Mahasiswa tanggapilah Pentingnya Perspektif Global dan Multikultural dalam Mata Pelajaran IPS di SD/MI. dan apa kaitannya tentang materi tersebut jika diajarkan di sekolah dasar.
Forum Diskusi
perilaku, sikap, keterampilan dan pengetahuan tentang kehidupan masyarakat.
Sejalan dengan kecendrungan berbagai peningkatan masalah sosial di masyarakat,
Pendidikan IPS harus bisa berperan aktif dalam mempersiapkan peserta didik
untuk mampu memecahkan berbagi masalah sosial. Dengan pendekatan reflective
inquiry, para siswa diharapkan mampu mengembangkan analisis yang lebih luas
dan mendalam terhadap masalah-masalah faktual yang terjadi dalam kehidupan
sehari-hari di masyarakat. Pendidikan IPS perlu dikembangkan secara
berkelanjutan, dinamis, dan epistemologis. Menurut Wiriaatmadja (2002:23),
pendidikan dan pengajaran ilmu sosial mampu mengidentifikasi pola-pola yang
menghubungkan manusia dengan peristiwa, dengan tempat, dengan masa lampau
dan masa depan secara terpadu yang dialami manusia dalam duniannya. Atas
dasar itu, Pendidikan IPS perlu dikembangkan secara berkelanjutan, dinamis, dan
epistemologis.
Jarolimek dan Parker (1993) menegaskan bahwa, Pendidikan IPS
memiliki misi khusus dalam hal mengembangkan kemampuan generasi muda
sehingga mereka dapat memanfaatkan kekuatan fisik dan sosial dalam
menghadapi masalah-masalah hidupnya. Oleh karena itu Pendidikan IPS
ditujukan untuk kebutuhan masyarakat luas sebagai upaya pengembangan
kepribadian setiap individu. Maka lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
berkewajiban mewariskan nilai-nilai luhur tersebut kepada peserta didik.
Npm : 2053052040
Mohon maaf sebelumnya izin menanggapi pak.
Pengertian perspektif global sendiri merupakan suatu cara pandang atau cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan yang dilihat dari sudut pandang global yaitu dari sisi kepentingan yang mendunia atau internasional.
Nah jadi di dalam perspektif global kita harus benar-benar berpikir secara global atau mendunia dan dalam bertindak dapat secara lokal (think globally and act locally). Dengan begitu perlu kita tanamkan apa-apa yang dilakukan itu akan mempengaruhi dunia secara global. Oleh sebab itu, hal ini perlu ditanamkan kepada diri murid atau peserta didik bahwa kehidupan kit aitu bagian dari kehidupan dunia. Kita tidak dapat berkembang tanpa adanya hubungan dan komunikasi dengan dunia luar, dan kita hidup pun sebab adanya saling ketergantungan dan saling membutuhkan. Contoh kecilnya di dalam keluarga di antara anggota keluarga pasti hidup kita saling bergantungan dan membutuhkan, begitu pun di kehidupan masyarakat secara luas, dan bahkan secara globalnya pun antar negara itu saling membutuhkan sehingga terjalin kerja sama di antara negara-negara tersebut.
NPM : 2053053024
Izin Menanggapi pak
Multikultural ini merupakan sebuah ideologi yang harus diperjuangkan sebab dibutuhkan sebagai etika tegaknya demokrasi, HAM, dan kesejahteraan hidup dalam bermasyarakat. Contoh dari multicultural ini seperti masyarakat muslim yang ada di eropa menginginkan anaknya bersekolah atau mendapatkan Pendidikan yang setara dengan kebudayaannya.
Pelaksanaan pembelajaran multicultural dan mengajarkan peserta didiik agar mampu berspektif secara global ini sangat penting yang dapat dihubungkan dengan sikap dan kepribadian serta sosial pendidik dan peserta didik secara umum dapat menunjukkan hasil yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan bahwa kultur pembelajaran yang baik terkait dengan kepribadian dan sosial pendidik dan peserta yang menghasilkan hasil yang baik pula.
Tujuan daripada adanya perspektif global dan pembelajaran multikulturan ini adalah untuk menghindari pikiran yang sempit, dan agar peserta didik mampu berpikir secara terbuka dan mengglobal.
Sekian tanggapan dari saya pak, Terimakasih
NPM : 2053053001
Izin menanggapi pak, berdasarkan sumber rujukan yang saya baca, adanya perspektif global dan pendidikan multikultural dalam mata pelajaran IPS saling berkaitan untuk diajarkan di sekolah dasar. Alasannya yaitu, dalam perspektif global pendidik dan peserta didik dituntut untuk memiliki sudut pandang dalam memiliki kemampuan mengembangkan dan menganalisis berbagai kejadian dan fenomena yang berkaitan dengan isu-isu global yang tidak lain menyangkut masalah lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan pendidikan. Tentunya hal ini berkaitan dengan mata pelajaran IPS yang mempelajari tentang sosial dan keadaan dunia.
