Ringkasan Mingguan
Umum
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Selamat datang Rekan-Rekan Mahasiswa yang saya banggakan.
Dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam Lindungan Allah SWT. Aamiin…
Selamat datang di Mata Kuliah Pendidikan Inklusi Daring FKIP Universitas Lampung. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program strata satu (S1) Sarjana pada rumpun Ilmu Pendidikan, terutama terkait dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mata kuiah Pendidikan Inklusi ini memiliki beban SKS sebesar 3 SKS, dengan kode Matakuliah: KPD619218. Adapun CURICULUM VITAE dosen pengampu mata kuliah ini adalah sebagai berikut:
Dra NELLY ASTUTI, DRA., M. PD, M.Pd
Amrina Izzatika,, M.Pd.



Pertemuan 1
Assalamu'alaikum wr.wb.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pendidikan Inklusi pada pertemuan pertama. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada pertemuan pertama ini dapar dipahami dengan baik. Pertemuan Pertama Mata Kuliah Pendidikan Inklusi terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
- ABSENSI 1
- TUJUAN MATA KULIAH
- POKOK BAHASAN DAN JADWAL PERKULIAHAN
- STRUKTUR PELAKSANAAN PERKULIAHAN
- SANKSI
- KRITERIA PENILAIAN
- RENTANG NILAI ACUAN KELULUSAN
- REFERENSI
- PENUTUP
Mohon dipastikan peserta didik memahami setiap bagian yang telah ditampilkan dalam Pertemuan Pertama Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan seksama agar hasil akhir perkuliahan dapat menjadi maksimal.
Selamat mengikuti pertemuan pertama Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan tentang definsi pendidikan inklusif, tipologi pendidikan inklusif, kebutuhan anak pendidikan inklusif, konsepsi pendidikan layanan khusus, hakikat anak berkebutuhan khusus (ABK), hakikat layanan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), klasifikasi anak berkebutuhan khusus (ABK), karakteristik anak berkebutuhan khusus (ABK), layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah dasar (SD), membentuk kelas bagi anak berkebutuhan khusus, penyelenggaraan pendidikann inklusif, dan manajemen sekolah inklusif.

- Jika mahasiswa melakukan plagiat dalam satu atau dua kalimat tanpa menyebutkan sumber aslinya, maka yang bersangkutan dikenakan sanksi berupa pemanggilan oleh dosen untuk diberi peringatan.
- Jika mahasiswa melakukan plagiat dalam beberapa kalimat dan makalah yang sedang dibuatnya, maka yang bersangkutan akan dikenakan sanksi berupa pemanggilan oleh dosen untuk mendapatkan peringatan keras, atau mungkin dikenakan sanksi untuk mendapatkan nilai NOL atas makalah yang dibuatnya.
- Jika mahasiswa melakukan plagiat pada sebagian besar makalah yang dibuat, maka yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi berupa pemberian nilai D pada matakuliah yang ditempuh.
- Jika mahasiswa melakukan plagiat pada seluruh isi makalah, maka yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi dengan nilai E dan nama pelaku plagiat ini akan diumumkan di hadapan masyarakat akademik.
Depdiknas. 2005. Manajemen Sekolah.Jakarta: Pusdiklat
Depdiknas. 2007. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Buku Ajar Cetak. Jakarta: Dirjend Dikti
Depdiknas. 2008. Potret Kemajuan Pendidikan Dasar dan Menengah: dari Akses Menuju Mutu. Jakarta: Dirjend Diddasmen
Depdiknas. 2008. Merentang Jalan Menuju Pelayanan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjend Manajemen Dikdasmen
Depdiknas. 2009. Arah Pengembangan. Manajemen Dasar dan memengah. Jakarta:
Fattah Nanang. 2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka
Kemendikbud. 2013. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (sesuai Permendiknas No. 70 Tahun 2009). Jakarta: Dirjend PKLK Sekolah Dasar
Kemendikbud. 2015. Strategi Umum Pembudayaan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Dirjend PKLK
Mudjito, Harizal, & Elfindri. 2012. Pendidikan Inklusif. Jakarta: Baduose Media
Mudjito. 2013. Berbagai Peraturan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus. Jakarta: Kemendikbud
Smith Davit J. 2006. Inklusif: Sekolah Ramah untuk semua. Editor: Baihaki, Sugiman Muhammad. Bandung: Seri Pencerdasan
Sowiyah. 2012. Manajemen Kelas. Buku Ajar. Yogyakarta: Pustaka Zeedny
Sowiyah. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS): Buku Ajar. Yogyakata: Pustaka Zeedny
Sowiyah. 2015. Manajmen Pendidikan: Buku Ajar. Bandar Lampung: AURA Publishing
Suyanto, Mudjito. 2012. Masa Depan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Kemdikbud Pendididkan Dasar
Suryobroto. 2004. Manajemen Pendidikian di Sekolah. Bandung: Renika Cipta
Usman. 2001. Manajemen: Teori Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi AksaraDemikian pengantar awal sebelum perkuliahan pada hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami pokok-pokok bahasan yang akan dipelajari selama mengikuti perkuliahan Pendidikan Inklusif. Untuk pertemuan selanjutnya, kalian akan melakukan diskusi kelompok melalui form diskusi yang ada pada LMS. Hal yang perlu dipersiapakan adalah bahan diskusi dalam bentuk word dan PPT. Diskusi dilakukan secara berkelompok, sehingga kalian perlu membentuk 8 kelompok diskusi. Bahan diskusi, sebagai berikut:
1) Kebutuhan anak pendidikan inklusif,
2) Konsepsi pendidikan layanan khusus,
3) Hakikat anak berkebutuhan khusus (ABK)
4) Hakikat layanan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK)
5) Klasifikasi anak berkebutuhan khusus (ABK)
6) Karakteristik anak berkebutuhan khusus (ABK)
7) Layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah dasar (SD)
8) Membentuk kelas bagi anak berkebutuhan khusus (ABK)Kelompok penyaji diskusi disesuaikan dengan topik pembahasan pada LMS. Untuk pertemuan selanjutnya akan membahasa TOPIK Definsi pendidikan inklusif. Jangan lupa pelajari topik selanjutnya dan pahami Video pemaparan yang akan dibagikan di vclass. Usahakan selalu aktif dalam perkuliahan. Karena keaktifan merupakan salah satu penilaian mata kuliah ini. Salam hangat dan tetap semangat.
Pertemuan 2

Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat Pagi
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pendidikan Inklusi pada pertemuan kedua. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga mampu memahami dengan baik pembahasan pada pertemuan kedua ini. Adapaun rangakian kegiatan pada pertemuan kedua Mata Kuliah Pendidikan Inklusi terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
Mohon dipastikan peserta didik memahami setiap rangakian kegiatan pada pertemuan kedua yang telah ditampilkan dalam Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan seksama agar hasil akhir perkuliahan dapat menjadi maksimal.
Selamat mengikuti pertemuan kedua Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Adapun tujuan pembelajaran pada pertemuan kedua ini adalah mahasiswa mampu memahami definisi pendidikan inklusif melalui pemaparan dosen dan dari berbagai sumber referensi yang dapat ditemukan di internet.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, agar dapat menambah wawasan kalian terkait topik bahasan pada pertemuan kedua ini, silahkan rekan-rekan baca materi yang telah disajikan dalam bentuk pdf berikut ini:

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari (tidak wajib, namun yang aktif akan mendapatkan poin keaktifan).
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan.
Cara melakukan diskusi: Buat topik baru (Add a new discussion topic, tersedia di bawah ini) dengan nama Materi I. Kemudian, ketik pertanyaan atau tanggapan kalian terkait materi yang telah dipelajari.
Demikian perkuliahan pertemuan kedua hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa pelajari materi pada pertemuan selanjutnya. Untuk pertemuan selanjutnya akan membahasa TOPIK Tipologi pendidikan inklusif. Jangan lupa pelajari topik selanjutnya dan pahami pemaparan materi yang akan disampaikan oleh dosen di vclass. Usahakan selalu aktif dalam perkuliahan. Karena keaktifan merupakan salah satu penilaian mata kuliah ini. Salam hangat dan tetap semangat.

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 3

Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat Pagi
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pendidikan Inklusi pada pertemuan ketiga. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga mampu memahami dengan baik pembahasan pada pertemuan kedua ini. Adapaun rangakian kegiatan pada pertemuan ketiga Mata Kuliah Pendidikan Inklusi terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
Mohon dipastikan peserta didik memahami setiap rangakian kegiatan pada pertemuan kedua yang telah ditampilkan dalam Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan seksama agar hasil akhir perkuliahan dapat menjadi maksimal.
Selamat mengikuti pertemuan ketiga Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Adapun tujuan pembelajaran pada pertemuan ketiga ini adalah mahasiswa mampu memahami dan membuat rangkuman secara individu tentang tipologi pendidikan inklusif melalui observasi, kemudian mengeksplorasi bahan kajian dari berbagai sumber belajar (e-book dan artikel dalam jurnal nasional/internasional), menganalisis, menyelesaikan masalah, dan menyimpulkan.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, agar dapat menambah wawasan kalian terkait topik bahasan pada pertemuan ketiga ini, silahkan rekan-rekan baca materi yang telah disajikan dalam bentuk pdf berikut ini:

