TUGAS

TUGAS

TUGAS

Jumlah balasan: 32

assalamulaaikum wr.wb

apakabar mahasiswaku sekalian, setelah tadi kalian membaca materi materi maka hari ini kalian akan langsung ibu berikan tugas, walau berat harus dijalani ya, hehehe...

Berikan analisa mu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh HANA JANATAN SALSABIELA -
Nama: Hana Janatan Salsabiela
NPM: 2113053120

Izin memberikan analisis bu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran.

Teori belajar merupakan upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dari belajar atau dapat dikatakan menjelaskan apa yang terjadi pada siswa. Teori belajar dapat diartikan juga sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar.
Contoh aplikasi teori belajar:   
- Teori apresiasi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan-gagasan baru dengan gagasan-gagasan lama yang sudah membentuk pikiran. 
- Teori konstruktivistik dalam teori belajar adalah siswa harus menemukan dan mentransformasikan suatu informasi kompleks ke situasi lain dan apabila dikehendaki, informasi itu menjadi milik mereka sendiri. Sehingga dalam proses belajar, siswa membangun sendiri pengetahuan mereka dengan keterlibatan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. 

Sedangkan teori pembelajaran adalah teori yang menawarkan panduan eksplisit tentang bagaimana membantu orang belajar dan berkembang ke arah yang lebih baik. Teori pembelajaran memfokuskan pada proses belajarnya, kepada apa yang dilakukan oleh guru untuk mencapai hasil yang optimal. Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif. Teori pembelajaran akan menjelaskan bagaimana menimbulkan pengalaman belajar dan bagaimana pula menilai dan memperbaiki metode dan teknik yang tepat.
Contoh aplikasi teori pembelajaran:
- Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran
- Teori konstruktivistik dalam teori pembelajaran adalah menempatkan siswa sebagai kekuatan dari timbulnya interest (ketertarikan) untuk membuat hubungan dari ide-ide atau gagasan lalu memformulasikannya kembali. Kemudian guru dan siswa bersama-sama mengkaji ide tersebut dan membuat kesimpulan. Pengajaran konstruktivisme didasarkan pada pembelajaran yang terjadi melalui keterlibatan aktif siswa dalam konstruksi makna dan pengetahuan.

Sehingga jika dijabarkan perbedaan teori belajar dan teori pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Teori belajar tujuan utamanya adalah memberikan proses belajar sedangkan teori pembelajaran tujuan utamanya adalah menetapkan metode pengajaran yang optimal.
2. Teori belajar menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar sedangkan teori pembelajaran menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar.
3. Teori belajar berfokus pada hubungan di antara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar sedangkan teori pembelajaran berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.
4. Teori belajar mengungkapkan hubungan kegiatan si pelajar dengan proses-proses psikologis dalam diri si pelajar sedangkan teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologi dalam diri si pelajar.

Sekian analisis dari saya, terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Friska Aprilya Saputri -
Nama : Friska Aprilya Saputri
Npm : 2113053072
Kelas : 4E
Mata Kuliah : Pembelajaran PKn SD
Dosen Pengampu : Dayu Rika Perdana, M.Pd.

Tugas Pertemuan 3!

Berikan analisamu mengenai perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh!
Jawab : Menurut saya, untuk menjadi seorang guru khususnya kita yang akan menjadi seorang guru hendaklah mengetahui atau memahami teori belajar dan teori pembelajaran. Tentunya teori belajar dan pembelajaran jelas berbeda, teori belajar bersifat deskriptif yang artinya lebih menekankan dan menjelaskan proses belajar guna menentukan hasil belajar sedangkan teori pembelajaran bersifat perspektif yang artinya lebih menekankan dan menerapkan metode pembelajaran yang optimal sehingga akan mempengaruhi orang lain yang memudahkan proses belajar. Oleh karena itu, guru harus memahami dan mengerti teori belajar dan pembelajaran yang nantinya dapat berpengaruh besar bagi peserta didik. Dalam hal ini, seorang guru akan mengetahui dan memahami berbagai cara mengenai cara peserta didik belajar dan menciptakan cara mengajar yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh peserta didik guna mencapai pembelajaran yang nyaman dan berkesan melalui teori belajar dan pembelajaran yang dilakukan.
Ada 4 macam teori belajar dan contohnya, yaitu:
1. Teori belajar behavioristik
Teori belajar behavioristik ini lebih menekankan perubahan tingkah laku akibat adanya interaksi atar stimulus dan respon. Contohnya, pada proses pembentukan perilaku anak yang diajarkan oleh orang tuanya. Ketika orang
tua mengajarkan huruf A maka anak akan menirukan ucapan yang dilakukan orang tuanya secara berulang-ulang. Hal ini anak memberikan respon untuk menirukan ucapan orang tua.
2. Teori belajar kognitif
Teori ini lebih mengutamakan proses belajar daripada hasil belajar. Contoh dari teori kognitif adalah proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas yang disampaikan oleh guru dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga peserta didik mampu memahami apa yang disampaikan oleh guru.
3. Teori belajar konstruktivisme
Teori belajar ini lebih memfokuskan proses dan kebebasan dalam menggali pengetahuan atau keaktifan pada peserta didik agar dapat belajar menemukan sendiri kompetensi di dirinya. Contoh teori belajar konstruktivisme adalah pada pembelajaran yang ada di luar kelas. Dalam hal ini, guru memberikan perintah peserta didik untuk mengamati fenomena yang ada di sekitar lingkungannya.
4. Teori belajar humanistik
Teori belajar humanistik ini lebih menekankan proses belajar yang dimulai dan ditunjukkan untuk kepentingan manusia itu sendiri. Contoh pada teori ini adalah seorang ilmuwan menjadi motivator dengan memberikan inspirasi pada setiap manusia untuk menjadi manusia yang lebih bijak kedepannya.

Sekian analisis dari saya, terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh SEPTIANA 21 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh,
Nama : Septiana
NPM : 2113053139

Izin menjawab Bu,
Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik.

Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.

Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif.
Salah satu contoh teori pembelajaran adalah
Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.

Menurut Budiningsih (2005), ada perbedaan yang prinsip antara teori belajar dengan teori pembelajaran. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
Contoh teori belajar deskriptif:
Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.

Contoh teori belajar preskriptif:
Agar retansi meningkat, maka kaitkan pengetahuan baru yang dipelajari pada struktur kognitif yang telah dimiliki.

Mungkin hanya itu ibu, Terimakasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Irma Tri Susanti -
Nama : Irma Tri Susanti
Npm : 2113053069

Mohon izin menjawab, Bu.

Teori belajar adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dari belajar. Jadi, seseorang itu dikatakan belajar ketika telah terjadi perubahan sikap atau tingkah laku pada diri peserta didik tersebut. Contoh teori belajar deskriptif yaitu kegiatan ketika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca oleh peserta didik, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik. Contoh teori belajar preskriptif yaitu kegiatan agar retansi meningkat, maka kaitkan pengetahuan baru yang dipelajari pada struktur kognitif yang telah dimiliki. Adapun beberapa macam teori belajar yaitu teori behavioristik, teori kognitif, teori konstruktivisme, dan teori humanistik. Contoh dari masing masing terori tersebut yaitu antara lain :
1. Teori Behavioristik
Behavioristik memandang bahwa belajar merupakan perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antar stimulus dan respon (Robert, 2014). Peserta didik dianggap telah melakukan belajar jika dapat menunjukkan perubahan tingkah lakunya. Contoh, peserta didik dapat dikatakan memiliki kemampuan membaca jika ia bisa menunjukkan kemampuan membacanya dengan baik.
2. Teori Kognitif
Teori belajar kognitif sering disebut sebagai model perseptual. Teori ini memandang bahwa tingkah laku seseorang ditentukan oleh persepsi serta pemahamannya tentang situasi yang berhubungan dengan tujuan belajarnya. Contoh, peserta didik dikatakan berhasil dalam pembelajaran jika ia turut berpartisipasi dalam proses pembelajaran nya dengan baik.
3. Teori Konstruktivisme
Dalam teori belajar konstruktivistik proses belajar merupakan suatu proses pembentukan (kontruksi) pengetahuan oleh peserta didik itu sendiri. Pengetahuan ada di dalam diri seseorang yang sedang mengetahui (Schunk, 1986). Artinya, proses pembentukan pengetahuan dilakukan oleh peserta didik itu sendiri. Peserta didik harus aktif selama kegiatan pembelajaran, aktif berpikir, menyusun kosep, dan memberi makna tentang hal-hal yang sedang dipelajari. Terwujudnya gejala belajar ditentukan oleh niat belajar peserta didik itu sendiri. Contoh dari penerapan teori ini yaitu guru tidak mentransfer pengetahuan yang telah dimilikinya, melainkan mendampingi peserta didik untuk membentuk pengetahuannya sendiri dan dituntut untuk lebih memahami jalan pikiran atau cara pandang peserta didik dalam belajar.
4. Teori Humanistik
Humanistik sendiri bersal dari kata "human" yang berarti manusia. Dalam arti luas humanistik dapat dikatakan sebagai upaya memanusiakan manusia melalui proses pembelajaran. Teori ini beranggapan bahwa teori belajar apa saja dapat dimanfaatkan dengan tujuan memanusiakan manusia.

Teori pembelajaran adalah kegiatan pendidik menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi suatu proses belajar. Menurut Bruner (dalam Degeng,1989) mengemukakan bahwa teori pembelajaran adalah preskriptif dan deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menetapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Salah satunya contohnya yakni teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.

Sekian, terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Siti Nadya Nur Amaliya -
Nama : Siti Nadya Nur Amaliya
NPM : 2113053118

Berikan analisa mu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.
Izin menjawab bu,
Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang sangat berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.
belajar dapat diartikan sebagai segala aktivitas psikis yang dilakukan oleh setiap individu sehingga tingkah lakunya berbeda antara sebelum dan sesudah belajar. Perubahan tingkah laku atau tanggapan, karena adanya pengalaman baru, memiliki kepandaian/ ilmu setelah belajar, dan aktivitas berlatih.
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik
Belajar adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk mengkaji dan memahami suatu subjek atau ilmu. sedangkan, p\Pembelajaran adalah suatu kegiatan dimana seseorang memberikan sebuah ulasan mengenai ilmu tersebut
Teori belajar adalah konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya.
Teori belajar lebih fokus kepada bagaimana peserta didik belajar/ Dalam teori belajar, kondisi dan metode pembelajaran merupakanvariabel bebas dan hasil pembelajaran sebagai variabel tergantung. Dengan demikian, dalam pengembangan teori belajar, variabel yang diamati adalah hasil belajar sebagai efek dari interaksiantara metode dan kondisi. Ada empat kategori utama atau kerangka filosofis mengenai teori-teori belajar, yaitu: teori belajar behaviorisme, teori belajar kognitivisme, teori belajar konstruktivisme dan teori belajar humanistik. Teori belajar behaviorisme hanya berfokus pada aspek objektif diamati pembelajaran. Teori kognitif melihat melampaui perilaku untuk menjelaskan pembelajaran berbasis otak. Teori konstruktivisme berpendapat bahwa belajar sebagai sebuah proses di mana pelajar aktif membangun atau membangun ide-ide baru atau konsep. Dan teori humanistik ini berusaha memahami perilaku.
Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif.
Menurut Bruner (dalam Degeng, 1989) mengemukakan bahwa teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar, teori ini menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar (C.Asri Budiningsih, 2004). Contoh teroi pembelajaran adalah teori elaborasi dimana terjadinya proses gagasan dan pemikiran baru.


