Ringkasan Mingguan
Umum
- Mata kuliah pendidikan kewarganegaraan secara psikopedagogis/andragogis dan sosiokultural dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi dalam konteks pengembangkan kecerdasan kewarganegaraan (civic intelligence) yang secara psikososial tercermin dalam penguasaan pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), perwujudan sikap kewarganegaraan (civic dispositions), penampilan keterampilan kewarganegaraan (civic skills), pemilikan komitmen kewarganegaraan (civic committment), pemilikan keteguhan kewarganegaraan (civic confidence), dan penampilan kecakapan kewarganegaraan (civic competence) yang kesemua itu memancar dari dan mengkristal kembali menjadi kebajikan/keadaban kewarganegaraan (civic virtues/civility). Keseluruhan kemampuan itu merupakan pembekalan bagi setiap warganegara untuk secara sadar melakukan partisipasi kewarganegaraan (civic participation) sebagai perwujudan dari tanggung jawab kewarganegaraan (civic responsibility) sehingga dapat membentuk karakteristik warga negara yang memahami pengantar dasar kewarganegaraan, memahami tentang identitas dan integrasi nasional bangsa Indonesia, memahami perkembangan konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia, memahami serta melaksanakan dan mematuhi hak serta kewajiban negara dan warga negara, memahami dan mampu menerapkan demokrasi, mematuhi dan menegakkan hukum di Indonesia serta sebagai warga negara yang mampu melindungi, melestarikan serta mempertahankan wawasan nusantara dan ketahanan nasional Indonesia.
- Silahkan dibaca dan dipahami sebagai rambu-rambu perkuliahan kita selama 1 semester ke depan.
silahkan dibaca dan dipahami sebagai kontrak pelaksanaan perkuliahan kita pada semester ini.
PERTEMUAN 1. PENGANTAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat pagi, apa kabar mahasiswa sekalian? Hari ini kita akan memasuki perkuliahan perdana dan hari ini Kita akan membahas mengenai kontrak kuliah serta perkenalan awal materi dipertemuan 1 ini. Diharapkan kalian untuk dapat mengikuti rangkaian perkuliahan secara baik mulai dari pengisian absen awal, mengerjakan tugas, membaca materi, menyimak video pembelajaran dan juga mengumpulkan tugas tepat waktu serta pengisian absen akhir. Jika kalian melanggar konsekuensi, maka saya anggap tidak hadir hari ini. Terima kasihSilahkan tuliskan Nama dan NPM pada forum ini
Silahkan ditonton.
Silahkan dibaca.
Silahkan dibaca dan dipahami.
Tugas : Membuat Media Ajar Interaktif
1. Deskripsi Tugas
Mahasiswa diminta untuk membuat media ajar digital yang menjelaskan konsep dasar Pendidikan Kewarganegaraan secara kreatif dan menarik. Media ini dapat berbentuk:
· Video animasi (dengan narasi dan visual yang mendukung konsep PKn).
· Infografis interaktif (berisi poin-poin penting yang dapat dipahami dengan mudah).
· Podcast edukatif (berisi pembahasan yang mendalam dengan penyampaian yang jelas).
2. Tujuan Penugasan
Tugas ini bertujuan untuk:
· Mengembangkan keterampilan komunikasi mahasiswa dalam menyampaikan konsep PKn.
· Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menganalisis isu kewarganegaraan.
· Mendorong kreativitas dalam menyajikan materi agar lebih menarik dan interaktif.
3. Ketentuan Output Media Ajar
Jenis Media
Ketentuan Output
Video Animasi
- Durasi: 3-5 menit.
- Menggunakan narasi dan ilustrasi yang jelas.
- Format: MP4, resolusi minimal 720p.Infografis Interaktif
- Memuat informasi singkat, jelas, dan berbasis data.
- Dapat berupa PPT interaktif, Canva, atau format lainnya.
- Format: PDF/PPTX/HTML.Podcast Edukatif
- Durasi: 5-10 menit.
- Suara jernih dan pembahasan terstruktur.
- Format: MP3 atau link streaming (Spotify/YouTube).4. Tema yang Bisa Dipilih
Mahasiswa dapat memilih salah satu tema berikut sebagai topik media ajar:
· Konsep Dasar Kewarganegaraan (Hak dan Kewajiban Warga Negara).
· Pancasila sebagai Dasar Negara.
· Demokrasi dan Partisipasi Warga Negara.
· Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Kewarganegaraan.
· Toleransi dan Keberagaman dalam Negara Kesatuan RI.
5. Kriteria Penilaian
Aspek Penilaian
Kriteria
Bobot
Kualitas Konten
Relevansi dengan tema, keakuratan informasi, serta kedalaman analisis.
40%
Kreativitas
Penyajian menarik, inovatif, dan mudah dipahami.
25%
Teknik Penyampaian
Kejelasan suara/narasi, visual yang mendukung, dan alur logis.
20%
Kesesuaian Teknis
Durasi, format file, dan keterbacaan media.
15%
6. Mekanisme Pengumpulan
Format file : MP4/PDF/PPTX/MP3 (sesuai media ajar).
Cara pengumpulan : Unggah melalui Google DriveNama file : Nama_NPM_MediaAjarPKn.
Batas waktu pengumpulan : [Ditentukan oleh dosen].Catatan:
· Mahasiswa diperbolehkan bekerja secara individu atau dalam kelompok (maks. 3 orang).
