Silahkan kelompok 1 berdiskusi disini
kami dari kelompok 1 dengan anggota
Rahmi Juliani (2113021005)
Sri Mulyani (2113021055)
Puri Dafa ariani (2113021059)
Faridz Rizki Ramadhan (2113021061)
Annisa Aryani (2113021077)
Rahmi Juliani (2113021005)
Sri Mulyani (2113021055)
Puri Dafa ariani (2113021059)
Faridz Rizki Ramadhan (2113021061)
Annisa Aryani (2113021077)
pada pendekatan kontruktivisme guru harus kreative dalam menerapkan media pembelajaran, siswa akan tertarik dan konsepnya akan terbangun jika media pembelajaran yang digunakan menarik, dari rasa tertarik inilah akan menimbulkan rasa ingin tahu yang tinggi sehingga akan muncul banyak pertanyaan pada siswa, dari pertanyaan pertanyaan tersebut siswa akan melakukan analisis untuk menemukan jawaban, setelah siswa tahu jawaban atas pertanyaannya konsep tersebut sudah terbangun
sebelum mencari vidio pembelajaran, kita harus tahu apa itu kontruktivisme terlehih dahulu, kepada teman-teman dipersilahkan untuk menyampaikan pendapatnya
Menurut anda bagaimana pendekatan kontruktivisme itu?
pada pertemuan sebelumnya kita telah melakukan analisis vidio pembelajaran yang menerapkan pendekatan kontruktivisme, menurut saya pendekatan kontruktivisme adalah pendekatan dimana seorang guru bertugas sebagai fasilitator dan membimbing siswa dalam menggali ilmu pengetahuan. menurut piaget pengetahuan akan bermakna bila dicari dan ditemukan sendiri. pada pendekatan ini pengetahuan dicari oleh siswa dan guru sebagai pembimbing untuk mengarahkan, pengetahuan dicari dengan eksplorasi perseonal, diskusi kelompok
Saya setuju dengan pendapat mba sri dimana siswa mencari sendiri pengetahuan dan guru sebagai fasilitator yang membimbing dalam suatu pembelajaran
Teori belajar konstruktivisme adalah teori belajar yang mengedepankan kegiatan mencipta serta membangun dari sesuatu yang telah dipelajari. Kegiatan membangun (konstruktif) dapat memacu siswa untuk selalu aktif, sehingga kecerdasannya akan turut meningkat. Tujuan dari teori ini adalah untuk membantu siswa dalam memahami isi dari materi pembelajaran, mengasah kemampuan siswa untuk selalu bertanya dan mencari solusi atas pertanyaannya, dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu konsep secara komprehensif.
Izin berpendapat sri
Dari beberapa sumber yang saya cari pengertian teori konstruktivisme yaitu:
Konstruktivisme adalah teori tentang bagaimana pelajar membangun pengetahuan dari pengalaman, yang unik untuk setiap individu. Konstruktivisme menurut Piaget (1971) adalah sistem penjelasan tentang bagaimana siswa sebagai individu beradaptasi dan memperbaiki pengetahuan. Konstruktivisme merupakan pergeseran paradigma dari behaviourisme ke teori kognitif. Epistemologi behaviourist berfokus pada kecerdasan, domain tujuan, tingkat pengetahuan, dan penguatan. Sementara epistemologi konstruktivis mengasumsikan bahwa siswa membangun pengetahuan mereka sendiri berdasarkan interaksi dengan lingkungan mereka. Empat asumsi epistemologis adalah inti dari apa yang kita sebut sebagai "pembelajaran konstruktivis." Yang pertama adalah, pengetahuan secara fisik dibangun oleh siswa yang terlibat dalam pembelajaran aktif. Kedua, pengetahuan secara simbolis dikonstruksi oleh siswa yang membuat representasi tindakan mereka sendiri; Pengetahuan dibangun secara sosial oleh siswa yang menyampaikan makna mereka kepada orang lain; dan yang terakhir adalah, Pengetahuan secara teori dikonstruksi oleh siswa yang mencoba menjelaskan hal-hal yang tidak sepenuhnya mereka pahami (Singh & Yaduvanshi, 2015).
Dari beberapa sumber yang saya cari pengertian teori konstruktivisme yaitu:
Konstruktivisme adalah teori tentang bagaimana pelajar membangun pengetahuan dari pengalaman, yang unik untuk setiap individu. Konstruktivisme menurut Piaget (1971) adalah sistem penjelasan tentang bagaimana siswa sebagai individu beradaptasi dan memperbaiki pengetahuan. Konstruktivisme merupakan pergeseran paradigma dari behaviourisme ke teori kognitif. Epistemologi behaviourist berfokus pada kecerdasan, domain tujuan, tingkat pengetahuan, dan penguatan. Sementara epistemologi konstruktivis mengasumsikan bahwa siswa membangun pengetahuan mereka sendiri berdasarkan interaksi dengan lingkungan mereka. Empat asumsi epistemologis adalah inti dari apa yang kita sebut sebagai "pembelajaran konstruktivis." Yang pertama adalah, pengetahuan secara fisik dibangun oleh siswa yang terlibat dalam pembelajaran aktif. Kedua, pengetahuan secara simbolis dikonstruksi oleh siswa yang membuat representasi tindakan mereka sendiri; Pengetahuan dibangun secara sosial oleh siswa yang menyampaikan makna mereka kepada orang lain; dan yang terakhir adalah, Pengetahuan secara teori dikonstruksi oleh siswa yang mencoba menjelaskan hal-hal yang tidak sepenuhnya mereka pahami (Singh & Yaduvanshi, 2015).
temen-temen bisa diamati vidio pembelajaran ini
Oke baik, terimakasih sri.