Sekian dari saya
Terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh EMA NOFITA SARI -
Nama : Ema Nofita Sari
NPM : 2113053108

Mohon izin menjawab bu
Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. sedangkan Teori pembelajaran akan menjelaskan bagaimana menimbulkan pengalaman belajar dan bagaimana pula menilai dan memperbaiki metode dan teknik yang tepat.
Menurut Budiningsih (2005), ada perbedaan yang prinsip antara teori belajar dengan teori pembelajaran. pada teori belajar lebih bertujuan pada proses belajar sedangkan pada teori pembelajaran tujuan utamanya adalah menetapkan metode pembelajaran yang optimal. Lalu pada teori belajar lebih menaruh perhatian hubungan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar sedangkan pada teori pembelajaran menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengonteol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.
Terdapat beberapa macam teori belajar yaitu teori behavioriatik, teori kignitif, teori humanistik dan teori konstruktivistik. Salah satu contoh penerapan pada teori humanistik adalah dengan guru memberikan motivasi kepada siswa serta guru dapat memberikan penjelasan ulang kepada siswa agar siswa mampu memahami materi yang diberikan serta menyesuaikan cara belajar dengan karakter siswa.

Sekian, Terima kasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh ADELLA SHALSABILA -
Nama : Adella Shalsabila
NPM : 2113053259
Kelas : 4E

Izin menjawab bu

Berikan analisa mu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.
Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep dan prinsip belajar yang bersifat teoritis dan telah diuji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar berasal dari teori psikologi dan terutama berurusan dengan masalah situasi belajar. Sebagai bagian dari ilmu deskriptif, teori belajar menjelaskan apa, mengapa dan bagaimana belajar terjadi dalam diri pembelajar. Karena para psikolog memiliki pandangan yang berbeda tentang apa, mengapa dan bagaimana pembelajaran terjadi, banyak teori pembelajaran muncul seperti behavioristik, kognitif, humanistik, dll.

Teori belajar tidak menjelaskan bagaimana belajar itu terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi dari prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah-masalah praktis pembelajaran. Teori belajar menjelaskan bagaimana menciptakan pengalaman belajar dan bagaimana mengevaluasi dan meningkatkan metode dan teknik yang tepat. Teori belajar deskriptif mampu menjelaskan, meramalkan dan mengendalikan peristiwa belajar. Prinsip dan keteraturan belajar digunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, teori belajar tertentu sendiri memiliki dampak terhadap pembelajaran tertentu atau tergantung dari sudut pandang mana pembelajaran itu berlangsung. Dengan demikian, menjadi jelas bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara teori belajar dengan teori belajar.

Teori belajar bersifat deskriptif, sehingga struktur logika yang digunakan adalah “jika…maka…”. Misalnya: "Jika subjek (ini adalah kondisi) diorganisasikan menggunakan modelelaborasi, perolehan dan retensi pembelajaran akan meningkat." untuk membawa perubahan kinerja dalam bentuk peningkatan bantuan belajar dan retensi. Oleh karena itu, teori belajar menanyakan apa yang terjadi secara psikologis ketika seseorang berhenti belajar. Sebuah proposisi yang digunakan dalam teori belajar adalah "agar... lakukan ini". Sebagai contoh, ”Agar perolehan hasil belajar dan retensi meningkat, organisasilah materi pelajaran dengan menggunakan model elaborasi. Dalam proposisi teori pembelajaran, peningkatan perolehan hasil belajar dan retensi ditetapkan sebagai hasil pembelajaran yang diinginkan, dan model elaborasi yang merupakan salah satu model untuk mengorganisasi materi pelajaran, dijadikan metode yang optimal untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Yugi Utami -
Nama: Yugi Utami
NPm: 2113053132

Terdapat perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran dalam dunia pendidikan. Teori belajar mengacu pada proses internal di mana seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui pengalaman belajar. Di sisi lain, teori pembelajaran mencakup pengalaman belajar dan interaksi sosial dalam lingkungan pembelajaran.

Contoh perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran dapat dilihat dari cara-cara yang berbeda dalam memandang bagaimana seseorang memperoleh pengetahuan. Menurut teori belajar, individu belajar melalui proses internal yang terjadi dalam otak mereka sendiri, seperti perhatian, persepsi, pemrosesan informasi, dan pengambilan keputusan. Oleh karena itu, teori belajar sering difokuskan pada faktor-faktor psikologis seperti motivasi, perhatian, dan memori. Sebagai contoh, seseorang belajar untuk mengemudi dengan mengasah kemampuan memori dan keterampilan motorik mereka.

Di sisi lain, teori pembelajaran menganggap bahwa proses belajar terjadi melalui interaksi sosial, lingkungan, dan situasi. Teori ini menekankan bahwa individu belajar melalui pengalaman dan interaksi dengan orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, teori pembelajaran cenderung berfokus pada faktor-faktor eksternal seperti guru, lingkungan kelas, dan strategi pembelajaran. Sebagai contoh, seorang siswa yang belajar matematika dengan berdiskusi dengan teman sekelas dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep matematika melalui interaksi sosial.

Dalam kesimpulannya, teori belajar dan teori pembelajaran masing-masing menekankan aspek-aspek yang berbeda dari proses belajar. Teori belajar lebih difokuskan pada faktor-faktor internal individu, sedangkan teori pembelajaran cenderung lebih fokus pada faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi belajar, seperti interaksi sosial dan lingkungan pembelajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Khusnul Khotimah -
Nama : Khusnul Khotimah
NPM : 2113053122

Izin menjawab pertanyaan diatas bu. Berdasarkan analisa saya, teori belajar dan pembelajaran memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Teori belajar dapat didefinisikan sebagai upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dari belajar atau dapat dikatakan sebagai teori yang menjelaskan apa yang terjadi pada siswa. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Teori belajar contohnya seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya.

Sedanngkan Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Teori pembelajaran menawarkan panduan eksplisit bagaimana membantu orang belajar sangat berkembang lebikmh baik yaitu lebih memfokuskan pada proses belajarnya kepada apa yang dilakukan oleh guru untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif.

