Weekly outline
General
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Selamat datang Rekan-Rekan Mahasiswa yang saya banggakan.
Dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam Lindungan Allah SWT. Aamiin…
Selamat datang di Mata Kuliah Konsep Dasar IPA Biologi Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program strata satu (S1) Sarjana pada rumpun Ilmu Pendidikan, program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mata kuiah Konsep Dasar IPA Biologi ini memiliki beban SKS sebesar 3 SKS, dengan kode Matakuliah: KPD620103.
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan semangat !!
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Drs. Supriyadi, M.Pd.
Amrina Izzatika, S. Pd., M. Pd.
DAFTAR HADIR
PERTEMUAN 1: KONTRAK KULIAH
Assalamu'alaikum wr.wb.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Konsep Dasar Biologi.
Mata kuliah ini dapat membantu mahasiswa dalam memahami tentang konsep dasar biologi serta dapat memberikan pemahaman menyeluruh pada mahasiswa tentang makhluk hidup dan lingkungannya.
Mata kuliah ini juga akan membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan dalam menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal yang cukup untuk menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, dan SBdP melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik.
Selamat mengikuti perkuliahan ini. Semoga memberikan manfaat bagi kita bersama.
Wassalamu'alaikum wr.wb.
Mata kuliah konsep dasar biologi dengan bobot 3 SKS, merupakan suatu mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. MaMata kuliah konsep dasar biologi dengan bobot 3 SKS, merupakan suatu mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mata kuliah ini, memberikan pemahaman perkembangan konsep dan teori biologi yang diperlukan untuk calon guru SD baik secara konseptual maupun praktek. Dengan pemaparan materi perkuliahan, mahasiswa diharapkan memperoleh pengalaman belajar dalam pengkajian konsep dasar biologi dan mampu mengajarkannya kepada siswa Sekolah Dasar secara baik dan benar. ta kuliah ini, memberikan pemahaman perkembangan konsep dan teori biologi yang diperlukan untuk calon guru SD baik secara konseptual maupun praktek. Dengan pemaparan materi perkuliahan, mahasiswa diharapkan memperoleh pengalaman belajar dalam pengkajian konsep dasar biologi dan mampu mengajarkannya kepada siswa Sekolah Dasar secara baik dan benar..
1. Menelaah konsep dasar biologi dari berbagai referensi
2. Mengaplikasikan konsep dasar biologi dalam kehidupan sehari-hari
3. Merumuskan permasalahan dasa tentang konsep dasar IPA yang ada di kehidupan sehari-hari
4. Menjelaskan mengenai fenomena alam dengan konsep dasar biologi dan cara menanganinya
5. Menyusun karya ilmiah tentang konsep dasar biologi dan mempresentasikannyaSeperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa mata kuliah ini akan dilaksanakan dalam 16 kali pertemuan selama 1 semester penuh. Peta pembelajaran dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Agar pelaksanaan perkuliahan Konsep Dasar Biologi ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, ada beberapa hal yang perlu diikuti oleh seluruh mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini, yaitu:
- Mahasiswa wajib memiliki smartphone dan kuota/jaringan internet agar dapat mengakses perkuliahan melalui virtual class yang telah disediakan.
- Mahasiswa wajib memiliki komputer/laptop untuk menjalankan beberapa program/aplikasi yang dibutuhkan dalam perkuliahan ini.
- Mahasiswa diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan oleh dosen untuk setiap pertemuan sebelum pertemuan perkuliahan tersebut dilaksanakan.
- Mahasiswa dianjurkan untuk secara aktif berpartisipasi dalam diskusi yang dilaksanakan di setiap pertemuan, karena hal ini merupakan salah satu aspek penilaian akhir.
- Mahasiswa wajib mengerjakan seluruh tugas yang diberikan oleh dosen, dan diharapkan aktif bertanya dalam setiap kegiatan pembelajaran jika ada hal-hal yang masih kurang dipahami dari materi yang disampaikan oleh dosen.
- Mahasiswa wajib mengikuti kuis yang akan diselenggarakan sebanyak dua (2) kali, yaitu pada akhir pertemuan/minggu ke-4 dan ke-12.
- Mahasiswa wajib mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) yang akan diselenggarakan pada pertemuan/minggu ke-8.
- Mahasiswa wajib mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) yang akan diselenggarakan pada akhir perkuliahan atau pertemuan/minggu ke-16.
Kriteria penilaian dalam mata kuliah ini adalah sebagai berikut:
No
Unsur Penilaian
Bobot Penilaian (%)
1
Partisipatif (Kehadiran & Keaktifan)
20
2
Projek (Tugas Individu)
35
3
Kuis
5
4
Tugas Kelompok
10 5
UTS
10
6
UAS
20
Penilaian akhir menggunakan rentang nilai sebagai berikut:
Rentang Nilai
Huruf Mutu
Angka Mutu
Status
> 76
A
4
Lulus
71 - < 76
B+
3,5
Lulus
66 - < 71
B
3
Lulus
61 - < 66
C+
2,5
Lulus
56 - < 61
C
2
Lulus
50 - < 56
D
1
Lulus
< 50
E
0
Tidak Lulus
Materi dari pertemuan 1 sampai dengan 16
- 1. Jumhana, N. (2006), Konsep Dasar Biologi, Bandung: UPI PRESS2. Hewitt, Paul G., et al. 2007. Conceptual integrated science. San Francisco:Pearson Education, Inc.3. Irianto,D,M, Yuliariatiningsih,S,M, Yanthi, N, Yunansah,H, (2011), Konsep Dasar IPA SD, Bandung; Cibiru Press4. Yuliariatiningsih, M.S , Hendri, E, Sujana, A, (2009). Konsep Dasar IPA, Bandung, UPI Press5. Campbell., Reece., Mitchell. 2008. Biologi Jilid I-III. Edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga.
PERTEMUAN 2: Sel sebagai Satuan Struktural dan Fungsional
- 1. Mahasiswa mampu memahami cara mempelajari sel2. Mahasiswa mampu memahami perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik3. Mahasiswa mampu memahami perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan4. Mahasiswa mampu memahami berbagai macam bentuk dan fungsi sel pada tumbuhan dan hewan.5. Mahasiswa mampu memahami perbedaan sambungan dan komunikasi antara sel6. Mahasiswa mampu memahami ukuran sel pada makhluk hidup7. Mahasiswa mampu memahami mempelajari fungsi permukaan sel8. Mahasiswa mampu memahami fungsi organel-organel sel9. Mahasiswa mampu membedakan macam mikroskop dan cara menggunakan mikroskop
Assalamu'alaikum wr.wb, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sekali lagi saya ucapkan selamat datang di kelas virtual mata kuliah Konsep Dasar Biologi. Semoga rekan-rekan mahasiswa semua dalam keadaan sehat dan penuh semangat untuk mengikuti perkuliahan ini.
Pada pertemuan perkuliahan kita yang pertama ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi tentang sel sebagai satuan struktural dan fungsional.
Apakah kalian semua sudah siap mengikuti perkuliahan ini? Jika sudah, mari kita belajar dan berdiskusi bersama-sama...
Pada pertemuan ini akan menggunakan googlemeet, silahkan rekan-rekan mahasiswa untuk mengklik pada bagian in
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sebagai langkah awal sebelum kita memulai, silahkan saksikan video singkat berikut yang berisi tentang fungsi sel tumbuhan dan hewan untuk sekolah menengah dan biologi SMA, termasuk organel seperti nukleus, nukleolus, DNA (kromosom), ribosom, mitokondria, dll Juga termasuk ATP molekul, cytoskeleton, sitoplasma, mikrotubulus, protein, kloroplas, klorofil, dinding sel, membran sel, silia, flagellae, dll
Setelah melihat video pendahuluan yang telah diberikan, diskusikan bersama-rekan-rekan beberapa hal berikut:
- Apa itu sel?
- Bagaimana struktur sel tumbuhan dan sel hewan?
- Apakah terdapat perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan?
- Bagimana fungsi masing-masing sel hewan dan sel tumbuhan?
Silahkan membaca kembali materi tentang sel sebagai satuan struktural dan fungsional untuk membantu menjawab pertanyaan yang diajukan
Setelah berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing, silahkan kemukakan jawaban dan pendapat Anda pada forum diskusi ini. Jika ada kelompok lain yang memiliki pendapat lain silahkan menanggapi
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, untuk materi pada topik kedua, saya memberikan tugas untuk
- Menggambar mikropskop beserta bagian-bagian nya serta menjelaskan fungsi dari masing-masing bagian
- Menggambar sel prokarotik dan sel eukariotik beserta bagian-bagiannya dan menjelaskan fungsi dari masing-masing bagian serta menganalisis perbedaan dar kedua sel
- Menggambar sel hewan dan sel tumbuhan beserta bagian-bagiannya dan menjelaskan fungsi dari masing-masing bagian serta menganalisis perbedaan dari kedua sel
Tugas ini boleh dikerjakan secara manual atau menggunakan aplikasi di komputer. Pengumpulan tugas maksimal Jumat, 16 September 2022 pukul 17.00 WIB. Ukuran file maksimum adalah 2 MB.- Demikian perkuliahan pada pertemuan kedua hari ini tentang sel sebagi satuan struktural dan fungsional, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik.

PERTEMUAN 3: Reproduksi dan Metabolisme Sel
- Mahasiswa mampu memahami peran nukleus, kromosom, dan DNA
- Mahasiswa mampu menjelaskan siklus sel
- Mahasiswa mampu memahami pengendalian siklus sel
- Mahasiswa mampu memahami proses reproduksi sel secara biner.
- Mahasiswa mampu memahami proses reproduksi sel secara mitosis
- Mahasiswa mampu menjelaskan proses reproduksi sel secara meiosis
- Mahasiswa mampu memahami proses fotosintesis
- Mahasiswa mampu menjelaskan respirasi glukosa
- Mahasiswa mampu menjelaskan sintesis protein
Assalamu'alaikum wr.wb, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, semoga dalam keadaan sehat dan penuh semangat untuk mengikuti perkuliahan ini.
Pada pertemuan kedua perkuliahan kali ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi tentang reproduksi dan metabolisme sel
Apakah kalian semua sudah siap mengikuti perkuliahan ini? Jika sudah, mari kita belajar dan berdiskusi bersama-sama...
Pada materi reproduksi dan metabolisme sel kita akan membahas tentang peran nukleus, kromosom dan DNA; Siklus sel; Pengendalian siklus sel; Pembelahan Biner; Mitosis; Meiosis; Fotosintesis; Respirasi glukosa; Sintesis protein.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, untuk materi pada topik kedua, saya memberikan tugas untuk membuat Mind Maps (peta konsep) tentang Reproduksi Sel dan Metabolisme Sel. Mind maps kegiatan belajar 1, memuat tentang peran nukleus, kromosom, dan DNA, Replikasi DNA, Siklus Sel, serta Tipe Reproduksi sel. Mind maps kegiatan belajar 2, tentang proses metabolisme sel yaitu katabolisme (ATP, Reaksi reduksi-oksidasi, respirasi dan anabolisme (Fotosintesis, Sintesis protein).Tugas ini boleh dikerjakan secara manual atau menggunakan aplikasi di komputer. Pengumpulan tugas maksimal besok pagi Jumat, 15 September 2023 pukul 17.00 WIB. Ukuran file maksimum adalah 2 MB.

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan.
- Kelompok merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pada pertemuan ketiga hari ini tentang reproduksi dan metabolisme sel, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah disajikan dan mengerjakan tes pada hari ini dengan baik.

PERTEMUAN 4: Keragaman Mahkluk Hidup Part 1
- Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar klasifikasi
- Mahasiswa mampu menjabarkan cara-cara klasifikasi dengan menggunakan kunci determinasi
- Mahasiswa mampu menjelaskan cara virus mengifeksi bakteri
- Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan pokok antara bakteri dan ganggang hijau biru
- Mahasiswa mampu menjelaskan bentuk sel bakteri
- Mahasiswa mampu membedakan penggolongan bakteri berdasarkan cara memperoleh makanan dan berdasarkan kebutuhan oksigen
- Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan jamur saprofit dengan parasit dalam kehidupan manusia
- Mahasiswa mampu menjelaskan peranan ganggang (Alga) bagi kehidupan manusia
- Mahasiswa mampu menjelaskan daur hidup tumbuhan lumut dan tumbuhan paku
Assalamu'alaikum wr.wb, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, semoga dalam keadaan sehat dan penuh semangat untuk mengikuti perkuliahan ini.
Pada pertemuan keempat perkuliahan kali ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi tentang keragaman makhluk hidup yang dibagi 2 pertemuan. Pertemuan minggu ini membahas tentang Kunci determinasi dan virus, monera, dan tumbuhan tingkat rendah.
Apakah kalian semua sudah siap mengikuti perkuliahan ini? Jika sudah, mari kita belajar dan berdiskusi bersama-sama..
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sebagai langkah awal sebelum kita memulai, silahkan saksikan video singkat berikut tentang kunci determinasi atau kunci dikotom adalah cara atau langkah untuk mengenali organisme dan mengelompokkannya pada takson makhluk hidup. Kunci dikotomis terdiri dari sederetan pernyataan yang terdiri dari dua baris untuk mengelompokkan atau menggolongkan makhluk hidup, dan berisi deskripsi dari ciri-ciri organisme yang disajikan dengan ciri yang berlawanan.
Setelah melihat video pengantar yang telah diberikan, silahkan membaca kembali materi tentang dasar-dasar klasifikasi, kunci determinasi, virus, bakteri dan tumbuhan tingkat rendah.
Pahami dengan baik kedua tugas yang diberikan di minggu ini. Petunjuk Tugas:
- Kerjakanlah secara individu
- Jawaban diketik rapi pada kertas ukuran A4, dengan spasi 1,5 disimpan dalam format PDF.
- Unggah soft copy tugas melalui website VClass, maksimal pada hari Jumat, 30 September 2022, pukul 17.00. Tks.
Ketentuan: Penilaian tugas memperhatikan: Kaidah ilmiah (kejujuran dan plagiarism) dan ketepatan, kecermatan, kelengkapan, substansi isi dan ketepatan pengumpulan tugas.

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan.
- Kelompok merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pada pertemuan keempat hari ini tentang klasifikasi makhluk hidup yang memuat tentang kunci determinasi, virus dan tumbuhan tingkat rendah. Semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah disajikan dan mengerjakan tugas dengan baik.

PERTEMUAN 5: Keragaman Makhluk Hidup Part 2
- Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan vegetatif dan generatif Angiospermae dan gymnospermae
- Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil
Assalamu'alaikum wr.wb, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, semoga dalam keadaan sehat dan penuh semangat untuk mengikuti perkuliahan ini.
Pada pertemuan kelima perkuliahan kali ini, kita akan melanjutkan materi minggu lalu tentang keragaman makhluk hidup. Pada minggu ini kita akan mempelajari tentang tumbuhan tingkat tinggi. Apakah kalian semua sudah siap mengikuti perkuliahan ini? Jika sudah, mari kita belajar dan berdiskusi bersama-sama..
Pada materi tentang tumbuhan tingkat tinggi kita akan mempelajari tentang perbedaan vegetatif dan generatif Angiospermae dan gymnospermae, perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil
Petunjuk Tugas
- Kerjakanlah secara individu
- Tugas dikumpulkan dalam bentuk laporan praktikum dan diketik rapi pada kertas ukuran A4, dengan spasi 1.5 disimpan dalam format PDF.
- Unggah soft copy tugas melalui website Vclass, maksimal pada hari Senin, 07 Oktober 2022, pukul 17.00 WIB. Tks.
Ketentuan: Penilaian tugas memperhatikan: Kaidah ilmiah (kejujuran dan plagiarism) dan ketepatan, kecermatan, kelengkapan, substansi isi dan ketepatan pengumpulan tugas.