· Diperbolehkan menggunakan tools digital seperti Canva, PowerPoint, CapCut, Podcast Studio, dll.
· Pastikan informasi dalam media ajar relevan dan valid, mengacu pada sumber yang kredibel.
Selamat berkarya!
Jika ada pertanyaan, silakan diskusikan dengan dosen pengampu.
terimakasih telah mengikuti perkuliahan hari ini, sampai bertemu minggu depan, wassalam.
PERTEMUAN 2. IDENTITAS NASIONAL
Assalamualaikum wr wb
Identitas nasional telah terbentuk dalam proses interaksi, komunikasi, dan persinggungan budaya secara alamiah baik melalui perjalanan panjang menuju Indonesia merdeka maupun melalui pembentukan intensif pasca kemerdekaan. NKRI memiliki wilayah yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dari pulau Miangas sampai pulau Rote. NKRI memiliki penduduk yang pluralis dengan jumlah etnis lebih dari 700 dan bahasa daerah lebih dari 200 tetapi memiliki identitas nasional bahasa Indonesia. Pancasila sebagai jatidiri bangsa akan menunjukkan identitas kita selaku bangsa Indonesia yakni ada unsur kesamaan yang memberi ciri khas kepada masyarakat Indonesia dalam perkembangannya dari waktu ke waktu. Demikian juga dengan kepribadian tersebut mampu memunculkan keunikan masyarakat Indonesia ketika berhubungan dengan masyarakat bangsa lain. Dengan demikian, Pancasila sebagai jatidiri bangsa yang bermakna kepribadian, identitas dan keunikan, dapat terwujud sebagai satu kesatuan.
Tulis Nama dan NPM
Silahkan dibaca untuk materi berikut sebagai tambahan pengetahuan, terimakasih.
Silahkan disaksikan untuk penjelasan materi pada pertemuan hari ini.
Tugas : Menganalisis Miskonsepsi dan Memberikan Solusi
1. Deskripsi Tugas
Mahasiswa diminta untuk mengidentifikasi miskonsepsi umum yang berkembang di masyarakat mengenai identitas nasional dan menyusun solusi edukatif berbasis literasi digital atau sosial.
Tugas ini dapat disajikan dalam bentuk:
· Esai analisis (berisi identifikasi miskonsepsi dan solusi yang ditawarkan).
· Infografis digital (menampilkan miskonsepsi dan solusi dengan cara visual).
· Video pendek edukatif (menjelaskan miskonsepsi dan memberikan klarifikasi).
2. Tujuan Penugasan
· Mengasah kemampuan analisis dalam mengidentifikasi miskonsepsi seputar identitas nasional.
· Mendorong pemikiran kritis dalam menemukan solusi berbasis edukasi.
· Mengembangkan keterampilan literasi digital dan sosial dalam menyebarkan informasi yang benar.
3. Ketentuan Output dan Format
Jenis Output
Ketentuan
Esai Analisis
- Panjang 800–1000 kata.
- Memuat minimal 3 miskonsepsi beserta solusinya.
- Format: PDF atau DOCX.Infografis Digital
- Menyajikan informasi dalam bentuk visual yang menarik.
- Minimal memuat 3 miskonsepsi dan solusinya.
- Format: PNG/JPG/PDF.Video Edukatif
- Durasi 3–5 menit.
- Memuat penjelasan singkat dan solutif tentang miskonsepsi.
- Format: MP4 (resolusi minimal 720p).4. Tema yang Bisa Dipilih
Mahasiswa dapat memilih salah satu tema berikut:
· Kesalahpahaman tentang Bhinneka Tunggal Ika dan Keberagaman.
· Mitos vs Fakta tentang Nasionalisme dan Globalisasi.
· Pemahaman Keliru tentang Pancasila sebagai Identitas Bangsa.
· Distorsi Sejarah dalam Identitas Nasional.
· Pengaruh Hoaks terhadap Rasa Kebangsaan.
5. Kriteria Penilaian
Aspek Penilaian
Kriteria
Bobot
Kualitas Analisis
Kedalaman analisis dalam mengidentifikasi miskonsepsi dan solusinya.
40%
Kreativitas
Cara penyajian informasi menarik, inovatif, dan mudah dipahami.
25%
Keakuratan Informasi
Kesesuaian dengan referensi dan fakta yang valid.
20%
Teknik Penyampaian
Struktur yang jelas, bahasa yang komunikatif, dan format sesuai.
15%
6. Mekanisme Pengumpulan
Format file : PDF/DOCX/MP4/PNG sesuai jenis output.
Cara pengumpulan : Unggah melalui Google DriveNama file : Nama_NPM_IdentitasNasional.
Batas waktu pengumpulan : [Ditentukan oleh dosen].Catatan:
· Mahasiswa dapat bekerja secara individu atau dalam kelompok (maks. 3 orang).
· Diperbolehkan menggunakan tools digital seperti Canva, PowerPoint, CapCut, dll.
· Pastikan informasi dalam tugas berbasis fakta dan referensi yang valid.
Selamat mengerjakan!
Jika ada pertanyaan, silakan diskusikan dengan dosen pengampu.
