FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

by Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Number of replies: 27

Mhs bernomor urut ganjil mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut genap menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Rizka Diah Nuariyanti 2213022078 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Rizka Diah Nuariyanti
Npm : 2213022078
No. Urut : 1
Izin bertanya
Suatu sistem pembelajaran bisa dikatakan masuk dalam teori sibernetik yang ditinjau dari segi apa?
Terimakasih banyak
In reply to Rizka Diah Nuariyanti 2213022078

Re: RUANG DISKUSI

by Rabiatul Adawwiah -
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Rabiatul Adawwiah
Npm : 2213022073
No. Urut : 2
Izin menjawab pertanyaan dari Rizka Diah Nuariyanti

Suatu sistem pembelajaran bisa masuk di dalam teori sibernetik dapat ditinjau dari berbagai segi. Pertama Pengertian belajar menurut teori sibernetik, Menurut teori sibernetik, belajar adalah pengolahan informasi. Seolah-olah teori ini mempunyai kesamaan dengan teori kognitif yaitu mementingkan proses belajar dari pada hasil belajar.
Kedua Teori pemprosesan informasi Model pembelajaran berpikir induktif dapat dimasukkan kedalam teori sibernetik karena dalam proses pengolahan informasi dalam ingatan dimulai dari proses penyandian informasi (encoding), diikuti dengan penyimpanan informasi (storage), dan diakhiri dengan mengungkapkan kembali informasi-informasi yang telah disimpan dalam ingatan (retrival)
Terimakasih banyak
In reply to Rizka Diah Nuariyanti 2213022078

Re: RUANG DISKUSI

by Ririn Elysa -
Nama : Ririn Elysa
Npm : 2213022095
No urut : 7
Izin bertanya apa yang lebih dipentingkan dalam pengelolaan informasi
In reply to Ririn Elysa

Re: RUANG DISKUSI

by Risnawati Hutapea -
Nama:Risnawati Hutapea
Npm : 2213022079
No urut : 8
Izin menjawab pertanyaan ririn

Dalam teori sibernetik, belajar adalah pengolahan informasi. Proses belajar memegang peranan penting, namun yang lebih penting lagi adalah pengolahan sistem informasi.

Terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Risyania Az zuhruf -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Risyania Az Zuhruf
Npm : 2213022093
No. Urut : 5
Izin bertanya
Bagaimana peran guru dalam pembelajaran sibernetik?
In reply to Risyania Az zuhruf

Re: RUANG DISKUSI

by Ulfa Siti Ulfa Nur Annisa -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Siti Ulfa Nur Annisa
Npm : 2213022088
No. Urut : 13

Izin bertanya,
Bagaimana langkah pembelajaran yang perlu diperhatikan oleh guru dalam penerapan teori sibernetik?
In reply to Ulfa Siti Ulfa Nur Annisa

Re: RUANG DISKUSI

by Yuli Yani Permata Sakti -
Nama : Yuli Yani Permata Sakti
NPM : 2213022068
NO Urut : 14

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Izin menjawab pertanyaan dari Siti Ulfa Nur Annisa
1. Menentukan tuuan instruksional.
2. Menentukan materi pelajaran.
3. Mengkaji sistem informasi yang terkandung dalam materi yang akan disampaikan.
4. Menentukan pendekatan belajar yang sesuai dengan informasi (algoritmik/heuristik).
Menyusun materi dalam urutan yang sesuai dengan sistem informasinya.
In reply to Risyania Az zuhruf

Re: RUANG DISKUSI

by Mutia Azizah -
Nama: Mutia Azizah
Npm:2213022069
No urut 6
Izin menjawab
peran guru dalam pembelajaran sibernatik adalah merencanakan, mempersiapkan, dan melengkapi stimulus yang penting untuk masukan simbolik dan masukan referensial.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Nisa Ulfa Dila -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Nisa Ulfa Dila
NPM : 2213022085
No Urut: 27

Izin menjawab bertanya.

Jelaskan apa kelemahan dari teori Sibernetik?
In reply to Nisa Ulfa Dila

Re: RUANG DISKUSI

by Bella Wahyuni -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Bella wahyuni
NPM : 2213022080
No Urut: 28

Izin menjawab pertanyaan no urut 27
Kekurangan metode pembelajaran sibernetik yaitu terlalu menekankan pada sistem informasi yang dipelajari, dan kurang memperhatikan bagaimana proses belajar. Metode ini bisa terwujud apabila peserta didik dapat mengolah informasi, memonitor, dan menyusun strategi mengenai segala informasi yang diperoleh.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Melda Adinda Putri -
Nama : Melda Adinda Putri
Npm : 2213022072
No. Urut 3 (ganjil)

Izin bertanya
Bagaimana penerapan teori belajar sibernetik dalam proses pembelajaran?
In reply to Melda Adinda Putri

Re: RUANG DISKUSI

by Fita Fita Agustia -
Nama: Fita Agustia
Npm: 2213022091
No urut : 4
Izin menjawab pertanyaan dari melda

Menggunakan monitor langsung atau dengan menggunakan aplikasi skype,Quipper video, webcam dan lainnya
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Novia Mita Safitri -
NAMA : NOVIA MITA SAFITRI
NPM : 2213022081
NO ABSEN : 21

Bagaimanakah langkah pertama penerapan teori belajar sibernetik dalam proses pembelajaran ?
Terimakasih
In reply to Novia Mita Safitri

