Pilihan pendaftaran

PTI_Grafika Komputer_2023B_Genap_2023/2024

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Grafika komputer (Computer Graphics) dapat diartikan sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan animasi komputer. Matakuliah ini memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada mahasiswa tentang bagaimana menggambar suatu objek baik 2D maupun 3D beserta manipulasinya. Matakuliah Grafika Komputer secara umum ditujukan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa dalam berfikir secara logis, kritis, kreatif dan analitis dalam memecahkan masalah penggambaran suatu objek beserta manipulasinya dengan menggunakan komputer. Secara khusus pada matakuliah ini akan diberikan ketrampilan dalam hal pembuatan program untuk menggambar suatu objek baik 2D maupun 3D beserta manipulasinya

Standar Kompetensi  : Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan teori Grafika Komputer ke dalam bahasa pemrograman atau pembuatan model-model dasar pengolahan grafik menggunakan bahasa pemrogram komputer.

Manfaat Mata Kuliah  Manfaat dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman tentang bagaimana membentuk dan mengolah grafik dan citra digital menggunakan komputer.


Bahan Kajian / Materi Pembelajaran

1.   Kontrak Kuliah/RPS Pendahuluan Grafika Komputer

2.   Sistem Grafika Komputer

3.   Pengantar WebGL

4.   Output Primitif

5.   Atribut Output Primitif

6.   Transformasi Dua Dimensi

7.   Clipping 2 Dimensi

8.   Clipping 3 Dimensi

9.   Citra Fraktal

10. Proyeksi

11. Rendering

12. Transformasi 3 Dimensi

13. Konsep Dasar OpenGL

14. Konsep Dasar OpenGL (lanjutan)

15. Konsep Dasar OpenGL (lanjutan)

16. Animasi


Referensi

1.   Eck, David J., Introduction to Computer Graphics, Dept. of Mathematics and Computer Science - Hobart and William

      Smith Colleges, New York, 2015.(math.hws.edu/graphicsbook/contents-with-subsections.html)

2.   Hearn, D., and Baker, M.P.,Computer Graphics with Open GL, 3th Edition, Prentice Hall, Inc., New Jersey, 2010.

3.   Maliki, Irfan. Grafika Komputer. Andi Offset, Yogyakarta. 2010.

4.   Shreiner, and Angel, Interactive Computer Graphics: A Top-Down Approach with Shader-Based OpenGL,  Pearson Education.

5.   Shirley, P., Ashikhmin, M., and Marschner, S., Fundamentals of Computer Graphics, 2009.

6.   Sutopo, Ariesto Hadi, Grafika Komputer, Gava Media, 2002.

7.   Vince, John, Mathematics for Computer Graphics, Springer-Verlag, London, 2014.

8.   www.glprogramming.com/blue/index.html

9.   threejs.org/examples/triggerrally.com/track/RF87t6b6/drive


Pendaftaran mandiri (Siswa)