Jelaskan hambatan hambatan dalam komunikasi, dan bagaimana cara menenggulanginya !
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Hambatan-hambatan dalam komunikasi: Hambatan Teknis, yaitu hambatan yang terjadi akibat keterbatasan fasilitas dalam berkomunikasi, seperti kurang canggihnya alat komunikasi, kerusakan alat komunikasi,dan jarak antar individu. Hambatan samantik, yaitu hambatan dalam komunikasi dalam penyampaian konteks pesan secara efektif, seperti kesalahpahaman komunikan dalam menangkap pesan yang disampaikan oleh komunikator. Hambatan manusiawi, yaitu hambatan yang terjadi karena emosi, persepsi ketidakcakapan bicara, kemampuan dan ketidakmampuan dalam berkomunikasi. Solusi atas permasalahan tersebut yaitu, komunikator harus mempersiapkan fasilitas yang menunjang proses komunikasi kemudian saat penyampaian pesan dilakukan secara efektif, lakukanlah pengulangan informasi yang sebelumnya disampaikan jika diminta, dan yang paling penting komunikator mampu memastikan bahwa komunikan telah menangkap dan memahami informasi yang telah ia sampaikan.
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Ada tiga jenis hambatan dalam komunikasi , yakni hambatan fisik, hambatan semantik, serta hambatan psikologis. Cara menanggulanginya yaitu dengan menciptakan budaya kerja yang saling menghormati dan berpikiran terbuka agar keharmonisan antar perbedaan usia, status, dan persepsi agar bisa saling memahami dan berkomitmen dan bekerjasama untuk memegang teguh etika berkomunikasi.
Hambatan komunikasi adalah segala bentuk gangguan yang terjadi di dalam proses penyampaian serta penerimaan pesan antarindividu. Pada umumnya, ada beberapa macam hambatan komunikasi yaitu gangguan teknis, gangguan semantik, gangguan psikologis, rintangan fisik atau organik, rintangan status, rintangan kerangka pikir, dan rintangan budaya. Namun walaupun ada hambatan tentu saja ada cara untuk mengatasi dan memperbaikinya. Beberapa cara untuk mengatasinya yaitu menggunakan pendekatan komunikasi yang berpusat pada penerima pesan, menciptakan dan memproses pesan yang akan disampaikan maupun diterima dengan efektif dan efisien, serta memahami akan kesulitan komunikasi antar budaya.
Menurut Joseph De Vito ada 4 jenis hambatan komunikasi, yaitu :
1. Physical noise. Contoh berupa tulisan tangan yang tidak terbaca, ukuran huruf yang terlalu kecil sehingga sulit untuk dibaca, suara kendaraan yang terlalu bising.
2. Physiological noise. Misalnya, pengirim atau penerima memiliki gangguan penglihatan seperti mata minus sehingga pandangan menjadi rabun, atau memiliki gangguan pendengaran.
3. Psychological noise. Gangguan ini adalah gangguan mental pada komunikator atau komunikan.
4. Semantic noise. Gangguan semantik adalah gangguan yang terjadi ketika komunikator dan komunikan memiliki sistem makna yang berbeda. Menurut Joseph DeVito beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek hambatan dalam komunikasi di antaranya dengan meningkatkan kemampuan bahasa dan menggunakan pilihan kata yang lebih tepat, mempertajam keterampilan mengirim dan menerima pesan nonverbal, serta meningkatkan keterampilan mendengarkan dan memberikan umpan balik.
1) Hambatan Teknis, hambatan yang terjadi karena media yang digunakan dalam berkomunikasi.
2) Hambatan Semantik, hambatan yang terjadi akibat proses penyampaian pengertian atau ide yang tidak efektif.
3) Hambatan manusiawi, hambatan yang timbul dari faktor faktor manusia atau pelaku komunikasi organisasi itu sendiri.
4) Hambatan Sosio-Antro-Psikologis, hambatan yang terjadi pada sisi komunikan atau penerima informasi.
5) Hambatan Ekologis, hambatan yang terjadi karena faktor lingkungan. cara menanggulangi hambatan-hambatan dalam komunikasi, bisa dilakukan dengan menggunakan komunikasi secara langsung, menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.
Hambatan hambatan dalam komunikasi :
1. Hambatan Teknis Keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi. Dari sisi teknologi, semakin berkurang dengan adanya temuan baru dibidang kemajuan teknologi komunikasi dan informasi.
2. Hambatan Semantik Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau secara secara efektif.
3. Hambatan Manusiawi Terjadi karena adanya faktor, emosi dan prasangka pribadi, persepsi, kecakapan atau ketidakcakapan, kemampuan atau ketidakmampuan alat-alat panca indera seseseorang.
