Berikan analisismu tentang video tersebut, terlebih dahulu berikan identitas nama, npm dan kelas. Terima Kasih
FORUM JAWABAN PRETEST
NPM: 2211011154
Kelas: Manajemen Pendidikan Kewarganegaraan kelas A
Menurut analisis saya tentang hakikat dan pentingnya PKN di perguruan tinggi, pengertian PPKN, landasan ideal dan hukum, sumber sejarah, sumber sosiologis, sumber politik serta dinamika isi dan urgensinya.
Pkn sendiri memiliki pemahaman tentang ilmu kewarganegaraan, hubungan antara orang-orang baik secara individu maupun kelompok, atau hubungan antara orang-orang dan negaranya, yang merupakan dasar ideal dan dasar hukum pendidikan kewarganegaraan dan juga diperlukan untuk melindungi masyarakat untuk menjaga dan melestarikan keberadaan negara.
Pkn juga dapat mendorong warga negara untuk memanfaatkan dampak positif perkembangan iptek dalam pembangunan bangsa.
NPM. : 2211011147
Kelas :A
NPM : 2211011131
Saya menganalisa video tentang hakikat dan pentingnya PKN di perguruan tinggi, arti penting, idealisme dan landasan hukum PPKN, sumber sejarah, sumber sosiologis, sumber politik serta dinamika isi dan urgensinya.
PKN sendiri memiliki pengertian kewarganegaraan, hubungan antar manusia baik secara individu maupun kelompok, atau hubungan antara manusia dengan negaranya, dasar ideal dan legal dari pendiidikan kewarganegaraaan, serta perlu dibina masyarakat untuk mempertahankannya. dan mempertahankan eksistensi negara.
PKN juga dapat mendorong warga untuk memanfaatkan dampak positif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pembangunan bangsa.
NPM : 2211011144
KELAS: Pendidikan kewarganegaraan Manajemen kelas A
Menurut analisis saya hakikat pendidikan kewarganegaraan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan dan pengetahuan dasar tentang hubungan warga negara Indonesia dengan negara dan dengan sesamanya.
PKN sendiri memiliki pengertian kewarganegaraan, hubungan antar manusia, baik secara individu maupun kolektif, atau hubungan antara manusia dengan negaranya, yang merupakan landasan ideal dan fundamental legitimasi bagi pendidikan kewarganegaraan dan juga diperlukan untuk perlindungan warga negara. masyarakat dalam rangka menjaga dan melestarikan keberadaan negara.
PKN juga dapat mendorong masyarakat untuk memanfaatkan dampak positif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan bangsa.
NPM: 2211011122
Kelas: A
Setelah menonton video tersebut, dapat saya simpulkan bahwa PKN memiliki pemahaman tentang ilmu kewarganegaraan, hubungan antara orang orang secara individu maupun kelompok, atau hubungan orang orang dengan negaranya, yang merupakan dasar ideal dan dasar hukum pendidikan kewarganegaraan dan juga sangat diperlukan untuk melindungi masyarakat untuk menjaga dan melestarikan keberadaan negara.
PKN bisa mendorong masyarakat untuk memanfaatkan dampak positif pada perkembangan IPTEK.
NPM : 2211011089
KELAS : A
Menurut saya hakikat Pendidikan Kewarganegaraan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan dan pengetahuan dasar tentang hubungan antar warga negara dan negara.
Pendidikan kewarganegaraan sendiri memiliki pengertian kewarganegaraan, hubungan antar manusia, baik secara individu maupun kolektif, atau hubungan antara manusia dengan negaranya, yang merupakan landasan ideal dan fundamental legitimasi bagi pendidikan kewarganegaraan dan juga diperlukan untuk perlindungan warga negara. masyarakat dalam rangka menjaga dan melestarikan keberadaan negara.
Pendidikan Kewarganegaraan juga dapat mendorong masyarakat untuk memanfaatkan dampak positif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan bangsa.
NPM : 2251011007
kelas: A
Menurut analisis saya dari vidio yang berjudul "Hakekat dan pentingnya PKN diperguruan tinggi" ini dapat ditarik kesimpulan dengan adanya pembelajaran PKN ini diperguruan tinggi diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masa depan bangsa terutama generasi emas. Mahasiswa diharapkan dapat mengimplementasikan nilai nilai yang terkandung dipancasila itu sendiri.
Dengan pembelajaran PKN ini mendorong warga negara agar dapat memberikan pengaruh positif perkembangan iptek agar dapat membangun negara-bangsa. waktu yang akan datang PKN sangat ditentukan oleh eksistensi konstitusi negara dan bangsa Indonesia itu sendiri.
Nilai Pancasila sebagai dasar indeologi negara dapat melatih generasi emas /mahasiswa agar dapat berfikir kritis, analitis, demokratis, berdasarkan Pancasila itu sendiri. Pancasila sebagai landasan ideal, Pancasila sebagai landasan hidup dan Pancasila sebagai landasan ideologi negar. Pasal 27 ayat 3 tentang bela negara. Sumber sosiologis dibutuhkan masyarakat untuk menjaga, memelihara, dan mempertahankan eksistensi negara-bangsa.
NPM : 2211011016
KELAS : A S1 MANAJEMEN
MATKUL : MKU PANCASILA
HAKIKAT DAN PENTING NYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI
Pentingnya PKN di perguruan tinggi, pengertian PKN, landasan ideal dan hukum, sumber sejarah, sumber sosiologis, sumber politik, serta dinamika isi dan urgensinya.
Pendidikan Kewarganegaraan sangat diperlukan untuk eksistensi dan konsititusi bagi Bangsa Indonesia. PKN atau Pendidikan Kewarganegaraan juga dapat mendorong warga negara khusus nya warga Indonesia agar mampu memanfaatkan pengaruh yang ada terhadap perkembangan iptek untuk membangun negara.
Hal ini juga sudah didasari oleh landasan ideal dan hukum, yaitu pada pembukaan Undang-Undang Dasar tahun 1945, batang tubuh 1945, UU No. 20 Tahun 1982, UU No 20 tahun 2003, dan SK Dirjen Dikti No 43 tahun 2006
PKN sendiri memiliki pengertian Kewarganegaraan, hubungan antar manusia baik hubungan secara individu maupun kolektif atau hubungan manusia dengan negara nya yang merupakan landasan ideal dan fundamental legitimasi bagi pendidikan kewarganegaraan.
NPM : 2211011136
KELAS: PKN (A)
hasil analisis saya dari video tersebut sebagai berikut :
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan, kebhinekaan, demokrasi, hak asasi manusia, serta konstitusi dan sistem pemerintahan Indonesia.
PKn di perguruan tinggi meliputi berbagai topik yang berkaitan dengan negara dan masyarakat, seperti sejarah Indonesia, sistem politik dan pemerintahan, hak asasi manusia, kepemimpinan, dan konstitusi. Mata kuliah ini juga mencakup isu-isu kontemporer, seperti globalisasi, perdamaian dan keamanan, lingkungan hidup, serta keterampilan berpartisipasi dalam kehidupan demokrasi.
