FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

oleh Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Jumlah balasan: 26

Mhs bernomor urut genap mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut ganjil menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rabiatul Adawwiah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Rabiatul Adawwiah
Npm : 2213022073
No. Urut 2
Mengapa pendidikan saat ini harus menerapkan pandangan humanistik dalam menjalankan proses belajar mengajar di kelas serta apa yang harus dilakukan pendidik agar berhasil menerapkan teori tersebut?
Terimakasih
Sebagai balasan Rabiatul Adawwiah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rizka Diah Nuariyanti 2213022078 -
Nama : Rizka Diah Nuariyanti
Npm : 2213022078
No urut : 1
Izin menjawab pertanyaan dari Rabiatul Adawwiah no. Urut 2

Teori humanistik sangat relevan diterapkan dalam pembelajaran maupun pendidikan secara umum. Karena teori ini selalu mendorong peningkatan kualitas diri manusia melalui penghargaannya terhadap potensi-potensi fitrah dalam diri manusia itu, dalam hal ini segala potensi positif yang ada pada setiap individu seseorang.
Yang harus dilakukan seorang pendidik agar berhasil dalam menerapkan teori belajar humanistik yaitu
Mereka harus mengatur dirinya sendiri dan bertanggung jawab atas pilihannya. Mendukung guru untuk mengenali kondisi dan potensi siswanya. Mengedepankan aspek memanusiakan manusia dan pembentukan karakter.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Yuli Yani Permata Sakti -
Nama: Yuli Yani Permata Sakti
Npm : 2213022068
No urut : 14

Izin bertanya
Apa yang harus dilakukan seorang pendidik agar berhasil dalam menerapkan teori belajar humanistik?.
Sebagai balasan Yuli Yani Permata Sakti

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ulfa Siti Ulfa Nur Annisa -
Nama : Siti Ulfa Nur Annisa
NPM : 2213022088
No Urut : 13 (Ganjil)

Izin menjawab pertanyaan dari Yuli Yani Permata Sakti,
Mereka harus mengatur dirinya sendiri dan bertanggung jawab atas pilihannya. Mendukung guru untuk mengenali kondisi dan potensi siswanya. Mengedepankan aspek memanusiakan manusia dan pembentukan karakter.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Bella Wahyuni -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu
Nama : Bella Wahyuni
Kelas : c
Npm : 2213022080
No urut 28
Menurut anda, apa yang harus dilakukan seorang pendidik agar berhasil dalam belajar sesuai Teori Belajar Humanistik?
Terimakasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Lutfiah Mazidah -
Nama: Lutfiah Mazidah
Npm: 2213020086
No absen: 10 (genap)

Izin bertanya, Apa yang dikemukakan oleh ahli psikologi "Carl Rogers" sehingga teorinya bisa dikatakan termasuk kedalam Pendekatan Humanistic?
Sebagai balasan Lutfiah Mazidah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Nindi Putri Indah Sari -
Nama: Nindi Putri Indah Sari
Npm: 2213022083
No absen: 09(Ganjil)

Izin menjawab pertanyaan dari Lutfiah Mazidah.
Carl Rogers, seorang ahli psikologi humanistik menyatakan bahwa pembelajaran hendaknya berpusat pada peserta didik (student center). Pembelajaran hendaknya memberikan kebebasan yang luas kepada peserta didik untuk menentukan apa yang ingin ia pelajari sesuai dengan sumber-sumber belajar yang tersedia atau yang dapat disediakan. Karena Pendekatan Humanistic ini harus peserta didiknya yang aktif sedangkan pendidik hanya sebagai fasilitator dan motivator. Student center yaitu teori yang dikemukakan oleh Carl Rogers tersebut berhubungan dengan Pendekatan Humanistic tersebut. Itulah mngapa teon yang dikemukakan oleh Carl Rogers termasuk ke dalam Pendekatan Saintifik
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh YAYANG SAFITRI -
Selamat pagi
Nama : Yayang Safitri
Npm : 2213022089
No urut 22

Izin bertanya
Sebagai seorang guru bagaimana cara kita melaksanakan pendekatan pembelajaran humanistik kepada siswa?

