forum diskusi

forum diskusi

forum diskusi

Number of replies: 35

menurut pendapat kalian, megapa di sekolh dasar saat ini menggunakan model pembelajaran tematik, berikan juga pendapat mu tentang keunggulan dan kekurangan dari model pembelajaran tematik ini?

In reply to First post

Re: forum diskusi

by UNING HAFIFAH -
Nama : Uning Hafifah
NPM : 2113053006

Izin menjawab,
Alasan mengapa saat ini di sekolah dasar menggunakan pembelajaran tematik karena pembelajaran tematik ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa. Selain itu, pembelajaran tematik saat ini diterapkan di SD juga karena karakteristik peserta didik yang masih memandang sesuatu secara menyeluruh, mereka belum mampu memilah-milah konsep dari berbagai disiplin ilmu.

Kelebihan dari pembelajaran tematik diantaranya yaitu dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan dalam satu unit, menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran. Namun terdapat juga kekurangan dari pembelajaran tematik yang terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Eka Pramesti Putri -

Nama : Eka Pramesti Putri

NPM 2113053071

Izin menjawab

  • Dengan adanya pembelajaran berbasis tematik pemaham konsep yang bermakna lebih mudah untuk ditingkatkan. Karena pembelajaran tematik menuntut siswa untuk lebih aktif dan berpikir kritis itulah mengapa pembelajaran tematik sering dikatakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Selain itu siswa akan lebih mudah untuk memfokuskan tema tertentu serta mampu mempelajari keterkaitan antar mata pelajaran satu dengan lainnya. 

  • Keunggulan pendekatan pembelajaran tematik dibandingkan dengan pembelajaran tersendiri terletak pada kegiatan yang berlangsung selama proses pembelajaran yaitu memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran yang bermakna dengan menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan, menumbuhkan keterampilan berpikir dan keterampilan sosial pada siswa. Menyajikan konsep pembelajaran yang nyata dan dekat dengan kehidupan siswa. Selain itu juga dapat membangun kerjasama yang baik antara guru dan siswa dalam merumuskan kegiatan pembelajaran, sehingga lebih bermakna dan meninggalkan kesan yang mendalam bagi siswa.

  • Kekurangan mencolok dalam pembelajaran tematik yaitu Pembelajaran menjadi lebih kompleks dan menuntut guru untuk melakukan persiapan dirinya sedemikian rupa sehingga ia dapat melaksanakannya dengan baik, Persiapan yang harus dilakukan guru juga memakan waktu lebih lama. Guru harus merancang pembelajaran tematik dengan memperhatikan keterkaitannya antara berbagai materi pelajaran yang tersebar di beberapa mata pelajaran,  Menuntut penyediaan alat, bahan, sarana dan prasarana untuk berbagai mata pelajaran digabungkan secara bersamaan. Pembelajaran tematik berlangsung dalam satu atau beberapa sesi. Di setiap sesi dibahas beberapa poin dari beberapa mata pelajaran, sehingga alat, bahan, sarana dan prasarana harus tersedia sesuai dengan pokok mata pelajaran yang disajikan.

Terimakasih

In reply to First post

Re: forum diskusi

by AYU RAHMAWATI -
Nama : Ayu Rahmawati
Npm :2113053064
Izin menjawab

Pembelajaran tematik adalah suatu sistem pembelajaran yang menyatukan beberapa mata pelajaran yang dikaitkan/berpusat pada satu pokok permasalahan (tema). Sehingga terjadi kepaduan antara yang satu dengan yang lain dan dapat memberikan pengalaman belajar yang berarti bagi siswa. Pembelajaran tematik biasa diterapkan di SD karena karakteristik peserta didik yang masih memandang sesuatu secara holistik (menyeluruh), mereka belum meampu memilah-milah konsep dari berbagai disiplin ilmu. Hal ini melukiskan cara berpikir anak yang deduktif yakni dari hal umum ke bagian-demi bagian. siswa dalam menerima materi masih suka bermain, tidak memperhatikan guru dan lain sebagainya. Sehingga berpengaruh pada hasil belajar yang kurang maksimal.

Kelebihan tematik yaitu
peserta didik dapat melihat hubungan-hubungan yang bermakna karena materi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana, pembelajaran terpadu dapat meningkatkan taraf kecakapan berpikir peserta didik, memberikan penerapan-penerapan dunia nyata sehingga dapat mempertingi transfer pembelajaran, peserta didik dapat melatih peserta didik untuk semakin banyak membuat hubungan inter dan antar mata pelajaran sehingga mampu memproses informasi.

Kekurangan tematik antara lain mengenai kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik diantaranya adalah dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP ) guru kurang memahami langkah- langkah pembelajaran sesuai sintak yang ada pada model pembelajaran. Guru merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Riska Zulkarnaen -
Nama : Riska Zulkarnaen
Npm : 2113053295

Izin menjawab,
Karena pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa. Menurut pendapat saya kelebihan dari model pembelajaran tematik yaitu lebih menghemat waktu, karena beberapa mapel di kemas dalam satu tema dan di sajikan secara terpadu dalam alokasi pertemuan-pertemuan yang di rencanakan. Sedangkan kekurangan dari model pembelajaran tematik menurut pendapat saya yaitu dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by AMANDA NONISA PUTRI -
Nama: Amanda Nonisa Putri
Npm:2113053066
Izin menjawab
Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.
kelebihan pendekatan pembelajaran tematik, diantaranya:

