FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

oleh Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Jumlah balasan: 29

Mhs bernomor urut ganjil mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut genap menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh MALIKA MALIKA GHIFARINA -
assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh
nama: Malika Ghifarina
NPM: 2213022041
no: 13

Izin bertanya
apa peran guru dalam teori sibernetik?

terimakasih wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh
Sebagai balasan MALIKA MALIKA GHIFARINA

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rain Rizky Maritza -
Assalamu'alaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri
Nama : Rain Rizky Maritza
No urut : 4 (genap)
NPM   : 2213022063

izin menjawab pertanyaan dari Malika Ghifarina dengan
NPM 2213022041
no: 13
apa peran guru dalam teori sibernetik?

jawaban
peran guru dalam pembelajaran sibernetik adalah merencanakan, mempersiapkan, dan melengkapi stimulus yang penting untuk masukan simbolik (informasi verbal, kata-kata, angka-angka, dan sebagainya) dan masukan referensial (objek dan peristiwa).

terimakasih
wassalamualaikum wr.wb
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ratna Arianty Sutrisno -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Ratna Arianty Sutrisno
NPM : 2213022034
No urut : 29

Izin bertanya

Jika menurut teori sibernetik tidak ada satupun cara belajar yang ideal untuk segala situasi, lalu bagaimana cara belajar yang sesuai untuk segala situasi?

Terimakasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Lintang Nimas k -
Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh

nama: Lintang Nimas k
NPM: 2213022057
no: 19

Izin bertanya

Apa yang lebih dipentingkan dalam teori belajar sibernetik?

terimakasih
wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Firda Amaliya -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama: Firda Amaliya
NPM : 2213022061
No urut :5

Izin bertanya bagaimana implementasi teori belajar menurut Pask dan Scott dalam kegiatan pembelajaran?

Terimakasih
Sebagai balasan Firda Amaliya

Re: RUANG DISKUSI

oleh Angel angelina shinta augustin salsabela -
selamat pagi
izin memperkenalkan diri
nama: angelina shinta augustin salsabela
npm: 2213022055
no absen: 28
izin menjawab pertanyaan wayan shinta

Cara belajar secara sibernetik terjadi jika peserta didik mengolah informasi, memonitornya, dan menyusun strategi berkenaan dengan informasi tersebut. Hal yang terpenting dalam teori ini adalah “Sistem Informasi” yang akan menentukan terjadinya proses belajar.

sekain terimakasih
Sebagai balasan Firda Amaliya

Re: RUANG DISKUSI

oleh SALSABILA PUTRI AZAHRA KESUMA 2213022044 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Nama : Salsabila Putri Azahra Kesuma
Npm : 2213022044
No.urut : 2

Izin menjawab pertanyaan dari
Nama: Firda Amaliya
NPM : 2213022061
No urut :5
bagaimana implementasi teori belajar menurut Pask dan Scott dalam kegiatan pembelajaran?
Jawabannya :
Implementasi teori belajar pask and Scott dalam kegiatan pembelajaran ialah dengan memproses informasi yang menitikberatkan pada sistem informasi belajar.Ini menghendaki siswa untuk mampu berfikir melompat kedepan dan langsung kegambaran lengkap. Informasi di proses oleh siswa secara sistematik, linear dari pengertian awal sampai hasil dan penarikan kesimpulan.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Firda Amalia Hanifah -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Firda Amalia Hanifah
Npm : 2213022053
No urut : 17
Izin bertanya
Apa yang lebih dipentingkan dalam teori belajar sibernetik?
Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Firda Amalia Hanifah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Putri Nadia Sari -
Assalamualaikum wr.wb
Nama: putri nadia sari
Npm: 2213022048
No. Urut : 18

Izin menjawab pertanyaan dari firda amalia
Jawab:
Dalam teori sibernetik, belajar adalah pengolahan informasi. Proses belajar memegang peranan penting, namun yang lebih penting lagi adalah pengolahan sistem informasi.

Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Amelia Amelia Choirunnisa -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri :
Nama : Amelia choirunnisa
NPM : 2213022045
No : 9

Izin mengajukan pertanyaan, Apa saja contoh implementasi teori sibernetik dalam dalam proses pembelajaran?

Sekian, terimakasih.
Sebagai balasan Amelia Amelia Choirunnisa

Re: RUANG DISKUSI

oleh Reza Santia -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri:
Nama : Reza Santia
NPM : 2213022060
No urut : 26

Izin menjawab pertanyaan Amelia Choirunnisa

Contoh implementasi teori sibernetik dalam proses pembelajaran ini ialah dengan menggunakan monitor langsung (videocall) atau dengan menggunakan aplikasi skype, quipper video, webcam, dan lainnya. Dalam penggunaannya pendidik dan peserta didik tidak harus bertatap muka langsung seperti proses belajar mengajar pada umumnya. Pendidik hanya membutuhkan layar monitor yang terhubung langsung dengan peserta didik. Dan peserta didik juga harus memiliki fasilitas seperti laptop dan infokus yang terhubung langsung dengan pendidik.
Tetapi di Indonesia pengaplikasian teori sibernetik masih jarang sekali dilakukan karena keterbatasan fasilitas yang kurang memungkinkan, sedangkan di negara negara maju lainnya seperti negara Amerika telah menerapkan sistem ini pada proses belajar mengajar dan hasilnya sangat efektif.
Sehingga teori ini dikembangkan secara keseluruhan.
Sebagai balasan Amelia Amelia Choirunnisa

