FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

oleh Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Jumlah balasan: 32

KELOMPOK GENAP MENGAJUKAN PERTANYAAN

Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Alfia Rosa -
Nama : Alfia Rosa
NPM : 2013022040
No. Absen : 30 (genap)

Izin bertanya,
Bagaimana katrol tetap dapat memudahkan kerja kita meskipun keuntungan mekanisnya kecil?

Terima kasih
Sebagai balasan Alfia Rosa

Re: RUANG DISKUSI

oleh Yunita Safitri 2013022039 -
Nama: Yunita Safitri
Npm: 2013022039

Izin menjawab,
Katrol tetap dapat memudahkan kerja meskipun keuntungan mekanisnya kecil karena katrol tetap mengubah arah gaya, dari arah yang awalnya berlawanan dengan gravitasi bumi diubah menjadi searah dengan gravitasi bumi.

sekian,terimakasih.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Insani Triana 2013022002 -
Nama : Insani Triana
NPM : 2013022002

Izin bertanya,
Apa saja keuntungan dari penggunaan katrol tunggal (tetap)?

Terima kasih
Sebagai balasan Insani Triana 2013022002

Re: RUANG DISKUSI

oleh Pita Nadia 2013022008 -
Nama : Pita Nadia
NPM : 2013022008

Izin menjawab,
Terdapat beberapa keuntungan pada penggunaan katrol tetap, di antaranya adalah:
1. Dapat mengubah arah gaya sehingga memudahkan pengerjaan.
2. Besar gaya yang diperlukan sama dengan berat beban.
3. Jarak perpindahan beban sama dengan jarak ketika tangan menarik tali.

Terima kasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Fitri Nur Indah Sari 2013022032 -
Nama : Fitri Nur Indah Sari
NPM : 2013022032

Izin bertanya,
Bagaimana cara agar keuntungan mekanis katrol semakin besar?

Terima kasih
Sebagai balasan Fitri Nur Indah Sari 2013022032

Re: RUANG DISKUSI

oleh Elsa Ayuningthias Wahyudi 2013022033 -
Nama : Elsa Ayuningthias Wahyudi
NPM : 2013022033

Izin menjawab pertanyaan dari saudari Fitri,
Pada katrol majemuk yang harus diingat adalah semakin banyak katrolnya, maka keuntungan mekanisnya semakin besar. Kita harus menghitung tali-tali yang melawan beban (W) dan bebannya harus dilawan gaya ke atas.

Terima kasih.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Neo Safitri 2013022006 -
Nama : Neo Safitri
NPM : 2013022006

Izin bertanya,
Bagaimana katrol tetap memudahkan kerja meskipun keuntungan mekanik nya kecil?

Terimakasih.
Sebagai balasan Neo Safitri 2013022006

Re: RUANG DISKUSI

oleh Dea Citra Kharisma 2013022003 -
Nama : Dea Citra Kharisma
Npm : 2013022003

Izin menjawab pertanyaan Neo
Katrol tetap dapat memudahkan kerja meskipun keuntungan mekanisnya kecil karena katrol tetap mengubah arah gaya, dari arah yang awalnya berlawanan dengan gravitasi bumi diubah menjadi searah dengan gravitasi bumi

Terimakasih.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Annisa Dira 2013022004 -
Nama: Annisa Dira
NPM: 2013022004
No absen 26

Izin bertanya,
Apakah ada kerugian penggunaan dari katrol tunggal atau katrol tetap?
Sebagai balasan Annisa Dira 2013022004

Re: RUANG DISKUSI

oleh Fadiyah Farah Khoirunnisaa 2013022016 -
Nama : Fadiyah Farah Khoirunnisaa
Npm : 2013022016

Izin menjawab,
Berikut ini adalah beberapa kerugian katrol tetap (tunggal):
1. Kerugian katrol tetap adalah gaya kuasa yang dikeluarkan akan bernilai sama dengan berat bebannya, sehingga katrol tidak bisa digunakan untuk mengangkat benda yang massanya besar.

