forum diskusi

forum diskusi

forum diskusi

Number of replies: 26

menurut kalian bagaimana cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah ini,? terimakasih..

silahkan dijawab: 

In reply to First post

Re: forum diskusi

HANA JANATAN SALSABIELA གིས-
Nama : Hana Janatan Salsabiela
NPM : 2113053120

Izin menjawab pertanyaan di atas

Menurut saya untuk menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media-media belajar yang sesuai dengan kelas rendah, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dicoba:
1. Gunakan media yang menarik perhatian anak seperti buku-buku bergambar, video pembelajaran, dan permainan edukatif. Pilihlah media yang relevan dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari.
2. Jangan hanya mengandalkan media elektronik. Sesekali gunakan media konvensional seperti buku tulis dan pensil agar anak dapat merasakan pengalaman belajar yang berbeda.
3. Buat suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Ciptakan suasana yang hangat dan ramah agar anak merasa nyaman dan senang belajar.
4. Libatkan anak dalam proses belajar. Berikan kesempatan pada anak untuk bertanya dan berdiskusi tentang materi pelajaran. Hal ini akan membuat anak merasa dihargai dan dapat meningkatkan minat mereka untuk belajar.
5. Berikan penghargaan pada anak untuk prestasi yang telah dicapai. Penghargaan dapat berupa pujian, sertifikat atau hadiah kecil yang dapat memotivasi anak untuk terus belajar.
6. Jangan lupa untuk memberikan dorongan dan dukungan yang positif pada anak. Kata-kata motivasi dan dukungan dapat membantu anak merasa percaya diri dan semangat untuk belajar.
7. Jadilah teladan yang baik bagi anak. Tunjukkan pada mereka bahwa belajar itu penting dan dapat membantu mereka mencapai cita-citanya.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, diharapkan dapat membantu menumbuhkan motivasi belajar anak menggunakan media-media belajar yang sesuai dengan kelas rendah. Sekian dari saya, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

MASITA PUTRI KIRANA གིས-
Nama : Masita Putri Kirana
Npm : 2113053182

Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, yaitu digunakannya media pembelajaran yang baik dan benar serta menarik. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh -pengaruh psikologis terhadap pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pengajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu.

Dengan menggunakan media pembelajaran, ada beberapa manfaat yang diperoleh yaitu:
a) menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan motivasi belajar,
b) memberikan pengalan nyata,
c) mengatasi keterbatasan,
d) bahan ajar lebih bermakna dan dapat dipahami siswa,
e) mengajar lebih bervariasi karena tidak hanya verbal dan membosankan,
f) siswa lebih banyak belajar, tidak hanya mendengarkan,
g)mengembangkan minat dan motivasi,
h) menuntun berfikir kongkrit,
i) memberikan pengalaman yang tak mudah didapat,
j) mempermudah pengajaran

Terimakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Friska Aprilya Saputri གིས-
Nama : Friska Aprilya Saputri
Npm : 2113053072

Izin menjawab pertanyaan mengenai menurut kalian bagaimana cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah ini,?
Jawab:
Menurut saya menumbuhkan motivasi belajar anak adalah dengan memberikan sebuah arahan atau saran yang diberikan oleh pendidik, arahan atau saran ini dapat diberikan melalui face to face atau secara langsung di dalam kelas. Selain itu, motivasi belajar dapat diberikan ketika menggunakan melalui media pembelajaran yang bermanfaat bagi peserta didik sesuai dengan kebutuhan peserta didik tersebut.
Adapun cara untuk memberikan Motivasi belajar anak dalam menghubungkan media pembelajaran dikelas rendah, yaitu:
1. Meningkatkan kemauan atau keinginan anak dalam belajar dengan memberikan rangsangan belajar yang menarik.
2. Menyiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan topik atau bahasan yang akan dibahas
3. Menyediakan media pembelajaran yang menarik sehingga nantinya peserta didik akan menyukai pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran tersebut.
4. Pendidik harus menyiapkan RPP yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik
5. Pendidik harus dapat menerapkan metode metode yang tepat dalam proses kegiatan pembelajaran berlangsung
6. Pendidik harus sigap dan harus siap mempunyai media pembelajaran ketika nantinya peserta didik kesulitan dalam menerima materi sehingga dapat menggunakan media pembelajaran yang ada.

Sekian, Terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Ditya Aslamiyah Ditya Aslamiyah གིས-
Nama : Ditya Aslamiyah
NPM : 2113053291

Izin menjawab bu
Motivasi Belajar merupakan aspek yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Peserta didik akan rajin belajar dan memahami ilmu yang berhubungan dengan bidang yang diminatinya, tanpa merasa beban dalam dirinya. Motivasi peserta didik akan terbangun
jika pada saat proses belajar mengajar berlangsung menggunakan media pembelajaran yang
menarik.
Media pembelajan menempati posisi yang cukup penting, karena media pembelajaran
akan sangat membantu efektivitas proses belajar dan penyampaian informasi dan materi.
Seain itu, media pembelajaran yang menarik dapat membantu siswa dalam meningkatkan
motivasi siswa.
Memanfaatkan media sebagai salah satu cara meningkatkan motivasi belajar siswa. Melalui media, siswa bisa mendapatkan hal baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya.

Adapun contohnya adalah dengan menampilkan visualisasi pembelajaran yang sedang berlangsung. Melalui visualisasi, siswa bisa lebih mudah memahami suatu materi. Jika mereka paham, pasti mereka akan semangat dan termotivasi untuk terus belajar.

