FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

oleh Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Jumlah balasan: 28

Mhs bernomor urut ganjil mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut genap menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh MALIKA MALIKA GHIFARINA -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
nama: Malika Ghifarina
NPM: 2213022041
No: 13

Izin bertanya
Bagaimana saya bisa mengukur kemampuan saya dalam mempelajari keterampilan sains?

terimakasi
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan MALIKA MALIKA GHIFARINA

Re: RUANG DISKUSI

oleh Reza Santia -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menjawab pertanyaan Malika Ghifarina

Izin memperkenalkan diri
Nama : Reza Santia
Npm : 2213022060
No urut : 26

Ada beberapa cara untuk mengukur kemampuan Anda dalam mempelajari keterampilan sains, di antaranya:

Evaluasi keterampilan sains saat ini: Pertama, pertimbangkan seberapa jauh Anda sudah mempelajari keterampilan sains. Apakah Anda pernah belajar sains di sekolah atau perguruan tinggi? Apakah Anda pernah mengambil kursus atau pelatihan sebelumnya? Evaluasi keterampilan sains saat ini dapat membantu Anda memahami seberapa jauh Anda perlu berkembang.

Menentukan tujuan belajar: Setelah mengevaluasi keterampilan saat ini, tentukan tujuan belajar Anda. Tujuan belajar haruslah spesifik dan dapat diukur sehingga Anda dapat mengevaluasi kemajuan Anda seiring waktu. Sebagai contoh, tujuan belajar yang spesifik dapat berupa "menguasai keterampilan dasar kimia dalam waktu tiga bulan".

Mencari sumber belajar: Ada banyak sumber belajar sains yang tersedia, mulai dari buku, kursus online, hingga program pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga tertentu. Pilih sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan belajar Anda.

Mencoba dan berlatih: Praktik adalah kunci untuk menguasai keterampilan sains. Cobalah untuk menerapkan konsep-konsep sains yang telah Anda pelajari dalam situasi dunia nyata, seperti melakukan eksperimen atau menganalisis data.

Mengukur kemajuan Anda: Terakhir, ukur kemajuan Anda secara berkala. Anda dapat melakukan tes atau tugas, atau bahkan meminta umpan balik dari instruktur atau rekan Anda. Hal ini dapat membantu Anda memperbaiki kelemahan dan mempertajam keahlian Anda dalam mempelajari keterampilan sains.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ratna Arianty Sutrisno -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Ratna Arianty Sutrisno
NPM : 2213022034
No urut : 29

Izin bertanya

teori belajar apakah yang paling efektif untuk diterapkan?

terimakasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Wayan Sinta Dewi Saputri -
Izin memperkenalkan diri
Nama: wayan sinta dewi saputri
Npm: 2213022054
Kelas: B
No.urut: 03

Izin bertanya, Apa pentingnya seorang guru dalam menguasai KPS?
Sekian terimakasih.
Sebagai balasan Wayan Sinta Dewi Saputri

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ikha Aryanti -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Ikha Aryanti
Npm : 2213022050
No urut : 6

Izin menjawab pertanyaan dari wayan sinta
Pentingnya guru dalam menguasai KPS untuk membiasakan siswa belajar melalui proses kerja ilmiah, selain dapat melatih detail keterampilan ilmiah dan kerja sistematis, dapat pula membentuk pola berpikir siswa secara ilmiah.

Sekian terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Lintang Nimas k -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Nama: Lintang Nimas k
NPM: 2213022057
No: 19
Izin bertanya
Apakah keterampilan proses sains penting untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran?

terimakasi
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Lintang Nimas k

Re: RUANG DISKUSI

oleh niken novia wenty -
Assalamualaikum wr.wb

Izin memperkenalkan diri
Nama: Niken Novia Wenty
Npm: 2213022059
No urut: 20

Izin menjawab pertanyaan dari
Nama: Lintang Nimas k
NPM: 2213022057
No: 19

Pertanyaan:
Apakah keterampilan proses sains penting untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran?

Jawab:

Keterampilan proses sains sangat penting untuk dimiliki bagi peserta didik dalam proses pembelajaran karena dapat menjadikan peserta didik lebih kreatif dan berfikir logis dalam memecahkan masalah. Keterampilan proses sains dapat digali melalui pembelajaran berbasis praktikum.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Andia Nur Afifah -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Andia Nur Afifah
NPM: 2213022036/B
Nomor Urut: 1

Izin bertanya,
Sebutkan Aspek-aspek keterampilan proses sains yang sering digunakan dalam proses pembelajaran?
Sebagai balasan Andia Nur Afifah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Putri Nadia Sari -
Assalamualaikum wr.wb
Nama: putri nadia sari
Npm: 2213022048
No.urut: 18

Izin menjawab pertanyaan dari Andia Nur Afifah
Jawab: aspek keterampilan proses sains yang sering digunakan dalam proses pembelajaran yaitu:
1. Mengamati
2. Merumuskan masalah
3. Merencanakan penelitian /percobaan
4. Melakukan penelitian/percobaan
5. Menginterpretasi/menafsirkan data
6. Menerapkan konsep dan
7. Berkomunikasi

Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Dini Rismawati -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menjawab pertanyaan Wayan Sinta Dewi S

Izin memperkenalkan diri
Nama : Dini Rismawati
Npm : 2213022043
No urut : 24

Apa pentingnya seorang guru dalam menguasai KPS?
Manfaat dari KPS yaitu ilmu pengetahuan siswa dapat berkembang dengan pendekatan keterampilan proses, Pembelajaran melalui keterampilan proses akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja dengan ilmu pengetahuan.

