FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. གིས-
Number of replies: 29

Mhs bernomor urut genap mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut ganjil menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

MALIKA MALIKA GHIFARINA གིས-
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
izin memperkenalkan diri
nama: Malika Ghifarina
NPM: 2213022041
no: 8

izin bertanya
Bagaimana pendekatan konstruktivis dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika?

sekian terimakasi wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Amelia Amelia Choirunnisa གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri :
Nama : Amelia choirunnisa
NPM : 2213022045
No : 9

Izin menjawab pertanyaan Malika ghifarina,
Berikut adalah beberapa cara pendekatan konstruktivis dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika:

Pemecahan masalah kolaboratif
Guru dapat mengajarkan siswa untuk bekerja sama dalam memecahkan masalah matematika, dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan berbagi ide dengan teman sekelas mereka. Melalui diskusi dan kolaborasi, siswa dapat belajar bagaimana menerapkan konsep matematika dalam situasi yang nyata.

Penemuan sendiri
Pendekatan konstruktivis menekankan pada siswa yang membuat penemuan sendiri tentang konsep matematika. Guru dapat memfasilitasi proses penemuan ini dengan memberikan siswa pertanyaan yang terbuka dan menantang untuk diselesaikan dengan menggunakan konsep yang telah dipelajari.

Penggunaan teknologi
Teknologi seperti perangkat lunak matematika dan perangkat grafis dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memvisualisasikan konsep matematika yang abstrak. Guru dapat memberikan tugas yang menuntut siswa untuk menggunakan teknologi ini dalam memecahkan masalah matematika.

Pembelajaran berbasis masalah
Pendekatan konstruktivis memperkenalkan pembelajaran berbasis masalah, yaitu siswa diajarkan untuk memecahkan masalah matematika dalam konteks yang berarti dan relevan bagi mereka. Guru dapat memberikan tugas-tugas yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari atau masalah nyata untuk memotivasi siswa dalam mempelajari matematika.

Refleksi
Setelah menyelesaikan suatu tugas, siswa perlu merefleksikan apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka memecahkan masalah. Guru dapat meminta siswa untuk membagikan pengalaman mereka dan mengevaluasi cara mereka memecahkan masalah. Dengan cara ini, siswa dapat belajar dari pengalaman mereka dan mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam memecahkan masalah di masa depan.

Sekian, terimakasih.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Rain Rizky Maritza གིས-
Assalamu'alaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri
Nama : Rain Rizky Maritza
No urut : 4 (genap)
NPM   : 2213022063

Izin bertanya
Apa perbedaan dan persamaan konsep pendidikan konstruktivistik Piaget dan Vygotsky?

Terimakasih
waalaikumsalam wr.wb
In reply to Rain Rizky Maritza

Re: RUANG DISKUSI

Andia Nur Afifah གིས-
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Andia Nur Afifah
NPM: 2213022036
Nomor Urut: 1

Izin menjawab,
Perbedaan mendasar antara Piaget dan Vygotsky menurut Huang (2021) adalah bahwa Piaget percaya pada pendekatan konstruktivis anak-anak, atau dengan kata lain, bagaimana anak berinteraksi dengan lingkungan, sedangkan Vygotsky menyatakan bahwa belajar diajarkan melalui sosial dan budaya.
Penerapan teori Piaget dan Vygotsky dalam pembelajaran, keduanya sama-sama menyetujui bahwa posisi guru sebagai fasilitator dan pembimbing, metode belajar yang digunakan lebih berfokus pada anak sehingga potensi anak dan cara berpikir anak dapat berkembang dengan baik.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Saniya Saniya Putri Ayu Febiolantika གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Izin memperkenalkan diri
Nama : Saniya Putri Ayu F
Npm : 2213022056
No. Urut : 22

Izin bertanya, Bagaimana pandangan teori konstruktivisme dalam mengembangkan proses belajar bagi siswa?

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Wabarakatauh
In reply to Saniya Saniya Putri Ayu Febiolantika

Re: RUANG DISKUSI

Kharinta Oxana Ferodova གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Izin memperkenalkan diri
Nama : Kharinta Oxana Ferodova
Npm : 2213022058
No. Urut : 21