Selain itu, PKn juga berfungsi untuk mengembangkan keterampilan sosial, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan berkomunikasi. Mahasiswa akan diajarkan untuk berdiskusi, berdebat, menulis esai, dan membuat presentasi mengenai topik-topik yang relevan dengan PKn. Dengan demikian, PKn membantu mahasiswa menjadi individu yang lebih aktif, terbuka, kritis, dan peduli terhadap lingkungan sosial dan politik di sekitarnya.
Perguruan tinggi juga dapat memperluas dan memperdalam PKn dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler atau program magang yang berkaitan dengan bidang ini. Contohnya, mahasiswa dapat terlibat dalam kegiatan sosial, seperti program pengabdian masyarakat, atau magang di lembaga-lembaga pemerintah atau lembaga swadaya masyarakat yang berfokus pada isu-isu kebangsaan dan sosial.
NPM: 2251011022
Kelas: Manajemen pendidikan kewarganegaraan kelas A
Menurut saya tentang hakikat dan pentingnya pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, Pengertian PKn, Landasan ideal dan hukum PKn, Sumber historis, sosiologis, politik PKn, & Dinamika, urgensi, dan esensi PKn
Pendidikan kewarganegaraan atau PKn diberikan kepada mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa untuk memberikan bekal nilai-nilai kebangsaan dan pemahaman seperti cinta, setia, dan berani berkorban untuk Indonesia. Dan mahasiswa agar bisa memiliki rasa demokrasi dalam dirinya untuk mampu dalam menghadapi konflik atau masalah yg terjadi di negara Kesatuan Republik Indonesia.
Selain itu mahasiswa dapat memiliki rasa hubungan yang harmonis antar individu yang baik dengan cara mempelajari pendidikan kewarganegaraan.
NPM : 2251011054
Kelas : Manajemen Pendidikan Kewarganegaraan kelas A
Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata kuliah wajib di Perguruan Tinggi. Pendidikan kewarganegaraan diberikan kepada mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa untuk memberikan bekal nilai-nilai kebangsaan dan pemahaman komprehensif mengenai wawasan nusantara, ketahanan nasional, hak dan kewajiban sebagai warganegara, demokrasi, konstitusi serta HAM dalam menghadapi tantangan globalisasi demi eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia.
NPM: 2211011052
Kelas: Manajemen A
Dari video di atas, dapat saya simpulkan bahwa kewarganegaraan berasal dari kata warga negara yang merupakan anggota dari sebuah negara. Dengan demikian pendidikan kewarganegaraan adalah usaha sadar mewujudkan peserta didik yang memiliki rasa cinta, setia, dan rela berkorban bagi negara. Landasan hukum dari pendidikan kewarganegaraan di antaranya Pancasila, Pembukaan UUD 1945, Batang Tubuh UUD 1945, UU No 20 Tahun 1982, UU No 20 Tahun 2003, dan SK Dirjen DIKTI No 43 Tahun 2006. Substansi pendidikan kewarganegaraan telah dimulai sebelum Indonesia merdeka. Pendidikan kewarganegaraan dibutuhkan oleh masyarakat untuk menjaga eksistensi suatu negara.
NPM : 2211011027
Kelas : A (S1 Manajemen)
Dari hasil analisis saya tentang video tersebut mengenai hakekat dan pentingnya PKn di perguruan tinggi yaitu sebagai berikut.
Pendidikan kewarganegaraan merupakan suatu metode dalam membentuk mahasiswa guna memiliki rasa cinta, setia, serta rela berkorban dengan memiliki pola pikir secara kritis, analitis, demokratis dengan tetap berlandaskan pada apa yang menjadi nilai-nilai dalam pancasila. Dalam pendidikan kewarganegaraan, tentu dibutuhkan suatu landasan hukum dalam menjalankannya agar dapat berjalan dengan baik. Landasan tersebut dapat berlandaskan atas Pancasila, Pembukaan UUD 1945, Batang Tubuh UUD 1945, UU No 20 Tahun 1982, UU No 20 Tahun 2003, serta SK Dirjen DIKTI No 43 Tahun 2006.
Pendidikan kewarganegaraan yang ada sebelum Indonesia merdeka menjadi sumber historis dari pendidikan kewarganegaraan tersebut. Selain itu, masyarakat perlu mempertahankan eksistensi bangsa sebagai sumber sosiologis dari pendidikan kewarganegaraan. Sedangkan, untuk bidang politik pendidikan kewarganegaraan dimuatnya dokumen seperti kurikulum pendidikan kewarganegaraan (1957), Civis (1962), serta Kewarganegaraan Negara (1968).
Dari pendidikan kewarganegaraan, mahasiswa ataupun warga Indonesia harus dapat menggunakan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi dengan baik dan benar guna menjadikan bangsa Indonesia bangsa yang maju dan berkembang dengan baik.
Npm : 2211011053
Kelas : A
[HAKEKAT DAN PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN]
1. Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan
Simplenya kata kewarganegaraan diambil dari kata warganegara yang berarti anggota atau komponen yang ada didalam suatu negara.
Pendidikan Kewarganegaraan adalah suatu proses pembelajaran yang berkaitan dengan semua komponen penting didalam suatu negara yang bertujuan kepada sikap kita sebagai warga negra untuk mencintai tanah air, toleransi, demokratis, dan memiliki sifat kepemimpinan yang berani mengambil suatu keputusan dan berfikir kritis berdasarkan nilai - nilai dasar Pancasila.
2. Landasan Ideal dan Hukum PKN
Berkaitan dengan 6 Landasan Ideal dan Hukumnya :
Yang pertama ada Pancasila > sebagai dasar negara, pandangan, dan ideologi NKRI
Yang kedua ada Pembukaan UUD 1945
Yang ketiga ada Batang Tubuh UUD 1945 > berkaitan langsung dengan pasal 27 ayat 3 tentang bela negara, pasal 30 ayat 1 tentang pertahanan dan keamanan serta pasal 31 ayat 1 tentang pendidikan
Yang keempat ada UU Nomor 20 Tahun 1982
Yang kelima ada UU Nomor 20 Tahun 2023
Yang keenam ada SK Dirjen Dikti Nomor 43 Tahun 2006
(Ke-6 landasan tersebut menjadi acuan dan pedoman bagi warga negara untuk melakukan suatu tindakan yang terjadi didalam ruang lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia)
Pada dasarnya penting bagi kita sebagai Mahasiswa/i untuk mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan itu sendiri, Pendidikan kewarganegaraan diberikan kepada mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa untuk memberikan bekal nilai-nilai kebangsaan dan pemahaman mengenai wawasan nusantara, ketahanan nasional, hak dan kewajiban sebagai warganegara, demokrasi, toleransi untuk menghadapi urgensi yang ada.
Dengan demikian kita sebagai generasi muda sudah memberikan upaya dan mengimplementasikan ilmu dari Pendidikan Kewarganegaraan untuk Bangsa, Negara dan Diri Sendiri.
NPM : 2211011098
KELAS : A
setelah menonton video diatas, menurut analisis saya pembelajaran PKN ini diperguruan tinggi diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masa depan bangsa.
hakikat Pendidikan Kewarganegaraan yaitu membekali peserta didik dengan keterampilan dan pengetahuan dasar tentang hubungan antar warga negara Indonesia dengan negara dan dengan sesamanya.
Pendidikan kewarganegaraan sendiri memiliki pengertian kewarganegaraan, hubungan antara orang orang secara individu maupun kelompok, atau hubungan orang orang dengan negaranya, yang merupakan dasar ideal dan dasar hukum pendidikan kewarganegaraan dan juga sangat diperlukan untuk melindungi masyarakat untuk menjaga dan melestarikan keberadaan negara.
Dengan pembelajaran PKN ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk memanfaatkan dampak positif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan bangsa.
NAMA : JESSICA CLYUDIEA
NPM : 2211011041
KELAS : A
PRETEST
HAKIKAT DAN PENTINGNYA PKN DI PERGURUAN TINGGI
Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan
Kata kewarganegaraan berasal dari kata warga negara yang mempunyai arti yaitu anggota dari suatu negara.
Pendidikan kewarganegaraan adalah suatu usaha sadar menyiapkan peserta didik agar cinta, setia, berani berkorban membela bangsa dan negara. Dan juga melatih peserta didik berfikir kritis, analitis, demokratis, berdasarkan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila.
Landasan Ideal Dan Landasan Hukum Pendidikan Kewarganegaraan
- Landasan Ideal
1). Pancasila sebagai dasar negara
2). Pancasila pandangan hidup
3). Pancasila ideologi negara
- Landasan Hukum
1). Pancasila
2). Pembukaan UUD 1945
3). Batang Tubuh UUD 1945
4). UU Nomor 20 Tahun 1982
5). UU Nomor 20 Tahun 2003
6). SK Dirjen DIKTI Nomor 43 Tahun 2006
Sumber Historis, Sosiologis, dan Polotik Pendidikan Kewarganegaraan
Sumber Historis:
Substansi sudah dimulai sebelum Indonesia merdeka
Sumber Sosiologis:
Diperlukan oleh masyarakat dikarenakan untuk menjaga, memelihara, dan mempertahankan eksistensi negara-bangsa
Sumber Politik:
Dokumen kurikulum: Kewarganegaraan (1957), Civics (1962), Kewarganegaraan Negara (1968)
Dinamika, Esensi, Dan Urgensi PKN
Pendidikan kewarganegaraan sangat diperlukan untuk mendorong warga negara agar mampu memanfaatkan pengaruh yang positif dalam perkembangan IPTEK untuk membangun negara-bangsa
Masa depan PKN ditentukan oleh ekstitensi konstitusi negara dan bangsa Indonesia.
Npm : 2211011035
Kelas : A ( S1 manajemen)
Berdasarkan analisis saya tentang video tersebut mengenai hakikat dan pentingnya PKN di perguruan tinggi, pengertian PPKN, landasan ideal dan hukum, sumber sejarah, sumber sosiologis, sumber politik, serta dinamika isi dan urgensinya.
secara hakikat pendidikan kewarganegaraan merupakan sarana pembelajaran yang bersumber dari nilai-nilai Pancasila sebagai kerpribadian bangsa.Hal ini diperlukan supaya masyarakat Bangsa Indonesia memiliki kesadaran untuk mencintai tanah air serta memiliki watak, sifat dan karakter yang sesuai dengan nilai Pancasila.
Hakikatnya Pendidikan Kewarganegaraan adalah sarana untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan dasar dan pengetahuan mengenai hubungan warga negara Indonesia dengan Negara dan dengan sesama warga negara.
Npm : 2211011015
Kelas : Pancasila A
Hasil analisis video:
Di video tersebut menjelaskan kepada kita tentang PKN berkaitan dengan warganegara, lalu PKN adalah usaha sadar menyiapkan cinta, setia, berani berkorban membela bangsa negara dan juga untuk melatih berfikir kritis, analitis, demokratis dan berdasarkan Pancasila.
Npm : 2211011038
Kelas : A S1 manajemen
Hakekat dan pentingnya pkn di perguruan tinggi
Menurut saya Pkn berkaitan dengan warganegara yang berarti warga yang berasal dari negara tersebut, berati pendidikan kewarganegaraan artinya melatih peserta didik berfikir kritis analitis dan demokratis,
Landasan idieal dan hukum pkn
- pembukaan uud 1945
- pancasila
- batang tubuh UUD 1945
- UU no 20 tahun 1982
- UU no 20 tahun 2003
- sk dirjen dikti no 43 thn 2008
Sumber historis sosiologis dan substansi dimulai sebelum indonesia merdeka diperlukan juga untuk menjaga, memelihara dan mempertahankan eksistensi bangsa
Pkn diperlukan untuk membantu negara indonesia dalam perkembangan iptek untuk membangun negara
NPM : 2211011139
kelas: A
Menurut analisis saya mengenai video tersebut ialah dengan diadakannya mata kuliah PPKn diperguruan tinggi diharap dapat memberikan manfaat bagi Mahasiswa sehingga dapat mengimplementasikan nilai yang terkandung dalam pancasila itu sendiri.
Dengan mata kuliah PPKNn ini mendorong mahasiswa agar dapat memberi pengaruh positif dalam perkembangan iptek sehingga dapat membangun bangsa di waktu yang akan datang.
Nilai Pancasila sebagai dasar ideologi negara dapat melatih mahasiswa sebagai generasi emas bangsa agar dapat berpikir kritis namun tetap berlandaskan Pancasila itu sendiri. Pancasila sebagai landasan ideal, Pancasila sebagai landasan hidup dan Pancasila sebagai landasan ideologi negara sesuai Pasal 27 ayat 3 tentang bela negara.
NPM: 2251011009
Kelas : A
hasil analisis saya tentang video diatas adalah, video diatas menjelaskan tentang hakikat dan pentingnya pendidikan pancasila di perguruan tinggi. dan juga pkn memiliki pemahaman tentang kewarganegaraan, hubungan antar manusia, baik secara individu maupun kelompok atau hubungan warga dengan negaranya. yang merupakan dasar ideal, dan fundamental bagi pendidikan kewarganegaraan. pendidikan kewarganegaraan diperlukan untuk menjaga dan mempertahankan suatu negara. pendidikan kewarganegaraan bisa memberikan masyarakat manfaat positif dalam perkembangan IPTEK, agar dapat membangun negara atau bangsa.
NPM : 2251011041
Kelas : A
Pendidikan kewarganegaraan merupakan suatu metode dalam membentuk mahasiswa guna memiliki pola pikir secara kritis, analitis, demokratis dengan tetap berlandaskan pada apa yang menjadi nilai-nilai dalam pancasila. Pendidikan kewarganegaraan tentu membutuhkan suatu landasan hukum dalam menjalankannya agar dapat berjalan dengan baik. Pendidikan kewarganegaraan ini sudah berlandasan ideal dan hukum, yaitu pada pembukaan Undang-Undang Dasar tahun 1945, batang tubuh 1945, UU No. 20 Tahun 1982, UU No 20 tahun 2003, dan SK Dirjen Dikti No 43 tahun 2006
NPM: 2251011019
Kelas: Manajemen Pendidikan Kewarganegaraan kelas A
Menurut analisis saya tentang hakikat dan pentingnya PKN di perguruan tinggi, pengertian PPKN, landasan ideal dan hukum, sumber sejarah, sumber sosiologis, sumber politik serta dinamika isi dan urgensinya.