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Buatlah rangkuman materi dari hasil pencarian literatur (e-book dan artikel dalam jurnal nasional/internasional) dalam bentuk pdf secara mandiri, upload di forum diskusi ini dengan mengklik reply. Tuliskan nama dan NPM terlebih dahulu, kemudian upload rangkuman yang telah kalian buat. Rangkuman dikumpulkan diakhir jam perkuliahan hari ini sebagai bukti kehadiran.
Petunjuk upload rangkuman:
- Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama dan NPM. Kemudian, unggah file Makalah dan Video Presentasi dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah:

- Rangkuman diunggah dengan cara embed file: 1) Masukkan rangkuman ke google drive. 2) Klik kanan pada file yg telah diunggah lalu pilih get link, 3) ganti menjadi anyone with the link, 4) klik dua kali file yg sudah diunggah, 5) klik titik tiga di pojok kanan atas, kemudian klik buka dijendela baru, 6) klik tanda titik tiga kembali di pojok kanan atas, klik sematkan item (embed file), 7) buka forum vclass, klik reply, 8) klik tanda panah ke bawah samping huruf A di bagian atas sebelah kiri, kemudian klik tanda </> dan copykan link video pada sematkan item, 9) ubah angka yg tertera menjadi 500 dan 300. Selamat mencoba. Contoh unggah file dengan cara embed:
Demikian perkuliahan pertemuan ketiga hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa pelajari materi pada pertemuan selanjutnya. Bagi kelompok yang mendapatkan tugas untuk memaparkan materi, persiapkan makalah dan video/media presentasi lainnya. Salam hangat dan tetap semangat.

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 4

Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat Pagi
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pendidikan Inklusi pada pertemuan 4. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga mampu memahami dengan baik pembahasan pada pertemuan 4 ini. Adapaun rangakian kegiatan pada pertemuan 4 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
Mohon dipastikan peserta didik memahami setiap rangakian kegiatan pada pertemuan 4 yang telah ditampilkan dalam Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan seksama agar hasil akhir perkuliahan dapat menjadi maksimal.
Selamat mengikuti pertemuan 4 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Adapun tujuan pembelajaran pada pertemuan 4 ini adalah mahasiswa mampu memahami dan membuat makalah, ppt, dan secara berkelompok tentang Kebutuhan anak pendidikan inklusif melalui kegiatan eksplorasi bahan kajian, berdiskusi, menganalisis, menyelesaikan masalah, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil diskusi.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, agar dapat menambah wawasan kalian terkait topik bahasan pada pertemuan ketiga ini, silahkan rekan-rekan baca materi yang telah disajikan dalam bentuk pdf berikut ini:

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan yang sudah ditentukan menyiapkan makalah, PPT, dan artikel kelompok untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file makalah, PPT, dan artikel kelompok dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi dari ppt, makalah, dan artikel, serta mahasiswa lain dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut dan menanggapi artikel kelompok (memberikan masukan terkait kelebihan dan kekurang dari artikel tersebut). Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan dengan menyertakan nama dan npm.
- Kelompok penyaji merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pertemuan 4 hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa pelajari materi pada pertemuan selanjutnya. Bagi kelompok yang mendapatkan tugas untuk memaparkan materi, persiapkan makalah, PPT, dan artikel kelompok. Salam hangat dan tetap semangat dalam belajar.

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 5

Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat Pagi
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pendidikan Inklusi pada pertemuan 5. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga mampu memahami dengan baik pembahasan pada pertemuan 5 ini. Adapaun rangakian kegiatan pada pertemuan 5 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
Mohon dipastikan peserta didik memahami setiap rangakian kegiatan pada pertemuan 5 yang telah ditampilkan dalam Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan seksama agar hasil akhir perkuliahan dapat menjadi maksimal.
Selamat mengikuti pertemuan 5 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Adapun tujuan pembelajaran pada pertemuan 5 ini adalah mahasiswa mampu memahami materi dan membuat makalah, ppt, dan artikel secara berkelompok tentang Konsepsi pendidikan layanan khusus melalui kegiatan eksplorasi bahan kajian, berdiskusi, menganalisis, menyelesaikan masalah, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil diskusi.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, agar dapat menambah wawasan kalian terkait topik bahasan pada pertemuan ketiga ini, silahkan rekan-rekan baca materi yang telah disajikan dalam bentuk pdf berikut ini:

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan yang sudah ditentukan menyiapkan makalah, PPT, dan artikel kelompok untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file makalah, PPT, dan artikel kelompok dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi dari ppt, makalah, dan artikel, serta mahasiswa lain dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut dan menanggapi artikel kelompok (memberikan masukan terkait kelebihan dan kekurang dari artikel tersebut). Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan dengan menyertakan nama dan npm.
- Kelompok penyaji merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pertemuan 5 hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa pelajari materi pada pertemuan selanjutnya. Bagi kelompok yang mendapatkan tugas untuk memaparkan materi, persiapkan makalah, PPT, dan artikel kelompok. Persiapkan juga untuk kuis yang akan diadakan pada pertemuan ke 6 dan materi yang diujikan dari pertemuan 2 - 5. Salam hangat dan tetap semangat dalam belajar.

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 6

Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat Pagi
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pendidikan Inklusi pada pertemuan 6. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga mampu memahami dengan baik pembahasan pada pertemuan 6 ini. Adapaun rangakian kegiatan pada pertemuan 6 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
Mohon dipastikan peserta didik memahami setiap rangakian kegiatan pada pertemuan 6 yang telah ditampilkan dalam Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan seksama agar hasil akhir perkuliahan dapat menjadi maksimal.
Selamat mengikuti pertemuan 6 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.

- KUIS dilaksanakan sesuai dengan jam perkuliahan dan diberikan waktu pengerjaan selama 50 menit.
- KUIS dapat dikerjakan sebanyak 1x dalam waktu 50 menit.
- Jika waktu habis sebelum selesai pengerjaan, maka jawaban akan otomatis tersimpan.
- KUIS terdiri atas 20 pertanyaan pilihan jamak yang terbagi menajdi 4 halaman (page). Tiap page terdiri dari 5 soal dengan nilai masing-masing sebesar 5 poin (5x20 = 100).
- Mahasiswa harus menyelesaikan tiap page terlebih dahulu.
- Bacalah soal secara seksama agar tidak terjadi kesalahan
- Materi yang diujikan yaitu Definsi pendidikan inklusif, Tipologi pendidikan inklusif, Kebutuhan anak pendidikan inklusif, dan Konsepsi pendidikan layanan khusus.
- Pastikan jaringan internet Anda dalam keadaan stabil.
- Jika ada kendala segera hubungi dosen ybs.
- Jangan lupa berdoa sebelum memulai KUIS. Selamat mengerjakan. Semoga berhasil dan Sukses. Terimakasih.
- KODE KUIS: KUIS_PI21
Adapun tujuan pembelajaran pada pertemuan 6 ini adalah mahasiswa mampu memahami materi dan membuat makalah, ppt, dan artikel secara berkelompok tentang Hakikat anak berkebutuhan khusus (ABK) melalui kegiatan eksplorasi bahan kajian, berdiskusi, menganalisis, menyelesaikan masalah, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil diskusi.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, agar dapat menambah wawasan kalian terkait topik bahasan pada pertemuan ketiga ini, silahkan rekan-rekan baca materi yang telah disajikan dalam bentuk pdf berikut ini:

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan yang sudah ditentukan menyiapkan makalah, PPT, dan artikel kelompok untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file makalah, PPT, dan artikel kelompok dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi dari ppt, makalah, dan artikel, serta mahasiswa lain dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut dan menanggapi artikel kelompok (memberikan masukan terkait kelebihan dan kekurang dari artikel tersebut). Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan dengan menyertakan nama dan npm.
- Kelompok penyaji merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pertemuan 6 hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa pelajari materi pada pertemuan selanjutnya. Bagi kelompok yang mendapatkan tugas untuk memaparkan materi, persiapkan makalah, PPT, dan artikel kelompok. Salam hangat dan tetap semangat dalam belajar.

