KELOMPOK GENAP MENGAJUKAN PERTANYAAN
NPM : 2013022040
No. Absen : 30 (genap)
Izin bertanya,
Bagaimana katrol tetap dapat memudahkan kerja kita meskipun keuntungan mekanisnya kecil?
Terima kasih
Npm: 2013022039
Izin menjawab,
Katrol tetap dapat memudahkan kerja meskipun keuntungan mekanisnya kecil karena katrol tetap mengubah arah gaya, dari arah yang awalnya berlawanan dengan gravitasi bumi diubah menjadi searah dengan gravitasi bumi.
sekian,terimakasih.
Re: RUANG DISKUSI
NPM : 2013022002
Izin bertanya,
Apa saja keuntungan dari penggunaan katrol tunggal (tetap)?
Terima kasih
NPM : 2013022008
Izin menjawab,
Terdapat beberapa keuntungan pada penggunaan katrol tetap, di antaranya adalah:
1. Dapat mengubah arah gaya sehingga memudahkan pengerjaan.
2. Besar gaya yang diperlukan sama dengan berat beban.
3. Jarak perpindahan beban sama dengan jarak ketika tangan menarik tali.
Terima kasih
Re: RUANG DISKUSI
NPM : 2013022032
Izin bertanya,
Bagaimana cara agar keuntungan mekanis katrol semakin besar?
Re: RUANG DISKUSI
NPM : 2013022033
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Fitri,
Pada katrol majemuk yang harus diingat adalah semakin banyak katrolnya, maka keuntungan mekanisnya semakin besar. Kita harus menghitung tali-tali yang melawan beban (W) dan bebannya harus dilawan gaya ke atas.
Terima kasih.
NPM : 2013022006
Izin bertanya,
Bagaimana katrol tetap memudahkan kerja meskipun keuntungan mekanik nya kecil?
Terimakasih.
Npm : 2013022003
Izin menjawab pertanyaan Neo
Katrol tetap dapat memudahkan kerja meskipun keuntungan mekanisnya kecil karena katrol tetap mengubah arah gaya, dari arah yang awalnya berlawanan dengan gravitasi bumi diubah menjadi searah dengan gravitasi bumi
Terimakasih.
NPM: 2013022004
No absen 26
Izin bertanya,
Apakah ada kerugian penggunaan dari katrol tunggal atau katrol tetap?
Re: RUANG DISKUSI
Npm : 2013022016
Izin menjawab,
Berikut ini adalah beberapa kerugian katrol tetap (tunggal):
1. Kerugian katrol tetap adalah gaya kuasa yang dikeluarkan akan bernilai sama dengan berat bebannya, sehingga katrol tidak bisa digunakan untuk mengangkat benda yang massanya besar.
2. Pemanfaatan katrol tetap hanya bisa digunakan untuk menarik atau mengangkat benda yang massanya kecil.
Terimakasih
Re: RUANG DISKUSI
NPM : 2013022036
Izin bertanya, adakah kerugian dalam menggunakan katrol majemuk?
Terimakasih
NPM : 2013022046
Izin menjawab,
Katrol majemuk merupakan gabungan dari katrol tetap dan katrol bebas. Keuntungan mekanis dari katrol majemuk bergantung dengan jumlah tali yang menyokong beban. Tentunya, katrol majemuk ini lebih menguntungkan dibanding dengan katrol tetap dan bebas. Namun, selain keuntungam terdapat kerugian menggunakan katrol majemuk antara lain;
1. Hanya efektif digunakan pada industri besar
2. Penggunaan katrol yang banyak dan membutuhkan tali yang sangat panjang
Terima kasih
Re: RUANG DISKUSI
Nama: Oktavia Sulistya Handayani
NPM: 2013022052
Izin bertanya,
Re: RUANG DISKUSI
Nama : Umi Nur Aini
NPM : 2013022012
Izin menjawab,
Karena pada katrol tetap besarnya gaya kuasa yang diberikan sama dengan besarnya gaya beban. Namun, meskipun memiliki keuntungan mekanis sebesar satu, katrol tetap masih memiliki keuntungan yaitu dari segi arahnya. Arah gaya kuasa berlawanan arah dengan arah gaya beban, sehingga beban yang diangkat terasa lebih ringan.
