dalam proses belajar mengajar sehari-hari? Sebutkan alasannya. Sebelumnya terimakasih
In reply to Nindi Putri Indah Sari

Re: RUANG DISKUSI

Lutfiah Mazidah གིས-
Waalaikummussalam warahmatullahi wabarakatuh

Nama:Lutfiah Mazidah
Npm:2213020086
No absen: 10 ( genap)

Izin menjawab pertanyaan dari nindi,Alasannya ada 4, yaitu:
1. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berlangsung semakin cepat sehingga tidak mungkin lagi guru mengajarkan semua konsep dan fakta pada siswa.
2. Adanya kecendrungan bahwa siswa lebih memahami konsep-konsep yang rumit dan abstrak jika disertai dengan contoh yang konkret.
3. Penemuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak bersifat mutlak 100% tapi bersifat relative.
4. Dalam proses belajar mengajar, pengembangan konsep tidak terlepas dari pengembangan sikap dan nilai dalam diri anak didik
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Rizka Diah Nuariyanti 2213022078 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Rizka Diah Nuariyanti
Npm : 2213022078
No. Urut : 1
Izin bertanya
Sebutkan penerapan teori belajar behavioristik dalam kegiatan pembelajaran?
Terimakasih banyak
In reply to Rizka Diah Nuariyanti 2213022078

Re: RUANG DISKUSI

Rabiatul Adawwiah གིས-
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Rabiatul Adawwiah
Npm : 2213022073
No.urut : 2
Izin menjawab pertanyaan dari Rizka Diah Nuariyanti no. 1

Penerapan teori behavioristik dalam kegiatan pembelajaran tergantung dari beberapa komponen seperti: tujuan pembelajaran, materi pelajaran, karakteristik siswa, media, fasilitas pembelajaran, lingkungan, dan penguatan (Sugandi, 2007:35). Teori belajar behavioristik cenderungmengarahkan siswa untuk berfikir. Pandangan teori belajar behavioristik merupakan proses pembentukan, yaitu membawa siswa untuk mencapai target tertentu, sehingga menjadikan siswa tidak bebas berkreasi dan berimajinasi.

Terimakasih banyak
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Adinda Putri purnamasari གིས-
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Adinda Putri Purnamasari
Npm : 2213022092
No. Urit : 17
Izin bertanya, Mengapa sains itu penting dalam kehidupan manusia?
Terima kasih
In reply to Adinda Putri purnamasari

Re: RUANG DISKUSI

Dwi Rahayu གིས-
Walaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Dwi Rahayu
Npm : 2213022071
No urut: 18
Izin menjawab pertanyaan no urut 17
Sains dan teknologi sangat besar manfaatnya dalam kehidupan manusia saat ini, karena dengan perkembangannya dapat membantu pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Begitu juga sains dan teknologi telah memberikan pengaruh terhadap peradaban di Indonesia.

Terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Novia Mita Safitri གིས-
NAMA : NOVIA MITA SAFITRI
NPM : 2213022081
NO ABSEN : 21

Izin bertanya,
Mengapa siswa perlu menguasai keterampilan proses sains?
Terimakasih.
In reply to Novia Mita Safitri

Re: RUANG DISKUSI

Isna Zakiyah Solehah གིས-
Nama:Isna Zakiyah Solehah
Npm : 2213022067
No.urut : 25
Izin bertanya mengapa keterampilan proses sains anak penting untuk dikembangkan?
In reply to Isna Zakiyah Solehah

Re: RUANG DISKUSI

Ananda Suci Ariefiana གིས-
Nama: Ananda suci Ariefiana
Npm: 2213022090
No urut 26
Izin menjawab pertanyaan nurut 25
Keterampilan proses perlu di- kembangkan dalam pengajaran sains karena keterampilan proses dapat membantu siswa belajar mengem- bangkan pikirannya; memberikan ke- sempatan kepada siswa untuk me- lakukan penemuan; meningkatkan daya ingat; memberikan kepuasan intrinsik bila anak telah berhasil melakukan sesuatu;
In reply to Novia Mita Safitri

Re: RUANG DISKUSI

YAYANG SAFITRI གིས-
Nama : Yayang Safitri
Npm : 2213022089
No Absen : 22

Izin menjawab pertanyaan dari mita Ketrampilan proses sains penting untuk dikuasai siswa karena dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi dan berprilaku aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat memiliki kualitas dan kuantitas hasil belajar yang lebih tinggi daripada hanya sekedar menghafal.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Indah Purnama གིས-
Nama : Indah purnama
NPM : 2213022087
No. Urut 16
Menjawab nomor ganjil 23 ( Isma Salwa)
jawaban:
Problem solving merupakan kemampuan untuk menganalisis masalah serta menemukan solusi yang efektif untuk memecahkan masalah .
cara Meningkatkan soft skill problem solving:
1. Peebanyak pengetahuan dengan ikut SIT IN di UWIKA
2. Ubah pola pikir
3. Latihan menyelesaikan masalah
4. Gunakan metode mind mapping
5. Lihat bagaimana strategi orang lain menyelesaikan masalah
6. Bermain game asah otak
7. Fokuslah pada solusi,jangan pada masalah
8. Tingkatkan kemampuan komunikasi

Langkah – langkah dalam metode Problem Solving dimulai dari
(1) Menyiapkan isu/masalah yang jelas untuk dipecahkan
(2) Menyajikan masalah
(3) Mengumpulkan data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut
(4) Merumuskan hipotesis
(5) Menguji hipotesis dan
(6) Menyimpulkan.