Mengatasi Hambatan dalam Komunikasi ;
1. Menjaga kontak pribadi yang akrab tanpa menumbuhkan perasaan bermusuhan
2. Menetapkan dan menegaskan identitas kita dalam hubungan dengan orang lain tanpa membesar-besarkan ketidaksepakatan.
3.Menyampaikan informasi kepada oranglain tanpa menimbulkan kebingungan.
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Komunikasi merupakan proses pertukaran informasi antara komunikator dan komunikan dan dapat berlangsung dimana saja serta kapan saja. Walau terkesan mudah, sebenarnya ada begitu banyak hambatan dalam berkomunikasi. Secara garis besar ada 3 jenis hambatan komunikasi yaitu : 1. Hambatan personal yang biasanya bersumber dari sifat atau karakteristik komunikator ataupun komunikan. 2. Hambatan fisik yang berkaitan dengan keadaan fisik seseorang seperti cacat fisik. 3. Hambatan lingkungan atau budaya bisa saja menyebabkan perbedaan persepsi antara komunikator dan komunikan yang disebabkan dari lingkungan, dan budaya yang berbeda sehingga dapat menimbulkan miss communication. Beberapa hambatan ini dapat ditanggulangi dengan memahami karakter orang yang akan kita ajak berkomunikasi agar dapat menyesuaikan cara penyampaian pesan kepada komunikan, meningkatkan umpan balik untuk mengetahui apakah pesan atau informasi telah dipahami, serta usahakan berkomunikasi secara langsung.
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Cara menanggulanginya dengan Meningkatkan umpan balik,Empati,Pengulangan,Menggunakan bahasa yang sederhana dan Penentuan waktu yang efektif.
Hambatan hambatan dalam komunikasi : 1. Hambatan personal 2. Hambatan kultural atau budaya 3. Hambatan fisik 4. Hambatan lingkungan Cara Mengatasi Hambatan Komunikasi : 1. Terapkan umpan balik (feedback) 2. Empati 3. Repetisi 4. Memakai bahasa yang simpel dan relevan. 5. Membangun budaya saling menghargai agar tidak ada kesenjangan
Terdapat beberapa hambatan-hambatan dalam komunikasi yaitu hambatan personal atau pribadi merupakan hambatan yang berasal dari ranah afektif, perasaan atau mental seorang yang melakukan komunikasi. hambatan fisik merupakan sesuatu yang berhubungan dengan wujud atau tubuh manusia. Hambatan budaya dilakukan setiap individu, kelompok organisasi dsb tentu mempunyai latar belakang kultural tertentu. Dan terdapat juga hambatan Lingkungan, Usia, dan Bahasa. Cara Menanggulanginya Meningkatkan umpan balik, untuk mengetahui apakah pesan atau informasi telah diterima, dipahami, dan dilaksanakan atau tidak, Mendengarkan secara efektif sehingga komunikasi antar atasan dengan bawahan dapat berlangsung dengan baik, Mengatur arus informasi, komunikasi harus diatur mutunya, jumlah dan cara penyampaiannya.
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Tidak mudah untuk melakukan komunikasi secara efektif. Bahkan beberapa ahli komunikasi menyatakan bahwa tidak mungkinlah seseorang melakukan komunikasi yang sebenar-benarnya efektif. Ada banyak hambatan yang bisa merusak komunikasi. Ada beberapa hal yang merupakan hambatan komunikasi yang harus menjadi perhatian bagi komunikator kalau ingin komunikasinya sukses.
Ketika anda sedang bercakap-cakap dengan orang lain di beranda rumah anda tiba-tiba lewat kendaraan motor dengan suara knalpot yang bising, seketika pula anda menghentikan pembicaraan karena merasa terganggu. Hal ini dalam dunia komunikasi disebut noise (gangguan komunikasi). Proses komunikasi tidak akan berjalan lancar jika terjadi gangguan dalam komunikasi. Gangguan atau hambatan itu secara umum dapat dikelompokkan menjadi hambatan internal dan hambatan eksternal
Cara mengatasi hambatan komunikasi menurut Bovee dan Thill, 2002, 22, adalah : Memelihara iklim komunikasi agar senantiasa terbuka Bertekat untuk memegang teguh etika dalam berkomunikasi dan menjalankannya dengan baik Memahami akan adanya kesulitan komunikasi antar budaya Menggunakan pendekatan komunikasi yang berpusat pada penerima pesan.