Re: RUANG DISKUSI

by YAYANG SAFITRI -
Izin menjawab pertanyaan Novia Mita Safitri

Nama : Yayang Safitri
Npm : 2213022089
No absen : 22

Langkah-langkah pembelajaran sibernetik
sebagai berikut:
1. Membahas tujuan mempelajari materi teori sastra;
2. Menentukan materi yang akan dibahas dalam mempelajari teori sastra;
3. Mengkaji sistem informasi yang terkandung dalam materi teori sastra;
4. Menentukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan sistem
informasi tersebut (apakah algoritmik atau heuristik);
5. Menyusun materi pelajaran dalam urutan yang sesuai dengan
pendekatan algoritmik; dan
6. Menyajikan materi dan membimbing mahasiswa belajar dengan pola
yang sesuai dengan urutan materi pelajaran
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by PUPUT PUPUT RAHAYU -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrakatuh.
Nama : Puput Rahayu
Npm : 2253022001
No urut 19
Izin bertanya

Peningkatan mutu pendidikan di lingkungan sekolah perlu diperhatikan tuntutan masyarakat di era modern saat ini membutuhkan pendidikan yang berkualitas yang berbasis teknologi informasi,pertanyaannya bagaimanakah contoh pendidikan yang berkualitas dan berbasis teknologi informasi tersebut.
Terima kasih..
In reply to PUPUT PUPUT RAHAYU

Re: RUANG DISKUSI

by Mila Rosalia Putri -
Nama : Mila Rosalia Putri
Npm : 2213022099
No. Urut : 20
izin menjawab pertanyaan dari No 19

contoh pendidikan yang berkualitas dan berbasis teknologi informasi adalah contoh dari teori belajar sibernatik , yang sangat sesuai dengan kemajuan teknologiinformasi dan tentunya sangat cocok dengan tuntutan masyarakat global akan pendidikan yang berkualitas berbasis teknologi informasi dengan menggunakan monitor langsung (vidio call) atau dengan menggunakan aplikasi, contohnya seperti skype, quipper, zoom, webcam dan lainnya.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Isma Salwa -
Nama: Isma Salwa
Npm: 2213022096
No urut: 23

Izin bertanya
Apa kaitan antara teori belajar sibernetik dengan teori kognitif?
Terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Agi Melianse -
Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Agi Melianse
Npm: 2213022076
No urut: 11

Izin bertanya
Apa contoh penerapan teori sibernetik yang dapat di lakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran?
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Nindi Putri Indah Sari -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Nindi Putri Indah Sari
Npm: 2213022083
Absen: 09(ganjil)

Izin bertanya, apa yang dimaksud Proses berpikir algoritmik dan heuristik?
Sebelumnya terimakasih
In reply to Nindi Putri Indah Sari

Re: RUANG DISKUSI

by Lutfiah Mazidah -
Waalaikummussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Nama: Lutfiah Mazidah
Npm: 2213020086
No absen: 10 (genap)

Izin menjawab pertanyaan dari nindi, Kalau proses berpikir algoritmik yaitu proses berpikir linier, konvergent dan lurus menuju ke satutarget tertentu.
Sedangkan, cara berpikir heuristik yaitu cara berpikir divergent menuju ke beberapa target sekaligus.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Jennita Yuliana -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Jennita Yuliana
NPM: 2213022075
No.urut : 29
izin bertanya
jelaskan apakah teori belajar sibernatik ini cocok diterapkan guna untuk meningkatkan mutu pendidikan di indonesia? Jika belum atau tidak, metode dan kondisi yang bagaimana yang akan mempertinggi efisiensi belajar? dan apa yang dilakukan oleh pendidik jikaia telah menerapkan beberapa teori tetapi masih tidak cocok dengan peserta didiknya?
Terima kasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Indah Purnama -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
nama : Indah purnama
NMP: 2213022087
NO. urut : 13
Izin bertanya
Jelaskan apa yang diuraikan dalam teori sibernetika Talcott parson mengenai sistem dan subsistem dalam masyarakat?
In reply to Indah Purnama

Re: RUANG DISKUSI

by Azosila _ -
Nama : Azosila
Npm: 2213022082
No urut: 24
Izin menjawab pertanyaan dari indah purnama

Teori sibernetika dicetuskan pertama kali oleh Talcott Parsons, dimana dalam teorinya Parsons menganggap bahwa masyarakat merupakan suatu sistem yang terdiri dari bagian-bagian (sub-sub) yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi secara timbal balik.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Adinda Putri purnamasari -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : adinda putri purnamasari
Npm : 2213022092
No urut : 17
Izin bertanya
Apakah teori sobernetik sudah diterapkan di indonesia?
Terimakasih
In reply to Adinda Putri purnamasari

Re: RUANG DISKUSI

by Dwi Rahayu -
Walaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Dwi Rahayu
Npm : 2213022071
No urut : 18

Izin menjawab pertanyaan dari adinda Putri Purnamasari
Di Indonesia pengaplikasian teori sibernetik masih jarang sekali dilakukan karena keterbatasan fasilitas yang kurang memungkinkan, sedangkan di negara-negara maju lainnya seperti negara Amerika telah menerapkan sistem ini pada proses belajar mengajar dan hasilnya sangat efektif.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Isna Zakiyah Solehah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Isna Zakiyah Solehah
Npm : 2213022067
No. Urut : 25

Izin bertanya Apa kaitan antara teori belajar sibernetik dengan teori kognitif?
In reply to Isna Zakiyah Solehah

Re: RUANG DISKUSI

by Ananda Suci Ariefiana -
Nama: Ananda suci Ariefiana
Npm: 2213022090
No urut 26

Izin menjawab

Menurut teori sibernetik, belajar adalah pengolahan informasi. Seolah-olah teori ini mempunyai kesamaan dengan teori kognitif yaitu mementingkan proses belajar daripada hasil belajar. Proses belajar memang penting dalam teori sibernetik, namun yang lebih penting lagi adalah sistem informasi yang diproses yang akan dipelajari siswa .