Sedangkan dalam pendidikan multikultural, Pendidikan multikultural sangat penting di terapkan pada Sekolah Dasar (SD). Pendidikan multikultural adalah proses penanaman cara hidup untuk menghormati secara tulus, dan toleran dalam keberagaman budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat majemuk. Dengan diberikannya pendidikan multikultural diharapkan adanya kelenturan mental berbau suku antargolongan ras dan agama (sara), sehingga persatuan bangsa tidak mudah retak dan terjadi disintegrasi bangsa.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa perspektif global dan pembelajaran multikultural di sekolah dasar tentunya saling berkaitan satu sama lain
terimakasih.
Re: Forum Diskusi
Npm : 2053053022
izin menanggapi tentang Pentingnya Perspektif Global dan Multikultural dalam Mata Pelajaran IPS di SD/MI. dan apa kaitannya tentang materi tersebut jika diajarkan di sekolah dasar.bahwa dalam perspektif global ini pendidik dan peserta didiknya secara bersama-sama harus mampu mengembangkan perspektif dan keterampilan dalam menyelidiki sesuatu hal yang berkaitan dengan isu-isu global. Isu global ini tidak lain yang menyangkut lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan Pendidikan. Di dalam perspektif global kita harus benar-benar berpikir secara global atau mendunia dan dalam bertindak dapat secara local (think globally and act locally). Dengan begitu perlu kita tanamkan apa-apa yang dilakukan itu akan mempengaruhi dunia secara global. Oleh sebab itu, hal ini perlu ditanamkan kepada diri murid atau peserta didik bahwa kehidupan kit aitu bagian dari kehidupan dunia. Kita tidak dapat berkembang tanpa adanya hubungan dan komunikasi dengan dunia luar, dan kita hidup pun sebab adanya saling ketergantungan dan saling membutuhkan. Contoh kecilnya di dalam keluarga di antara anggota keluarga pasti hidup kita saling bergantungan dan membutuhkan, begitu pun di kehidupan masyarakat secara luas, dan bahkan secara globalnya pun antar negara itu saling membutuhkan sehingga terjalin kerja sama di antara negara-negara tersebut.
NPM : 2053053020
Perspektif global merupakan suatu cara pandang atau cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan yang dilihat dari sudut pandang global yaitu dari sisi kepentingan yang mendunia atau internasional. Oleh sebab itu, sikap dan perbuatan kita diarahkan kepada yang mengglobal atau mendunia. Dapat dikatakan bahwa dalam perspektif global ini pendidik dan peserta didiknya secara bersama-sama harus mampu mengembangkan perspektif dan keterampilan dalam menyelidiki sesuatu hal yang berkaitan dengan isu-isu global. Isu global ini tidak lain yang menyangkut lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan Pendidikan.
Di dalam perspektif global kita harus benar-benar berpikir secara global atau mendunia dan dalam bertindak dapat secara local. Dengan begitu perlu kita tanamkan apa-apa yang dilakukan itu akan mempengaruhi dunia secara global. Oleh sebab itu, hal ini perlu ditanamkan kepada diri peserta didik bahwa kehidupan kita itu bagian dari kehidupan dunia. IPS adalah mata pelajaran yang berhubungan dengan kesosialan. Kita tidak dapat berkembang tanpa adanya hubungan dan komunikasi dengan dunia luar, dan kita hidup pun sebab adanya saling ketergantungan dan saling membutuhkan. Contoh kecilnya di dalam keluarga di antara anggota keluarga pasti hidup kita saling bergantungan dan membutuhkan, begitu pun di kehidupan masyarakat secara luas, dan bahkan secara globalnya pun antar negara itu saling membutuhkan sehingga terjalin kerja sama di antara negara-negara tersebut.
NPM: 2053053005
Izin menanggapi Pak
Pengintegrasian Perspektif Global dan Multikultural dalam Mata Pelajaran IPS di SD/MI sangatlah penting sebab pembelajaran IPS sangat luas, bukan sebatas ilmu-ilmu sosial saja tetapi masuk didalamnya tentang ideologi negara dan masalah-masalah sosial lain yang muncul dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan demikian, mengintegrasikan pendidikan multikultural dan perspektif global sebenarnya sangatlah perlu dilakukan. Dengan pengintegrasian pendidikan multikultural peserta didik akan belajar mengenai betapa beragamnya masyarakat yang ada disekitar mereka bahkan dunia dan belajar bagaimana caranya berinteraksi sosial atas keberagaman yang ada dimasyarakat. Dalam keberagaman masyarakat tersebut, tentunya akan pernah saja terjadi gesekan-gesekan yang menimbulkan masalah sosial baik itu nasional maupun internasional. Oleh sebab itu, pengintegrasian perspektif global juga perlu dilakukan untuk mengembangkan kemampuan intelektual peserta didik dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang timbul dari keberagaman yang ada dengan menggunakan sudut pandang secara global.