Sekian terimakasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Dini Rismawati

Re: RUANG DISKUSI

oleh Firda Amalia Hanifah -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Firda Amalia Hanifah
Npm : 2213022053
No.urut : 14

Izin menjawab pertanyaan Dini RismawatiPenting, karena ketika seorang guru telah menguasai KPS seorang guru dapat Membiasakan siswa belajar melalui proses kerja ilmiah, selain dapat melatih detail keterampilan ilmiah dan kerja sistematis, dapat pula membentuk pola berpikir siswa secara ilmiah.

Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Kharinta Oxana Ferodova -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Izin memperkenalkan diri
Nama : Kharinta Oxana Ferodova
Npm : 2213022058
No. Urut : 21

Izin bertanya,Mengapa keterampilan proses sains perlu dikuasai oleh guru dan siswa?

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Wabarakatauh
Sebagai balasan Kharinta Oxana Ferodova

Re: RUANG DISKUSI

oleh Saniya Saniya Putri Ayu Febiolantika -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Izin memperkenalkan diri
Nama : Saniya Putri Ayu F
Npm : 2213022056
No. Urut : 22

Izin menjawab dari pertanyaan Kharinta Oxana Ferodova,
Selain itu, keterampilan proses sains penting untuk diajarkan karena dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi dan berprilaku aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat memiliki kualitas dan kuantitas hasil belajar yang lebih tinggi daripada hanya sekedar menghafal.

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Indah Indah Dwi Jayanti -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh , sebelumnya izin memperkenalkan diri

Nama : Indah Dwi Jayanti
Npm : 2213022049
No urut : 11

Izin bertanya , Apa perbedaan teori belajar behavioristik dengan teori belajar konstruktivisme?
Sebagai balasan Indah Indah Dwi Jayanti

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rain Rizky Maritza -
Assalamu'alaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri
Nama : Rain Rizky Maritza
No urut : 4 (genap)
NPM   : 2213022063

Izin menjawab pertanyaan dari Indah Dwi Jayanti dengan npm 2213022049 dan no urut 11 yaitu Apa perbedaan teori belajar behavioristik dengan teori belajar konstruktivisme?

jawaban
Pandangan Behaviorisme yang menganggap belajar adalah perubahahan perilaku yang tampak, dan selalu dapat terukur,hubungan stimulus- respon, selalu dipertentangkan dengan pandangan Konstruktivisme di mana siswa membangun pengetahuannya melalui pengalaman, sehingga proses belajar sangat dinamis dan berpusat pada siswa.

Terimakasih
waalaikumsalam wr.wb
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Indah Indah Sukma Melati -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Indah Sukma Melati
Npm:2213022047
No urut:17
Izin bertanya
Bagaimana penerapan Teori belajar behavioristik dan apa yang menjadi kendala dalam penerapan nya?
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Sebagai balasan Indah Indah Sukma Melati

Re: RUANG DISKUSI

oleh Amar Firdaus -
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Amar Firdaus
NPM : 2213022040
No Urut : 12

Izin menjawab pertanyaan dari Indah Sukma Melati.

Penerapan teori behavioristik dalam kegiatan pembelajaran tergantung dari
beberapa komponen seperti: tujuan pembelajaran, materi pelajaran, karakteristik
siswa, media, fasilitas pembelajaran, lingkungan, dan penguatan (Sugandi,
2007:35). Teori belajar behavioristik cenderungmengarahkan siswa untuk
berfikir. Pandangan teori belajar behavioristik merupakan proses pembentukan,
yaitu membawa siswa untuk mencapai target tertentu, sehingga menjadikan
siswa tidak bebas berkreasi dan berimajinasi. Pembelajaran yang dirancang pada
teori belajar behavioristik memandang pengetahuan adalah objektif, sehingga
belajar merupakan perolehan pengetahuan, sedangkan mengajar adalah
memindahkan pengetahuan kepada siswa. Oleh sebab itu siswa diharapkan
memiliki pemahaman yang sama terhadap pengetahuan yang diajarkan. Artinya,
apa yang diterangkan oleh guru itulah yang harus dipahami oleh siswa.
Dan kendalanya adalah Proses pembelajaran dirasakan kurang memberikan ruang gerak yang bebas bagi siswa untuk berkreasi.

