forum diskusi

forum diskusi

forum diskusi

Number of replies: 30

silahkan kalian tuliskan apa sajakaah media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi, tuliskan alasan mu mengapa memilih media tsb....

In reply to First post

Re: forum diskusi

Siti Nadya Nur Amaliya གིས-
Nama : Siti Nadya Nur Amaliya
NPM : 2113053118
Izin menjawab pertanyaan yang telah diberikan
Media pembelajaran merupakan alat yang bisa membantu proses belajar mengajar agar lebih jelas dan tercapai tujuan yang efektif dan efisien. Media pembelajaran juga mempunyai manfaat tersendiri bagi guru maupun peserta didik. Bagi guru bisa
dijadikan sebagai pedoman dalam mewujudkan tujuan pembelajaran, sedangkan bagi peserta didik bisa meningkatkan semangat belajar karena menggunakan media-media yang menarik. Dengan menggunakan media belajar juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Media belajar ini menjadi unsur yang penting dalam berlangsungnya pembelajaran, karena media belajar menjadi salah satu sumber yang dapat membantu pendidik/guru dalam mengajar. Media pembelajaran juga mempunyai banyak jenisnya, seperti pemakaian YouTube, PowerPoint, Canva, Poster, Video Pembelajaran dan masih banyak lainnya. Berikut media-media pembelajara yang cocok untuk anak SD kelas tinggi
1. Portofolio
Pembelajaran yang dapat mendorong keaktifan siswa dalam pembelajaran salah satunya adalah Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. Model Pembelajaran Berbasis Portofolio merupakan inovasi dalam pembelajaran PKn sebagai wujud nyata dari pembelajaran kontekstual yang mengandalkan keaktifan siswa untuk terjun ke lapangan serta menghubungkan antara tekstual dengan kontekstual di bawah bimbingan guru guna memperoleh pengalaman langsung
2. Video

Video menjadi media pembelajaran yang cocok untuk anak SD, terutama di masa pandemi. Guru bisa dengan mudah membagikan media belajar ini kepada anak didik secara daring. Video pembelajaran ini bisa dengan mudah didapatkan melalui berbagai sumber di internet maupun dengan membuatnya sendiri.

3. Gambar

Gambar merupakan contoh media pembelajaran yang cocok untuk anak SD tingkat rendah maupun tinggi. Media ini akan membuat anak lebih kreatif dan imajinatif. Anak dapat mendapatkan visual dari materi secara jelas sehingga akan lebih mudah untuk dipahami. Media visual seperti gambar membantu anak-anak untuk menghasilkan sesuatu. Hal itu karena gambar akan disimpan oleh otak kanan sedangkan teks akan disimpan menggunakan otak kiri yang sifatnya sementara. Contoh media gambar yang bisa digunakan untuk pembelajaran adalah foto, sketsa, poster, dan lukisan.

4. Peta dan Globe

Media pembelajaran untuk siswa SD selanjutnya adalah peta dan globe. Peta akan membantu siswa untuk lebih mengenal geografis bumi dan letak suatu daerah. Globe mungkin akan lebih menarik untuk siswa SD karena bentuknya yang 3 dimensi dan dapat diputar. Siswa dapat mulai mengenal benua, samudera, dan negara-negara di dunia sehingga siswa tahu bahwa bumi itu luas dan menarik untuk dipelajari. Mengapa poros globe itu miring tidak tegak lurus? Rasa ingin tahu siswa pun akan semakin terasa dan meningkat.

5. Grafik

Siswa SD akan kurang suka jika dihadapkan dengan barisan data atau angka yang berderet. Penyajian data menggunakan grafik akan lebih menarik bagi anak SD. Grafik dapat disajikan dalam berbagai bentuk yaitu grafik garis, batang, dan lingkaran.

6. Relia

Relia adalah media pembelajaran untuk siswa SD dengan memanfaatkan benda-benda nyata. Siswa dapat diajak untuk mengamati benda-benda yang ada disekitarnya. Contohnya adalah mengamati tumbuhan dan hewan sambil mempelajari bagian-bagian tubuh dan fungsinya.

7. Herbarium

Herbarium merupakan media pembelajaran yang berasal dari bagian tumbuhan yang dikeringkan. Misalnya bagian daun. Daun tumbuhan yang telah dikeringkan lalu ditempel pada suatu kertas. Siswa lalu diminta untuk menuliskan keterangan-keterangan mengenai daun tersebut. Misal jenis tanamannya, bentuk tulang daun, dan lain-lain.

8. Bagan

Bagan menggambarkan hubungan antar informasi-informasi yang dikemas secara ringkas dan terstruktur. Media pembelajaran ini biasa digunakan untuk merangkum isi materi pembelajaran dalam satu bab. Bagan akan membantu siswa untuk berpikir secara terstruktur dan memahami hubungan antar komponen.

Sekian jawaban dari saya

terimakasih


In reply to First post

Re: forum diskusi

Ida Wahyuni གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ida Wahyuni
Npm : 2113053193

Izin memberikan jawaban bu,

Media pembelajaran didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif di mana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif. (Munadi, 2013, hal. 6-8). Selain sebagai perantara dalam interaksi proses pembelajaran, media pembelajaran memiliki peran sebagai alat bantu yang efektif. Menurut saya, media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi yaitu :

1. Media Audio
Media audio adalah media yang hanya melibatkan indera pendengaran dan hanya
mampu memanipulasi kemampuan suara semata. Dilihat dari sifat pesan yang diterimanya media audio ini menerima pesan verbal dan non verbal. Pesan verbal audio yakni bahasa lisan atau kata-kata, dan pesan nonverbal audio adalah seperti bunyi-bunyian dan vokalisasi, seperti gerutuan, gumam, musik, dan lain-lain. Jenis-jenis media yang termasuk media ini adalah program radio dan program media rekam (software), yang disalurkan melalui hardware seperti radio dan alat-alat perekam seperti phonograph record (disc recording), audio tape (tape recorder) yang menggunakan pita magnetik (cassette), dan compact disk. Program radio sangat sesuai untuk sasaran dalam jangkauan yang luas; dan dalam dunia pendidikan ia telah digunakan untuk Pendidikan Jarak Jauh. Sedangkan program media rekam sangat mungkin untuk sasaran dalam jangkauan terbatas, seperti dalam proses pembelajaran di kelas kecil maupun di kelas besar (ruang auditorium).

2. Media visual
Karena, media visual adalah media yang hanya melibatkan indera penglihatan. Termasuk dalam jenis media ini adalah media cetak-verbal, media cetak-grafis, dan media visual non-cetak. Pertama, media visual-verbal,adalah media visual yang memuat pesan-pesan verbal (pesan linguistik berbentuk tulisan). Kedua, media visual-nonverbal-grafis adalah media visual yang memuat pesan non verbal yakni berupa simbol-simbol visual atau unsur-unsur grafis, seperti gambar (sketsa, lukisan, dan photo), grafik, diagram, bagan, dan peta. Ketiga, media visual nonverbal-tiga dimensi adalah media visual yang memiliki tiga dimensi, berupa model, seperti miniatur, mock up, specimen, dan diorama. Jenis media visual yang pertama dan kedua bisa dibuat dalam bentuk media cetak seperti buku, majalah, koran, modul, komik, poster dan atlas; bisa juga dibuat di atas papan visual seperti papan tulis dan papan pamer (display board); dan bisa dibuat dalam bentuk tayangan, yakni melalui projectable aids atau alat-alat yang mampu memproyeksikan pesan-pesan visual, seperti opaque projector, OHP (overhead projector), digital projector (biasa disebut sebagai LCD atau Infocus).

3. Media Audio Visual
Karena, media ini melibatkan indera pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses. Sifat pesan yang dapat disalurkan melalui media dapat berupa pesan verbal dan non verbal yang terlihat layaknya media visual juga pesan verbal dan non verbal yang terdengar layaknya media audio di atas. Pesan visual yang terdengar dan terlihat itu dapat disajikan melalui program audio visual seperti film dokumenter, film docudokumenter, film drama, dan lain-lain. Semua program tersebut dapat disalurkan melalui peralatan seperti film, video, dan juga televisi dan dapat disambungkan pada alat proyeksi (projectable aids).

