Ringkasan Mingguan
Umum
Bismillahirohmannirohim...
Assalamualaikum Wr Wb...
Semoga kita semua dalam kondisi sehat dan bahagia sehingga bisa mengikuti perkuliahan dengan baik...
Perkenalkan kami tim pengajar
Dr. Nova Mardiana, SE, MM,
Mirwan Karim, SE, MM
Zainnur M. Rusdi, S.E., M.Sc.

Kami akan bersama sama membimbing anda untuk menguasai perkuliahan ini...
6 kuliah pertama oleh bu Nova Mardiana
5 kuliah kedua oleh pak Mirwan Karim
5 kuliah terakhir oleh bu Zainnur
Mata kuliah Komunikasi Bisnis adalah mata kuliah yang banyak memberikan teori dan praktek dalam melakukan komunikasi dalam suatu organisasi atau perkantoran dalam dunia bisnis. Kemampuan dalam mengaplikasikan masalah komunikasi yang diterapkan atau dihadapi setiap saat, mengharuskan seseorang memiliki kemampuan beradaptasi dan menyesuaikan perubahan. Kemampuan membaca situasi dalam menyampaikan suatu informasi dan komunikasi harus bisa diterima dan diserap oleh komunikan secara lebih sederhana dan lugas. Untuk itulah keterampilan dan kemampuan dalam berkomunikasi ini sangat dibutuhkan dan penting sebagai kemampuan keluaran kepada mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja khususnya di dunia nyata dalam berbisnis.
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman, dan kecakapan tentang pembelajaran bentuk dasar komunikasi bisnis, proses komunikasi bisnis, maksud, dan tujuan utama dalam komunikasi bisnis, serta dapat mengaplikasikan berbagai bentuk komunikasi bisnis sesuai dengan kebutuhan serta dalam penggunaan yang efektif dan efisien dalam menghadapi era globalisasi.

Agar mahasiswa dapat mengakses dan dapat mengikuti perkuliahan Kombis ini dengan baik dan lancar, ada beberapa hal yang perlu diikuti oleh seluruh mahasiswa, yaitu:
- Mahasiswa dapat mengakses mata kuliah kombis pada LMS Vclass Unila (vclass.unila.ac.id) melalui smartphone atau komputer/laptop yang telah tersambung jaringan internet.
- Untuk dapat mengakses (login) pada LMS Vclass Unila, mahasiswa wajib memiliki akun SSO Unila yang dapat diperoleh dari UPT TIK Unila.
- Mahasiswa dapat meminta password pada Dosen Pengampu mata kuliah agar dapat masuk sebagai participant.
- Mahasiswa wajib menggunakan Nama Asli dan mencantumkan NPM sebagai nama akun Vclass. Contoh format penamaan akun: Driya Wiryawan_20200928. Selain itu mahasiswa juga wajib menampilkan foto asli resmi pada profil akun masing-masing.
- Setelah bergabung dalam kelas virtual mata kuliah Kombis, mahasiswa diiwajibkan membaca semua petunjuk dan materi/ konten yang telah diberikan oleh dosen untuk setiap pertemuan, sebelum pertemuan perkuliahan tersebut dilaksanakan.
- Mahasiswa wajib secara aktif berpartisipasi dalam diskusi yang dilaksanakan di setiap pertemuan, karena hal ini merupakan salah satu aspek penilaian akhir.
- Mahasiswa wajib mengerjakan seluruh tugas yang diberikan oleh dosen dan mengumpulkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
- Mahasiswa diperbolehkan untuk aktif bertanya dalam setiap kegiatan pembelajaran jika ada hal-hal yang masih kurang dipahami dari materi yang disampaikan oleh dosen.
- Mahasiswa wajib mengikuti kuis yang akan diselenggarakan sebanyak dua (2) kali, yaitu pada akhir pertemuan/minggu ke-4 dan ke-12.
- Mahasiswa wajib mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) yang akan diselenggarakan pada pertemuan/minggu ke-8.
- Mahasiswa wajib mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) yang akan diselenggarakan pada akhir perkuliahan atau pertemuan/minggu ke-16.
KONTRAK PEMBELAJARAN

Buku yang kita gunakan adalah
1. Komunikasi Bisnis, Edisi Kelima, Djoko Purwanto, Penerbit Erlangga.
2. E-Book Komunikasi Bisnis, Edisi Ke. 5; Drs. Djoko Purwanto, MBA, Penerbit Erlangga.
Sesi 1. BAB 1. MEMAHAMI KOMUNIKASI BISNIS & BAB 2. KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:- Mengerti dan memahami pengertian komunikasi bisnis
- Mengerti dan memahami bentuk dasar komunikasi bisnis
- Mengerti dan memahami proses komunikasi
- Mengerti dan memahami munculnya kesalahpahaman komunikasi
- Mengerti dan memahami bagaimana memperbaiki komunikasi
Diskusi ke 1. 25 Agustus 2022
Sesi 2. - BAB 3. Komunikasi Dalam Organisasi & BAB 4. Komunikasi Bisnis Lintas Budaya

Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mengerti dan memahami hubungan komunikasi
- Mengerti dan memahami pola komunikasi
- Mengerti dan memahami cara mengelola komunikasi
- Mengerti dan memahami cara meningkatkan keterampilan komunikasi
- Mengerti dan memahami pengertian komunikasi lintas budaya
- Mengerti dan memahami pentingnya komunikasi bisnis lintas budaya
- Mengerti dan memahami budaya dan perbedaannya
- Mengerti dan memahami komunikasi dengan orang berbudaya asing
KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI merupakan hubungan dalam organisasi dapat berupa komunikasi yang baik antara pemimpin dan karyawan. Komunikasi merupakan bagian yang vital dan pekerjaan manejerial yang paling penting. Antara manajer harus bisa menyampaikan visi serta tujuannya yang menyangkut organisasi, agar organisasi berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan. Selain itu dengan adanya komunikasi yang baik dalam organisasi juga bisa memahami apa yang sedang terjadi dalam lingkungan organisasinya serta bagaimana organisasi bisa berjalan dengan efektif dan efisien.
Tugas mahasiswa kelompok 1 ini diupload di youtube dengan link
Komunikasi bisnis lintas budaya adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis baik komunikasi verbal maupun non-verbal dengan memerhatikan faktor-faktorbudaya di suatu daerah, wilayah, atau negara
Presentasi Kelompok 2 pada youtube dengan link
Diskusi 2, 1 September 2022
Sesi 3. - BAB 5 Perencanaan Pesan-Pesan Bisnis & BAB 6. Pengorganisasian Pesan-Pesan Bisnis
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 5.
- Mengerti dan memahami proses komposisi
- Mengerti dan memahami penentuan tujuan
- Mengerti dan memahami analisis audiens
- Mengerti dan memahami penentuan ide pokok
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 6.
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
1.Mengerti dan memahami kemampuan merevisi
2.Mengerti dan memahami pemilihan kata yang tepat
3.Mengerti dan memahami membuat kalimat efektif
4. Mengerti dan memahami strategi penulisan permintaan pesan-pesan rutin dan pesan-pesan positif
5.Mengerti dan memahami pesan-pesan good news dan goodwill
6. Mengerti dan memahami dalam menangani permintaan kredit rutin
7. Mengerti dan memahami surat rekomendasi dan pemberitahuan

Presentasi kelompok 4
- Diskusi 3, 8 September 2022
Sesi 4. BAB 7. Revisi Pesan-Pesan Bisnis & BAB 8. Penulisan Permintaan Pesan-Pesan Rutin dan Positif
TUJUAN PEMBELAJARAN:
BAB 7. Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat:
1.Mengerti dan memahami kemampuan merevisi
2.Mengerti dan memahami pemilihan kata yang tepat
3.Mengerti dan memahami membuat kalimat efektif
4. Mengerti dan memahami strategi penulisan permintaan pesan-pesan rutin dan pesan-pesan positif
BAB 8. Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
1. .Mengerti dan memahami kemampuan merevisi
2.Mengerti dan memahami pemilihan kata yang tepat
3.Mengerti dan memahami membuat kalimat efektif
4. Mengerti dan memahami strategi penulisan permintaan pesan-pesan rutin dan pesan-pesan positif.
5.Mengerti dan memahami pesan-pesan good news dan goodwill
6. Mengerti dan memahami dalam menangani permintaan kredit rutin
7. Mengerti dan memahami surat rekomendasi dan pemberitahuan
8. Mengerti dan memahami penulisan pesan-pesan penjualan dan permohonan bantuan dana
Diskusi 4, 15 September 2022
SESI 5. - BAB 9. Penulisan Bad News & BAB 10. Penulisan Pesan-Pesan Persuasif