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh silfia herlina -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
nama: silfia herlina
NPM: 2213022039
No: 15

Izin bertanya

Apa pentingnya belajar dan pembelajaran?
Sebagai balasan silfia herlina

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ariyanti Dwi Wahyuningsih -
assalamualaikum wr wb
Nama : ariyanti dwi wahyuningsih
Npm : 2213022062
izin menjawab pertanyaan dari silfia herlina

Tujuan belajar yang lebih luas dapat memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengembangkan kecerdasan, melatih kemampuan berpikir, serta meningkatkan kemampuan mengolah informasi menjadi lebih baik. Bukan hanya itu, tujuan belajar juga dapat memberikan lebih banyak kebebasan pada diri seseorang.

wassalamualaikum wr wb
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rizka Agustin -
assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rizka Agustin
Npm. : 2213022037
No.absen : 25

Izin bertanya
siapakah pencetus dari teori belajar behavioristik dan sebutkan ciri dari teori belajar behavioristik?

sekian,terimakasih
Sebagai balasan Rizka Agustin

Re: RUANG DISKUSI

oleh Meilani Wulandari -
assalamualaikum wr.wb
izin memperkenalkan diri
Nama. : Meilani Wulandari
Npm : 2213022035
No urut : 30

izin menjawab pertanyaan dari Rizka Agustin

Teori behavioristik adalah sebuah teori yang dicetuskan oleh Gage dan Berliner.Ciri-Ciri Teori Belajar Behavioristik :
Pertama, aliran ini mempelajari perbuatan manusia bukan dari kesadarannya,
melainkan mengamati perbuatan dan tingkah laku yang berdasarkan kenyataan.
Pengalamanpengalaman batin di kesampingkan serta gerak-gerak pada badan
yang dipelajari.

Kedua, segala perbuatan dikembalikan kepada refleks.

Ketiga, behaviorisme berpendapat bahwa pada waktu dilahirkan semua orang
adalah sama.

terimakasih
wassalamualaikum wr.wb
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Amelia Amelia Choirunnisa -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri:
Nama : Amelia choirunnisa
NPM : 2213022045
No : 9

Izin mengajukan pertanyaan, apa saja langkah-langkah penyusunan instrumen penilaian terhadap keterampilan proses sains?

Sekian, terimakasih.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Leony Leony Laili Nafisah Sholekhah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh, izin memperkenalkan diri
Nama: Leony Laili Nafisah Sholekhah
NPM: 2213022065
No urut: 27

Izin bertanya
Termasuk teori belajar apakah model pembelajaran Keterampilan Proses
Sains?

Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Firda Amaliya -
assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama:Firda Amaliya
NPM: 2213022061
No urut:5

Izin bertanya Apakah teori behavioristik masih dapat diterapkan pada kondisi pembelajaran masa kini?

Terimakasih, wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Sebagai balasan Firda Amaliya

Re: RUANG DISKUSI

oleh ASMARADANA ASMARADANA RIZKI AZIZ PRIABODO -
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Asmaradana Rizki AP
Npm: 2213022066
No: 8

Izin menjawab pertanyaan firda amaliya

apakah teori behavioristik masih dapat diterapkan pada kondisi pembelajaran masa kini?
Jawab: Pembelajaran di Indonesia masih diwarnai oleh teori behavior dikarenakan Teori belajar behaviorisme dilakukan dengan memberikan stimulus kepada siswa agar menimbulkan respon/tanggapan. Stimulus dan respon ini dilakukan secara berulang-ulang sampai mendapatkan hasil. Berdasarkan teori ini, perilaku manusia dikuasai oleh stimulus dan dikendalikan/dikontrol melalui pemanipulasian lingkungan

Terimakasih
Wassalamu'alaikum wr.wb
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rana Zayyan -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
nama : Rana Zayyan
npm : 2213022038
no absen : 31

izin bertanya,Sebutkan 5 Langkah keterampilan proses sains dasar?

sekian terimakasih
Sebagai balasan Rana Zayyan

Re: RUANG DISKUSI

oleh Mahmudatul Khoiriyah -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
nama : Mahmudatul Khoiriyah
npm : 2213022042
no.16

Izin menjawab pertanyaan Rana zayyan, Sebutkan 5 Langkah keterampilan proses sains dasar?
jawab : Keterampilan proses dasar terdiri dari keterampilan mengamati (melakukan observasi), keterampilan mengukur (melakukan pengukuran), keterampilan memprediksi (meramalkan), keterampilan mengelompokkan (mengklasifikasi), menginferensi (mengemukakan asumsi) dan keterampilan mengkominikasi.

terimakasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Angel angelina shinta augustin salsabela -
Selamat pagi
Izin memperkenalkan diri
Nama: angelina shinta augustin salsabela
Npm: 2213022055
Kelas: B
No.urut: 28

Izin menjawab pertanya dari Ratna Arianty Sutrisno
NPM : 2213022034
No urut : 29

Yang paling penting adalah teori konstruktivisme

Terimakasih