Re: RUANG DISKUSI

oleh Leony Leony Laili Nafisah Sholekhah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Izin memperkenalkan diri:
Nama: Leony Laili Nafisah Sholekhah
NPM:2213022065
No urut: genap

Izin menjawab pertanyaan dari Amelia Choirunnisa
Contoh implementasi teori sibernetik dalam proses pembelajaran ini ialah dengan
menggunakan monitor langsung (videocall) atau dengan menggunakan aplikasi skype,
quipper video, webcam, dan lainnya.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rizka Agustin -
assalamualaikum wr wb
Izin memperkenalkan diri
Nama : Rizka Agustin
Kelas. : B
NPM. :2213022037
no.absen: 25

izin bertanya ,apa kelemahan teori belajar sibernetik?

sekian,terimakasih
wassalamualaikum wr wb
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Alfina Ramadani -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
nama: Alfina Ramadani
NPM: 2213022051
no: 23

Izin bertanya
bagaimana penerapan teori belajar sibernetik dalam proses pembelajaran?

terimakasih wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh
Sebagai balasan Alfina Ramadani

Re: RUANG DISKUSI

oleh niken novia wenty -
Assalamualaikum
izin memperkenalkan diri, saya
Nama: Niken Novia Wenty
Npm: 2213022059
Nomor urut: 20

izin menjawab pertanyaan dari Alfina

jawaban:
Contoh implementasi teori sibernetik dalam proses pembelajaran ini ialah dengan menggunakan monitor langsung (videocall) atau dengan menggunakan aplikasi skype, quipper video, webcam, dan lainnya.
Sebagai balasan Alfina Ramadani

Re: RUANG DISKUSI

oleh Meilani Wulandari -
Assalamualaikum wr.wb
nama : Meilani Wulandari
npm : 2213022035
no urut : 30
izin menjawab pertanyaan dari alfina ramadani

1. Menentukan tujuan instruksional.
2. Menentukan materi pelajaran.
3. Mengkaji sistem informasi yang terkandung dalam materi yang akan disampaikan
4. Menentukan pendekatan belajar yang sesuai dengan informasi (algoritmik/heuristik).
5. Menyusun materi dalam urutan yang sesuai dengan sistem informasinya.
6. Menyajikan materi dan membimbing peserta didik belajar dengan pola yang sesuai dengan urutan pelajaran (sistem informasi).

terimakasih
wassalamualaikum wr.wb
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Wayan Sinta Dewi Saputri -
Izin memperkenalkan diri
Nama: wayan sinta dewi saputri
Npm: 2213022054
No urut: 3

Izin bertanya, Apa yang harus dilakukan oleh guru jika hendak menerapkan teori belajar sibernetik dalam proses pembelajaran?
Sekian terimakasih.
Sebagai balasan Wayan Sinta Dewi Saputri

Re: RUANG DISKUSI

oleh ASMARADANA ASMARADANA RIZKI AZIZ PRIABODO -
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Asmaradana Rizki AP
Npm: 2213022066
No. Urut: 8

Izin menjawab pertanyaan dari wayan
Cara belajar secara sibernetik terjadi jika peserta didik mengolah informasi, memonitornya, dan menyusun strategi berkenaan dengan informasi tersebut. Hal yang terpenting dalam teori ini adalah “Sistem Informasi” yang akan menentukan terjadinya proses belajar.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Fadila Aulia Ibnu -
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Fadila Aulia Ibnu
Npm: 2213022052
No urut:7
Izin bertanya
Bagaimana peran guru dalam pembelajaran sibernetik?
Terimakasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Andia Nur Afifah -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Andia Nur Afifah
NPM: 2213022036/B
Nomor Urut: 1

Izin bertanya,
Apa kelebihan teori sibernetik dibandingkan teori pembelajaran yang lain?
Sebagai balasan Andia Nur Afifah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Amar Firdaus -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Amar Firdaus
NPM: 2213022040
No urut: 12

Izin menjawab pertanyaan dari Andia

a) Setiap orang bisa memilih model pembelajaran yang paling sesuai dengan untuk
dirinya, dengan mengakses melalui internet pembelajaran serta modulnya dari berbagai
penjuru dunia.
b) Pembelajaran bisa disajikan dengan menarik, interaktif dan komunikatif. Dengan
animasi-animasi multimedia dan interferensi audio, siswa tidak akan bosan duduk
berjam-jam mempelajari modul yang disajikan.
c) Menganggap dunia sebagai sebuah 'global village', dimana masyarakatnya bisa saling
mengenal satu sama lain, bisa saling berkomunikai dengan mudah, dan pembelajaran
bisa dilakukan dimana saja tanpa dibatasi ruang dan waktu, sepanjang sarana
pembelajaran mendukung.
d) Buku-buku materi ajar atau sumber pembelajaran lainnya bisa diperoleh secara
autentik (sesuai aslinya), cepat dan murah.
e) Ketika bertanya atau merespon pertanyaan guru atau instruktur, secara psikologis
siswa akan lebih berani mengungkapkanya, karena siswa tidak akan merasa takut salah
dan menanggung akibat dari kesalahannya secara langsung.