Media belajar memegang peranan yang sangat penting sebagai sarana pendukung dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Media pembelajaran yang diperlukan merupakan media yang autentik, yang kontekstual yang nyata ada di lingkungan peserta didik. Hal ini di sebabkan karena siswa atau peserta didik tersebut lebih mudah memahami dengan media yang dapat mereka temukan langsung atau bisa juga dikaitkan langsung dengan kehidupan nyata peserta didik.

Konsep kontekstual dan inovatif dalam pembuatan, penggunaan media belajar ini sangat mendukung keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Media pembelajaran bukan hanya berupa gambar, bisa juga tayangan vidio benda benda konkret yang ada di sekitar lingkungan siswa. Media pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Disamping mempermudah siswa memahami suatu materi, media pembelajaran juga dapat meningkatkan ketertarikan siswa untuk belajar, menghilangkan kebosanan siswa yang terbiasa dengan pembelajaran ceramah . Media pembelajaran yang digunakan haruslah media yang dapat meningkatkan tingkat berpikir kritis siswa terhadap suatu permasalahan yang dimunculkan untuk dapat menjawab dan memahami apa yang tercantum dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai .

Media pembelajaran yang kreatif dan inovatif mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Media pembelajaran adalah sarana pendukung dalam mendidik peserta didik untuk bisa lebih cepat memahami materi, mengaitkan materi dengan lingkungan nyata, menghilangakan kebosanan siswa pada saat belajar dengan media belajar siswa akan lebih tertarik untuk belajar tentang materi yang diberikan. Media belajar yang digunakan haruslah media yang inovatif bukan hanya media yang indah saja tetapi media juga harus berhubungan dengan benda nyata atau konkret . Media pembelajaran merupakan sarana pendukung yang sangat berarti bagi peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru, sehingga peserta didik dapat mengaitkan materi yang mereka dapatkan disekolah sehingga mereka dapat meghubungkan dengan kehidupan mereka sehari hari.

Sekian, terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

Niki Sasi Kirani གིས-
Nama: Niki Sasi Kirani
NPM: 2113053027

Izin menjawab pertanyaan diatas,
cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah yaitu dengan:
- Meragamkan metode pembelajaran sehingga peserta didik tidak akan merasa bosan saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Apabila peserta didik mulai merasa bosan kita sebagai seorang pendidik harus dapat mengubah metode pembelajaran misalnya dengan diskusi kelompok, sesi tanya jawab, demonstrasi, dan sebagainya.
- Membuat peserta didik menjadi aktif di kelas, karena ini dapat mendorong dirinya untuk terus belajar dan semangat dalam memecahkan suatu permasalahan.  
- Memanfaatkan media sebagai salah satu cara meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga siswa bisa mendapatkan hal baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. Contohnya adalah dengan menampilkan visualisasi pembelajaran yang sedang berlangsung, sehingga peserta didik bisa lebih mudah memahami suatu materi dan pasti mereka akan semangat dan termotivasi untuk terus belajar.
- Menciptakan kompetisi atau persaingan, sehingga mereka akan saling membuktikan bahwa merekalah yang terbaik. Agar menjadi yang terbaik, peserta didik dituntut untuk terus belajar dan sehingga bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Contohnya dengan membuat cerdas cermat di dalam kelas. Bagi kelompok yang menang, tentu akan mendapatkan hadiah dan tambahan nilai. Sementara itu, kelompok yang kalah hanya akan mendapatkan tambahan nilai saja.
- Mengadakan evaluasi secara berkala sehingga pendidik dapat mengukur keefektifan pembelajaran yang telah dilakukan. Apabila hasil evaluasi selalu menunjukkah hasil yang baik, maka bisa disimpulkan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki motivasi belajar yang cukup besar. Contohnya adalah dengan membuat penilaian terkait aktivitas siswa, misalnya tugas dan kuis.
- Memberi motivasi secara langsung, yaitu dengan menceritakan kisah sukses pendidik atau tokoh-tokoh lain. Dengan mendengar kesuksesan orang lain, tak jarang mereka akan termotivasi untuk mengikuti jejaknya. Alhasil, mereka bisa lebih giat lagi dalam belajar.
- Dermawan akan pujian, seseorang akan merasa dihargai, begitu juga dengan para peserta didik. Contohnya pendidik bisa memberikan apresiasi berupa pujian atau pemberian reward pada peserta didik yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. Sehingga, peserta didik tersebut akan terus termotivasi untuk menjadi yang terbaik di hadapan pendidik/gurunya.

Sekian, terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

Syifa Azzahra Riyadi གིས-
Nama : Syifa Azzahra Riyadi
Npm : 2113053003

Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan menumbuhkan motivasi belajar anak salah satunya dengan menggunakan media media belajar sesuai dan menarik. Tujuan pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar agar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh – pengaruh psikologis terhadap pembelajaran.
Media yang seharusnya digunakan untuk mengatasi motivasi belajar anak adalah:
1. Gunakan media yang menarik seperti media yang memiliki gambar berwarna yang menarik, video pembelajaran dan video lainnya yang memauat materi secara relevan.
2. Manfaat kan benda di sekitar, jadi jangan hanya memanfaatkan teknologi tapi kreativitas pendidik disini digunakan untuk menciptakan media yang menarik dari benda yangg ada disekitar.
3. Pendidik harus mampu membuat suana belajar jadi menyenangkan, boleh sesekali peserta didik diberi ice breaking untuk melatih fokus anak.
4. Libatkan Peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung, jadi jangan gurunya yang monoton mengajarnya, karena anak akan ceoat bosan.
5. Berikan penghargaan terhadap prestasi yang telah dicapai walaupun sekecil apapun prestasinya wajib diberikan apresiasi agar anak bisa lebih semangat untuk berprestasi yang lebih baik lagi.
Sekian jawaban saya terimakasih,
In reply to First post