Izin menjawab pertanyaan dari saniya
a. Membebaskan siswa dari belenggu kurikulum yang berisi fakta-fakta lepas yang sudah ditetapkan, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengmbangkan ide-idenya secara lebih bebas.
b. Menempatkan siswa sebagai kekuatan timbulnya interes, untuk membuat hubungan ide-ide atau gagasan-gagasan, kemudian memformulasikan kembali ide-ide tersebut, serta membuat kesimpulan-kesimpulan.
c. Guru bersama-sama siswa mengkaji pesan-pesan penting bahwa dunia adalah kompleks, dimana terjadi bermacam-macam pandangan tentang kebenaran yang datangnya dari berbagai interpretasi.
d. Guru mengakui bahwa proses belajar serta penilaianya merupakan suatu usaha yang kompleks, sukar dipahami, tidak teratur, dan tidak mudah dikelola.
Aplikasi Teori Konstruktivistik Dalam Pembelajaran :
e. Membebaskan siswa dari belenggu kurikulum yang berisi fakta-fakta lepas yang sudah ditetapkan, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengmbangkan ide-idenya secara lebih bebas.
f. Menempatkan siswa sebagai kekuatan timbulnya interes, untuk membuat hubungan ide-ide atau gagasan-gagasan, kemudian memformulasikan kembali ide-ide tersebut, serta membuat kesimpulan-kesimpulan.
g. Guru bersama-sama siswa mengkaji pesan-pesan penting bahwa dunia adalah kompleks, dimana terjadi bermacam-macam pandangan tentang kebenaran yang datangnya dari berbagai interpretasi.
h. Guru mengakui bahwa proses belajar serta penilaianya merupakan suatu usaha yang kompleks, sukar dipahami, tidak teratur, dan tidak mudah dikelola.

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Wabarakatauh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Dini Rismawati གིས-
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
izin memperkenalkan diri
nama: Dini Rismawati
NPM: 2213022043
no: 24

izin bertanya
Apa saja kekurangan dan kelebihan teori konstruktivistik

Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Dini Rismawati

Re: RUANG DISKUSI

Ratna Arianty Sutrisno གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Ratna Arianty Sutrisno
NPM : 2213022034
No urut : 29

Izin menjawab

kelebihan
1.Teori ini dalam proses berfikir membina pengetahuan baru, membantu siswa untuk mencari ide, menyelesaikan masalah, dan membuat keputusan
2.Teori ini dalam proses pemahaman murid terlibat secara langsung dalam membina pengetahuan baru
3.Teori ini dalam proses pengingatan siswa terlibat secara langsung dengan aktif, mereka akan ingat lebih lama semua konsep
4.Teori ini dalam kemahiran sosial siswa dapat dengan mudah berinteraksi dengan teman dan guru dalam mebina pengetahuan baru
5.Oleh klarena siswa terlibat secara terus-menerus makan mereka akan paham, ingat, yakin, dan berinteraksi maka akan timbul semangat dalam belajar dan membina pengetahuan baru.

kekurangan
1.Siswa membuat pengetahuan dengan ide mereka masing-masing, oleh karena itu pendapat siswa berbeda dengan pendapat para ahli
2.Teori ini menanamkan supaya siswa membangun pengetahuannya sendiri, hal ini pasti membutuhkan waktu yang lama. Apalagi untuk siswa yang malas
3.Kondisi disetiap sekolah pun mempengaruhi keaktifan siswa dalam membangun pengetahuan yang baru dan keaktifan siswa.

Terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Angel angelina shinta augustin salsabela གིས-
Selamat pagi
Izin memperkenalkan diri
Nama: angelina shinta augustin salsabela
Npm: 2213022055/B
No absen: 28

Izin bertanya
Bagaimana contoh penerapan teori konstruktivistik dalam pembelajaran?

Terimakasih
In reply to Angel angelina shinta augustin salsabela

Re: RUANG DISKUSI

Wayan Sinta Dewi Saputri གིས-
Izin memperkenalkan diri
Nama: wayan sinta dewi saputri
Npm: 2213022054
No.urut: 03

Izin menjawab pertanyaan dari angel,
contoh penerapan teori konstruktivisme dalam pembelajaran: Saling berbagi pengetahuan antara guru dan siswa. Kewenangan bersama antara guru dan siswa. Guru bertindak sebagai pemandu atau fasilitator.
Sekian, terimakasih.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Ariyanti Dwi Wahyuningsih གིས-
assalamualaikum wr wb
Nama : ariyanti dwi wahyuningsih
npm:2213022062
izin bertanya
Apakah teori konstruktivisme dapat diterapkan selama pembelajaran daring?

sekian terima kasih wassalamualaikum wr wb
In reply to Ariyanti Dwi Wahyuningsih

Re: RUANG DISKUSI

silfia herlina གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Silfia Herlina
Npm : 2213022039
No : 15
Izin menjawab pertanyaan dari
ariyanti dwi wahyuningsih


Dalam pembelajaran daring, konstruktivisme diterapkan dalam proses pembelajaran agar siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

SALSABILA PUTRI AZAHRA KESUMA 2213022044 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Salsabila Putri Azahra Kesuma
Npm : 2213022044
No urut : 2
Izin mengajukan pertanyaan
Jelaskan pendapat Vygotsky tentang pengkonstruksian pengetahuan ?

