Nama : Laras Putria
NPM : 2053053007
Izin menjawab dari pertanyaan di atas.
1. Era Globalisasi diambil dari dua suku kata yaitu kata “era” dan “globalisasi”. Era dapat diartikan sebagai zaman, kurun atau masa bahkan waktu, sedangkan globalisasi sendiri adalah suatuproses yang telah mendunia (global). oleh sebab itu era Globalisasi dapat dimaknai sebagi waktu atau masa dimana segala proses kehidupan sudah mendunia dan meluas. Jika kita amati, era globalisasi sejatinya telah muncul sejak tahun 1980-an. Dimana di tahun tersebut, bidang atau aspek kehidupan manusia, seperti bidang politik, sosial, ekonomi, agama, teknologi sudah mulai mendunia. Kemajuan jaman yang telah diiringi juga oleh perkembangan teknologi dan sais, membat dunia ini semakin mudah di jangkau. batas-batas Negara semakin sempit bahkan menghilang. Pola hidup masyarakat yang semakin konsumtif serta kemajuan teknologi, membuat segala sesuatu berubah dengan begitu cepat. Kini untuk berinteraksi dengan warga Negara lain, seseorang tidak perlu repot untuk berkunjung dan menelan banyak biaya, mereka hanya cukup menggunakan teknologi yang ada saat ini. Dengan kemajuan teknologi, untuk mengetahui informasi antar Negara kini bukan hal yang sulit, anda hanya cukup memanfaatkansmartphone atau media onlinelainnya, dengan begitu akses informasi akan langsung anda temukan.
2. Globalisasi memiliki kaitan dengan mata kuliah perspektif global.Mata kuliah perspektif global mengkaji mengenai cara pandang terhadap masalah global atau mengkaji mengenai isu-isu yang berkaitan dengan politik, ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan lain sebagainya dalam lingkup global atau dunia yang masih berkaitan dengan pembelajaran di sekolah dasar. Mata kuliah perspektif global bertujuan agar mahasiswa mampu berwawasan global dan dapat berpikir secara global tetapi tetap bertindak secara lokal. Hal ini tentunya memiliki kaitan dengan globalisasi karena yang dikaji dalam mata kuliah perspektif global merupakan masalah-masalah atau isu yang terjadi secara global atau mendunia. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami konsep perspektif global dan mengkaitannya dengan pembelajaran di Sekolah Dasar. Secara khusus, mata kuliah ini bertujuan agar:
a) Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar perspektif global.
b) Mahasiswa dapat menganalisis isu dan masalah global dalam kaitannya dengan pembelajaran di Sekolah Dasar.
c) Mahasiswa dapat merancang model pembelajaran berperspektif global.
3.Makna dari kata perspektif itu sendiri adalah cara pandang terhadap suatu masalah yang terjadi, atau sudut pandang tertentu yang digunakan dalam melihat suatu fenomena. Contohnya saja dari perspektif pendidikan misalnya pendidik dan sekolah bertanggungjawab membina peserta didiknya agak tidak terlibat kekerasan di jalanan.
4. Perspektif global adalah suatu cara pandang dan cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global, yaitu dari sisi kepentingan dunia atau internasional. Oleh karena itu, sikap dan perbuatan kita juga diarahkan untuk kepentingan global. Sebagai pendidik, kita memerlukan suatu pendekatan yang akan menolong siswa untuk mengarahkannya kehidupan yang sangat kompleks dan menjauhi pengertian yang sempit tentang ruang, ras, agama, suku, sejarah dan kebudayaan.
Contoh Yang berkaitan dengan perspektif global misalnya kebakaran hutan menimbulkan asap dan ini berdampak global di mana negara lain di Asia Tenggara bahkan seluruh Asia mengalami sesak nafas. Yang berkaitan dengan kejadian dalam masyarakat dengan adanya ”penculikan: terhadap para aktivis di Indonesia dapat mempengaruhi opini dunia terhadap bangsa kita. Seluruh bangsa dunia mempertanyakan hal tersebut. Sedangkan yang berkaitan dengan kegiatan lainnya dapat kita lihat misalnya India dan Pakistan berlomba-lomba mengadakan percobaan nuklir, ini akan merangsang negara lain untuk bertindak, misalnya mengutuk perbuatan tersebut, atau bahkan mengimbangi dengan membuat nuklir pula. Program nuklir Iran untuk perdamaian membangkitkan sikap positif dan negatif dari berbagai negara di dunia. Negara-negara Islam bersifat mendukung program tersebut, sementara Amerika Serikat dan negara-negara Uni Eropa bersikap negatif terhadapnya. Hal yang dapat mempengaruhi dunia ini bukan saja yang berkaitan dengan kehidupan politik dan kenegaraan, akan tetapi juga yang bersifat gangguan lingkungan, seperti penebangan hutan secara liar, polusi udara karena industri dan sebagainya.
5. karena guru adalah panutan muridnya. Selain dari buku, murid juga dapat menimba ilmu dari guru. Jika guru memiliki wawasan yang luas maka murid juga akan mendapat banyak ilmu dari guru tersebut.
6. Maksud dari pernyataan think globally and act locally adalah kita harus berfikir secara luas atau global dan bertindak secara lokal atau juga kita harus bisa menerima perbedaan yang ada pada setiap orang. Setelah kita dapat berfikir secara global kita harus menunjukkan sikap yang berbudaya dengan tempat kita berada atau dengan pemikiran kita yang luas dan sudah mengglobal kita dapat mengembangkan rasa cinta kita terhadap budaya lokal.