Re: forum diskusi

ADELLA SHALSABILA གིས-
Nama : Adella Shalsabila
NPM : 2113053259

Izin menjawab bu

Untuk menumbuhkan motivasi belajar anak kelas rendah dapat dengan menggunakan media media belajar yang sesuai sesuai.
1. Menggunakan media pembelajaran yang tepat
Cara meningkatkan motivasi belajar peserta didik bisa dengan meragamkan media pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kebosanan saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar.
2. Menjadikan peserta didik aktif
Keaktifan siswa bisa mendorong dirinya untuk terus belajar dan semangat dalam memecahkan suatu permasalahan. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan sejumlah pertanyaan. Bagi siswa yang berani menjawab, baik benar atau salah, akan mendapatkan reward yang menguntungkan.
3. Memanfaatkan media seoptimal mungkin
Pendidik bisa memanfaatkan media sebagai salah satu cara meningkatkan motivasi belajar siswa. Melalui media, peserta didik bisa mendapatkan hal baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. Adapun contohnya adalah dengan menampilkan visualisasi pembelajaran yang sedang berlangsung. Melalui visualisasi, siswa bisa lebih mudah memahami suatu materi. Jika mereka paham, pasti mereka akan semangat dan termotivasi untuk terus belajar.
4. Menciptakan kompetisi
Kompetisi atau persaingan yang terjadi selama pembelajaran, ternyata bisa menumbuhkan motivasi bagi peserta didik. Melalui kompetisi, mereka akan saling membuktikan bahwa merekalah yang terbaik. Agar menjadi yang terbaik, peserta didik dituntut untuk terus belajar. Contoh motivasi belajar siswa melalui kompetisi adalah dengan membuat cerdas cermat di dalam kelas. Bagi kelompok yang menang, tentu akan mendapatkan hadiah dan tambahan nilai. Sementara itu, kelompok yang kalah hanya akan mendapatkan tambahan nilai saja.
5. Mengadakan evaluasi secara berkala
Melalui evaluasi, pendidik bisa mengukur keefektifan pembelajaran yang telah dilakukan. Jika hasil evaluasi selalu menunjukkah hasil yang baik, maka bisa disimpulkan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki motivasi belajar yang cukup besar. Cara menumbuhkannya tentu bukan perkara mudah karena setiap siswa memiliki karakter dan keinginan berbeda-beda.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Ida Wahyuni གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ida Wahyuni
Npm : 2113053193
Kelas : 4E

Izin memberikan jawaban bu,

Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, yaitu digunakannya media pembelajaran yang baik dan benar serta menarik. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pengajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu (Wiratmojo,P dan Sasono Hardjo, 2002). Sebagai salah satu komponen pembelajaran, media tidak bisa luput dari pembahasan sistem pembelajaran secara menyeluruh. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian pembelajaran dalam setiap kegiatan pembelajaran. Namun kenyataannya bagian inilah yang masih sering terabaikan dengan berbagai alasan. Alasan yang sering muncul antara lain
yaitu : terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar, sulitnya mencari media yang tepat, tidak tersedianya biaya, dll. Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika setiap pembelajaran telah membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan dalam hal media pembelajaran. Sesungguhnya betapa banyak jenis media yang bisa dipilih, dikembangkan dan dimanfaatkan sesuai dengan kondisi, waktu, biaya maupun tujuan pembelajaran yang dikehendaki. Setiap jenis media memiliki karakteristik tertentu yang perlu kita pahami, sehingga kita dapat memilih media yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada di lapangan (Wiratmojo, P dan Sasono Hardjo, 2002).
Cara meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu :
1. Menggunakan Metode Pembelajaran yang Bervariatif.
2. Memberikan Siswa untuk Aktif dalam Kegiatan Pembelajaran.
3.Memanfaatkan Media Sebaik Mungkin.
4. Menyampaikan Motivasi Secara Langsung.
5. Jangan Ragu untuk Memberikan Pujian.


Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

Andini Putri Oktaviana གིས-
Nama : Andini Putri Oktaviana
NPM : 2113053016

Izin menjawab pertanyaan diatas bu.

Motivasi belajar adalah suatu usaha yang disadari untuk menggerakkan, menggarahkan dan menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdorong untuk belajar sehingga mencapai hasil atau tujuan Pendidikan. Salah satu cara untuk menumbuhkan motivasi belajar yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya media, proses kegiatan belajar mengajar akan semakin dirasakan manfaatnya. Penggunaan media diharapkan akan menumbuhkan dampak positif, seperti munculnya proses pembelajaran yang lebih kondusif, terjadinya umpan balik dalam proses belajar mengajar, dan mencapai hasil yang optimal.

Menurut pendapat saya, cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah adalah sebagai berikut.
1. Media untuk kelas rendah hendaklah sesuai dengan usia nya, contohnya dapat menggunakan media audio-visual, visual, dan audio.
2. Gunakan media yang menarik peserta didik untuk termotivasi dalam belajar, misalnya menggunakan gambar, video animasi dan lain sebagainya.
3. Jangan paksa kan peserta didik untuk suka dengan media yang digunakan. Hendaklah pendidik yang dapat memahami karakteristik peserta didiknya.
4. Gunakan media yang dapat memberikan pengalaman belajar baru bagi mereka.
5. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan menyediakan beragam media pembelajaran, agar peserta didik tidak merasa bosan.
6. Berikan apresiasi kepada peserta didik yang berpartisipasi dalam kelas untuk menumbuhkan motivasi belajar.
7. Pendidik harus juga mampu memberikan motivasi belajar yang baik kepada peserta didik.