2. Pemanfaatan katrol tetap hanya bisa digunakan untuk menarik atau mengangkat benda yang massanya kecil.
Terimakasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Dian Permata Hati 2013022036 -
Nama : Dian Permata Hati
NPM : 2013022036

Izin bertanya, adakah kerugian dalam menggunakan katrol majemuk?
Terimakasih
Sebagai balasan Dian Permata Hati 2013022036

Re: RUANG DISKUSI

oleh Nadiyah Safitri 2013022046 -
Nama : Nadiyah Safitri
NPM : 2013022046

Izin menjawab,
Katrol majemuk merupakan gabungan dari katrol tetap dan katrol bebas. Keuntungan mekanis dari katrol majemuk bergantung dengan jumlah tali yang menyokong beban. Tentunya, katrol majemuk ini lebih menguntungkan dibanding dengan katrol tetap dan bebas. Namun, selain keuntungam terdapat kerugian menggunakan katrol majemuk antara lain;
1. Hanya efektif digunakan pada industri besar
2. Penggunaan katrol yang banyak dan membutuhkan tali yang sangat panjang

Terima kasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Oktavia Sulistya Handayani 2013022052 -

Nama: Oktavia Sulistya Handayani

NPM: 2013022052

Izin bertanya,

Mengapa keuntungan mekanis katrol tunggal (tetap) lebih kecil dari keuntungan mekanis katrol tunggal (bergerak)?
Terimakasih.
Sebagai balasan Oktavia Sulistya Handayani 2013022052

Re: RUANG DISKUSI

oleh Umi Nur Aini 2013022012 -

Nama : Umi Nur Aini
NPM : 2013022012

Izin menjawab, 
Karena pada katrol tetap besarnya gaya kuasa yang diberikan sama dengan besarnya gaya beban. Namun, meskipun memiliki keuntungan mekanis sebesar satu, katrol tetap masih memiliki keuntungan yaitu dari segi arahnya. Arah gaya kuasa berlawanan arah dengan arah gaya beban, sehingga beban yang diangkat terasa lebih ringan.

Terima kasih

Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ririn Oriska -
Nama : Ririn Oriska
Npm : 2013022010

Izin bertanya,
Bagaimana prinsip kerja katrol dalam sistem pesawat sederhana?

Terimakasih
Sebagai balasan Ririn Oriska

Re: RUANG DISKUSI

oleh Elpin Nurul Rahmayani -
Nama : Elpin Nurul Rahmayani
Npm : 2013022038

Izin menjawab,
Pesawat sederhana berupa roda beralur yang dikelilingi oleh tali. Prinsip kerja katrol adalah mengubah arah kerja gaya sehingga beban bisa terangkat dengan mudah. Sebuah roda yang dihubungkan dengan sebuah poros yang dapat berputar bersama-sama.
Terimakasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Sihfa Zhainita 2013022062 -
Nama : Sihfa Zhainita
NPM : 2013022062

Izin bertanya,
Sebutkan apa saja keuntungan mekanik dari penggunaan katrol majemuk?

Terima kasih
Sebagai balasan Sihfa Zhainita 2013022062

Re: RUANG DISKUSI

oleh Indah Viona Fitri 2013022057 -
Nama : Indah Viona Fitri
NPM : 2013022057

Izin menjawab pertanyaan saudari Sihfa,
Katrol majemuk merupakan perpaduan dua katrol atau lebih antara katrol tetap dan katrol bebas yang dihubungkan dengan tali. Keuntungan mekanik pada katrol majemuk ditentukan oleh banyaknya katrol yang digunakan.
Dikutip dari buku Explore Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VIII yang ditulis oleh Sadiman & Tristia Ningsih, keuntungan mekanik yang diperoleh katrol majemuk lebih besar daripada katrol tunggal. Katrol majemuk biasanya digunakan untuk mengangkat beban yang sangat besar.
Adapun keuntungan mekanik dari katrol majemuk bergantung pada jumlah tali yang digunakan untuk mengangkat beban atau menghubungkan antara katrol. Semakin banyak tali penghubung ataupun tali pengangkat yang digunakan maka semakin besar keuntungan mekaniknya.
Terimakasih.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Bayu Angger Puspito 2013022049 -
Nama: Bayu Angger Puspito
NPM: 2013022049

Izin bertanya, apa ciri utama dari katrol bebas sehingga ia dibedakan dari katrol yang lain?