7. penyebab muncul/terjadinya era globalisasi
a. Perkembangan Teknologi dan Informasi
Adanya perkembangan dalam teknologi informasi dan komunikasi yang kemudian berdampak pada mudahnya transaksi keuangan yang terjadi di seluruh Negara.
Selama beberapa waktu terakhir terdapat banyak sekali perkembangan dalam bidang teknologi yang berkaitan langsung dengan transaksi keuangan yang bisa memudahkan Anda untuk melakukan transaksi tidak hanya di Negara sendiri melainkan di Negara lain.
b. Banyaknya Kerja Sama Internasional
Penyebab kedua terjadinya Globalisasi adalah karena terjadinya banyak kerja sama internasional yang memudahkan terjadinya transaksi keuangan sebelumnya yang dilakukan oleh berbagai Negara.
Sehingga melalui sektor ekonomi inilah yang membuat banyaknya produk dari luar negeri masuk ke dalam negeri dan sebaliknya.
c. Kemudahan Transportasi
Sistem transportasi yang semakin maju menyebabkan masyarakat mudah dalam bepergian ataupun mengirimkan barang meski terpisah jarak yang sangat jauh.
d. Ekonomi Terbuka
Selanjutnya era Globalisasi juga terjadi karena Negara-negara di dunia mulai terbuka dalam bidang ekonomi, sehingga terjadilah perdagangan-perdagangan global yang menyebabkan berbagai macam produk saling bertukar dari satu tempat ke tempat yang lain. Dari produk-produk yang masuk itu tentunya juga mengandung budaya dan unsur dari Negara lain yang mempengaruhi budaya di dalam Negara sendiri. Kemudian yang terakhir era Globalisasi ini juga terdorong karena pasar uang saat ini sudah sangat mendunia yang menjadikan transaksi keuangan dalam satu Negara menjadi lebih besar.
Pada intinya semua penyebab terjadinya era Globalisasi ini adalah karena kegiatan ekonomi antar Negara yang semakin terbuka sehingga memudahkan Negara-negara di dunia untuk saling berinteraksi, menjalin kerja sama dalam bermacam bidang yang mengakibatkan masuknya budaya-budaya baru, pengetahuan baru, hal-hal baru dari luar ke dalam negeri ataupun sebaliknya. Tentunya agar tidak berdampak negatif bagi suatu Negara maka Globalisasi harus didukung dengan kesadaran untuk tetap melestarikan dan mencintai budaya sendiri.
8. Ciri yang terlihat dalam era Globalisasi antara lain:
a. Terjadinya Perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu. Berkembangnya barang-barang seperti televisi satelit, telepon genggam dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda.
b. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO).
c. Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi, film, musik, dan transmisi berita dan olah raga internasional). Saat ini, kita dapat mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang fashion, literatur, dan makanan.
d. Meningkatnya masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain.
9. Yang harus dipersiapkan calon guru untuk menyikapi era globalisasi ini yaitu dengan cara harus memiliki kemampuan dalam menguasai keahlian dalam suatu bidang yang berkaitan dengan iptek, mampu bekerja secara profesional dengan orientasi mutu dan keunggulan, dan dapat menghasilkan karya-karya unggul yang mampu bersaing secara global sebagai hasil dari keahlian. Sebagai tenaga pendidikan, guru professional tidak lepas dari pencitraan yang diberikan dari orang lain. di sisi lain muncul problem baru sebagai tantangan manakala guru tidak memiliki kemampuan
materi untuk memiliki segala akses dan jaringan informasi seperti TV, buku-buku, majalah, Koran, dan internet untuk meningkatkan profesionalnya sekaligus memperkaya informasi mengenai perkembangan pengetahuan dan berbagai dinamika kehidupan global.
Para profesional guru perlu memiliki kemampuan dalam melengkapi peserta didik menjadi warga global. Peserta didik yang siap menjadi warga global tidak boleh lagi memiliki kecanggungan atau kendala dalam merespons dan berinteraksi dengan warga lain yang memiliki latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda-beda. Di era globalisasi sekarang ini, e-learning (electronic learning) menjadi trend dimana-mana. Dalam konteks ini, kesigapan guru untuk menguasai ICT dan menyediakan
materi belajar yang cocok untuk F- learning (flexible learning) bagi anak didik menjadi sangat vital. Ketrampilan siswa dalam komputer dan menggunakan internet juga sangat penting. Peran guru sangat penting dan strategis dalam memberikan bimbingan, dorongan, semangat dan fasilitas kepada peserta didik untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan penggunaan teknologi. Selain itu juga guru sebagai pengarah dan pembimbing agar penguasaan teknologi tidak menjadi boomerang bagi peserta didik, yang disebabkan kurangnya penghayatan terhadap etika. Sayangnya masih banyak guru yang gagap teknologi (gaptek) dan resisten terhadap inovasi teknologi pembelajaran karena tidak mau belajar lagi hal-hal baru yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman.
10. Ada beberapa manfaat yaitu:
· Meningkatkan wawasan dan kesadaran para guru dan siswa bahwa kita bukan hanya penghuni satu daerah tetapi mempunyai ketergantungan dengan orang lain di belahan bumi yang lain. Oleh karena itu sikap kita harus mencerminkan “ sikap ketergantungan” tersebut.
· Menambah dan memperluas pengetahuan kita tentang dunia, sehingga dapat megikuti perkembangan dunia dalam berbagai aspek terutama perkembangan iptek.
· Mengkondisikan para mahasiswa untuk berpikir integral bukan general, sehingga suatu gejala atau masalah dapat ditanggulangi dari berbagai aspek.
· Melatih kepekaan dan kepedulian mahasiswa terhadap perkembangan dunia dengan segala aspeknya.