NPM : 2053053026
Izin menanggapi pak, terkait pembahasan mengenai pentingnya perspektif global dan pendidikan multikultural dalam mata pelajaran IPS yang diajarkan di sekolah dasar. Perspektif global itu sendiri merupakan suatu cara pandang atau cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan yang dilihat dari sudut pandang global. Dalam perspektif global ini, pendidik dan peserta didiknya secara bersama-sama harus mampu mengembangkan perspektif dan keterampilan dalam menyelidiki sesuatu hal yang berkaitan dengan isu-isu global. Isu global ini di antaranya yang menyangkut tentang lingkungan, sosial dan budaya, HAM, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan pendidikan. Hal tersebut pastinya berkaitan dengan mata pelajaran IPS yang mengkaji tentang persoalan sosial dan budaya baik secara lokal maupun global.
Berbicara terkait budaya, selain perspektif global, penting juga pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Pendidikan multikultural ini merupakan sebuah ideologi yang harus diperjuangkan dan dipelajari oleh peserta didik karena dibutuhkan sebagai etika tegaknya demokrasi, HAM, dan kesejahteraan hidup dalam bermasyarakat. Jadi, tujuan daripada adanya perspektif global dan pendidikan multikultural ini adalah agar peserta didik mampu berpikir secara terbuka dan mengglobal.
Kaitannya yaitu agar peseta didik mampu berspektif secara global ini sangat penting yang dapat dihubungkan dengan sikap dan kepribadian serta sosial pendidik dan peseta didik secara umum dapat menunjukkan hasil yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan bahwa kultur pembelajaran yang baik terkait dengan kepribadian dan sosial pendidik dan peseta didik yang menghasilkan hasil yang baik pula. Tujuan daripada adanya perspektif global dan pembelajaran multikulturan ini adalah untuk menghindari pikiran yang sempit, dan agar peseta didik mampu berpikir secara terbuka dan mengglobal atau mendunia
NPM : 2053053025
Izin menanggapi pak,
Multikultural ini merupakan sebuah ideologi yang harus diperjuangkan sebab dibutuhkan sebagai etika tegaknya demokrasi, HAM, dan kesejahteraan hidup dalam bermasyarakat. Contoh dari multicultural ini seperti masyarakat muslim yang ada di eropa menginginkan anaknya bersekolah atau mendapatkan Pendidikan yang setara dengan kebudayaanya
Tujuan dari pada adanya perspektif global dan pembelajaran multikulturan ini adalah untuk menghindari pikiran yang sempit, dan agar peserta didik mampu berpikir secara terbuka dan mengglobal.
Pelaksanaan pembelajaran multikultural dan prefektif global dapat membatu peserta didik agar mampu berspektif secara global ini sangat penting yang dapat dihubungkan dengan sikap dan kepribadian serta sosial pendidik dan peserta didiknya secara umum dapat menunjukkan hasil yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan bahwa kultur pembelajaran yang baik terkait dengan kepribadian dan sosial pendidik dan peserta didik yang menghasilkan hasil yang baik pula.
Sebagai guru IPS, kita harus mempersiapkan diri untuk menjadi komunikator atau contact person dengan dunia luar. Untuk itu guru membutuhkan:
Pertama, minat pada acara dan aktivitas dengan komunitas lokal, nasional, dan global.
Kedua, aktif mencari dan melestarikan informasi global. Ketiga, terbuka dan siap menerima pembaruan apa pun.
Dan multikulturalisme merupakan ideologi yang harus diperjuangkan karena dibutuhkan sebagai etika untuk mendukung demokrasi, hak asasi manusia dan kesejahteraan masyarakat. Contoh dari multikulturalisme ini adalah masyarakat muslim di Eropa menginginkan anak-anaknya bersekolah atau mengenyam pendidikan yang setara.
Npm : 2053053028
Izin menanggapi pak
Multikultural ini merupakan sebuah ideologi yang harus diperjuangkan sebab dibutuhkan sebagai etika tegaknya demokrasi, HAM, dan kesejahteraan hidup dalam bermasyarakat. Contoh dari multicultural ini seperti masyarakat muslim yang ada di eropa menginginkan anaknya bersekolah atau mendapatkan Pendidikan yang setara dengan kebudayaany
Tujuan daripada adanya perspektif global dan pembelajaran multikulturan ini adalah untuk menghindari pikiran yang sempit, dan agar siswa mampu berpikir secara terbuka dan mengglobal.
Pelaksanaan pembelajaran multicultural dan mengajarkan siswa agar mampu berspektif secara global ini sangat penting yang dapat dihubungkan dengan sikap dan kepribadian serta sosial guru dan siswanya secara umum dapat menunjukkan hasil yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan bahwa kultur pembelajaran yang baik terkait dengan kepribadian dan sosial guru dan siswa yang menghasilkan hasil yang baik pula.
Terimakasih
Npm : 2053053016
izin menanggapi pak
Pelaksanaan pembelajaran multikultural dalam mata pelajaran IPS mengajarkan siswa agar mampu berspektif secara global. hal ini sangat penting karena jika dihubungkan dengan sikap dan kepribadian serta sosial guru dan siswanya secara umum dapat menunjukkan hasil yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan bahwa kultur pembelajaran yang baik terkait dengan kepribadian dan sosial guru dan siswa menghasilkan hasil yang baik pula.
