FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

oleh Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Jumlah balasan: 24

Mhs bernomor urut genap mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut ganjil menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Risnawati Hutapea -
Nama:Risnawati hutapea
Npm : 2213022079
No : 8

izin bertanya,Strategi apa yang dapat dilakukan oleh guru dalam menerapkan pembelajaran matematika yang konstruktivistik?

Terimakasih
Sebagai balasan Risnawati Hutapea

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ririn Elysa -
Nama : Ririn Elysa
Npm : 2213022095
No.7

Izin menjawab pertanyaan nomor urut 8 Hal-hal yang harus dilakukan oleh guru agar dapat mengajarkan matematika dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme adalah memberikan kesempetan kepada siswa untuk menyelesaikan masalah matematika dengan caranya sendiri dengan kemampuan yang dimiliki dalam pikirannya, artinya siswa diberi kesempatan melakukan
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rabiatul Adawwiah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Rabiatul Adawwiah
Npm. : 2213022073
No. Urut : 2
Izin bertanya, Berdasarkan teori vygotsky yang telah dikemukakan, pembelajaran dapat dirancang atau di desain dalam model pembelajaran konstruktivis di kelas. Sebutkanlah model pembelajaran tersebut !
Terimakasih banyak
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Sebagai balasan Rabiatul Adawwiah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rizka Diah Nuariyanti 2213022078 -
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rizka Diah Nuariyanti
Npm : 2213022078
No. Urut : 1
Izin menjawab, Berdasarkan teori Vygotsky yang telah dikemukakan di atas maka pembelajaran dapat dirancang atau didesain dalam model pembelajaran konstruktivis di kelas yaitu :
1. Identifikasi prior knowledge dan miskonsepsi.
2. Penyusunan program pembelajaran.
3. Orientasi dan elicitasi.
4. Refleksi
5. Resrtukturisasi ide 6. aplikasi
7. review
Terimakasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Yuli Yani Permata Sakti -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Yuli Yani Permata Sakti
Npm : 2213022068
No urut : 14

Izin bertanya
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika konstruktivistik?
Sebagai balasan Yuli Yani Permata Sakti

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ulfa Siti Ulfa Nur Annisa -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh
Nama : Siti Ulfa Nur Annisa
NPM : 2213022088
No Urut : 13

Izin menjawab pertanayaan dari Yuli Yani Permata Sakti.
Pembelajaran matematika yang berciri konstruktivisme menekankan terbangunnya pemahaman sendiri secara aktif, kreatif, dan produktif berdasarkan pengetahuan terdahulu dan dari pengalamannya.
Sebagai balasan Yuli Yani Permata Sakti

Re: RUANG DISKUSI

oleh Isna Zakiyah Solehah -
Nama : Isna Zakiyah Solehah
Npm : 2213022067
No. Urut : 25

Izin menjawab, Pembelajaran matematika yang berciri konstruktivisme menekankan terbangunnya pemahaman sendiri secara aktif, kreatif, dan produktif berdasarkan pengetahuan terdahulu dan dari pengalamannya.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Azosila _ -
Nama: Azosila
Npm: 2213022082
No urut: 24

Izin bertanya, Bagaimana penerapan teori belajar Vygotsky dalam interaksi belajar mengajar?
Sebagai balasan Azosila _

Re: RUANG DISKUSI

oleh Isma Salwa -
Nama: Isma Salwa
Npm: 2213022096
No urut: 23

Izin menjawab pertanyaan dari Azosila.
Berdasarkan pendapat tersebut maka salah satu penerapan teori Lev Vygotsky dalam proses pembelajaran yang menekankan adanya interaksi sosial dapat berupa pembelajaran kooperatif. Pembelajaran akan lebih efektif dengan melibatkan komunitas orang belajar.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ananda Suci Ariefiana -
Nama: ananda suci Ariefiana
Npm:2213022090
No urut 26
Izin bertanya

Sebutkan kelebihan dan kelemahan dari teori belajar konstruktivisme menurut Vygotsky!
Sebagai balasan Ananda Suci Ariefiana

Re: RUANG DISKUSI

oleh Nisa Ulfa Dila -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaruh
Nama : Nisa Ulfa Dila
NPM : 2213022085
No Urut: 27

Izin menjawab pertanyaan dari Ananda Suci Ariefiana.

Kelebihan dari teori Vygotsky yaitu ialah dapat mengurangi kesenjangan antar siswa, membantu siswa memahami bahan belajar secara lebih mudah, dan memberikan kesempatan yang lebih pada siswa untuk saling berinteraksi.
Sedangkan untuk kekurangannya pada teori ini yaitu hanya terbatas pada perilaku yang tampak, serta proses-proses belajar yang kurang tampak susah untuk diamati secara langsung.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Fita Fita Agustia -
Assalamu'alaikum wr. Wb
Nama: Fita agustia
Npm: 2213022091
No urut :4
Izin bertanya
Apa yang harus dilakukan oleh siswa jika guru menerapkan teori konstruktivistik dalam proses pembelajaran?
Sebagai balasan Fita Fita Agustia

Re: RUANG DISKUSI

oleh Melda Adinda Putri -
Nama : Melda Adinda Putri
Npm : 2213022072
No urut : 3 (ganjil)

Izin menjawab pertanyaan dari Fita Agustia

Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme yaitu dengan
Kembangkan kegiatan inkuiri di semua topik pembelajaran. Memunculkan rasa keingintahuan peserta didik terhadap suatu permasalahan melalui bertanya. Membentuk masyarakat belajar atau belajar dengan kelompok-kelompok tertentu.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Dwi Rahayu -
Nama : Dwi Rahayu
Npm: 2213022071
No urut:18

Izin bertanya,Jelaskan peran guru,siswa,dan sumber belajar pada teori kontruktivisme?

Terimakasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Mutia Azizah -
Nama : Mutia azizah
NPM : 2213022069
No urut 6

Izin bertanya
Apa yang terpenting dalam teori belajar kontruktivitisme?
Sebagai balasan Mutia Azizah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Risyania Az zuhruf -
Nama: Risyania az zuhruf
Npm:2213022093
No urut: 5

Izin menjawab pertanyaan dari Mutia Azizah
Proses penyesuaian diri terjadi secara terus menerus melalui proses rekonstruksi. Ada 6 yang terpenting dalam teori rekonstruksi adalah bahwa dalam proses pembelajaran, siswa yang harus aktif mengembangkan pengetahuan mereka, bukan pembelajar atau orang lain. Mereka yang harus bertanggung jawab terhadap hasil belajarnya.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Mila Rosalia Putri -
Nama : Mila Rosalia Putri
Npm : 2213022099
No.urut : 20

Izin bertanya
Jelaskan pendapat Vygotsky tentang pengkonstruksian pengetahuan?

Terimakasih
Sebagai balasan Mila Rosalia Putri

Re: RUANG DISKUSI

oleh PUPUT PUPUT RAHAYU -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrakatuh
Nama : Puput Rahayu
Npm : 2253022001
No urut : 19
Izin menjawab pertanyaan Mila Rosalia putri

Menurut Vygotsky, perolehan pengetahuan dan perkembangan kognitif seorang seturut dengan teori sciogenesis. Dimensi kesadaran social bersifat primer, sedangkan dimensi individualnya bersifat derivative atau merupakan turunan dan bersifat skunder. Artinya, pengetahuan dan pengembangan kognitif individu berasal dari sumber-sumber social di luar dirinya. Hal ini tidak berarti bahwa individu bersikap pasif dalam perkembangan kognitifnya, tetapi Vygotsky juga menekankan pentingnya peran aktif seseorang dalam mengkonstruksi pengetahuannya. Maka teori Vygotsky sebenarnya lebih tepat disebut dengan pendekatan konstruktivisme. Maksudnya, perkembangan kognitif seseorang disamping ditentukan oleh individu sendiri secara aktif, juga oleh lingkungan social yang aktif pula.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Agi Melianse -
Nama: Agi Melianse
Npm: 2213022076
No urut: 11

Izin menjawab pertanyaan Azosila no urut 24

Berdasarkan pendapat tersebut maka salah satu penerapan teori Lev Vygotsky dalam proses pembelajaran yang menekankan adanya interaksi sosial dapat berupa pembelajaran kooperatif. Pembelajaran akan lebih efektif dengan melibatkan komunitas orang belajar.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Lutfiah Mazidah -
Nama: Lutfiah Mazidah
Npm: 2213020086
No absen: 10 (genap)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Izin bertanya, Apa saja prinsip kunci teori konstruktivisme oleh Vygotsky?
Sebagai balasan Lutfiah Mazidah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Nindi Putri Indah Sari -
Nama: Nindi Putri Indah Sari
Npm: 2213022083
No absen: 09 (Ganjil)

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Izin menjawab pertanyaan dari Lutfiah Mazidah,
Ada 5 prinsip, yaitu:
1. Penekanan pada hakekat sosiokultural belajar.
2. Daerah Perkembangan Terdekat (Zone of Proximal Development = ZPD). 3. Pemagangan kognitif.
4. Perancahan (Scaffolding).
5. Bergumam (Private Speech).
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh YAYANG SAFITRI -
Nama : Yayang Safitri
Npm :2213022089
No : 22

Izin bertanya, Apa saja tujuan dari teori belajar Konstruktivistik Oleh Vygotsky ? 
Sebagai balasan YAYANG SAFITRI

Re: RUANG DISKUSI

oleh Novia Mita Safitri -
NAMA : NOVIA MITA SAFITRI
NPM : 2213022081
NO ABSEN : 21

Izin menjawab pertanyaan dari YAYANG SAFITRI.
Adapun tujuan dari teori belajar konstruktivistik oleh Vygotsky yaitu :
1. Adanya motivasi bagi siswa bahwa belajar adalah tanggung jawab siswa itu sendiri.
2. Meningkatkan kemampuan siswa untuk mengejukan pertanyaan dan mencari sendiri pertanyaannya.
3. Membantu siswa untuk mengembangkan pengertian dan pemahaman konsep secara lengkap.
5. Meningkatkan kemampuan siswa untuk menjadi pemikir yang mandiri.
6. Lebih tertekan pada proses belajar bagaimana belajar itu.
Terimakasih.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Bella Wahyuni -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu
Nama : Bella Wahyuni
Kelas : c
Npm : 2213022080
No urut 28
Bagaimana implikasi konsep belajar konstruktivistik dalam pembelajaran masa kini?