Setelah mengikuti perkuliahan BAB 9, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mengerti dan memahami pengertian bad news
- Mengerti dan memahami pengorganisasian penulisan bad news
- Mengerti dan memahami jawaban atas bad news
- Mengerti dan memahami bad news tentang pelanggan
- Mengerti dan memahami bad news tentang perkerjaan
Setelah mengikuti perkuliahan BAB 10, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mengerti dan memahami perencaan pesan-pesan persuasive
- Mengerti dan memahami dalam mengembangkan pesan-pesan persuasif
- Mengerti dan memahami dalam menulis permintaan persuasi.
- Mengerti dan memahami penulisan pesan-pesan penjualan dan permohonan bantuan dana
- Mengerti dan memahami pengorganisasian direct request
- Mengerti dan memahami permintaan informasi rutin
- Mengerti dan memahami menulis direct request untuk pengaduan
- Mengerti dan memahami surat undangan, pesanan, dan reservasi
Diskusi 5, 22 September 2022
SESI 6. MID SEMESTER
SESI 6. MID SEMESTER
1. Laporan bisnis mempunyai berbagai karakteristik seperti netral, tidak berpihak, objektif, penyampaian informasi baik intern maupun ekstern, biasanya diminta oleh mereka yang memiliki wewenang yang lebih tinggi, dan memiliki tujuan tertentu yaitu membantu pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.
Bagaimana struktur laporan bisnis yang benar ?
Buatlah contoh laporan bisnis kuliner!
2. Pesan-pesan bad-news adalah untuk menyampaikan informasi yang kurang menyenangkan dengan tetap menjaga atau memperhatikan bagaimana dampaknya bagi Audiens. Contoh : berita duka, pemutusan hubungan kerja (PHK), penurunan jabatan, penolakan kredit, kegagalan ujian, dan sebagainya.
Poin-poin ketentuan apa saja yang harus diperhatikan dalam menyampaikan informasi yang kurang menyenangkan?
Buatlah informasi tertulis yang kurang menyenangkan untuk pelanggan !
3. Rapat Bisnis dapat didefinisikan sebagai bentuk pertemuan dua orang atau lebih di suatu tempat, baik di dalam maupun di luar kantor untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan bisnis.
Sebutkan tujuan dari rapat bisnis !
Bagaimana mendisain rapat bisnis ?
Buatlah suatu contoh desain rapat bisnis yang baik !
4. Komunikasi didefinisikan sebagai pertukaran informasi antara pengirim dan penerima, dan kesimpulan (persepsi) makna antara individu yang terlibat di dalamnya (Kreitner n Kinicki, 2004: 520).
Tidak semua komunikasi dapat berjalan baik, sebutkan hambatan-hambatan yang membuat komunikasi kurang efektif!
Sebutkan gaya-gaya komunikasi yang ada !
Sebutkan dan gambarkan jaringan-jaringan komunikasi yang ada!
SESI 7. BAB 11. Penulisan Direct Request & BAB 12. Dasar-Dasar Korespondensi Bisnis

Tujuan Pembelajaran
- Mengerti dan memahami perencaan pesan-pesan persuasive
- Mengerti dan memahami dalam mengembangkan pesan-pesan persuasif
- Mengerti dan memahami dalam menulis permintaan persuasi.
- Mengerti dan memahami penulisan pesan-pesan penjualan dan permohonan bantuan dana
- Mengerti dan memahami pengorganisasian direct request
- Mengerti dan memahami permintaan informasi rutin
- Mengerti dan memahami menulis direct request untuk pengaduan
- Mengerti dan memahami surat undangan, pesanan, dan reservasi
SESI 8. BAB 13. Penulisan Surat Lamaran Kerja & BAB 14. Penulisan Resume

SASARAN PEMBELAJARAN:
mahasiswa dapat..
- Mengerti dan memahami pengertian surat dan surat bisnis
- Mengerti dan memahami fungsi surat bisnis
- Mengerti dan memahami pengelompokan surat
- Mengerti dan memahami bagian surat dan bentuk surat
- Mengerti dan memahami
- Mengerti dan memahami surat lamaran kerja
- Mengerti dan memahami pendekatan AIDA
- Mengerti dan memahami pengorganisasian surat lamaran kerja
- Tips untuk melamar kerja
SESI 9. BAB 15. Wawancara Kerja & BAB 16. Presentasi Bisnis

TUJUAN PEMBELAJARAN:
Agar mahasiswa memehami..
- Tips untuk melamar kerja
- Mengerti dan memahami persiapan menulis resume
- Mengerti dan memahami rencana pengorganisasian
- Mengerti dan memahami masalah dalam membuat resume
- Mengerti dan memahami arti penting wawancara kerja
- Mengerti dan memahami persiapan wawancara kerja
- Mengerti dan memahami cara mengenali pekerjaan dan perusahaan
- Mengerti dan memahami pertanyaan penting dalam wawancara kerja
- Mengerti dan memahami surat penerimaan pegawai dan surat penerimaan kerja
- Mengerti dan memahami surat penolakan kerja
SESI 10. BAB 17 Negosiasi & BAB 18. Rapat Bisnis