PERTEMUAN 3. INTEGRASI BANGSA
Assalamualaikum wr wb
Identitas nasional telah terbentuk dalam proses interaksi, komunikasi, dan persinggungan budaya secara alamiah baik melalui perjalanan panjang menuju Indonesia merdeka maupun melalui pembentukan intensif pasca kemerdekaan. NKRI memiliki wilayah yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dari pulau Miangas sampai pulau Rote. NKRI memiliki penduduk yang pluralis dengan jumlah etnis lebih dari 700 dan bahasa daerah lebih dari 200 tetapi memiliki identitas nasional bahasa Indonesia. Pancasila sebagai jatidiri bangsa akan menunjukkan identitas kita selaku bangsa Indonesia yakni ada unsur kesamaan yang memberi ciri khas kepada masyarakat Indonesia dalam perkembangannya dari waktu ke waktu. Demikian juga dengan kepribadian tersebut mampu memunculkan keunikan masyarakat Indonesia ketika berhubungan dengan masyarakat bangsa lain. Dengan demikian, Pancasila sebagai jatidiri bangsa yang bermakna kepribadian, identitas dan keunikan, dapat terwujud sebagai satu kesatuan
- Silahkan absen dengan format FOTO, Nama dan NPM.
Silahkan dibaca dan dipahami.
Simak dan pahami penjelasan materi pada pertemuan hari ini.
Tugas : Studi Kasus dan Simulasi Debat
1. Deskripsi Tugas
Mahasiswa akan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan diminta untuk:
· Menganalisis kasus nyata yang berkaitan dengan integrasi bangsa di Indonesia.
· Mengembangkan argumen dari sudut pandang yang berbeda.
· Melakukan simulasi debat untuk mempertahankan pendapatnya dengan data dan fakta yang kuat.
2. Tujuan Penugasan
· Mengembangkan kemampuan argumentasi berdasarkan fakta dan teori.
· Melatih berpikir kritis dalam memahami tantangan integrasi bangsa.
· Meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi dalam tim.
3. Ketentuan Output dan Format
Jenis Output
Ketentuan
Laporan Studi Kasus
- Panjang 1000–1500 kata.
- Memuat latar belakang kasus, analisis, dan argumen kelompok.
- Format: PDF/DOCX.Video Simulasi Debat
- Durasi 5–7 menit.
- Menampilkan argumen dari sudut pandang berbeda dengan alur debat yang sistematis.
- Format: MP4 (minimal 720p).4. Tema Kasus yang Bisa Dipilih
Mahasiswa dapat memilih salah satu kasus berikut untuk dianalisis dan didiskusikan dalam debat:
· Dinamika Keberagaman dan Tantangan Persatuan (misalnya konflik antar budaya, etnis, atau agama).
· Gerakan Separatis dan Pengaruhnya terhadap Integrasi Nasional.
· Peran Media Sosial dalam Memperkuat atau Melemahkan Persatuan Bangsa.
· Kebijakan Pemerintah dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
· Dampak Globalisasi terhadap Identitas dan Integrasi Bangsa.
5. Mekanisme Pelaksanaan Debat
a) Pembagian Peran
· Setiap kelompok akan terbagi menjadi dua tim dengan sudut pandang yang berbeda: Pro (mendukung) dan Kontra (menentang).
· Ada moderator yang akan mengatur jalannya debat.
· Setiap kelompok harus memiliki juru bicara untuk menyampaikan argumen utama.
b) Struktur Debat
Tahap
Durasi
Keterangan
Pembukaan
2 menit
Moderator memperkenalkan tema debat dan aturan.
Pemaparan Argumen Pro
5 menit
Tim Pro menyampaikan pendapatnya.
Pemaparan Argumen Kontra
5 menit
Tim Kontra menyampaikan pendapatnya.
Sesi Tanya Jawab dan Rebuttal
10 menit
Tim Pro dan Kontra saling menanggapi argumen lawan.
Kesimpulan
3 menit
Masing-masing tim menyampaikan ringkasan argumen utama mereka.
6. Kriteria Penilaian
Aspek Penilaian
Kriteria
Bobot
Kualitas Argumentasi
Argumen logis, berdasarkan data dan teori yang kuat.
40%
Kemampuan Berpikir Kritis
Ketajaman analisis terhadap isu integrasi bangsa.
25%
Keterampilan Komunikasi
Penyampaian jelas, runtut, dan persuasif.
20%
Kolaborasi Tim
Kerja sama dalam menyusun strategi debat.
15%
7. Mekanisme Pengumpulan
Format file : PDF/DOCX untuk laporan, MP4 untuk video debat.
Cara pengumpulan : Unggah ke platform yang ditentukanNama file : Nama_Kelompok_IntegrasiBangsa.
Batas waktu pengumpulan : [Ditentukan oleh dosen].Catatan:
· Mahasiswa harus melakukan riset sebelum debat dan mencantumkan sumber referensi dalam laporan.
· Gunakan bahasa akademik dalam menyampaikan argumen, hindari subjektivitas yang tidak berbasis fakta.
· Debat harus direkam dengan kualitas suara dan gambar yang jelas jika memilih format video.
Selamat mengerjakan!
Jika ada pertanyaan, diskusikan dengan dosen pengamputerimakasih atas perhatian kalian hari ini, semoga ilmu yang didapat dapat menambah wawasan kita semua dan kita jadi lebih menghargai dan mencintai tanah air Indonesia. sampai berjumpa minggu depan, tetap jaga kesehatan, tetap laksanakan 3M, wassalam.