Terima kasih
Npm : 2013022010
Izin bertanya,
Bagaimana prinsip kerja katrol dalam sistem pesawat sederhana?
Terimakasih
Npm : 2013022038
Izin menjawab,
Pesawat sederhana berupa roda beralur yang dikelilingi oleh tali. Prinsip kerja katrol adalah mengubah arah kerja gaya sehingga beban bisa terangkat dengan mudah. Sebuah roda yang dihubungkan dengan sebuah poros yang dapat berputar bersama-sama.
Terimakasih
Re: RUANG DISKUSI
NPM : 2013022062
Izin bertanya,
Sebutkan apa saja keuntungan mekanik dari penggunaan katrol majemuk?
Terima kasih
NPM : 2013022057
Izin menjawab pertanyaan saudari Sihfa,
Katrol majemuk merupakan perpaduan dua katrol atau lebih antara katrol tetap dan katrol bebas yang dihubungkan dengan tali. Keuntungan mekanik pada katrol majemuk ditentukan oleh banyaknya katrol yang digunakan.
Dikutip dari buku Explore Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VIII yang ditulis oleh Sadiman & Tristia Ningsih, keuntungan mekanik yang diperoleh katrol majemuk lebih besar daripada katrol tunggal. Katrol majemuk biasanya digunakan untuk mengangkat beban yang sangat besar.
Adapun keuntungan mekanik dari katrol majemuk bergantung pada jumlah tali yang digunakan untuk mengangkat beban atau menghubungkan antara katrol. Semakin banyak tali penghubung ataupun tali pengangkat yang digunakan maka semakin besar keuntungan mekaniknya.
Terimakasih.
Re: RUANG DISKUSI
NPM: 2013022049
Izin bertanya, apa ciri utama dari katrol bebas sehingga ia dibedakan dari katrol yang lain?
Terimakasih
NPM : 2013022051
Izin menjawab pertanyaan dari saudara Bayu.
Katrol atau dalam bahasa inggris snatch block atau pulley block adalah sebuah roda di atas sebuah as roda atau penggerak roda yang dirancang untuk mendukung pergerakan dan mengubah arah dari kabel atau sabuk yang dipasang, atau mentransfer kekuatan antara penggerak roda dan kabel atau sabuk.
Katrol Bebas adalah katrol yang porosnya tidak dipasang di suatu tempat yang tetap, sehingga katrol dapat berpindah tempat atau bergerak bebas saat digunakan.
Terimakasih
Re: RUANG DISKUSI
Npm : 2013022042
Izin bertanya
Berapa keuntungan mekanis pada katrol?
Npm : 2013022030
Izin menjawab,
Pada katrol tetap, gaya kuasa yang dikeluarkan akan bernilai sama dengan berat bebannya, yaitu F = W. Hal ini yang menyebabkan keuntungan mekanis katrol tetap bernilai 1 (KM = 1).
Re: RUANG DISKUSI
NPM : 2013022014
Izin bertanya,
Apa yang dimaksud dengan keuntungan mekanik pada katrol dan berapakah keuntungan mekanink pada katrol tunggal tetap?