Tujuan daripada adanya perspektif global dan pembelajaran multikultural ini adalah untuk menghindari pikiran yang sempit, dan agar siswa mampu berpikir secara terbuka dan mengglobal. atau dengan kata lain siswa mampu beropini dengan tanpa dibatasi untuk menjawab permasalahan atau hal yang sedang dibahas
sekian, terimakasih.
Npm : 2053053036
Izin menanggapi pak
Perspektif global merupakan suatu cara pandang atau cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan yang dilihat dari sudut pandang global yaitu dari sisi kepentingan yang mendunia atau internasional. Oleh sebab itu, sikap dan perbuatan kita diarahkan kepada yang mengglobal atau mendunia. Dapat dikatakan bahwa dalam perspektif global ini pendidik dan peserta didiknya secara bersama-sama harus mampu mengembangkan perspektif dan keterampilan dalam menyelidiki sesuatu hal yang berkaitan dengan isu-isu global. Isu global ini tidak lain yang menyangkut lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan Pendidikan.
Di dalam perspektif global kita harus benar-benar berpikir secara global atau mendunia dan dalam bertindak dapat secara local. Dengan begitu perlu kita tanamkan apa-apa yang dilakukan itu akan mempengaruhi dunia secara global. Oleh sebab itu, hal ini perlu ditanamkan kepada diri peserta didik bahwa kehidupan kita itu bagian dari kehidupan dunia. IPS adalah mata pelajaran yang berhubungan dengan kesosialan. Kita tidak dapat berkembang tanpa adanya hubungan dan komunikasi dengan dunia luar, dan kita hidup pun sebab adanya saling ketergantungan dan saling membutuhkan. Contoh kecilnya di dalam keluarga di antara anggota keluarga pasti hidup kita saling bergantungan dan membutuhkan, begitu pun di kehidupan masyarakat secara luas, dan bahkan secara globalnya pun antar negara itu saling membutuhkan sehingga terjalin kerja sama di antara negara-negara tersebut.
2053053021
Izin memberikan tanggapan
Dalam perspektif global ini pendidik dan peserta didiknya secara bersama-sama harus mampu mengembangkan perspektif dan keterampilan dalam menyelidiki sesuatu hal yang berkaitan dengan isu-isu global. Isu global ini tidak lain yang menyangkut lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan Pendidikan.
Di dalam perspektif global kita harus benar-benar berpikir secara global atau mendunia dan dalam bertindak dapat secara local (think globally and act locally). Dengan begitu perlu kita tanamkan apa-apa yang dilakukan itu akan mempengaruhi dunia secara global. Oleh sebab itu, hal ini perlu ditanamkan kepada diri murid atau peserta didik bahwa kehidupan kita itu bagian dari kehidupan dunia. Kita tidak dapat berkembang tanpa adanya hubungan dan komunikasi dengan dunia luar, dan kita hidup pun sebab adanya saling ketergantungan dan saling membutuhkan. Contoh kecilnya di dalam keluarga di antara anggota keluarga pasti hidup kita saling bergantungan dan membutuhkan, begitu pun di kehidupan masyarakat secara luas, dan bahkan secara globalnya pun antar negara itu saling membutuhkan sehingga terjalin kerja sama di antara negara-negara tersebut.
Sebagai pendidik IPS seharusnya harus mempersiapkan diri sebagai komunikator atau penghubung dengan dunia luar. Untuk itu seorang pendidik perlu :
Pertama, Tertarik dan peduli terhadap kejadian dan kegiatan baik dengan masyarakat local, nasional, dan mengglobal.
Kedua, Secara aktif mencari dan menyimpan informasi yang sifatnya mendunia.
Ketiga, Memiliki sifat terbuka, mau menerima setiap adanya pembaruan.
Keempat, Mampu menyeleksi informasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi budaya masyarakat sekitar.
Berbicara terkait budaya, selain perspektif global, penting juga multicultural dalam pembelajaran IPS di SD/MI. Multukultural atau multikulturalisme ini diberikan pengertian oleh para ahli yang sangat beragam.
Menurut Azyumardi Azra, Identitas dan Krisis Budaya, multicultural pada dasarnya adalah pandangan dunia yang kemudian dapat diterjemahkan ke dalam berbagai kebijakan kebudayaan yang menekankan terhadap realitas keagamaan yang pluralis dan multicultural yang ada dalam kehidupan masyarakat.
Multikultural ini merupakan sebuah ideologi yang harus diperjuangkan sebab dibutuhkan sebagai etika tegaknya demokrasi, HAM, dan kesejahteraan hidup dalam bermasyarakat. Contoh dari multicultural ini seperti masyarakat muslim yang ada di eropa menginginkan anaknya bersekolah atau mendapatkan Pendidikan yang setara dengan kebudayaannya.
Pelaksanaan pembelajaran multicultural dan mengajarkan peserta didik agar mampu berspektif secara global ini sangat penting yang dapat dihubungkan dengan sikap dan kepribadian serta sosial guru dan peserta didiknya secara umum dapat menunjukkan hasil yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan bahwa kultur pembelajaran yang baik terkait dengan kepribadian dan sosial pendidik dan peserta didik yang menghasilkan hasil yang baik pula.