PERTEMUAN 4. NILAI DAN NORMA YANG TERKANDUNG DALAM KONSTITUSI DI INDONESIA
Assalamualaikum wr wb
Konstitusi adalah seperangkat aturan atau hukum yang berisi ketentuan tentang bagaimana pemerintah diatur dan dijalankan. Oleh karena aturan atau hukum yang terdapat dalam konstitusi itu mengatur hal-hal yang amat mendasar dari suatu negara, maka konstitusi dikatakan pula sebagai hukum dasar yang dijadikan pegangan dalam penyelenggaraan suatu negara. Konstitusi berfungsi untuk membatasi kekuasaan pemerintah sedemikian rupa, sehingga penyelenggaraan kekuasaan tidak bersifat sewenang-wenang. Konstitusi berfungsi untuk membatasi kekuasaan pemerintah sedemikian rupa, sehingga penyelenggaraan kekuasaan tidak bersifat sewenang-wenang.
- Silahkan absen dengan format FOTO, Nama dan NPM.
Silahkan dibaca dan dipahami.
Berikut adalah video untuk pertemuan hari ini.
termakasih anak annaku telah mengikuti perkuliahan dengan ibu hari ini, semoga ilmu nya bermanfaat, selamat mengerjakan tugas dan sampai bertemu minggu depan, terimakasih.
PERTEMUAN 5. INTEGRASI NASIONAL
assalamuallaikum wr.wb
senang sekali ibu dapat keembali menjumpai kalian hari ini, apa kabar semua, semoga senantiasa diberi kesehatan, anak anakku hari ini kita akan melanjutkan perkuliahan, silahkan ikuti perkuliahan hari ini dengan baik dan disiplin.
terimakasih telah mengikuti perkuliahan hari ini, semoga ilmunya bermanfaat, selamat mengerjakan tugas dan nilai yang diperoleh pada saat kuis tadi sesuai dengan harapan kalian semua, sampai bertemu lagi minggu depan, tetap jaga kesehatan, wassalam.
PERTEMUAN 6. KONSTITUSI DI INDONESIA
assalamuallaikum wr.wb
senang sekali ibu dapat keembali menjumpai kalian hari ini, apa kabar semua, semoga senantiasa diberi kesehatan, anak anakku hari ini kita akan melanjutkan perkuliahan, silahkan ikuti perkuliahan hari ini dengan baik dan disiplin.
silahkan tulis nama, npm dan lokasi tempat kalian mengakses pembelajaran.
Silahkan dibaca.
Silahkan disimak.
Tugas : Rekonstruksi Sejarah Konstitusi
1. Deskripsi Tugas
Mahasiswa akan membuat timeline interaktif yang menggambarkan perkembangan konstitusi di Indonesia dari masa ke masa. Timeline ini harus memuat perubahan konstitusi beserta faktor-faktor yang melatarbelakangi, isi utama, serta dampaknya terhadap sistem ketatanegaraan.
· Mengidentifikasi periode penting dalam sejarah konstitusi Indonesia.
· Menganalisis perubahan konstitusi dan dampaknya terhadap pemerintahan.
· Menyusun timeline interaktif dalam bentuk digital atau manual.
2. Tujuan Penugasan
· Memahami perkembangan hukum dan ketatanegaraan di Indonesia.
· Menganalisis perubahan konstitusi dan implikasinya terhadap sistem pemerintahan.
· Meningkatkan kreativitas dalam menyajikan informasi historis secara visual.
3. Ketentuan Output dan Format
Jenis Output
Ketentuan
Timeline Digital
- Dibuat dalam bentuk infografis interaktif menggunakan Canva, PowerPoint, atau platform digital lainnya.
- Format: PDF/PNG/PPT.Timeline Manual
- Dibuat dalam bentuk poster atau diagram alur.
- Difoto dengan resolusi tinggi dan dikumpulkan dalam format JPEG/PNG/PDF.4. Periode Konstitusi yang Harus Dicantumkan
Periode
Karakteristik Utama
UUD 1945 (18 Agustus 1945 – 27 Desember 1949)
Konstitusi pertama setelah kemerdekaan; sistem pemerintahan presidensial.
Konstitusi RIS 1949 (27 Desember 1949 – 17 Agustus 1950)
Sistem pemerintahan berubah menjadi negara federal.
UUDS 1950 (17 Agustus 1950 – 5 Juli 1959)
Sistem pemerintahan berubah menjadi parlementer.
Kembali ke UUD 1945 (5 Juli 1959 – Sekarang)
Diberlakukan kembali melalui Dekrit Presiden Soekarno.
Amandemen UUD 1945 (1999 – 2002)
Menghasilkan perubahan besar pada sistem ketatanegaraan, termasuk penguatan demokrasi dan pembagian kekuasaan.
Mahasiswa dapat menambahkan peristiwa penting lainnya yang relevan dalam perkembangan konstitusi.
5. Kriteria Penilaian
Aspek Penilaian
Kriteria
Bobot
Ketepatan Sejarah
Kesesuaian data dengan fakta sejarah konstitusi Indonesia.
40%
Kejelasan dan Kreativitas Timeline
Informasi disajikan secara sistematis dan menarik.
