General
PROFIL MATA KULIAH

Nama PS/Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Nama Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama Universitas : Universitas Lampung
Nama Mata Kuliah : Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD
Kode Mata Kuliah : KPD619201
SKS Mata Kuliah : 2 (2-0)
Semester : Ganjil
Jenjang : S-1
Selamat pagi, Salam sejahtera bagi kita semuanya
Selamat datang Rekan-Rekan Mahasiswa yang saya banggakan.
Dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat dan dalam Lindungan Tuhan YME.Selamat datang di Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD Daring FKIP Universitas Lampung. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program strata satu (S1) Sarjana pada rumpun Ilmu Pendidikan, terutama terkait dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mata kuiah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD ini memiliki beban SKS sebesar 2 SKS, dengan kode Matakuliah: KPD619201.
Selamat mengikuti Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD ini dengan Semangat, Gembira, Pantang Menyerah, dan Doa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah oleh Allah SWT. Semoga Berkah Ilmunya dan Berhasil. Salam hangat dan tetap semangat !!
Dr. Alben Ambarita, M.Pd.Fadhilah Khairani, S.Pd., M.Pd.
ISI ABSENSI BERIKUT INI SESUAI DENGAN KONDISI ANDA
Mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar SD merupakan suatu disiplin ilmu yang disajikan untuk membekali mahasiswa prodi S1 PGSD dalam melaksanakan proses pembelajaran, baik secara teoritis maupun penugasan tentang pengembangan media dan sumber belajar di SD. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengkaji, memahami, menjelaskan, merancang, menggunakan, dan mengevaluasi media dan sumber belajar yang relevan di SD. Adapun materi perkuliahan ini meliputi pengertian, jenis/klasifikasi, fungsi, dasar-dasar pengembangan media, pemilihan, perancangan, dan produksi media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar (kontekstual) dan TIK, serta mengevaluasi media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Mahasiswa diharapkan:
- Mampu memahami konsep dasar media dan sumber belajar.
- Mampu mengkaji prinsip penggunaan dan pengembangan media dan sumber belajar.
- Mampu memahami dasar pertimbangan pemilihan media dan sumber belajar.
- Mampu menganalisis pemanfaatan lingkungan dan TIK sebagai media dan sumber pembelajaran.
- Mampu memahami klasifikasi dan kriteria media dan sumber belajar yang relevan di SD.
- Mampu mengembangkan media dan sumber belajar yang relevan di SD sesuai bidang studi.
- Mampu mengevaluasi media dan sumber belajar.
- Peta pembelajaran merupakan suatu gambaraan mata kuliah yang memuat konsep-konsep penting yang dijadikan sebagai petunjuk bagi dosen agar proses pembelajaran lebih terarah dan berjenjang, sehingga dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dapat meningkatkan daya serap mahasiswa atau peserta didik terhadap materi yang diajarkan.Adapun peta konsep pada mata kuliah ini sebagai berikut.
Pert.
Materi
Penugasan
1
Pengantar mata kuliah
Dosen
2
Konsep dasar media dan sumber belajar
Mahasiswa/ Dosen
3
Dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran
Mahasiswa/ Dosen
4
Prinsip penggunaan & pengembangan media & sumber belajar
Mahasiswa/ Dosen
5
Mahasiswa
6
Lingkungan sebagai media pembelajaran & sumber belajar
Mahasiswa/ Dosen
7
TIK sebagai media pembelajaran & sumber belajar
Mahasiswa/ Dosen
8
UTS
Mahasiswa
9
Klasifikasi dan kriteria media pembelajaran yang relevan di SD
Mahasiswa/ Dosen
10
Menganalisis kebutuhan media di SD dan merumuskan konsep suatu media dan sumber belajar yang akan diproduksi (planning), serta merancang pengembagan media pembelajaran yang relevan di SD (design)
Mahasiswa/ Dosen
11-15
Mempresentasikan produk yang relevan di SD
Mahasiswa /Dosen
16
UAS
Mahasiswa
Agar pelaksanaan perkuliahan Landasan Pendidikan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, ada beberapa hal yang perlu diikuti oleh seluruh mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini, yaitu:
- Mahasiswa wajib memiliki smartphone dan kuota/jaringan internet agar dapat mengakses perkuliahan melalui virtual class yang telah disediakan.
- Mahasiswa wajib memiliki komputer/laptop untuk menjalankan beberapa program/aplikasi yang dibutuhkan dalam perkuliahan ini.
- Mahasiswa diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan oleh dosen untuk setiap pertemuan sebelum pertemuan perkuliahan tersebut dilaksanakan.
- Mahasiswa dianjurkan untuk secara aktif berpartisipasi dalam diskusi yang dilaksanakan di setiap pertemuan, karena hal ini merupakan salah satu aspek penilaian akhir.
- Mahasiswa wajib mengerjakan seluruh tugas yang diberikan oleh dosen, dan diharapkan aktif bertanya dalam setiap kegiatan pembelajaran jika ada hal-hal yang masih kurang dipahami dari materi yang disampaikan oleh dosen.