1). Pengalaman dan kegiatan belajar peserta didik akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak.
2). Kegiatan yang dipilih dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik.
3). Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi peserta didik sehingga hasil belajar akan
dapat bertahan lebih lama.
4). Pembelajaran terpadu menumbuhkembangkan keterampilan berpikir dan social anak.
5). Pembelajaran terpadu menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis. Dengan permasalahan yang sering ditemui dalam kehidupan/lingkungan riil peserta didik.
6). Jika pembelajaran terpadu dirancang bersama dapat meningkatkan kerja sama antar guru bidang kajian terkait, guru dengan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik, peserta didik/guru dengan narasumber sehingga belajar lebih menyenangkan, belajar dalam situasi nyata, dan dalam konteks yang lebih bermakna.
Disamping kelebihan, pendekatan pembelajaran tematik juga memiliki kelemahan terutama dalam hal pelaksanaannya. Tim Puskur (dalama Rusman, 2015) mengidentifikasi beberapa kelemahan pembelajaran tematik, diantaranya:
1). Aspek guru, guru harus berwawasan luas, memilki integritas tinggi, keterampilan metodologis yang handal, rasa percaya diri yang tinggi dan berani mengemas dan mengembangkan materi
2). Aspek peserta didik, pembelajaran tematik menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relative baik, baik dalam kemampuan akademik maupun kreatifitasnya, karena model pembelajaran tematik menekankan pada kemampuan analitis, kemampuan asosiatif, kemampuan eksplorasi dan elaborative.
3). Aspek sarana dan sumber pembelajaran, pembelajaran tematik memerlukan bahan bacaan atau sumber informasi yang cukup banyak dan bervariasi, mungkin juga fasilitas internet
4). Aspek kurikulum, kurikulum harus luwes, berorientasi pada pencapaian ketuntasan pemahaman peserta didik, bukan pada pencapaian target penyampaian materi
5). Aspek penilaian, pembelajaran tematik membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh.
6). Aspek suasana pembelajaran, pembelajaran terpadu cenderung mengutamakan salah satu bidang kajian dan tenggelamnya bidang kajian lain, tergantung pada latar belakang pendidikan gurunya.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by JULIA QOIRINA PUTRI -
Nama : Julia Qoirina Putri
NPM : 2113053043

Izin menjawab,
Menurut saya pembelajaran tematik digunakan pada pembelajaran sekolah dasar karena pembelajaran yang digunakan menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran yang dapat memberikan peserta didik pengalaman yang bermakna, karena setiap tema mengaitkan lebih dari 1 pembelajaran, seperti bahasa Indonesia, Matematika dan Pkn.
Kelebihan yang ada pada model pembelajaran tematik yaitu menghemat waktu pada proses pembelajaran karena disajikan dalam satu waktu dengan beberapa mata pelajaran yang digabungkan. Sedangkan kekurangan pada model tematik yaitu apabila tenaga pendidik kelas tidak menguasai seluruh mata pelajaran maka akan sulit untuk mengaitkan tema materi pokok dalam pelajaran dan memberikan kesimpulan akhir.

Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Riza Nafisah Salsabila Wijaya -
Nama : Riza Nafisah Salsabila Wijaya
Npm : 2113053048

izin menjawab
Model pembelajaran tematik adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pengintegrasian berbagai mata pelajaran menjadi satu tema yang terkait. Dalam model ini, siswa belajar melalui sebuah tema yang diintegrasikan dengan berbagai mata pelajaran seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, IPA, dan lain-lain. Keunggulan dan kekurangan dari model pembelajaran tematik adalah sebagai berikut:

Keunggulan:

Meningkatkan keterkaitan antara mata pelajaran: Model pembelajaran tematik dapat membantu meningkatkan keterkaitan antara berbagai mata pelajaran. Ini memungkinkan siswa untuk memahami bagaimana konsep dan prinsip-prinsip yang diajarkan dalam satu mata pelajaran dapat diterapkan pada mata pelajaran lainnya.
Meningkatkan daya tarik siswa: Dalam model pembelajaran tematik, siswa belajar melalui tema yang menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat meningkatkan daya tarik siswa terhadap pembelajaran dan membantu mereka memahami materi pelajaran dengan lebih baik.
Meningkatkan keterampilan berpikir kritis: Model pembelajaran tematik mengharuskan siswa untuk berpikir secara kritis dan menghubungkan konsep dari berbagai mata pelajaran. Ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang dapat membantu mereka dalam memecahkan masalah di kehidupan nyata.
Kekurangan:

Risiko kurangnya kedalaman materi: Model pembelajaran tematik dapat mengarah pada kurangnya kedalaman materi dalam suatu mata pelajaran. Hal ini terjadi ketika guru tidak memperhatikan untuk memberikan fokus yang cukup pada setiap mata pelajaran yang terkait dengan tema.
Kurang sesuai untuk materi yang spesifik: Model pembelajaran tematik mungkin tidak selalu cocok untuk materi yang spesifik seperti matematika atau fisika. Hal ini terjadi karena model ini lebih fokus pada pengintegrasian materi daripada mendalami konsep dalam satu mata pelajaran secara terperinci.
Kesulitan dalam menilai prestasi siswa: Dalam model pembelajaran tematik, siswa belajar melalui berbagai mata pelajaran yang terintegrasi menjadi satu tema. Hal ini dapat menyulitkan guru dalam menilai prestasi siswa secara terpisah dalam setiap mata pelajaran yang terkait.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by SITI. RANISSA -
Nama: Siti Ranissa
Npm:2113053104
Karena bagi anak usia dini pembelajaran tematik lebih memusatkan perhatian pada satu tema yang telah ditentukan.sehingga Pemahamann anak tentang materi yang disampaikan juga lebih mendalam, sebab antar mata pelajaran masih dalam satu tema.

Keunggulan pembelajaran tematik.

1) Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan
dalam satu unit.
2) Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik
dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran.
3) Anak didik mampu melihat hubungan-hubungan yang bermakna sebab isi/materi pembelajaran
lebih berperan sebagai sarana atau alat, bukan tujuan akhir.
4) Pembelajaran menjadi holistik dan menyeluruh akumulasi pengetahuan dan pengalaman anak
didik tidak tersegmentasi pada disiplin ilmu atau mata pelajaran tertentu, sehingga anak didik
akan mendapat pengertian mengenai proses dan materi yang saling berkaitan antara satu sama
lain.
5) Keterkaitan antara satu mata pelajaran dengan lainnya akan menguatkan konsep yang telah
dikuasai anak didik, karena didukung dengan pandangan dari berbagai perspektif.