4. Multimedia
Karena, media ini melibatkan berbagai indera dalam sebuah proses pembelajaran. Termasuk dalam media ini adalah segala sesuatu yang memberikan pengalaman secara langsung bisa melalui komputer dan internet, bisa juga melalui pengalaman berbuat dan pengalaman terlibat. Yang termasuk dalam pengalaman berbuat adalah lingkungan nyata dan karyawisata serta terlibat dalam permainan dan simulasi, bermain peran dan forum teater. (Munadi, 2013, hal. 55-57).

Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

Andini Putri Oktaviana གིས-
Nama : Andini Putri Oktaviana
NPM : 2113053016

Izin menjawab pertanyaan tersebut.
Media pada kelas tinggi menggunakan media yang sudah agak rumit, seperti grafik, proyektor, video, peta atau globe, relia dan poster, serta herbarium. Hal ini karena siswa kelas tinggi sudah memiliki kemampuan yang cukup baik dalam memahami pelajaran. Dengan media-media tersebut yang beragam membuat siswa lebih semangat dan antusias untuk belajar.
1. Media Grafik
Grafik sebagai media pembelajaran, terutama saat pelajaran matematika. Fungsi grafik sendiri sebagai penggambaran data kuantitatif untuk menerangkan sesuatu. Beberapa macam grafik yang dikenal, antara lain grafik batang, grafik garis, grafik lingkaran, hingga grafik gambar.

2. Media Proyektor
Penggunaan media pembelajaran seperti LCD Proyektor ketika melaksanakan pembelajaran di kelas bisa menjadi alternatif solusi bagi guru dalam pemanfaatan IPTEK. Media ini menjadikan proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien, tujuan pembelajaran akan lebih mudah tercapai, peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan, situasi kelas menjadi kondusif karena perhatian peserta didik tertuju pada materi pelajaran yang ditampilkan pada layar proyektor, serta antusias belajar menjadi lebih tinggi dibandingkan metode ceramah.

3. Media Video
Video merupakan media pembelajaran untuk siswa SD yang terdiri dari tampilan visual dan audio. Artinya, media ini melibatkan indera penglihatan dan pendengaran siswa. Hal ini akan meningkatkan konsentrasi dan mempermudah siswa dalam memahami pembelajaran.

4. Media Peta atau Globe
Peta akan membantu siswa untuk lebih mengenal geografis bumi dan letak suatu daerah. Globe mungkin akan lebih menarik untuk siswa SD karena bentuknya yang 3 dimensi dan dapat diputar. Siswa dapat mulai mengenal benua, samudera, dan negara-negara di dunia sehingga siswa tahu bahwa bumi itu luas dan menarik untuk dipelajari.

5. Media relia dan poster
Media pembelajaran yang termasuk relia adalah benda nyata. Media tersebut tidak harus dihadirkan di ruang kelas, namun bisa langsung mengajak siswa untuk mengamatinya. Melakukan praktikum di laboratorium juga termasuk dalam media pembelajaran relia ini.
Untuk subjek tertentu, juga bisa menggunakan poster. Tampilkan poster yang menarik, dinamis, namun tetap berkualitas. Sebaiknya tingkat kerumitan poster juga disesuaian dengan kelas siswa. Poster yang ditampilkan untuk siswa kelas 6 SD tentunya memiliki kerumitan berbeda dibandingkan dengan poster untuk siswa kelas di bawahnya.

6. Media herbarium
Satu lagi media pembelajaran untuk siswa SD, yakni herbarium merupakan contoh tumbuhan yang telah dikeringkan dan direkatkan pada kertas, lengkap dengan keterangan tertentu. Dalam pelajaran Biologi, khususnya, media pembelajaran satu ini tentu bisa membantu siswa dalam memahami yang tengah ia pelajari.

Sekian. Terimakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

DAFFA SYIFAA NABIILAH གིས-
Nama : Daffa Syifaa Nabiilah
NPM : 2153053016

Izin menjawab pertanyaan yang telah diberikan bu,

Media Pembelajaran adalah segala bentuk bahan atau alat yang digunakan untuk memfasilitasi atau memperkaya proses pembelajaran. Media pembelajaran dapat berupa alat tulis, buku-buku, slide presentasi, video, audio, gambar, model, dan sebagainya. Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi pembelajaran dengan lebih baik. Selain itu, media pembelajaran juga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan menyenangkan. Dalam konteks pembelajaran online, media pembelajaran juga dapat berupa platform atau aplikasi pembelajaran digital yang dapat diakses melalui internet.

Berikut ini beberapa contoh media pembelajaran yang tepat bagi anak SD kelas tinggi beserta alasan mengapa media tersebut dipilih:
1) Video pembelajaran
Video pembelajaran sangat efektif dalam memberikan visualisasi materi pembelajaran yang sulit dipahami oleh siswa hanya dengan membaca teks atau mendengar penjelasan dari guru. Video pembelajaran dapat menampilkan gambar, animasi, dan suara yang menarik perhatian siswa sehingga dapat membantu meningkatkan daya tangkap siswa. Selain itu, video pembelajaran juga dapat diulang-ulang sesuai dengan kebutuhan siswa.

2) Permainan interaktif
Permainan interaktif adalah media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar. Dalam permainan interaktif, siswa diajak untuk memecahkan masalah, mengembangkan kemampuan analitis, dan berpikir kreatif. Selain itu, permainan interaktif juga dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial siswa karena memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan teman-temannya.

3) Buku digital
Buku digital merupakan alternatif modern dari buku cetak yang lebih ramah lingkungan dan lebih mudah diakses oleh siswa. Buku digital dapat berisi teks, gambar, dan video yang dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran secara lebih baik. Selain itu, buku digital juga dapat diakses dari berbagai perangkat seperti komputer, laptop, atau smartphone, sehingga siswa dapat belajar kapan saja dan di mana saja.

4) Papan tulis interaktif
Papan tulis interaktif memungkinkan guru untuk menyajikan materi pembelajaran secara interaktif dan memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Dalam papan tulis interaktif, guru dapat menulis, menggambar, dan menampilkan gambar dan video secara langsung sehingga siswa dapat memahami materi pembelajaran secara lebih baik. Selain itu, papan tulis interaktif juga memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan materi pembelajaran secara langsung.

Pilihan media pembelajaran yang tepat haruslah disesuaikan dengan karakteristik siswa, materi pembelajaran yang akan disampaikan, dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Semua media pembelajaran tersebut dapat dipilih sebagai alternatif atau bahkan digabungkan satu sama lain untuk memperkaya pengalaman belajar siswa.

Sekian, Terima Kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

HANA JANATAN SALSABIELA གིས-
Nama: Hana Janatan Salsabiela
NPM: 2113053120

Izin memberikan pendapat bu.

Berikut adalah beberapa contoh media yang dapat digunakan sebagai pendukung pembelajaran kelas tinggi:

1. Buku teks: Buku teks masih menjadi media yang penting dalam pembelajaran di kelas 4 - 6 SD. Buku teks dapat memberikan pemahaman yang sistematis mengenai berbagai mata pelajaran seperti Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan lain sebagainya.
2. Buku cerita anak: Buku cerita anak dapat membantu meningkatkan minat baca siswa dan juga dapat memberikan pelajaran moral yang bermanfaat. Buku cerita anak dapat menjadi media yang menarik dan menyenangkan bagi siswa untuk belajar Bahasa Indonesia dan juga mengembangkan imajinasi dan kreativitas mereka.
3. Media audio visual: Media audio visual seperti video atau presentasi powerpoint dapat membantu memvisualisasikan materi pelajaran dan membuatnya lebih mudah dipahami oleh siswa. Misalnya, dalam pelajaran IPA, dapat menggunakan video yang menunjukkan proses fotosintesis atau presentasi yang menunjukkan struktur atom.
4. Permainan edukatif: Permainan edukatif seperti permainan papan atau permainan interaktif di komputer atau tablet dapat membantu siswa memahami materi pelajaran dengan cara yang menyenangkan. Misalnya, permainan matematika yang mengajarkan operasi hitung atau permainan bahasa Inggris yang mengajarkan kosakata baru.