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
In reply to SALSABILA PUTRI AZAHRA KESUMA 2213022044

Re: RUANG DISKUSI

Firda Amaliya གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama: Firda Amaliya
NPM :2213022061
No urut: 05

Izin menjawab pertanyaan Salsabila Putri Azahra Kesuma Jelaskan pendapat Vygotsky tentang pengkonstruksian pengetahuan ?

Vygotsky berpendapat bahwa menggunakan alat berfikir akan menyebabkan terjadinya perkembangan kognitif dalam diri seseorang. Inti dari teori belajar konstruktivistik ini adalah penggunaan alat berfikir seseorang yang tidak dapat dilepaskan dari pengaruh lingkungan sosial budayanya. proses belajar yang diawali dengan adanya konflik kognitif, sehingga akhirnya pengetahuan dibangun sendiri oleh siswa lewat pengalaman dan interaksi dengan lingkungan sekitarnya.
 
cukup, terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Putri Nadia Sari གིས-
Assalamualaikum wr.wb
Nama: putri nadia sari
Npm: 2213022048
No.urut: 18

Izin bertanya
Apa yang harus dilakukan oleh guru jika hendak menerapkan teori belajar konstruktivistik dalam proses pembelajaran?

Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
In reply to Putri Nadia Sari

Re: RUANG DISKUSI

Firda Amalia Hanifah གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Firda Amalia Hanifah
Npm : 2213022053
No. Urut : 17

Izin menjawab pertanyaan Putri Nadia sari
Apa yang harus dilakukan oleh guru jika hendak menerapkan teori belajar konstruktivitik dalam proses pembelajaran?
Jawaban :
- Guru Pintar harus mampu membentuk pemikiran siswa bahwa bekerja secara mandiri akan menghasilkan kegiatan belajar yang lebih bermakna.
- Mengembangkan kegiatan inkuiri di semua topik pembelajaran.

Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Reza Santia གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Reza Santia
Npm : 2213022060
No urut : 26

Izin bertanya
Apa saja peran guru dalam konstruktivistik pembelajaran?

Terimakasih
In reply to Reza Santia

Re: RUANG DISKUSI

Rizka Agustin གིས-
assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh
Izin memperkenalkn diri
Nama : Rizka Agustin
Npm. :2213022037
No.urut :25
Izin menjawab pertanyaan dari reza santia

Dalam belajar konstruktivistik guru atau pendidik berperan membantu agar proses pengkonstruksian pengetahuan oleh siswa berjalan lancar. Guru hanya membantu siswa untuk membentuk pengetahuannya sendiri. Guru dituntut lebih memahami jalan pikiran atau cara pandang siswa dalam belaajar.Peranan kunci guru dalam interaksi pendidikan adalah pengendalian, yang meliputi:
1.Menumbuhkan kemandirian dengan menyediakan kesempatan untuk mengambil keputusan dan bertindak.
2.Menumbuhkan kemampuan mengambil keputusan dan bertindak, dengan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa.
3.Menyediakan sistem dukungan yang memberikan kemudahan belajar agar siswa mempunyai peluang optimal untuk berlatih.

Sekian terimakasih
wassalamualaikum wr wb
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Mahmudatul Khoiriyah གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Mahmudatul Khoiriyah
Npm : 2213022042
No. 16

Izin bertanya
Bagaimana Vigotsky menghubungkan bahasa dan pemikiran dalam teorinya?

Terimakasih
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Mahmudatul Khoiriyah

Re: RUANG DISKUSI

Rana Zayyan གིས-
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
nama : Rana Zayyan
npm : 2213022038
no absen : 31

izin menjawab pertanyaan dari Mahmudatul Khoiriyah

Vigotsky berpendapat bahwa bahasa dan pemikiran sangat erat terkait satu sama lain. Menurutnya, bahasa tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga merupakan alat penting dalam pembentukan pemikiran dan pengertian. Bahasa membantu individu dalam menginternalisasi pengetahuan dan membuatnya lebih kompleks, sehingga memungkinkan individu untuk memproses informasi secara lebih baik. Dalam teorinya, Vigotsky menyebut proses ini sebagai "internalisasi bahasa", yang membantu individu untuk mengembangkan pemikiran yang lebih kompleks dan abstrak.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Leony Leony Laili Nafisah Sholekhah གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Leony Laili Nafisah Sholekhah
NPM:2213022065
No urut: genap

Izin mengajukan pertanyaan
Inti dari teori Vgotsky adalah?