Contoh teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan-gagasan baru dengan gagasan-gagasan lama yang sudah membentuk pikiran. Sedangkan contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pembelajaran.

Sekian Terimakasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Ida Wahyuni -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Ida Wahyuni
NPM : 2113053193
Kelas : 4E


Berikan analisa mu mengenai perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.

Menurut saya, Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Sedangkan teori pembelajaran adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat penjelasan mengenai bagaimana siswa menerima, memproses, dan mempertahankan pengetahuan selama belajar. Menurut Budiningsih (2005), ada perbedaan prinsip antara teori belajar dengan teori pembelajaran. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar dan tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. Lebih lanjut, Budiningsing menjelaskan bahwa teori belajar lebih fokus kepada bagaimana peserta didik belajar. Dalam pengembangan teori belajar, hasil yang diamati adalah hasil pembelajaran nyata (actual outcomes) dalam pengertian probabilistik, yaitu hasil pembelajaran yang mungkin muncul, dan bisa jadi bukan merupakan hasil pembelajaran yang diinginkan. Pada teori pembelajaran, fokus diarahkan kepada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi proses belajar. Oleh karena itu, teori pembelajaran berhubungan dengan upaya mengontrol variable-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat mudah belajar. Jadi perbedaan dari teori belajar dan teori pembelajaran adalah teori belajar bertujuan untuk memeriksa proses belajar sedangkan teori pembelajaran bertujuan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Contoh teori belajar adalah teori behavioristik. Teori ini berkembang menjadi aliran psikologi belajar yang berpengaruh terhadap arah pengembangan teori dan praktik pendidikan dan pembelajaran yang dikenal sebagai aliran behavioristik. Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar. Sedangkan contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pembelajaran.

Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh NUR ANISA -
Nama : Nur Anisa
NPM : 2153053018

Izin memeberikan analisis perbedaan teori belajar dan permbelajaran beserta contoh Bu,

Teori belajar merupakan upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga bisa membantu dalam memahami proses intern yang kompleks dari belajar. Maksudnya terori belajar merupakan perubahan tingkah laku yang relatif permanen, disebabkan oleh interaksi individu dengan lingkungannya. Contohnya seseorang akan belajar untuk merubah tingkah lakunya , yaitu dari tidak bisa menjadi bisa , dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mampu melakukan sesuatu menjadi mampu melakukan sesuatu. Perubahan tersebutlah yang memaknai dari adanya proses belajar.

Sedangkan pembelajaran merupakan proses kegiatan atau suatu perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar , yaitu interaksi pendidik dan peserta didik. Contoh pembelajaran , yaitu pedidik memberikan materi sesuai kebutuhan peserta didik di kelas. Contoh lain implementasi teori pembelajaran, yaitu adanya pendidikan nilai,moral, dan norma. Pendidikan nilai mencakup pengkajian atau pengamatan. Melalui pengamatan peserta didik mengenal tumbuhan dan melaporkan kepada pendidik bagaimana tumbuhan tersebut dapat bertumbuh. Pendidikan moral mencakup pertanyaan, pernyataan, gambar dan cerita. Peserta didik diberikan suatu masalah dan mereka akan mengemukakan solusi dan alasan dari solusi tersebut. Dan pendidikan norma mencakup sikap dan perilaku.

Sekian, terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh WULAN ERLIANA SAFITRI -
Nama : Wulan Erliana Safitri
NPM : 2113053185

Izin memberikan analisis mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran,

- teori belajar
1. tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6. mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar).
salah satu contoh teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan-gagasan baru dengan gagasan-gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.

- teori pembelajaran
1. memiliki tujuan utama yaitu menetapkan metode pengajaran optimal
2. menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang di spesifikasi pada dala teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. penelitian dasar dilakukan oleh ilmuan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog
6. mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologi dalam diri si belajar.
salah satu contoh teori pembelajaran adalah teori alaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.

Sekian Terimakasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh MASITA PUTRI KIRANA -
Nama : Masita Putri Kirana
NPM : 2113053182

ANALISIS
Sebelum kita memahami lebih lanjut mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajan, kita harus paham terlebih dahulu apa itu teori. Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang sangat berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah. Berdasarkan dari yang saya analisis, belajaradalah serangkaian tindakan atau kegiatan yang dilakukan seseorang secara sadar dan yang mengarahkannya pada perubahan berupa tambahan pengetahuan atau keterampilan berdasarkan perasaan dan pengalamannya. Jika siswa tidak mengalami perubahan positif setelah lulus, dalam artian tidak memperoleh keterampilan baru dan pengetahuannya tidak bertambah, maka dapat dikatakan pembelajarannya belum tuntas.
Sedangkan, pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dengan lingkungan belajar. Padahal peran guru dalam pembelajaran adalah memberikan dukungan agar proses perolehan pengetahuan dan informasi bagi siswa berlangsung. Jadi dapat disimpulkan bahwa Teori Belajar dan Pembelajaran adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar sehingga membantu kita semua memahami
proses yang kompleks dalam belajar. Berdasarkan sumber yang saya baca, untuk membedakan antara Teori Belajar dan Pembelajaran bisa diamati dari posisional teorinya, apakah berada pada tataran teori deskriptif atau preskriptif. Menurut Bruner (dalam Degeng, 1989) mengemukakan bahwa teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Sedangkan teori pembelajaran sebaliknya, teori ini menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar (C.Asri Budiningsih, 2004).
Contohnya teori belajar deskriptif:
Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.
Contoh teori pembelajaran preskriptif:
Agar retansi meningkat, maka mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka
isi.

Terimakasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Syifa Azzahra Riyadi -
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Dimana peran pendidik dalam pembelajaran disini untuk memberi bantuan agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan kepada peserta didik.

Jadi dapat dikatakan bahwa Teori Belajar dan Pembelajaran adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dalam belajar. Untuk membedakan antara Teori Belajar dan Pembelajaran bisa diamati dari posisional teorinya, apakah berada pada tataran teori deskriptif atau preskriptif.