Pkn sendiri memiliki pemahaman tentang ilmu kewarganegaraan, hubungan antara orang-orang baik secara individu maupun kelompok, atau hubungan antara orang-orang dan negaranya, yang merupakan dasar ideal dan dasar hukum pendidikan kewarganegaraan dan juga diperlukan untuk melindungi masyarakat untuk menjaga dan melestarikan keberadaan negara.
NPM : 2251011029
Kelas : Pendidikan Kewarganegaraan A
Pendidikan kewarganegaraan atau PKN diberikan kepada mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa untuk memberikan bekal nilai-nilai kebangsaan dan pemahaman seperti cinta, setia, dan berani berkorban untuk Indonesia. Dan mahasiswa agar bisa memiliki rasa demokrasi dalam dirinya untuk mampu dalam menghadapi konflik atau masalah yg terjadi di NKRI.
Npm: 2211011055
Kelas: PKN A
Dari video tersebut dapat saya simpulkan bahwa pendidikan kewarganegaraan melatih peserta didik berpikir kritis, analitis, dan bersikap demokratis. Berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan landasan hukum pendidikan luar dan negara landasan idealnya adalah Pancasila sebagai dasar negara. Pancasila sebagai pandangan hidup dan Pancasila sebagai ideologi yang kedua. Landasan hukum PKN antara lain pembukaan undang-undang dasar 1945 batang tubuh undang-undang dasar 1945 khususnya pada pasal 27 ayat 3 tentang bela negara, pasal 30 ayat 1 tentang pertahanan dan keamanan, pasal 31 ayat 1 tentang pendidikan, undang-undang nomor 20 tahun 1982 tentang pendidikan bela negara, undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang mata kuliah pengembangan kepribadian, serta SKJ di nomor 43 tahun 2006 tentang pengembangan mata kuliah sumber historis, sosiologis, dan politik pendidikan kewarganegaraan. Sumber historis substansi pendidikan kewarganegaraan sudah dimulai sebelum Indonesia merdeka sumber sosiologis masyarakat memerlukan pendidikan kewarganegaraan untuk menjaga memelihara dan mempertahankan eksistensi negara bangsa. Sumber politik dibuatnya dokumen-dokumen kurikulum pendidikan kewarganegaraan sejak tahun 1957 sampai terakhir 2013 yaitu KKN dinamika esensi demikian dan urgensi pendidikan kewarganegaraan pendidikan kewarganegaraan perlu mendorong warga negara agar mampu memanfaatkan pengaruh positif perkembangan iptek untuk membangun negara masa depan PKN salah ditentukan oleh eksistensi konstitusi negara dan bangsa Indonesia.
NPM: 221101012
Kelas: PKN A
Setelah menganalisa video dapat saya simpulkan bahwa materi hakikat dan pentingnya PKN di perguruan tinggi antara lain pengertian PKN landasan idiil dan hukum sumber historis,sumber sosiologis, sumber politik, dinamika esensi dan urgensi pendidikan kewarganegaraan. Kata kewarganegaraan berasal dari warga negara yang berarti adalah anggota dari suatu negara. Pendidikan kewarganegaraan adalah usaha sadar menyiapkan peserta didik agar cinta setiap berani berkorban membela bangsa dan negara. Selain itu melatih peserta didik berpikir kritis, analitis, bersikap demokratis berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan landasan hukum. Pendidikan luar dan negara landasan idealnya adalah Pancasila sebagai dasar negara. Pancasila sebagai pandangan hidup dan Pancasila sebagai ideologi. Landasan hukum PKN antara lain pembukaan undang-undang dasar 1945, batang tubuh undang-undang dasar 1945, khususnya pada pasal 27 ayat 3 tentang bela negara, pasal 30 ayat 1 tentang pertahanan dan keamanan pasal 31 ayat 1 tentang pendidikan, undang-undang nomor 20 tahun 1982 tentang pendidikan bela negara, undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang mata kuliah pengembangan kepribadian, serta SKJ di nomor 43 tahun 2006 tentang pengembangan mata kuliah sumber historis sosiologis dan politik pendidikan. Sumber sosiologis masyarakat memerlukan pendidikan kewarganegaraan untuk menjaga memelihara dan mempertahankan eksistensi negara bangsa. Sumber politik dibuatnya dokumen-dokumen kurikulum pendidikan kewarganegaraan sejak tahun 1957 sampai terakhir 2013 yaitu KKN dinamika esensi pendidikan dan urgensi pendidikan kewarganegaraan pendidikan.
NPM : 2211011039
KELAS : S1 MANAJEMEN A
Hakikat dan pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi menurut saya antara lain membahas pengertian landasan idiil dan hukum sumber historis, sumber sosiologis, sumber politik, dinamika esensi dan urgensi pendidikan kewarganegaraan.
Selain itu pendidikan kewarganegaraan adalah usaha sadar menyiapkan peserta didik agar cinta setiap berani berkorban membela bangsa dan negara selain itu melatih peserta didik berpikir kritis analitis bersikap demokratis.
Menurut saya berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan landasan hukum adalah Pancasila sebagai dasar negara dan Pancasila sebagai pandangan hidup
Urgensi pendidikan kewarganegaraan perlu mendorong warga negara agar mampu memanfaatkan pengaruh positif perkembangan iptek untuk membangun negara masa depan Pendidikan Kewarganegaraan ditentukan oleh eksistensi konstitusi negara dan bangsa Indonesia.
PKN sendiri memiliki konsep kewarganegaraan, hubungan antara orang-orang baik secara individu maupun kelompok, atau hubungan antara orang-orang dan negaranya, dasar ideal dan hukum pendidikan kewarganegaraan, dan itu harus didukung oleh masyarakat untuk mengukuhkannya. dan mempertahankan eksistensi negara.
PKN juga dapat mendorong warga untuk memanfaatkan dampak positif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pembangunan bangsa.
NPM : 2211011042
MANAJEMEN KELAS A
HAKIKAT DAN PENTING NYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI
Kata kewarganegaraan berasal dari warga negara yang berarti adalah anggota dari suatu negara. Pendidikan pancasila merupakan salah satu usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar cinta setiap berani berkorban membela bangsa dan negara selain itu melatih peserta didik berpikir kritis analitis bersikap demokratis berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan landasan hukum pendidikan luar dan negara.
Masyarakat memerlukan pendidikan kewarganegaraan untuk menjaga memelihara dan mempertahankan eksistensi negara bangsa. Pendidikan kewarganegaraan diperlukan untuk mendorong warga negara agar mampu memanfaatkan pengaruh positif perkembangan iptek untuk membangun negara masa depan.
Npm :2251011026
Kelas : manajemen pendidikan kewarganegaraan kelas A
Setelah saya analisi tentang hakikat dan pentingnya PKN di perguruan tinggi, pengertian PPKN, landasan ideal dan hukum, sumber sejarah, sumber sosiologis, sumber politik serta dinamika isi dan urgensinya.