Sekian terimakasih
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarrokatuh
In reply to Leony Leony Laili Nafisah Sholekhah

Re: RUANG DISKUSI

MALIKA MALIKA GHIFARINA གིས-
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
nama: Malika Ghifarina
NPM: 2213022041
NO 13

izin menjawab
Teori Vygotsky atau dikenal juga sebagai teori pembelajaran sosial-berbudaya Vygotsky, adalah sebuah teori psikologi yang dikembangkan oleh Lev Vygotsky pada awal abad ke-20. Teori ini menekankan bahwa pembelajaran tidak hanya melibatkan faktor-faktor biologis dan individu, tetapi juga melibatkan lingkungan sosial dan budaya di mana individu tersebut berada.

Inti dari teori Vygotsky adalah bahwa pembelajaran adalah proses sosial dan budaya yang melibatkan interaksi antara individu dan lingkungan sosial dan budaya di sekitarnya. Vygotsky berpendapat bahwa pembelajaran terjadi melalui proses sosial dan interaksi dengan orang lain yang lebih berpengalaman atau ahli, melalui proses seperti asistensi atau bantuan dalam tugas-tugas yang menantang, diskusi, dan tanya jawab.

Selain itu, teori Vygotsky juga menekankan pentingnya bahasa dalam pembelajaran. Menurut Vygotsky, bahasa bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga alat kognitif yang penting dalam pembelajaran dan pemecahan masalah.

Teori Vygotsky juga menyoroti peran penting zon pengembangan proksimal (ZPD) dalam pembelajaran. ZPD adalah jarak antara kemampuan seseorang untuk menyelesaikan suatu tugas secara mandiri dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas dengan bantuan orang lain. Menurut Vygotsky, ZPD adalah area yang paling penting untuk pengembangan dan pembelajaran seseorang, dan interaksi dengan orang lain yang lebih berpengalaman dan pengetahuan dapat membantu individu untuk meningkatkan kemampuan mereka dan mencapai potensi mereka.

sekian terimakasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Amar Firdaus གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Amar Firdaus
NPM: 2213022040
NO URUT: 12

Izin bertanya, apa saja kelebihan dan kekurangan teori konstruktivistik? sebutkan masing-masing 3!

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Amar Firdaus

Re: RUANG DISKUSI

Indah Indah Sukma Melati གིས-
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarrokatuh
Nama: Indah Sukma Melati
Npm:2213022047
No urut: 17
Izin menjawab pertanyaan dari amar no urut 12
Kelebihan:
1) Pembelajaran konstruktivistik memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengungkapkan gagasan secara eksplisit dengan menggunakan bahasa siswa
sendiri.
2) Pembelajaran konstruktivistik memberi pengalaman yang berhubungan dengan
gagasan yang telah dimiliki siswa sehingga siswa terdorong untuk membedakan
dan memadukan gagasan tentang fenomena yang menantang siswa.
3) Pembelajaran konstruktivistik memberi siswa kesempatan untuk berpikir
tentang pengalamannya. Ini dapat mendorong siswa berpikir kreatif, imajinatif,
mendorong refleksi tentang model dan teori, mengenalkan gagasan-gagasan
pada saat yang tepat.

Kekurangan:
1) Siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri, tidak jarang bahwa hasil
konstruksi siswa tidak cocok dengan hasil konstruksi para ahli sehingga
menyebabkan miskonsepsi.
2) Konstruktivistik menanamkan agar siswa membangun pengetahuannya sendiri,
hal ini pasti membutuhkan waktu yang lama dan setiap siswa memerlukan
penanganan yang berbeda-beda.
3) Situasi dan kondisi tiap sekolah tidak sama, karena tidak semua sekolah
memiliki sarana prasarana yang dapat membantu keaktifan dan kreativitas
siswa.
Terimakasih.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Lintang Nimas k གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Lintang Nimas k
Npm : 2213022057
No. Urut : 19

Izin menjawab pertanyaan
nama: Niken Novia Wenty
npm: 2213022059
nomor urut: 20

Apa yang dikritik Vygotsky mengenai teori Piaget?

Konstruktivisme ala Piaget dikritik oleh Vygotsky, yang menyatakan bahwa pela- jar dalam mengkonstruksi suatu konsep perlu memperhatikan lingkungan sosial, sehingga Konstruktivisme oleh Vygotsky sering juga disebut teori sosio kultural atau konstruktiv- isme sosial (Wilson, Teslow & Taylor,1993).