Kelemahan pembelajaran tematik

1) Pembelajaran menjadi lebih kompleks dan menuntut guru untuk mempersiapkan diri sedemikian
rupa supaya ia dapat melaksanakannya dengan baik.
2) Persiapan yang harus dilakukan oleh guru pun lebih lama. Guru harus merancang pembelajaran
tematik dengan memerhatikan keterkaitan antara berbagai pokok materi tersebar dibeberapa
mata pelajaran.
3) Menuntut penyediaan alat, bahan, sarana dan prasarana untuk berbagai mata pelajaran yang
dipadukan secara serentak.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Deta Shadiqah -
Nama : Deta Shadiqah
Npm : 2113053034

Izin menjawab pertanyaan diatas
Untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.

Keunggulan pembelajaran tematik yaitu :
1) Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan dalam satu unit.
2) Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran.

Kekurangan pembelajaran tematik yaitu :
Pembelajaran menjadi lebih kompleks. Pendidik dituntut mempersiapkan diri lebih supaya dapat menjalankan metode dengan baik. Persiapan yang dilakukan pendidik lebih lama. Menuntut penyediaan alat, bahan, sarana, dan prasarana dari berbagai mata pelajaran secara serentak.

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Shita El Qolby -
Nama: Shita El Qolby
Npm: 2113053165

Izin Menjawab

Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.

Keunggulan pembelajaran tematik.
-Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan dalam satu unit.
- Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran.

Kelemahan pembelajaran tematik tersebut terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.

sekian terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Pandu Adithia R 2113053298 -
Nama : Pandu Adithia. R
Npm : 2113053298

Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa, (student center) Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya

Kelemahan pembelajaran tematik tersebut terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.

Keunggulan pembelajaran tematik. 1) Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan dalam satu unit. 2) Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran
In reply to First post

Re: forum diskusi

by NOVIA DWI RAMADHANI -
Nama : Novia Dwi Ramadhani
NPM : 2113053141
izin menjawab
karena Pembelajaran tematik adalah salah satu jenis pembelajaran berbasis topik atau tema  yang digunakan untuk menghubungkan beberapa konsep mata pelajaran, sehingga anak-anak dapat lebih mudah memahami suatu konsep karena mengajarkan beberapa mata pelajaran hanya berdasarkan satu topik atau tema.

Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keaktifan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman secara langsung, dan dapat menemukan berbagai jenis pengetahuan yang mereka pelajari. Hal ini cocok untuk pembelajaran anak usia sekolah dasar.

Keunggulan pembelajaran tematik antara lain menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan utuh, melatih siswa untuk memahami hubungan antar mata pelajaran, memungkinkan siswa untuk memanfaatkan keterampilannya yang dikembangkan dari mempelajari keterkaitan antar mata pelajaran. Pengalaman dan proses belajar akan selalu dikaitkan dengan tingkat perkembangan siswa, kegiatan yang dipilih menyesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa, semua kegiatan belajar lebih bermakna bagi siswa sehingga hasil belajar akan diingat lebih lama, serta dapat meningkatkan ketrampilan berfikir siswa.

Namun pembelajaran tematik juga memiliki kelemahan atau kekurangan yaitu tidak semua kompetensi dasar dapat dipadukan.

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by CHRISTINA DINI ANGGRAINI_2113053036 -
Nama: Christina Dini Anggraini
NPM: 2113053036

Izin menjawab
Pembelajaran tematik cocok untuk anak sekolah dasar karena pembelajaran tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema atau topik tertentu, sehingga peserta didik dapat lebih mudah mahami suatu konsep karena mengajarkan beberapa mata pelajaran hanya berdasarkan satu topik atau tema.
Pembelajaran tematik bertujuan untuk mningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peserta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajarannya berpusat pada siswa. Pembelajaran tematik menekankan pada keaktifan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajarannya, sehingga peserta didik dapat memperoleh pengalaman secara langsung, dan dapat menemukan berbagai jenis pengetahuan yang mrka pelajari. Dalam pembelajaran tematik juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan sosial seperti bekerja sama, berkomunikasi, dan memecahkan masalah secara bersama-sama
Dalam pembelajaran tematik guru berperan sebagai fasilitator, mediator, dan orang tua. Artinya guru memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengeksplorasi sendiri dan guru memberikan bimbingan tahap demi tahap untuk mencari jawabannya sendiri.

Kelebihan:
1. Pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan anak.
2. Hasil belajar akan lebih tahan lama
3. Menimbulkan keterapilan berpikir dan skill
4. menumbuhkembangkan keterampilan sosial anak seperti kerja sama, tolransi, komunikasi dan rasa peduli terhadap orang lain.

kekurangan:
1. Perencnaan pembelajaran tematik memakan waktu dan tenaga yang lebih banyak.
2. Pendidik harus memiliki keterampilan dan waktu yang cukup karena dalam perencanaan harus matang dan waktu yang cukup bagi pendidik untuk merancang dan mngembangkan pembelajaran yang sesuai dengan tema atau topik tertentu.
3. Tidak berurutan materi yang diajarkarkan.
4. Menyiapkan media perlu disesuaikan dengan pemilihan tema.

Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by LULUK FAUZIAH -
Nama : Luluk Fauziah
Npm : 2113053159

Izin menjawab
Pembelajaran tematik adalah salah satu jenis pembelajaran berbasis topik atau tema yang digunakan untuk menghubungkan beberapa konsep mata pelajaran, sehingga anak-anak dapat lebih mudah memahami suatu konsep karena mengajarkan beberapa mata pelajaran hanya berdasarkan satu topik atau tema. Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keaktifan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman secara langsung, dan dapat menemukan berbagai jenis pengetahuan yang mereka pelajari. Melalui pengalaman langsung, siswa akan memahami konsep yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Pembelajaran tematik juga berkaitan dengan psikologi perkembangan, karena isi materi didasarkan atau disesuaikan pada tahapan tumbuh kembang siswa, psikologi belajar juga diperlukan, karena pembelajaran psikologi juga bermanfaat.