Sekian, terimakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Sekar Tyas Ayu Ningrum གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebelumnya izin memperkenalkan diri,

Nama : Sekar Tyas Ayu Ningrum
NPM : 2113053011
Kelas : 4E
Prodi : PGSD

Izin menjawab bu,
cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah yaitu dengan cara;
1. Memanfaatkan media seoptimal mungkin
memanfaatkan media sebagai salah satu cara meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Melalui media, peserta didik bisa mendapatkan hal baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. contohnya adalah dengan menampilkan visualisasi pembelajaran yang sedang berlangsung. Melalui visualisasi, peserta didik dapat lebih mudah memahami suatu materi. Jika mereka paham, pasti mereka akan semangat dan termotivasi untuk terus belajar.

2. Menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan beragam
Cara meningkatkan motivasi belajar peserta didik dapat  dengan meragamkan metode pembelajaran. Tetap menggunakan Media media yang terdapat dalam kelas rendah, namun dapat dengan mengubah metode yang lain, misalnya diskusi kelompok, sesi tanya jawab, demonstrasi, dan sebagainya yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kebosanan siswa saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar.

3. Sampaikan motivasi secara langsung
Salah satu cara meningkatkan motivasi peserta didik adalah dengan memberinya motivasi. memberi motivasi secara langsung, yaitu dengan menceritakan kisah sukses kita sebagai pendidik atau dapat juga tokoh-tokoh lain. Saat mendengar kesuksesan orang lain, tak jarang mereka akan termotivasi untuk mengikuti jejaknya. Hasilnya mereka bisa lebih giat lagi dalam belajar.

4. Dermawan akan pujian
Dengan media pembelanjaan yang terdapat di kelas rendah pada saat pembelajaran dimulai kita sebagai pendidik dapat memberikan Pujian ucapan yang bisa memberikan sentuhan positif secara verbal. Melalui pujian, seseorang akan merasa dihargai, begitu juga dengan para peserta didik.

5. Menjadikan siswa sebagai peserta didik yang aktif
Keaktifan peserta didik bisa mendorong dirinya untuk terus belajar dan semangat dalam memecahkan suatu permasalahan.
Salah satu contohnya adalah dengan media yang ada di kelas rendah kita dapat memberikan sejumlah pertanyaan berorientasi HOTS bagi mereka. Bagi siswa yang berani menjawab, baik benar atau salah, akan mendapatkan reward yang menguntungkan.

Baik Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

Zahra Dika Ramadhona གིས-
Nama : Zahra Dika Ramadhona
Npm : 2113053156

Izin menjawab Bu
Menurut saya cara menumbuhkan motivasi belajar peserta didik terutama kelas rendah yang terkandang memiliki motivasi yang turun naik. Adapun caranya seperti memiliki motode yang tepat sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik dan menggunakan media media yang sesuai.

Suatu pembelajaran akan terasa nyaman apabila menggunakan media pembelajaran yang tepat dan sesuai.
Adapun kriteria media pembelajaran yang baik :
1. Jelas dan rapi
2. Bersih dan menarik
3. Cocok dengan sasaran.
4. Relevan dengan topik yang diajarkan.
5. Sesuai dengan tujuan pembelajaran
6. Praktis
7. Berkualitas baik
Media pembelajaran yang banyak sekali dipakai dalam pembelajaran anak kelas rendah yaitu Audi visual karna media tersebut mampu meningkatkan motivasi anak serta memberikan kesenangan bagi peserta didik sendiri. Kemudia, kita juga sesekali bisa melakukan ice breaking agar.peserta didik tidak bosen dan selalu semangat untuk belajar. Selain dengan perilakuz sebagai seorang pendidik kita juga harus memberikan motivasi motivasi supaya peserta didik bersemangat selalu.
In reply to First post

Re: forum diskusi

ADILLA DWI PUTRI LESTARI གིས-
Nama : Adilla Dwi Putri Lestari
NPM : 2113053255

Izin menjawab pertanyaan diatas bu

Menurut saya cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah yaitu dengan :

1. Menggunakan media yang menarik
Cobalah untuk menggunakan media yang menarik seperti gambar, video, dan animasi yang sesuai dengan tingkat usia anak. Hal ini dapat membantu mempertahankan perhatian anak dan membuat mereka lebih bersemangat dalam belajar.

2. Menggunakan media interaktif
Media interaktif seperti game edukasi dan aplikasi pembelajaran dapat membantu anak lebih terlibat dan aktif dalam belajar. Hal ini juga dapat membantu mempertahankan minat anak dalam pembelajaran.

3. Gunakan lingkungan belajar yang sesuai
Menciptakan lingkungan belajar yang sesuai dengan usia anak dapat membantu meningkatkan motivasi belajar mereka. Cobalah untuk menggunakan bahan-bahan yang berwarna-warni dan menarik, serta membuat lingkungan belajar yang nyaman dan aman bagi anak.

4. Libatkan orang tua
Melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran dapat membantu meningkatkan motivasi belajar anak. Orang tua dapat membantu memotivasi anak untuk belajar dengan memberikan pujian dan dukungan.

5. Jadikan pembelajaran menyenangkan
Cobalah untuk menjadikan pembelajaran sebagai sesuatu yang menyenangkan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik bagi anak.

6. Berikan penghargaan
Memberikan penghargaan seperti sertifikat atau hadiah kecil dapat membantu meningkatkan motivasi belajar anak. Hal ini dapat membuat anak merasa dihargai dan termotivasi untuk terus belajar.

Dengan menerapkan beberapa cara tersebut, diharapkan dapat membantu menumbuhkan motivasi belajar peserta didik menggunakan media belajar yang sesuai dengan media kelas rendah.