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Hambatan komunikasi adalah segala bentuk gangguan yang terjadi di dalam proses penyampaian serta penerimaan pesan antarindividu. Pada umumnya, ada beberapa macam hambatan komunikasi yaitu gangguan teknis, gangguan semantik, gangguan psikologis, rintangan fisik atau organik, rintangan status, rintangan kerangka pikir, dan rintangan budaya. Namun walaupun ada hambatan tentu saja ada cara untuk mengatasi dan memperbaikinya. Beberapa cara untuk mengatasinya yaitu menggunakan pendekatan komunikasi yang berpusat pada penerima pesan, menciptakan dan memproses pesan yang akan disampaikan maupun diterima dengan efektif dan efisien, serta memahami akan kesulitan komunikasi antar budaya
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Hambatan dalam berkomunikasi, yaitu adanya kendala teknis yang biasanya terjadi dalam komunikasi virtual. Dalam hal tersebut perlu adanya antisipasi terhadap jaringan internet yang kurang stabil, daya ponsel lemah, perangkat yang kurang memadai, dan juga penguasaan terhadap penggunaan teknologi agar komunikasi dapat tersampaikan dengan efektif dan efisien. Hambatan lainnya ialah penyampaian komunikasi yang dapat memicu kesalahpahaman lawan bicara. Dalam hal ini komunikasi antar sesamanya haruslah jelas dan tidak berbelit-belit. Dan yang selanjutnya yaitu hambatan yang dipengaruhi oleh budaya dari suatu kelompok. Setiap pembicara haruslah mengerti dan memahami budaya interaksi masing-masing, baik dari cara penyampaian secara verbal maupun non verbal terhadap lawan bicaranya agak tidak memicu konflik dan menyebabkan hubungan diantaranya menjadi renggang.
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Secara garis besar, terdapat empat hambatan komunikasi yaitu hambatan personal, hambatan fisik, hambatan kultural atau budaya, serta hambatan lingkungan. Cara mengatasi hambatan tersebut pengirim pesan hendaknya merumuskan informasi sedemikian rupa agar tujuan komunikasi tercapai. Informasi pesan harus menggunakan terminologi yang tepat dan jelas serta menggunakan volume yang sesuai. Penerima pesan harus fokus perhatian pada pesan yang disampaikan dengan memberikan momen prioritas.
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Hambatan hambatan dalam komunikasi :
1. Hambatan Teknis Keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi. Dari sisi teknologi, semakin berkurang dengan adanya temuan baru dalam kemajuan teknologi komunikasi dan informasi.
2. Hambatan Semantik Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau secara efektif.
3. Hambatan Manusia Terjadinya adanya faktor, emosi dan pengalaman pribadi, persepsi, atau ketidakcakapan, kemampuan atau ketidakmampuan alat-alat panca indera seseorang.
Beberapa hambatan ini dapat ditanggulangi dengan memahami karakter orang yang akan kita ajak berkomunikasi agar dapat menyesuaikan cara penyampaiannya, meningkatkan umpan balik untuk mengetahui apakah pesan atau informasi telah dipahami, serta usahakan berkomunikasi secara langsung.
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Npm : 2111011025
1. Hambatan personal hambatan yang terjadi pada peserta komunikasi, baik komunikator maupun komunikan
2. Hambatan bahasa Terjadi ketika orang yang berkomunikasi tidak menggunakan bahasa yang sama.
3. Hambatan fisik Hmencakup panggilan telepon, jarak antar individu, dan radio.
4. Hambatan lingkungan mencakup tingkat aktifitas, tingkat kenyamanan, gangguan, serta waktu.
Cara mengatasi Hambatan komunikasi dapat diatasi dengan :
1. komunikator Merumuskan informasi dan proaktif dalam membuat komunikator memahami pesan yang disampaikan.
2. Pesan hendaknya Menggunakan terminologi yang tepat,Berbicara dengan jelas,Menggunakan volume suara yang sesuai,bersifat informatif.
3. receiver, yakin bahwa pengirim pesan memahami apa yang diinginkan oleh penerima pesan dan mengapa mereka menginginkannya.
4. Umpan Balik Pesan dalam bentuk umpan balik yang diberikan dapat berupa pengakuan, pengulangan, dan parafrase.
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Jenis Hambatan-hambatan dalam Komunikasi :
1. Hambatan teknis
Hambatan teknis terjadi karena media komunikasi yang digunakan.
2. Hambatan semantik
Hambatan semantik terjadi karena proses penyampaian pengertian atau ide melalui bahasa atau kata-kata tidak jelas atau berbelit-belit sehingga komunikasi menjadi tidak efektif.
3. Hambatan manusiawi
Hambatan manusiawi terjadi karena adanya keterlibatan antara faktor yang dimiliki setiap individu.
4. Hambatan situasional
Hambatan situasional terjadi karena adanya faktor sosiologis, antropologis, dan psikologis, dan ekologis. Penyampai komunikasi harus paham dengan situasi yang terjadi. Misalnya terjadi kecelakaan kerja, gangguan teknikal mesin, dan gangguan alam.
Cara Mengatasi Hambatan Komunikasi :
1. Terapkan umpan balik (feedback)
2. Empati
3. Repetisi
4. Memakai bahasa yang simpel dan relevan
5. Pengaturan waktu yang pas
1. Hambatan teknis
Adalah hambatan berupa keterbatasan fasilitas serta peralatan komunikasi
2. Hambatan semantik
Adalah hambatan komunikasi dalam konteks penyampaian pesan secara efektif.