Aku tonton dulu ya videonya
Aku tonton dulu ya videonya
Selamat menonton semuanyaaaaaa
Izin berpendapat, dalam video pembelajaran ini sudah menerapkan belajar secara konstruktivisme. Yaitu guru mengulas kembali materi yang telah lalu setelah itu guru memberikan kesempatan siswa untuk berdiskusi sehingga siswa lebih bisa memahami materi nya.
saya setuju dengan pendapat rahmi, dalam video tersebut guru telah menerapkan teori belajar kontruktivisme. Izin menambahkan sedikit, setelah memberikan LKS sebagai media pembelajaran, guru juga berkeliling untuk mengecek pekerjaan siswa dan memberikan penjelasan mengenai bagian-bagian yang belum dipahami oleh siswa (menit ke 08.56) lalu guru memberikan kesempatan kepada perwakilan salah satu kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya kemudian kelompok yang lain menanggapi hasil diskusi kelompok tersebut (menit ke 14.18), setelah itu guru menyampaikan hasil atau kesimpulan dari materi yang telah dipelajari (menit ke 22.00).
Maaf ya teman-teman jika kurang responsif dalam berdiskusi.
Di sini saya terkendala sinyal teman-teman
Di sini saya terkendala sinyal teman-teman
pada kegiatan pendahuluan diawali dengan berdoa dan mendata kehadiran siswa, kemudian siswa dibentuk kelompok secara merata selanjutnya setiap kelompok diberikan lembar kerja untuk didiskusikan. setelah berdiskusi kemudian siswa dari setiap kelompok menjelaskan apa yang telah dia kerjakan. dalam proses ini siswa sudah mulai mengerti materi yang dipelajari, siswa sudah menemukan konsep. setelah menjelaskan kemudian sesi tanya jawab, siswa yang belum mengerti bisa langsung bertanya kepada teman yang menjelaskan didepan, pada tahap ini akan timbul interaksi dimana konsep akan semakin kuat dan siswa mampu menjelaskan kembali sehingga ilmu yang ia temukan hari ini akan terus teringat, pada tahap akhir guru akan menjelaskan kembali untik mengklarifikasi dan mengarahkan apakah yang siswa kerjakan itu benar atau salah sehingga tidak terjadi miskonsepsi
kekurangan pada vidio tersebut adalah volume backsound yang tinggi dibandingkan dengan suara guru yang menjelaskan
Saya setuju dengan analisis mba sri.
Izin menambahkan, dengan adanya pendekatan model pembelajaran teori konstruktivisme pada video tersebut juga memberikan siswa untuk mengeksplorasi pengetahuannya sendiri. Dalam artian tidak apa-apa mereka belajar sedikit demi sedikit tetapi pembelajaran tersebut akan sangat bermakna karna siswa lebih memahami konsep dan akan mengingat konsep tersebut dg cukup kuat.
Izin menambahkan, dengan adanya pendekatan model pembelajaran teori konstruktivisme pada video tersebut juga memberikan siswa untuk mengeksplorasi pengetahuannya sendiri. Dalam artian tidak apa-apa mereka belajar sedikit demi sedikit tetapi pembelajaran tersebut akan sangat bermakna karna siswa lebih memahami konsep dan akan mengingat konsep tersebut dg cukup kuat.
Oh ya teman-teman ini ada video pembelajaran konstruktivisme yg lainnya yang bisa kita analisis.
terimakasih nisaa
pada vidio tersebut penerapan pendekata kontruktivisme bukan dilakukan dalam kelas dimana siswa dan guru bertemu, tetapi simulasi dalam menerapkan pendekatan kontruktivisme
Oh iya bagaimana dengan teman-teman yang lain. Apakah ada video pembelajaran konstruktivisme lain yg bisa kita analisis?
Bagaimana pendapat teman-teman dari beberapa video pembelajaran yang sudah tertera. Baik yang disediakan oleh dosen, sri, atau video dari saya. Saya harap analisisnya yaa
belum menemukan nisa, masih dicari. sepertinya vidio pembelajaran yang saya tautkan disini sama seperti kelompok lain
oke baiklah sri
Guys aku dapet 1 refrensi video lagi nihh
Bagaimana analisis /pendapat kalian jika menggunakan video yg ini?
Oh iya sri, video ini terlihat hampir mirip dengan video yang kamu kirim tadi yaa?
Izin berpendapat ya teman-teman, menurut saya dalam video tersebut kurang lebih sama dengan video dari sri yang pertama tadi yaitu sama-sama telah menerapkan teori kontruktivisme. Dimana siswa duduk secara berkelompok untuk berdiskusi, kemudian menyampaikan hasil diskusinya, lalu guru menyimpulkan dan mengevaluasi hasil pembelajaran pada hari itu.
Satu video lagi yang bisa dijadikan referensi nih