Menurut Bruner (dalam Degeng, 1989) mengemukakan bahwa teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Sedangkan teori pembelajaran sebaliknya, teori ini menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.
Dalam proposisi teori belajar tersebut, model pengorganisasian pembelajaran (model elaborasi) ditetapkan sebagai perlakuan di bawah kondisi karakteristik isi pelajaran, untuk memberikan perubahan unjuk kerja (actual outcomes), berupa peningkatan perolehan belajar dan retensi. Dengan demikian, teori belajar mempertanyakan apa yang terjadi secara psikologis bila suatu tindakan belajar dilakukan oleh seseorang. Pada teori pembelajaran, fokus diarahkan kepada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi proses belajar. Oleh karena itu, teori pembelajaran berhubungan dengan upaya mengontrol variable-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat mudah belajar. Dalam hal ini, kondisi dan hasil pembelajaran ditempatkan sebagai given, dan metode yang optimal ditetapkan sebagai variabel yang diamati. Jadi, kondisi dan hasil pembelajaran sebagai variabel bebas, sedangkan metode pembelajaran sebagai variabel tergantung.

sekian terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Dina Damayanti -
Nama : Dina Damayanti
NPM : 2113053145

Izin memeberikan analisis bu.
Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang sangat berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah. Untuk membedakan antara Teori Belajar dan Pembelajaran bisa diamati dari posisional teorinya, apakah berada pada tataran teori deskriptif atau preskriptif. teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Sedangkan teori pembelajaran sebaliknya, teori ini menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar

sekian terimakasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Ella septiani 2113053054 -
Nama: Ella Septiani
NPM: 2113053054

Berikan analisa mu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh?
Sebelumnya izin memberikan tanggapan analisis
Ada perbedaan yang prinsip antara teori belajar dengan belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.

Budiningsing menjelaskan bahwa teori belajar lebih fokus kepada bagaimana peserta didik belajar
sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Dalam teori belajar, kondisi dan metode pembelajaran merupakan variabel bebas dan hasil pembelajaran sebagai variabel tergantung. Dengan demikian, dalam pengembangan teori belajar, variabel yang diamati adalah hasil belajar sebagai efek dari interaksi antara metode dan kondisi.Dalam pengembangan teori belajar, hasil yang diamati adalah hasil pembelajaran nyata (actual outcomes) dalam pengertian probabilistik, yaitu hasil pembelajaran yang mungkin muncul, dan bisa jadi bukan merupakan hasil pembelajaran yang dinginkan. Oleh karena teori belajar adalah deskriptif, maka struktur logis yang digunakan adalah ”Jika…, maka….”. Sebagai contoh, ”Jika materi pelajaran (ini suatu kondisi) diorganisasi dengan menggunakan model elaborasi (ini suatu metode), maka perolehan belajar dan retensi (ini suatu hasil) akan meningkat.”

Dalam proposisi teori belajar tersebut, model pengorganisasian pembelajaran (model elaborasi) ditetapkan sebagai perlakuan di bawah kondisi karakteristik isi pelajaran, untuk memberikan perubahan unjuk kerja (actual outcomes), berupa peningkatan perolehan belajar dan retensi.Adapun proposisi yang digunakan dalam teori pembelajaran adalah ”agar …., Iakukan ini.” Sebagai contoh, ”Agar perolehan hasil belajar dan retensi (suatu hasil) meningkat, organisasilah materi pelajaran (suatu kondisi) dengan menggunakan model elaborasi (suatu metode).

Sekian terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Zahra Dika Ramadhona -
Izin menjawab Bu
Nama : Zahra Dika Ramadhona
Npm : 2113053156

Teori belajar merupakan teori yang berisikan memilih/bagaimana cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar dikelas sedangkan teori pembelajaran merupakan teori yang berisikan bagaimana menetapkan metode tersebut dengan optimal, efektif dan efisien. Perbedaan dari kedua tersebut terdapat ditujuan, teori belajar adalah deskriptif yang memiliki tujuan utama memeriksa proses belajar dan teori pemerintah merupakan perspektif yang memiliki tujuan utama mengoptimalkan metode yang dipilih. Adapun contoh teori belajar seperti teori kognitif, humanistik, konstruktif, dan behavioristik. Adapun contoh teori pembelajaran seperti ceramah, diskusi dan lain lain.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh ADILLA DWI PUTRI LESTARI -
Nama : Adilla Dwi Putri Lestari
NPM : 2113053255

Izin memberikan analisis tentang perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran bu

Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas.

Ada tiga kategori utama atau kerangka filosofis mengenai teori-teori belajar, yaitu: teori belajar behaviorisme,  teori belajar kognitivisme, dan  teori belajar konstruktivisme.  Teori belajar behaviorisme hanya berfokus pada aspek objektif diamati pembelajaran. Teori kognitif melihat melampaui perilaku untuk menjelaskan pembelajaran berbasis otak. Dan pandangan konstruktivisme belajar sebagai sebuah proses di mana pelajar aktif membangun atau membangun ide-ide baru atau konsep.

Sedangkan, Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif.

Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
Teori Belajar yang bersifat deskriptif
Contoh teori belajar deskriptif:
Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.
Sedangkan, Teori Pembelajaran yang bersifat preskriptif
Contoh teori pembelajaran preskriptif:
Agar retansi meningkat, maka mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi.

Dalam teori belajar tidak berhubungan dengan metode pembelajaran sedangkan teori pembelajaran selalu menyebutkan metode pembelajaran.

Sekian, terimakasih bu
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Valentina Setiyawati 2113053024 -
Nama : Valentina Setiyawati
NPM : 2113053024

Perbedaan teori belajar dan teori pembelajaran Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Terdapat beberapa perbedaan diantaranya yaitu : teori belajar Memiliki tujuan utama yaitu memberikan proses belajar, menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar, berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar, tidak berhubungan dengan metode pembelajaran, penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar, mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar), salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran. Sedangkan teori pembelajaran memiliki tujuan utama yaitu menetapkan metode pengajaran yang optimal, menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar, berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar, selalu menyebutkan metode pembelajaran, penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog, mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar, salah satu contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.