Keunggulan dan kekurangan model pembelajaran tematik

kelebihan pendekatan pembelajaran tematik, diantaranya:

1). Pengalaman dan kegiatan belajar peserta didik akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak.
2). Kegiatan yang dipilih dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik.
3). Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi peserta didik sehingga hasil belajar akan
dapat bertahan lebih lama.
4). Pembelajaran terpadu menumbuhkembangkan keterampilan berpikir dan social anak.
5). Pembelajaran terpadu menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis. Dengan permasalahan yang sering ditemui dalam kehidupan/lingkungan riil peserta didik.
6). Jika pembelajaran terpadu dirancang bersama dapat meningkatkan kerja sama antar guru bidang kajian terkait, guru dengan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik, peserta didik/guru dengan narasumber sehingga belajar lebih menyenangkan, belajar dalam situasi nyata, dan dalam konteks yang lebih bermakna.

kelemahan pembelajaran tematik, diantaranya:
1). Aspek guru, guru harus berwawasan luas, memilki integritas tinggi, keterampilan metodologis yang handal, rasa percaya diri yang tinggi dan berani mengemas dan mengembangkan materi
2). Aspek peserta didik, pembelajaran tematik menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relative baik, baik dalam kemampuan akademik maupun kreatifitasnya, karena model pembelajaran tematik menekankan pada kemampuan analitis, kemampuan asosiatif, kemampuan eksplorasi dan elaborative.
3). Aspek sarana dan sumber pembelajaran, pembelajaran tematik memerlukan bahan bacaan atau sumber informasi yang cukup banyak dan bervariasi, mungkin juga fasilitas internet
4). Aspek kurikulum, kurikulum harus luwes, berorientasi pada pencapaian ketuntasan pemahaman peserta didik, bukan pada pencapaian target penyampaian materi
5). Aspek penilaian, pembelajaran tematik membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh.
6). Aspek suasana pembelajaran, pembelajaran terpadu cenderung mengutamakan salah satu bidang kajian dan tenggelamnya bidang kajian lain, tergantung pada latar belakang pendidikan gurunya

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Eni Sintia -
Nama : Eni Sintia
Npm : 2113053163

Izin menjawab,
Pembelajaran tematik bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pengajaran, terutama untuk menyeimbangkan kepadatan bahan ajar. Selain itu, pembelajaran tematik menawarkan kesempatan belajar terpadu yang lebih menekankan pada partisipasi siswa dalam pembelajaran. Kejujuran dalam pembelajaran ini dapat dilihat dari aspek proses atau waktu, aspek kurikulum, dan aspek belajar mengajar.

Pelaksanaan pembelajaran tematik memiliki beberapa keuntungan dan juga kelemahan yang diperolehnya. Keuntungan yang dimaksud yaitu:

1.Menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan siswa

2.Pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa.

3.Hasil belajar akan bertahan lebih lama karena lebih berkesan dan bermakna.

4.Menumbuhkan keterampilan sosial, seperti bekerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.

Pembelajaran tematik di samping memiliki beberapa keuntungan sebagaimana dipaparkan di atas, juga terdapat beberapa kekurangan yang diperolehnya. Kekurangan yang ditimbulkannya yaitu:

1.Guru dituntut memiliki keterampilan yang tinggi

2.Tidak setiap guru mampu mengintegrasikan kurikulum dengan konsep-konsep yang ada dalam mata pelajaran secara tepat.
Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by SYARIFATUL MUAFIFAH -
Nama : Syarifatul Muafifah
NPM : 2113053164

Izin menjawab
Pembelajaran tematik adalah kegiatan belajar yang paling sesuai dengan perkembangan karakteristik siswa sekolah dasar. Karena pada umunya anak pada usia sekolah dasar masih berada dalam tahap berfikir operasional konkret dan belum mampu berfikir secraa abstrak.

1. Kelebihan
a. Pengalaman dan kegiatan belajar akan selalu relevan dengan perkembangan siswa
b. Kegiatan-kegiatan yang dipilih dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
c. Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi siswa sehingga belajar akan bertahan lebih lama.
d. Pembelajaran tematik dapat menumbuhkembangkan keterampilan berfikir siswa
e. Menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan yang sering ditemui siswa dalam lingkungannya

2. Kekurangan atau kendala:
a. Kompetensi dasar yang harus dicapai siswa dalam kurikulum sekolah dasar tahun 2004 masih terpisah-pisah kedalam berbagai mata pelajaran yang ada.
b. Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik dibutuhkan sarana dan prasarana belajar yang memadai untuk mencapai kompetensi dasar secara optimal.
c. Belum semua guru sekolah dasar memahami konsep pembelajaran terpadu secara utuh. Kendala utama dalam pelaksanaannya yaitu sifat konservatif guru. Umumnya guru merasa senang dengan proses pembelajaran konvensional yang sudah biasa.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by RIVA. SYAFA21 -
Nama : Riva Syafa Azzahra
NPM : 2113053210

Izin menjawab
Sekolah dasar saat ini menerapkan pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.
Kemudian keunggulan dari pembelajaran tematik ini yaitu Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan dalam satu unit. Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran.
Kemudian kekurangan dari pembelajaran tematik yaitu Pembelajaran menjadi lebih kompleks. Pendidik dituntut mempersiapkan diri lebih supaya dapat menjalankan metode dengan baik. Persiapan yang dilakukan pendidik lebih lama. Menuntut penyediaan alat, bahan, sarana, dan prasarana dari berbagai mata pelajaran secara serentak.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by ANNISA NUR HIDAYAH -
Nama : Annisa Nur Hidayah
NPM : 2113053056

Izin menjawab
menurut saya di sekolah dasar saat ini menggunakan model pembelajaran tematik, karena pada anak di generasi sekarang cenderung memiliki karakter yang masih memandang sesuatu secara holistik (menyeluruh), anak pada dasarnya belum mampu memilah-milah konsep dari berbagai disiplin ilmu yang ada. Oleh karena itu pada saat ini banyan sekolah dasar yang menggunakan model pembelajaran tematik dengan harapan siswa dapat lebih mempusatkan perhatiannya pada suatu tema tertentu dan juga siswa dapat lebih meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna dengan aktif serta berfikir krtitis dalam proses pembelajaran.