25%
Analisis Perubahan Konstitusi
Mampu menjelaskan dampak perubahan konstitusi terhadap sistem pemerintahan.
20%
Kualitas Presentasi dan Visualisasi
Kualitas desain, keterbacaan, dan struktur timeline.
15%
6. Mekanisme Pengumpulan
Format file : PDF/PPT/PNG untuk timeline digital, atau JPEG/PNG/PDF untuk timeline manual.
Cara pengumpulan : Unggah ke platform yang ditentukanNama file : Nama_Kelompok_TimelineKonstitusi.
Batas waktu pengumpulan : [Ditentukan oleh dosen].Catatan:
· Pastikan timeline mencantumkan tanggal dan peristiwa penting secara akurat.
· Gunakan sumber referensi resmi seperti buku sejarah, jurnal akademik, atau dokumen pemerintah.
· Boleh menggunakan ikon, gambar, atau elemen visual untuk memperjelas informasi.
Selamat mengerjakan!
Jika ada pertanyaan, silakan diskusikan dengan dosen pengampu
terimakasih telah mengikuti perkuliahan hari ini, semoga ilmunya bermanfaat, selamat mengerjakan tugas dan nilai yang diperoleh pada saat kuis tadi sesuai dengan harapan kalian semua, sampai bertemu lagi minggu depan, tetap jaga kesehatan, wassalam.
PERTEMUAN 7. KEWAJIBAN DAN HAK WARGA NEGARA
Assalamuallaikum wr.wb
senang sekali hari ini ibu dapat kembali bertemu dengan kalian melalui perkuliahan daring vclass kita, kita akan melanjutkan perkuliahan silahkan ikuti rangkaian perkuliahan dengan baik dan penuh tanggung jawab.
silahkan dipahami.
silahkan disimak.
Tugas : Pembuatan Kampanye Digital
1. Deskripsi Tugas
Mahasiswa diminta untuk merancang kampanye digital yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang hak dan kewajiban warga negara dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.
· Kampanye dapat berupa poster digital, video edukasi, atau konten media sosial.
· Isi kampanye harus menjelaskan hak dan kewajiban warga negara secara jelas.
· Kampanye harus menarik, komunikatif, dan berbasis fakta.
2. Tujuan Penugasan
· Meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang hak dan kewajiban warga negara.
· Mengembangkan keterampilan literasi digital dan desain komunikasi.
· Mendorong kepedulian sosial dan partisipasi aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3. Ketentuan Output dan Format
Jenis Output
Ketentuan
Poster Digital
- Format PNG/JPG, ukuran A4 atau A3.
- Menampilkan informasi hak dan kewajiban warga negara secara singkat dan jelas.Video Edukasi
- Durasi 1-3 menit.
- Format MP4, resolusi minimal 720p.
- Menjelaskan konsep hak dan kewajiban dengan contoh nyata.Konten Media Sosial
- Dapat berupa carousel Instagram, infografis, atau video pendek.
- Harus interaktif dan menarik perhatian audiens.Mahasiswa dapat memilih salah satu format sesuai minat dan keterampilan.
4. Rekomendasi Topik Kampanye
Topik
Deskripsi Singkat
Hak Warga Negara
Hak atas pendidikan, pekerjaan, kesehatan, kebebasan berpendapat, dsb.
Kewajiban Warga Negara
Kewajiban membayar pajak, menaati hukum, bela negara, dsb.
Pentingnya Kesadaran Hak dan Kewajiban
Dampak positif jika masyarakat memahami hak dan kewajibannya.
Peran Generasi Muda dalam Menegakkan Hak dan Kewajiban
Bagaimana mahasiswa dapat berkontribusi dalam kehidupan bernegara.
Mahasiswa dapat memilih topik lain yang masih berkaitan dengan hak dan kewajiban warga negara.
5. Panduan Pembuatan Kampanye
Penentuan Tema
- Pilih topik yang relevan dan menarik bagi masyarakat.
· Pastikan tema sesuai dengan konteks hak dan kewajiban warga negara.
Penyusunan Materi
- Sajikan informasi dalam bahasa yang sederhana, jelas, dan mudah dipahami.
- Gunakan data, kutipan, atau contoh nyata untuk mendukung pesan kampanye.
Desain dan Kreativitas
- Gunakan desain menarik dan tidak terlalu padat tulisan untuk poster dan media sosial.
- Untuk video, pastikan audio dan visual mendukung pesan yang disampaikan.
Pesan yang Mengajak
- Kampanye harus mampu mengajak audiens untuk memahami dan menjalankan hak serta kewajiban mereka.
- Bisa menggunakan slogan atau ajakan aksi seperti: "Pahami Hakmu, Jalankan Kewajibanmu!".
6. Kriteria Penilaian
Aspek Penilaian
Kriteria
Bobot
Kualitas Konten
Kampanye menyajikan informasi yang akurat dan berbasis fakta.
40%
Kreativitas dan Desain
Kampanye dibuat dengan tampilan menarik dan komunikatif.
30%
Keefektifan Pesan
Kampanye dapat mengajak dan meningkatkan kesadaran audiens.
20%
Teknik dan Kualitas Teknis
Resolusi video/poster baik, suara jelas, dan tidak ada kesalahan teknis.
10%
7. Mekanisme Pengumpulan
Format file:
- Poster digital: PNG/JPG.
- Video edukasi: MP4.