3. Hambatan manusiawi
Adalah hambatan yang disebabkan oleh berbagai faktor manusia, seperti emosi, prangsangka pribadi, persepsi, ketidakcakapan, kemampuan atau ketidakmampuan, dan lain sebagainya.
Cara mengatasinya dengan cara menciptakan budaya kerja yang saling menghormati dan berpikiran terbuka agar keharmonisan antar perbedaan usia, status, dan persepsi agar bisa saling memahami.
Berkomitmen dan bekerjasama untuk memegang teguh etika berkomunikasi.
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
2111011034
Hambatan dalam komunikasi yaitu 1.Hambatan dari pengirim pesan. 2.Hambatan dalam penyandian atau simbol. 3.Hambatan media. 4.Hambatan dalam bahasa sandi. 5.Hambatan dari penerima pesan. Cara mengatasi nya adalah 1. Buat pemberitahuan akan tenggat waktu. 2. Mendengarkan orang lain. 3. Lebih fokus dengan tujuan, tugas atau proyek yang sedang dikerjakan. 4. Mengikuti pelatihan.
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Nama : Essa Aulia Yupi Rahmadita
NPM : 2111011105
Ada 4 hambatan dalam komunikasi 1. Hambatan personal dimana hambatan terjadi pada perserta komunikasi. 2. Hambatan kultural atau budaya dimana setiap peserta Komunikasi memiliki kebudayaan dan latar belakang yang berbeda, karna hal itu kita dapat memahami perbedaan agar terjalinnya komunikasi. 3. Hambatan fisik seperti panggilan telpon. 4. Hambatan lingkungan seperti tingkat kenyamanan dan gangguan. Cara mengatasinya dengan pengirim (sender), pesan (message), encoding, saluran (channel), penerima (receiver), decoding, umpan balik (feedback), gangguan/hambatan (noise), dan konteks (context).
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Ada 4 hambatan dalam komunikasi 1. Hambatan personal dimana hambatan terjadi pada perserta komunikasi. 2. Hambatan kultural atau budaya dimana setiap peserta Komunikasi memiliki kebudayaan dan latar belakang yang berbeda, karna hal itu kita dapat memahami perbedaan agar terjalinnya komunikasi. 3. Hambatan fisik seperti panggilan telpon. 4. Hambatan lingkungan seperti tingkat kenyamanan dan gangguan. Cara mengatasinya dengan pengirim (sender), pesan (message), encoding, saluran (channel), penerima (receiver), decoding, umpan balik (feedback), gangguan/hambatan (noise), dan konteks (context).
Ada tiga jenis hambatan dalam komunikasi , yakni hambatan fisik, hambatan semantik, serta hambatan psikologis. Cara menanggulanginya yaitu dengan menciptakan budaya kerja yang saling menghormati dan berpikiran terbuka agar keharmonisan antar perbedaan usia, status, dan persepsi agar bisa saling memahami dan berkomitmen dan bekerjasama untuk memegang teguh etika berkomunikasi.
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Macam- Macam hambatan yaitu : Hambatan teknis,hambatan berupa keterbatasan fasilitas serta peralatan komunikasi. Hambatan semantik, hambatan komunikasi dalam konteks penyampaian pesan secara efektif lebih mengarah pada pengungkapan suatu hal lewat bahasa dan kata-kata. Hambatan manusiawi, hambatan yang disebabkan oleh berbagai faktor manusia, seperti emosi, prangsangka pribadi, persepsi, ketidakcakapan, kemampuan atau ketidakmampuan. Cara menanggulanginya dengan Meningkatkan umpan balik,Empati,Pengulangan,Menggunakan bahasa yang sederhana dan Penentuan waktu yang efektif.
Re: Diskusi 2, 1 September 2022
Npm 2111011031
Terdapat empat hambatan dalam komunikasi diantaranya adalah 1)Hambatan personal, dimana hambatan yang terjadi pada peserta komunikasi baik komunikator maupun komunikan/komunikate. 2)Hambatan kultural atau budaya, dimana hambatan bahasa terjadi ketika orang yang berkomunikasi tidak menggunakan bahasa yang sama, atau tidak memiliki tingkat kemampuan berbahasa yang sama. 3)Hambatan fisik, dimana hambatan fisik komunikasi mencakup panggilan telepon, jarak antar individu, dan radio. 4)Hambatan lingkungan, dimana hambatan lingkungan ini mencakup tingkat aktifitas, tingkat kenyamanan, gangguan, serta waktu. Cara menanggulanginya adalah dengan memperhatikan pengirim pesan/komunikator/sender, pesan, penerima/komunikan/komunikate/receiver, dan umpan balik