Forum diskusi kelompok

Kelompok 9

Kelompok 9

Hafid Alzain 2013021001 གིས-
Number of replies: 25
In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 9

Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001 གིས-
Hallo teman-teman Kel 9, ini aku ketemu video pembelajaran yang telah menerapkan pendekatan kontruktivisme, yukk kita diskusiiii
In reply to Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001

Re: Kelompok 9

Hawa Prihatiningsih 2113021021 གིས-

Haloo Lutfiyah, izin mengungkapkan apa itu teori konstruktivisme

Konstruktivisme merupakan aliran filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan kita merupakan hasil konstruksi sendiri. Pandangan konstruktivis dalam pembelajaran mengatakan bahwa anak-anak diberi kesempatan supaya menggunakan strateginya sendiri dalam belajar secara sadar, sedangkan guru yang membimbing siswa pada tingkat pengetahuan yang lebih tinggi.

In reply to Hawa Prihatiningsih 2113021021

Re: Kelompok 9

AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 གིས-
Setuju dengan pendapat hawa, menurut teori belajar konstruktivistik, peserta didik akan dapat menginterpretasikan informasi ke dalam pikirannya, jadi bener nih pendapat hawa bahwa pengetahuan anak merupakan hasil konstruksinya sendiri setelah diberi kesempatan oleh guru kemudian dibimbing untuk pengetahuan yang lebih tinggi.
In reply to Hawa Prihatiningsih 2113021021

Re: Kelompok 9

Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001 གིས-
Iyaa aku setuju dengan hawaa, dalam Video tersebut guru hanya mendorong peserta didik untuk menemukan cara mereka sendiri dalam menyelesaikan masalah. Dan dengan berkelompok juga peserta didik saling bertukar ide sampai persetujuan dicapai tentang apa yang masuk akal peserta didik
In reply to Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001

Re: Kelompok 9

AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 གིས-
Halo lutfii! menurut aku, video pembelajaran ini udah menerapkan teori belajar konstruktivisme dengan baik. Pembelajaran yang dilakukan guru ini sudah menerapkan ciri-ciri teori konstruktivisme seperti memberi peluang kepada murid untuk membina pengetahuan baru, guru memberi kesempatan pada murid untuk berdiskusi memecahkan soal melalui kemampuan berpikir kritisnya sendiri kemudian guru memberikan koreksi terhadap jawaban siswanya. Jadi menurut aku videonya udah menerapkan teori konstruktivisme dengan baik.
In reply to AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001 གིས-
Iyaa aku setuju jugaa, tapi menurut temen" kalau belajar kontruktivisme ini cocok ngga sih sama pembelajaran matematika? Kan kalau misal guru hanya melihat diskusi siswa takutnya nanti malah miskonsepsi huhu
In reply to Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001

Re: Kelompok 9

AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 གིས-
Menurut aku teori ini cocok dengan pembelajaran matematika jika sudah diterapkan dengan baik, teori ini sebenarnya bertujuan untuk mengasah kemampuan siswa untuk selalu bertanya dan mencari solusi atas pertanyaannya, jadi dalam pembelajaran siswa dituntut aktif nih buat bertanya, nahh guru berperan sebagai pembimbing dan bisa mengoreksi dan membenarkan hasil diskusi siswa agar tidak terjadi miskonsepsi ini. jadii menurut aku kalo diterapkan dengan baik, siswanya aktif dan gurunya juga merespon dengan baik, maka pembelajaran dengan teori konstruktivisme ini juga akan memberi hasil yang baik dan cocok di pembelajaran matematika. Tapi pastinya semua teori punya kekurangan dan kelebihannya juga yaa, mungkin temen-temen yang lain ada pendapat tentang kekurangannya nih, boleh disampaikan dan dikoreksi jawaban aku yaa
In reply to Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001

Re: Kelompok 9

ALDO.ERNANDA21 2113021047 གིས-
Menurut saya teori konstuktivisme cocok saja di terapkan dalam pembelajaran matematika, hal ini karena teori tersebut diperlukan untuk membantu guru matematika berubah dari pengajaran tradisional ke pembelajaran di mana siswa dan guru bekerja bersama memecahkan masalah, menemukan dan membangun pengetahuan.
In reply to Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001