Membentuk generasi bangsa sebagai penerus untuk mengetahui dan memahami cita-cita dan tujuan bangsa. Membuat keputusan untuk memecahkan masalah pribadi dan masyarakat, serta masalah nasional, dan menyadarkan generasi berikutnya dalam mengambil keputusan.
NPM : 2251011037
Kelas : A
Menurut analisis saya tentang hakikat dan pentingnya PKN di perguruan tinggi adalah Negara perlu menyelenggarakan Pendidikan Kewarganegaraan karena setiap generasi adalah orang baru yang harus mendapat pengetahuan, sikap / nilai dan keterampilan agar mampu mengembangkan warga negara yang memiliki watak atau karakter yang baik dan cerdas (smart and good citizen) untuk hidup dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai dengan demokrasi konstitusional yang bertujuan untuk membangun rasa kebangsan dan cita-cita Indonesia merdeka.
Pendidikan kewarganegaraan senantiasa menghadapi dinamika perubahan dalam sistem ketatanegaraan dan pemerintahan serta tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara. PKN di Indonesia untuk masa depan sangat ditentukan oleh pandangan bangsa Indonesia, eksistensi konstitusi negara, dan tuntutan dinamika perkembangan bangsa
NPM: 2211011091
Kelas: A (S1 Manajemen)
setelah menonton video diatas, dapat saya analisis tentang hakekat dan pentingnya PKN di perguruan tinggi. Pendidikan kewarganegaraaan adalah usaha sadar menyiapkan peserta didik cinta,setia,berani berkorban membela bangsa dan negara. melatih peserta didik berpikir kristis,analisis,demokratis berdasarkan pancasila
Landasan ideal dan hukum pendidikan kewarganegaraan:
1) Pancasila sebagai dasar negara,pandangan hidup dan ideologis negara
2) Bukan UUD 1945
3) batang tubuh UUD 1945,khususnya pasal 27 ayat 3 tentang bela negara
4) UU no. 20 tahun 1982 (tentang pendidikan bela negara)
5) UU no. 20 tahun 2003 (tentang matakuliah pengembangan kepribadian)
6) SK Dirjen DIKTI no. 43 tahun 2006
Sumber Historis,Sosialis, Politik PKN
-Substansi: dimulai sebelum indonesia merdeka
-Sosiologis: diperlukan oleh masyarakat untuk menjaga,memelihara,dan mempertahankan eksistensi negara bangsa
-Politik: dimuatnya dokumen kurikulum pendidikan kewarganegaraan (1957), Civis (1962), kewarganegaraan negara (1968)
Dinamika,esensi,surgensi PKN
PKN perlu memotivasi warga negara agar mampu memanfaatkan perkembangan IPTEK kearah positif agar dapat membangun negara menjadi lebih maju. Masa depan PKN sangat ditentukan oleh eksistensi konstitusi negara dan bangsa indonesia
Npm : 2211011167
Kelas : Manajemen Pendidikan Kewarganegaraan kelas A
Menurut pendapat saya hakikat pentingnya PKN di perguruan tinggi memiliki arti bahwa PKN memiliki arti penting dalam membentuk karakter dan pribadi mahasiswa dalam bersikap dan berprilaku baik dalam kehidupan sehari hari maupun kehidupan didalam lingkup universitas.
Selain itu Pendidikan kewarganegaraan memiliki fungsi untuk melatih mahasiswa agar dapat berfikir kritis, demokratis dan sesuai dengan norma yang berlaku. PKN juga dapat mendorong mahasiswa maupun warga negara indonesia agar mampu memanfaatkan perkembangan iptek dengan sebaik mungkin
Npm: 2251011014
Kelas: A
Menurut saya, kalau pendidikan Pancasila itu lebih mengenalkan kita kepada ideologi bangsa, dan diharapkan agar kita dapat memperkuat falsafah sebagai falsafah negara kita, maka pendidikan kewarganegaraan itu lebih ke implementasi nilai Pancasila itu sendiri, misalnya di sila pertama kalau di pendidikan Pancasila kita diajarkan saling toleransi maka kalau di pendidikan kewarganegaraan kita harus menerapkan ke kehidupan kita sehari hari begitu juga dengan sila yang lain, kemudian hakekatnya pkn dengan mahasiswa itu sebagai penanaman bekal di diri kita agar dapat mengetahui hak dan kewajiban kita kepada negara, dan juga diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan karakter yang berdasarkan Pancasila dalam pemikiran, sikap dan perilaku kita terhadap sesama yang lebih muda ataupun yang lebih tua dari kita.
NPM: 2211011160
KELAA: A
Menurut analisis saya pendidikan pancasila yaitu untuk melatih peserta didik untuk berpikir kritis,analistis,dwemokratis dan berdasarkan pancasila
Landasan ideal dan landasan hukum pendidikan kewarganegaraan didasarkan pada pancasila,pembukaan UUD 1945,batang tubuh UUD 1845 dll
Nama : Riza Aulia Saputri
Npm : 2211011128
Kelas : pkn A
Analisis video 1
pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dapat membantu untuk memahami hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara dan dapat membentuk karakter yang lebih baik dan bertanggung jawab, dan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme.
Lalu mempelajari pendidikan kewarganegaraan sangat penting untuk menentukan eksistensi konstitusi negara dan bangsa Indonesia. Dengan adanya pendidikan kewarganegaraan generasi muda diharapkan mampu memiliki rasa kesadaran akan pentingnya demokrasi dan hak asasi manusia dengan demikian generasi muda saat ini mampu menghadapi konflik atau masalah-masalah yang terjadi di negara kesatuan Republik Indonesia dengan kecerdasan dan penuh kedamaian. Peranan pendidikan kewarganegaraan adalah membina warga negara khususnya generasi penerus yang baik bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Pendidikan kewarganegaraan bagi generasi penerus sangat penting dalam rangka menumbuhkan kesadaran bela negara dan meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air.
NPM : 2211011159
KELAS : A
Menurut pendapat saya hakikat pentingnya PKN di perguruan tinggi memiliki arti bahwa PKN memiliki arti penting dalam membentuk karakter dan pribadi mahasiswa dalam bersikap dan berprilaku baik dalam kehidupan sehari hari maupun kehidupan didalam lingkup universitas.
Dengan adanya pendidikan kewarganegaraan generasi muda diharapkan mampu memiliki rasa kesadaran akan pentingnya demokrasi dan hak asasi manusia dengan demikian generasi muda saat ini mampu menghadapi konflik atau masalah-masalah yang terjadi di negara kesatuan Republik Indonesia dengan kecerdasan dan penuh kedamaian.
NPM : 2211011008
Kelas : Manajemen (A)
Menurut analisis saya dari vidio yang berjudul "Hakekat dan Pentingnya PKN di Perguruan Tinggi" ini, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pembelajaran PKN ini diperguruan tinggi, diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi dan masa depan bangsa. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengimplementasikan serta merealisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila.
Dengan pembelajaran PKN ini juga, diharapkan dapat mendorong warga negara agar dapat memberikan pengaruh-pengaruh yang positif dalam perkembangan iptek agar dapat membangun warga negara maupun bangsa Indonesia sendiri.
