Ringkasan Mingguan

  • Umum

  • Sesi 1. BAB 1. MEMAHAMI KOMUNIKASI BISNIS & BAB 2. KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI

    Memahami komunikasi BisnisSetelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Mengerti dan memahami pengertian komunikasi bisnis
    2. Mengerti dan memahami bentuk dasar komunikasi bisnis
    3. Mengerti dan memahami proses komunikasi
    4. Mengerti dan memahami munculnya kesalahpahaman komunikasi
    5. Mengerti dan memahami bagaimana memperbaiki komunikasi
  • Sesi 2. - BAB 3. Komunikasi Dalam Organisasi & BAB 4. Komunikasi Bisnis Lintas Budaya

    BAB 3. KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

    Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Mengerti dan memahami hubungan komunikasi
    2. Mengerti dan memahami pola komunikasi
    3. Mengerti dan memahami cara mengelola komunikasi
    4. Mengerti dan memahami cara meningkatkan keterampilan komunikasi
    5. Mengerti dan memahami pengertian komunikasi lintas budaya
    6. Mengerti dan memahami pentingnya komunikasi bisnis lintas budaya
    7. Mengerti dan memahami budaya dan perbedaannya
    8. Mengerti dan memahami komunikasi dengan orang berbudaya asing
  • Sesi 3. - BAB 5 Perencanaan Pesan-Pesan Bisnis & BAB 6. Pengorganisasian Pesan-Pesan Bisnis

    TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 5. 

    • Mengerti dan memahami proses komposisi
    • Mengerti dan memahami penentuan tujuan
    • Mengerti dan memahami analisis audiens
    • Mengerti dan memahami penentuan ide pokok

    TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 6.

    Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

    1.Mengerti dan memahami kemampuan merevisi

    2.Mengerti dan memahami pemilihan kata yang tepat

    3.Mengerti dan memahami membuat kalimat efektif

    4. Mengerti dan memahami strategi penulisan permintaan pesan-pesan rutin dan pesan-pesan positif

    5.Mengerti dan memahami pesan-pesan good news dan goodwill

    6. Mengerti dan memahami dalam menangani permintaan kredit rutin

    7. Mengerti dan memahami surat rekomendasi dan pemberitahuanSesi 3

  • Sesi 4. BAB 7. Revisi Pesan-Pesan Bisnis & BAB 8. Penulisan Permintaan Pesan-Pesan Rutin dan Positif

    SESI 4

    TUJUAN PEMBELAJARAN:

    BAB 7. Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat:

    1.Mengerti dan memahami kemampuan merevisi

    2.Mengerti dan memahami pemilihan kata yang tepat

    3.Mengerti dan memahami membuat kalimat efektif

    4. Mengerti dan memahami strategi penulisan permintaan pesan-pesan rutin dan pesan-pesan positif

    BAB 8. Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

    1. .Mengerti dan memahami kemampuan merevisi

    2.Mengerti dan memahami pemilihan kata yang tepat

    3.Mengerti dan memahami membuat kalimat efektif

    4. Mengerti dan memahami strategi penulisan permintaan pesan-pesan rutin dan pesan-pesan positif.

    5.Mengerti dan memahami pesan-pesan good news dan goodwill

    6. Mengerti dan memahami dalam menangani permintaan kredit rutin

    7. Mengerti dan memahami surat rekomendasi dan pemberitahuan

    8. Mengerti dan memahami penulisan pesan-pesan penjualan dan permohonan bantuan dana

  • SESI 5. - BAB 9. Penulisan Bad News & BAB 10. Penulisan Pesan-Pesan Persuasif

    SESI 5

    Setelah mengikuti perkuliahan BAB 9, mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Mengerti dan memahami pengertian bad news
    2. Mengerti dan memahami pengorganisasian penulisan bad news
    3. Mengerti dan memahami jawaban atas bad news
    4. Mengerti dan memahami bad news tentang pelanggan
    5. Mengerti dan memahami bad news tentang perkerjaan

    Setelah mengikuti perkuliahan BAB 10, mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Mengerti dan memahami perencaan  pesan-pesan persuasive
    2. Mengerti dan memahami dalam mengembangkan pesan-pesan persuasif
    3. Mengerti dan memahami dalam menulis permintaan persuasi.
    4. Mengerti dan memahami penulisan pesan-pesan penjualan dan permohonan bantuan dana
    5. Mengerti dan memahami pengorganisasian direct request
    6. Mengerti dan memahami permintaan informasi rutin
    7. Mengerti dan memahami menulis direct request untuk pengaduan
    8. Mengerti dan memahami surat undangan, pesanan, dan reservasi
  • SESI 6. MID SEMESTER

    SESI 6. MID SEMESTER

  • SESI 7. BAB 11. Penulisan Direct Request & BAB 12. Dasar-Dasar Korespondensi Bisnis

    Sesi 7

    Tujuan Pembelajaran

    1. Mengerti dan memahami perencaan  pesan-pesan persuasive
    2. Mengerti dan memahami dalam mengembangkan pesan-pesan persuasif
    3. Mengerti dan memahami dalam menulis permintaan persuasi.
    4. Mengerti dan memahami penulisan pesan-pesan penjualan dan permohonan bantuan dana
    5. Mengerti dan memahami pengorganisasian direct request
    6. Mengerti dan memahami permintaan informasi rutin
    7. Mengerti dan memahami menulis direct request untuk pengaduan
    8. Mengerti dan memahami surat undangan, pesanan, dan reservasi
  • SESI 8. BAB 13. Penulisan Surat Lamaran Kerja & BAB 14. Penulisan Resume

    SESI 7

    SASARAN PEMBELAJARAN:

    mahasiswa dapat..