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan.
- Kelompok merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pada minggu ini tentang tumbuhan tingkat tinggi yang memuat tentang Spermathophyta, Monokotil dan dikotil. Semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah disajikan dan mengerjakan tugas dengan baik.

PERTEMUAN 6: Hewan Invertebrata dan Vertebrata
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang jenis-jenis hewan invertebrata, ciri-cirinya serta mampu membandingkan dengan jenis makhluk hidup lain
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang jenis-jenis hewan vertebrata, ciri-cirinya serta mampu membandingkan dengan jenis makhluk hidup lain
Assalamu'alaikum wr.wb, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Semoga dalam keadaan sehat dan tetap semangat setelah libur akhir pekan yang panjang
Pada pertemuan keenam pada perkuliahan minggu ini, kita akan membahas tentang hewan invertebrata dan vertebrata. Apa arti kata IN sebelum kata vertebrata? Apa beda invertebrata dan vertebrata? Bagaimana menggolongkan hewan yang termasuk invertebrata dan vertebrata? Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan, mari kita pahami dan analisis bersama.
My fellow students who I am proud of, as a first step before we start, please watch the following short video about invertebrate and vertebrate. In this video, we are going to look at the animal kingdom in more detail. There are thought to be over 7.5 million species of animal on planet Earth, of which 900,000 have been described. A big question to ask is “Do they have a backbone?” If yes, they are a vertebrate. If no, they are an invertebrate.
Setelah melihat video pengantar yang telah diberikan, silahkan membaca kembali materi tentang jenis-jenis makhluk hidup yang beranekaragam, yang terbagi menjadi hewan bertulang belakang dan tidak bertulang belakang. Untuk lebih memahami materi ini, mari kita bersama-sama membaca materi yang sudah dibagikan.
After watching the video and reading the material that has been shared, please complete the sentence below, and completing the sentence, classify the vertebrate animals in the photo that has been presented:
Petunjuk Tugas
- Pahami tugas yang telah disampaikan, bangun rasa ingin tahu bagi masing-masing mahasiswa.
- Kerjakanlah secara individu
- Jawaban diketik rapi pada kertas ukuran A4, dengan spasi 1.5 disimpan dalam format PDF.
- Unggah soft copy tugas melalui website Vclass, maksimal pada hari Jumat, 14 Oktober 2022, pukul 17.00 wib. Tks.
Ketentuan: Penilaian tugas memperhatikan: Kaidah ilmiah (kejujuran dan plagiarism) dan ketepatan, kecermatan, kelengkapan, substansi isi dan ketepatan pengumpulan tugas.
Demikian perkuliahan pada minggu ini tentang hewan invertebrata dan vertebrata. Semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah disajikan dan mengerjakan tugas dengan baik.

PERTEMUAN 7: Berbagai Fungsi pada Tumbuhan (1)
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang struktur organ pada tumbuhan tinggi
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang reproduksi secara generatif dan vegetatif pada tumbuhan
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang transports dan perpindahan materi pada tumbuhan
Assalamu'alaikum wr.wb, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Semoga dalam keadaan sehat dan tetap semangat selama perkuliahan daring.
Pada pertemuan ketujuh pada perkuliahan minggu ini, kita akan membahas tentang berbagai fungsi pada tumbuhan. Materi yang akan dipelajari hari ini adalah materi lanjutan dari klasifikasi dari tumbuhan tingkat tinggi pada pertemuan keempat. Pertemuan minggu ini akan membahas tentang struktur organ, sistem reproduksi, transport dan perpindahan materi pada tumbuhan tingkat tinggi. Mari kita pahami dan analisis bersama materi-materi ini.
My fellow students who I am proud of, as a first step before we start, please watch the following short video about parts of a plant.
Plants come in all different shapes and sizes. But they all have several structural features in common. Plants belong to the same kingdom, can you remember what the other 4 kingdoms are? In this video you are going to learn about the structural features of plants. Now, think back to your last meal. You probably ate something that came from a plant. It could have been grains of rice which are from seeds, you may have eaten a carrot which is the root, chewed on celery which is the stem, pak choi which is leaves, or maybe enjoyed some kind of fruit.Setelah melihat video pengantar yang telah diberikan, silahkan membaca \ materi yang telah disajikan tentang berbagai fungsi pada tumbuhan yang meliputi struktur organ pada tumbuhan tingkat tinggi, reproduksi, transport dan perpindahan materi pada tumbuhan tingkat tinggi. Untuk lebih memahami materi ini, mari kita bersama-sama membaca materi yang sudah dibagikan.