Tujuan dari pada adanya perspektif global dan pembelajaran multikulturan ini adalah untuk menghindari pikiran yang sempit, dan agar peserta didik mampu berpikir secara terbuka dan mengglobal.
npm:2053053003
izin menanggapi pak,sebelum mengenal lebih jauh, harus mengetahui terlebih dahulu Perspektif global merupakan suatu cara pandang atau cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan yang dilihat dari sudut pandang global yaitu dari sisi kepentingan yang mendunia atau internasional. Oleh sebab itu, sikap dan perbuatan kita diarahkan kepada yang mengglobal atau mendunia.
Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa dalam perspektif global ini guru dan peserta didiknya secara bersama-sama harus mampu mengembangkan perspektif dan keterampilan dalam menyelidiki sesuatu hal yang berkaitan dengan isu-isu global. Isu global ini tidak lain yang menyangkut lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan Pendidikan.
Di dalam perspektif global kita harus benar-benar berpikir secara global atau mendunia dan dalam bertindak dapat secara local (think globally and act locally). Dengan begitu perlu kita tanamkan apa-apa yang dilakukan itu akan mempengaruhi dunia secara global. Oleh sebab itu, hal ini perlu ditanamkan kepada diri murid atau peserta didik bahwa kehidupan kit aitu bagian dari kehidupan dunia. Kita tidak dapat berkembang tanpa adanya hubungan dan komunikasi dengan dunia luar, dan kita hidup pun sebab adanya saling ketergantungan dan saling membutuhkan. Contoh kecilnya di dalam keluarga di antara anggota keluarga pasti hidup kita saling bergantungan dan membutuhkan, begitu pun di kehidupan masyarakat secara luas, dan bahkan secara globalnya pun antar negara itu saling membutuhkan sehingga terjalin kerja sama di antara negara-negara tersebut.
kaitannya tentang materi tersebut jika diajarkan di sekolah dasar yaituPelaksanaan pembelajaran multicultural dan mengajarkan siswa agar mampu berspektif secara global ini sangat penting yang dapat dihubungkan dengan sikap dan kepribadian serta sosial guru dan siswanya secara umum dapat menunjukkan hasil yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan bahwa kultur pembelajaran yang baik terkait dengan kepribadian dan sosial guru dan siswa yang menghasilkan hasil yang baik pula.
Tujuan daripada adanya perspektif global dan pembelajaran multikulturan ini adalah untuk menghindari pikiran yang sempit, dan agar siswa mampu berpikir secara terbuka dan mengglobal.
NPM: 2053053031
Izin menanggapi pak,
tentang Pentingnya Perspektif Global dan Multikultural dalam Mata Pelajaran IPS di SD/MI. Perspektif global adalah cara pandang atau cara berpikir seseorang terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan yang dilihat dari sudut pandang kepentingan global/internasional, yang dimana perserta didik diminta untuk memiliki kemampuan berfikir/menganalisi suatu masalah atau kejadian yang berkaitan dengan isu-isu global. Sedangkan Multikultural adalah sebuah ideology yang dimana harus diperjuangkan untuk dapat menegakkan demokrasi, HAM, dan kesejahteraan hidup dalam bermasyarakat, dimana peserta didik diminta untuk saling toleran dan monghormati dalam keragaman suku, budaya, serta agama. Perspektif Global dan Multikultural saling berkaitan yang dimana 2 hal tersubut diajarkan didalam mata pelajaran IPS di SD.
NPM : 2052053019
Izin menyampaikan tanggapan bapak
Perspektif global merupakan suatu cara pandang atau cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan yang dilihat dari sudut pandang global yaitu dari sisi kepentingan yang mendunia atau internasional. Oleh sebab itu, sikap dan perbuatan kita diarahkan kepada yang mengglobal atau mendunia. Hal yang dapat mempengaruhi dunia ini tidak hanya berkaitan dengan kejadian politik dan kenegaraan saja, akan tetapi dapat berupa gangguan lingkungan seperti penebangan hutan secara liar, polusi udara sebab industri dan kejadian lainnya.
Peran pendidik dan peserta didik yaitu secara bersama-sama harus mampu mengembangkan perspektif dan keterampilan dalam menyelidiki sesuatu hal yang berkaitan dengan isu-isu global. Isu global ini tidak lain yang menyangkut lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan Pendidikan. Kaitan antara perspektif global dengan pelajaran IPS SD yakni pendidik harus mempersiapkan diri sebagai komunikator atau penghubung dengan dunia luar untuk nantinya menjadi salah satu tempat informasi bagi peserta didik tentang dunia luar.
Manfaat dan kegunaan mempelajari perspektif global adalah Meningkatkan wawasan dan kesadaran para pendidik dan peserta didik bahwa kita bukan hanya penghuni satu daerah tetapi mempunyai ketergantungan dengan orang lain di belahan bumi yang lain. Oleh karena itu sikap kita harus mencerminkan “ sikap ketergantungan” tersebut.