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 7

Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat Pagi
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pendidikan Inklusi pada pertemuan 7. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga mampu memahami dengan baik pembahasan pada pertemuan 7 ini. Adapaun rangakian kegiatan pada pertemuan 7 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
Mohon dipastikan peserta didik memahami setiap rangakian kegiatan pada pertemuan 7 yang telah ditampilkan dalam Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan seksama agar hasil akhir perkuliahan dapat menjadi maksimal.
Selamat mengikuti pertemuan 7 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Adapun tujuan pembelajaran pada pertemuan 7 ini adalah mahasiswa mampu memahami materi dan membuat makalah, ppt, dan artikel secara berkelompok tentang Hakikat layanan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) melalui kegiatan eksplorasi bahan kajian, berdiskusi, menganalisis, menyelesaikan masalah, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil diskusi.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, agar dapat menambah wawasan kalian terkait topik bahasan pada pertemuan ketiga ini, silahkan rekan-rekan baca materi yang telah disajikan dalam bentuk pdf berikut ini:

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan yang sudah ditentukan menyiapkan makalah, PPT, dan artikel kelompok untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file makalah, PPT, dan artikel kelompok dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi dari ppt, makalah, dan artikel, serta mahasiswa lain dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut dan menanggapi artikel kelompok (memberikan masukan terkait kelebihan dan kekurang dari artikel tersebut). Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan dengan menyertakan nama dan npm.
- Kelompok penyaji merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pertemuan 7 hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa pelajari materi pada pertemuan selanjutnya. Bagi kelompok yang mendapatkan tugas untuk memaparkan materi, persiapkan makalah, PPT, dan artikel kelompok. Salam hangat dan tetap semangat dalam belajar.

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 8

Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat Pagi
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pendidikan Inklusi pada pertemuan 8. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga mampu memahami dengan baik pembahasan pada pertemuan 8 ini. Adapaun rangakian kegiatan pada pertemuan 8 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
Mohon dipastikan peserta didik memahami setiap rangakian kegiatan pada pertemuan 8 yang telah ditampilkan dalam Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan seksama agar hasil akhir perkuliahan dapat menjadi maksimal.
Selamat mengikuti pertemuan 8 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Adapun tujuan pembelajaran pada pertemuan 5 ini adalah mahasiswa mampu memahami materi dan membuat makalah, ppt, dan artikel secara berkelompok tentang Klasifikasi anak berkebutuhan khusus (ABK) melalui kegiatan eksplorasi bahan kajian, berdiskusi, menganalisis, menyelesaikan masalah, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil diskusi.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, agar dapat menambah wawasan kalian terkait topik bahasan pada pertemuan ketiga ini, silahkan rekan-rekan baca materi yang telah disajikan dalam bentuk pdf berikut ini:

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan yang sudah ditentukan menyiapkan makalah, PPT, dan artikel kelompok untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file makalah, PPT, dan artikel kelompok dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi dari ppt, makalah, dan artikel, serta mahasiswa lain dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut dan menanggapi artikel kelompok (memberikan masukan terkait kelebihan dan kekurang dari artikel tersebut). Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan dengan menyertakan nama dan npm.
- Kelompok penyaji merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pertemuan 8 hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa pelajari materi pada pertemuan selanjutnya. Bagi kelompok yang mendapatkan tugas untuk memaparkan materi, persiapkan makalah, PPT, dan artikel kelompok. Persiapkan juga untuk UTS yang akan diadakan pada pertemuan selanjutnya dan materi yang diujikan dari pertemuan 2 - 8. Salam hangat dan tetap semangat dalam belajar.

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
UJIAN TENGAH SEMESTER

UTS dikumpulkan sesuai dengan jam perkuliahan dan diberikan waktu pengumpulan selama 150 menit.
- Kelas A: Senin 24 Mei 2021, Pukul 13:00 s.d 15:30 WIB
- Kelas B: Rabu 26 Mei 2021, Pukul 13:30 s.d 16:00 WIB
- Kelas C: Selasa 25 Mei 2021, Pukul 09:30 s.d 12:00 WIB
- Kelas D: Jumat 28 Mei 2021, Pukul 13:00 s.d 15:30 WIB
- Kelas E: Selasa, 25 Mei 2021, Pukul 13:00 s.d 15:30 WIB
Jika ada kendala segera hubungi dosen ybs.
Jangan lupa berdoa sebelum memulai UTS. Selamat mengerjakan. Semoga berhasil dan Sukses. Terimakasih.
PERTEMUAN 10

Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat Pagi
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pendidikan Inklusi pada pertemuan 10. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga mampu memahami dengan baik pembahasan pada pertemuan 10 ini. Adapaun rangakian kegiatan pada pertemuan 10 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
Mohon dipastikan peserta didik memahami setiap rangakian kegiatan pada pertemuan 10 yang telah ditampilkan dalam Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan seksama agar hasil akhir perkuliahan dapat menjadi maksimal.
Selamat mengikuti pertemuan 10 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Adapun tujuan pembelajaran pada pertemuan 10 ini adalah mahasiswa mampu memahami materi dan membuat makalah, ppt, dan artikel secara berkelompok tentang Karakteristik anak berkebutuhan khusus (ABK) melalui kegiatan eksplorasi bahan kajian, berdiskusi, menganalisis, menyelesaikan masalah, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil diskusi.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, agar dapat menambah wawasan kalian terkait topik bahasan pada pertemuan ketiga ini, silahkan rekan-rekan baca materi yang telah disajikan dalam bentuk pdf berikut ini:

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan yang sudah ditentukan menyiapkan makalah, PPT, dan artikel kelompok untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file makalah, PPT, dan artikel kelompok dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi dari ppt, makalah, dan artikel, serta mahasiswa lain dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut dan menanggapi artikel kelompok (memberikan masukan terkait kelebihan dan kekurang dari artikel tersebut). Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan dengan menyertakan nama dan npm.
- Kelompok penyaji merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pertemuan 10 hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa pelajari materi pada pertemuan selanjutnya. Bagi kelompok yang mendapatkan tugas untuk memaparkan materi, persiapkan makalah, PPT, dan artikel kelompok. Salam hangat dan tetap semangat dalam belajar.

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 11

Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat Pagi
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pendidikan Inklusi pada pertemuan 11. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga mampu memahami dengan baik pembahasan pada pertemuan 11 ini. Adapaun rangakian kegiatan pada pertemuan 11 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
Mohon dipastikan peserta didik memahami setiap rangakian kegiatan pada pertemuan 11 yang telah ditampilkan dalam Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan seksama agar hasil akhir perkuliahan dapat menjadi maksimal.
Selamat mengikuti pertemuan 11 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Adapun tujuan pembelajaran pada pertemuan 11 ini adalah mahasiswa mampu memahami materi dan membuat makalah, ppt, dan artikel secara berkelompok tentang Layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah dasar (SD) melalui kegiatan eksplorasi bahan kajian, berdiskusi, menganalisis, menyelesaikan masalah, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil diskusi.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, agar dapat menambah wawasan kalian terkait topik bahasan pada pertemuan ketiga ini, silahkan rekan-rekan baca materi yang telah disajikan dalam bentuk pdf berikut ini:

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan yang sudah ditentukan menyiapkan makalah, PPT, dan artikel kelompok untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file makalah, PPT, dan artikel kelompok dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi dari ppt, makalah, dan artikel, serta mahasiswa lain dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut dan menanggapi artikel kelompok (memberikan masukan terkait kelebihan dan kekurang dari artikel tersebut). Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan dengan menyertakan nama dan npm.
- Kelompok penyaji merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pertemuan 11 hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa pelajari materi pada pertemuan selanjutnya. Bagi kelompok yang mendapatkan tugas untuk memaparkan materi, persiapkan makalah, PPT, dan artikel kelompok. Salam hangat dan tetap semangat dalam belajar.

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 12

Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat Pagi
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pendidikan Inklusi pada pertemuan 12. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga mampu memahami dengan baik pembahasan pada pertemuan 12 ini. Adapaun rangakian kegiatan pada pertemuan 12 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
Mohon dipastikan peserta didik memahami setiap rangakian kegiatan pada pertemuan 12 yang telah ditampilkan dalam Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan seksama agar hasil akhir perkuliahan dapat menjadi maksimal.
Selamat mengikuti pertemuan 12 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Adapun tujuan pembelajaran pada pertemuan 12 ini adalah mahasiswa mampu memahami materi dan membuat makalah, ppt, dan artikel secara berkelompok tentang Membentuk kelas bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) melalui kegiatan eksplorasi bahan kajian, berdiskusi, menganalisis, menyelesaikan masalah, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil diskusi.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, agar dapat menambah wawasan kalian terkait topik bahasan pada pertemuan ketiga ini, silahkan rekan-rekan baca materi yang telah disajikan dalam bentuk pdf berikut ini:

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan yang sudah ditentukan menyiapkan makalah, PPT, dan artikel kelompok untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file makalah, PPT, dan artikel kelompok dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi dari ppt, makalah, dan artikel, serta mahasiswa lain dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut dan menanggapi artikel kelompok (memberikan masukan terkait kelebihan dan kekurang dari artikel tersebut). Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan dengan menyertakan nama dan npm.
- Kelompok penyaji merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pertemuan 12 hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa pelajari materi pada pertemuan selanjutnya. Pertemuan selanjutnya masing-masing kelompok memahami tentang penyelenggaraan pendidikan inklusif melalui eksplorasi bahan kajian, berdiskusi, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan membuat kesimpulan, serta berikan contoh nyata penyelenggaran pendidikan inklusi di sekolah dasar. Salam hangat dan tetap semangat dalam belajar.

