བདུན་ཕྲག་རེ་བཞིན་གྱི་བཅུད་དོན།
Pendidikan Bahasa Indonesia
SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

Pengantar Kuliah
Assalamualaikum wr.wb.
Tabik Pun!
Selamat datang para peserta perkuliahan bahasa Indonesia. Perkenalkan saya Bambang Riadi, M.Pd. sebagai pengampu mata kuliah Bahasa Indonesia. Bahasa adalah jendela ke dunia, dan bahasa Indonesia menjadi kunci akses kita untuk memahami budaya, sejarah, dan identitas bangsa kita.Perkuliahan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang kekayaan bahasa Indonesia. Mulai dari sejarah bahasa Indonesia, hingga penggunaan bahasa dalam konteks sehari-hari. Melalui proses belajar ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana bahasa tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai cerminan dari keragaman budaya dan nilai-nilai yang kita anut sebagai masyarakat. Setiap pelajaran akan mengajak Anda untuk mendalami penggunaan bahasa dalam konteks sosial, budaya, dan profesional.
Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah memilih untuk mengikuti perkuliahan ini. Saya yakin, dengan kerja keras, semangat belajar, dan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa, kita akan mencapai tujuan bersama untuk menguasai bahasa Indonesia dengan baik. Semoga perkuliahan ini menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kita semua.
Terima kasih.
Pada semester ini, kami telah merancang rencana pembelajaran yang komprehensif dan terstruktur untuk memberikan pengalaman belajar yang menyeluruh. Setiap komponen pembelajaran telah dirancang dengan cermat untuk memastikan bahwa Anda dapat mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia secara bertahap dan efektif.
Melalui serangkaian materi pembelajaran yang kami sajikan, Anda akan mempelajari tidak hanya aspek-aspek dasar bahasa, tetapi juga aplikasi praktisnya dalam berbagai konteks komunikasi. Mulai dari pemahaman tata bahasa yang mendasar hingga keterampilan berbicara dan menulis yang lebih maju, setiap pertemuan akan menjadi kesempatan untuk meraih kemajuan dalam penguasaan bahasa Indonesia.
Kami juga akan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis inquiry, proyek dan kolaboratif, yang memungkinkan Anda untuk belajar secara aktif melalui diskusi, latihan praktis, dan proyek-proyek berbasis bahasa. selain itu. Selain itu, pembelajaran juga akan dilakukan secara blended yakni pertemuan melalui LMS (Vclass) dan tatap muka (luring dan daring). Ini akan memberi Anda kesempatan untuk mengasah keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kerja sama tim dalam konteks pembelajaran bahasa.
Untuk itu, kalian dapat membaca Rencana Pembelajaran Semester mata kuliah Bahasa Indonesia ini.
Sejarah Bahasa
Assalamualikum wr.wb
Salam sejahtera untuk kita semua.
Selamat datang dalam perkuliahan Bahasa Indonesia: Sejarah dan Perkembangannya. Sebagai bagian dari perjalanan pembelajaran bahasa Indonesia, kami dengan senang hati membawa Anda menjelajahi jejak-jejak yang membangun bahasa Indonesia menjadi seperti yang kita kenal hari ini.
Adapun Sub Capaian Pembelajaran sesi ini sebagai berikut.
- Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah perkembangan bahasa Indonesia
- Mahasiswa mampu menjelaskan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia
- Mahasiswa mampu menjelaskan ragam bahasa Indonesia
Melalui pemahaman mendalam tentang sejarah bahasa Indonesia, kami berharap Anda akan lebih menghargai kekayaan bahasa ini sebagai warisan budaya yang patut dilestarikan dan diserap dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai mahasiswa yang berdedikasi, Anda memiliki peran yang penting dalam menjaga keberlangsungan dan kelestarian bahasa Indonesia.
Terima kasih atas partisipasi Anda dalam pembelajaran ini. Semoga perjalanan ini akan memperkaya pengetahuan Anda tentang bahasa Indonesia dan mendorong semangat Anda untuk menjaga keberlangsungan bahasa ini sebagai bagian integral dari identitas bangsa kita.
Selamat menikmati pembelajaran!
- Pelajari materi sejarah bahasa Indonesia dengan membaca materi atau menonton video yang disediakan. Setelah itu, tulislah pemahaman Anda dalam Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang disediakan. Unggahlah LKM yang telah Anda kerjakan pada bagian ini. Selanjutnya, pelajari studi kasus yang diberikan oleh dosen untuk didiskusikan bersama kelompok kalian. Kumpulkan LKM paling lambat 16 Februari 2025.
Salam Literasi
Sebagai penunjang perkuliahan, kami telah menyediakan berbagai buku referensi yang dapat dijadikan bahan bacaan dalam belajar bahasa Indonesia. Referensi yang disediakan di VClass adalah sumber daya berharga yang dapat membantu Anda meningkatkan pemahaman dan keterampilan Anda dalam Bahasa Indonesia. Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk meraih kesuksesan dalam mata kuliah ini.
Untuk pertemuan kali ini bacalahBAB I SEJARAH PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA, KEDUDUKAN, DAN FUNGSI SERTA RAGAM BAHASA INDONESIA
Dalam beberapa dekade terakhir, perkembangan teknologi digital dan media sosial telah mempengaruhi penggunaan bahasa Indonesia di kalangan masyarakat. Di satu sisi, bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional tetap digunakan dalam berbagai situasi formal, seperti pendidikan, pemerintahan, dan hukum. Di sisi lain, variasi bahasa muncul, seperti bahasa gaul, bahasa campuran (code-mixing), dan penggunaan bahasa daerah di media sosial. Hal ini memicu perdebatan tentang peran bahasa Indonesia di masa depan: Apakah bahasa Indonesia akan terus berkembang menjadi bahasa yang lebih fleksibel atau justru kehilangan esensinya?
Tugas Diskusi- Diskusikan dalam kelompok kecil dan identifikasi tantangan utama yang dihadapi bahasa Indonesia di era digital.
- Buatlah laporan singkat yang menjelaskan rekomendasi strategi pelestarian bahasa Indonesia agar tetap relevan di masa depan.
Setalah kalian membaca studi kasus pada materi ini, diskusikanlah kasus tersebut bersama kelompok kalian. Tulislah laporannya dalam Lembar Kerja Mahasiswa yang disediakan. Setelah selesai unggahlah LKM tersebut dibagian ini paling lambat tanggal 18 Februari 2025.
Dalam kegiatan ini, setiap kelompok akan memiliki kesempatan untuk memperoleh umpan balik yang berharga dari kelompok sejawatnya. Tujuannya untuk mengelaborasi pengetahuan terkait laporan kelompok dan keselarasan argumen dalam laporan kelompok masing-masing.
Untuk menjalankan kegiatan ini, silakan ikuti langkah-langkah berikut:
- Mintalah laporan kelompok teman sejawatmu dengan aturan: Kelompok 1 mereview kelompok 2, Klp 2 mereview klp 3 dan seterusnya sampai klp 7 mereview klp 1.
- Teliti laporan tersebut dengan seksama, bandingkan dengan pekerjaan kelompok Anda.
- Berikan umpan balik yang konstruktif dan jelas. Jelaskan dengan baik tentang kesalahan yang ditemukan dan saran perbaikan yang bisa diberikan.
- Unggahlah hasil review kalian terhadap laporan kelompok lain pada bagian ini (koreksi teman sejawat), paling lambat tanggal 20 Februari 2025.
- Untuk masing-masing kelompok dapat mengecek kembali laporannya setelah di review oleh kelompok sejawat. perbaikilah laporan kelompok Anda jika memerlukannya sesuai dengan komentar kelompok sejawat.
- Unggah kembali laporan yang telah diperbaiki pada tahap Communication paling lambat tanggal 21 Februari 2025.
- Setelah saling mereview laporan antar kelompok dan diperbaiki, tahap berikutnya adalah presentasi. Lakukan presentasi secara bergiliran sesuai petunjuk dari dosen.
Sebagai refleksi pembelajaran, Anda dapat menjawab pertanyaan berikut ini.
- Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari materi ini?
- Bagian manakah konsep yang paling menantang?
- Apakah Anda mendapat kesulitan dalam memahami materi ini dan bagaimana cara Anda mengatasinya?
- Hal-hal lain apakah yang ingin Anda pelajari lagi terkait materi ini?
Ejaan Bahasa Indonesia (pertemuan 3-4)

Assalamualaikum wr. wb
Salam sejahtera untuk kita semua
Tabik Pun!
Selamat datang dalam modul pembelajaran Bahasa Indonesia: Ejaan. Kami sangat senang Anda dapat bergabung dengan kami dalam perjalanan ini untuk memahami dan menguasai prinsip-prinsip dasar ejaan bahasa Indonesia.
Ejaan merupakan salah satu aspek penting dalam penggunaan bahasa Indonesia yang benar dan tepat. Memahami aturan dan konvensi ejaan akan membantu Anda menjadi lebih percaya diri dalam menulis dan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tertulis.
Adapun capain pembelajaran sesi ini sebagai berikut.- Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis pemakaian huruf bahasa Indonesia.
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis penulisan kata bahasa Indonesia.
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis pemakaian tanda baca bahasa Indonesia.
- Mahasiswa mampu menerapkan ejaan bahasa Indonesia dalam teks.
Terima kasih atas kehadiran Anda dalam sesi ini. Kami yakin bahwa dengan kerja keras dan kesungguhan dalam mempelajari prinsip-prinsip ejaan, Anda akan menjadi lebih mahir dalam menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
Selamat belajar!Pelajari materi Ejaan: pemakaian huruf bahasa Indonesia, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca dengan membaca materi atau menonton video yang disediakan. Setelah itu, tulislah pemahaman Anda dalam Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang disediakan. Unggahlah LKM yang telah Anda kerjakan pada bagian ini paling lambat tanggal 24 Februari 2025. Selanjutnya, pelajari studi kasus yang diberikan oleh dosen untuk didiskusikan bersama kelompok kalian.
Bacalah materi Ejaan pada bab pemakaian huruf bahasa Indonesia
Deskripsi Tugas:
Penggunaan ejaan yang benar dalam sebuah skripsi sangat penting karena menunjukkan kepatuhan terhadap kaidah bahasa yang berlaku dan mencerminkan profesionalisme serta kredibilitas penulis. Ejaan yang tepat membantu pembaca memahami isi skripsi dengan mudah, mencegah ambiguitas makna, dan memastikan bahwa pesan yang disampaikan sesuai dengan tujuan akademik. Kesalahan dalam penggunaan ejaan, seperti huruf kapital, tanda baca, atau penulisan kata, dapat mengurangi kualitas skripsi dan menurunkan nilai akademis yang diberikan.
Cari satu skripsi di perpustakaan atau di google, kemudian analisislah penggunaan huruf di dalamnya. Fokuslah pada penggunaan huruf kapital, huruf miring, huruf tebal, kata tebal, partikel, singkatan/akronim, tanda baca lainnya. Identifikasi kesalahan penulisan ejaan yang tidak sesuai, lalu jelaskan perbaikannya sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).Setelah kalian membaca studi kasus/tugas pada materi ini, diskusikanlah bersama kelompok kalian. Tulislah laporannya dalam Lembar Kerja Mahasiswa yang disediakan. Setelah selesai unggahlah LKM tersebut dibagian ini paling lambat tanggal 27 Februari 2025.
Selamat berdiskusi!Dalam kegiatan ini, setiap kelompok akan memiliki kesempatan untuk memperoleh umpan balik yang berharga dari kelompok sejawatnya. Tujuannya untuk mengelaborasi pengetahuan terkait laporan kelompok dan keselarasan argumen dalam laporan kelompok masing-masing. Untuk menjalankan kegiatan ini, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.
- Mintalah laporan kelompok teman sejawatmu dengan aturan: Kelompok 1 mereview kelompok 2, kelompok 2 mereview kelompok 3, dan seterusnya.
- Teliti laporan tersebut dengan seksama, bandingkan dengan pekerjaan kelompok Anda.
- Berikan umpan balik yang konstruktif dan jelas. Jelaskan dengan baik tentang kesalahan yang ditemukan dan saran perbaikan yang bisa diberikan.
- Unggahlah hasil review kalian terhadap laporan kelompok lain pada bagian ini (Peer verifikation), paling lambat tanggal 3 Maret 2025.
- Untuk masing-masing kelompok mintalah hasil review dari kelompok sejawat. Perbaikilah laporan kelompok Anda jika memerlukannya sesuai dengan komentar kelompok sejawat.
- Unggah kembali laporan yang telah diperbaiki pada tahap Communication paling lambat tanggal 6 Maret 2025.
Setelah saling mereview laporan antar kelompok dan diperbaiki, tahap berikutnya adalah presentasi. Saat pertemuan secara sinkronus, lakukan presentasi secara bergiliran sesuai petunjuk dari dosen.
Sebagai refleksi pembelajaran, Anda dapat menjawab pertanyaan berikut ini.
- Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari materi ini?
- Bagian manakah konsep yang paling menantang?
- Apakah Anda mendapat kesulitan dalam memahami materi ini dan bagaimana cara Anda mengatasinya?
- Hal-hal lain apakah yang ingin Anda pelajari lagi terkait materi ini?
Kalimat Efektif

Assalamualaikum wr.wb
Salam sejahtera untuk kita semua.
Tabik pun!!!
Selamat datang dalaml pembelajaran tentang "Kalimat Efektif". Pada sesi ini, Anda akan dibimbing untuk memahami dan menguasai konsep-konsep dasar dalam menyusun kalimat yang efektif dalam Bahasa Indonesia. Capaian pembelajaran yang diharapkan dari sesil ini sebai berikut.
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi struktur kalimat efektif yang tepat.
- Mahasiswa mampu menganalisis kalimat efektif yang tepat.
- MAhasiswa mampu membuat kaliat efektif yang tepat.
Kegiatan pembelajaran dalam modul ini didesain untuk memungkinkan Anda belajar secara mandiri serta berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Anda akan diberikan bahan bacaan, video pembelajaran, dan latihan-latihan praktis untuk mengasah pemahaman Anda tentang konsep-konsep yang diajarkan. Selain itu, terdapat pula diksusi kelompok di mana Anda dapat berinteraksi dengan sesama mahasiswa untuk berbagi pemikiran, pengalaman, dan menyelsaikan permasalahan yang diberikan.
Melalui kombinasi antara pembelajaran mandiri dan diskusi kelompok, diharapkan Anda dapat menginternalisasi konsep-konsep yang diajarkan dengan lebih baik dan mampu mengaplikasikannya dalam situasi komunikasi sehari-hari. Selamat belajar, dan mari kita bersama-sama menjelajahi dunia kalimat yang efektif dalam Bahasa Indonesia!
Selamat belajar!
Pelajari materi kalimat efektif dengan membaca materi atau menonton video yang disediakan. Setelah itu, tulislah pemahaman Anda dalam Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang disediakan. Unggahlah LKM yang telah Anda kerjakan pada bagian ini paling lambat tanggal 13 Maret 2025. Selanjutnya, pelajari studi kasus yang diberikan oleh dosen untuk didiskusikan bersama kelompok kalian.
Bacalah materi kalimat efektif ini pada Bab 4 Kalimat Efektif
Deskripsi Tugas:
Kalimat efektif merupakan kunci penyampaian informasi yang jelas, padat, dan tidak menimbulkan ambiguitas dalam skripsi. Kalimat yang efektif harus memenuhi kaidah kejelasan, ketepatan, kesatuan, kepaduan, dan penekanan, sehingga gagasan yang disampaikan mudah dipahami oleh pembaca. Penggunaan kalimat yang tidak efektif dapat menyebabkan kesalahpahaman terhadap isi penelitian, menurunkan daya tarik akademik, dan merusak alur logika penulisan skripsi.
Cari satu skripsi di perpustakaan atau di google, kemudian analisislah penggunaan kalimat pada bagian bab pendahuluan dan pembahasan. Identifikasi minimal 10 kalimat yang kurang efektif. Fokuslah pada penggunaan kalimat efektif dari segi kelogisan, kepareralan, ketepatan, kecermatan, kepaduan, keharmonisan. Identifikasi kesalahan penulisan kalimat yang tidak sesuai, lalu jelaskan perbaikannya sesuai dengan teori kalimat efektif.
Setelah kalian membaca studi kasus/tugas pada materi ini, diskusikanlah bersama kelompok kalian. Tulislah laporannya dalam Lembar Kerja Mahasiswa yang disediakan. Setelah selesai unggahlah LKM tersebut dibagian ini paling lambat tanggal 16 Maret 2025.
Selamat berdiskusi!
Dalam kegiatan ini, setiap kelompok akan memiliki kesempatan untuk memperoleh umpan balik yang berharga dari kelompok sejawatnya. Tujuannya untuk mengelaborasi pengetahuan terkait laporan kelompok dan keselarasan argumen dalam laporan kelompok masing-masing.
Untuk menjalankan kegiatan ini, silakan ikuti langkah-langkah berikut:
- Mintalah laporan kelompok teman sejawatmu dengan aturan: Kelompok 1 mengoreksi kelompok 2, Kelompok 2 memeriksa kelompok 3, dan seterusnya.
- Teliti laporan tersebut dengan seksama, bandingkan dengan pekerjaan kelompok Anda.
- Berikan umpan balik yang konstruktif dan jelas. Jelaskan dengan baik tentang kesalahan yang ditemukan dan saran perbaikan yang bisa diberikan.
- Berikan hasil review kelompok Anda kepada kelompok yang Anda review dan unggah juga hasil review kalian pada bagian ini (Peer verification), paling lambat tanggal 18 Maret 2025.
- Untuk masing-masing kelompok dapat mengecek kembali laporannya setelah di review oleh kelompok sejawat. perbaikilah laporan kelompok Anda jika memerlukannya sesuai dengan komentar kelompok sejawat.
- Unggah kembali laporan yang telah diperbaiki pada tahap Communication paling lambat tanggal 20 Maret 2025.
Setelah saling mereview laporan antar kelompok dan diperbaiki, tahap berikutnya adalah presentasi. Presentasi dilakukan pada pertemuan tatap muka tanggal 21 Maret 2025.
Sebagai refleksi pembelajaran, Anda dapat menjawab pertanyaan berikut ini.
- Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari materi ini?
- Bagian manakah konsep yang paling menantang?
- Apakah Anda mendapat kesulitan dalam memahami materi ini dan bagaimana cara Anda mengatasinya?
- Hal-hal lain apakah yang ingin Anda pelajari lagi terkait materi ini?
Paragraf

Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik pun.
Alhamdulillah, Anda telah menyelesaikan topik ejaan dan kalimat efektif. Selanjutnya, kita akan membahas topik paragraf. Pengetahuan yang telah Anda peroleh akan diimplementaskan dalam menyusun paragraf ini. Oleh karena itu, tujuan pembelajaran topik ini yaitu- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang paragraf
- mahasiswa mampu mengidentifikasi dan analisis tentang paragraf
- mahasiswa mampu membuat paragraf
Kegiatan pembelajaran dalam sesi ini didesain untuk memungkinkan Anda belajar secara mandiri serta berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Anda akan diberikan bahan bacaan, video pembelajaran, dan latihan-latihan praktis untuk mengasah pemahaman Anda tentang konsep-konsep yang diajarkan. Selain itu, terdapat pula diksusi kelompok di mana Anda dapat berinteraksi dengan sesama mahasiswa untuk berbagi pemikiran, pengalaman, dan menyelsaikan permasalahan yang diberikan.
Melalui kombinasi antara pembelajaran mandiri dan diskusi kelompok, diharapkan Anda dapat menginternalisasi konsep-konsep yang diajarkan dengan lebih baik dan mampu mengaplikasikannya dalam situasi komunikasi sehari-hari.
Selanjutnya, silahkan Anda membaca materi tentang paragraf pada bagian yang telah disiapkan di LMS ini dan juga kalian dapat menyimak video tentang paragraf.
Selamat belajar. Salam sehat dan bahagia selalu.
Wassalamualaikum. Wr. Wb.Pelajari materi kalimat efektif dengan membaca materi atau menonton video yang disediakan. Setelah itu, tulislah pemahaman Anda dalam Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang disediakan. Unggahlah LKM yang telah Anda kerjakan pada bagian ini. Selanjutnya, pelajari studi kasus yang diberikan oleh dosen untuk didiskusikan bersama kelompok kalian.
Unggahlah LKM tersebut dibagian ini paling lambat tanggal 25 Maret 2025
Selamat belajar!
bacalah dua buku berikut ini pada bab paragraf.
Paragraf yang baik merupakan pondasi penting dalam penulisan skripsi karena membantu menyusun gagasan secara runtut, terorganisir, dan logis. Paragraf yang efektif harus memenuhi syarat kesatuan, kepaduan, dan kelengkapan, sehingga mampu menyampaikan satu ide utama yang didukung oleh kalimat-kalimat penjelas. Paragraf yang tidak tertata dengan baik dapat mengganggu alur pemikiran pembaca dan menyebabkan pemahaman yang keliru terhadap isi skripsi.
Cari satu skripsi di perpustakaan kampus atau repositori online, lalu analisislah paragraf-paragraf yang terdapat dalam bab pendahuluan. Analisislah paragraf-paragraf yang ada dalam bab tersebut denganketentuan sebagai berikut.
1. Apakah telah memenuhi syarat paragraf yang baik, seperti kesatuan, kepaduan, atau kelengkapan.
2. Bagaimanakah pola-pola pengembangan paragraf-paragraf tersebut.
Setelah kalian membaca studi kasus/tugas diskusi pada materi ini, diskusikanlah bersama kelompok kalian. Tulislah laporannya dalam Lembar Kerja Mahasiswa yang disediakan. Setelah selesai unggahlah LKM tersebut dibagian ini paling lambat tanggal 30 Maret 2025
Selamat berdiskusi!
Dalam kegiatan ini, setiap kelompok akan memiliki kesempatan untuk memperoleh umpan balik yang berharga dari kelompok sejawatnya. Tujuannya untuk mengelaborasi pengetahuan terkait laporan kelompok dan keselarasan argumen dalam laporan kelompok masing-masing.
Untuk menjalankan kegiatan ini, silakan ikuti langkah-langkah berikut:
- Mintalah laporan kelompok teman sejawatmu dengan aturan: Kelompok 7 mereview kelompok 6, 6 ke 5, 5 ke 4, 4 ke 3, 3 ke 2, 2 ke 1, dan 1 ke 7.
- Teliti laporan tersebut dengan seksama, bandingkan dengan pekerjaan kelompok Anda.
- Berikan umpan balik yang konstruktif dan jelas. Jelaskan dengan baik tentang kesalahan yang ditemukan dan saran perbaikan yang bisa diberikan.
- Unggahlah hasil review kalian terhadap laporan kelompok lain pada bagian ini (Peer verification), paling lambat tanggal 9 April 2025
- Untuk masing-masing kelompok dapat mengecek kembali laporannya setelah di review oleh kelompok sejawat. perbaikilah laporan kelompok Anda jika memerlukannya sesuai dengan komentar kelompok sejawat.
- Unggah kembali laporan yang telah diperbaiki pada tahap Communication paling lambat tanggal 10 April 2025
Setelah saling mereview laporan antar kelompok dan diperbaiki, tahap berikutnya adalah presentasi. Lakukan presentasi secara bergiliran sesuai petunjuk dari dosen.
Sebagai refleksi pembelajaran, Anda dapat menjawab pertanyaan berikut ini.
- Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari materi ini?
- Bagian manakah konsep yang paling menantang?
- Apakah Anda mendapat kesulitan dalam memahami materi ini dan bagaimana cara Anda mengatasinya?
- Hal-hal lain apakah yang ingin Anda pelajari lagi terkait materi ini?
Ujian Tengah Semester

Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik pun.
Alhamdulillah, tidak terasa kita pertemuan demia pertemuan telah kita lewati. Sejumlah materi telah kita arungi bersama sebagai pondasi awal perkuliahan bahasa Indonesia, diantaranya tentang politik bahasa Indonesia, hakikat, fungsi, dan kedudukan bahasa, hingga memasuki materi inti yaitu mengenal pedoman umum ejaan bahasa Indonesia hingga pembentukan kalimat efektif.
Kini, tiba saatnya kita pada pertemuan ke-8. Momen penentuan untuk mengetahui sejauh mana wawasan rekan-rekan mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan. UTS dikerjakan secara daring sehingga usahakan anda mengerjakannya menggunakan komputer atau laptop. Soal teridiri dari pilihan ganda dan esai menulis. Untuk soal esai, anda dapat mengumpulkannya dengan menggunggah pada bagian yang disediakan pada bagian ini. berikut ini link soal UTS
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeLtvXNXsD-t6jnUTVOZCKQyf5T-I-cK6TGvJo_Iq_fwTFsTQ/viewform?usp=sharing
token: unilajaya
Pada akhirnya, saya mengucapkan selamat menempuh Ujian Tengah Semester. Tetap fokus karena semua pertanyaan tetap berkaitan dengan materi yang selama ini Anda ikuti.
Unggahlah jawaban atau hasil menulis esai anda pada bagian ini.
Menulis Esai
Assalamualaikum wr.wb
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar.
Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas bagaimana menulis esai dengan teknik yang tepat, mulai dari struktur hingga penggunaan bahasa yang baik dan benar.
Menulis esai adalah salah satu keterampilan penting dalam dunia akademik. Esai tidak hanya mengukur kemampuan Anda dalam menyampaikan gagasan secara tertulis, tetapi juga menguji kemampuan Anda dalam berpikir kritis, menyusun argumen, dan menyampaikan ide dengan cara yang jelas dan logis.
Pada akhir perkuliahan ini, Anda diharapkan mampu:
- Menyusun esai yang terstruktur dengan baik, mencakup pendahuluan, isi, dan kesimpulan.
- Menyampaikan argumen yang logis dan didukung oleh bukti yang relevan.
- Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan (EYD).
- Menghindari kesalahan umum dalam penulisan, seperti penggunaan kata tidak baku dan struktur kalimat yang tidak efektif.
Selain materi yang disediakan dalam LMS, Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang teknik menulis esai dari berbagai literatur yang tersedia di internet. Banyak artikel dan panduan dari sumber tepercaya yang dapat membantu memperkaya pengetahuan dan keterampilan Anda dalam menulis esai. Manfaatkan sumber-sumber tersebut untuk mendapatkan perspektif yang lebih luas dan beragam tentang penulisan esai.
Mari kita mulai perkuliahan dengan semangat menulis yang kritis dan kreatif!
Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan kepribadian individu. Melalui pendidikan karakter, nilai-nilai moral dan etika diajarkan sejak dini untuk membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang bertanggung jawab, disiplin, jujur, dan peduli terhadap sesama. Di era modern ini, pendidikan karakter menjadi semakin krusial untuk melawan dampak negatif dari perkembangan teknologi dan globalisasi yang dapat mempengaruhi moral generasi muda.
Untuk tugas kali ini, Anda diminta menulis sebuah esai naratif dengan tema "Pendidikan Karakter". Dalam esai tersebut, ceritakan pengalaman atau pengamatan pribadi Anda terkait pentingnya pendidikan karakter, baik di lingkungan keluarga, sekolah, atau masyarakat. Sebelum menulis, bacalah beberapa literatur yang membahas tentang pendidikan karakter untuk memperkaya narasi dan sudut pandang Anda. Esai harus ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, memperhatikan kaidah ejaan, tata bahasa, serta kalimat dan paragraf yang koheren. Pastikan esai disusun dengan pendahuluan, isi, serta kesimpulan yang jelas.
Selamat menulis, dan semoga tugas ini membantu Anda lebih memahami dan menerapkan pentingnya pendidikan karakter dalam kehidupan!
Setelah Anda selesai menulis esai tersebut, diskusikanlah esai yang Anda buat bersama kelompok Anda untuk saling mereview esai yang dibuat. Periksalah ejaan, kalimat, dan paragraf apaka sudah benar.
Setelah saling review dan revisi esai. Unggahlah esai Anda di bagian ini.
Menulis Makalah
Assalamualaikum wr.wr.
Selamat Pagi!!
Pada perkuliahan kali ini, kita akan mempelajari langkah-langkah serta teknik dalam menulis makalah yang baik dan benar. Makalah adalah salah satu bentuk karya tulis ilmiah yang sering digunakan dalam dunia akademik untuk menyampaikan gagasan, analisis, serta hasil penelitian. Oleh karena itu, kemampuan menulis makalah dengan struktur dan bahasa yang sesuai sangat penting bagi setiap mahasiswa.
Makalah harus disusun secara sistematis, dengan argumentasi yang logis serta didukung oleh sumber-sumber terpercaya. Selain itu, penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan (EYD), juga menjadi salah satu komponen utama dalam menulis makalah.
Pada akhir perkuliahan ini, Anda diharapkan mampu:
- Menyusun makalah dengan struktur yang jelas, mencakup pendahuluan, pembahasan, dan kesimpulan.
- Menyusun argumen yang logis dan didukung oleh referensi akademik.
- Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai dengan kaidah tata bahasa dan EYD.
- Menghindari kesalahan dalam penulisan, seperti kesalahan ejaan, penggunaan kalimat tidak efektif, dan paragraf yang tidak koheren.
Selain memanfaatkan materi yang tersedia di LMS, Anda juga dianjurkan untuk membaca berbagai referensi dari sumber tepercaya yang dapat mendukung pemahaman Anda tentang cara menulis makalah dengan baik. Penguasaan teknik penulisan ini tidak hanya akan membantu Anda dalam perkuliahan, tetapi juga dalam menyusun karya ilmiah di masa depan.
Mari kita mulai perkuliahan ini dengan komitmen untuk meningkatkan kemampuan menulis akademik Anda!
Silakan kumpulkan tugas makalah yang telah disusun oleh kelompok Anda pada bagian yang telah disediakan di LMS. Pastikan makalah dikumpulkan dalam format dokumen digital (.docx atau .pdf) dengan mencantumkan nama anggota kelompok, judul makalah, dan tema yang dipilih. Periksa kembali makalah Anda sebelum diunggah untuk memastikan tidak ada kesalahan ejaan, tata bahasa, dan struktur paragraf.
Pada pertemuan tatap muka mendatang, setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan makalah yang telah ditulis. Presentasi harus mencakup penjelasan tentang topik yang dipilih, tujuan makalah, argumen utama, serta kesimpulan yang dihasilkan dari analisis yang dilakukan. Pastikan setiap anggota kelompok berkontribusi dalam presentasi, dengan durasi maksimal 15 menit per kelompok. Siapkan juga materi pendukung seperti slide presentasi yang membantu menjelaskan poin-poin penting dalam makalah Anda. Selama presentasi, harap menjaga penggunaan bahasa yang formal dan sesuai dengan konteks akademik. Presentasi ini akan dinilai, jadi persiapkan dengan baik dan pastikan seluruh anggota memahami materi yang disampaikan.
Teknik Menulis Skripsi
Selamat pagi!
Selamat datang di perkuliahan Teknik Menulis Skripsi! Pada perkuliahan ini, kita akan mempelajari langkah-langkah sistematis dalam menulis skripsi. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang menjadi salah satu syarat utama untuk menyelesaikan studi di perguruan tinggi. Oleh karena itu, memahami struktur dan kaidah penulisan skripsi sangat penting bagi mahasiswa.
Dalam menulis skripsi, tidak hanya kemampuan akademis yang diuji, tetapi juga kemampuan dalam menyusun argumen ilmiah, melakukan penelitian, serta menyampaikan hasil penelitian secara jelas dan sistematis. Penguasaan terhadap struktur penulisan yang baik dan benar, serta penggunaan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah ilmiah, akan membantu mahasiswa menyelesaikan skripsi dengan hasil yang memuaskan.
Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu: memahami sistematika penulisan skripsi, termasuk bagian-bagian penting seperti pendahuluan, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan.
Selain memanfaatkan materi yang tersedia di LMS, Anda juga dianjurkan untuk membaca berbagai referensi dari sumber tepercaya yang dapat mendukung pemahaman Anda tentang cara menulis skripsi dengan baik. Penguasaan teknik penulisan ini tidak hanya akan membantu Anda dalam perkuliahan, tetapi juga dalam menyusun karya ilmiah di masa depan.
Mari kita mulai perkuliahan ini dengan komitmen untuk meningkatkan kemampuan menulis akademik Anda!
Setelah laporan kelompok Anda selesai, Unggah pada bagian ini.
Pada pertemuan tatap muka berikutnya, setiap mahasiswa diminta untuk mempresentasikan laporan hasil observasinya terhadap skripsi yang telah dianalisis. Presentasi harus mencakup penjelasan mengenai sistematika penulisan skripsi, bagian-bagian penting yang diamati, serta refleksi Anda mengenai struktur skripsi tersebut. Pastikan presentasi disampaikan secara jelas dan tepat sasaran, dengan durasi maksimal 10 menit. Siapkan juga materi pendukung, seperti slide atau poin-poin utama, untuk membantu penjelasan Anda selama presentasi. Presentasi ini akan menjadi bagian dari penilaian, jadi pastikan Anda menyampaikan hasil observasi dengan baik dan memadai.
Teknik Presentasi Ilmiah
Selamat pagi!
Selamat datang di perkuliahan Teknik Presentasi Ilmiah! Pada pertemuan ini, kita akan membahas bagaimana melakukan presentasi ilmiah dengan baik dan efektif. Kemampuan untuk menyampaikan ide dan hasil penelitian secara lisan merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa, baik dalam konteks akademik maupun profesional. Presentasi ilmiah tidak hanya bertujuan untuk menyampaikan informasi, tetapi juga untuk meyakinkan audiens tentang validitas dan relevansi dari penelitian atau karya ilmiah yang dipresentasikan.
Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Merancang dan menyusun presentasi ilmiah yang terstruktur dan logis.
- Menyampaikan presentasi dengan percaya diri dan bahasa yang formal.
- Menggunakan media pendukung, seperti slide, untuk membantu audiens memahami poin-poin utama presentasi.
- Berinteraksi secara efektif dengan audiens melalui tanya jawab dan diskusi.
Untuk tugas kali ini, setiap kelompok diminta mencari sebuah skripsi yang relevan dengan jurusan masing-masing. Skripsi tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk membuat bahan presentasi ilmiah. Setiap kelompok harus mengkaji skripsi yang dipilih, memahami struktur dan isinya, lalu menyusun slide presentasi yang mencakup elemen-elemen utama seperti pendahuluan, tujuan penelitian, metodologi, hasil penelitian, dan kesimpulan.
Presentasi ini harus mencerminkan pemahaman Anda terhadap skripsi yang dipelajari, dengan penyampaian informasi yang jelas dan terstruktur. Setiap anggota kelompok harus berkontribusi dalam penyusunan dan pemahaman materi presentasi, serta siap mempresentasikannya pada pertemuan tatap muka berikutnya.
Berdasarkan bahan presentasi yang telah disiapkan dari skripsi yang dipilih, setiap kelompok diminta untuk menyeminarkan hasilnya dengan ketentuan sebagai berikut:
Kontribusi Setiap Anggota: Setiap anggota kelompok harus berkontribusi secara aktif dalam presentasi, baik dalam penyampaian materi maupun sesi tanya jawab. Pastikan bahwa seluruh anggota kelompok terlibat dalam menjelaskan bagian-bagian penting dari skripsi yang dipresentasikan.
Penanggap: Mintalah dua kelompok lain sebagai penanggap selama seminar. Tugas penanggap adalah memberikan tanggapan, kritik konstruktif, serta pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dipresentasikan. Tanggapan dan pertanyaan ini akan membantu memperdalam diskusi dan evaluasi terhadap skripsi yang dipilih.
Seminar ini bertujuan untuk melatih kemampuan Anda dalam mempresentasikan karya ilmiah dan berdiskusi secara akademik. Pastikan presentasi dilakukan secara profesional dan sesuai dengan kaidah ilmiah yang baik. Selamat mempersiapkan dan semoga seminar berjalan lancar!
REMIDI
Kerjakan soal remidi pada link di bawah ini
https://forms.gle/qmVvMXj34V1Vhr6NA
token: unilajayaPemetaan Gaya Belajar
Sebagai bentuk evaluasi perkuliahan, kami ingin mengetahui gaya belajar Anda. Oleh karena itu, isilah kuisoner gaya belajar pada link berikut.
https://vark-learn.com/kuesioner-vark/
Jawablah pertanyaan pada link tersebut sesuai kondisi kalian. Setelah selesai kliklah OK. Setelah itu, kalian akan mengetahui gaya belajar yang cocok untuk kalian. tipe gaya belajar kalian tersebut isikan ke dalam link berikut untuk di data.
https://forms.gle/dXSAjSg7Nbd1368w716 May - 22 May
23 May - 29 May
30 May - 5 June