FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

by Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Number of replies: 26

Mhs bernomor urut genap mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut ganjil menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Rabiatul Adawwiah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Rabiatul Adawwiah
Npm : 2213022073
No. Urut 2
Mengapa pendidikan saat ini harus menerapkan pandangan humanistik dalam menjalankan proses belajar mengajar di kelas serta apa yang harus dilakukan pendidik agar berhasil menerapkan teori tersebut?
Terimakasih
In reply to Rabiatul Adawwiah

Re: RUANG DISKUSI

by Rizka Diah Nuariyanti 2213022078 -
Nama : Rizka Diah Nuariyanti
Npm : 2213022078
No urut : 1
Izin menjawab pertanyaan dari Rabiatul Adawwiah no. Urut 2

Teori humanistik sangat relevan diterapkan dalam pembelajaran maupun pendidikan secara umum. Karena teori ini selalu mendorong peningkatan kualitas diri manusia melalui penghargaannya terhadap potensi-potensi fitrah dalam diri manusia itu, dalam hal ini segala potensi positif yang ada pada setiap individu seseorang.
Yang harus dilakukan seorang pendidik agar berhasil dalam menerapkan teori belajar humanistik yaitu
Mereka harus mengatur dirinya sendiri dan bertanggung jawab atas pilihannya. Mendukung guru untuk mengenali kondisi dan potensi siswanya. Mengedepankan aspek memanusiakan manusia dan pembentukan karakter.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Yuli Yani Permata Sakti -
Nama: Yuli Yani Permata Sakti
Npm : 2213022068
No urut : 14

Izin bertanya
Apa yang harus dilakukan seorang pendidik agar berhasil dalam menerapkan teori belajar humanistik?.
In reply to Yuli Yani Permata Sakti

Re: RUANG DISKUSI

by Ulfa Siti Ulfa Nur Annisa -
Nama : Siti Ulfa Nur Annisa
NPM : 2213022088
No Urut : 13 (Ganjil)

Izin menjawab pertanyaan dari Yuli Yani Permata Sakti,
Mereka harus mengatur dirinya sendiri dan bertanggung jawab atas pilihannya. Mendukung guru untuk mengenali kondisi dan potensi siswanya. Mengedepankan aspek memanusiakan manusia dan pembentukan karakter.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Bella Wahyuni -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu
Nama : Bella Wahyuni
Kelas : c
Npm : 2213022080
No urut 28
Menurut anda, apa yang harus dilakukan seorang pendidik agar berhasil dalam belajar sesuai Teori Belajar Humanistik?
Terimakasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Lutfiah Mazidah -
Nama: Lutfiah Mazidah
Npm: 2213020086
No absen: 10 (genap)

Izin bertanya, Apa yang dikemukakan oleh ahli psikologi "Carl Rogers" sehingga teorinya bisa dikatakan termasuk kedalam Pendekatan Humanistic?
In reply to Lutfiah Mazidah

Re: RUANG DISKUSI

by Nindi Putri Indah Sari -
Nama: Nindi Putri Indah Sari
Npm: 2213022083
No absen: 09(Ganjil)

Izin menjawab pertanyaan dari Lutfiah Mazidah.
Carl Rogers, seorang ahli psikologi humanistik menyatakan bahwa pembelajaran hendaknya berpusat pada peserta didik (student center). Pembelajaran hendaknya memberikan kebebasan yang luas kepada peserta didik untuk menentukan apa yang ingin ia pelajari sesuai dengan sumber-sumber belajar yang tersedia atau yang dapat disediakan. Karena Pendekatan Humanistic ini harus peserta didiknya yang aktif sedangkan pendidik hanya sebagai fasilitator dan motivator. Student center yaitu teori yang dikemukakan oleh Carl Rogers tersebut berhubungan dengan Pendekatan Humanistic tersebut. Itulah mngapa teon yang dikemukakan oleh Carl Rogers termasuk ke dalam Pendekatan Saintifik
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by YAYANG SAFITRI -
Selamat pagi
Nama : Yayang Safitri
Npm : 2213022089
No urut 22

Izin bertanya
Sebagai seorang guru bagaimana cara kita melaksanakan pendekatan pembelajaran humanistik kepada siswa?

