Forum diskusi kelompok

Kelompok 7

Kelompok 7

Hafid Alzain 2013021001 གིས-
Number of replies: 18
In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 7

REMALIA AYU SEPTINA 2113021023 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagii
Kadi dari kelompok 7 yang beranggotakan
1. Salsabila Torisa 2113021037
2. Remalia Ayu Septina 2113021023
3. Hana Sajidah 2113021031
4. Aldelia Destiana Putri 2113021043
5. Muthiah Qonita 2153021001
Sebelumnya izin memulai diskusinya bapak, ibu dan kakak-kakak
In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 7

REMALIA AYU SEPTINA 2113021023 གིས-
Haii semuaa, pertama kita diskusi mengenai video pembelajaran tentang pendekatan konstruktivisme yaa...
In reply to REMALIA AYU SEPTINA 2113021023

Re: Kelompok 7

Hana Sajidah 2113021031 གིས-
In reply to Hana Sajidah 2113021031

Re: Kelompok 7

REMALIA AYU SEPTINA 2113021023 གིས-
Ayoo temen-temen kita tonton duluu, selanjutnya saling memberikan pendapat terkait video pembelajaran tersebut
In reply to Hana Sajidah 2113021031

Re: Kelompok 7

MUTHIAH QONITA 2153021001 གིས-
Menurut saya, pada vidio pembelajaran ini sudah menerapkan pembelajaran kontruktivisme.
Dimana alur model pembelajaran kontruktivisme adalah
1. Mengungkapkan Konsep Awal
2. Eksplorasi
3. Diskusi
4. Pengembangan aplikasi
di dalam vidio, guru memulai pelajaran dengan menanyakan kesiapan siswa dan meminta siswa memberikan contoh dari sistem persamaan dua variabel, setelah itu siswa diminta untuk membuat sebuah kelompok untuk mengerjakan soal dan mempresentasikannya. siswa diperbolehkan menggunakan berbagai cara untuk menyelesaikan sistem persamaan linier tiga variabel. setelah itu perwakilan kelompok menampilkan hasil dari diskusi kelompok di depan kelas. dan di akhir pembelajaran, guru memberikan kesimpulan
In reply to Hana Sajidah 2113021031

Re: Kelompok 7

Aldelia Destiana Putri 2113021043 གིས-
Saya sudah menonton vidio pembelajarannya, dan setuju dengan muthi,benar bahwa vidio pembelajaran yang diberikan hana menerapkan pendekatan kontruktivisme, hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran yang interaktif yang terjadi dikelas tersebut. Tahapan proses pembelajaran kontuktivisme dapat dijelaskan empat tahap implikasi pembelajaran konstruktivisme yaitu : tahap satu guru mengingatkan kembali mengenai materi-materi matematika yang telah dipelajari sebelumnya (Siswa diberikan kesempatan untuk mengkomunikasikan, mengilustrasikan pemahamannya tentang konsep itu), tahap dua siswa diberi kesempatan lagi untuk menyelidiki dan menemukan konsep matematika melalui pengumpulan, pengorganisasian dan penginterprestasian data dalam suatu kegiatan yang telah dirancang pendidikan (Secara keseluruhan, tahap ini akan memenuhi rasa keingintahuan siswa tentang fenomena alam sekelilingnya). Tahap ketiga, saat siswa memberikan penjelasan dan solusi yang didasarkan pada hasil observasinya ditambah dengan penguatan pendidik, maka siswa membangun pemahaman baru tentang konsep matematika yang sedang dipelajari. Hal ini menjadikan siswa tidak ragu-ragu lagi tentang konsepsinya. Tahap keempat, pendidik berusaha menciptakan iklim pembelajaran matematika yang memungkinkan siswa dapat mengaplikasikan pemahaman konseptualnya baik melalui kegiatan atau pemunculan dan pemecahan masalah masalah yang berkaitan dengan isu-isu di lingkungannya.
In reply to Aldelia Destiana Putri 2113021043

Re: Kelompok 7

REMALIA AYU SEPTINA 2113021023 གིས-
Nah iya menurut saya juga video pembelajaran tersebut telah menerapkan pendekatan konstruktivisme. Guru memberikan arahan kepada siswa untuk mengungkapkan konsep awal dengan sebuah pertanyaan terkait materi tersebut. Kemudian guru juga membuat kelompok untuk berdiskusi, dan memberikan ruang untuk siswa-siswinya menyampaikan penjelasan terkait soal-soal yang diberikan.
In reply to Hana Sajidah 2113021031

Re: Kelompok 7

REMALIA AYU SEPTINA 2113021023 གིས-

Oiya temen-temen berdasarkan referensi yang telah kita cari, ada beberapa tahap pendekatan konstruktivisme, bisa di baca-baca dulu yaa. 

Cahyanto, I., dan Nur, M. 2019. Kontruktivisme Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional. Tersedia di: https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/download/1051/788

Attachment Tahapan pendekatan konstruktivisme.jpg
In reply to Hana Sajidah 2113021031

Re: Kelompok 7

Aldelia Destiana Putri 2113021043 གིས-
Dari vidio pembelajaran yang sudah kita tonton diatas, menurut temen temen ada kelemahan ga dalam pembelajaran kontruktivisme ini?
In reply to Aldelia Destiana Putri 2113021043

Re: Kelompok 7

REMALIA AYU SEPTINA 2113021023 གིས-
Sepertinya karena siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri, tidak jarang bahwa hasil konstruksi siswa tidak cocok dengan hasil konstruksi para ilmuan sehingga menyebabkan miskonsepsi, Konstruktivisme itu menanamkan agar siswa membangun pengetahuannya sendiri, hal ini pasti mengakibatkan ada siswa yang salah konsep, dari sini guru harus hati-hati dan menjelaskan kembali agar siswa tersebut tidak salah konsep. Sekian terimakasih
In reply to Hana Sajidah 2113021031

Re: Kelompok 7

REMALIA AYU SEPTINA 2113021023 གིས-
Gess mau tanya, berdasarkan video yang sudah kita tonton, jadi ciri-ciri pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme itu seperti apa ya?
In reply to REMALIA AYU SEPTINA 2113021023

Re: Kelompok 7

SALSABILA TORISA 2113021037 གིས-
iya rem, jadi aku dapet dari suatu artikel. Menurut Siroj (http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/43/rusdy-a-siroj.htm)
ciri-ciri pembelajaran yang konstruktivis adalah :
(1) Menyediakan pengalaman belajar dengan mengkaitkan pengetahuan yang telah dimiliki siswa sedemikian rupa sehingga belajar melalui proses pembentukan pengetahuan.
(2) Menyediakan berbagai alternatif pengalaman belajar, tidak semua mengerjakan tugas yang sama, misalnya suatu masalah dapat diselesaikan dengan berbagai cara.
(3) Mengintegrasikan pembelajaran dengan situasi yang realistik dan relevan dengan melibatkan pengalaman konkrit, misalnya untuk memahami suatu konsep melalui kenyataan kehidupan sehari-hari.
(4) Mengintegrasikan pembelajaran sehingga memungkinkan terjadinya transmisi sosial yaitu terjadinya interaksi dan kerja sama seseorang dengan orang lain atau dengan lingkungannya, misalnya interaksi dan kerjasama antara siswa, guru, dan siswa-siswa.
(5) Memanfaatkan berbagai media termasuk komunikasi lisan dan tertulis sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif.
(6) Melibatkan siswa secara emosional dan sosial sehingga menjadi menarik dan siswa mau belajar