Terimakasih
Sebagai balasan YAYANG SAFITRI

Re: RUANG DISKUSI

oleh Novia Mita Safitri -
NAMA : NOVIA MITA SAFITRI
NPM : 2213022081
NO ABSEN : 21

Izin menjawab pertanyaan dari YAYANG SAFITRI.
cara melaksanakan pendekatan pembelajaran humanistik kepada siswa yaitu :
1. Merumuskan tujuan belajar yang jelas
2. Mengusahakan partisipasi aktif siswa melalui kontrak belajar yang bersifat jelas, jujur dan positif.
3.Mendorong siswa untuk mengembangkan kesanggupan siswa untuk belajar atas inisiatif sendiri
4. Mendorong siswa untuk peka berpikir kritis, memaknai proses pembelajaran secara mandiri
5. Siswa di dorong untuk bebas mengemukakan pendapat, memilih pilihannya sendiri, melakukan apa yang diinginkan dan menanggung resiko dari perilaku yang ditunjukkan.
6. Guru menerima siswa apa adanya, berusaha memahami jalan pikiran siswa, tidak menilai secara normatif tetapi mendorong siswa untuk bertanggung jawab atas segala resiko perbuatan atau proses belajarnya.
7. Merancang fasilitas belajar seperti lingkungan dan media pembelajaran.
8. Membimbing siswa belajar secara aktif.
9. Membimbing siswa untuk memahami hakikat makna dari pengalaman belajarnya.
10. Membimbing siswa membuat konseptualisasi pengalaman belajarnya.
11. Membimbing siswa dalam mengaplikasikan konsep-konsep baru ke situasi nyata.
12. Memberikan kesempatan siswa untuk maju sesuai dengan kecepatannya
13. Evaluasi diberikan secara individual berdasarkan perolehan prestasi siswa
TERIMAKASIH.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Mutia Azizah -
Nama : Mutia azizah
Npm : 2213022069
No urut : 6

Izin bertanya
Mengapa teori humanistik merupakan teori yang paling abstrak dan paling mendekati dunia filsafat daripada dunia pendidikan?
Sebagai balasan Mutia Azizah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Risyania Az zuhruf -
Nama: Risyania az zuhruf
Npm: 2213022093
No urut 5

Izin menjawab pertanyaan Mutia Azizah
Menurut teori humanistik, proses belajar harus dimulai dan ditunjukkan untuk kepentingan memanusiakan manusia itu sendiri. Oleh karena itu, teori belajar humanistik sifatnya lebih abstrak dan lebih mendekati bidang kajian filsafat, teori kepribadian, dan psikologi belajar.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Mila Rosalia Putri -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Mila Rosalia Putri
Npm : 2213022099
No. urut : 20
Dari materi teori belajar humanistik, saya ingin mengetahui bagaimana jika ada siswa yang sudah tau potensi diri nya sendiri, sehingga dia hanya ingin belajar dari hal yang sudah diketahui nya saja?
Terimakasih
Sebagai balasan Mila Rosalia Putri

Re: RUANG DISKUSI

oleh Dwi Rahayu -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dwi Rahayu
Npm : 2213022071
No.urut: 18

Izin bertanya
Bagaimana seharusnya siswa belajar menurut teori belajar humanistik?
Sebagai balasan Dwi Rahayu

Re: RUANG DISKUSI

oleh Adinda Putri purnamasari -
Waalaikumsalam warahmatullaahi wabarokatuh
Nama : Adinda Putri Purnamasari
Npm : 2213022092
No. Urut : 17

Izin menjawab
Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia. proses belajar dianggap berhasil jika si pelajar memahami lingkungannya dan dirinya sendiri. Siswa dalam proses belajarnya harus berusaha agar lambat laun ia mampu mencapai aktualisasi diri dengan sebaik-baiknya.
Sebagai balasan Mila Rosalia Putri

Re: RUANG DISKUSI

oleh PUPUT PUPUT RAHAYU -
Nama : Puput Rahayu
Npm : 2253022001

Izin menjawab pertanyaan Mila Rosalia yaitu :
Menurut saya hal itu bagus, sebab teori belajar humanistik itu sendiri adalah teori yang menyatakan bahwa manusia berhak mengenali dirinya sendiri sebagai langkah untuk belajar, sehingga diharapkan mampu mencapai aktualisasi diri.

Siswa tersebut membangun dirinya untuk mengembangkan potensi diri yang bersifat positif dan meminimalkan potensi diri yang bersifat negatif. Kemam puan bertindak positif ini sering disebut sebagai potensi (keahlian dalam suatu bidang). Adapun para pendidik yang beraliran humanisme biasanya memfokuskan pengajarannya pada kemampuan pembangunan secara positif.

D alam kasus ini baik-baik saja, sebab dalam kegiatan belajar pun, seseorang bahkan pendidik pun tidak boleh memaksakan sesuatu hal yang tidak disukai oleh siswa
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ananda Suci Ariefiana -
Nama: Ananda Suci Ariefiana
Npm: 2213022090
No urut :26

Mengapa teori belajar humanistik lebih mementingkan isi yang dipelajari dari pada proses belajar itu sendiri?