Terimakasih
Sebagai balasan Bayu Angger Puspito 2013022049

Re: RUANG DISKUSI

oleh lu'lu' syarqia 2013022051 -
Nama : Lu’lu’ Syarqia
NPM : 2013022051

Izin menjawab pertanyaan dari saudara Bayu.
Katrol atau dalam bahasa inggris snatch block atau pulley block adalah sebuah roda di atas sebuah as roda atau penggerak roda yang dirancang untuk mendukung pergerakan dan mengubah arah dari kabel atau sabuk yang dipasang, atau mentransfer kekuatan antara penggerak roda dan kabel atau sabuk.
Katrol Bebas adalah katrol yang porosnya tidak dipasang di suatu tempat yang tetap, sehingga katrol dapat berpindah tempat atau bergerak bebas saat digunakan.

Terimakasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Indah Sina Tyas 2013022042 -
Nama : Indah Sina Tyas
Npm : 2013022042

Izin bertanya
Berapa keuntungan mekanis pada katrol?
Sebagai balasan Indah Sina Tyas 2013022042

Re: RUANG DISKUSI

oleh Gustin wardani 2013022030 -
Nama : Gustin Wardani
Npm : 2013022030

Izin menjawab,
Pada katrol tetap, gaya kuasa yang dikeluarkan akan bernilai sama dengan berat bebannya, yaitu F = W. Hal ini yang menyebabkan keuntungan mekanis katrol tetap bernilai 1 (KM = 1).
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Putri Asnaul Karimah 2013022014 -
Nama : Putri Asnaul Karimah
NPM : 2013022014

Izin bertanya,
Apa yang dimaksud dengan keuntungan mekanik pada katrol dan berapakah keuntungan mekanink pada katrol tunggal tetap?
Terimakasih
Sebagai balasan Putri Asnaul Karimah 2013022014

Re: RUANG DISKUSI

oleh Winda Dwi Safitri -
Nama : Winda Dwi Safitri
NPM : 2013022018
Absen : 31

Izin menjawab, Dengan demikian, keuntungan mekanis katrol tunggal tetap adalah 1. Keuntungan mekanik (KM) didefinisikan sebagai perbandingan antara beban (w) yang ditanggung dengan kuasa (F) yang harus dilakukan. Dengan demikian, keuntungan mekanis katrol tunggal tetap adalah 1. Terimakasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ananda Resya Putri 2013022011 -
Nama : Ananda Resya Putri
Npm : 2013022011
No urut : 6 (genap)

izin bertanya
Dari ketiga jenis katrol, mengapa katrol majemuk lebih mudah digunakan?

terimakasih
Sebagai balasan Ananda Resya Putri 2013022011

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ayu Iin Hidayah 2013022017 -
Nama: Ayu Iin Hidayah
NPM: 2013022017
No. urut: 09 (Ganjil)

Izin menjawab pertanyaan dari Ananda,
Katrol majemuk merupakan gabungan dari katrol bergerak dan katrol tetap. Beban yang diangkat sangat berat sehingga katrol ini memiliki jumlah tumpuan yang lebih banyak. Prinsip kerjanya adalah pada poros katrol bergerak beban diletakkan, kemudian digerakkan dengan katrol tetap. Katrol majemuk menggunakan dua jenis katrol karena untuk mengangkat beban yang sangat berat. Jadi keuntungan mekanik pada katrol majemuk ditentukan oleh banyaknya katrol yang digunakan.
Katrol jenis ini digunakan untuk mengangkat beban yang sangat berat, tidak hanya dengan satuan kilogram, tapi sampai benda yang beratnya satuannya ton. Contohnya seperti mengangkat kerangka jembatan yang beratnya tidak bisa dibilang ringan.

Terimakasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Jestica Dwi Cahyani Utari 2013022054 -
Nama : Jestica Dwi Cahyani Utari
NPM : 2013022054
No. Absen : 22 (genap)

Izin bertanya,
Pada pemaparan materi tadi hanya menjelaskan mengenai sistem katrol majemuk tanpa bidang. Bagaimana jika katrol majemuk menggunakan suatu bidang?

Terima kasih
Sebagai balasan Jestica Dwi Cahyani Utari 2013022054

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ika Thalia Pratiwi -

Nama : Ika Thalia Pratiwi

NPM : 2013022022

No absen: 33

Izin menjawab,

Terdiri dari dua buah benda dan dua buah katrol. Sebuah benda terletak pada bidang datar licin. Karena permukaan bidang yang digunakan licin maka gaya gesek diabaikan. Sebuah benda lainnya tergantung pada sebuah katrol bebas. Dua benda tersebut dihubungkan oleh tali dan melalui katrol tetap dan katrol bebas. Gambar sistem katrol mejemuk ini dapat dilihat seperti gambar di bawah.


Pada sistem katrol majemuk di atas, berlaku:

1. Tegangan tali sama (T1=T2= T)

2. Bidang datar licin sehingga gaya gesek diabaikan

3. Percepatan benda pertama tidak sama dengan percepatan benda ke dua, a1 = 2 T2.

Terimakasih

Lampiran WhatsApp Image 2023-03-22 at 16.19.41.jpg
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Najmi Lufris Siregar -
Nama : Najmi Lufris Siregar
Npm   : 1953022006

Izin bertanya, bagaimanakah sistem kerja katrol pada Lift/Elevator?
Terimakasih.
Sebagai balasan Najmi Lufris Siregar

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ochira Chantika 2013022001 -
Nama : Ochira Chantika Trinetha
NPM : 2013022001

Izin menjawab pertanyaan dari saudara Najmi,
Elevator atau lift layaknya seperti ember, namun terbuat dari logam yang dibentuk untuk menampung muatan berbagai ukuran atau biasa yang disebut kereta lift/car lift. Car lift tersebut terhubung ke tali baja yang sangat kuat yang melewati sheave di lift di ruang mesin. Di sini, sheave seperti roda dalam sistem katrol untuk memegang erat tali baja dengan kuat. Sistem ini dioperasikan oleh motor penggerak, ketika sakelar dalam kondisi ON, maka elevator dapat naik dan turun atau berhenti.

Agar motor penggerak dapat berfungsi dengan baik, lift harus dilengkapi dengan sistem pengendali lift. Sistem yang biasanya digunakan adalah Programmable Logic Controller (PLC).
Adapun bagian komponen dari sebuah lift mencakup sistem pengontrol kecepatan, motor listrik, rel, kabin, poros, pintu (manual dan otomatis), unit penggerak, buffer, dan alat pengaman.

Terimakasih.
Lampiran IMG-20230322-WA0010.jpg
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Erna Wahyu Septianna 2013022019 -
Nama : Erna Wahyu Septiana
NPM : 2013022019

Izin bertanya,
Apa saja contoh prinsip penggunaan katrol dalam kehidupan sehari-hari?
Terimakasih
Sebagai balasan Erna Wahyu Septianna 2013022019

Re: RUANG DISKUSI

oleh NIKEN TRI KUSUMA 2013022053 -
Nama: Niken Tri Kusuma
Npm: 2013022053

Izin menjawab pertanyaan dari saudari Erna
Pemanfaatan katrol di dalam kehidupan sehari-hari bisa dilihat pada sistem sumur timba. Katrol digunakan untuk menimba air di dalam sumur. Contoh lainnya adalah katrol yang dipakai untuk mengerek bendera ketika upacara.
Terimakasih