Re: Kelompok 9

Rahma Diana Lutfi གིས-
menurut aku vidio pembelajaran tersebut udah menerapkan pendekatan kontruktivisme, dimana pada awal guru memberitahu kepada murid mengenai penerapan apa saja yang dapat kita terakan dari materi yang akan dipelajari contoh yang guru tersebut sebutkan adalah aquarium ,jika kita mengetahui cara menghitung volume tersebut kita bisa tahu berapa liter air yang ada pada aquarium. lalu murid dipersilahkan untuk membentuk kelompok untuk berdiskusi untuk membangun pemahaman mereka mengenai materi tersebut. setelah itu siswa diminta untuk melakukan presentasi agar ia dapat memaparkan pengetahuan yang ia dapat setelah itu guru tersebut memberikan pengetahuan nya guna melengkapi pengetahuan siswa yang mungkin kurang lengkap. dan terakhir guru memberikan penguatan mengenai materi tersebut serta penerapan nya terhadap kehidupan sehari hari
In reply to Rahma Diana Lutfi

Re: Kelompok 9

ALDO.ERNANDA21 2113021047 གིས-
Saya setuju dengan Rahma, posisi guru disini sebagai fasilitator dan menyediakan pembelajaran. Dan ketika siswa memberikan jawaban, guru mencoba untuk tidak mengatakan bahwa jawaban nya benar atau tidak, tapi mengarahkan ke setuju atau tidak setuju ke pada ide seseorang dan saling bertukar ide
In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 9

ALDO.ERNANDA21 2113021047 གིས-
Ini temen-temen ada video lain tentang pendekatan kontruktivisme, mungkin bisa kita analisis bareng-bareng selain video tadi
In reply to ALDO.ERNANDA21 2113021047

Re: Kelompok 9

AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 གིས-
Menurut aku video ini juga sudah menerapkan teori konstruktivisme dengan baik, guru menjelaskan terlebih dahulu kemudian meminta siswa untuk menyebutkan contoh-contohnya. Selain itu, guru juga memberikan soal untuk dipecahkan oleh siswa melalui permainan. Jadi disini siswa dan guru sama-sama aktif dalam pembelajaran dan siswa membangun sendiri pemahamannya dengan bimbingan guru.
In reply to AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

Rahma Diana Lutfi གིས-
iya setuju sama ais , dengan guru memberikan soal lalu dipecahkan oleh siswa pada saat pemechan masalah tersebut terjadi proses pembangunan dan pengumpulan informasi oleh siswa secara mandiri, dan hal tersebut membuat siswa turut berperan aktif dalam pembelajaran. namun peran guru juga tidak lepas disini sebagai pembimbing siswa dalam pembelajaran.
In reply to ALDO.ERNANDA21 2113021047

Re: Kelompok 9

Hawa Prihatiningsih 2113021021 གིས-

Mohon izin berpendapat, menurut saya pembelajaran tersebut telah memenuhi beberapa prinsip konstruktivisme, yaitu:

• Pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri (menalar). Ditunjukkan dengan pemaparan siswa dalam materi yang telah dijelaskan oleh guru, seperti menjelaskan tujuan dari kegiatan ekonomi.

• Guru sebagai fasilitator sehingga proses konstruksi oleh siswa berjalan dengan baik, dengan memberikan permainan agar siswa lebih bersemangat dalam belajar.

• Guru mengapresiasi siswa.

In reply to ALDO.ERNANDA21 2113021047

Re: Kelompok 9

ALDO.ERNANDA21 2113021047 གིས-
Mungkin contoh nyata yang kita alami pas menjadi mahasiswa itu dalam pembelajaran matematika SMP semester lalu, Mahasiswa dan memperlajari suatu materi matematika dan berdiskusi dengan kelompok nya, saat presentasi dosen tidak mengatakan itu benar atau salah, tapi setuju atau tidak setuju, lalu dosen memberikan pengarahan ke mahasiswa memberikan pemahaman yang lebih dan mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih juga, kemudian di akhir mahasiswa diberi tugas yaitu membuat suatu produk (hasil belajar kontruktivisme), dan menurut saya itu juga salah satu penerapan teori konstuktivisme
In reply to ALDO.ERNANDA21 2113021047

Re: Kelompok 9

Lintang Hapsari_2013021003 གིས-

Untuk video yang dianalisis gunakan video yang menerapakan pendekatan kontruktivisme pada kelas sebenarnya saja ya.