Terimakasih
Sebagai balasan Ananda Suci Ariefiana

Re: RUANG DISKUSI

oleh Isna Zakiyah Solehah -
Nama : Isna Zakiyah Solehah
NPM : 2213022067
No. Urut : 25

Izin menjawab : Teori Humanistik lebih mementingkan isi karena teori hunanistik berhubungan erat dengan Emosi, Perasaan, dan Komunikasi Sehingga dengan Ketiga Komponen Tersebut Teori Humanistik berusaha memfokuskan pada Pembentukan Kepribadian yang Positif. Secara umum, Inti dari Teori Humanistik adalah bagaimana Memanusiakan Manusia.
Sebagai balasan Ananda Suci Ariefiana

Re: RUANG DISKUSI

oleh Nisa Ulfa Dila -
Nama : Nisa Ulfa Dila
NPM : 2213022085
No Urut: 27

Izin menjawab pertanyaan dari Ananda Suci Ariefiana yaitu:

Teori humanistik lebih mementingkan isi karena teori humanistik berhubungan erat dengan emosi, perasaan, dan komunikasi, sehingga dengan ketiga komponen tersebut yaitu berusaha memfokuskan pada pembentukan kepribadian yang positif. Secara umum inti dari teori humanistik adalah bagaimana cara untuk memanusiakan manusia.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Agi Melianse -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama:Agi Melianse
Npm:2213022076
Nomer absen: 11

Pertanyaannya:
Mengapa teori humanistik merupakan teori yang paling abstrak dan paling mendekati dunia filsafat daripada dunia pendidikan?
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh ismi pranika -
NAMA : ISMI PRANIKA
NPM : 2213022084
NO.URUT : 20

izin bertanya,dalam situasi apa teori humanistik digunakan?
Sebagai balasan ismi pranika

Re: RUANG DISKUSI

oleh Isma Salwa -
Nama: Isma Salwa
Npm: 2213022096
No urut: 23
Izin menjawab pertanyaan dari Ismi Pranika.
Teori belajar humanistik paling cocok untuk diterapkan dalam materi pembelkajaran yang bersifat pembentukan pribadi, hati nurani, perubahan sikap, analisis terhadap fenomena sosial.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Fita Fita Agustia -
Assalamu'alaikum wr. Wb
Nama: Fita agustia
Npm: 2213022091
No urut: 4
Apakah teori humanistik bisa diterapkan untuk peserta didik berkebutuhan khusus?
Sebagai balasan Fita Fita Agustia

Re: RUANG DISKUSI

oleh Melda Adinda Putri -
Nama : Melda Adinda Putri
Npm : 2213022072
No urut : 3

Izin menjawab pertanyaan dari fita agustia

Dapat disimpulkan bahwa model pedidikan humanistik ini adalah model yang terbaik untuk diterapkan di sekolah inklusi, sebab dapat membantu anak berkebutuhan khusus maupun reguler untuk mengembangkan potensi mereka masing-masing dengan saling bekerja sama belajar ditempat yang sama tanpa adanya diskriminasi.
Terimakasih
Sebagai balasan Melda Adinda Putri

Re: RUANG DISKUSI

oleh Risnawati Hutapea -
Nama:Risnawati Hutapea
Npm: 2213022079

izin bertanya,Bagaimana pendekatan humanistik dalam memandang individu manusia?
Sebagai balasan Risnawati Hutapea

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ririn Elysa -
Nama : Ririn Elysa
Npm : 2213022095
No urut : 7

Izin menjawab no urut 8
Psikologi humanistik memandang manusia sebagai eksistensi yang positif dan menentukan. Manusia adalah makhluk yang unik, memiliki cinta, kreativitas, nilai dan makna serta pertumbuhan pribadi. Manusia memiliki potensi untuk mengarahkan perilakunya untuk mencapai tujuan setinggi mungkin.Pendekatan pembelajaran humanistik memandang manusia sebagai subyek yang bebas merdeka untuk menentukan arah hidupnya. Manusia bertanggungjawab penuh atas hidupnya sendiri dan juga atas hidup orang lain.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Jennita Yuliana -
Nama :Jennita Yuliana
npm:2213022075
no urut :29
menjawab pertanyaan shelva

izin menjawabTeori humanistik adalah teori yang bertujuan untuk memanusiakan manusia dalam suatu proses pembelajaran. Oleh sebab itu teori pembelajaran bersifat lebih abstrak dan lebih mendekati kajian filsafat, teori kepribadian, dan psikoterapi. Teori humanistik adalah teori yang bersifat elektik yaitu teori yang dapat memanfaatkan teori apa saja asalkan tujuan pembelajaran tercapai. Dalam praktek teori humanistik cenderung mengarahkan siswa untuk dapat berfikir induktif, mementingkan pengalaman, dan membutuhkan keterlibatan siswa secara aktif didalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk pendidikan humanisme adalah pendidikan terbuka (open education), adalah proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada murid untuk bergerak secara bebas dan memilih aktivitas belajar mereka sendiri. Guru hanya berperan sebagai fasilitator dan pembimbing