Selanjutnya pendidikan multikultural dapat digunakan sebagai upaya dalam mengembangkan nasionalisme individu terhadap kemajemukan bangsanya, serta sebagai dasar untuk memupuk toleransi untuk mengurangi permasalahan kehidupan baik itu dalam aspek budaya, agama sehingga diperlukan pendidikan IPS dalam melaksanakan pendidikan. Pendidikan multikultural menjadi penting diajarkan di sekolah karena memperkenalkan tentang nilai-nilai budaya antaretnis, harmoni dalam beragama, dan mempromosikan tolerasi kepada para peserta didik.
NPM:2053053043
Izin menanggapi pak
Perspektif global dan Multikultural saling berkaitan karena dijelaskan bahwa perspektif Global ini pendidik dan peserta didiknya secara bersama-sama harus mampu mengembangkan perspektif dan keterampilan dalam menyelidiki sesuatu hal yang berkaitan dengan isu-isu global. Isu global ini tidak lain yang menyangkut lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan Pendidikan.
Berbicara terkait budaya, selain perspektif global, penting juga multikultural dalam pembelajaran IPS di SD.Pelaksanaan pembelajaran multikultural dan mengajarkan peserta didik agar mampu berspektif secara global ini sangat penting yang dapat dihubungkan dengan sikap dan kepribadian serta sosial pendidik dan peserta didik secara umum dapat menunjukkan hasil yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan bahwa kultur pembelajaran yang baik terkait dengan kepribadian dan sosial pendidik dan peserta didik yang menghasilkan hasil yang baik pula
Tujuan daripada adanya perspektif global dan pembelajaran multikulturan ini adalah untuk menghindari pikiran yang sempit, dan agar peserta didik mampu berpikir secara terbuka dan mengglobal.
Nama : Aliffia Hanif Ariyani
NPM : 2053053011
Kelas : 6A
Pendidikan sekolah dasar dipandang sangat penting menanamkan nasionalisme sejak usia dini, sehingga nilai nasionalisme yang ditanamkan sejak dini terpatri secara relatif konstan dan akan terbawa sampai dewasa. Perspektif global merupakan pendekatan dan pemahaman tidak hanya tentang situasi lokal melainkan kondisi yang terjadi secara global. Sebagai sebuah pendekatan perspektif global mengajak peserta didik untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal dengan mengedepankan prinsip konservasi atas lokalitas. Isu dan permasalahan global dipelajari dalam perspektif global diimplementasikan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. Peserta didik di sekolah dasar dalam tahapan berpikir kongkrit menuju berpikir abstrak, pemahaman dan pemecahan masalah yang diberikan dirancang sesederhana mungkin namun tetap mengedepankan esesnsi dari permasalahan itu sendiri.Isu global penting dijadikan bahan pertimbangan dalam pembelajaran Pendidikan IPS karena tujuan utamanya adalah agar peserta didik dapat menjadi warga negara yang baik dengan segala indikator yang melekat. Pendidikan Multikultural diselenggarakan dalam upaya mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memandang kehidupan dari berbagai perspektif budaya yang berbeda dengan budaya yang mereka miliki, dan bersikap positif terhadap perbedaan budaya, ras, dan etnis. Pendidikan multikultural merupakan proses pengembangan seluruh potensi manusia yang menghargai pluralitas dan heterogenitasnya sebagai konsekwensi keragaman budaya, etnis, suku dan aliran (agama), hal yang menjadi tujuan utama dalam pembelajaran IPS, tercapaianya pola sikap pada diri peserta didik untuk saling menghormati, menghargai, toleransi terhadap budaya lain. Sehingga output dari pembelajaran IPS melalui pendidikan multikultural dapat mencapai proses belajar mengajar yang aktif dan lebih bermakna. Dengan pembelajaran yang berbasis multikultural diharapkan dapat membawa perubahan dari budaya yang berfokus pada pendidik menuju budaya pembelajaran yang berfokus pada peserta didik.
Npm : 2013053061
Izin menanggapi pak ,
Perspektif Global dan Multikultural itu saling berkaitan dalam Mata Pelajaran IPS di SD/MI . Perspektif global merupakan suatu cara pandang atau cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan yang dilihat dari sudut pandang global yaitu dari sisi kepentingan yang mendunia atau internasional. Oleh sebab itu, sikap dan perbuatan kita diarahkan kepada yang mengglobal atau mendunia.
Dari penjelasan tersebut dapat dikatakan bahwa dalam perspektif global ini guru dan peserta didiknya secara bersama-sama harus mampu mengembangkan perspektif dan keterampilan dalam menyelidiki sesuatu hal yang berkaitan dengan isu-isu international. Isu global ini tidak lain yang menyangkut lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan Pendidikan.
sedangkan Multikultural merupakan sebuah ideologi yang harus diperjuangkan sebab dibutuhkan sebagai etika tegaknya demokrasi, HAM, dan kesejahteraan hidup dalam bermasyarakat.Pelaksanaan pembelajaran multicultural dan mengajarkan siswa agar mampu berspektif secara global ini sangat penting yang dapat dihubungkan dengan sikap dan kepribadian serta sosial guru dan siswanya secara umum dapat menunjukkan hasil yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan bahwa kultur pembelajaran yang baik terkait dengan kepribadian dan sosial guru dan siswa yang menghasilkan hasil yang baik pula.Hal itu merupakan tujuan daripada adanya perspektif international dan pembelajaran multikulturan ini adalah untuk menghindari pikiran yang sempit, dan agar siswa mampu berpikir secara terbuka dan luas.