Menurut saya tentang keunggulan dari model pembelajaran tematik ialah
1. Dapat mengurangi overlapping anatara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran pada model tematik disajikan dalam satu unit
2. Mempu menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pebelajaran dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran
3. Siswa mampu melihat hubungan yang bermakna karena isi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana atau alat, bukan tujuan akhir
4. Pembelajaran menjadi holistic dan menyeluruh akumulasi pengetahuan dan pengalaman anak tidak tersegmentasi pada disiplin ilmu atau mata pelajaran tertentu.

Sedangkan kekurangan dari model pembelajaran tematik ialah
1. Pembelajaran menjadi lebih kompleks dan menuntut guru untuk lebih mempersiapkan diri sedemikian rupa supaya dapat terlaksana pembelajaran dengan baik
2. Persiapan yang dilakukan oleh guru pun lebih lama
3. Menuntut menyediakan alat, bahan, sarana dan prasarana untuk berbagai mata pelajaran yang dipadukan secara tematik
In reply to First post

Re: forum diskusi

by darista darista -
Nama:Darista
Npm:2113053303

Izin menjawab
Keunggulan pembelajaran tematik.
1) Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan dalam satu unit.
2) Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran.
3) Menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan siswa.
4) Pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa.
5) Hasil belajar akan lebih lama karena lebih berkesan dan bermakna.
6) Menumbuhkan keterampilan social, seperti bekerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.

Kekurangan
1.Aspek Guru
: guru harus berwawasan luas% memiliki kreati&itas tinggi% keterampilan metodologis yang handal% rasa percaya diri yang tinggi% dan berani mengemas danmengembangkan materi.
2.Kelemahan pembelajaran tematik tersebut terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Ismul Nurul Khasanah -
Nama : Ismul Nurul Khasanah
NPM : 2113053204

Izin menjawab,
Alasan mengapa saat ini sekolah dasar menggunakan model pembelajaran tematik yaitu karena model pembelajaran tematik ini peserta didik akan lebih fokus dan konsentrasi sehingga pemahaman terhadap satu materi pelajaran akan lebih mendalam. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa secara aktif. Siswa tidak hanya dijadikan sebagai objek, tapi dituntut aktif untuk terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Pengertian dari pembelajaran tematik itu sendiri adalah suatu kegiatan pembelajaran dengan memadukan materi beberapa pelajaran dalam satu tema, yang menekankan keterlibatan peserta didik dalam belajar dan pemberdayaan dalam memecahkan masalah, sehingga hal ini dapat menumbuhkan kreativitas sesuai dengan potensi dan kecenderungan mereka yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Keunggulan model pembelajaran tematik adalah menyenangkan karena sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik, memberikan pengalaman dan kegiatan belajar mengajar yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik, hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna, mengembangkan keterampilan berpikir peserta didiksesuai dengan persoalan yang dihadapi, menumbuhkan keterampilan sosial melalui kerja sama, memiliki sikap toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain, serta menyajikan kegiatan yang bersifat nyata sesuai dengan persoalan yang dihadapi dalam lingkungan peserta didik.

Kekurangan dari model pembelajaran tematik adalah menuntut guru harus berwawasan luas, memilki integritas tinggi, keterampilan metodologis yang handal, rasa percaya diri yang tinggi dan berani mengemas dan mengembangkan materi, pembelajaran tematik menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relative baik, baik dalam kemampuan akademik maupun kreatifitasnya, karena model pembelajaran tematik menekankan pada kemampuan analitis, kemampuan asosiatif, kemampuan eksplorasi dan elaborative, dan pembelajaran tematik memerlukan bahan bacaan atau sumber informasi yang cukup banyak dan bervariasi, mungkin juga fasilitas internet.
Terimakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by NANDITA YOSI ERISCA -
Nama : Nandita Yosi Erisca
Npm : 2153053023
Izin menjawab
Menurut pendapat saya, pembelajaran tematik adalah salah satu jenis pembelajaran berbasis topik atau tema yang digunakan untuk menghubungkan beberapa konsep mata pelajaran, sehingga anak-anak dapat lebih mudah memahami suatu konsep karena mengajarkan beberapa mata pelajaran hanya berdasarkan satu topik atau tema. Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.
Keunggulan pembelajaran tematik :
1. Menyenangkan karena berangkat dari minat dan kebutuhan peserta didik.
2. Memberikan pengalaman dan kegiatan belajar mengajar yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
3. Hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna.
4. Mengembangkan keterampilan berpikir peserta didiksesuai dengan persoalan yang dihadapi.
5. Menumbuhkan keterampilan sosial melalui kerja sama
6. Memiliki sikap toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
7. Menyajikan kegiatan yang bersifat nyata sesuai dengan persoalan yang dihadapi dalam lingkungan peserta didik.
Selain kelebihan di atas pembelajaran tematik memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan pembelajaran tematik tersebut terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by AINUN AINUN RAZELLA DAMA PUTRI -
Nama : Ainun Razella Dama Putri
Npm : 2113053093

Izin menjawab,
Sekolah Dasar saat ini menggunakan model pembelajaran tematik karena untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran Dan memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.

Dimana Tematik sendiri memiliki Tujuan yaitu :
1.Dapat memfokuskan siswa dalam pembelajaran
2.Agar menciptakan pembelajaran yang berkesan kepada peserta didik dengan tema-tema yang menarik
3.Untuk meningkatkan keterampilan berbahasa karena di dalam tematik akan ada sesi tanya jawab
4.Pembelajaran akan lebih menyenangkan menggunakan Tema.

Dengan itu peserta didik dituntut untuk aktif dalam pembelajaran serta kreatif atau berfikir kritis di dalam suatu proses pembelajaran.