Terimakasih
In reply to YAYANG SAFITRI

Re: RUANG DISKUSI

by Novia Mita Safitri -
NAMA : NOVIA MITA SAFITRI
NPM : 2213022081
NO ABSEN : 21

Izin menjawab pertanyaan dari YAYANG SAFITRI.
cara melaksanakan pendekatan pembelajaran humanistik kepada siswa yaitu :
1. Merumuskan tujuan belajar yang jelas
2. Mengusahakan partisipasi aktif siswa melalui kontrak belajar yang bersifat jelas, jujur dan positif.
3.Mendorong siswa untuk mengembangkan kesanggupan siswa untuk belajar atas inisiatif sendiri
4. Mendorong siswa untuk peka berpikir kritis, memaknai proses pembelajaran secara mandiri
5. Siswa di dorong untuk bebas mengemukakan pendapat, memilih pilihannya sendiri, melakukan apa yang diinginkan dan menanggung resiko dari perilaku yang ditunjukkan.
6. Guru menerima siswa apa adanya, berusaha memahami jalan pikiran siswa, tidak menilai secara normatif tetapi mendorong siswa untuk bertanggung jawab atas segala resiko perbuatan atau proses belajarnya.
7. Merancang fasilitas belajar seperti lingkungan dan media pembelajaran.
8. Membimbing siswa belajar secara aktif.
9. Membimbing siswa untuk memahami hakikat makna dari pengalaman belajarnya.
10. Membimbing siswa membuat konseptualisasi pengalaman belajarnya.
11. Membimbing siswa dalam mengaplikasikan konsep-konsep baru ke situasi nyata.
12. Memberikan kesempatan siswa untuk maju sesuai dengan kecepatannya
13. Evaluasi diberikan secara individual berdasarkan perolehan prestasi siswa
TERIMAKASIH.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Mutia Azizah -
Nama : Mutia azizah
Npm : 2213022069
No urut : 6

Izin bertanya
Mengapa teori humanistik merupakan teori yang paling abstrak dan paling mendekati dunia filsafat daripada dunia pendidikan?
In reply to Mutia Azizah

Re: RUANG DISKUSI

by Risyania Az zuhruf -
Nama: Risyania az zuhruf
Npm: 2213022093
No urut 5

Izin menjawab pertanyaan Mutia Azizah
Menurut teori humanistik, proses belajar harus dimulai dan ditunjukkan untuk kepentingan memanusiakan manusia itu sendiri. Oleh karena itu, teori belajar humanistik sifatnya lebih abstrak dan lebih mendekati bidang kajian filsafat, teori kepribadian, dan psikologi belajar.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Mila Rosalia Putri -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Mila Rosalia Putri
Npm : 2213022099
No. urut : 20
Dari materi teori belajar humanistik, saya ingin mengetahui bagaimana jika ada siswa yang sudah tau potensi diri nya sendiri, sehingga dia hanya ingin belajar dari hal yang sudah diketahui nya saja?
Terimakasih
In reply to Mila Rosalia Putri

Re: RUANG DISKUSI

by Dwi Rahayu -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dwi Rahayu
Npm : 2213022071
No.urut: 18

Izin bertanya
Bagaimana seharusnya siswa belajar menurut teori belajar humanistik?
In reply to Dwi Rahayu

Re: RUANG DISKUSI

by Adinda Putri purnamasari -
Waalaikumsalam warahmatullaahi wabarokatuh
Nama : Adinda Putri Purnamasari
Npm : 2213022092
No. Urut : 17

Izin menjawab
Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia. proses belajar dianggap berhasil jika si pelajar memahami lingkungannya dan dirinya sendiri. Siswa dalam proses belajarnya harus berusaha agar lambat laun ia mampu mencapai aktualisasi diri dengan sebaik-baiknya.
In reply to Mila Rosalia Putri

Re: RUANG DISKUSI

by PUPUT PUPUT RAHAYU -
Nama : Puput Rahayu
Npm : 2253022001

Izin menjawab pertanyaan Mila Rosalia yaitu :
Menurut saya hal itu bagus, sebab teori belajar humanistik itu sendiri adalah teori yang menyatakan bahwa manusia berhak mengenali dirinya sendiri sebagai langkah untuk belajar, sehingga diharapkan mampu mencapai aktualisasi diri.

Siswa tersebut membangun dirinya untuk mengembangkan potensi diri yang bersifat positif dan meminimalkan potensi diri yang bersifat negatif. Kemam puan bertindak positif ini sering disebut sebagai potensi (keahlian dalam suatu bidang). Adapun para pendidik yang beraliran humanisme biasanya memfokuskan pengajarannya pada kemampuan pembangunan secara positif.

D alam kasus ini baik-baik saja, sebab dalam kegiatan belajar pun, seseorang bahkan pendidik pun tidak boleh memaksakan sesuatu hal yang tidak disukai oleh siswa
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Ananda Suci Ariefiana -
Nama: Ananda Suci Ariefiana
Npm: 2213022090
No urut :26

Mengapa teori belajar humanistik lebih mementingkan isi yang dipelajari dari pada proses belajar itu sendiri?