NPM: 2053053006
Izin menanggapi pak. Perspektif global merupakan suatu cara pandang atau cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan yang dilihat dari sudut pandang global yaitu dari sisi kepentingan yang mendunia atau internasional. Oleh sebab itu, sikap dan perbuatan kita diarahkan kepada yang mengglobal atau mendunia. Sedangkan multikultural merupakan paham agar kita dapat berfikiran terbuka terhadap segala perbedaan yang ada pada setiap manusia, baik dari warna kulit, budaya dan adat istiadat, bahasa, agama, ras, dan perbedaan lainnya. Paham ini mengajarkan kita bahwa dengan perbedaan inilah yang membuat dunia lebih menarik untuk ditinggali. Untuk itu pembelajaran mengenai perspektif global dan multikultural dirasa sangat penting dalam Mata Pelajaran IPS di SD/MI karena didalam perspektif global kita harus benar-benar berpikir secara global atau mendunia dan dalam bertindak dapat secara local (think globally and act locally) terhadap segala aspek kehidupan yang salah satunya adalah berpikiran terbuka terhadap perbedaan serta memiliki jiwa toleransi terhadap keberagaman yang ada. Oleh sebab itu, hal ini perlu ditanamkan kepada diri murid atau peserta didik bahwa kita perlu berpikir secara terbuka melalui berbagai materi dalam mata pelajaran ips seperti paham dan ideologi, ras dan kebudayaan, kebiasaan, dan bebagai macam perbedaan lainnya. Kita tidak dapat berkembang tanpa adanya hubungan dan komunikasi dengan dunia luar, dan kita hidup pun sebab adanya saling ketergantungan dan saling membutuhkan.
NPM : 2053053027
Izin menanggapi pak, dapat dikatakan bahwa dalam perspektif global ini guru dan peserta didiknya secara bersama-sama harus mampu mengembangkan perspektif dan keterampilan dalam menyelidiki sesuatu hal yang berkaitan dengan isu-isu global. Isu global ini tidak lain yang menyangkut lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan Pendidikan. dapat dikatakan bahwa dalam perspektif global ini guru dan peserta didiknya secara bersama-sama harus mampu mengembangkan perspektif dan keterampilan dalam menyelidiki sesuatu hal yang berkaitan dengan isu-isu global. Isu global ini tidak lain yang menyangkut lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan Pendidikan. Di dalam perspektif global kita harus benar-benar berpikir secara global atau mendunia dan dalam bertindak dapat secara local (think globally and act locally). Dengan begitu perlu kita tanamkan apa-apa yang dilakukan itu akan mempengaruhi dunia secara global. Oleh sebab itu, hal ini perlu ditanamkan kepada diri murid atau peserta didik bahwa kehidupan kit aitu bagian dari kehidupan dunia. Kita tidak dapat berkembang tanpa adanya hubungan dan komunikasi dengan dunia luar, dan kita hidup pun sebab adanya saling ketergantungan dan saling membutuhkan. Contoh kecilnya di dalam keluarga di antara anggota keluarga pasti hidup kita saling bergantungan dan membutuhkan, begitu pun di kehidupan masyarakat secara luas, dan bahkan secara globalnya pun antar negara itu saling membutuhkan sehingga terjalin kerja sama di antara negara-negara tersebut.
Terimakasih
Izink menanggapi pak, dalam perspektif global ini, guru dan siswa harus dapat bersama-sama mengembangkan perspektif dan keterampilan untuk penelitian yang berkaitan dengan isu-isu global. Macam isu-isu global lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi dunia dan pengembangan pendidikan.
Sebagai guru IPS, kita harus mempersiapkan diri menjadi komunikator atau penghubung dengan dunia luar. Untuk melakukan ini, guru perlu:
Pertama, ketertarikan pada acara dan aktivitas komunitas lokal, nasional dan global. Kedua, pencarian aktif dan pelestarian pengetahuan global. Ketiga, terbuka dan siap menerima pembaruan. Dan multikulturalisme adalah ideologi yang harus diperjuangkan, karena dibutuhkan sebagai etika untuk mendukung demokrasi, hak asasi manusia dan kesejahteraan manusia.
Pendidikan global mempersiapkan masa depan siswa dengan memberikan keterampilan analisis dan evaluasi yang luas. Keterampilan ini akan membekali siswa untuk memahami dan memberi reaksi terhadap isu internasional dan antarbudaya
NPM : 2053053018
Izin menjawab pak,
yaitu adanya perspektif global dan pendidikan multikultural dalam mata pelajaran IPS saling berkaitan untuk diajarkan di sekolah dasar. Alasannya yaitu, dalam perspektif global pendidik dan peserta didik dituntut untuk memiliki sudut pandang dalam memiliki kemampuan mengembangkan dan menganalisis berbagai kejadian dan fenomena yang berkaitan dengan isu-isu global yang tidak lain menyangkut masalah lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan pendidikan. Tentunya hal ini berkaitan dengan mata pelajaran IPS yang mempelajari tentang sosial dan keadaan dunia.