Pemilihan media yang tepat bagi kelas tinggi harus memperhatikan kebutuhan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Namun, buku teks, buku cerita anak, media audio visual, dan permainan edukatif dapat menjadi pilihan yang tepat karena dapat membantu siswa memahami materi pelajaran dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

Sekian dari saya, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

ADILLA DWI PUTRI LESTARI གིས-
Nama : Adilla Dwi Putri Lestari
NPM : 2113053255

Izin menjawab pertanyaan diatas bu

Media yang tepat untuk anak SD kelas tinggi haruslah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan mereka dalam memahami informasi. Berikut beberapa media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi:

1. Buku
Buku dapat memberikan informasi yang lengkap dan mendalam mengenai suatu topik. Selain itu, membaca buku juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan membantu meningkatkan daya imajinasi anak.

2. Video Pembelajaran
Video pembelajaran seperti khan academy atau TED-Ed memberikan penjelasan yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak. Video juga dapat memperjelas konsep-konsep yang sulit dimengerti melalui kata-kata atau gambar.

3. Game Edukatif
Game eduaktif yang interaktif dan menyenangkan dapat meningkatkan minat anak dalam belajar. Selain itu, game juga dapat melatih keterampilan seperti pemecahan masalah dan kreativitas.

4. Audio Podcast
Audio podcast yang disesuaikan dengan usia dan minat anak dapat memberikan informasi yang menarik dan mendalam, serta membantu meningkatkan kemampuan pendengaran dan pemahaman bahasa.

Alasan memilih media tersebut adalah karena media tersebut dapat memberikan informasi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak. Selain itu, media tersebut juga dapat melatih keterampilan dan membantu meningkatkan minat anak dalam belajar. Namun, sebaiknya orangtua tetap mengawasi penggunaan media tersebut agar tidak berlebihan dan tetap menjaga keseimbangan antara belajar dan bermain

Sekian, terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

ADELLA SHALSABILA གིས-
Nama : Adella Shalsabila
NPM : 2113053259

Izin menjawab bu
Media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi yaitu, bagan, grafik, herbarium serta peta dan globe.
1. Bagan
Bagan menggambarkan hubungan antar informasi-informasi yang dikemas secara ringkas dan terstruktur. Media pembelajaran ini biasa digunakan untuk merangkum isi materi pembelajaran dalam satu bab. Bagan akan membantu siswa untuk berpikir secara terstruktur dan memahami hubungan antar komponen.
2. Grafik
Siswa SD akan kurang suka jika dihadapkan dengan barisan data atau angka yang berderet. Penyajian data menggunakan grafik akan lebih menarik bagi anak SD. Grafik dapat disajikan dalam berbagai bentuk yaitu grafik garis, batang, dan lingkaran.
3. Herbarium
Pembuatan herbarium berguna untuk membantu siswa belajar tentang organ tumbuhan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesadaran siswa akan keanekaragaman hayati di sekitar mereka.
4. Peta dan globe
Media ini digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar agar materi yang disampaikan lebih efektif dan konsep abstrak dapat tervisualisasikan serta siswa cepat memahami materi yang disampaikan oleh guru.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Syifa Azzahra Riyadi གིས-
Nama : Syifa Azzahra Riyadi
Npm : 2113053003
Media pembelajaran yang cocok untuk SD di kelas tinggi :
1. Peta dan Globe
Media pembelajaran untuk peserta didik SD selanjutnya adalah peta dan globe. Peta akan membantu peserta didik untuk lebih mengenal geografis bumi dan letak suatu daerah. Globe mungkin akan lebih menarik untuk peserta didik SD karena bentuknya yang 3 dimensi dan dapat diputar. Peserta didik dapat mulai mengenal benua, samudera, dan negara-negara di dunia sehingga peserta didik tahu bahwa bumi itu luas dan menarik untuk dipelajari. Mengapa poros globe itu miring tidak tegak lurus? Rasa ingin tahu peserta didik pun akan semakin terasa dan meningkat.
2. Grafik
Peserta didik SD akan kurang suka jika dihadapkan dengan barisan data atau angka yang berderet. Penyajian data menggunakan grafik akan lebih menarik bagi anak SD. Grafik dapat disajikan dalam berbagai bentuk yaitu grafik garis, batang, dan lingkaran.
3. Herbarium
Herbarium merupakan media pembelajaran yang berasal dari bagian tumbuhan yang dikeringkan. Misalnya bagian daun. Daun tumbuhan yang telah dikeringkan lalu ditempel pada suatu kertas. Peserta didik lalu diminta untuk menuliskan keterangan-keterangan mengenai daun tersebut. Misal jenis tanamannya, bentuk tulang daun, dan lain-lain.
4. Bagan
Bagan menggambarkan hubungan antar informasi-informasi yang dikemas secara ringkas dan terstruktur. Media pembelajaran ini biasa digunakan untuk merangkum isi materi pembelajaran dalam satu bab. Bagan akan membantu peserta didik untuk berpikir secara terstruktur dan memahami hubungan antar komponen.

Sekian Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

MASITA PUTRI KIRANA གིས-
Nama : Masita Putri Kirana
NPM : 2113053182

Media pembelajaran yang cocok untuk kelas tinggi
1. Media peta atau globe Media peta atau globe merupakan media pembelajaran yang digunakan peserta didik untuk melihat permukaan bumi. Media ini cocok diterapkan untuk anak kelas tinggi. Kelebihan : Kelebihan media globe dan peta adalah dapat memudahkan peserta didik memahami dan mengetahui seluruh permukaan bumi dan bagian-bagiannya.
2. Media grafik, Media grafik merupakan media pembelajaran yang digunakan sebagai penggambaran data kuantitatif dalam matematika untuk menerangkan sesuatu permasalahan. Grafik ada beberapa macam, yaitu grafik batang, grafik garis, grafik lingkaran, dan grafik gambar. Kekurangan : Kekurangan media grafik adalah tidak dapat menampilkan audio dan motion, tidak dapat menjangkau kelompok besar, dan hanya menekankan indra penglihatan saja. Kelebihan : Kelebihan media grafik adalah dapat memudahkan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan matematikan yang sedang dihadapi, dilengkapi dengan warna-warna yang dapat menarik minat belajar peserta didik.
3. Media Manipulatif, media pembelajaran ini menuntut kreativitas guru untuk memanipulasi benda-benda di sekitar menjadi media pembelajaran. Misalnya dengan memanfaatkan kelereng untuk media belajar berhitung, memanfaatkan balon dan botol kaca untuk mengajar sains, serta masih banyak lagi. Kelebihannya adalah media manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa, membantu tercapainya ketuntasan kelas dalam belajar, membantu pemahaman siswa, dan membangkitkan minat belajar. Sedangkan kekurangannya adalah penggunaan waktu kurang efesien dan suasana ruang sulit dikontrol.

Terimakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Niki Sasi Kirani གིས-
Nama: Niki Sasi Kirani
NPM: 2113053027

Media yang tepat untuk anak SD kelas tinggi adalah:
1. Media Peta/Globe: karena dikelas tinggi peserta didik mudah untuk memahami peta yang akan membantu siswa untuk lebih mengenal geografis bumi dan letak suatu daerah
3. Media Audio: membuat peserta didik memahami penjelasan dari pendidik
4. Media Grafik: penyajian data menggunakan grafik akan lebih menarik bagi anak SD kelas tinggi
5. Media Visual: membuat peserta didik mengerti gambaran penjelassn yang diberikan pendidik
6. Media Bagan: peserta didik kelas tinggi akan mengerti untuk berpikir secara terstruktur dan memahami hubungan antar komponen.
7. Media Relia: karena peserta didik kelas tinggi sudah mampu memahami tumbuhan dan hewan sambil mempelajari bagian-bagian tubuh dan fungsinya.
8. Koran, majalah, brosur: peserta didik kelas tinggi sudah memiliki bahasa yang luas dan tentu sudah mengerti penggunaan media pembelajaran diatas. Peserta didik pun mampu berfikir kritis dan menemukan jawaban dari permasalahannya sendiri.