Terimakasih
NPM : 2013022018
Absen : 31
Izin menjawab, Dengan demikian, keuntungan mekanis katrol tunggal tetap adalah 1. Keuntungan mekanik (KM) didefinisikan sebagai perbandingan antara beban (w) yang ditanggung dengan kuasa (F) yang harus dilakukan. Dengan demikian, keuntungan mekanis katrol tunggal tetap adalah 1. Terimakasih
Re: RUANG DISKUSI
Npm : 2013022011
No urut : 6 (genap)
izin bertanya
Dari ketiga jenis katrol, mengapa katrol majemuk lebih mudah digunakan?
terimakasih
NPM: 2013022017
No. urut: 09 (Ganjil)
Izin menjawab pertanyaan dari Ananda,
Katrol majemuk merupakan gabungan dari katrol bergerak dan katrol tetap. Beban yang diangkat sangat berat sehingga katrol ini memiliki jumlah tumpuan yang lebih banyak. Prinsip kerjanya adalah pada poros katrol bergerak beban diletakkan, kemudian digerakkan dengan katrol tetap. Katrol majemuk menggunakan dua jenis katrol karena untuk mengangkat beban yang sangat berat. Jadi keuntungan mekanik pada katrol majemuk ditentukan oleh banyaknya katrol yang digunakan.
Katrol jenis ini digunakan untuk mengangkat beban yang sangat berat, tidak hanya dengan satuan kilogram, tapi sampai benda yang beratnya satuannya ton. Contohnya seperti mengangkat kerangka jembatan yang beratnya tidak bisa dibilang ringan.
Terimakasih
Re: RUANG DISKUSI
NPM : 2013022054
No. Absen : 22 (genap)
Izin bertanya,
Pada pemaparan materi tadi hanya menjelaskan mengenai sistem katrol majemuk tanpa bidang. Bagaimana jika katrol majemuk menggunakan suatu bidang?
Terima kasih
Nama : Ika Thalia Pratiwi
NPM : 2013022022
No absen: 33
Izin menjawab,
Terdiri dari dua buah benda dan dua buah katrol. Sebuah benda terletak pada bidang datar licin. Karena permukaan bidang yang digunakan licin maka gaya gesek diabaikan. Sebuah benda lainnya tergantung pada sebuah katrol bebas. Dua benda tersebut dihubungkan oleh tali dan melalui katrol tetap dan katrol bebas. Gambar sistem katrol mejemuk ini dapat dilihat seperti gambar di bawah.
Pada sistem katrol majemuk di atas, berlaku:
1. Tegangan tali sama (T1=T2= T)
2. Bidang datar licin sehingga gaya gesek diabaikan
3. Percepatan benda pertama tidak sama dengan percepatan benda ke dua, a1 = 2 T2.
Terimakasih
Npm : 1953022006
NPM : 2013022001
Izin menjawab pertanyaan dari saudara Najmi,
Elevator atau lift layaknya seperti ember, namun terbuat dari logam yang dibentuk untuk menampung muatan berbagai ukuran atau biasa yang disebut kereta lift/car lift. Car lift tersebut terhubung ke tali baja yang sangat kuat yang melewati sheave di lift di ruang mesin. Di sini, sheave seperti roda dalam sistem katrol untuk memegang erat tali baja dengan kuat. Sistem ini dioperasikan oleh motor penggerak, ketika sakelar dalam kondisi ON, maka elevator dapat naik dan turun atau berhenti.
Agar motor penggerak dapat berfungsi dengan baik, lift harus dilengkapi dengan sistem pengendali lift. Sistem yang biasanya digunakan adalah Programmable Logic Controller (PLC).
Adapun bagian komponen dari sebuah lift mencakup sistem pengontrol kecepatan, motor listrik, rel, kabin, poros, pintu (manual dan otomatis), unit penggerak, buffer, dan alat pengaman.
Terimakasih.
Re: RUANG DISKUSI
NPM : 2013022019
Izin bertanya,
Apa saja contoh prinsip penggunaan katrol dalam kehidupan sehari-hari?
Terimakasih
Re: RUANG DISKUSI
Npm: 2013022053
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Erna
Pemanfaatan katrol di dalam kehidupan sehari-hari bisa dilihat pada sistem sumur timba. Katrol digunakan untuk menimba air di dalam sumur. Contoh lainnya adalah katrol yang dipakai untuk mengerek bendera ketika upacara.
Terimakasih