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan.
- Kelompok merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pada minggu ini tentang berbagai fungsi pada tumbuhan. Semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah disajikan dan berdiskusi dengan baik. Jangan lupa untuk mempelajari topik 1 - 6 karena pertemuan selanjutnya akan diadakan UTS. Sehat selalu dan tetap semangat

PERTEMUAN 8: Ujian Tengah Semester
Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan semoga selalu sehat dan bahagia, pada hari ini kita akan melaksanakan Ujian Tengah Semester untuk mata kuliah Konsep Dasar Biologi. Oleh karena itu silakan kerjakan soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang jelas dan tepat.. Jenis soal adalah essay dan sifat ujiannya open book.
Waktu untuk mengerjakan sesuai jadwal perkuliahan.
Sebagai catatan, semakin cepat mahasiswa submit tugas, maka akan diberikan bobot penilaian semakin tinggi. Selain itu jika ada mahaasiswa yang terindikasi menjawab dengan kalimat yang sama persis dengan mahasiswa lainnya, maka semua mahasiswa tersebut dinyatakan TIDAK LULUS mata Konsep Dasar Biologi dan wajib mengulang tahun depan.
Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan selamat mengerjakan!
PERTEMUAN 9: Berbagai Fungsi pada Tumbuhan II
- Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis berbagai fungsi tumbuhan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
- Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis proses fotosintesis pada tumbuhan.
Assalamu'alaikum wr.wb, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Semoga dalam keadaan sehat dan tetap semangat selama perkuliahan daring.
Pada pertemuan sembilan perkuliahan minggu ini, kita akan membahas tentang berbagai fungsi pada tumbuhan. Materi yang akan dipelajari hari ini adalah tentang Assalamu'alaikum wr.wb, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Semoga dalam keadaan sehat dan tetap semangat selama perkuliahan daring.
Pada pertemuan sembilan perkuliahan minggu ini, kita akan membahas tentang berbagai fungsi pada tumbuhan. Materi yang akan dipelajari hari ini adalah tentang membekali wawasan berpikir anda untuk mengenal tumbuhan secara fisiologis yang berkaitan dengan proses yang terjadi pada pertumbuhan dan perkembangan, juga proses fotosintesa (anabolisma) pada tumbuhan. Mari kita pahami dan analisis bersama materi-materi ini.
Silahkan membaca \ materi yang telah disajikan tentang berbagai fungsi pada tumbuhan II yang meliputi materi tentang pertumbuhan dan perkembangan, memberikan pemahaman tentang germinasi, perkembangan biji, pertumbuhan primer, dan pertumbuhan sekunder. Semuanya berkisar pada tumbuhan sekaligus pula di dalamnya memberikan pemahaman bahwa pertumbuhan dan perkembangan tanaman berbeda dengan hewan, terkadang pada tumbuhan prosesnya akan berlangsung sepanjang hidupnya.
Proses fotosintesis akan membahas tentang pigmen fotosintesa, reaksi gelap dan reaksi terang. Secara umum materi pokok bahasan fotosintesa masih merupakan rangkaian materi yang berkaitan dengan metabolisma sel di dalam tubuh tanaman, khususnya dalam pembahasan anabolisma (sintesis).
Untuk lebih memahami materi ini, mari kita bersama-sama membaca materi yang sudah dibagikan.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, untuk materi pada topik kedua, saya memberikan tugas untuk membuat Mind Maps (peta konsep) tentang berbagai fungsi pada tumbuhan (II). Mind maps kegiatan belajar 1, pertumbuhan dan perkembangan, memberikan pemahaman tentang germinasi perkembangan biji, pertumbuhan primer, dan pertumbuhan sekunder. Semuanya berkisar pada tumbuhan sekaligus pula di dalamnya memberikan pemahaman bahwa pertumbuhan dan perkembangan tanaman berbeda dengan hewan, terkadang pada tumbuhan prosesnya akan berlangsung sepanjang hidupnya. Mind maps kegiatan belajar 2, tentang fotosintesis, membahas tentang pigmen fotosintesis, reaksi gelap dan reaksi terang. Secara umum materi pokok bahasan fotosintesis masih merupakan rangkaian materi yang berkaitan dengan metabolisma sel di dalam tubuh tanaman, khususnya dalam pembahasan anabolisma (sintesis).
Tugas ini boleh dikerjakan secara manual atau menggunakan aplikasi di komputer. Pengumpulan tugas maksimal tgl 04 November 2022 pukul 17.00 WIB. Ukuran file maksimum adalah 2 MB.
- Kerjakanlah percobaan secara individu
- Laporan diketik rapi pada kertas ukuran A4, dengan spasi 1,5, sertakan gambar atau foto sebagai bukti percobaan, dan simpan file dalam format PDF.
- Unggah di dalam googledrive dan sertakan link saat pengumpulan laporan melalui website Vclass, maksimal pada hari Jumat, 04 November 2022, pukul 17.00 wib. Tks

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan.
- Kelompok merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pada pertemuan keempat hari ini tentang klasifikasi makhluk hidup yang memuat tentang berbagai fungsi pada tumbuhan (lanjutan). Semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah disajikan dan mengerjakan tugas dengan baik.

PERTEMUAN 10: Berbagai Fungsi pada Hewan
- Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pencernaan
- Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi enzim dan hormon yang terlibat dalam sistem pencernaan
- Mahasiswa mampu menjelaskan proses penguraian makanan secara mekanis dan kimiawi, serta proses penyerapan makanan dalam sistem pencernaan
- Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi sistem pernapasan
- Mahasiswa mampu menjelaskan proses pertukaran gas dalam sistem pernapasan
- Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi sistem sirkulasi (peredaran darah)
- Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi darah
- Mahasiswa mampu menjelaskan proses pembekuan darah
- Mahasiswa mampu menjelaskan cara penggolongan darah
- Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi sistem homeostasis
- Mahasiswa mampu menjelaskan proses pengaturan ekskresi oleh hormon.
- Mahasiswa mampu memiliki keterampilan dalam merawat kesehatan sistem pencernaan,sistem pernapasan., sistem sirkulasi, dan sistem homeostasis
Assalamu'alaikum wr.wb, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, semoga dalam keadaan sehat dan penuh semangat untuk mengikuti perkuliahan ini. Pada pertemuan minggu ini kita akan membahas tentang berbagai fungsi pada hewan. Materi yang akan di bahas tentang sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem sirkulasi dan sistem ekskresi, serta bagaimana cara untuk memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan fisiologi hewan dengan harapan anda mampu menerapkannya dalam pembelajaran di SD
Silahkan membaca \ materi yang telah disajikan tentang berbagai fungsi pada tumbuhan II yang meliputi materi tentang memahamai konsep-konsep yang berkaitan dengan fisiologi hewan dengan harapan anda mampu menerapkannya dalam pembelajaran di SD. Pertemuan ini dibagi 4 materi sebaga berikut:
- Sistem Pencernaan
- Sistem pernapasan
- Sistem Sirkulasi
- Sistem Homeostatis
Untuk lebih memahami materi ini, mari kita bersama-sama membaca dan materi yang sudah dibagikan.
Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan.
- Kelompok merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pada minggu ini tentang berbagai fungsi pada tumbuhan. Semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah disajikan dan berdiskusi dengan baik

PERTEMUAN 11: Berbagai Fungsi pada Hewan II
- Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi sistem reproduksi
- Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi hormon yang terlibat dalam sistem reproduksi
- Mahasiswa mampu menjelaskan spermatogenesis dan oogenesis
- Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi sistem koordinasi (saraf dan hormon)
- Mahasiswa mampu menjelaskan mekanisme kerja sistem saraf
- Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi alat indera (kulit, mata, telinga, hidung, lidah)
- Mahasiswa mampu menjelaskan mekanisme kerja sistem hormon
- Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi alat gerak (tulang dan otot).
- Mahasiswa mampu memiliki keterampilan dalam merawat kesehatan sistem reproduksi, sistem saraf, sistem endokrin, alat indera, dan alat gerak
Assalamu'alaikum wr.wb, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Semoga dalam keadaan sehat dan tetap semangat selama perkuliahan daring. Pada pertemuan minggu ini, kita akan membahas tentang berbagai fungsi pada hewan lanjutan dari minggu yang lalu. Minggu ini kita akan membahas tentang sistem reproduksi, sistem saraf dan alat indera, sistem endokrin/ hormon, alat gerak (otot dan rangka. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan menjelaskan konsep-konsep yang berkaitan dengan sistem reproduksi, sistem saraf dan alat indera, sistem endokrin/ hormon, alat gerak (otot dan rangka). Mari kita pahami dan analisis bersama materi-materi ini.
- Silahkan membaca \ materi yang telah disajikan tentang berbagai fungsi pada tumbuhan II yang meliputi .
- Sistem Reproduksi
- Sistem Saraf dan Alat Indera
- Sistem Endokrin (hormon)
- Alat gerak (Otot dan kerangka)
Untuk lebih memahami materi ini, mari kita bersama-sama membaca materi yang sudah dibagikan. - Kerjakanlah percobaan secara individu
- Laporan diketik rapi pada kertas ukuran A4, dengan spasi 1,5, sertakan gambar atau foto sebagai bukti percobaan, dan simpan file dalam format PDF.
- Unggah di dalam googledrive dan sertakan link saat pengumpulan laporan melalui website Vclass, maksimal pada hari Jumat, 18 November 2022, pukul 17.00. Tks

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan.
- Kelompok merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pada minggu ini tentang berbagai fungsi pada tumbuhan. Semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah disajikan dan berdiskusi dengan baik.

PERTEMUAN 12: Makhluk Hidup dan Lingkungan
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang makhluk hidup dan lingkungan yang terdiri dari mikroorganisme, hewan dan tumbuhan
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang hutan hujan tropis, hutan tropis, savana, padang rumput, taiga, tundra
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang membahas tentang bioma air tawar, bioma air, bioma air laut
Assalamu'alaikum wr.wb, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Semoga dalam keadaan sehat dan tetap semangat selama perkuliahan daring. Pada pertemuan perkuliahan minggu ini, kita akan membahas tentang makhluk hidup dan lingkungannya. Materi yang akan dipelajari hari ini adalah tentang komponen dalam lingkungan membahas tentang makhluk hidup yang terdiri dari mikroorganisma, hewan dan tumbuhan., Pada kegiatan 2 bioma darat (terestrial) membahas tentang hutan hujan tropis, hutan tropis, savana, padang rumput, taiga, tundra. Kegiatan 3, Bioma air (aquatik) membahas tentang bioma air tawar yang terdiri dari lentik, (ekosistem air tenang contohnya danau, kolam) dan lotik (ekosistem air mengalir contohnya : sungai, parit, air terjun), bioma air dibagi menjadi 3 zona : litoral, limnetik, dan propundal. Bioma air laut yang terdiri dari pantai, zona intertidal, pelagik (laut terbuka), benthik (laut dalam). Mari kita pahami dan analisis bersama materi-materi ini.
Silahkan membaca \ materi yang telah disajikan tentang makhluk hidup dan lingkungannya yang meliputi tiga pokok bahasan, yakni komponen dalam lingkungan, bioma darat, dan bioma air. Materi ini berguna membekali wawasan berpikir Anda untuk mengenal berbagai makhluk hidup dan lingkungannya. Untuk lebih memahami materi ini, mari kita bersama-sama membaca materi yang sudah dibagikan.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, untuk materi pada topik kedua, saya memberikan tugas untuk membuat Mind Maps (peta konsep) tentang berbagai fungsi pada tumbuhan (II). Mind maps kegiatan belajar 1 tentang komponen dalam lingkungan membahas tentang makhluk hidup yang terdiri dari mikroorganisma, hewan dan tumbuhan. Kegiatan belajar 2, bioma darat membahas tentang hutan hujan tropis, hutan tropis, savana, padang rumput, taiga, tundra. Kegiatan belajar 3, Bioma air (aquatik) membahas tentang bioma air tawar yang terdiri dari lentik, (ekosistem air tenang contohnya danau, kolam) dan lotik (ekosistem air mengalir contohnya : sungai, parit, air terjun), bioma air dibagi menjadi 3 zona : litoral, limnetik, dan propundal. Bioma air laut yang terdiri dari pantai, zona intertidal, pelagik (laut terbuka), benthik (laut dalam).
Tugas ini boleh dikerjakan secara manual atau menggunakan aplikasi di komputer. Pengumpulan tugas maksimal tgl 25 November 2022 pukul 17.00 WIB. Ukuran file maksimum adalah 2 MB.

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan.
- Kelompok merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pada minggu ini tentang mkhluk hidup dan lingkungannya. Semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah disajikan dan mengerjakan tugas dengan baik.

PERTEMUAN 13: Makhluk Hidup dan Lingkungan II
- Mahasiswa mampu menjelaskan organisasi makhluk hidup mulai dari individu, populasi, komunitas,
- dan ekosistem.
- Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring - jaring makanan.
- Mahasiswa mampu menjelaskan piramida ekologi.
- Mahasiswa mampu menjelaskan komponen penyusun ekosistem.
- Mahasiswa mampu menjelaskan siklus materi
Assalamu'alaikum wr.wb, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Semoga dalam keadaan sehat dan tetap semangat selama perkuliahan daring. Pada pertemuan tigabelas pada perkuliahan minggu ini, kita akan membahas tentang makhluk hidup dan lingkungan (lanjutan). Materi yang akan dipelajari hari ini adalah materi lanjutan dari pertemuan minggu lalu. Pertemuan minggu ini akan membahas tentang ekologi dan saling ketergantungan antara makhluk hidup (aksi interaksi). Mari kita pahami dan analisis bersama materi-materi ini.
Silahkan membaca \ materi yang telah disajikan tentang berbagai fungsi pada tumbuhan II yang meliputi ekosistem senantiasa terjadi berbagai dinamika kehidupan seperti rantai makanan, jaring - jaring makanan, pembentukan biomassa, piramida makanan, siklus materi, aliran energi dan lain - lain. Dalam mengembangkan kesimpulan rantai makanan yaitu dengan adanya produsen, konsumen dan dekomposer maka dapat digunakan untuk membahas aliran energi dalam ekologi. Pada rantai makanan masing - masing kelompok organisme yang mempunyai jarak transfer makanan dari sumber energi akan menempati suatu tingkatan trofik tertentu. Pada umumnya produsen akan mempunyai tingkat trofik yang paling rendah.
Untuk lebih memahami materi ini, mari kita bersama-sama membaca materi yang sudah dibagikan
Setiap makhluk hidup memiliki kebutuhan dalah proses kehidupan, ada kebutuhan yang sama antarorganisme. Apabila kebutuhan dalam jumlah terbatas, maka untuk memperolehnya makhluk hidup harus berkompetisi.
Beberapa minggu yang lalu, rekan-rekan melakukan pengamatan terhadap tanaman kacang hijau dalam wadah bekas air mineral atau di dalam pot. Pengamatan yang lalu mengamati tentang pertumbuhan kecambah, tetapi tidak melihat berapa banyak kecambah yang ditanam dan kecambah yang hidup. Pada tugas minggu ini, rekan-rekan diminta untuk melihat dari hasil pengamatan yang lalu tentang kecambah tanaman yang berada di luar ruangan adakah yang mengalami pertumbuhan tertinggi? Dan adakah yang mengalami pertumbuhan terendah? Jika ada tanaman tertinggi dan terendah, maka coba jawab pertanyaan ini sesuai dengan hasil pengamatan yang saudara lalukan:
- Apakah tanaman-tanaman ini berkompetisi?
- Apa efek kompetisi pada pertumbuhan masing-masing kecambah?
- Makin banyak tumbuhan yang tumbuh dalam ruangan tertentu, makin besar kompetisinya. Bagaimana konsep ini diterapkan dalam pertanian?
- Temukan di lapangan pohon-pohon yang tumbuh berdesakan. Buatlah skesa dari salah satu pohonnya. Kemudian buatlah sketsa dari jenis pohon yang sama yang tumbuh di tempat terbuka. Bandingkan kedua gambar itu. (Selain gambar dapat juga dibuat foto pohon-pohon bersangkutan).
Petunjuk Tugas:
- Kerjakanlah percobaan secara individu
- Laporan diketik rapi pada kertas ukuran A4, dengan spasi 1,5, sertakan gambar atau foto sebagai bukti percobaan, dan simpan file dalam format PDF.
- Unggah di dalam googledrive dan sertakan link saat pengumpulan laporan melalui website Vclass, maksimal pada hari Jumat, 2 Desember 2022.

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan.
- Kelompok merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pada minggu ini tentang makhluk hidup dan lingkungan (lanjutan). Semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah disajikan dan berdiskusi dengan baik.
PERTEMUAN 14: Kependudukan
- Mahasiswa mampu menjelaskan sumber data penduduk
- Mahasiswa mampu menjelaskan sensus penduduk di Indonesia
- Mahasiswa mampu menjelaskan komponen dinamika penduduk
- Mahasiswa mampu menjelaskan penyebaran penduduk
- Mahasiswa mampu menjelaskan kualitas penduduk
- Mahasiswa mampu menjelaskan masalah penduduk
- Mahasiswa mampu menjelaskan kegiatan usaha Keluarga Berencana
Assalamu'alaikum wr.wb, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Semoga dalam keadaan sehat dan tetap semangat selama perkuliahan daring. Pada pertemuan minggu ini, kita akan membahas tentang kependudukan. Materi yang akan dipelajari hari ini adalah bagaimana menerapkan konsep-konsep kependudukan dan masalah penduduk Indonesia dalam pembelajaran di SD. Pertemuan minggu ini akan membahas tentang sumber data penduduk, sensus penduduk di Indonesia, komponen dinamika penduduk, penyebaran penduduk, kualitas penduduk, masalah penduduk, usaha Keluarga Berencana Mari kita pahami dan analisis bersama materi-materi ini
Silahkan membaca materi yang telah disajikan tentang konsep-konsep kependudukan dan masalah penduduk Indonesia dalam pembelajaran di SD. Untuk lebih memahami materi ini, mari kita bersama-sama membaca materi yang sudah dibagikan.
Petunjuk Tugas
- Kerjakanlah percobaan secara individu
- Laporan diketik rapi pada kertas ukuran A4, dengan spasi 1,5, sertakan gambar atau foto sebagai bukti percobaan, dan simpan file dalam format PDF.
- Unggah di dalam googledrive dan sertakan link saat pengumpulan laporan melalui website Vclass, maksimal pada hari Jumat, 9 Desember 2022.

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan.
- Kelompok merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pada minggu ini tentang berbagai fungsi pada tumbuhan. Semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah disajikan dan berdiskusi dengan baik
PERTEMUAN 15: Pemeliharaan Kesehatan
- Mahasiswa mampu menjelaskan komposisi makanan yang mengandung gizi
- Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi makanan untuk berbagai proses dalam tubuh
- Mahasiswa mampu menjelaskan cara mencegah penyakit akibat kekurangan dan kelebihan gizi
- Mahasiswa mampu menjelaskan cara memilih sumber makanan sehat dan tidak sehat
- Mahasiswa mampu menjelaskan cara pemeliharaan kesehatan pribadi dan lingkungan
- Mahasiswa mampu menjelaskan cara menjaga keselamatan dan mencegah kecelakaan pada anak
- Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam obat berbahaya dan cara menghindarinya.
- Mahasiswa mampu menerapkan pola hidup sehat berdasarkan makanan yang dikonsumsi dan cara hidup dengan lingkungan yang sehat
Assalamu'alaikum wr.wb, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Semoga dalam keadaan sehat dan tetap semangat selama perkuliahan daring.
Pada pertemuan perkuliahan minggu ini, kita akan membahas tentang pemeliharaan kesehatan. Materi yang akan dipelajari hari ini adalah konsep-konsep yang berkaitan dengan makanan dan gizi, cara pemeliharaan kesehatan pribadi dan lingkungan, keamanan dan keselamatan anak. Pertemuan minggu ini akan membahas tentang makanan dan gizi, pemeliharaan kesehatan pribadi dan Lingkungan, keamanan dan keselamatan anak. Mari kita pahami dan analisis bersama materi-materi ini.
Silahkan membaca \ materi yang telah disajikan tentang berbagai pemeliharaan kesehatan yang meliputi makanan dan gizi, pemeliharaan kesehatan pribadi dan Lingkungan, dan keamanan dan keselamatan anak. Untuk lebih memahami materi ini, mari kita bersama-sama membaca materi yang sudah dibagikan
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, telah sampailah kita pada pertemuan terakhir sebelum pelaksanaan UAS. Pada hari ini silahkan rekan-rekan pelajari materi yang disampaikan, lalu catat hal-hal yang menurut kalian penting dan perlu pemahaman lebih.

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.
Petunjuk diskusi kelompok:
- Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
- Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya, terkait materi tersebut. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan.
- Kelompok merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

Demikian perkuliahan pada minggu ini tentang pemeliharaan kesehatan. Semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah disajikan. Jangan lupa untuk mempelajari topik 7 - 15 karena pertemuan selanjutnya akan diadakan UAS. Sehat selalu dan tetap semangat.
PERTEMUAN 16: UJIAN AKHIR SEMESTER
Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan semoga selalu sehat dan bahagia, pada hari ini kita akan melaksanakan Ujian Akhir Semester untuk mata kuliah Konsep Dasar Biologi. Oleh karena itu silakan kerjakan soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang jelas dan tepat. Soal berbetuk pilihan jamak dengan jumah soal 25 butir. Waktu yang digunakan dalam pelaksanaan ujian dibatasi 100 menit, untuk menghindari kecurangan dengan melihat dari buku, google atau sumber lain. Catatan: Tidak ada pengulangan ujian.
Terima kasih