Sekian, terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

NUR ANISA གིས-
Nama : Nur Anisa
NPM   : 2153053018

Izin menjawab pertanyaan BU,,
Media pembelajaran adalah alat atau sarana yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran dan memfasilitasi peserta didik dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Media pembelajaran dapat berupa benda, bahan cetak, audio, visual, maupun teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Beberapa contoh media yang digunakan dalam pembelajaran untuk peserta didik SD kelas tinggi:
1. Buku teks dan buku gambar
Buku-buku ini dapat menjadi sumber informasi yang baik untuk belajar tentang topik-topik pembelajaran. Gambar dan ilustrasi juga dapat membantu peserta didik memahami konsep yang lebih mudah.

2. Video dan audio
Materi-materi dalam bentuk video atau audio dapat membantu peserta didik memvisualisasikan konsep-konsep yang sulit atau membantu mereka memahami materi dengan cara yang berbeda.

3. Permainan interaktif

Permainan seperti permainan papan atau permainan kartu dapat membantu peserta didik belajar tentang konsep-konsep pembelajaran secara interaktif dan menyenangkan.

4. Presentasi multimedia
Presentasi multimedia seperti PowerPoint atau Prezi dapat membantu peserta didik memahami materi dengan cara yang lebih menarik dan mudah diingat.

5. Diskusi kelompok
Diskusi kelompok dapat membantu peserta didik belajar dari perspektif dan pengalaman satu sama lain, dan dapat membantu memperkuat pemahaman mereka tentang konsep-konsep pembelajaran.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Valentina Setiyawati 2113053024 གིས-
Nama : Valentina Setiyawati
NPM : 2113053024

Media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi adalah sebagai berikut:

1. Buku-buku cerita anak: Buku-buku cerita anak mengandung banyak nilai-nilai positif dan moral yang dapat membantu anak-anak belajar tentang kebaikan, toleransi, dan empati. Selain itu, membaca buku-buku cerita anak juga dapat meningkatkan keterampilan membaca dan pemahaman, memperluas kosakata, dan meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak.
2. Film pendidikan: Film pendidikan dapat membantu anak-anak memahami konsep-konsep yang sulit dengan cara yang mudah dipahami dan menarik. Film pendidikan juga dapat membantu anak-anak memperluas pengetahuan mereka tentang dunia di sekitar mereka.
3. Game edukatif: Game edukatif dapat membantu anak-anak belajar dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Game edukatif juga dapat membantu anak-anak memperbaiki keterampilan matematika, bahasa, dan lainnya.
4. Majalah anak-anak: Majalah anak-anak mengandung banyak artikel, cerita, dan ilustrasi yang menarik dan bermanfaat. Majalah anak-anak juga dapat membantu anak-anak memperluas pengetahuan mereka tentang dunia di sekitar mereka.
5. Acara televisi pendidikan: Acara televisi pendidikan seperti dokumenter atau program edukasi dapat membantu anak-anak memperluas pengetahuan mereka tentang dunia di sekitar mereka. Acara televisi pendidikan juga dapat membantu anak-anak memahami konsep-konsep yang sulit dengan cara yang mudah dipahami dan menarik.
6. Kegiatan olahraga dan seni: Kegiatan olahraga dan seni dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik mereka dan meningkatkan kreativitas mereka. Kegiatan ini juga dapat membantu anak-anak belajar tentang kerja sama, disiplin, dan rasa percaya diri.

Oleh karena itu, media-media tersebut dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anak SD kelas tinggi, tergantung pada minat dan kebutuhan anak-anak tersebut. Sebagai orang tua atau pendidik, penting untuk memilih media yang sesuai dengan usia dan tingkat perkembangan anak-anak, serta memantau dan membatasi waktu penggunaan media.
In reply to First post

Re: forum diskusi

SEPTIANA 21 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh,
Izin menjawab pertanyaan di atas Bu,
Nama : Septiana
NPM : 2113053139

Media pembelajaran untuk SD kelas tinggi

1. Media Video
Video merupakan media pembelajaran untuk siswa SD yang terdiri dari tampilan visual dan audio. Artinya, media ini melibatkan indera penglihatan dan pendengaran siswa. Hal ini akan meningkatkan konsentrasi dan mempermudah siswa dalam memahami pembelajaran. Terlebih jika video dikemas dengan animasi yang menarik.

2. Gambar
Gambar merupakan contoh media pembelajaran yang cocok untuk anak SD tingkat rendah maupun tinggi. Media ini akan membuat anak lebih kreatif dan imajinatif. Anak dapat mendapatkan visual dari materi secara jelas sehingga akan lebih mudah untuk dipahami.
Media visual seperti gambar membantu anak-anak untuk menghasilkan sesuatu. Hal itu karena gambar akan disimpan oleh otak kanan sedangkan teks akan disimpan menggunakan otak kiri yang sifatnya sementara. Contoh media gambar yang bisa digunakan untuk pembelajaran adalah foto, sketsa, poster, dan lukisan.

3. Peta dan Globe
Media pembelajaran untuk siswa SD selanjutnya adalah peta dan globe. Peta akan membantu siswa untuk lebih mengenal geografis bumi dan letak suatu daerah. Globe mungkin akan lebih menarik untuk siswa SD karena bentuknya yang 3 dimensi dan dapat diputar.
Siswa dapat mulai mengenal benua, samudera, dan negara-negara di dunia sehingga siswa tahu bahwa bumi itu luas dan menarik untuk dipelajari.

4. Bagan
Bagan menggambarkan hubungan antar informasi-informasi yang dikemas secara ringkas dan terstruktur. Media pembelajaran ini biasa digunakan untuk merangkum isi materi pembelajaran dalam satu bab. Bagan akan membantu siswa untuk berpikir secara terstruktur dan memahami hubungan antar komponen.

5. Herbarium
Herbarium merupakan media pembelajaran yang berasal dari bagian tumbuhan yang dikeringkan. Misalnya bagian daun. Daun tumbuhan yang telah dikeringkan lalu ditempel pada suatu kertas. Siswa lalu diminta untuk menuliskan keterangan-keterangan mengenai daun tersebut. Misal jenis tanamannya, bentuk tulang daun, dan lain-lain.

Terimakasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

Zahra Dika Ramadhona གིས-
Izin menjawab Bu
Nama; Zahra Dika Ramadhona
Npm: 2113953156

Media pembelajaran yang cocok untuk anak SD tingkat tinggi adalah
1. media audio-visual. Karena Media audio visual merupakan media pembelajaran yang efektif untuk menunjang keberhasilan saat proses belajar mengajar. Pasalnya media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Sehingga hal bisa menjadi metode pembelajaran yang menarik untuk para peserta didik tingkat rendah bahkan sampai tingkat tinggi.

Adapun media audio visual dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audio visual diam dan gerak. Salah satu contoh dari media audio visual diam ialah TV diam, buku bersuara, dan halaman bersuara. Sementara untuk contoh media audio visual gerak ialah film TV, gambar bersuara, dan lain sebagainya.

2. media pembelajaran sikap/gerak seperti bermain peran. bermain peran juga cocok untuk media pembelajaran tingkat tinggi karna mampu mengasah kemampuan berbicara anak, percaya diri anak, serta dapat membuat anak berfikir kritis dalam mengekpresikan diri.