Keunggulan dari pembelajaran tematik sendiri yaitu lebih mempersingkat waktu dimana beberapa mata pelajaran dapat langsung di gabung dan disampaikan kepada peserta didik, Melaksanakan Tema-tema yang dimana berkaitan erat dengan apa yang terjadi secara langsung di lingkungan sekitar peserta didik, Hasil pembelajaran lebih bermakna pula karena pemberian akan lebih berkesan.

Adapun kekurangan yaitu suatu perencanaan pembelajaran tematik memakan waktu yang cukup lama atau menguras tenaga dan waktu, Pendidik harus memiliki kreatifitas yang Baik untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna dan efektif, Seorang Pendidikan kurang memahami penguasaan Tema untuk menjalankan pembelajaran.

Sekian Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by FITA FATIMAH -
Nama : Fita Fatimah
NPM : 2113053148
Izin menjawab

Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran ini menghubungkan berbagai mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata di sekelilingnya serta dalam rentang kemampuan dan perkembangan peserta didik.  Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu, peserta didik dapat melihat hubungan-hubungan yang bermakna karena materi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana, pembelajaran terpadu dapat meningkatkan taraf kecakapan berpikir peserta didik, memberikan penerapan-penerapan dunia nyata sehingga dapat mempertingi transfer pembelajaran, peserta didik dapat melatih peserta didik untuk semakin banyak membuat hubungan inter dan antar mata pelajaran sehingga mampu memproses informasi.

Kelebihan :
a. Mendorong guru berkreatifitas, sehingga guru dituntut untuk memiliki wawasan, pemahaman, dan kreatifitas dalam pembelajaran.
b. Memberikan guru untuk mengembangkan situasi pembelajaran yang utuh, dinamis, menyeluruh, dan bermakna sesuai kemampuan, kebutuhan, dan kesiapan siswa.
c. Mempermudah dan memotivasisiswa untuk mengenal, menerima, menyerap, dan memahami hubungan antara konsep, pengetahuan, dan nilai yang terdapat dalam setiap mata pelajaran.
d. Menghemat waktu, tenaga, biaya dan sarana, juga menyederhanakan langkah-langkah pembelajaran.

Kekurangan :
a. Menuntut peran guru yang memiliki pengetahuan dan wawasan luas, kreatifitas tinggi,keterampilan, kepercayaan diri dan etos akademik yang tinggi, dan berani untuk mengemas dan mengembangkan materi.
b. Dalam pengembangan kreatifitas akademik, menuntut kemampuan belajar siswa yang baik dalam aspek intelegensi.
c. Pembelajaran tematik memerlukan sarana dan sumberinformasi yang cukup banyak dan berguna untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan yang diperlukan.
d. Memerlukan jenis kurikulum yang terbuka untuk pengembangannya.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by ANISA 21 -
Nama : Anisa
NPM : 2113053246
Izin menjawab bu :

Menurut pendapat saya sebelum memasuki bangku sekolah, anak terbiasa memandang dan mempelajari segala peristiwa yang terjadi di sekitarnya atau yang dialaminya sebagai suatu kesatuan yang utuh (holistik). Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa secara bermakna. Dalam pembelajaran tematik ini siswa dituntut untuk lebih aktif, dan berpikir kritis serta dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran tematik menekankan keaktifan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung, serta dapat menemukan berbagai jenis pengetahuan yang dipelajarinya. Melalui pengalaman langsung, siswa akan memahami konsep-konsep yang dipelajarinya dan menghubungkannya dengan konsep-konsep lain yang telah mereka pahami.
Keunggulan:
1) Pengalaman dan kegiatan belajar anak akan relevan dengan tingkat
perkembangannya
2) Kegiatan yang dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan anak
3) Kegiatan belajar akan menjadi lebih bermakna
4) Keterampilan berfikir anak berkembang dalam
proses pembelajaran tematik
5) Kegiatan belajar mengajar bersifat pragmatis sesuai dengan
lingkungan anak, dan
6) Keterampilan social anak akan dapat lebih berkembang secara optimal.

Kekurangan:
1) Dilihat dari aspek guru, pembelajaran tematik menuntut tersedianya peran guru yang memiliki
pengetahuan dan wawasan yang luas, kreatifitas tinggi,ketrampilan metodologik yang handal,
kepercayaan diri dan etos akademik yang tinggi, dan berani untuk mengemas dan mengembangkan
materi. Tanpa adanya kemampuan diatas, pelaksanaan pembelajaran tematik sulit diwujudkan.
2) Dilihat dari aspek siswa, pembelajaran tematik termasuk memiliki peluang untuk mengembangkan
kreatifitas akademik yang menuntut kemampuan belajar siswa yang relatif “baik” baik dalam aspek
intelegensi maupun kreatifitasnya. Hal tersebut karena model pembelajaran tematik menekankan
pada pengembangan kemampuan analitik (menjiwai), kemampuan asosiatif (menghubunghubungkan) dan kamampuan eksploratif dan elaboratif (menemukan dan menggali). Bila kondisi
diatas tidak dimiliki siswa, maka maka pelaksanaan model tersebut sulit diterapkan.
3) Dilihat dari
aspek sarana dan sumber pembelajaran, pembelajaran tematik memerlukan bahan bacaan atau sumber informasi yang cukup banyak dan berguna seperti yang dapat menunjang dan memperkaya
serta mempermudah pengembangan wawasan dan pengetahuan yang diperlukan.
4) Dilihat dari sistem penilaian dan pengukurannya, pembelajaran tematik
membutuhkan system penilaian dan pengukuran (objek, indikator, dan prosedur) yang terpadu.
5) Dilihat dari suasana penekanan proses pembelajaran, pembelajaran tematik cenderung
mengakibatkan penghilangan pengutamaan salah satu atau lebih mata pelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by BERLYANA AMANDA -
Nama : Berlyana Amanda
Npm : 211305310
Izin menjawab
Karena pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajara, karena pembelajaran ini lebih berfokus pada peserta didiknya.

Adapun keunggulan dari pembelajaran tematik ini yaitu
1. mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan dalam satu unit.
2. Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran.