- Konten media sosial: PNG/JPG atau MP4.
Cara pengumpulan: Unggah ke platform yang ditentukan dengan format nama file: Nama_Kelompok_KampanyeHakKewajiban.
Batas waktu pengumpulan: [Ditentukan oleh dosen].8. Panduan Teknis Pembuatan
· Gunakan aplikasi desain gratis seperti Canva, Photoshop, atau Figma untuk poster dan infografis.
· Gunakan aplikasi editing video seperti CapCut, InShot, atau Premiere Pro untuk video kampanye.
· Pastikan informasi yang disampaikan valid dengan menyertakan sumber yang kredibel.
Jika berupa media sosial, simulasikan bagaimana kampanye akan dipublikasikan dan dampaknya terhadap audiens.Selamat mengerjakan! Jangan ragu untuk berdiskusi dengan dosen atau teman jika ada pertanyaan.
Terimakasih atas perhatiannya dan telah mengikuti perkuliahan ini dengan baik, tetap jaga kesehatan sampai bertemu lagi minggu depan, wassalam.
PERTEMUAN 8. UJIAN TENGAH SEMESTER
assalamuallaikum wr.wb
anak ankku hari ini kita akan melanjutkan perkuliahan dengan mengikuti ujian tengan semester, silahkan laksanakan UTS dengan penuh kejujuran, ujian akan dilaksanakan selama perkuliahan berlangsung, jika anda telat melaksanakan UTS segera konfirmasi ke ibu.
semoga hasil ujian hari ini sesuai dengan yang diinginkan, terimakasih.
Silahkan absen pertemuan 8 hari ini
Nama dan Npm
alhamdulillah kita telah melaksanakan ujian tengah semeter hari ini dengan baik, sampai bertemu lagi minggu depan.wassalam.
PERTEMUAN 9. PERKEMBANGAN DEMOKRASI DI INDONESIA
Assalamuallaikum wr.wb
anak anakku hari ini kita akan melaksanakan perkuliahan seperti biasa dengan melanjutkan perkuliahan kita. silahkan kalian ikuti perkuliahan hari ini sesuai dengan waktu perkuliahan, terimakasih.
PERTEMUAN 10. DINAMIKA DEMOKRASI DI INDONESIA
Assalamuallaikum wr.wb
selamat datang kembali di perkuliahan daring kita hari ini, silahkan ikuti perkuliahan dengan baik,jangan lupa untuk absensi dan ikuti perkuliahan dengan baik, terimakasih.
PERTEMUAN 11. PENEGAKAN HUKUM DI INDONESIA
Assalamuallaikum wr.wb
selamat datang kembali diperkuliahan kita hari ini, kita akan melanjutkan perkuliahan, silahkan ikuti rangkaian perkuliahan dari absensi sampai salam penutup, terimakasih.
PERTEMUAN 12. HAK ASASI MANUSIA
terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan hari ini, tetap jaga kesehatan jangan lupa kumpulkan tugas tepat pada waktunya, sampai jumpa lagi, wassalam.
PERTEMUAN 13. WAWASAN NUSANTARA
Silahkan dipahami
Tugas : Peta Interaktif Potensi Wilayah Indonesia
1. Deskripsi Tugas
Mahasiswa diminta untuk membuat peta interaktif yang menampilkan keanekaragaman budaya, ekonomi, dan geografis Indonesia dalam bentuk yang menarik dan informatif.
· Peta harus menunjukkan perbedaan potensi tiap wilayah di Indonesia.
Informasi harus berbasis fakta dan dapat dipertanggungjawabkan.· Peta dapat dibuat dalam format digital atau manual dengan tambahan keterangan interaktif.
2. Tujuan Penugasan
· Memperdalam pemahaman mahasiswa tentang wawasan Nusantara sebagai konsepsi geopolitik Indonesia.
· Meningkatkan kesadaran tentang potensi wilayah dan kekayaan Indonesia.
· Mengembangkan kemampuan berpikir spasial, analisis data, dan kreativitas.
3. Ketentuan Output dan Format
Jenis Output
Ketentuan
Peta Digital Interaktif
- Dibuat dengan aplikasi seperti Google My Maps, Canva, atau ArcGIS.
- Menampilkan data budaya, ekonomi, dan geografis setiap provinsi.
- Menyertakan ikon, warna, atau hyperlink untuk interaksi.Peta Manual dengan Keterangan Interaktif
- Digambar tangan atau cetak dengan tambahan catatan interaktif.
- Harus jelas, rapi, dan memuat informasi yang valid.
- Menyertakan legenda, simbol, dan warna yang membedakan potensi tiap wilayah.Mahasiswa dapat memilih salah satu format sesuai dengan kemampuan dan preferensi mereka.
4. Komponen Peta Interaktif
Kategori Potensi
Isi Informasi
Keanekaragaman Budaya
Suku, bahasa daerah, rumah adat, pakaian tradisional, seni, dan festival.
Potensi Ekonomi
Sumber daya alam, industri unggulan, hasil pertanian dan perkebunan, serta sektor pariwisata.
Karakteristik Geografis
Letak geografis, iklim, kondisi tanah, dan fenomena alam khas setiap wilayah.
Mahasiswa dapat menyesuaikan fokus peta berdasarkan aspek yang dianggap paling menarik atau penting.