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 13
Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat Pagi
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pendidikan Inklusi pada pertemuan 13. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga mampu memahami dengan baik pembahasan pada pertemuan ini. Adapaun rangakian kegiatan pada pertemuan 13 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
Mohon dipastikan peserta didik memahami setiap rangakian kegiatan pada pertemuan 13 yang telah ditampilkan dalam Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan seksama agar hasil akhir perkuliahan dapat menjadi maksimal.
Selamat mengikuti pertemuan 13 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Adapun tujuan pembelajaran pada pertemuan 13 ini adalah mahasiswa mampu memahami materi dan menentukan topik untuk pembuatan paper individu yang berhubungan dengan penyelenggaraan pendidikan inklusif melalui kegiatan mengeksplorasi bahan kajian, studi lapangan, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan menyimpulkan.

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang telah dipahami, serta berbagi sumber referensi yang relevan atupun memberikan pengetahuan/infromasi berdasarkan studi dilapangan, wawancara atau sejenisnya terkait penyelenggaraan pendidikan inklusi di sekolah dasar.
Diskusi dipimpin oleh ketua kelas. Silahkan setiap mahasiswa berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah dipelajari dan dijadikan sebagai bukti kehadiran.
Petunjuk diskusi:
- Diskusi dipimpin oleh ketua kelas.
- Selama kurang lebih 60 menit masing-masing kelompok mendiskusikan materi dan mencari sumber referensi yang sesuai ataupun hal-hal yang sedang trend dan banyak dibahas oleh para akademisi dan masyarakat terkait penyelenggaraan pendidikan inklusi di sekolah dasar.
- Ketika ketua kelas mempersilahkan berdiskusi, masing-masing kelompok diperbolehkan melakukan diskusi melalui WAG kelompok ataupun media lainnya dengan catatan setiap kegiatan yang dilakukan tersebut di dokumentasikan dan ditaruh sebagai lampirkan pada laporan hasil diskusi kelompok.
- Setelah waktu diskusi yang ditentukan habis, selama 40 menit dibagi waktunya untuk masing-masing perwakilan kelompok secara bergiliran menyampaikan pengetahuan/infromasi terkait penyelenggaraan pendidikan inklusi di sekolah dasar disertai dengan referensi yang dijadikan acuan (dapat berbentuk artikel berita/jurnal/laporan dsb yang relevan dengan materi yang dibahas).
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi mengunggah laporan hasil diskusi. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami laporan hasil diskusi dan dipersilahkan untuk bertanya serta menanggapi terkait materi yang disajikan tersebut. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan dengan menyertakan nama dan npm.
- Di akhir pertemuan, masing-masing kelompok mendapatkan tugas untuk mendiskusikan topik utama yang akan dijadikan paper individu yang berhubungan dengan penyelenggaran pendidikan inklusi dan hal-hal apa saja yang akan di bahas.
- Hasil diskusi tersebut di laporkan pada forum diskusi pertemuan 14 dan dipersilahkan untuk masing-masing mahasiswa mulai menyusun paper individu. Pengumpulan paper individu pada pertemuan 16.

Selamat berdiskusi, silahkan tanyakan dengan dosen pengampu mata kuliah pada forum ini jika ada hal-hal yang kurang jelas. Mohon maaf jika dalam kegiatan perkuliahan masih terdapat banyak kekurangan. Semoga ilmu yang kalian dapatkan bermanfaat dan berkah. Tetap semangat dan sehat selalu.
Demikian perkuliahan pertemuan hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Pada pertemuan selanjutnya masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusi tentang penentuan topik untuk pembuatan paper individu terkait penyelenggaraan pendidikan inklusif melalui eksplorasi bahan kajian, berdiskusi, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan membuat kesimpulan, serta berikan contoh nyata penyelenggaran pendidikan inklusi di sekolah dasar. Salam hangat dan tetap semangat dalam belajar.

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 14
Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat Pagi
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pendidikan Inklusi pada pertemuan 14. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga mampu memahami dengan baik pembahasan pada pertemuan ini. Adapaun rangakian kegiatan pada pertemuan 14 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
Mohon dipastikan peserta didik memahami setiap rangakian kegiatan pada pertemuan 14 yang telah ditampilkan dalam Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan seksama agar hasil akhir perkuliahan dapat menjadi maksimal.
Selamat mengikuti pertemuan 14 Mata Kuliah Pendidikan Inklusi dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Adapun tujuan pembelajaran pada pertemuan 14 ini adalah mahasiswa mampu memahami materi dan menentukan topik untuk pembuatan paper individu yang berhubungan dengan penyelenggaraan pendidikan inklusif melalui kegiatan mengeksplorasi bahan kajian, studi lapangan, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan menyimpulkan.