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rana Zayyan -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
nama : Rana Zayyan
npm : 2213022038
no absen : 31

izin bertanya, Apa peran umpan balik dalam pembelajaran, dan bagaimana prinsip umum sibernetik dapat membantu kita memahami pentingnya umpan balik dalam meningkatkan kinerja belajar siswa?

sekian terimakasih
Sebagai balasan Rana Zayyan

Re: RUANG DISKUSI

oleh Mahmudatul Khoiriyah -
assalamualaikum warahmatullahi wbaarakatuh
nama : Mahmudatul Khoiriyah
npm : 2213022042
no.16
izin menjawab pertanyaan rana zayyan, Apa peran umpan balik dalam pembelajaran, dan bagaimana prinsip umum sibernetik dapat membantu kita memahami pentingnya umpan balik dalam meningkatkan kinerja belajar siswa?
jawab :
Umpan balik dalam pembelajaran berfungsi sebagai informasi yang diberikan kepada siswa tentang kinerja mereka dalam mencapai tujuan belajar. Prinsip umum sibernetik menggambarkan bahwa sistem yang menerima umpan balik yang tepat dan cepat dapat meningkatkan kinerjanya secara signifikan. Oleh karena itu, dengan memberikan umpan balik yang teratur dan bermanfaat kepada siswa, guru dapat membantu siswa untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja belajar mereka. Dalam konteks pembelajaran, umpan balik dapat membantu siswa untuk memahami kekuatan dan kelemahan mereka, serta memberikan informasi yang diperlukan untuk memperbaiki pemahaman dan keterampilan mereka dalam mencapai tujuan belajar.
terima kasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh silfia herlina -
Izin memperkenalkan diri
Nama: silfia herlina
Npm:2213022039
No urut: 15

sebelumnya saya izin bertanya

Apakah yang lebih penting dalam teori belajar sibernetik?
Sebagai balasan silfia herlina

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ariyanti Dwi Wahyuningsih -
assalamualaikum wr wb
izin memperkenalkan diri
nama : ariyanti dwi
npm:2213022062

izin menjawab pertanyaan dari silfia
Proses belajar memang penting dalam teori sibernetik, namun yang lebih penting lagi ialah sistem informasi yang diproses yang akan dipelajari oleh siswa. Informasi ini lah yang akan berlangsung, sangat ditentukan oleh sistem informasi yang dipelajari.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Kharinta Oxana Ferodova -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Kharinta Oxana Ferodova
Npm : 2213022058
No urut : 21

Izin bertanya
Apakah dalam kegiatan pembelajaran teori sibernetik sudah dianggap efektif? mengapa?

Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Kharinta Oxana Ferodova

Re: RUANG DISKUSI

oleh Saniya Saniya Putri Ayu Febiolantika -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Izin memperkenalkan diri
Nama : Saniya Putri Ayu F
Npm : 2213022056
No. Urut : 22

Izin menjawab pertanyaan dari
Kharinta Oxana Ferodova, Teori pembelajaran sibernetik adalah  ilmu yang mengandalkan sistem informasi dan komunikasi yang diterapkan dalam fungsi organisme atau mesin yang majemuk. Menurut teori sibernetik, belajar adalah pengolahan informasi.

Jadi metode sibernetik merupakan usaha guru dalam membantu siswa untuk mencapai tujuan belajarnya secara efektif dengan cara memfungsikan unsur-unsur kognisi siswa, terutama unsur pikiran dimana unsur tersebut untuk memahami stimulus dari luar melalui proses pengolahan informasi.

Sekian terimakasih
Wassalamu"alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Dini Rismawati -
Assalamu'alaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri
Nama : Dini Rismawati
No urut : 24 (genap)
NPM : 2213022043

izin menjawab pertanyaan dari Wayan Sinta Dewi S dengan
NPM 2213022053

Apa yang harus dilakukan oleh guru jika hendak menerapkan teori belajar sibernetik dalam proses pembelajaran?

Cara belajar secara sibernetik terjadi jika peserta didik mengolah informasi, memonitornya, dan menyusun strategi berkenaan dengan informasi tersebut. Hal yang terpenting dalam teori ini adalah “Sistem Informasi” yang akan menentukan terjadinya proses belajar. Fungsi guru dalam pembelajaran sibernetik adalah: merencana- kan, mempersiapkan, dan melengkapi stimulus yang penting untuk masukan simbolik (informasi verbal, kata-kata, angka-angka, dan sebagainya) dan masukan referensial (objek dan peristiwa).


Sekian terimakasih.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Indah Indah Sukma Melati -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Indah Sukma Melati
Npm:2213022047
No urut:17

Izin bertanya
Apakah yang dimaksud pendekatan sibernetik?
Terimakasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrokatuh