ཐོ་བཀོད་ཀྱི་གདམ་ཁ།
1. Manfaat Mata Kuliah
Manfaat Mata Kuliah PO Élémentaire bagi mahasiswa, yaitu:
a) mengenal dan menguasai bunyi/ungkapan dalam bahasa Prancis,
b) melafalkan kosakata dan ungkapan sederhana bahasa Prancis,
c) mengaplikasikan bahasa Prancis dalam bentuk komunikasi menggunakan tema-tema yang sederhana terkait pengenalan diri dan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Deskripsi Singkat Mata Kuliah
Mata kuliah Production Orale Élémentaire (Berbicara) adalah mata kuliah dasar dan wajib yang diberikan pada semester II. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengasah keterampilan mahasiswa dalam berbicara setara dengan tingkat A1- A2 dalam CECRL, sehingga mahasiswa dapat berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Prancis baik berupa monolog maupun dialog pada konteks-konteks pembicaraan yang relatif masih sederhana.
Kuliah dilaksanakan dengan teknik ceramah, tanya jawab, dan project team-based. Evaluasi yang digunakan ialah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Nilai sikap partisipatif diambil selama proses perkuliahan di kelas dan kerja kelompok, seperti: ketepatan dalam mengumpulkan tugas, sikap kerja kelompok/mandiri, kehadiran tepat waktu. Nilai pengetahuan dan keterampilan diambil dari nilai Kuis, UTS dan UAS, dan produk belajar.
3. Capaian Perkuliahan (Course Learning Outcomes)
|
S6 |
Berperilaku jujur, bertanggungjawab, dan disiplin dalam menjalankan pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|
P1 |
Menguasai konsep teoritis yang mendalam pada empat kompetensi berbahasa Prancis setara dengan tingkat B2. |
|
KK 1 |
Mahir berbahasa Prancis yang meliputi empat kompetensi berbahasa setara dengan tingkat B2. |
|
KK 4 |
Mengenal dan memahami budaya Prancis |
|
KU 1 |
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ipteks sesuai dengan bidang keahliannya |
|
KU 2 |
Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data |
|
CPMK 1 |
Mahasiswa mampu menerapkan kosakata, ungkapan dan kalimat yang tepat sesuai situasi komunikasi dan pelafalan yang baik |
|
CPMK 2 |
Mahasiswa mampu berinteraksi langsung secara cukup lancar untuk situasi komunikasi dengan tema-tema umum/sehari-hari |
|
CPMK 3 |
Mahasiswa mampu menunjukkan tugas/performansi dalam bentuk komunikasi yang menuntut kosakata dan tata bahasa sederhana mengenai topik terkait studi, kegiatan dan hal yang bersifat umum. |
|
CPMK 4 |
Mahasiswa mampu berdialog atau bertegur sapa serta mampu mengembangkan dialog sederhana dengan baik |
4. Indikator Capaian Perkuliahan
|
· Bercerita tentang makanan/minuman yang dikonsumsi sehari-hari dan yang disukai. · Memaparkan tentang cara membuat resep masakan. · Berdialog dalam konteks komunikasi di restoran/di bar. · Mempresentasikan cara/langkah-langkah membuat resep masakan menggunakan bahasa Prancis dalam bentuk video demonstrasi.
|
|
· Menggambarkan benda-benda secara rinci dengan menyebutkan warna, bentuk, ukuran, dan berat. · Bertanya jawab tentang karakterisitik/aspek dari benda-benda di sekitar.
|
|
· Membandingkan dua benda/orang atau lebih. · Bermain peran dengan tema perbandingan.
|
|
· Bertanya jawab tentang harga. · Bertanya jawab tentang metode pembayaran. · Bertanya jawab tentang menawar harga barang · Bermain peran dengan tema berbelanja untuk beberapa situasi komunikasi yang berbeda.
|
|
· Bercerita tentang tempat tinggal dan tempat tinggal idaman. · Menggambarkan keadaan suatu tempat tinggal berdasarkan gambar.
|
|
· Menjelaskan posisi suatu tempat terhadap yang lain dengan preposisi penunjuk tempat yang tepat. · Menjelaskan arah untuk menunjukkan arah menuju suatu tempat (berdasar peta). · Bertanya jawab dalam situasi komunikasi yang bertemakan menunjukan arah.
|
|
· Menggambarkan seseorang berdasrkan karakter dan ciri fisik. · Menyusun dan mempresentasikan dialog dengan tema menggambarkan seseorang.
|
|
· Membuat paparan tentang hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan · Bermain peran tentang percakapan di ruang dokter/farmasi. · Memaparkan tentang khasiat sesuatu untuk kesehatan.
|
|
· Bermain peran dengan tema meminta dan memberi nasihat/saran kepada orang lain.
|
|
· Bercerita tentang kejadian di masa lampau dengan baik.
|
|
· Bercerita dan bertanya jawab tentang alasan/hal yang memotivasi untuk belajar · bahasa serta hal yang perlu dilakukan untuk menguasai suatu bahasa. |
5. Strategi Perkuliahan
· Ceramah
· Tanya Jawab
· Project team-based.
- སློབ་དཔོན: Diana Rosita
- སློབ་ཕྲུག་ཚུ་ཐོ་བཙུགས་འབད་ཡོདཔ: 27