Tata cara pengumpulan tugas:
- Salah satu perwakilan kelompok mengupload hasil diskusi dalam bentuk pdf terkait topik utama yang dijadikan sebagai acuan dalam membuat paper individu, serta hal-hal apa saja yang akan di bahas dan lampirkan bukti kegiatan diskusi dalam laporan hasil diskusi tersebut.
- Sebelum mengupload tugas, sebutkan nama kelompok beserta tugas masing-masing individu dalam kelompok ketika melaksanakan diskusi.
- Sebagai catatan, paper individu tidak boleh sama persis hanya topik bahasannya saja yang sama. Untuk referensi yang dijadikan acuan dll boleh sama, namun bedakan gaya penulisan agar tidak sama persis.
- Tugas dikumpulkan sesuai dengan jam perkuliahan dan diberikan waktu pengumpulan selama 150 menit.
Jika ada kendala segera hubungi dosen ybs.Demikian perkuliahan pertemuan hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Pada pertemuan selanjutnya masing-masing individu dipersilahkan secara mandiri untuk membuat paper individu sesuai topik yang telah ditentukan yang berhubungan dengan penyelenggaraan pendidikan inklusif melalui eksplorasi bahan kajian, menganalisis, dan membuat kesimpulan, serta berikan contoh nyata penyelenggaran pendidikan inklusi di sekolah dasar. Salam hangat dan tetap semangat dalam belajar.

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

ISI ABSENSI BERIKUT SESUAI KONDISI ANDA

Tata cara pengumpulan tugas:
- Mahasiswa mengupload paper individu dalam bentuk pdf.
- Sebelum mengupload tugas, sebutkan nama dan NPM.
- Sebagai catatan, paper individu tidak boleh sama persis hanya topik bahasannya saja yang sama. Untuk referensi yang dijadikan acuan dll boleh sama, namun bedakan gaya penulisan agar tidak sama persis.
- Tugas dikumpulkan sesuai dengan jam perkuliahan dan diberikan waktu pengumpulan selama 150 menit.
- Kelas A: Senin, 19 Juli 2021, Pukul 13:00 s.d 15:30 WIB
- Kelas B: Rabu, 21 Juli 2021, Pukul 13:30 s.d 16:00 WIB
- Kelas C: Selasa 20 Juli 2021, Pukul 09:30 s.d 12:00 WIB
- Kelas D: Jumat 23 Juli 2021, Pukul 13:00 s.d 15:30 WIB
- Kelas E: Selasa 20 Juli 2021, Pukul 13:00 s.d 15:30 WIB
Jika ada kendala segera hubungi dosen ybs.
Tata cara pengumpulan tugas:
- Mahasiswa mengupload video maksimal 10 MB.
- Sebelum mengupload tugas, sebutkan nama dan NPM.
- Sebagai catatan, mahasiswa secara individu membuat Video pembelajaran durasi 5-7 menit. Tema bebas terkait dengan mata kuliah (pendidikan Inklusif)
- Urutan Video: Pengantar, Isi, Kesimpulan
- Tugas dikumpulkan sesuai dengan jam perkuliahan dan diberikan waktu pengumpulan selama 150 menit.
- Kelas A: Senin, 19 Juli 2021, Pukul 13:00 s.d 15:30 WIB
- Kelas B: Rabu, 21 Juli 2021, Pukul 13:30 s.d 16:00 WIB
- Kelas C: Selasa 20 Juli 2021, Pukul 09:30 s.d 12:00 WIB
- Kelas D: Jumat 23 Juli 2021, Pukul 13:00 s.d 15:30 WIB
- Kelas E: Selasa 20 Juli 2021, Pukul 13:00 s.d 15:30 WIB
Jika ada kendala segera hubungi dosen ybs.Terimakasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang sudah berpartisipasi aktif selama proses perkuliahan. Semoga hasil perkuliahan sesuai dengan harapan kalian dan berkah ilmunya. Kami selaku dosen pengampu mata kuliah menucapkan mohon maaf atas segala kekurangan maupun perbuatan dan perkataan yang menyingunggu kalian selama perkuliahan. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa segera bertemu secara langsung. Tetap semangat, sehat selalu, dan sukses untuk kita semua.

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
22 June - 28 June