Kekurangan dari pembelajaran tematik :
1. Pendidik dituntut mempersiapkan diri lebih supaya dapat menjalankan metode dengan baik.
2. Persiapan yang dilakukan pendidik lebih lama.

Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by RIZKI ANA SAPUTRI -
Nama : Rizki Ana Saputri
NPM : 2113053194

Izin Menjawab
Model Pembelajaran Tematik memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami masalah yang kompleks yang ada di lingkungan sekitarnya dengan pandangan yang utuh. Dengan pembelajaran terpadu ini siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, mengumpulkan, menilai dan menggunakan informasi yang ada di sekitarnya secara bermakna. Hal itu dapat diperoleh tidak saja melalui pemberian pengetahuan baru kepada siswa melainkan juga melalui kesempatan memantapkan. Fokus perhatian pembelajaran terpadu terletak pada proses yang ditempuh siswa saat berusaha memahami isi pembelajaran sejalan dengan bentuk-bentuk keterampilan yang harus dikembangkannya.

Kelebihan dari pembelajaran tematik yaitu, Pengalaman dan proses belajar akan selalu dikaitkan dengan tingkat perkembangan siswa, kegiatan yang dipilih menyesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa, semua kegiatan belajar lebih bermakna bagi siswa sehingga hasil belajar akan diingat lebih lama, serta dapat meningkatkan ketrampilan berfikir siswa. Sedangkan salah satu kekurangan pembelajaran tematik yaitu tidak semua kompetensi dasar dapat dipadukan
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Khusnul Ramdhani Rianata -
Nama : Khusnul Ramdhani Rianata
Npm : 2153053029

Izin menjawab
Alasan mengapa di sekolah dasar menggunakan pembelajaran tematik karena bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa. Penerapan pembelajaran tematik juga memliki kelebihan dan kekurangan
Menurut Rusman (2015: 92) beberapa kelebihan pendekatan pembelajaran tematik, diantaranya:
1). Pengalaman dan kegiatan belajar peserta didik akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak.
2). Kegiatan yang dipilih dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik.
3). Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi peserta didik sehingga hasil belajar akan 
dapat bertahan lebih lama.
4). Pembelajaran terpadu menumbuhkembangkan keterampilan berpikir dan social anak.
5). Pembelajaran terpadu menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis. Dengan permasalahan yang sering ditemui dalam kehidupan/lingkungan riil peserta didik.

Sedangkan  kelemahan pembelajaran tematik, diantaranya:
1). Aspek guru, guru harus berwawasan luas, memilki integritas tinggi, keterampilan metodologis yang handal, rasa percaya diri yang tinggi dan berani mengemas dan mengembangkan materi
2). Aspek peserta didik, pembelajaran tematik menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relative baik, baik dalam kemampuan akademik maupun kreatifitasnya, karena model pembelajaran tematik menekankan pada kemampuan analitis, kemampuan asosiatif, kemampuan eksplorasi dan elaborative.
3). Aspek sarana dan sumber pembelajaran, pembelajaran tematik memerlukan bahan bacaan atau sumber informasi yang cukup banyak dan bervariasi, mungkin juga fasilitas internet
4). Aspek kurikulum, kurikulum harus luwes, berorientasi pada pencapaian ketuntasan pemahaman peserta didik, bukan pada pencapaian target penyampaian materi
5). Aspek penilaian, pembelajaran tematik membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh.
6). Aspek suasana pembelajaran, pembelajaran terpadu cenderung mengutamakan salah satu bidang kajian dan tenggelamnya bidang kajian lain, tergantung pada latar belakang pendidikan gurunya.


In reply to First post

Re: forum diskusi

by MUHAMMAD YOGYA ANDIKA -
Nama : Muhammad Yogya Andika
Npm : 2113053144

Izin menjawab

Kelebihan pembelajaran tematik :
1) Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan
dalam satu unit.
2) Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik
dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran.
3) Anak didik mampu melihat hubungan-hubungan yang bermakna sebab isi/materi pembelajaran
lebih berperan sebagai sarana atau alat, bukan tujuan akhir.
4) Pembelajaran menjadi holistik dan menyeluruh akumulasi pengetahuan dan pengalaman anak
didik tidak tersegmentasi pada disiplin ilmu atau mata pelajaran tertentu, sehingga anak didik
akan mendapat pengertian mengenai proses dan materi yang saling berkaitan antara satu sama
lain.

Kekurangan pembelajaran tematik :
1. Perencnaan pembelajaran tematik memakan waktu dan tenaga yang lebih banyak.
2. Pendidik harus memiliki keterampilan dan waktu yang cukup karena dalam perencanaan harus matang dan waktu yang cukup bagi pendidik untuk merancang dan mngembangkan pembelajaran yang sesuai dengan tema atau topik tertentu.
3. Tidak berurutan materi yang diajarkarkan.
4. Menyiapkan media perlu disesuaikan dengan pemilihan tema.

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by KHUSNUL BUKHARY FANALDY -
Nama : Khusnul bukhary fanaldy
Npm : 2113053231

Izin menjawab

Kelebihan pembelajaran tematik :
1) Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan
dalam satu unit.
2) Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik
dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran.
3) Anak didik mampu melihat hubungan-hubungan yang bermakna sebab isi/materi pembelajaran
lebih berperan sebagai sarana atau alat, bukan tujuan akhir.

Kekurangan tematik antara lain mengenai kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik diantaranya adalah dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP ) guru kurang memahami langkah- langkah pembelajaran sesuai sintak yang ada pada model pembelajaran. Guru merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Miftahul Ulum -
Nama : Miftahul Ulum
NPM : 211305317

Izin menjawab,
Alasan mengapa saat ini di sekolah dasar menggunakan pembelajaran tematik karena Dengan adanya pembelajaran berbasis tematik pemaham konsep yang bermakna lebih mudah untuk ditingkatkan. Karena pembelajaran tematik menuntut siswa untuk lebih aktif dan berpikir kritis itulah mengapa pembelajaran tematik sering dikatakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Selain itu siswa akan lebih mudah untuk memfokuskan tema tertentu serta mampu mempelajari keterkaitan antar mata pelajaran satu dengan lainnya.