- Mahasiswa wajib mengikuti kuis yang akan diselenggarakan sebanyak satu (1) kali, yaitu pada akhir pertemuan/minggu ke-4.
- Mahasiswa wajib mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) yang akan diselenggarakan pada pertemuan/minggu ke-8.
- Mahasiswa wajib mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) yang akan diselenggarakan pada akhir perkuliahan atau pertemuan/minggu ke-16.
- Mahasiswa dilarang melakukan plagiarism. Plagiarism adalah sebuah bentuk academic crime. Oleh karenanya, mahasiswa yang melakukan plagiarism akan mendapatkan sanksi.
-
Mahasiswa mempunyai hak untuk mengikuti ujian akhir semester, jika: Mengikuti kuliah minimal 80%, Mengumpulkan tugas, dan Dosen tidak memberikan arahan dalam pelaksanaan perkuliahan.
Kriteria penilaian dalam mata kuliah ini adalah sebagai berikut:
Nomor
Unsur Penilaian
Persentase Nilai
Jumlah
1
2
3
4
5
6
Kehadiran
Tugas
Partisipasi
Ujian Tengah Semester
Ujian Akhir Semester
5 %
20 %
20 %
15 %
20 %
20 %
100 %
Total
Penilaian akhir pada mata kuliah Manajemen Pendidikan menggunakan rentang nilai yang mengacu pada peraturan akademik Universitas Lampung sebagai berikut:
Nilai Mutu
Range
Nilai Angka
A
>76
4,0
B+
71 – 76
3,5
B
66 – 71
3,0
C+
61 – 66
2,5
C
56 – 61
2,0
D
50 – 56
1,0
E
≤ 50
0
REFERENCE
- Anderson, Ronald H. (1987). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. (edisi terjemahan oleh Yusufhadi Miarso, dkk). Jakarta: PU-UT dan Rajawali Press.
- Arief, S., R. Rahardjo, Anung Haryono. (2005). Media Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada Jakarta.
- Arsyad, Azhar. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Barbara B. Seels, Rita C. Richey. (1994). Instructiuonal Technology: The Definition and Domains of The Field. AECT Washington DC.
- Dananjayautomo. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.
- Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtra.
- Fenrich, P. (1997). Pratical Guidelines for Creating Instructional Multimedia Aplication. Fort Worth, TX: Dryden Press Harcourt Collage Pub.
- Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning. (D. A. Stollenwerk, Ed.) (seventh ed). New Jersey: Person Education Inc.
- Kemp, Jerrold E. & Dayton, Deane K. (1985). Planning and producing instructional media. New York: Harper & Row.
- Naz, a. a., & Akbar, R. a. (2010). Use of Media for Effective Instruction its Importance : Some Consideration. Journal of Elementary Education, 18, 35–40.
- Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Haryanto, Anung, et al. (2012). Media Pendidikan Pengertian Penelitian dan Pemanfaatannnya. Jakarta: PT Raja Grafmdo Persada.
- Scarrat, E. & Dovison, J. (2012). The Media Teachers Handbook. London: Routledge.
- Smaldino, S.E., Deborah L.L., and James D.R.(2011). Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi pembelajaran dan Media unuk Belajar. Jakarta: Kencana.
- Sudjana, N. & Rivai, A. (2013). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
Buku ajar ini adalah salah satu sumber belajar yang digunakan dosen dalam menyusun materi Mata Kuliah Manajemen Pendidikan yang dapat didownload oleh mahasiswa. Selamat belajar dan tetap semangat.
Demikian pengantar awal sebelum perkuliahan pada hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami pokok-pokok bahasan yang akan dipelajari selama mengikuti perkuliahan Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD. Untuk pertemuan selanjutnya, kalian akan melakukan diskusi kelompok melalui form diskusi yang ada pada LMS. Hal yang perlu dipersiapakan adalah bahan diskusi dalam bentuk word dan PPT. Diskusi dilakukan secara berkelompok, sehingga kalian perlu membentuk 7 kelompok diskusi. Bahan diskusi, sebagai berikut:
- Konsep dasar media dan sumber belajar
- Dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran
- Prinsip penggunaan & pengembangan media & sumber belajar
- Lingkungan sebagai media pembelajaran & sumber belajar
- TIK sebagai media pembelajaran & sumber belajar
- Klasifikasi dan kriteria media pembelajaran yang relevan di SD
- Menganalisis kebutuhan media di SD (mata pelajaran IPA, IPS, B.Indonesia, Matematika, SBdP) dan merumuskan konsep suatu media dan sumber belajar yang akan diproduksi (planning), serta merancang pengembagan media pembelajaran yang relevan di SD (design)
Kelompok maju disesuaikan dengan topik pembahasan pada LMS. Untuk pertemuan selanjutnya akan membahasa TOPIK Konsep dasar media dan sumber belajar. Jangan lupa pelajari topik selanjutnya dan persiapkan bahan diskusi dalam bentuk word dan ppt. Usahakan selalu aktif dalam perkuliahan. Karena keaktifan merupakan salah satu penilaian mata kuliah ini. Salam hangat dan tetap semangat !!

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh