General
KAMIS, 07:30 s.d 11:00 WIB
PROFIL MATA KULIAH
DATA DIRI DOSEN
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Selamat datang Rekan-Rekan Mahasiswa yang saya banggakan.
Dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam Lindungan Allah SWT. Aamiin…
Selamat datang di Mata Kuliah Microteaching Daring FKIP Universitas Lampung. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program strata satu (S1) Sarjana pada rumpun Ilmu Pendidikan, terutama terkait dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mata kuiah Microteaching ini memiliki beban SKS sebesar 3 SKS, dengan kode Matakuliah: KPD620109.
Adapun CURICULUM VITAE dosen pengampu mata kuliah ini adalah sebagai berikut:
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan semangat !!
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Fadhilah Khairani, S. Pd., M. Pd.
Siti Nuraini, M.Pd.
DAFTAR HADIR PERTEMUAN 1 - 16
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)
Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat Pagi
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Microteaching Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran.
Pertemuan hari ini akan diadakan UTS. Mohon dipastikan peserta didik telah memahami setiap rangakian kegiatan yang ditampilkan di vclass dengan seksama agar hasil akhir perkuliahan dapat menjadi maksimal.
Selamat mengikuti pertemuan hari ini dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Silahkan tulis nama dan npm dibawah ini
Petunjuk:
1. Silahlan kerjakan Soal dibawah ini dengin jawaban masing2
2. Jawaban diketik lalu format PDF submit di forum yang ter sedia disini.
3. Batas waktu hingga 16.00
Soal:
1. Menurut anda, mengapa calon guru harus mengikuti mata kuliah microteaching dan PPL? Kaitkan jawaban anda dengan kajian teori yang relevan.
2. Pasal 10 ayat (1) Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan bahwa Guru harus memiliki 4 kompetensi utama. Jelaskan masing-masing kompetensi tersebut dan kaitannya dengan pengajaran microteaching!
3. Apa yang anda pahami tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran? Jelaskan dan berikan contohnya dalam bentuk langkah-langkah pembelajaran!
4. Dalam keterampilan bertanya terdapat teknik prompting dan probing. Jelaskan apa yang dimaksud dari kedua teknik tersebut dan contoh penggunaannya dalam sebuah pembelajaran!
5. Jika anda menjadi seorang guru SD, keterampilan memberikan variasi seperti apa yang akan anda lakukan saat pembelajaran? Kaitkan jawaban anda berdasarkan tujuan pembelajaran yang anda buat melalui analisis capaian pembelajaran!