3. Media pembelajaran peristiwa, peristiwa nyata dalam kehidupan anak - anak dapat dijadikan media pembelajaran yang baik untuk mengembangkan moral dan dijadikan pengalaman serta pandangan untuk menjadi yang lebih baik lagi.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Andriyani Merkuri གིས-
NAMA: ANDRIYANI MERKURI
NPM: 2113053247
Izin menjawab Bu.
Media pembelajaran yang tepat digunakan untuk SD kelas tinggi yaitu media display. karena muddah digunakan secara bersamaan dengan alat perekam audio, sehingga dapat diputar kembali jika peserta didik belum paham atau menangkap mengenai apa yang ingin disampaikan.
Selain itu, Media pembelajaran yang cocok untuk anak SD tingkat tinggi adalah media audio-visual. Media audio visual merupakan media pembelajaran yang efektif untuk menunjang keberhasilan saat proses belajar mengajar. Pasalnya media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Sehingga hal bisa menjadi metode pembelajaran yang menarik untuk para peserta didik tingkat rendah bahkan sampai tingkat tinggi.
Adapun media audio visual dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audio visual diam dan gerak. Salah satu contoh dari media audio visual diam ialah TV diam, buku bersuara, dan halaman bersuara. Sementara untuk contoh media audio visual gerak ialah film TV, gambar bersuara, dan lain sebagainya.
sekian terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Sekar Tyas Ayu Ningrum གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
sebelumnya izin memperkenalkan diri,

Nama : Sekar Tyas Ayu Ningrum
NPM : 2113053011
Izin menjawab dari pertanyaan tersebut, bu
media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi, tuliskan alasan mu mengapa memilih media tersebut
Jawab:
1. Peta dan Globe
Peta akan membantu peserta didik lebih mengenal geografis bumi dan letak suatu daerah. Globe akan lebih menarik untuk peserta didik SD karena bentuknya yang 3 dimensi dan dapat diputar. Peserta didik dapat mulai mengenal benua, samudera, dan negara-negara di dunia sehingga peserta didik tahu bahwa bumi itu luas dan menarik untuk dipelajari.
2. Grafik
peserta didik SD akan kurang suka jika dihadapkan dengan barisan data atau angka yang berderet. Penyajian data menggunakan grafik akan lebih menarik bagi peserta didik SD. Grafik dapat disajikan dalam berbagai bentuk yaitu grafik garis, batang, dan lingkaran
3. Fortofolio
Model Pembelajaran Berbasis Portofolio merupakan salah satu inovasi dalam pembelajaran PKn. Perkembangan zaman yang semakin pesat menintut untuk selalu berinovasi dalam pembelajaran. Paradigma baru yang menghendaki adanya inovasi, salah satu wujudnya adalah inovasi yang dilakukan pendidik dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
4. Media Video
Video merupakan media pembelajaran untuk peserta didik SD yang terdiri dari tampilan visual dan audio. Artinya, media ini melibatkan indera penglihatan dan pendengaran peserta didik. Hal ini akan meningkatkan konsentrasi dan mempermudah peserta didik dalam memahami pembelajaran. Terlebih jika video dikemas dengan animasi yang menarik.

Alasan saya memilih media peta dan globe, grafik, fortofolio dan video tersebut pada kelas tinggi yaitu, karena disesuaikan dengan tingkatan peserta didik yang dapat lebih mudah menerima berbagai macam media pembelajaran dan dengan menggunakan media yang tepat diharapkan dapat meningkatkan semangat dan motivasi peserta didik dalam belajar, selain itu peserta didik juga akan dengan mudah memahami suatu materi. Serta pada fortofolio yang dapat meningkatkan keaktifan dan kekreatifan pada diri peserata didik serta mendorong peserta didik untuk selalu aktif dalam melaksanakan setiap proses pembelajaran.

Terima kasih,
wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

Irma Tri Susanti གིས-
Nama : Irma Tri Susanti
Npm : 2113053069

Izin menjawab pertanyaan diatas, Bu.

Seperti yang kita tahu pengertian dari media pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan pendidik untuk menyampaikan sebuah pesan kepada peserta didik guna menambah pemahaman peserta didik mengenai materi pembelajaran yang diajarkan.

Adapun beberapa media pembelajaran yang tepat bagi peserta didik SD kelas tinggi yaitu antara lain :
1. Barang cetakan seperti buku, surat kabar, brosur, dan majalah
Media pembelajaran ini tepat diberikan kepada peserta didik SD kelas tinggi yaitu karena dengan pemberian media ini, dapat melatih proses berfikir kritis peserta didik dalam pembelajaran sehingga peserta didik dapat menemukan suatu pengetahuan baru dalam dirinya yang tentunya didampingi juga oleh pendidik.

2. Media Audiovisual
Media ini dapat diberikan peserta didik SD kelas tinggi dengan cara pendidik menampilkan video yang berisi tentang suatu peristiwa yang mengandung moral. Dengan pemberian hal tersebut kepada peserta didik SD, maka mereka akan mengetahui secara nyata moral yang baik dalam kehidupan sehari-hari itu seperti apa, dan bagaimana sehingga mereka dapat mencontohnya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Relia
Relia adalah media pembelajaran untuk peserta didik SD dengan memanfaatkan benda-benda nyata. Peserta didik dapat diajak untuk mengamati benda-benda yang ada disekitarnya. Contohnya adalah mengamati tumbuhan dan hewan sambil mempelajari bagian-bagian tubuh dan fungsinya. Dengan demikian, media ini dapat melatih peserta didik untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengamati hal hal yang ada pada kehidupannya.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Fauriza Agustina གིས-
Nama : Fauriza Agustina
NPM : 2153053004

Izin menjawab bu..

Media yang tepat untuk anak sekolah dasar kelas tinggi yaitu :
1. Macam macam media pembelajaran sederhana gambar yang dimaksud di sini termasuk foto, lukisan/gambar, dan sketsa. Macam macam media pembelajaran ini bertujuan untuk penampilan berbagai jenis gambar ini adalah untuk memvisualisasikan konsep yang ingin disampaikan kepada peserta didik.
2. Gambar jadi
Macam macam media pembelajaran gambar jadi dapat diambil dari majalah, brosur, selebaran, dan lain-lain yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
3. Gambar fotografi
Gambar fotografi diperoleh dari beberapa sumber, misalnya dari surat kabar, lukisan, kartun, ilustrasi, foto yang diperoleh dari berbagai sumber tersebut dapat digunakan oleh guru secara efektif dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan tertentu.
4. Peta dan Globe
Macam macam media pembelajaran berikutnya adalah peta dan globe ini berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi, seperti: keadaan permukaan (bumi, daratan, sungai sungai, gunung-gunung), dan tempat- tempat serta arah dan jarak.
5. Grafik
Macam macam media pembelajaran grafik adalah penggambaran data berangka, bertitik yang memperlihatkan hubungan timbal balik sehingga membentuk informasi. Fungsi grafik adalah untuk menggambarkan data kuantitatif secara teliti dan menerangkan perkembangan.
6. Relia
Macam macam media pembelajaran relia adalah benda nyata, yang tidak harus dihadirkan di ruang kelas tetapi siswa dapat melihat langsung ke objek, sehingga dapat memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik. Contoh: Mempelajari keanekaragaman mahluk hidup.
7.Bagan (Chart)
Bagan merupakan presentasi berupa gambar grafis yang menginformasikany hubungan-hubungan. Misalnya: kronologis, jumlah, dan hierarki. Macam macam media pembelajaran yang baik, bagan haruslah: dapat dimengerti, sederhana dan lugas, serta mempunyai daya tarik.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Aminata Zuhriyah གིས-
Nama: Aminata Zuhriyah
NPM: 2113053067

Izin menjawab bu.

Media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi haruslah berisi konten atau materi yang edukatif, menghibur, dan sesuai dengan usia mereka. Media dibawah ini merupakan Media yang menurut saya tepat untuk diterapkan di kelas tinggi di SD.

Buku-buku ilustrasi: Buku dengan ilustrasi yang menarik dapat membantu anak SD kelas tinggi mengembangkan keterampilan membaca mereka, meningkatkan imajinasi dan kreativitas mereka, serta memperluas pengetahuan mereka tentang dunia. Buku ilustrasi biasanya merupakan buku cerita yang didalamnya terdapat grafis yang bagus agar menarik anak-anak untuk membaca.

Program televisi pendidikan: Program televisi yang didesain khusus untuk anak SD kelas tinggi, seperti program dokumenter, program sains atau program sejarah, dapat menjadi sumber informasi yang menarik bagi mereka. Dengan pengawasan yang tepat, program televisi pendidikan dapat membantu anak-anak meningkatkan pemahaman mereka tentang dunia dan menginspirasi minat mereka dalam belajar. Tapi sayangnya di Indonesia sendiri jarang siaran TV yang sesuai dengan umur anak SD sehingga mereka sering melihat apa yang seharusnya tidak dilihat untuk anak seumur itu, sehingga pendidik dan orang tua dirumah harus mengawasinya.

Aplikasi pendidikan: Aplikasi pendidikan yang interaktif dapat menjadi media yang efektif untuk mengajar anak SD kelas tinggi berbagai keterampilan, seperti membaca, menulis, atau berhitung. Aplikasi ini biasanya didesain dengan cara yang menarik dan menghibur, sehingga dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan bagi anak-anak.