Nilai Pancasila sebagai dasar ideologi negara juga diharapkan dapat melatih mahasiswa agar dapat berpikir kritis, analitis, dan demokratis berdasarkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri.
NPM : 2211011006
Tugas Pretest
Menurut analisis saya dari vidio yang berjudul "Hakekat dan Pentingnya PKN di Perguruan Tinggi" ini, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pembelajaran PKN ini diperguruan tinggi, diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi dan masa depan bangsa. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengimplementasikan serta merealisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila.
Dengan pembelajaran PKN ini juga, diharapkan dapat mendorong warga negara agar dapat memberikan pengaruh-pengaruh yang positif dalam perkembangan iptek agar dapat membangun warga negara maupun bangsa Indonesia sendiri.
Nilai Pancasila sebagai dasar ideologi negara juga diharapkan dapat melatih mahasiswa agar dapat berpikir kritis, analitis, dan demokratis berdasarkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri.
NPM : 2211011168
KELAS : A
Hasil Analisis :
Pendidikan Kewarganegaraan merupakan pendidikan yang sangat penting di dalam mendidik karakter bangsa Indonesia untuk menjadi warga negara Indonesia yang kritis, aktif , demokratis dan beradab, yang diharapakan mereka mampu menyadari hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai dengan perkembangan zaman.
NPM : 2211011018
Kelas: Manajamen (A)
Analisis:
Menurut analisis saya dari vidio yang berjudul "Hakekat dan Pentingnya PKN di Perguruan Tinggi" ini, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pembelajaran PKN ini diperguruan tinggi, diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi dan masa depan bangsa. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengimplementasikan serta merealisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila.
Dengan pembelajaran PKN ini juga, diharapkan dapat mendorong warga negara agar dapat memberikan pengaruh-pengaruh yang positif dalam perkembangan iptek agar dapat membangun warga negara maupun bangsa Indonesia sendiri.
Nilai Pancasila sebagai dasar ideologi negara juga diharapkan dapat melatih mahasiswa agar dapat berpikir kritis, analitis, dan demokratis berdasarkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri.
NPM : 2211011010
Kelas: A
Menurut analisis saya dari vidio yang berjudul "Hakekat dan Pentingnya PKN di Perguruan Tinggi" ini, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pembelajaran PKN ini diperguruan tinggi, diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi dan masa depan bangsa. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengimplementasikan serta merealisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila.
Dengan pembelajaran PKN ini juga, diharapkan dapat mendorong warga negara agar dapat memberikan pengaruh-pengaruh yang positif dalam perkembangan iptek agar dapat membangun warga negara maupun bangsa Indonesia sendiri.
Nilai Pancasila sebagai dasar ideologi negara juga diharapkan dapat melatih mahasiswa agar dapat berpikir kritis, analitis, dan demokratis berdasarkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri.
NPM : 2211011002
KELAS : A
Menurut analisis saya dari vidio yang berjudul "Hakekat dan Pentingnya PKN di Perguruan Tinggi" ini, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pembelajaran PKN ini diperguruan tinggi, diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi dan masa depan bangsa. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengimplementasikan serta merealisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila. Pendidikan kewarganegaraan merupakan suatu metode dalam membentuk mahasiswa guna memiliki rasa cinta, setia, serta rela berkorban dengan memiliki pola pikir secara kritis, analitis, demokratis dengan tetap berlandaskan pada apa yang menjadi nilai-nilai dalam pancasila. Dalam pendidikan kewarganegaraan, tentu dibutuhkan suatu landasan hukum dalam menjalankannya agar dapat berjalan dengan baik. Landasan tersebut dapat berlandaskan atas Pancasila, Pembukaan UUD 1945, Batang Tubuh UUD 1945, UU No 20 Tahun 1982, UU No 20 Tahun 2003, serta SK Dirjen DIKTI No 43 Tahun 2006.
Dengan pembelajaran PKN ini juga, diharapkan dapat mendorong warga negara agar dapat memberikan pengaruh-pengaruh yang positif dalam perkembangan iptek agar dapat membangun warga negara maupun bangsa Indonesia sendiri.
Nilai Pancasila sebagai dasar ideologi negara juga diharapkan dapat melatih mahasiswa agar dapat berpikir kritis, analitis, dan demokratis berdasarkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri.
Npm:2211011017
Kelas: A
menurut analisa dari saya tentang hakikat dan pentingnya PKN di perguruan tinggi,arti penting, idealisme dan landasan hukum PPKN, sumber sejarah, sumber sosiologis, sumber politik serta dinamika isi dan urgensinya.
Dengan pembelajaran PKN ini juga, diharapkan dapat mendorong warga negara agar dapat memberikan pengaruh-pengaruh yang positif dalam perkembangan iptek agar dapat membangun warga negara maupun bangsa Indonesia sendiri.
Nilai Pancasila sebagai dasar ideologi negara juga diharapkan dapat melatih mahasiswa agar dapat berpikir kritis, analitis, dan demokratis berdasarkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri.
NPM : 2211011028
Kelas: A
Tugas Pretest
Menurut analisis saya dari vidio yang berjudul "Hakekat dan Pentingnya PKN di Perguruan Tinggi" ini, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pembelajaran PKN ini diperguruan tinggi, diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi dan masa depan bangsa. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengimplementasikan serta merealisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila.
Dengan pembelajaran PKN ini juga, diharapkan dapat mendorong warga negara agar dapat memberikan pengaruh-pengaruh yang positif dalam perkembangan iptek agar dapat membangun warga negara maupun bangsa Indonesia sendiri.
Nilai Pancasila sebagai dasar ideologi negara juga diharapkan dapat melatih mahasiswa agar dapat berpikir kritis, analitis, dan demokratis berdasarkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri.
NPM :2211011077
Kelas :A
setelah saya melihat vidio tsb,menurut saya hakikat pentingnya PKN di Perguruan tinggi Kata kewarganegaraan berasal dari warga negara yang berarti adalah anggota dari suatu negara PKN berkaitan dengan warga negara selain itu pendidikan kewarganegaraan adalah usaha sadar menyiapkan strategi agar cinta setia berani berkorban membela bangsa dan negara selain itu melatih peserta didik berpikir kritis analitis bersikap demokratis berdasarkan nilai-nilai Pancasila.
Sumber historis sosiologis dan politik pendidikan kewarganegaraan sumber historis substansi pendidikan kewarganegaraan sudah dimulai sebelum Indonesia merdeka sumber sosiologis masyarakat memerlukan pendidikan kewarganegaraan untuk menjaga memelihara dan mempertahankan eksistensi negara bangsa sumber politik dimuatnya dokumen-dokumen kurikulum pendidikan kewarganegaraan sejak tahun 1957 sampai terakhir 2013 yaitu kkni.
Dinamika,essensi dan urgensi pendidikan kewarganegaraan pendidikan kewarganegaraan perlu mendorong warga negara agar mampu memanfaatkan pengaruh positif perkembangan iptek untuk membangun negara bangsa masa depan PKN sangat ditentukan oleh eksistensi konstitusi negara dan bangsa Indonesia.
