Weekly outline

  • PROFIL MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH

    Nama Program Studi/ Jurusan         : Pendidikan Sejarah/ P.IPS

    Nama Fakultas                                    : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

    Nama Universitas                                : Universitas Lampung

    Nama Mata Kuliah                              : Media Pembelajaran Sejarah

    Kode Mata Kuliah                              : SEJ 620404

    SKS Mata Kuliah                                : 3 (3-0)

    Semester                                              : Ganjil (5)

    Jenjang                                                : S-1

  • Pertemuan Pertama (Hakekat Media Pembelajaran)

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb. Selamat pagi rekan mahasiswa... Tabik Puun.

    Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari tentang konsep media pembelajaran, di dalamnya mencakup pengertian pembelajaran. Media pembelajaran pada dasarnya merupakan segala alat bantu penyampaian pesan dari komunikator (guru) kepada komunikan (peserta didik). Apabila media pembelajaran dapat dikembangkan dengan baik, maka tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai secara maksimal.

    Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk menjelaskan pengertian media pembelajaran khususnya media pembelajaran sejarah.

  • Pertemuan Kedua (Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran)

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Tabik puunn.. selamat pagi rekan mahasiswa..

    Pada pertemuan kedua ini kita akan mempelajari tentang fungsi dan manfaat media pembelajaran. Secara umum fungsi dan manfaat media pembelajaran adalah memperlancar komunikasi antara guru dengan siswa pada proses kegiatan belajar mengajar agar berjalan lebih optimal. Fungsi dan manfaat media pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar berfungsi untuk membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegitan belajar, dan bahkan membawa pengauruh psikologis terhadap siswa. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran dapat membawa manfaat besar terhadap keberhasilan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

    Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk : (1) menjelaskan fungsi dari penggunaan media pembelajaran, dan (2) menjelaskan manfaat media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar.

  • Pertemuan Ketiga (Landasan Penggunaan Media Pembelajaran )

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb.. Tabik Puun..

    Selamat pagi rekan-rekan mahasiswa. Pada pertemuan ketiga ini kita akan mempelajari Landasan Penggunaan Media Pembelajaran. 

    Seorang guru harus memiliki profesionalitas dan kompetensi dalam keterampilan dan kreativitas media pembelajaran agar optimal ketika digunakan pada proses kegiatan belajar mengejar di kelas. Selain menggunakan media pembelajaran yang sudah tersedia, seorang guru dituntut untuk mampu membuat dan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang ia ajarkan di kelas. Tujuan dari penggunaan dan pengembangan media agar dapat menyampaikan pesan kepada peserta didik dapat terlaksana lebih efektif dan efisien. Untuk itu dalam penggunaan dan pengembangan media pembelajaran, guru harus memperhatikan beberapa landasan media pembelajaran.

  • Pertemuan Keempat (Prinsip-prinsip Penggunaan Media dalam Pembelajaran)

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Tabik Puun..

    Selamat pagi rekan mahasiswa, pada pertemuan ketiga kemarin kita telah membahas tentang landasan penggunaan media pembelajaran maka pertemuan keempat ini kita akan mempelajari tentang Prinsip-prinsip Penggunaan Media dalam Pembelajaran. 

    Seorang guru harus memiliki profesionalitas dan kompetensi dalam keterampilan dan kreativitas media pembelajaran agar optimal ketika digunakan pada proses kegiatan belajar mengejar di kelas. Selain menggunakan media pembelajaran yang sudah tersedia, seorang guru dituntut untuk mampu membuat dan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang ia ajarkan di kelas. Tujuan dari penggunaan dan pengembangan media agar dapat menyampaikan pesan kepada peserta didik dapat terlaksana lebih efektif dan efisien. Untuk itu dalam penggunaan dan pengembangan media pembelajaran, guru harus memperhatikan prinsip media pembelajaran.

    Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip penggunaan media pembelajaran serta memahami perangkat media pembelajaran.

  • Pertemuan Kelima (Klasifikasi Media Pembelajaran)

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Tabik Puunn..

    Selamat pagi rekan mahasiswa, pada pertemuan kelima ini kita akan mempelajari Klasifikasi media pembelajaran.

    Upaya pengklasifikasian media dapat mengungkapkan ciri-ciri suatu media, tujuan dan maksud pengelompokannya. Dari contoh pengelompokan kita dapat melihat membagi media pembelajaran berdasarkan taksonomi, dan klasifikasinya yang terdiri dari; ciri fisik, unsur pokoknya, pengalaman belajar, penggunaan, cara penggunaan, dan hierarki manfaat media. 

    Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk : (1) menjelaskan pembagian taksonomi media pembelajaran, (2) menjelaskan pembagian klasifikasi media pembelajaran, 

     

  • Pertemuan Keenam (Karakteristik Media Pembelajaran)

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Tabik Puunn..

    Selamat Pagi rekan mahasiswa, pada pertemuan keenam ini kita akan mempelajari tentang Karakteristik Media Pembelajaran. 

    Karakteristiknya media pembelajaran dikelompokkan yang terdiri dari media visual non proyeksi, media visual proyeksi, media audio, media audio visual, dan multimedia.

    Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk menjelaskan pembagian karakteristik media pembelajaran.

  • Pertemuan Ketujuh (Pengembangan Media Pembelajaran berbasis ICT )

    Assalaumu'alaikum. Wr. Wb. Tabik Puun..

    Selamat pagi rekan mahasiswa, pada pertemuan ketujuh ini kita akan membahas tentang Pengembangan Media Pembelajaran berbasis ICT.

    Perkembangan Information and Communication Technology (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada saat ini berjalan sangat cepat sejalan dengan perkembangan teknologi telekomunikasi, termasuk jaringan komputer. Berbagai teknologi dan aplikasi pendukung juga telah dikembangkan sebagai upaya untuk mendukung dan mempermudah aktivitas kehidupan manusia dan organisasi, termasuk kegiatan belajar mengajar dalam dunia pendidikan.

    Dalam menyikapi perkembangan dan kemajuan ICT tersebut, para dosen dan guru dituntut untuk menguasai teknologi (ICT) agar dapat mengembangkan materi-materi pembelajaran berbasis ICT dan memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan dan kesempatan yang lebih luas kepada pebelajar dalam belajar.

    Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk menjelaskan pengembangan media pembelajaran berbasis ICT (Information And Comunication Technology).

  • Pertemuan Kesembilan (Prosedur Pemilihan Media Pembelajaran Sejarah)

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Tabik Puunn..

    Selamat pagi rekan mahasiswa pada pertemuan kesembilan ini kita akan mempelajari tentang Prosedur Pemilihan Media Pembelajaran Sejarah.

    Penggunaan media pembelajaran merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Penggunaan media pembelajaran memainkan peranan yang sangat besar dalam mengidentifikasi keberhasilan suatu program pendidikan. Untuk mewujudkan harapan tersebut, maka guru harus mampu menerapkan prosedur pemilihan hingga penggunaan media sebagai sarana dalam pelaksanaan pembelajaran, oleh karena itu guru/fasilitator perlu mempelajari bagaimana menerapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifitaskan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

    Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk menjelaskan prosedural pemilihan dan penggunaan media pembelajaran Sejarah untuk SMA.

  • Pertemuan Kesepuluh (Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah)

    Assalamu'alaikum. Tabik Puunn..

    Selamat pagi rekan mahasiswa, pada pertemuan kesepuluh ini kita akan membahas tentang Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah.

    Penggunaan media pembelajaran merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Penggunaan media pembelajaran memainkan peranan yang sangat besar dalam mengidentifikasi keberhasilan suatu program pendidikan. Untuk mewujudkan harapan tersebut, maka guru harus mampu menerapkan prosedur pemilihan hingga penggunaan media sebagai sarana dalam pelaksanaan pembelajaran, oleh karena itu guru/fasilitator perlu mempelajari bagaimana menerapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifitaskan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

    Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk menjelaskan prosedural pemilihan dan penggunaan media pembelajaran Sejarah untuk SMA.

  • Pertemuan Kesebelas (Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah)

    Assalamu'alaikum.. Wr. Wb. Tabik Punn

    Selamat Pagi rekan mahasiswa bagaimana kabarnya selama perkuliahan daring ini. semoga sehat selalu. pada pertemuan kesebelas ini kita akan membahas model-model pengembangan media pembelajaran sejarah.

    Seorang pendidik atau guru dituntut untuk mempunyai berbagai keterampilan yng mendukung tugasnya dalam mengajar. Salah satu keterampilan tersebut adalah bagaimana seorang guru dapat menggunakan dan bahkan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Pengembangan media pembelajaran yang dapat direalisasikan dalam praktik. Di samping memahami penggunaannya, para guru patut berupaya untuk mengembangkan ketrampilan membuat sendiri media yang menarik, murah dan efisien, dengan tidak menolak kemungkinan pemanfaatan alat modern yang sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu dan teknologi. Guru harus bisa memilih media yang tepat dan menarik saat mengajar. Tuntutan era globalisasi dengan perkembangan tekonologi informasi dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pembelajaran sejarah.

    Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk memahami dan dapat melaksanakan pengembangan media pembelajaran sejarah.

  • Pertemuan Keduabelas (Model-model Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah)

    Assalamu'alaikum.. Wr. Wb. Tabik Punn

    Selamat Pagi rekan mahasiswa bagaimana kabarnya selama perkuliahan daring ini. semoga sehat selalu. pada pertemuan keduabelas ini kita akan membahas model-model pengembangan media pembelajaran sejarah.

    Seorang pendidik atau guru dituntut untuk mempunyai berbagai keterampilan yng mendukung tugasnya dalam mengajar. Salah satu keterampilan tersebut adalah bagaimana seorang guru dapat menggunakan dan bahkan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Pengembangan media pembelajaran yang dapat direalisasikan dalam praktik. Di samping memahami penggunaannya, para guru patut berupaya untuk mengembangkan ketrampilan membuat sendiri media yang menarik, murah dan efisien, dengan tidak menolak kemungkinan pemanfaatan alat modern yang sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu dan teknologi. Guru harus bisa memilih media yang tepat dan menarik saat mengajar. Tuntutan era globalisasi dengan perkembangan tekonologi informasi dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pembelajaran sejarah.

    Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk memahami dan dapat melaksanakan pengembangan media pembelajaran sejarah.

  • Pertemuan Ketigabelas (Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Dua Dimensi Non Proyeksi )

    Assalamu'alaikum.. Wr. Wb. Tabik Punn

    Selamat Pagi rekan mahasiswa bagaimana kabarnya selama perkuliahan daring ini. semoga sehat selalu. pada pertemuan ketiga belas ini kita akan membahas pengembangan media pembelajaran sejarah dua dimensi non proyeksi.

    Seorang pendidik atau guru dituntut untuk mempunyai berbagai keterampilan yng mendukung tugasnya dalam mengajar. Salah satu keterampilan tersebut adalah bagaimana seorang guru dapat menggunakan dan bahkan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Pengembangan media pembelajaran yang dapat direalisasikan dalam praktik. Di samping memahami penggunaannya, para guru patut berupaya untuk mengembangkan ketrampilan membuat sendiri media yang menarik, murah dan efisien.

    Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk memahami dan dapat melaksanakan pengembangan media pembelajaran sejarah dua dimensi non proyeksi.

  • Pertemuan Keempatbelas (Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Dua Dimensi Non Proyeksi)

    Assalamu'alaikum.. Wr. Wb. Tabik Punn

    Selamat Pagi rekan mahasiswa bagaimana kabarnya selama perkuliahan daring ini. semoga sehat selalu. pada pertemuan keempat belas ini kita akan membahas pengembangan media pembelajaran sejarah dua dimensi non proyeksi.

    Seorang pendidik atau guru dituntut untuk mempunyai berbagai keterampilan yng mendukung tugasnya dalam mengajar. Salah satu keterampilan tersebut adalah bagaimana seorang guru dapat menggunakan dan bahkan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Pengembangan media pembelajaran yang dapat direalisasikan dalam praktik. Di samping memahami penggunaannya, para guru patut berupaya untuk mengembangkan ketrampilan membuat sendiri media yang menarik, murah dan efisien.

    Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk memahami dan dapat melaksanakan pengembangan media pembelajaran sejarah dua dimensi non proyeksi.

  • Pertemuan Kelimabelas (Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Komputer)

    Assalamu'alaikum.. Wr. Wb. Tabik Punn

    Selamat Pagi rekan mahasiswa bagaimana kabarnya selama perkuliahan daring ini. semoga sehat selalu. pada pertemuan kelimabelas ini kita akan membahas pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis komputer.

    Seorang pendidik atau guru dituntut untuk mempunyai berbagai keterampilan yng mendukung tugasnya dalam mengajar. Salah satu keterampilan tersebut adalah bagaimana seorang guru dapat menggunakan dan bahkan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Pengembangan media pembelajaran yang dapat direalisasikan dalam praktik. Di samping memahami penggunaannya, para guru patut berupaya untuk mengembangkan ketrampilan membuat sendiri media yang menarik, murah dan efisien, dengan tidak menolak kemungkinan pemanfaatan alat modern yang sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu dan teknologi. Guru harus bisa memilih media yang tepat dan menarik saat mengajar. Tuntutan era globalisasi dengan perkembangan tekonologi informasi dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pembelajaran sejarah.

    Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk merancang pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis komputer.

  • Pertemuan Keenambelas (Ulangan Akhir Semester)