Sedangkan dalam pendidikan multikultural, Pendidikan multikultural sangat penting di terapkan pada Sekolah Dasar (SD). Pendidikan multikultural adalah proses penanaman cara hidup untuk menghormati secara tulus, dan toleran dalam keberagaman budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat majemuk. Dengan diberikannya pendidikan multikultural diharapkan adanya kelenturan mental berbau suku antargolongan ras dan agama (sara), sehingga persatuan bangsa tidak mudah retak dan terjadi disintegrasi bangsa.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa perspektif global dan pembelajaran multikultural di sekolah dasar tentunya saling berkaitan satu sama lain
terimakasih.
NAMA : RAFIQ NUR FADILLAH
NPM : 2053053004
Menanggapi pentingnya perspektif global dan multikultural dalam mata pelajaran IPS di SD/MI. Kemudian apa kaitannya tentang materi tersebut jika diajarkan di sekolah dasar. Perspektif global merupakan paradigma atau cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan secara luas atau global. Sedangkan multikultural dalam mata pembelajaran ilmu pengetahuan sosial yaitu istilah yang digunakan untuk menjelaskan pandangan tentang ragam kehidupan di dunia, atau kebijakan kebudayaan yang menekankan penerimaan tentang adanya keragaman, kebhinekaan, pluralitas, sebagai realitas utama dalam kehidupan masyarakat menyangkut nilai-nilai, sistem sosial-budaya, dan politik yang mereka anut.
Kemudian apa kaitannya tentang materi tersebut jika diajarkan di sekolah dasar. Kaitannya yaitu peserta didik dapat mempelajari mengenai ragam sosial masyarakat, kebudayaan dan berbagai macam yang berkaitan tentang ilmu pengetahuan sosial baik secara nasional maupun internasional dengan perspektif global. Dengan hal tersebut, permasalahan dan pembelajaran mengenai keberagaman dapat dipahami secara luas dengan sudut pandang global. Tujuannya untuk memberi pemahaman kepada peserta didik mengenai luasnya sudut pandang dalam ilmu pengetahuan.
Npm : 2053053023
izin menanggapi pak.
Perspektif global merupakan suatu cara pandang atau cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan yang dilihat dari sudut pandang global yaitu dari sisi kepentingan yang mendunia atau internasional. Oleh sebab itu, sikap dan perbuatan kita diarahkan kepada yang mengglobal atau mendunia. Hal yang dapat mempengaruhi dunia ini tidak hanya berkaitan dengan kejadian politik dan kenegaraan saja, akan tetapi dapat berupa gangguan lingkungan seperti penebangan hutan secara liar, polusi udara sebab industri dan kejadian lainnya.
Peran pendidik dan peserta didik yaitu secara bersama-sama harus mampu mengembangkan perspektif dan keterampilan dalam menyelidiki sesuatu hal yang berkaitan dengan isu-isu global. Isu global ini tidak lain yang menyangkut lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan Pendidikan. Kaitan antara perspektif global dengan pelajaran IPS SD yakni pendidik harus mempersiapkan diri sebagai komunikator atau penghubung dengan dunia luar untuk nantinya menjadi salah satu tempat informasi bagi peserta didik tentang dunia luar.
Selanjutnya pendidikan multikultural dapat digunakan sebagai upaya dalam mengembangkan nasionalisme individu terhadap kemajemukan bangsanya, serta sebagai dasar untuk memupuk toleransi untuk mengurangi permasalahan kehidupan baik itu dalam aspek budaya, agama sehingga diperlukan pendidikan IPS dalam melaksanakan pendidikan. Pendidikan multikultural menjadi penting diajarkan di sekolah karena memperkenalkan tentang nilai-nilai budaya antaretnis, harmoni dalam beragama, dan mempromosikan tolerasi kepada para peserta didik.
NPM : 2053053007
Izin menjawab
Perspektif global merupakan suatu cara pandang atau cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan yang dilihat dari sudut pandang global yaitu dari sisi kepentingan yang mendunia atau internasional. Oleh sebab itu, sikap dan perbuatan kita diarahkan kepada yang mengglobal atau mendunia.Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa dalam perspektif global ini guru dan peserta didiknya secara bersama-sama harus mampu mengembangkan perspektif dan keterampilan dalam menyelidiki sesuatu hal yang berkaitan dengan isu-isu global. Isu global ini tidak lain yang menyangkut lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan Pendidikan. Mengapa perspektif global sangat penting bagi calon pendidik, karena Dapat mendorong para guru untuk dapat mempelajari tentang sebuah masalah yang memiliki kaitan dengan masalah lintas budaya.
Sedangkan multikultural salah satunya yaitu agar pendidikan multicultural ialah mendorong setiap peserta didik menjadi sadar akan kebudayaannya, memiliki pemahaman yang holisik dan mampu mengapresiasi kebudayaan lain, berpetisipasi di dalam satu kebudayaan atau lebih dan bertanggung jawab untuk memeliharanya.