Website pendidikan: Ada banyak website yang menyediakan konten pendidikan yang sesuai untuk anak SD kelas tinggi. Website tersebut bisa berisi informasi, aktivitas belajar, atau permainan pendidikan yang dapat membantu anak-anak memahami konsep-konsep yang diajarkan di sekolah dengan cara yang interaktif dan menarik.

Majalah anak-anak: Majalah anak-anak yang mengandung artikel pendidikan, teka-teki, atau cerita yang sesuai untuk usia mereka dapat menjadi pilihan media yang menarik bagi anak SD kelas tinggi. Majalah ini bisa membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca, mengasah keterampilan kognitif, dan mengajarkan nilai-nilai moral.

Alasan memilih media-media tersebut adalah karena mereka dapat memberikan konten yang edukatif dan bermanfaat, merangsang imajinasi dan kreativitas anak, serta sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif dan emosional anak SD kelas tinggi. Selain itu, media-media tersebut dapat diawasi dengan baik oleh orang tua atau pendidik untuk memastikan konten yang dikonsumsi oleh anak-anak adalah yang sesuai dan aman bagi mereka.

Sekian dari saya, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Friska Aprilya Saputri གིས-
Nama : Friska Aprilya Saputri
Npm : 2113053072

Izin menjawab pertanyaan dari Ibu, yaitu apa sajakaah media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi, tuliskan alasan mu mengapa memilih media tersebut?

Jawab:
Media pembelajaran merupakan sarana dan prasaran berupa sebuah alat bantu yang digunakan dalam dunia pendidikan yang dapat memudahkan untuk menyampaikan materi pada saat pembelajaran berlangsung. Media pembelajaran digunakan sebagai tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di setiap satuan sekolah. Media pembelajaran juga memiliki klasifikasi, baik untuk kelas rendah dan kelas tinggi. Media pembelajaran yang cocok untuk kelas tinggi, yaitu:
1. Media peta atau globe
Media ini digunakan peserta didik untuk melihat permukaan bumi. Media ini cocok diterapkan untuk anak kelas tinggi karena peta atau globe merupakan media pembelajaran yang digunakan peserta didik untuk mengetahui isi permukaan bumi secara luas.

2. Media grafik
Media ini cocok di terapkan untuk kelas tinggu karena merupakan media pembelajaran yang digunakan sebagai
penggambaran data kuantitatif dalam matematika untuk menerangkan sesuatu
permasalahan. Grafik ada beberapa macam, yaitu grafik batang, grafik garis,
grafik lingkaran, dan grafik gambar.

3. Media herbarium
Media ini cocok digunakan untuk kelas tinggi karena herbarium merupakan media yang digunakan untuk mengetahui jenisjenis tumbuhan dengan menggunakan bagian tumbuhan yang dikeringkan.
Tumbuhan yang dikeringkan kemudian ditempelkan di kertas dan peserta didik
menuliskan kerangka dan bagian-bagian tumbuhan yang diamati.


Sekian, Terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Yugi Utami གིས-
Nama: Yugi Utami
NPM: 2113053132

Beberapa media pembelajaran yang cocok untuk anak SD kelas tinggi antara lain:
1. Komputer atau laptop: Penggunaan komputer atau laptop dapat membantu anak-anak SD kelas tinggi dalam proses pembelajaran. Anak dapat menggunakan aplikasi pembelajaran yang menarik dan interaktif, serta dapat meningkatkan kemampuan komputasi dan teknologi.
2. Proyektor: Proyektor dapat digunakan untuk menampilkan presentasi, video, atau gambar-gambar yang dapat membantu anak dalam memahami materi pelajaran dengan lebih visual.
3. Papan tulis interaktif: Papan tulis interaktif memungkinkan anak untuk memecahkan masalah, menggambar, menulis, dan berinteraksi dengan materi pelajaran secara langsung dan interaktif.
4. Audio Visual: Media pembelajaran seperti CD atau DVD dapat membantu anak dalam memahami konsep pelajaran dengan lebih mudah melalui penggunaan video dan suara.
5. Buku-buku dengan ilustrasi menarik: Buku-buku dengan ilustrasi yang menarik dapat membantu anak dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik.
Namun, dalam memilih media pembelajaran, penting untuk mempertimbangkan konteks dan kebutuhan anak. Pemilihan media yang tepat akan membantu meningkatkan minat dan motivasi belajar anak.
In reply to First post

Re: forum diskusi

MIFTAHUL ZANNAH RAHARJO PUTRI གིས-
Nama : Miftahul Zannah Raharjo Putri
NPM : 2113053174
Kelas : 4E

Izin memberikan pendapat bu.

Menurut saya kelas tinggi sudah bisa menggunakan media yang sedikit abstrak misal media auditif yang hanya memakai suara saja, namun jangan satu periode pembelajaran tersebut memakai media yang sedikit abstrak. tentunya harus diberikan media yang jelas juga seperti media visual dan audio visual. Tentunya dengan kombinasi yang tepat dari tiga media tersebut, akan membentuk stimulus dan jiwa berpikir kritis yang baik.

1) Visual 
Media visual yaitu media yang berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber kepada penerima pesan. Saluran yang dipakai meyangkut indera penglihatan. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam simbolsimbol komunikasi visual. Simbol-simbol tersebut perlu dipahami artinya agar proses penyampaian pesan dapat berhasil dan efisien. Contohnya yaitu buku, poster, dan peta/globe. 

2) Audio Visual 
Media Audio Visual adalah media yang memilki unsur suara dan gambar yang digunakan sebagai perantara dalam menyampaikan pesan-pesan dari bahan pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Adapun media audio visual ini terbagi dalam dua kategori, yaitu: 
a) Audio visual diam, yaitu media yang menampilkan suara dan gambar diam. Contohnya yaitu film bingkai suara. 
b) Audio visual gerak, yaitu media unsur suara dan gambar yang bergerak. Contohnya yaitu film suara dan video cassette.

3) Auditif Media auditif merupakan suatu bentuk atau alat pengantar yang bersifat non cetak, jadi hanya mengandalkan suara saja. Digunakan untuk menyampaikan pesan dari pendidik ke peserta didik. Digunakan dengan cara diperdengarkan langsung ke peserta didik. Contohnya yaitu radio, alat perekam pita magnetic, piringan hitam, dan lain sebagainya

Terima kasih bu.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Ella septiani 2113053054 གིས-
Nama : Ella Septiani
NPM : 2113053054

Izin menjawab pertanyaan yang telah diberikan.
Media adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari pengirim kepada penerima. Yang bertujuan untuk merangsang potensi siswa, daya pikir, kreatifitas dan juga media bisa digunakan untuk menyampaikan materi guna tercapainya tujuan belajar yang maksimal. Dalam pembelajaran kehadiran media sangat membantu dalam penyampaian materi sehingga materi yang akan tersampaikan dapat dikemas dengan baik dan juga dapat lebih diterima oleh siswa dengan baik pula
• Media Auditif, yaitu media yang hanya dapat didengaar saja bentuk atau alat pengantar yang bersifat non-cetak yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari pendidik ke peserta didik. Digunakan dengan cara diperdengarkan langsung ke peserta didik, seperti radio dan
rekaman suara. Sebab pada media ini anak terlatih pendengarannya dan lebih dapat fokus mendengarkan dan mengasah ketelitiannya.

• Media visual, yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung
unsur suara, seperti film slide, foto, transparasi, lukisan, gambar dan
sebagainya. Sebab pada media visual ini memudahkan anak kelas tinggi melihat secara langsung dan memperhatikan gambar dan melatih pengamatan bersama.

• Media Audiovisual yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara
juga mengandung unur gambar yang bisa dilihat, misalnya rekaman video,
berbagai ukuran film, slide suara dan sebagainya. Sebab pada kelas tinggi sudah mampu menggunakan media ini yang dimana dapat melihat kondisi secara langsung dan mendengar suara sekaligus.

Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

EMA NOFITA SARI གིས-
Nama : Ema Nofita Sari
NPM : 2113053108

mohon izin menjawab bu

Media merupakan alat bantu yang sangat pentig dalam proses pembelajaran karena dengan adanya media maka hal itu akan mempermudah guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran yang dimana sebuah media harus dipilih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Berikut beberapa media yang dapat digunakan untuk kelas tinggi

1. Buku
Buku merupakan media yang dapat digunakan di berbagai jenjang termasuk pada jenjang sekolah dasar kelas tinggj, karena dengan buku ini akan membantu meningkatkan kebiasaan membaca peserta didik dan menambah pengetahuan peserta didik.

2. Audio Visual
Media audio visiual adalah media yang melibatkan indra pendengaran dan penglihatan, dengan adanya media ini maka akan mebuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan, serta hal ini dapat mengasah berfikir kritis peserta didik dengan diberikannya vidio beberapa fenomena alam dan lain sebagainya. Serta dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang diberikan.

3. Relia
Media relia merupakan media pembelajaran yang memanfaatkan benda nyata yang ada dilingkungan sekitar seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Dengan memanfaatkan benda-benda nyata tersebut sehingga akan membantu peserta didik mendapatkan pengetahuan nyata serta pembelajaran akan lebih menyenangkan karena menggunakan apa yg ada disekita mereka.

Sekian terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

Khusnul Khotimah གིས-
Nama : Khusnul Khotimah
NPM : 2112053122

Izin menjawab pertanyaan diatas, menurut saya ada banyak sekali media yang bisa kita manfaatkan untuk mengajar di kelas tinggi, karena pemikiran anak kelas tinggi yang lebih luas dan lebih mudah mengerti, sebagai pendidik dapat memanfaatkan berbagai media yang ada berdasarkan materi apa yang akan diajarkan. Beberapa media yang dapat digunakan oleh pendidik antara lain :
1. Media visual , Berupa foto, ilustrasi, flashcard, gambar pilihan dan potongan gambar, film bingkai, film rangkai, OHP, grafik, bagan, diagram, poster, peta, dan lain-lain. Media ini dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran, karena biasanya cukup mudah digunakan, lebih simpel dan lebih murah.

2. Media Audio Visual, Macam-macam media pembelajaran audio visual merupakan media yang mampu menampilkan suara dan gambar. Contohnya seperti film, video animasi dan lain sebagainya. Media ini dapat digunakan untuk memudah kan pedidik dalam menjelaskan materi, dan peserta didik akan lebih mudah dalam memahami materi.

3. Media Serbaneka, Macam-macam media pembelajaran serbaneka merupakan suatu media yang disesuaikan dengan potensi di suatu daerah, di sekitar sekolah atau di lokasi lain atau di masyarakat yang dapat dimanfaatkan sebagai media pengajaran. Contoh macam-macam media pembelajaran serbaneka di antaranya adalah papan tulis, media tiga dimensi, realita, dan sumber belajar pada masyarakat. Alasan menggunakan media ini karena mudah didapat, baik oleh pendidik maupun peserta didik karena biasanya berasal dari sekitar.

Sekian terimakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

NOVITA ANGGARWATI གིས-
Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dari sumber informasi kepada penerima (peserta didik) agar dapat menarik perhatian, pikiran serta dapat mendorong peserta didik dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran disesuaikan dengan tingkat pemahaman peserta didik, seperti contoh media untuk kelas tinggi di bawah ini:
1. Portofolio
Model pembelajaran berbasis portofolio merupakan alternatif cara belajar peserta didik aktif (CBSA) dan cara mengajar pendidik aktif (CMGA). Karena sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran pendidik dan peserta didik dihadapkan pada sejumlah kegiatan (Fajar dalam Taniredja et al, 2011:8). Portofolio ini merupakan karya terpilih dari seorang peserta didik atau kelompok, atau karya satu kelas secara keseluruhan yang bekerja secara kooperatif. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran portofolio di samping memperoleh pengalaman fisik terhadap objek dalam pembelajaran, peserta didik juga memperoleh pengalaman atau terlibat secara mental. Pengalaman fisik berarti melibatkan peserta didik atau mempertemukan peserta didik dengan objek pembelajaran. Pengalaman mental dalam arti memperhatikan informasi awal yang telah ada pada diri peserta didik dan memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk menyusun (merekonstruksi) sendiri informasi yang diperolehnya.
2. Video
Menurut Pratiwi, dkk., video seperti pada YouTube membuat pembelajararan menarik. Video YouTube juga meningkatkan minat membaca peserta didik dan meningkatkan ide. Dengan ide, peserta didik secara langsung merangsang kemampuan berpikirnya, terutama kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi bertujuan menjadi bekal peserta didik yang menyongsong era global, kemajuan teknologi informasi,
In reply to First post

Re: forum diskusi

IRHAN ADITYA གིས-
Nama : Irhan Aditya
Npm : 2113053183

Izin memberikan pendapat Bu.

Media pembelajaran adalah alat yang di gunakan untuk membantu dan mempermudah dalam penyampaian materi kepada peserta didik, sehingga akan mempersingkat waktu dan lebih efisien dalam pembelajaran.

Beberapa media pembelajaran yang tepat untuk peserta didik SD kelas tinggi, antara lain :

1. Media Visual, dalam bentuk media cetak, seperti buku teks, buku cerita, surat kabar dan sebagainya.
Harus di akui walaupun saat ini telah tersedia berbagai media yang sangat bervariasi namun media cetak seperti buku teks dan sebagainya, masih menjadi pilihan media utama bagi pendidik untuk memberikan materi kepada peserta didiknya SD kelas tinggi, sebab media cetak seperti buku di samping memuat materi secara sistematis namun juga akan meningkatkan keterampilan membaca dan perbendaharaan kata serta kalimat bagi peserta didik.


2. Media Audiovisual, atau media Video pembelajaran dan Video animasi pendidikan.
Peserta SD kelas tinggi sudah mulai memiliki ketertarikan dan rasa keingintahuan yang tinggi terhadap media yang di Visual dengan menarik, lebih dari itu peserta didik kelas tinggi cenderung lebih memiliki minat belajar melalui menonton Video, hal ini di sebabkan oleh kemajuan teknologi dalam mengakses Internet, sehingga media Video dan animasi pembelajaran menurut saya menjadi salah satu media pembelajaran yang yang tepat untuk di berikan kepada peserta didik SD kelas tinggi.


3. Benda nyata ( Relia)
Dengan menggunakan benda nyata sebagai media pembelajaran akan membuat peserta didik untuk lebih mudah merealisasikan apa yang mereka pelajari, contoh benda nyata ini dapat berupa media Buatan contohnya Globe, peta, dan sebagainya atau pun media asli dari lingkungan sekitar misalnya tumbuhan, hewan dan sebagainya.

Dari sekian banyak media yang tersedia, pendidik harus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang di didik, sehingga peserta didik akan mudah dan semangat dalam belajar bila media yang digunakan adalah media yang mereka gemari.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

MUHAMMAD SYEKI RABIANSYAH གིས-
Nama : Muhammad Syeki Rabiansyah
NPM : 2113053252

Berikut adalah beberapa contoh media yang cocok untuk anak-anak SD kelas tinggi beserta alasan mengapa saya memilihnya:

1. Presentasi Multimedia: Presentasi multimedia seperti PowerPoint atau Prezi dapat memberikan pengalaman visual yang menarik bagi anak-anak. Media ini memungkinkan penggunaan gambar, video, dan audio untuk menjelaskan konsep-konsep PKN dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami. Dengan menggabungkan teks, gambar, dan animasi, presentasi multimedia memperkuat pemahaman anak-anak terhadap konsep-konsep PKN secara sistematis.
2. Permainan Edukatif Digital: Permainan edukatif digital menggabungkan belajar dan bermain menjadi satu kesatuan. Mereka dirancang untuk mengajarkan konsep-konsep PKN melalui tantangan, teka-teki, dan interaksi yang menyenangkan. Melalui permainan ini, anak-anak dapat meningkatkan minat mereka dalam belajar PKN sambil mengembangkan keterampilan kritis, pemecahan masalah, dan kerjasama.
3. Podcast: Podcast PKN yang ditujukan khusus untuk anak-anak SD kelas tinggi memberikan pengalaman belajar audio yang menarik. Podcast ini menyajikan cerita, wawancara, atau diskusi tentang topik-topik PKN secara informatif dan menghibur. Mendengarkan podcast dapat meningkatkan pemahaman verbal dan pendengaran anak-anak, serta membangkitkan minat mereka dalam mempelajari isu-isu sosial dan kewarganegaraan.
4. Aplikasi Interaktif: Aplikasi interaktif yang dikembangkan khusus untuk pembelajaran PKN memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan adaptif. Aplikasi ini menyajikan pertanyaan, tantangan, dan aktivitas yang menyesuaikan dengan tingkat pemahaman anak-anak. Dengan aplikasi ini, anak-anak dapat belajar secara mandiri sambil mendapatkan umpan balik langsung, yang membantu meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mereka dalam pembelajaran.
5. Karya Seni dan Kerajinan: Melibatkan anak-anak dalam kegiatan seni dan kerajinan yang terkait dengan topik-topik PKN menjadi media yang menarik dan bermanfaat. Misalnya, membuat poster, mural, atau karya seni lainnya yang menggambarkan nilai-nilai kewarganegaraan, hak asasi manusia, atau isu-isu sosial. Melalui kegiatan ini, anak-anak dapat menggali kreativitas mereka sambil memahami dan mengapresiasi nilai-nilai PKN.