Sekian, terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

Fauriza Agustina གིས-
Nama : Fauriza Agustina
NPM : 2153053004

Izin menjawab bu..

Dalam menggunakan media
pembelajaran dianjurkan untuk merencanakan secara sistematik agar pembelajaran berjalan efektif dan penggunaan media pembelajaranpun
berjalan secara efektif pula.

1. Pilih Media Pembelajaran yang Tepat
Menggunakan media pembelajaran yang tepat bisa menjadi cara untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Media pembelajaran yang tepat dan beragam membantu peserta didik supaya tidak merasa bosan saat KBM.
2. Manfaatkan Teknologi
Tidak bisa dipungkiri kalau hidup kita sekarang tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi. Begitu juga dengan belajar, sekarang sudah semakin mudah dengan bantuan teknologi. Teknologi bisa menjadi salah satu cara untuk memotivasi belajar peserta didik agar mereka semangat dan tertarik belajar di kelas.
3. Membuat peserta didik Aktif
Guru bisa mendorong peserta didik untuk terus belajar dan semakin aktif saat pelajaran di kelas. peserta didik akan semangat dalam memecahkan suatu permasalahan, misalnya latihan soal AKM saat KBM.
4. Pahami Perbedaan Setiap peserta didik
Guru harus selalu ingat kalau setiap peserta didik punya daya tangkap, karakter, talenta, dan potensi yang berbeda satu sama lain. Kondisi peserta didik tidak dapat dipukul rata. Guru harus bisa menjadi teman bagi peserta didik.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Ella septiani 2113053054 གིས-
Nama : Ella Septiani
NPM : 2113053054

Sebelumnya izin menjawab pertanyaan diatas yaitu bagaimana cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar sesuai dengan media kelas rendah

1. Menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan beragam
Cara meningkatkan motivasi belajar siswa bisa dengan meragamkan metode pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kebosanan siswa saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar.
2. Menjadikan siswa sebagai peserta didik yang aktif
Cara selanjutnya adalah dengan membuat siswa menjadi aktif di kelas. Keaktifan siswa bisa mendorong dirinya untuk terus belajar dan semangat dalam memecahkan suatu permasalahan.
3. Memanfaatkan media seoptimal mungkin
bisa memanfaatkan media sebagai salah satu cara meningkatkan motivasi belajar siswa. Melalui media, siswa bisa mendapatkan hal baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya.
4. Menciptakan kompetisi
Kompetisi atau persaingan yang terjadi selama pembelajaran, ternyata bisa menumbuhkan motivasi tersendiri bagi siswa. Melalui kompetisi, mereka akan saling membuktikan bahwa merekalah yang terbaik.
5. Mengadakan evaluasi secara berkala
Evaluasi merupakan salah satu cara guru untuk mengukur kompetensi siswanya.
6. Sampaikan motivasi secara langsung
Salah satu cara meningkatkan motivasi siswa adalah dengan memberinya motivasi.
7. Dermawan akan pujian
Pujian merupakan ucapan yang bisa memberikan sentuhan positif secara verbal. Melalui pujian, seseorang akan merasa dihargai, begitu juga dengan para peserta didik.

Dengan begitu siswa kelas rendah dapat termotivasi untuk kegiatan belajar mengajar selanjutnya,sekian termakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

NUR ANISA གིས-
Nama : Nur Anisa
NPM   : 2153053018


Izin menjawab Bu,

Menumbuhkan motivasi belajar anak bisa dilakukan dengan menggunakan media-media belajar yang menarik dan sesuai dengan kelas rendah, seperti:
1.Buku Cerita:
Peserta didik akan lebih tertarik dan termotivasi jika diajak membaca buku cerita yang sesuai dengan usia dan minat mereka. Buku cerita juga bisa membantu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis.

2. Video Pembelajaran
Menggunakan video pembelajaran yang menarik dan interaktif bisa membantu anak-anak lebih mudah memahami materi pelajaran.

3. Permainan Edukasi
Anak-anak lebih senang belajar dengan cara bermain. Buat permainan edukasi yang mengajarkan materi pelajaran dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

4. Musik
Musik bisa membantu meningkatkan motivasi dan konsentrasi anak-anak. Gunakan musik yang menarik dan sesuai dengan usia mereka saat belajar.

5.Gambar
Anak-anak cenderung lebih tertarik dengan gambar daripada teks. Gunakan gambar yang menarik dan relevan dengan materi pelajaran.

6.Kegiatan Praktik
Anak-anak juga perlu diberikan kesempatan untuk berlatih dan mencoba sendiri. Buat kegiatan praktik yang mudah dan menarik untuk mereka lakukan.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan cara penyampaian materi oleh pendidik atau pendamping belajar. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan ajak anak-anak untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran. Berikan penghargaan atau hadiah untuk memotivasi mereka dalam belajar. Ingatlah bahwa motivasi anak dalam belajar tidak hanya bergantung pada media belajar saja, tetapi juga pada lingkungan belajar dan dukungan yang diberikan oleh keluarga dan lingkungan sekitar.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

EMA NOFITA SARI གིས-
Nama : Ema Nofita Sari
NPM : 2113053108
Mohon izin menjawab
Menurut saya cara yang dapat filakukan untuknmenumbuhkan motivasi belajara anak kelas rendah menggunakan media adalah dengan
1. Buatlah media yang semenarik mungkin yang sesuai dengan pembelajaran yang diberikan
2. Buatlah proses pembelajaran dalam penerapan media dengan cara yang menyenangkan
3.buatlah media yang dapat menarik perhatian peserta didik sehingga peserta didik dapat aktif dalam proses pembelajaran
4. Jangan terlalu berpatok pada media audio visual maupun buku dalam proses pembelajaran cobalah media yang dapat diperagakan oleh peserta didik secara langsung
5. Berikanlah semangat dan motivasi kepada peserta didik setiap setelah. Melakukan sesuatu

Sekian terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

DAFFA SYIFAA NABIILAH གིས-
Nama : Daffa Syifaa Nabiilah
NPM : 2153053016

Izin memberikan pendapat bu,

Menurut pendapat saya didalam menumbuhkan motivasi belajar pada anak menggunakan media-media belajar yang cocok dengan kelas rendah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Menyediakan lingkungan belajar yang nyaman dan menarik
Membuat ruang belajar yang nyaman dan menarik bisa membantu anak merasa senang dan nyaman dalam belajar. Selain itu, menambahkan elemen-elemen menarik seperti poster, gambar, atau permainan yang terkait dengan materi pelajaran dapat meningkatkan minat anak dalam belajar.