NPM : 2211011036
KELAS A S1 MANAJEMEN
Pkn berkaitan dengan warganegara yang berarti warga yang berasal dari negara tersebut, berati pendidikan kewarganegaraan artinya melatih peserta didik berfikir kritis analitis dan demokratis,
Landasan idieal dan hukum pkn
- pembukaan uud 1945
- pancasila
- batang tubuh UUD 1945
- UU no 20 tahun 1982
- UU no 20 tahun 2003
- sk dirjen dikti no 43 thn 2008
Sumber historis sosiologis dan substansi dimulai sebelum indonesia merdeka diperlukan juga untuk menjaga, memelihara dan mempertahankan eksistensi bangsa
Pkn diperlukan untuk membantu negara indonesia dalam perkembangan iptek untuk membangun negara
Npm : 2211011171
menurut dari analisis saya mengenai hakikat dan pentingnya PKN diperguruan tinggi ini adalah diharapkan dapat memberikan manfaat bagi generasi-generasi bangsa. Dengan pembelajaran PKN ini mendorong warga negara agar dapat memberikan pengaruh positif perkembangan iptek agar dapat membangun negara-bangsa. waktu yang akan datang PKN sangat ditentukan oleh eksistensi konstitusi negara dan bangsa Indonesia itu sendiri.
PKN sendiri memiliki pengertian Kewarganegaraan, hubungan antar manusia baik hubungan secara individu maupun kolektif atau hubungan manusia dengan negara nya yang merupakan landasan ideal dan fundamental legitimasi bagi pendidikan kewarganegaraan.
nama : devi aulia putri
npm : 2251011038
kelas : A
menurut analisis saya dari video tersebut bahwa pendidikan kewarganegaraan itu pada hakikatnya sangat penting yang dimana pada perguruan tinggi sebab kita sebagai generasi muda penerus bangsa untuk memberikan bekal nilai-nilai kebangsaan dan pemahaman komprehensif mengenai wawasan nusantara, ketahanan nasional, hak dan kewajiban sebagai warganegara, demokrasi, konstitusi serta HAM dalam menghadapi tantangan globalisasi yang ada serta pendidikan kewarganegaraan pun sangat penting sekali untuk membentuk karakter mahasiswa serta moral generasi muda sekarang
Npm : 2251011011
Kelas : A
menurut analisis saya mengenai video tersebut yaitu video tersebut menjelaskan tentang hakikat dan pentingnya pendidikan pancasila di perguruan tinggi, dengan adanya pendidikan tersebut bermanfaat bagi generasi dan masa depan bangsa. Pemahaman PKN sendiri tentang kewarganegaraan, hubungan antara individu dan kelompok, atau hubungan antara orang dan negara, merupakan dasar ideal dan hukum bagi pendidikan kewarganegaraan.
Dengan pembelajaran PKN ini juga, diharapkan dapat mendorong warga negara agar dapat memberikan pengaruh-pengaruh yang positif dalam perkembangan IPTEK dan dapat membangun warga negara maupun bangsa Indonesia sendiri demi kesejahteraan bangsa
Npm : 2251011020
Kelas : A
Menurut analisis saya dari video tersebut pentingnya Pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi pada hakikatnya adalah sebuah bentuk pendidikan untuk generasi penerus yang bertujuan agar dapat menjadi peserta didik yang berpikir tajam dan sadar mengenai hak dan kewajibannya dalam hidup bermasyarakat dan bernegara, juga bertujuan untuk membangun kesiapan peserta didik agar menjadi warga dunia (global society) yang cerdas.
Pendidikan Kewarganegaraan penting diberikan agar mahasiswa menjadi pribadi yang paham tentang hak dan kewajibannya sebagai Warga Negara Indonesia, berpikir kritis, bertoleransi tinggi, pribadi yang cinta damai, menjadi sosok yang mengenal dan berpartisipasi dalam kehidupan politik lokal, nasional, dan internasional. Hal ini sesuai dengan hakikat tujuan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yaitu mengembangkan siswa menjadi warga negara yang baik yang memiliki rasa kebanggaan terhadap Negara Indonesia, cinta tanah air, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi di lingkungan rumah, sekolah, dan sekitarnya serta berbangsa dan bernegara.
Npm:2211011111
Kelas:A
Menurut saya hakikat pentingnya pembelajaran pkn di perguruan tinggi memiliki peran penting dalam proses pembentukan karakter setiap mahasiswa contohnya dalam mengambil tindakan dalam bersikap dan berprilaku baik di dalam perguruan tinggi dan diharapkan diluar perkuliahan juga .
Dan setelah mempelajari ilmu pkn ,diharapkan kita dapat berfikir secara kritis analitis (menerapkan nilai” yang terkandung dalam pancasila)
Npm : 2251011050
Kelas : A
Hasil analisis saya dari vidio tersebut yaitu dapat di simpulkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan itu sangat penting bagi warga negara Indonesia terutama Mahasiswa, karena dengan adanya kita mempelajari pendidikan kewarganegaraan kita dapat menjadi warga negara yang setia, cinta, dan berani berkorban demi membela bangsa dan negara, serta menjadi warga negara yg dapat berfikir kritis, dan memiliki jiwa yg demokratis
NPM ,: 2211011152
Kelas: A
Pendidikan kewarganegaraan bertujuan untuk menciptakan rasa cinta tanah air dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.
Dengan pendidikan Pancasila, mahasiswa diharapkan dapat berfikir kritis, analitis, dan demokratis. Serta diharapkan dapat menjaga, memelihara, dan mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.
Terdapat 6 landasan ideal dan landasan hukum Pancasila yaitu:
1. Pancasila
2. Pembukaan UUD 1945
3. Batang tubuh UUD 1945
4. UUD no.20 thn 1982
5. UUD no 20 thn 2003
Pendidikan kewarganegaraan bertujuan untuk menciptakan rasa cinta tanah air dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.
Dengan pendidikan Pancasila, mahasiswa diharapkan dapat berfikir kritis, analitis, dan demokratis. Serta diharapkan dapat menjaga, memelihara, dan mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.
Npm : 2211011014
Kelas : Manajemen A
Analisis video
Menurut analisis saya, Pendidikan Pancasila sendiri merupakan sarana yang pembelajaran yang berasal dari nilai-nilai Pancasila sebagai sumbernya. Hakikat dan pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi adalah untuk membekali mahasiswa mengenai hubungan antar sesama bangsa Indonesia serta membentuk generasi penerus bangsa menjadi orang yang demokratis, cinta dan rela berkorban demi bangsa dan negara
Landasan ideal dan hukum pendidikan kewarganegaraan adalah pembukaan uud 1945, pancasila, batang tubuh UUD 1945, UU no 20 tahun 1982, UU no 20 tahun 2003, sk dirjen dikti no 43 tahun 2008. Pendidikan Pancasila juga diharapkan dapat menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kritis dan demokratis.
