ཐོ་བཀོད་ཀྱི་གདམ་ཁ།

Metodologi Penelitian
Mata kuliah Metodologi Penelitian Prodi PGSD merupakan salah satu Mata Kuliah Keahlian Profesi (MKKP) yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa Prodi S1 PGSD pada semester V. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep, prinsip, pendekatan, metode, dan teknik penelitian pendidikan dasar, khususnya di sekolah dasar serta mengetahui penerapan teori-teori penelitian dalam praktek di lapangan. Perkuliahan ini membahas tentang konsep-konsep, prinsip, pendekatan, metode, dan teknik penelitian pendidikan. Dibahas pula tentang penerapan teori-teori penelitian dalam praktek di lapangan, khususnya dalam bidang pendidikan dasar. Metode penelitian pendidikan perlu dikuasai oleh calon pengajar kependidikan, khususnya dalam bidang ke-SD-an dan mereka yang berprofesi kependidikan dalam upaya pengembangan kebijakan dan program-program pendidikan yang menjadi tugasnya. Mata kuliah ini mempunyai 2 tujuan pokok. Pertama, para mahasiswa dapat memahami dimensi teoretis dan dimensi praktis penelitian pendidikan. Kedua, mereka mampu manggunakan dimensi-dimensi pendidikan khususnya dalam bidang ke-SD-an dalam menyusun rencana (proposal) penelitian. Proses pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran partisipasif, yang mencakup penggunaan metode pembelajaran individual dan kelompok. Pembelajaran individual berkaitan dengan telaah kepustakaan, dan tugas penyusunan kerangka penelitian ilmiah, yang diharapkan membantu mahasiswa dalam memperlancar penyusunan proposal, laporan tugas baik buku-buku yang diwajibkan maupun laporan lapangan dan menyusun skripsi. Untuk mengetahui tingkat penguasaan mahasiswa terhadap materi perkuliahan, selain Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), evaluasi dilakukan pula terhadap kehadiran, partisipasi dalam diskusi perkuliahan, dan tugas (makalah) bentuk MS Word dan PowerPoint.
  • སློབ་དཔོན: Alben Ambarita
  • སློབ་ཕྲུག་ཚུ་ཐོ་བཙུགས་འབད་ཡོདཔ: 46
རང་གིས་ཐོ་བཀོད་འབད་ནི། (སློབ་ཕྲུག)
Alben Ambarita