Alasan memilih media-media tersebut adalah:
a. Memperkaya pengalaman belajar: Media-media tersebut memberikan variasi dan keberagaman dalam cara anak-anak memahami konsep-konsep PKN. Dengan menggabungkan elemen visual, audio, dan interaktif, media-media ini memperkaya pengalaman belajar anak-anak.
b. Meningkatkan minat dan keterlibatan: Media-media tersebut dirancang untuk menarik minat anak-anak dan mendorong keterlibatan aktif dalam pembelajaran PKn.

Sekian dari saya, Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

MUTHIAH MUALIMAH གིས-
Nama : Muthiah Mualimah
NPM : 2113053284

Izin menjawab bu,

Berikut adalah beberapa media yang tepat bagi siswa SD kelas tinggi beserta alasannya:

Buku teks: Buku teks adalah salah satu media yang penting bagi siswa SD kelas tinggi. Buku teks memberikan informasi yang terstruktur dan dapat dijadikan acuan dalam pembelajaran. Mereka menyajikan materi pelajaran dengan cara yang sistematis dan memfasilitasi pemahaman siswa.

Buku cerita anak: Buku cerita anak dapat membantu meningkatkan minat baca siswa serta memperluas wawasan mereka. Buku cerita anak dengan cerita yang menarik dan ilustrasi yang menarik akan membantu meningkatkan imajinasi, keterampilan membaca, serta kemampuan berbahasa siswa.

Buku ilustrasi dan ensiklopedia: Buku ilustrasi dan ensiklopedia memberikan gambar dan informasi yang lebih kaya tentang berbagai topik, seperti ilmu pengetahuan, sejarah, geografi, binatang, dan lain-lain. Media ini membantu siswa untuk memperluas pengetahuan mereka secara visual dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia di sekitar mereka.

Komik pendidikan: Komik pendidikan adalah media yang menarik bagi siswa SD kelas tinggi. Mereka menggabungkan teks dan ilustrasi untuk menyampaikan pesan pendidikan secara menarik dan menghibur. Komik pendidikan dapat membantu siswa memahami konsep-konsep kompleks dengan cara yang lebih sederhana dan menyenangkan.

Media audiovisual: Media audiovisual seperti video pendidikan, presentasi multimedia, dan program televisi pendidikan dapat menjadi sumber belajar yang efektif. Mereka dapat memvisualisasikan konsep-konsep yang sulit dan menghidupkan materi pelajaran. Media ini juga membantu siswa untuk tetap terlibat dan aktif dalam pembelajaran.

Permainan pendidikan: Permainan pendidikan, baik dalam bentuk permainan papan tradisional maupun aplikasi digital, dapat menjadi media yang menyenangkan untuk mempelajari keterampilan baru. Mereka dapat membangun pemahaman konseptual, memperkuat keterampilan matematika, bahasa, dan berpikir logis sambil tetap menghibur siswa.

Pemilihan media yang tepat harus mempertimbangkan minat dan kebutuhan siswa, serta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Penting bagi pendidik untuk memilih media yang sesuai dengan materi pelajaran dan memperhatikan karakteristik perkembangan siswa SD kelas tinggi agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

sekian terimakasih bu
In reply to First post

Re: forum diskusi

Ditya Aslamiyah Ditya Aslamiyah གིས-
Nama : Ditya Aslamiyah
NPM : 2113053291
Izin menjawab
Media pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi, yaitu:
a. Media Audio
Media audio tentunya berkaitan dengan indra pendengaran. Pesan yang disampaikan melalui audio pun dituangkan kedalam lambang-lambang auditif, baik verbal maupun nonverbal. Beberapa jenis media audio antara lain, radio, audio komputer, alat perekam pita magnetik, piringan hitam, dan laboratorium bahasa.
b. Media Visual
Media visual merupakan jenis media yang berkaitan dengan indra penglihatan. Misalnya, gambar, diagram, grafik, dan sebagainya.
c. Media Audio Visual
Media audio visual adalah media intruksional modern yang sesuai dengan perkembangan teknologi, meliputi media yang dapat didengar, dilihat, serta yang dapat didengar dan dilihat. Adapun jenis media audio visual antara lain, film bingkai, film rangkai, media transparansi, film, televisi, video/VCD dan CD.
d. Multimedia
Multimedia merupakan jenis media yang melibatkan semua indera audio visual dalam satu kegiatan pembelajaran. Semua kemampuan yang ada pada media lain, sudah ada pada komputer/multimedia. Multimedia dapat menampilkan tulisan, gambar, gerak, suara, serta warna-warni yang indah. Ditambah lagi, kini semakin banyak program baru yang bertujuan untuk meningkatkan variasi pembelajaran.
e. Portofolio
Portofolio merupakan kumpulan hasil kerja siswa dari pengalaman belajarnya selama periode waktu tertentu. Model pembelajaran berbasis portofolio merupakan alternatif cara belajar siswa aktif (CBSA) dan cara mengajar guru aktif.
f. LKPD
Lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga terbentuk interaksi efektif antara peserta didik dengan pendidik, dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik.
g. Peta dan Globe
Media pembelajaran untuk siswa SD selanjutnya adalah peta dan globe. Peta akan membantu siswa untuk lebih mengenal geografis bumi dan letak suatu daerah. Globe mungkin akan lebih menarik untuk siswa SD karena bentuknya yang 3 dimensi dan dapat diputar.
Siswa dapat mulai mengenal benua, samudera, dan negara-negara di dunia sehingga siswa tahu bahwa bumi itu luas dan menarik untuk dipelajari. Mengapa poros globe itu miring tidak tegak lurus? Rasa ingin tahu siswa pun akan semakin terasa dan meningkat.
h. Grafik
Siswa SD akan kurang suka jika dihadapkan dengan barisan data atau angka yang berderet. Penyajian data menggunakan grafik akan lebih menarik bagi anak SD. Grafik dapat disajikan dalam berbagai bentuk yaitu grafik garis, batang, dan lingkaran.
i. Media Manipulatif
Sebagaimana namanya yaitu media manipulatif, media pembelajaran ini menuntut kreativitas guru untuk memanipulasi benda-benda di sekitar menjadi media pembelajaran. Misalnya dengan memanfaatkan kelereng untuk media belajar berhitung, memanfaatkan balon dan botol kaca untuk mengajar sains, serta masih banyak lagi.
j. Display
Media pembelajaran untuk siswa SD selanjutnya adalah display. Display merupakan media pembelajaran dari papan dimana siswa bisa memilih dan menempel gambar pada papan. Media ini akan membuat pembelajaran lebih hidup, dua arah, dan siswa pun dapat turut bergerak aktif.
k. Bagan
Bagan menggambarkan hubungan antar informasi-informasi yang dikemas secara ringkas dan terstruktur. Media pembelajaran ini biasa digunakan untuk merangkum isi materi pembelajaran dalam satu bab. Bagan akan membantu siswa untuk berpikir secara terstruktur dan memahami hubungan antar komponen.

Sekian, terima kasih