NPM: 2251011017
Kelas : A
hasil analisis saya tentang video diatas adalah, video diatas menjelaskan tentang hakikat dan pentingnya pendidikan pancasila di perguruan tinggi. dan juga pkn memiliki pemahaman tentang kewarganegaraan, hubungan antar manusia, baik secara individu maupun kelompok atau hubungan warga dengan negaranya. yang merupakan dasar ideal, dan fundamental bagi pendidikan kewarganegaraan. pendidikan kewarganegaraan diperlukan untuk menjaga dan mempertahankan suatu negara. pendidikan kewarganegaraan bisa memberikan masyarakat manfaat positif dalam perkembangan IPTEK, agar dapat membangun negara atau bangsa.
NPM : 2211011146
PKN sendiri memiliki pengertian kewarganegaraan, hubungan antar manusia baik secara individu maupun kelompok, atau hubungan antara manusia dengan negaranya, dasar ideal dan legal dari pendiidikan kewarganegaraaan, serta perlu dibina masyarakat untuk mempertahankannya. dan mempertahankan eksistensi negara.
NPM : 2211011034
Kelas : S1 Manajemen A
Menurut analisis saya, Pendidikan Pancasila merupakan sarana pembelajaran yang berasal dari nilai-nilai Pancasila sebagai sumbernya.Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi adalah untuk membekali mahasiswa mengenai hubungan antar sesama bangsa Indonesia serta membentuk generasi penerus bangsa menjadi orang yang demokratis, cinta dan rela berkorban demi bangsa dan negara.
Pendidikan Kwarganegaraan sendiri memiliki pengertian kewarganegaraan, hubungan antar manusia baik secara individu maupun kelompok, atau hubungan antara manusia dengan negaranya. Dasar ideal dan legalitas dari pendidikan kewarganegaraaan, serta perlu mempertahankannya dari eksistensi negara.
Pendidikan Kearganegaraan juga dapat mendorong warga untuk memanfaatkan dampak positif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini
NPM : 1911011071
Kelas : A
dalam pandangan pribadi ditambah dengan beberapa literatasi yang pernah saya baca mengenai hakikat dan pentingnya pembelajaran PKN di perguruan tinggi adalah bahwasanya Mahasiswa sebagai warganegara muda (young citizens) memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air dalam konteks nilai dan moral Pancasila, nilai dan norma Undang-Undang dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, nilai dan komitmen Bhinneka tunggal Ika, dan komitmen bernegara kesatuan Republik Indonesia
PKN sendiri memiliki pengertian kewarganegaraan, hubungan antar manusia, baik secara individu maupun kolektif, atau hubungan antara manusia dengan negaranya, yang merupakan landasan ideal dan fundamental legitimasi bagi pendidikan kewarganegaraan dan juga diperlukan untuk perlindungan warga negara. masyarakat dalam rangka menjaga dan melestarikan keberadaan negara.
Pkn juga dapat mendorong warga negara untuk memanfaatkan dampak positif perkembangan iptek dalam pembangunan bangsa.
NPM :2211011105
KELAS : MANAJEMEN A
Setelah saya analisis video tersebut tentang hakikat dan pentingnya PKN di perguruan tinggi, pengertian PPKN, idealisme dan landasan hukum, sumber sejarah, sumber sosiologis, sumber politik dan dinamika substansi dan urgensi.
PKN sendiri memiliki pengertian ilmu kewarganegaraan, hubungan antar manusia baik secara individu maupun kelompok, atau hubungan antara manusia dengan negaranya, landasan ideal dan dasar hukum pendidikan kewarganegaraan, serta perlu juga untuk memelihara suatu komunitas, untuk memelihara. dan mempertahankan eksistensi negara.
PKN juga dapat mendorong warga negara untuk memanfaatkan dampak positif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan bangsa.
NPM : 2251011039
KELAS :A
Analisis:
Menurut analisis saya pada vidio tersebut membahas mengenai hakekat dan pentingnya pkn di perguruan tinggi, pengertian dari ppkn, landasan ideal dan hukum, sumber historis, sumber sosiologis, sumber politik, dan dinamika esensi dan urgensi.
pendidikan kewarganegaraan berguna untuk menjaga negara dan mempertahankan eksistensi negara dan bangsa. Pendidikan kewarganegaraan perlu mendorong masyarakat untuk memajukan perkembangan IPTEK.
Sebagai mahasiswa, memiliki hak untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, Sehingga NKRI dapat menjadi negara yang yang merdeka dan harus kita jaga.
Npm : 2211011117
Saya menganalisis video tentang hakikat dan pentingnya PPKN dalam pendidikan tinggi, maknanya, cita-cita dan landasan hukum PPKN, sumber sejarah, sumber sosiologis, sumber politik serta dinamika isi dan urgensinya.
PKN sendiri memiliki konsep kewarganegaraan, hubungan antara orang-orang baik secara individu maupun kelompok, atau hubungan antara orang-orang dan negaranya, dasar ideal dan hukum pendidikan kewarganegaraan, dan itu harus didukung oleh masyarakat untuk mengukuhkannya. dan mempertahankan eksistensi negara.
PKN juga dapat mendorong warga untuk memanfaatkan dampak positif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pembangunan bangsa.
NPM : 2211011013
KELAS : PKN A
Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata kuliah wajib di Perguruan Tinggi. Pendidikan kewarganegaraan diberikan kepada mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa untuk memberikan bekal nilai-nilai kebangsaan dan pemahaman komprehensif mengenai wawasan nusantara, ketahanan nasional, hak dan kewajiban sebagai warganegara, demokrasi, konstitusi serta HAM dalam menghadapi tantangan globalisasi demi eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pendidikan Kewarganegaraan juga bertujuan membangun kesiapan bagi warga negara agar menjadi warga yang cerdas. Untuk memahami dan menjunjung tinggi keberadaan negara dan bangsa agar tetap berdiri kokoh sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat adil dan makmur dalam kehidupan di Negara Republik Indonesia ini sangat diperlukan komitmen dan dukungan dengan sungguh-sungguh dari setiap individunya.
npm : 2211011113
kelas: A
Menurut analisis saya dari vidio tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pembelajaran PKN ini diperguruan tinggi, diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi dan masa depan bangsa. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengimplementasikan serta merealisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila.
Dengan pembelajaran PKN ini juga, diharapkan dapat mendorong warga negara agar dapat memberikan pengaruh-pengaruh yang positif dalam perkembangan iptek agar dapat membangun warga negara maupun bangsa Indonesia sendiri.
Nilai Pancasila sebagai dasar ideologi negara juga diharapkan dapat melatih mahasiswa agar dapat berpikir kritis, analitis, dan demokratis berdasarkan nilai-nilai Pancasila
NPM : 2211011094
KELAS : A
Dari video Hakekat dan Pentingnya PKN di Perguruan Tinggi ini dapat saya
simpulkan bahwasannya dengan adanya pembelajaran PKN diperguruan tinggi, diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi dan masa depan bangsa. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengimplementasikan serta merealisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila juga mampu mendorong masyarakat atau warga negara agar dapat memberikan pengaruh-pengaruh yang positif dalam perkembangan iptek agar dapat membangun warga negara maupun bangsa Indonesia sendiri. Nilai Pancasila juga diharapkan mampu melatih mahasiswa agar berfikir kritis, analisis dan demokratis berdasarkan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi persoalan yang ada di masyarakat.