Adapun bentuk implementasi teori deskriptif dan preskriptif dalam membedakan teori belajar dan pembalajaran dapat dilihat dari sifat-sifatnya yang telah dikelompokkan oleh Reigeluth (dalam Degeng, 1989). Diantaranya dapat dilihat dari contoh-contoh pernyataan-pernyataan teori belajar dan pembelajaran sebagai berikut:
- Teori Belajar yang bersifat deskriptif dan preskripti
Contoh teori belajar deskriptif: Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.
Contoh teori belajar preskriptif: Agar retansi meningkat, maka kaitkan pengetahuan baru yang dipelajari pada struktur kognitif yang telah dimiliki.

- Teori Pembelajaran yang bersifat preskriptif
Contoh teori belajar preskriptif: Agar retansi meningkat, maka mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi.

Selain itu peranan atau implementasi antara teori deskriptif dan preskriptif juga terdapat aspek penting yang membedakan antar keduanya, yaitu dapat dilihat dari jenis profesi yang biasa ditemukan dikehidupan manusia. Dimana teori deskriptif ini biasanya hanya ditemukan pada orang-orang yang berprofesi sebagai ilmuwan saja sedangkan teori preskrpitif terlibat dalam tiga profesi, yaitu para ilmuwan, teknolog, dan teknisi. Seperti yang telah dipaparkan Reigeluth, Bunderson, dan Merril (dalam Degeng, 1989) mengemukakan bahwa ilmuwan adalah orang-orang yang selalu berurusan dengan pengembangan prinsip dan teori, teknolog adalah orang-orang yang menggunakan prinsip dan teori untuk mengembangkan prosedur, dan teknisi adalah orang-orang yang mengembangkan prosedur yang dikembangkan teknolog untuk menciptakan sesuatu.

Terima kasih Bu
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh DAFFA SYIFAA NABIILAH -
Nama : Daffa Syifaa Nabiilah
NPM : 2153053016
Kelas : 4 E

Izin memberikan analisis bu, mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran.

a. Teori belajar merupakan upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dari
belajar atau dapat dikatakan menjelaskan apa yang terjadi pada siswa.
b. Teori pembelajaran adalah teori yang menawarkan panduan ekplisit bagaimana membantu orang belajar dan berkembang lebih baik yaitu lebih memfokuskan pada proses belajarnya kepada apa yang dilakukan oleh guru untuk mencapai hasil belajar optimal. Dengan kata lain teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses psikologis dalam diri siswa, sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dengan proses psikologis dalam diri siswa.

Berikut ini perbedaan teori belajar dan teori pembelajaran.
1. TEORI BELAJAR
- Tujuan utamanya memberikan proses belajar
- Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
- Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
- Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
- Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar

2. TEORI PEMBELAJARAN
- Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
- Menaruh perhatian pada bagaimana Seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
- Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
- Selalu menyebutkan metode pembelajaran
- Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologi dalam diri si belajar

Contoh teori belajar dan teori pembelajaran.
1. Contohnya teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran. Contoh teori belajar konstruktivistik adalah siswa harus menemukan dan mentransformasikan suatu informasi kompleks ke situasi lain, dan apabila dikehendaki, informasi itu menjadi milik mereka sendiri. Sehingga dalam proses belajar, siswa membangun sendiri pengetahuan mereka dengan keterlibatan aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
2. Contoh teori pembelajaran adalah Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran. Contoh aplikasi teori konstruktivistik dalam pembelajaran adalah Menempatkan siswa sebagai kekuatan timbulnya interes, untuk membuat hubungan ide-ide atau gagasan-gagasan, kemudian memformulasikan kembali ide-ide tersebut, serta membuat kesimpulankesimpulan. Guru bersama-sama siswa mengkaji pesan-pesan penting bahwa dunia adalah kompleks, di mana terjadi bermacam-macam pandangan tentang kebenaran yang datangnya dari berbagai interpretasi.

Sekian, Terima Kasih bu.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Andini Putri Oktaviana -
Nama : Andini Putri Oktaviana
NPM: 2113053016

Izin memberikan analisis Bu.

Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya.

Sedangkan, Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif. Teori pembelajaran akan menjelaskan bagaimana menimbulkan pengalaman belajar dan bagaimana pula menilai dan memperbaiki metode dan teknik yang tepat.

Contohhnya pada mata pelajaran PKn SD menggunakan teori belajar behavioristik. Teori ini sangat menekankan pada hasil belajar, yaitu perubahan tingkah laku yang dapat dilihat. Teori behavioristik sangat erat kaitannya dalam membentuk watak dan karakter warga negara yang baik karena dengan memberikan stimulus yang baik maka siswa diharapkan memperoleh respon yang baik pula sehingga PKn dibelajarkan sesuai tujuan dan hakikat PKn SD. Kemudian dari teori ini, muncul suatu teori pembelajaran berupa prosedur untuk menentukan metode dan Teknik yang tepat dalam menerapannya. Karena itu, teori belajar tertentu dengan sendirinya akan berimplikasi pada pembelajaran tertentu pula atau tergantung dari sudut pandang mana proses belajar itu terjadi. Dengan demikian, jelaslah bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara teori belajar dengan teori pembelajaran.

Sekian analisa saya. Terimakasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Sekar Tyas Ayu Ningrum -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebelumnya izin memperkenalkan diri,

Nama : Sekar Tyas Ayu Ningrum
NPM : 2113053011
Kelas : 4E
Prodi : PGSD

Izin menjawab bu,
Analisis saya mengenai perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran, yaitu
Teori belajar adalah teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan murid baik perancangan metode pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Teori belajar juga dapat diartikan sebagai usaha untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, jadi bisa membatu kitu semua untuk memahami peroses intern yang begitu kompleks dari belajar.
Contoh nya dalam teori belajar yaitu Contoh Teori Belajar Behavioristik dapat kita lihat pada proses pembentukan perilaku bayi yang dilakukan oleh para orang tua. Misalnya orang tua terus mengulang kata tertentu pada si bayi seperti "pa pa", "ma ma. Dengan terus mengulanginya, seiring waktu si bayi akan mampu merespon untuk ikut mengucapkan kata tersebut.

Sedangkan teori pembelajaran merupakan penerapan prinsip-prinsip teori belajar, teori tingkah laku, dan prinsip- prinsip pembelajaran dalam usaha mencapai tujuan belajar.
Contohnya dalam teori pembelajaran yaitu, guru mengadakan analisis tugas secara sistematik mengenai tugas-tugas yang harus dilakukan siswa di dalam latihan atau situasi pendidikan.
tugas-tugas tersebut disusun secara hierarkis atau paralel tergantung dari urutan tugas-tugas dalam usaha mencapai tujuan akhir.

Baik Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh I wayan Suberata -
Nama I Wayan suberata
NPM 2153053007
Kelas 4 E

Izin menyampaikan analisis
Teori belajar adalah teori yang mempunyai metode untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, merancang metode pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas. Di sisi lain, teori belajar adalah teori yang memiliki penjelasan tentang bagaimana siswa menerima, memproses, dan menyimpan informasi selama belajar. Menurut Budiningsih (2005), ada perbedaan mendasar antara teori belajar dan teori belajar. Teori belajar bersifat deskriptif karena tujuan utamanya adalah mempelajari proses pembelajaran dan metode pelaksanaan kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa. Sedangkan teori belajar bersifat preskriptif karena tujuan utamanya adalah menentukan metode pembelajaran yang optimal. Lebih lanjut Budiningsing menjelaskan bahwa teori belajar lebih menitikberatkan pada bagaimana siswa belajar. Dalam pengembangan teori belajar, hasil yang diamati adalah hasil belajar yang sebenarnya (real result), yaitu hasil belajar yang sesungguhnya. hasil belajar yang mungkin tampak dan mungkin bukan hasil belajar yang diinginkan. Teori belajar menitikberatkan pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain sehingga terjadi belajar. Oleh karena itu, teori belajar adalah tentang upaya untuk mengontrol variabel yang didefinisikan dalam teori belajar untuk memfasilitasi pembelajaran. Dengan demikian, perbedaan antara teori belajar dan teori belajar adalah bahwa tujuan teori belajar adalah untuk mempelajari pembelajaran sedangkan tujuan belajar adalah untuk mengoptimalkan pembelajaran. Contoh teori belajar adalah teori perilaku. Teori tersebut berkembang menjadi aliran psikologi pendidikan yang mempengaruhi perkembangan teori dan praktek pendidikan dan pembelajaran yang dikenal dengan aliran behavioral. Aliran ini menekankan perkembangan tingkah laku sebagai hasil belajar. Pada saat yang sama, teori pembelajaran adalah contoh teori pengembangan, yang merupakan hasil pengujian efektivitas strategi organisasi pembelajaran.
Sekian terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Niki Sasi Kirani -
Nama: Niki Sasi Kirani
NPM: 2113053027
Kelas: 4E

Analisis saya mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran dengan contohnya yaitu:
- Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar, berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar, dan teorinya tidak berhubungan dengan metode pembelajaran. Penelitian pada teori ini dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar. Pada teori ini juga mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar. Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru  dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.

- Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal sehingga berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar. Teori pembelajaran menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar dan selalu menyebutkan metode pembelajaran. Penelitian pada teori ini dilakukan oleh ilmuwan (Penelitian Dasar) dan dilakukan oleh teknolog (Penelitian Terapan). Pada teori ini mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar. Sehingga, terdapat salah satu contoh dari teori ini yaitu teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.

Sekian, terimakasih bu.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Ditya Aslamiyah Ditya Aslamiyah -
Nama : Ditya Aslamiyah
NPM : 2113053291

Izin memberikan analisis atas pertanyaan ibu.
Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas.
Sedangkan, teori pembelajaran adalah sebuah proses perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau percobaan. Teori ini memperoleh sebuah ilmu atau pengetahuan yang diperoleh dari proses belajar.
Dengan menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik setidaknya guru dapat memahami apa dan bagaimana sebenarnya proses belajar itu terjadi pada diri peserta didik, sehingga guru dapat mengambil tindakan pedagogik dan edukatif yang tepat bagi penyelenggaraan pembelajaran.
Sekian, terima kasih bu.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Ririn Dwiyanti -
Nama: Ririn Dwiyanti
NPM: 2153053044

Izin memberikan analisis bu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran.
Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar) Teori belajar dapat diartikan juga sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar.
Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran

Teori pembelajaran adalah kegiatan pendidik menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi suatu proses belajar. Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif.
Salah satu contoh teori pembelajaran adalahTeori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Fauriza Agustina -
Nama : Fauriza Agustina
NPM : 2153053004

Izin memberikan analisis bu..

Teori belajar adalah teori diskriptif, Teori belajar deskriptif lebih menekankan kepada proses belajar. Misalnya teori belajar deskriptif lebih mengutamakan hasil belajar dengan memberikan materi yang mudah di pahami serta sesuai dengan kemampuan peserta didik. Teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan peserta didik dengan proses-proses psikologis dalam diri peserta didik, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri peserta didik. Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.