5. Panduan Pembuatan Peta
Menentukan Topik dan Wilayah
- Pilih cakupan peta (nasional, regional, atau provinsi tertentu).
- Tentukan aspek utama yang ingin ditampilkan (budaya, ekonomi, atau geografis).
Mengumpulkan Data Akurat
- Gunakan sumber resmi dan terpercaya (BPS, Kemdikbud, Kemenparekraf, dll.).
- Pastikan informasi relevan dan mutakhir.
Membuat Peta yang Menarik dan Informatif
- Gunakan warna, ikon, atau simbol untuk membedakan kategori informasi.
- Tambahkan penjelasan singkat atau hyperlink pada bagian interaktif.
- Pastikan peta mudah dibaca dan informasinya tidak berlebihan.
Menyertakan Legenda dan Sumber
- Sediakan legenda yang jelas agar pembaca memahami simbol dan warna yang digunakan.
- Cantumkan sumber data untuk validasi informasi.
6. Kriteria Penilaian
Aspek Penilaian
Kriteria
Bobot
Keakuratan Data
Informasi berbasis sumber yang kredibel dan faktual.
40%
Kreativitas dan Desain
Peta dibuat dengan tampilan yang menarik dan komunikatif.
30%
Keefektifan Penyajian
Peta mudah dipahami, interaktif, dan informatif.
20%
Teknik dan Kualitas Teknis
Jika digital, pastikan file tidak corrupt dan dapat diakses. Jika manual, pastikan gambar rapi dan jelas.
10%
7. Mekanisme Pengumpulan
Format file:
- Peta digital: PDF, PNG, atau link interaktif.
- Peta manual: Foto atau scan dalam format JPG/PNG dengan keterangan tambahan.
Cara pengumpulan: Unggah ke platform yang ditentukan dengan format Nama file: Nama_Kelompok_PetaNusantara.
Batas waktu pengumpulan: [Ditentukan oleh dosen].8. Panduan Teknis Pembuatan
Untuk peta digital, gunakan aplikasi seperti:
- Google My Maps (untuk peta interaktif berbasis lokasi).
- Canva atau Figma (untuk infografis peta digital).
- ArcGIS atau QGIS (untuk peta berbasis data spasial).
Untuk peta manual, gunakan:
- Kertas ukuran A3 atau A4 untuk detail yang lebih jelas.
- Spidol warna dan pensil warna untuk membedakan tiap wilayah dan potensinya.
- Tambahkan catatan tempel atau QR code yang dapat dipindai untuk informasi lebih lanjut.
Selamat mengerjakan!
Gunakan kreativitas dan analisis yang mendalam untuk menghasilkan peta yang bermanfaat.
terimakasih telah mengikuti perkuliahan hari ini dengan baik, tetap jaga kesehatan dan sampai bertemu lagi minggu depan.
PERTEMUAN 14. KETAHANAN NASIONAL
silahkan dipelajari
Tugas : Simulasi Perancangan Kebijakan Publik
1. Deskripsi Tugas
Mahasiswa akan merancang kebijakan publik yang berkaitan dengan ketahanan nasional, berdasarkan prinsip Good & Clean Governance. Setelah itu, mereka akan memresentasikan dan mendiskusikan kebijakan yang dibuat dalam format diskusi panel. Kebijakan yang dirancang harus konkret dan realistis serta berbasis analisis terhadap isu-isu ketahanan nasional, seperti keamanan, ekonomi, sosial-budaya, politik, atau lingkungan.
Prinsip Good & Clean Governance harus tercermin dalam kebijakan yang dibuat, termasuk akuntabilitas, transparansi, partisipasi publik, dan efektivitas kebijakan.2. Tujuan Penugasan
· Meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep ketahanan nasional dalam berbagai aspek.
· Melatih kemampuan berpikir strategis dalam merancang kebijakan publik yang solutif.
· Mengembangkan kemampuan presentasi, argumentasi, dan kerja sama tim dalam diskusi panel.
3. Langkah-Langkah Pengerjaan
Pembagian Kelompok & Pemilihan Isu
a) Mahasiswa dibagi ke dalam kelompok kecil (4-5 orang).
b) Setiap kelompok memilih isu utama dalam ketahanan nasional yang akan dianalisis, seperti:
· Ketahanan ekonomi (stabilitas ekonomi, ketahanan pangan, krisis energi).
· Ketahanan sosial-budaya (penguatan identitas nasional, radikalisme, globalisasi).
· Ketahanan politik & keamanan (terorisme, konflik sosial, ancaman siber).
· Ketahanan lingkungan (bencana alam, perubahan iklim, ketahanan air).
Analisis dan Penyusunan Kebijakan
a) Mengidentifikasi permasalahan utama dalam isu yang dipilih.
b) Meneliti data dan regulasi terkait untuk memahami kebijakan yang sudah ada.
c) Merancang kebijakan baru berdasarkan prinsip Good & Clean Governance:
· Akuntabilitas: Bagaimana kebijakan dapat dipertanggungjawabkan?
· Transparansi: Apakah kebijakan jelas dan terbuka untuk publik?
· Efektivitas: Apakah kebijakan dapat dijalankan dengan baik dan berdampak positif?
· Partisipasi Publik: Bagaimana masyarakat dilibatkan dalam kebijakan ini?