2. Menggunakan media pembelajaran yang menarik
Media pembelajaran yang menarik dapat membantu anak mengembangkan minat dan motivasi untuk belajar. Beberapa contoh media pembelajaran yang bisa digunakan di kelas rendah adalah buku cerita, film pendek, game edukasi, atau alat peraga yang dapat dipegang.

3. Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
Anak-anak di era sekarang tumbuh dengan teknologi yang terus berkembang. Oleh karena itu, mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran dapat membuat anak lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Beberapa contoh teknologi yang dapat digunakan adalah video pembelajaran, aplikasi edukasi, atau presentasi animasi.

4. . Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan
Selain menyediakan lingkungan belajar yang nyaman, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dapat membantu anak merasa senang dan termotivasi dalam belajar. Beberapa cara untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan adalah dengan membuat permainan, menambahkan musik yang sesuai, atau membuat suasana yang santai dan tidak terlalu formal.

5. . Memberikan feedback yang positif
Memberikan feedback yang positif dapat membuat anak merasa dihargai dan termotivasi dalam belajar. Memberikan pujian atas prestasi yang dicapai atau memberikan dukungan dalam mengatasi kesulitan belajar dapat membantu anak merasa termotivasi untuk terus belajar.

Dalam mengimplementasikan langkah-langkah di atas, penting untuk memperhatikan kebutuhan dan minat anak. Selain itu, juga perlu memastikan bahwa media pembelajaran yang digunakan sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan.

Sekian, Terima Kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Irma Tri Susanti གིས-
Nama : Irma Tri Susanti
Npm : 2113053069

Mohon izin menjawab, Bu.

Menurut saya cara menumbuhkan motivasi belajar anak sesuai dengan media pembelajaran yakni dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Dalam penggunaanya, pendidik tidak hanya terpaku dengan satu media saja tetapi pendidik harus selalu berinovasi untuk menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Hal tersebut dilakukan supaya peserta didik tidak merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran. Tidak hanya itu, dalam memilih media pembelajaran pendidik juga harus memilih media pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik didalamnya. Jadi peserta didik turut berperan dalam penggunaan media pembelajaran tersebut.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

MUHAMMAD SYEKI RABIANSYAH གིས-
Nama : Muhammad Syeki Rabiansyah
NPM : 2113053252

Izin menjawab pertanyaan Ibu diatas
Jadi menurut pendapat saya, untuk menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar sesuai dengan media kelas rendah, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan:
1. Pilih media yang menarik perhatian anak. Anak-anak pada usia kelas rendah lebih mudah teralihkan perhatiannya oleh hal-hal yang menarik. Oleh karena itu, dalam memilih media pembelajaran perlu mempertimbangkan media yang menarik dan sesuai dengan minat anak. Misalnya, menggunakan media gambar atau video yang cerah, menarik, dan lucu.
2. Kombinasikan media dengan metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Anak-anak akan lebih termotivasi dalam belajar jika pembelajaran dilakukan dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Misalnya dengan menggunakan game, simulasi, atau eksperimen sederhana yang melibatkan anak secara aktif.
3. Sediakan media pembelajaran yang mudah diakses. Anak-anak pada usia kelas rendah masih membutuhkan bantuan dan pengawasan dari orang dewasa dalam menggunakan media pembelajaran. Oleh karena itu, pastikan media pembelajaran yang digunakan mudah diakses dan tidak memerlukan kemampuan teknologi yang terlalu tinggi.
4. Berikan penguatan positif dan reward. Memberikan penguatan positif seperti pujian dan penghargaan kecil dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Misalnya, memberikan hadiah kecil ketika anak berhasil menyelesaikan tugas atau berhasil memahami konsep tertentu.
5. Dukung kemandirian anak. Anak-anak pada usia kelas rendah membutuhkan dukungan dan bimbingan dalam belajar. Namun, penting juga untuk memberikan ruang bagi anak untuk mandiri dan menjelajahi media pembelajaran dengan caranya sendiri.
6. Libatkan orang tua dalam proses belajar anak. Orang tua dapat berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar anak dengan memberikan dukungan, membantu anak dalam memahami materi pembelajaran, serta memberikan reward dan penguatan positif pada anak ketika berhasil dalam belajar.

Sekian jawaban dari saya bu, Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

SEPTIANA 21 གིས-
Nama : Septiana
NPM : 2113053139

Izin menjawab pertanyaan di atas ibu,

Seperti diketahui, motivasi belajar pada siswa tidak sama kuatnya, ada siswa yang motivasinya bersifat intrinsik dimana kemauan belajarnya lebih kuat dan tidak tergantung pada faktor di luar dirinya. Sebaliknya dengan siswa yang motivasi belajarnya bersifat ekstrinsik, kemauan untuk belajar sangat tergantung pada kondisi di luar dirinya. Namun demikian, di dalam kenyataan motivasi ekstrinsik inilah yang banyak terjadi, terutama pada anak-anak dan remaja dalam proses belajar. Proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa mempunyai motivasi dalam belajar. Oleh karena itu, guru perlu menumbuhkan motivasi belajar siswa.