    1. Mengerti dan memahami pengertian surat dan surat bisnis
    2. Mengerti dan memahami fungsi surat bisnis
    3. Mengerti dan memahami pengelompokan surat
    4. Mengerti dan memahami bagian surat dan bentuk surat
    5. Mengerti dan memahami 
    6. Mengerti dan memahami surat lamaran kerja
    7. Mengerti dan memahami pendekatan AIDA
    8. Mengerti dan memahami pengorganisasian surat lamaran kerja
    9. Tips untuk melamar kerja
  • SESI 9. BAB 15. Wawancara Kerja & BAB 16. Presentasi Bisnis

    SESI 9

    TUJUAN PEMBELAJARAN:

    Agar mahasiswa memehami..

    1. Tips untuk melamar kerja
    2. Mengerti dan memahami persiapan menulis resume
    3. Mengerti dan memahami rencana pengorganisasian
    4. Mengerti dan memahami masalah dalam membuat resume
    5. Mengerti dan memahami arti penting wawancara kerja
    6. Mengerti dan memahami persiapan wawancara kerja
    7. Mengerti dan memahami cara mengenali pekerjaan dan perusahaan
    8. Mengerti dan memahami pertanyaan penting dalam wawancara kerja
    9. Mengerti dan memahami surat penerimaan pegawai dan surat penerimaan kerja
    10. Mengerti dan memahami surat penolakan kerja
  • SESI 10. BAB 17 Negosiasi & BAB 18. Rapat Bisnis

    SESI 10

    TUJUAN PEMBELAJARAN:

    BAB 17. mahasiswa dapat ..

    1. Mengerti dan memahami pengertian negoisasi
    2. Mengerti dan memahami proses bernegoisasi
    3. Mengerti dan memahami keterampilan bernegoisasi
    4. Mengerti dan memahami tipe negosiator

    BAB 18. mahasiswa dapat..

    1. Mengerti dan memahami pengertian rapat bisnis
    2. Mengerti dan memahami perbedaan rapat bisnis dengan rapat non-bisnis
    3. Mengerti dan memahami tujuan rapat, jenis-jenis rapat, perencanaan rapat bisnis, pelaksanaan rapat bisnis, dan tindak lanjut rapat bisnis
  • SESI 11. Chapter 11: Reporting in the Digital Age Workplace

  • SESI 12. - BAB 19. Penulisan Laporan Bisnis & BAB 20. Penulisan Laporan Singkat

    SESI 12

    TUJUAN PEMBELAJARAN:

    BAB 19. mahasiswa dapat..

    1. Mengerti dan memahami arti dan penggolongan laporan bisnis
    2. Mengerti dan memahami persiapan laporan bisnis
    3. Mengerti dan memahami bagian pokok laporan bisnis

    BAB 20. mahasiswa dapat..

    1. Mengerti dan memahami karakteristik laporan singkat
    2. Mengerti dan memahami perencanaan dan pengorganisasian laporan singkat
  • SESI 13. BAB 21. Penulisan Laporan Formal & BAB 22. Komputer Personal dan Komunikasi Bisnis

    SESI 13

    TUJUAN PEMBELAJARAN:
    mahasiswa dapat..

    1. Mengerti dan memahami cara mendefinisikan masalah
    2. Mengerti dan memahami membuat kerangka untuk analisis
    3. Mengerti dan memahami cara menyusun rencana kerja
    4. Mengerti dan memahami cara menganalisis data
  • SESI 14. - BAB 23. Teknologi Penyimpanan Data Elektronik Dalam Komunikasi Binis & BAB 24. Konsep Dasar Internet

    SESI 14

    TUJUAN PEMBELAJARAN:

    Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Mengerti dan memahami teknologi informasi dan media penyimpanan  data elektronik
    2. Mengerti dan memahami pengertian beberapa media penyimpanan data elektronik
    3. Mengerti dan memahami manfaat media penyimpanan data elektronik
    4. Mengerti dan memahami hardware media penyimpanan data elektronik
    5. Mengerti dan memahami software media penyimpanan data elektronik
    6. Mengerti dan memahami aplikas CD-ROOM dalam bisnis
    7. Mengerti dan memahami CD-ROOM based training program
    8. Mengerti dan memahami sejarah singkat internet
    9. Mengerti dan memahami pengertian internet
    10. Mengerti dan memahami fasilitas dalam internet
    11. Mengerti dan memahami Search Engine
    12. Mengerti dan memahami VoIP
    13. Mengerti dan memahami manfaat dan kekhawatiran atas kehadiran internet
    14. Tantangan teknologi internet dimasa depan
    15. Mengerti dan memahami jenis-jenis situs dunia
    • SESI 15. BAB 25 Surat Elektronik dan Media Sosial

      SESI 15

      TUJUAN PEMBELAJARAN:

      Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

      1. Mengerti dan memahami pengertian surat elektronik
      2. Mengerti dan memahami cara memperoleh E-mail gratis
      3. Mengerti dan memahami cara mengirim dan menjawab E-mail
      4. Mengerti dan memahami etika ber E-mail
      5. Mengerti dan memahami komponen E-mail
      6. Mengerti dan memahami fungsi E-mail
      7. Situs jejaring sosial dan pemanfaatannya
      • SESI 16. UJIAN AKHIR SEMESTER / UAS

        SESI 16. UJIAN AKHIR SEMESTER / UAS