TUJUAN PEMBELAJARAN:
BAB 17. mahasiswa dapat ..
- Mengerti dan memahami pengertian negoisasi
- Mengerti dan memahami proses bernegoisasi
- Mengerti dan memahami keterampilan bernegoisasi
- Mengerti dan memahami tipe negosiator
BAB 18. mahasiswa dapat..
- Mengerti dan memahami pengertian rapat bisnis
- Mengerti dan memahami perbedaan rapat bisnis dengan rapat non-bisnis
- Mengerti dan memahami tujuan rapat, jenis-jenis rapat, perencanaan rapat bisnis, pelaksanaan rapat bisnis, dan tindak lanjut rapat bisnis
SESI 11. Chapter 11: Reporting in the Digital Age Workplace
Silakan dibaca terlebih dahulu sebelum mengerjakan tugas.
Silakan submit tugas menulis analytical report disini.
Bacalah berita dibawah ini terkait persaingan e-commerce, sebelum mengerjakan tugas tersebut.
Tugas dikumpulkan paling lambat Jum'at tanggal 11 November 2022 Pukul 23.59.
Di dalam file Pdf yang disubmit wajib menyebutkan nama kelompok, nama anggota beserta NPM.
File dikirimkan dalam bentuk Pdf, dengan format penulisan: Nama Kelompok_Tugas Analytical Report.
Susunan Analytical Report (Chapter 11 halaman 391) harus mencakup:
1. Analisis permasalahan dan tujuan
2. Fakta/temuan
3. Analisis/diskusi
4. Kesimpulan dan Rekomendasi
SESI 12. - BAB 19. Penulisan Laporan Bisnis & BAB 20. Penulisan Laporan Singkat

TUJUAN PEMBELAJARAN:
BAB 19. mahasiswa dapat..
- Mengerti dan memahami arti dan penggolongan laporan bisnis
- Mengerti dan memahami persiapan laporan bisnis
- Mengerti dan memahami bagian pokok laporan bisnis
BAB 20. mahasiswa dapat..
- Mengerti dan memahami karakteristik laporan singkat
- Mengerti dan memahami perencanaan dan pengorganisasian laporan singkat
SESI 13. BAB 21. Penulisan Laporan Formal & BAB 22. Komputer Personal dan Komunikasi Bisnis

TUJUAN PEMBELAJARAN:
mahasiswa dapat..- Mengerti dan memahami cara mendefinisikan masalah
- Mengerti dan memahami membuat kerangka untuk analisis
- Mengerti dan memahami cara menyusun rencana kerja
- Mengerti dan memahami cara menganalisis data
Silakan kumpulkan kuis 2 business plan disini.
SESI 14. - BAB 23. Teknologi Penyimpanan Data Elektronik Dalam Komunikasi Binis & BAB 24. Konsep Dasar Internet

TUJUAN PEMBELAJARAN:
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mengerti dan memahami teknologi informasi dan media penyimpanan data elektronik
- Mengerti dan memahami pengertian beberapa media penyimpanan data elektronik
- Mengerti dan memahami manfaat media penyimpanan data elektronik
- Mengerti dan memahami hardware media penyimpanan data elektronik
- Mengerti dan memahami software media penyimpanan data elektronik
- Mengerti dan memahami aplikas CD-ROOM dalam bisnis
- Mengerti dan memahami CD-ROOM based training program
- Mengerti dan memahami sejarah singkat internet
- Mengerti dan memahami pengertian internet
- Mengerti dan memahami fasilitas dalam internet
- Mengerti dan memahami Search Engine
- Mengerti dan memahami VoIP
- Mengerti dan memahami manfaat dan kekhawatiran atas kehadiran internet
- Tantangan teknologi internet dimasa depan
- Mengerti dan memahami jenis-jenis situs dunia
SESI 15. BAB 25 Surat Elektronik dan Media Sosial

TUJUAN PEMBELAJARAN:
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mengerti dan memahami pengertian surat elektronik
- Mengerti dan memahami cara memperoleh E-mail gratis
- Mengerti dan memahami cara mengirim dan menjawab E-mail
- Mengerti dan memahami etika ber E-mail
- Mengerti dan memahami komponen E-mail
- Mengerti dan memahami fungsi E-mail
- Situs jejaring sosial dan pemanfaatannya
SESI 16. UJIAN AKHIR SEMESTER / UAS
SESI 16. UJIAN AKHIR SEMESTER / UAS
Ujian susulan dilaksanakan pukul 09.15-10.15.
Mahasiswa diberi 2x attempt
Pastikan jaringan internet stabil, karena jaringan yang tidak stabil dan mati listrik merupakan resiko dan tanggung jawab masing-masing mahasiswa.