Kelebihan dari Model Pembelajaran Tematik adalah dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan dalam satu unit, menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran. Namun terdapat juga kekurangan dari pembelajaran tematik yang terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran. Keunggulan lain dari pendekatan pembelajaran tematik dibandingkan dengan pembelajaran tersendiri terletak pada kegiatan yang berlangsung selama proses pembelajaran yaitu memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran yang bermakna dengan menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan, menumbuhkan keterampilan berpikir dan keterampilan sosial pada siswa. Menyajikan konsep pembelajaran yang nyata dan dekat dengan kehidupan siswa. Selain itu juga dapat membangun kerjasama yang baik antara guru dan siswa dalam merumuskan kegiatan pembelajaran, sehingga lebih bermakna dan meninggalkan kesan yang mendalam bagi siswa.

Kekurangan dari Model Pembelajaran Tematik adalah pembelajaran menjadi lebih kompleks dan menuntut guru untuk melakukan persiapan dirinya sedemikian rupa sehingga ia dapat melaksanakannya dengan baik, Persiapan yang harus dilakukan guru juga memakan waktu lebih lama. Guru harus merancang pembelajaran tematik dengan memperhatikan keterkaitannya antara berbagai materi pelajaran yang tersebar di beberapa mata pelajaran, Menuntut penyediaan alat, bahan, sarana dan prasarana untuk berbagai mata pelajaran digabungkan secara bersamaan. Pembelajaran tematik berlangsung dalam satu atau beberapa sesi. Di setiap sesi dibahas beberapa poin dari beberapa mata pelajaran, sehingga alat, bahan, sarana dan prasarana harus tersedia sesuai dengan pokok mata pelajaran yang disajikan. Kekurangan lain dari pembelajaran model tematik antara lain mengenai kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik diantaranya adalah dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP ) guru kurang memahami langkah- langkah pembelajaran sesuai sintak yang ada pada model pembelajaran. Guru merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.

Terimakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Riza Nafisah Salsabila Wijaya -
Nama : Tiza Nafisah Salsbila Wijaya
Npm : 2113053048

Izin menjawab
Penggunaan model pembelajaran tematik di sekolah dasar memiliki beberapa alasan. Salah satu alasannya adalah agar siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih holistik dan terpadu tentang topik atau tema yang dipelajari. Selain itu, model ini juga dapat membantu siswa untuk lebih terlibat dan termotivasi dalam proses belajar.

Keunggulan model pembelajaran tematik di antaranya adalah:

Integrasi antar mata pelajaran: Dalam model ini, beberapa mata pelajaran diajarkan dalam konteks satu topik atau tema tertentu, sehingga siswa dapat melihat keterkaitan antar mata pelajaran dan memperoleh pemahaman yang lebih terintegrasi.
Pembelajaran yang lebih bermakna: Topik atau tema yang diangkat dalam model pembelajaran tematik biasanya relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga siswa dapat memahami keterkaitan antara topik atau tema dengan kehidupan nyata mereka.
Peningkatan keterlibatan siswa: Siswa lebih terlibat dalam proses belajar karena topik atau tema yang dipelajari lebih menarik dan bermakna bagi mereka.
Namun, model pembelajaran tematik juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

Kemungkinan kurangnya kedalaman pemahaman: Dalam model pembelajaran tematik, ada kemungkinan bahwa siswa hanya memperoleh pemahaman yang cukup dangkal tentang setiap mata pelajaran karena pembelajaran lebih difokuskan pada topik atau tema tertentu.
Keterbatasan cakupan materi: Ada kemungkinan bahwa beberapa materi yang seharusnya dipelajari dalam satu mata pelajaran tertentu tidak tercakup dalam topik atau tema yang diangkat dalam model pembelajaran tematik.
Kesulitan dalam penilaian: Evaluasi atau penilaian siswa dapat menjadi lebih sulit dalam model pembelajaran tematik karena siswa harus diuji dalam berbagai mata pelajaran sekaligus dan dengan berbagai jenis penilaian yang berbeda.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Yola Fatika Zikas -
Nama: Yola Fatika Zikas
NPM: 2113053271

Alasan mengapa sekolah dasar menggunakan pembelajaran tematik karena pada pembelajaran tematik peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa. Selain itu juga dengan Pembelajaran tematik Memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh sehingga penguasaan konsep akan semakin baik dan meningkat.

Kelebihan Pembelajaran Tematik
- Menyenangkan karena berangkat dari minat dan kebutuhan peserta didik.
- Memberikan pengalaman dan kegiatan belajar mengajar yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
- Hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna.
- Mengembangkan keterampilan berpikir peserta didiksesuai dengan persoalan yang dihadapi.
- Menumbuhkan keterampilan sosial melalui kerja sama
- Memiliki sikap toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
- Menyajikan kegiatan yang bersifat nyata sesuai dengan persoalan yang dihadapi dalam lingkungan peserta didik.

Kelemahan pembelajaran tematik tersebut terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran. Di samping itu, jika skenario pembelajaran tidak menggunakan metode yang inovatif maka pencapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tidak akan tercapai karena akan menjadi sebuah narasi yang kering tanpa makna.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Himawan Dwi Caksono Algibran ALGIBRAN -
Nama : Himawan Dwi Caksono Algibran
Npm : 2113053304

Kelebihan pembelajaran tematik :
1) Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan
dalam satu unit.
2) Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik
dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran.
3) Anak didik mampu melihat hubungan-hubungan yang bermakna sebab isi/materi pembelajaran
lebih berperan sebagai sarana atau alat, bukan tujuan akhir.

Kekurangan tematik antara lain mengenai kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik diantaranya adalah dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP ) guru kurang memahami langkah- langkah pembelajaran sesuai sintak yang ada pada model pembelajaran. Guru merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.