Media merupakan salah satu komponen pembelajaran, pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran. Banyak jenis media yang bisa dipilih, dikembangkan dan dimanfaatkan sesuai dengan kondisi waktu, biaya maupun tujuan pembelajaran yang dikehendaki. Setiap jenis media memiliki karakteristik tertentu yang perlu kita pahami, sehingga kita dapat memilih media yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada di lapangan.

Melalui berbagai metode dan media pembelajaran, pembelajar akan dapat banyak berinteraksi secara aktif dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki siswa, tentu saja media yang digunakan dalam proses dan untuk mencapai tujuan pendidikan. Pada hakekatnya media pembelajaran juga merupakan media komunikasi, karena proses pendidikan juga merupakan proses komunikasi. Yang secara khusus digunakan untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan meningkatkan motivasi siswa. Tidak semua media pendidikan adalah media pembelajaran, tetapi setiap media pembelajaran pasti termasuk media pendidikan.

Jadi berdasarkan pendapat diatas tentang media pembelajaran yaitu suatu bentuk peralatan, metode, atau teknik yang digunakan dalam menyalurkan pesan dan dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa, dalam mempertegas bahan pelajaran, sehingga dapat membangkitkan minat dan motivasi dalam mengikuti proses belajar mengajar.

Terimakasih, Bu.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Andriyani Merkuri གིས-
NAMA: ANDRIYANI MERKURI
NPM: 2113053247

Izin menjawab bu.
1. Berikan tantangan atau masalah yang menarik untuk dipecahkan oleh anak di dalam media belajar. Tantangan ini dapat meningkatkan minat belajar anak dan menghasilkan rasa pencapaian ketika berhasil menyelesaikannya.

2. Menggabungkan media belajar tradisional seperti buku dan alat tulis, dengan teknologi modern seperti laptop atau tablet. Hal ini akan menghasilkan pembelajaran yang lebih interaktif dan memungkinkan anak untuk merasakan keterlibatan yang lebih dalam dalam proses belajar.

3. Libatkan anak dalam pemilihan media belajar. Ajak anak untuk memilih dan menentukan sendiri media belajar yang mereka ingin gunakan.
Sekian terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

Siti Nadya Nur Amaliya གིས-
Nama : Siti Nadya Nur Amaliya
NPM : 2113053118

Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, yaitu digunakannya media pembelajaran yang baik dan benar serta menarik. Pemakaian media
pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru,membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh – pengaruh psikologis terhadap pembelajar.

Lalu bagaimana media belajar ini dapat meningkatkan motivasi peserta didik?
Singkatnya media belajar merupakan realisasi dari suatu konsep materi. Misalnya media belajar matematika dengan lidi. Jika pendidik hanya menjelaskan konsep maka peserta didik akan kesulitan untuk mengkonstruksi dan mengembangkan pemikirannya tentang penerapan konsep tersebut dalam kehidupan. Lain halnya jika pendidik memberikan praktik dengan media langsung kepada peserta didik, maka mereka dapat belajar dan paham bagaimana penjabaran dari konsep tersebut.

Dengan menggunakan media yang menarik, variatif, collorfull, maka peserta didik tidak akan cepat jenuh dengan pembelajaran, Apalagi media yang terkesan seperti bermain game. Misalnya papan pertambahan namun dengan metode ular tangga. Siswa akan tertantang untuk mengerjakan soal"  yang diberi melalui game ular tangga.

Sekian jawaban dari saya
Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

Aminata Zuhriyah གིས-
Nama: Aminata Zuhriyah
NPM: 2113053067

Menurut artikel yang saya baca terdapat beberapa cara untuk menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media-media belajar yang sesuai dengan kelas rendah, antara lain:

Gunakan media yang menarik dan beragam: Peserta didik pada kelas rendah mempunyai keterbatasan konsentrasi dan perhatian. Sering sekali mereka tidak memperhatikan pendidik sebagai pengajar malah asik bermain. Oleh karena itu, gunakan media yang menarik seperti gambar, video, atau audio untuk memperkuat pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Sebagai pendidik dapat menggabungkan berbagai jenis media untuk meningkatkan variasi dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Sesuaikan dengan kebutuhan dan minat anak: Ketahui minat dan kebutuhan peserta didik dalam belajar. Mereka mempunyai cara belajar yang berbeda-beda, sehingga perlu dilakukan penyesuaian agar media-media belajar yang digunakan dapat efektif dan dapat meningkatkan motivasi mereka.

Buat pembelajaran menjadi interaktif: Membuat pembelajaran menjadi interaktif dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar. Gunakanlah media interaktif seperti kuis, game, atau diskusi kelompok untuk memperkuat pemahamannya tentang materi pelajaran.

Berikan penguatan positif: Berikan pujian dan penghargaan kepada anak ketika mereka berhasil memahami materi pelajaran. Hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk terus belajar dan mencapai hasil yang lebih baik. Tapi reward ini jangan diberikan terlalu sering, reward atau hadiah hanya untuk penyemangat mereka belajar.

Jadikan pembelajaran menjadi menyenangkan: Anak-anak pada kelas rendah masih memandang belajar sebagai sebuah kewajiban. Bahkan mereka menganggap belajar hanya disekolah ditemani Oleh pendidik. Oleh karena itu, jadikan pembelajaran menjadi menyenangkan dengan menggunakan media-media belajar yang menarik dan interaktif. Hal ini dapat meningkatkan minat mereka dalam belajar dan mengurangi rasa bosan atau jenuh dalam pembelajaran.


Terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Valentina Setiyawati 2113053024 གིས-
Nama : Valentina Setiyawati
NPM : 2113053024

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar yang sesuai dengan media kelas rendah. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dicoba:

Menyesuaikan materi pembelajaran dengan minat dan bakat anak. Sebelum memilih media pembelajaran yang tepat, penting untuk memahami minat dan bakat anak. Dengan memilih materi yang sesuai dengan minat dan bakat anak, maka anak akan lebih mudah untuk tertarik dan termotivasi untuk belajar.

Menggunakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Contoh media pembelajaran yang dapat digunakan adalah buku cerita bergambar, kartu belajar, papan tulis mini, atau alat peraga yang sederhana seperti bola atau balok kayu. Hal ini akan membantu anak untuk lebih mudah memahami materi dan meningkatkan minat belajar.

Menerapkan pembelajaran yang berbasis permainan atau game. Anak-anak cenderung lebih suka belajar melalui permainan atau game. Oleh karena itu, dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasis permainan atau game, maka anak akan lebih termotivasi untuk belajar.

Menggunakan teknologi yang sederhana dan mudah digunakan. Teknologi yang sederhana seperti televisi, radio, atau smartphone dapat digunakan untuk membantu menambah daya tarik dalam pembelajaran. Namun, pastikan teknologi yang digunakan mudah dipahami dan digunakan oleh anak.

Melibatkan orangtua atau guru dalam proses belajar. Orangtua atau guru dapat memberikan motivasi dan dorongan kepada anak untuk belajar. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pujian dan penghargaan pada setiap kemajuan yang dicapai oleh anak.

Dengan memilih media pembelajaran yang tepat dan melibatkan orangtua atau guru dalam proses belajar, maka anak akan lebih mudah termotivasi untuk belajar dan meraih prestasi yang lebih baik.

Terima kasih Bu
In reply to First post

Re: forum diskusi

IRHAN ADITYA གིས-
Nama: Irhan Aditya
Npm: 2113053183

Motivasi belajar sangat mempengaruhi hasil belajar peserta didik, sebab Motivasi belajar akan meningkatkan semangat dan konsentrasi peserta didik dalam Menyimak, memperhatikan, dan mempraktikan pembelajaran di kelas, oleh sebab itu Motivasi peserta didik harus selalu di tingkatkan pada setiap pertemuan di kelas dan salah satu cara nya adalah penggunaan media pembelajaran, maka menurut saya pendidik bisa menumbuhkan dan meningkatkan Motivasi belajar peserta didik khususnya pada kelas rendah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, interaktif dan penuh dengan warna serta permainan, sebab peserta didik kelas rendah cenderung masih gemar sekali bermain, oleh karena itu  pendidik harus menggunakan media pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk bermain sambil belajar.

Terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

MUTHIAH MUALIMAH གིས-
Nama : Muthiah Mualimah
Npm : 2113053284

izin menjawab bu,

Untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa di kelas rendah, pendidik dapat menggunakan beberapa media belajar yang menarik dan sesuai dengan tingkat perkembangan mereka. Berikut adalah beberapa cara yang dapat pendidik coba:

Gunakan gambar dan poster: Buat poster atau gambar yang menarik dan relevan dengan materi pembelajaran. Gunakan warna-warna cerah dan gambar yang menarik perhatian anak-anak. Misalnya, jika pendidik sedang membahas binatang, tampilkan gambar-gambar binatang yang lucu dan menarik.

Gunakan video pendek: Pilih video pendek yang menarik dan mudah dipahami untuk mengajarkan konsep-konsep dasar. Video animasi atau kartun sering kali menarik perhatian siswa pada usia ini. Pastikan video tersebut sesuai dengan kurikulum dan mengandung informasi yang relevan.

Gunakan permainan edukatif: Buat permainan yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Misalnya, pendidik dapat menggunakan permainan papan dengan pertanyaan dan jawaban, atau permainan interaktif di komputer atau tablet yang mengajarkan konsep-konsep dasar.

Lakukan eksperimen sederhana: Siswa di kelas rendah sering kali lebih suka belajar dengan cara yang praktis. Lakukan eksperimen sederhana yang dapat menggambarkan konsep-konsep yang diajarkan. Misalnya, jika pendidik mengajarkan tentang gaya dan gerak, lakukan eksperimen dengan mendorong berbagai objek dan mengamati hasilnya.

Gunakan lagu dan musik: Anak-anak seringkali suka belajar melalui lagu dan musik. Buat lagu pendek atau nyanyian yang berhubungan dengan topik pembelajaran. Ajak siswa untuk bernyanyi bersama dan ikut serta dalam gerakan yang sesuai.

Gunakan media digital interaktif: Manfaatkan teknologi seperti komputer, tablet, atau papan interaktif untuk menampilkan media belajar yang menarik. Aplikasi pendidikan yang interaktif dan permainan pembelajaran dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam proses belajar.

Buat suasana belajar yang menyenangkan: Selain menggunakan media belajar yang menarik, penting juga untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di kelas. Berikan pujian dan penghargaan kepada siswa yang berprestasi, selalu berikan dukungan dan dorongan kepada siswa, dan libatkan mereka dalam kegiatan kelas yang menarik.

Selain menggunakan media belajar yang sesuai, penting juga untuk memahami kebutuhan dan minat siswa secara individual. Berikan variasi dalam pengajaran dan belajarlah untuk menyesuaikan metode yang efektif dengan setiap siswa. Dengan pendekatan yang tepat dan media belajar yang menarik, Anda dapat membantu menumbuhkan motivasi belajar siswa di kelas rendah.

sekian terimakasih bu