Sedangkan teori pembelajaran adalah teori preskriptif. Teori preskriptif bertujuan kepada mengoptimalkan metode pembelajaran. Tujuan dari teori pembelajaran berusaha mengajak sesorang agar terjadi proses belajar sedangkan teori belajar bagaimana mendapatkan hasil dari menghubungkan berbagai variabel. Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran

Sekian, terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh NOVITA ANGGARWATI -
Nama : Novita Anggarwati
NPM : 2113053200

Menurut saya, untuk membedakan teori belajar dan teori pembelajar dilihat dari posisional teorinya, Bruner (dalam Degeng, 1989) mengemukakan bahwa teori pembelajaran adalah preskriptif sedangkan teori belajar adalah deskriptif. Teori belajar deskriptif menyajikan cara-cara mencapai tujuan dalam proses belajar antara pendidik dan peserta didik. Teori pembelajaran merupakan metode belajar yang dilaksanakan di dalam maupun di luar kelas. Teori belajar berkaitan dengan aspek-aspek yang menentukan hasil belajar, sedangkan teori pembelajaran berkaitan dengan aspek-aspek pendukung lainnya, seperti kondisi dan dampak dari interaksi kelas yang dibangun oleh pendidik dan peserta didik.
Contoh penerapan teori belajar dalam kegiatan belajar mengajar adalah pendidik memberikan stimulus kepada peserta didik, hal ini ditujukan agar peserta didik memperoleh daya tarik terhadap suatu mata pelajaran. Dengan demikian, peserta didik dapat memberikan tanggapan dari stimulus yang diberikan. Stimulus tersebut juga secara tidak langsung merangsang peserta didik agar menjadi aktif dalam kegiatan belajar. Teori pembelajaran dalam penerapannya adalah dikusi yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. Diskusi dapat berupa pengkajian materi yang telah dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Debi Elisa Prasasti -
Nama : Debi Elisa Prasasti
NPM : 2113053158

Perbedaan antara Teori Belajar dan Teori Pembelajaran
• Teori pembelajaran.
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil
belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuan karena merupakan penelitian dasar
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses psikologis
dalam diri si pelajar
Contoh teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar
merupakan suatu proses terisolasinya gagasan-gagasan baru dengan gagasan
lama yang sudah membentuk pikiran
• Teori Pembelajaran
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain
agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada
dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan
oleh teknologi
6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses
proses psikologi dalam diri si belajar
Contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari
pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh MUTHIAH MUALIMAH -
NAMA : MUTHIAH MUALIMAH
NPM : 2113053284

Izin menjawab analisis bu,

Teori belajar berperan penting dalam perencanaan pembelajaran. Sebuah teori pembelajaran sebaiknya juga menyangkut suatu praktek untuk membimbing seseorang bagaimana caranya ia memperoleh pengetahuan dan keterampilan, pandangan hidup, serta pengetahuan akan kebudayaan masyarakat sekitarnya.
Seorang guru sangat perlu memiliki kemampuan merancang dan menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang tercakup dalam teori pembelajaran yang dianggap cocok dengan minat dan bakat serta sesuai dengan taraf perkembangan siswa termasuk di dalamnya memanfaatkan berbagai sumber dan media pembelajaran untuk menjamin efektivitas pembelajaran. Hal tersebut ditujukan agar dalam proses mengajar terdapat kegiatan membimbing siswa agar siswa berkembang sesuai dengan tugas-tugas perkembangannya, melatih keterampilan intelektual maupun motoriknya sehingga siswa dapat bertahan hidup di masyarakat yang cepat berubah dan penuh persaingan, memotivasi siswa agar dapat memecahkan persoalan hidup dalam masyarakat yang penuh tantangan dan rintangan, serta membentuk siswa yang memiliki kemampuan inovatif dan kreatif.

Macam teori pembelajaran :
1. teori konstruktivistik
2. teori behavioristik
3. teori humanistik
4. teori kognitif

sekian terimakasih bu
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh IRHAN ADITYA -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Irhan Aditya
NPM : 2113053183

Saya izin memberikan jawaban bu, yaitu mengenai perbedaan dari teori belajar dan pembelajaran.
Teori belajar lebih berfokus kepada situasi belajar, dan secara umum teori belajar adalah konsep dan prinsip belajar yang teoritis sebab telah teruji melalui kegiatan eksperimen psikologi peserta didik.

Teori belajar memiliki fungsi dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar itu terjadi pada peserta didik. Sedangkan pembelajaran itu sendiri adalah kegiatan yang berfokus pada pengalaman belajar sehingga di peroleh hasil kegiatan belajar dengan begitu dapat di gunakan penilaian apakah metode dan Teori belajar tersebut sudah tepat atau belum.

Sederhananya Teori belajar adalah deskriptif, sebab tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar.

Terdapat beberapa macam teori belajar diantaranya teori behavioriatik, teori kignitif, teori humanistik dan teori konstruktivistik. 
Contoh kegiatan pembelajaran konstruktivistik Bapak dan Ibu Guru meminta peserta didik untuk mengajukan pertanyaan mereka sendiri dan mencari jawaban atas pertanyaannya lewat penelitian dan pengamatan langsung.

Dari kegiatan ini, peserta didik akan menarik hubungan antara pengetahuan yang sudah ada sebelumnya dengan pengetahuan baru yang diperoleh. Akhirnya, mereka bisa menarik kesimpulan, mendapatkan informasi baru, dan mengembangkan rencana untuk penyelidikan selanjutnya.


Sekian, Terima kasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh MIFTAHUL ZANNAH RAHARJO PUTRI -
Nama : Miftahul Zannah Raharjo Putri
NPM : 2113053174

Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa. Perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Jadi perbedannya jika teori belajar baru merancang metode pembelajaran sedangkan teori pembelajaran menetapkan metode pembelajaran.

Contohnya yaitu seorang anak yang setiap kali pulang sekolah selalu mencampakkan baju dan topinya dilantai. Ibunya menyuruh agar baju dan topi dipakai kembali oleh anaknya. Lalu kembali keluar, dan masuk rumah kembali sambil mengantungkan baju dan topinya di tempat gantungannya (merancang metode pembelajaran/teori belajar). Setelah beberapa kali melakukan hal itu, respon menggantung topi dan baju menjadi terasosiasi dengan stimulus memasuki rumah (menetapakn metode pembelajaran/teori pembelajaran).

Sekian, Terima Kasih.