Pembuatan Dokumen Kebijakan
Dokumen kebijakan harus berisi:
- Latar belakang masalah dan urgensinya.
- Analisis situasi dan kebijakan yang sudah ada.
- Usulan kebijakan baru yang jelas dan aplikatif.
- Strategi implementasi dan evaluasi kebijakan.
Simulasi Diskusi Panel
· Setiap kelompok memresentasikan kebijakan yang telah mereka buat di depan kelas dalam format diskusi panel.
· Kelompok lain bertindak sebagai kritikus kebijakan, memberikan pertanyaan dan saran perbaikan.
· Diskusi harus berdasarkan argumentasi akademik dan data yang valid.
4. Ketentuan Output dan Format
Komponen
Ketentuan
Dokumen Kebijakan
- Panjang 3-5 halaman.
- Ditulis dengan format akademik (Times New Roman, 12pt, 1.5 spasi).
- Mengandung analisis masalah, rancangan kebijakan, dan strategi implementasi.Presentasi Panel
- Durasi 10-15 menit per kelompok.
- Menyertakan slide presentasi atau visual pendukung.
- Harus komunikatif dan berbasis data.Diskusi Panel
- Semua anggota kelompok aktif berpartisipasi.
- Menanggapi kritik dengan argumen berbasis data dan teori.5. Kriteria Penilaian
Aspek Penilaian
Kriteria
Bobot
Kualitas Analisis Masalah
Masalah yang dipilih jelas, berbasis data, dan memiliki relevansi tinggi dengan ketahanan nasional.
30%
Inovasi dalam Kebijakan
Solusi yang ditawarkan kreatif, aplikatif, dan sesuai dengan prinsip Good & Clean Governance.
30%
Presentasi dan Argumentasi
Komunikasi jelas, argumentasi berbasis data, dan kelompok mampu menjawab kritik dengan baik.
20%
Kualitas Dokumen Kebijakan
Struktur dokumen rapi, akademis, dan sesuai format.
20%
6. Mekanisme Pengumpulan
Dokumen kebijakan harus dikumpulkan dalam format PDF/DOCX dengan Nama file: Nama_Kelompok_KebijakanKetahananNasional
Batas waktu pengumpulan: [Ditentukan oleh dosen].
Presentasi & diskusi panel akan dilakukan pada pertemuan yang telah ditentukan.7. Panduan Teknis Penyusunan Kebijakan
Untuk riset data, gunakan sumber resmi seperti:
- Badan Pusat Statistik (BPS)
- Kementerian Pertahanan RI
- KPK (untuk kebijakan anti-korupsi)
- Lembaga internasional (IMF, WHO, UNDP)
Untuk presentasi, gunakan PowerPoint, Canva, atau Google Slides agar lebih menarik.
Untuk diskusi panel, gunakan teknik debat akademik seperti:
- Menggunakan data sebagai dasar argumen.
- Memberikan counter-argument yang logis dan faktual.
- Menjaga etika diskusi dan tidak menyerang secara personal.
Selamat mengerjakan!
Gunakan kreativitas dan analisis kritis dalam merancang kebijakan yang berdampak nyataterimakasih telah mengikuti perkuliahan hari ini, semoga materi yang ibu berikan dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua. sampai bertemu minggu depan, wassalam.
PERTEMUAN 15. KETAHANAN NASIONAL
Assalamuallaikum wr.wb
anak anakku hari ini kita akan melanjutkan perkuliahan dengan materi terakhir, silahkan dipelajari dengan baik semua materi yang telah ibu berikan sebagai bahan pembelajaran untuk persiapan ujian akhir semester.
tetap semangat dan jaga selalu kesehatan kalian.teriamakasih.
Silahkan dipelajari untuk materi terakhir
terimakasih telah mengikuti perkuliahan hari ini, semoga materi yang ibu berikan dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua. silahkan pelajari kembali materi materi yang sudah ibu berikan mulai dari awal sampai dengan materi hari ini sebagai bahan persiapan pelaksaan ujian akhir semester, tetap jaga kesehatan agar dapat melaksanakan UAS dengan baik, sampai bertemu lagi.
PERTEMUAN 16. UJIAN AKHIR SEMESTER
Assalamuallaikum wr.wb
anak anakku semoga senantiasa dalam keadaan sehat walafiat, selamat mengikuti ujian akhir semester hari semoga nilainya sesuai dengan harapakan kalian semua, ilmu yang telah diberikan dapat bermanfaat, dan ingat tetap jaga kesehatan, jika selama satu semester ibu banyak sekali kesalahan, kehilafan dan kekuranagn ibu mohon maaf, terimakasih atas kerajasamanya selama ini, sampai bertemu lagi dilain waktu.
alhamdulillah selesai sudah perkuliahan kita satu semester ini, masih banyak kekurangan tentunya dalam pelaksaan perkuliahan dalam jaringan ini, semoga bisa dimaklumi, dan terimakasih atas kerjasama nya selama satu semester ini,semoga nilai akhir yang didapatkan sesuai dengan harapan kalian semua dan yang paling utama adalah kalian sebagai pemuda Indonesia calon penerus bangsa harus tetap mempertahankan dasar negara dan menerapkan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari kalian, jadilah pemuda yang memiliki semangat nasionalis, cintailah negara mu, berbaktilah pada negaramu, sampai bertemua dilain waktu. wassalamuallaikum wr.wb.