Terimakasih
In reply to Ananda Suci Ariefiana

Re: RUANG DISKUSI

by Isna Zakiyah Solehah -
Nama : Isna Zakiyah Solehah
NPM : 2213022067
No. Urut : 25

Izin menjawab : Teori Humanistik lebih mementingkan isi karena teori hunanistik berhubungan erat dengan Emosi, Perasaan, dan Komunikasi Sehingga dengan Ketiga Komponen Tersebut Teori Humanistik berusaha memfokuskan pada Pembentukan Kepribadian yang Positif. Secara umum, Inti dari Teori Humanistik adalah bagaimana Memanusiakan Manusia.
In reply to Ananda Suci Ariefiana

Re: RUANG DISKUSI

by Nisa Ulfa Dila -
Nama : Nisa Ulfa Dila
NPM : 2213022085
No Urut: 27

Izin menjawab pertanyaan dari Ananda Suci Ariefiana yaitu:

Teori humanistik lebih mementingkan isi karena teori humanistik berhubungan erat dengan emosi, perasaan, dan komunikasi, sehingga dengan ketiga komponen tersebut yaitu berusaha memfokuskan pada pembentukan kepribadian yang positif. Secara umum inti dari teori humanistik adalah bagaimana cara untuk memanusiakan manusia.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Agi Melianse -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama:Agi Melianse
Npm:2213022076
Nomer absen: 11

Pertanyaannya:
Mengapa teori humanistik merupakan teori yang paling abstrak dan paling mendekati dunia filsafat daripada dunia pendidikan?
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by ismi pranika -
NAMA : ISMI PRANIKA
NPM : 2213022084
NO.URUT : 20

izin bertanya,dalam situasi apa teori humanistik digunakan?
In reply to ismi pranika

Re: RUANG DISKUSI

by Isma Salwa -
Nama: Isma Salwa
Npm: 2213022096
No urut: 23
Izin menjawab pertanyaan dari Ismi Pranika.
Teori belajar humanistik paling cocok untuk diterapkan dalam materi pembelkajaran yang bersifat pembentukan pribadi, hati nurani, perubahan sikap, analisis terhadap fenomena sosial.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Fita Fita Agustia -
Assalamu'alaikum wr. Wb
Nama: Fita agustia
Npm: 2213022091
No urut: 4
Apakah teori humanistik bisa diterapkan untuk peserta didik berkebutuhan khusus?
In reply to Fita Fita Agustia

Re: RUANG DISKUSI

by Melda Adinda Putri -
Nama : Melda Adinda Putri
Npm : 2213022072
No urut : 3

Izin menjawab pertanyaan dari fita agustia

Dapat disimpulkan bahwa model pedidikan humanistik ini adalah model yang terbaik untuk diterapkan di sekolah inklusi, sebab dapat membantu anak berkebutuhan khusus maupun reguler untuk mengembangkan potensi mereka masing-masing dengan saling bekerja sama belajar ditempat yang sama tanpa adanya diskriminasi.
Terimakasih
In reply to Melda Adinda Putri

Re: RUANG DISKUSI

by Risnawati Hutapea -
Nama:Risnawati Hutapea
Npm: 2213022079

izin bertanya,Bagaimana pendekatan humanistik dalam memandang individu manusia?
In reply to Risnawati Hutapea

Re: RUANG DISKUSI

by Ririn Elysa -
Nama : Ririn Elysa
Npm : 2213022095
No urut : 7

Izin menjawab no urut 8
Psikologi humanistik memandang manusia sebagai eksistensi yang positif dan menentukan. Manusia adalah makhluk yang unik, memiliki cinta, kreativitas, nilai dan makna serta pertumbuhan pribadi. Manusia memiliki potensi untuk mengarahkan perilakunya untuk mencapai tujuan setinggi mungkin.Pendekatan pembelajaran humanistik memandang manusia sebagai subyek yang bebas merdeka untuk menentukan arah hidupnya. Manusia bertanggungjawab penuh atas hidupnya sendiri dan juga atas hidup orang lain.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Jennita Yuliana -
Nama :Jennita Yuliana
npm:2213022075
no urut :29
menjawab pertanyaan shelva

izin menjawabTeori humanistik adalah teori yang bertujuan untuk memanusiakan manusia dalam suatu proses pembelajaran. Oleh sebab itu teori pembelajaran bersifat lebih abstrak dan lebih mendekati kajian filsafat, teori kepribadian, dan psikoterapi. Teori humanistik adalah teori yang bersifat elektik yaitu teori yang dapat memanfaatkan teori apa saja asalkan tujuan pembelajaran tercapai. Dalam praktek teori humanistik cenderung mengarahkan siswa untuk dapat berfikir induktif, mementingkan pengalaman, dan membutuhkan keterlibatan siswa secara aktif didalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk pendidikan humanisme adalah pendidikan terbuka (open education), adalah proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada murid untuk bergerak secara bebas dan memilih aktivitas belajar mereka sendiri. Guru hanya berperan sebagai fasilitator dan pembimbing