Umum
RABU, 13:00 s.d 14:40 WIB
PROFIL MATA KULIAH
DATA DIRI DOSEN
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat pagi, Salam sejahtera bagi kita semuanya
Selamat datang Rekan-Rekan Mahasiswa yang saya banggakan.
Dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat dan dalam Lindungan Tuhan YME.
Selamat datang di Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Daring FKIP Universitas Lampung. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program strata satu (S1) Sarjana pada rumpun Ilmu Pendidikan, terutama terkait dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mata kuiah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD ini memiliki beban SKS sebesar 2 SKS, dengan kode Matakuliah: KPD620108.
Adapun CURICULUM VITAE dosen pengampu mata kuliah ini adalah sebagai berikut:
Selamat mengikuti Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran dengan Semangat, Gembira, Pantang Menyerah, dan Doa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah oleh Allah SWT. Semoga Berkah Ilmunya dan Berhasil. Salam hangat dan tetap semangat !!
Fadhilah Khairani, S.Pd., M.Pd.
Siti Nurjanah, S.Pd., M.Pd.
DAFTAR HADIR PERTEMUAN 1 - 16
PERTEMUAN 13
Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat Pagi
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Perencanaan Pembelajaran pada pertemuan ini. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga mampu memahami dengan baik pembahasan pada pertemuan ini. Pertemuan ini terdiri atas beberapa bagian. Mohon dipastikan mahasiswa melaksanakan setiap tahapan dalam pertemuan ini secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.
Selamat mengikuti pertemuan Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Adapun tujuan pembelajaran pada pertemuan ini yaitu mahasiswa mampu Mengembangkan Silabus dan RPP dengan komponen-komponen:
- Pengembangan kompetensi dasar;
- Pengembangan Pengalaman Belajar dan scenario pembelajaran;
- Pengembangan Indikator keberhasilan belajar;
- Pengembangan jenis penilaian; Penentuan alokasi waktu;
- Penetapan Materi Pembelajaran dan Sumber belajar;
- Pengembangan Media/alat pembelajaran;
- Pengembangan alat evaluasi (kognitif, afektif, psikomotor).
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, agar dapat menambah wawasan kalian terkait topik bahasan pada pertemuan ini, silahkan rekan-rekan baca materi yang telah disajikan dalam bentuk pdf berikut ini atau kalian dapat membaca dari berbagai sumber referensi yang relevan:
Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Diskusi dipimpin oleh ketua kelas di forum diskusi UTAMA.
- Kemudian, mahasiswa secara berkelompok mendiskusikan pemilihan 1 Tema dan 1 Sub Tema untuk masing-masing kelompok yang mendapatkan mata pelajaran tematik, serta penentuan kelas tinggi dan KD untuk kelompok yang mendapatkan mata pelajaran matematika.
- Tiap individu dalam kelompok membuat Silabus dan RPP (RPP dibuat berdasarkan banyaknya pertemuan dalam subtema yang dipilih, jika kelompok lebih dari 6 orang gunakan pertemuan 1 subtema selanjutnya, sedangkan untuk mata pelajaran matematika buat RPP sesuaikan dengan banyaknya kelompok, misal kelompok ada 6 orang artinya RPP yang dibuat untuk KD 3 dan 4, yaitu dari KD 3.1,4.1 - KD 3.6, 4.6 dst... atau bisa disesuaikan dengan perencanaan yang kalian buat, misal ternyata KD 3.1 materi pelajarannya tidak bisa hanya dilakukan 1 hari oleh karena itu kalian perlu membuat 2 RPP dimana RPP 2 kelanjutan dari sebelumnya namun tetap mengikuti aturan langkah-langkah pembelajaran yang harus memuat kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup).
- FYI, untuk pendekatan yang digunakan pada kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik, artinya langkah-langkah pendekatan saintifik harus terlihat pada kegiatan inti di RPP dan pilihlah model pembelajaran yang sesuai. Silahkan dipelajari kembali dari berbagai sumber referensi yang relevan.
Kelompok 1, 2, 3, 4 kelas rendah (kelas 1/2/3); Kelompok 5 ,6,7,8 kelas tinggi (kelas 4/5/6); dan Kelompok 9 & 10 mata pelajaran matematika (kelas tinggi 4/5/6). Jadi minggu depan kelompok 1 persiapkan RPP yg sudah dibuat dan dipresentasikan. Kemudian diskusi dan tanya jawab. Rancangan silabus dan RPP tdk harus sama seperti yg ada di Indonesia. Bisa kalian modifikasi (pilih dari Model-Model Desain Instruksional). Kalian juga perlu memberikan penjelasan terkait model desain instruksional yang kalian pilih dalam membuat perencanaan pembelajaran.
Pada akhir pertemuan masing-masing kelompok mengunggah hasil diskusi kelompok pada forum diskusi yang telah disedikan untuk masing-masing kelompok dalam format pdf yang berisi:- Untuk kelompok yang mendapatkan mata pelajaran tematik menuliskan tema dan subtema yang dipilih
- Tuliskan nama penanggung jawab pembuatan RPP untuk tiap pertemuan (sesuaikan dengan banyak kelompok)
- Untuk kelompok yang mendapatkan mata pelajaran matematika menuliskan kelas dan KD yang dipilih
- Tuliskan nama penanggung jawab pembuatan RPP untuk tiap KD (sesuaikan dengan banyak kelompok)
- Untuk semua kelompok, tuliskan model desain instruksional yang kalian pilih dalam membuat perencanaan pembelajaran
- Mulailah merancang pembelajaran sesuaikan dengan alur model desain instruksional yang kalian pilih dan lengkapi perangkat pembelajarannya, seperti media pembelajaran, sumber belajar, bahan ajar, alat evaluasinya (kisi-kisi soal, soal, rubrik jawabannya), serta materi pembelajaran.
Pengembangan RPP memuat komponen-komponen, sebagai berikut:
- Pengembangan kompetensi dasar
- Pengembangan Pengalaman Belajar dan scenario pembelajaran
- Pengembangan Indikator keberhasilan belajar
- Pengembangan jenis penilaian
- Penentuan alokasi waktu
- Penetapan Materi Pembelajaran dan Sumber belajar
- Pengembangan Media/alat pembelajaran
- Pengembangan alat evaluasi (kognitif, afektif, psikomotor)
Selamat berdiskusi, silahkan tanyakan dengan dosen pengampu mata kuliah pada FORUM TANYA JAWAB jika ada hal-hal yang kurang jelas. Mohon maaf jika dalam kegiatan perkuliahan masih terdapat banyak kekurangan. Semoga ilmu yang kalian dapatkan bermanfaat dan berkah. Tetap semangat dan sehat selalu.
Demikian perkuliahan pertemuan hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Pada pertemuan selanjutnya kalian secara berkelompok akan mengembangkan RPP, serta kelengkapannya berdasrkan hasil diskusi pada pertemuan hari ini. Pada forum diskusi laporkan progress pekerjaan yang telah kalian lakukan beserta buktinya (contoh: screen shoot percakapan diskusi di WAG, screen shoot layar word RPP yang kalian kembangkan disertai keterangan gambar). Untuk Pengumpulan Silabus dan RPP, beserta kelengkapannya paling lambat dikumpulkan pada pertemuan 15 Pukul 22.00 WIB (untuk teknis pengumpulan tugas lebih jelasnya bisa kalian baca pada pertemuan 15). Jika ada yang kurang jelas silahkan hubungi dosen ybs. Tetap semangat dan sukses selalu.
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh