བདུན་ཕྲག་རེ་བཞིན་གྱི་བཅུད་དོན།
PROFIL MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH
Nama Program Studi/ Jurusan : Pendidikan Sejarah/ P.IPS
Nama Fakultas : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Nama Universitas : Universitas Lampung
Nama Mata Kuliah : Media Pembelajaran Sejarah
Kode Mata Kuliah : SEJ 620404
SKS Mata Kuliah : 3 (3-0)
Semester : Ganjil (5)
Jenjang : S-1
Mata kuliah ini membahas tentang hakekat media pembelajaran, fungsi dan manfaat media pembelajaran, landasan penggunaan media pembelajaran, prinsip-prinsip penggunaan media dalam pembelajaran, klasifikasi media pembelajaran, karakteristik media pembelajaran, pengembangkan media pembelajaran berbasis ICT, prosedur pemilihan media pembelajaran sejarah, penggunaan media pembelajaran sejarah, model-model pengembangan media pembelajaran sejarah, pengembangkan media pembelajaran sejarah dua dimensi non proyeksi, dan pengembangkan media pembelajaran sejarah berbasis komputer.

Yustina Sri Ekwandari, S.Pd., M.Hum

Sumargono, S.Pd., M.Pd.

Aprilia Triaristina, S.Pd., M.Pd.
Assalamu'alaikum wr'wb.
Selamat datang dan selamat bergabung saya ucapkan kepada peserta didik yang mengambil mata kuliah Media Pembelajaran Sejarah. Mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester Ganjil (5) Prodi Pendidikan Sejarah Jurusan P.IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung yang memiliki bobot SKS 3 (3-0) berkode SEJ 620404. Adapun data pribadi kami selaku dosen pengampu mata kuliah ini adalah sebagai berikut :
Nama : Yustina Sri Ekwandari, S.Pd., M.Hum.
Panggilan : Riri
Tempat/Tgl. lahir : Tanjung Karang 13 September 1970
NIP/NIDN : 197009132008122002/0013097008
Jabatan/Gol : Asisten Ahli/IIIB
Kantor/Unit Kerja : Prodi Pendidikan Sejarah Jurusan P.IPS, FKIP UNILA
Jl. Sumantri Brojonegoro 1, Gedong Meneng,
Kedaton, Bandar Lampung 35145
Email : yustina.sriekwandari@fkip.unila.ac.id
Telepon : 08127289623 (WA)
Nama : Sumargono, S.Pd., M.Pd
Panggilan : Margono
Tempat/Tgl. lahir : Jakarta, 08 Januari 1988
NIP/NIDN : 198801082019031012/0008018805
Jabatan/Gol : Asisten Ahli/IIIB
Kantor/Unit Kerja : Prodi Pendidikan Sejarah Jurusan P.IPS, FKIP UNILA
Jl. Sumantri Brojonegoro 1, Gedong Meneng,
Kedaton, Bandar Lampung 35145
Email : sumargono.1988@fkip.unila.ac.id
Telepon : 085725684110 (WA)
Nama : Aprilia Triaristinaa, S.Pd,.M.PdPanggilan : Aprilia
Tempat/Tgl. lahir : Pringsewu, 26 April 1988
NIK/NIDN : 2318118804262019/ 0015108906
Jabatan/Gol : Asisten Ahli/IIIB
Kantor/Unit Kerja : Prodi Pendidikan Sejarah Jurusan P.IPS, FKIP UNILA
Jl. Sumantri Brojonegoro 1, Gedong Meneng,
Kedaton, Bandar Lampung 35145
Email : aprilia@fkip.unila.ac.id
Telepon : 082175980724 (WA)
Selamat mengikuti Mata Kuliah Media Pembelajaran Sejarah ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
Wassalamualaikum Wr.Wb
Yustina Sri Ekwandari, S.Pd., M.Hum, .Sumargono, S.Pd., M.Pd. & Aprilia Triaristina, S.Pd., M.Pd.
Wassalamu'alaikum wr'wb.
Setelah mengikuti Mata Kuliah Media Pembelajaran Sejarah peserta didik diharapkan mampu memiliki capaian pembelajaran minimal sebagai berikut:
Sikap peserta didik meliputi :
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, & etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
Pengetahuan peserta didik meliputi :
- Mengembangkan dasar kompetensi pedagogis mahasiswa dibidang Media Pembelajaran dan mengintegrasikannya kedalam praktek pembelajaran sejarah(C6).
- menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya.
Keterampilan umum peserta didik meliputi :
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keahliannya
- mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mata Kuliah Media Pembelajaran Sejarah menerapkan Blended Learning , yaitu sistem belajar yang dilakukan dengan menggabungkan pembelajaran face-to-face (kuliah tatap muka) dengan pembelajaran bermediasi teknologi (technology mediated instruction) untuk meningkatkan hasil belajar (Sandi, 2012; Rizkiyah, 2015); dan penguasaan konsep (Hermanto et al, 2013). Mata Kuliah Media Pembelajaran Sejarah ya dengan cara kuliah secara online menggunakan Google Meet;sedangkan secara Asynchronous, yakni (i) Mandiri dan (ii) Kolaboratif dengan Virtual Class menggunakan Youtube, PPT & PDF.
Mata Kuliah Media Pembelajaran Sejarah juga menerapkan Flipped Classroom, yaitu model pembelajaran yang diawali dengan mahasiswa mempelajari materi di rumah sebelum kuliah dimulai dan kegiatan belajar mengajar di kampus yang dapat meningkatkan motivasi belajar (Susanti dan Hamama, 2019), hasil belajar kognitif dan pemahaman konsep (Pratiwi et al, 2017; Saputra dan Mujib, 2017; Rusdi dan Praharsih, 2016); dan menumbuhkan sikap kreatif, bertanggung jawab, serta keterampilan belajar (Damayanti, 2016).
Mata Kuliah Media Pembelajaran Sejarah juga menerapkan Student Centered Learning (SCL), yaitu proses proses pembelajaran yang tadinya berfokus pada guru (teacher centered) menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa (learner centered) untuk meningkatkan kemampuan analisis dan pemecahan permasalahannya sendiri (Karsen, 2008).
Mata Kuliah Media Pembelajaran Sejarah menggunakan penilaian (assesment) dan evaluasi pembelajaran berupa tes formatif (Tugas dan Kuis) serta Tes sumatif (Ujian Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester).
Pertemuan Pertama (Hakekat Media Pembelajaran)
Assalamu'alaikum, Wr. Wb. Selamat pagi rekan mahasiswa... Tabik Puun.
Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari tentang konsep media pembelajaran, di dalamnya mencakup pengertian pembelajaran. Media pembelajaran pada dasarnya merupakan segala alat bantu penyampaian pesan dari komunikator (guru) kepada komunikan (peserta didik). Apabila media pembelajaran dapat dikembangkan dengan baik, maka tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai secara maksimal.
Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk menjelaskan pengertian media pembelajaran khususnya media pembelajaran sejarah.
Silahkan isi absensi dengan format Nama Lengkap_NPM
Menurut kalian mengapa pembelajaran membutuhkan media pembelajaran? diskusikan pada forum dibawah ini dengan saling memberikan komentar pada form yang telah disediakan.
Apabila ada pertanyaan dari materi yang belum dipahami, silahkan bertanya dan saling memberi pendapat pada form ini!
web meeting dengan google meet.
silahkan klik web meeting
Jawablah pertanyaan berikut ini!
- Jelaskan arti media dan arti media pembelajaran!
- Mengapa seorang guru mengajar perlu menggunakan media pembelajaran?
Pertemuan Kedua (Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran)
Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Tabik puunn.. selamat pagi rekan mahasiswa..
Pada pertemuan kedua ini kita akan mempelajari tentang fungsi dan manfaat media pembelajaran. Secara umum fungsi dan manfaat media pembelajaran adalah memperlancar komunikasi antara guru dengan siswa pada proses kegiatan belajar mengajar agar berjalan lebih optimal. Fungsi dan manfaat media pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar berfungsi untuk membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegitan belajar, dan bahkan membawa pengauruh psikologis terhadap siswa. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran dapat membawa manfaat besar terhadap keberhasilan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk : (1) menjelaskan fungsi dari penggunaan media pembelajaran, dan (2) menjelaskan manfaat media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar.
Silahkan isi absensi dengan format Nama Lengkap_NPM
Diskusikan fungsi dan tujuan media pembelajaran dengan mengaitkan materi pembelajaran sejarah dengan topik permasalahannya adalah peristiwa masa lalu atau sudah terjadi pada form berikut ini!
Apabila ada pertanyaan dari materi yang belum dipahami, silahkan bertanya dan saling memberi pendapat pada form ini!
web meeting menggunakan google meet.
silahkan klik web meeting berikut ini!
Jawablah pertanyaan berikut ini!
- Jelaskan fungsi media dalam proses komunikasi!
- Sebut dan jelaskan manfaat media pembelajaran yang Saudara ketahui!
Pertemuan Ketiga (Landasan Penggunaan Media Pembelajaran )
Assalamu'alaikum. Wr. Wb.. Tabik Puun..
Selamat pagi rekan-rekan mahasiswa. Pada pertemuan ketiga ini kita akan mempelajari Landasan Penggunaan Media Pembelajaran.
Seorang guru harus memiliki profesionalitas dan kompetensi dalam keterampilan dan kreativitas media pembelajaran agar optimal ketika digunakan pada proses kegiatan belajar mengejar di kelas. Selain menggunakan media pembelajaran yang sudah tersedia, seorang guru dituntut untuk mampu membuat dan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang ia ajarkan di kelas. Tujuan dari penggunaan dan pengembangan media agar dapat menyampaikan pesan kepada peserta didik dapat terlaksana lebih efektif dan efisien. Untuk itu dalam penggunaan dan pengembangan media pembelajaran, guru harus memperhatikan beberapa landasan media pembelajaran.
Silahkan isi absensi dengan format Nama Lengkap_NPM
Apabila ada pertanyaan dari materi yang belum dipahami, silahkan bertanya dan saling memberi pendapat pada form ini!
web meeting menggunakan google meet.
silahkan klik web meeting berikut ini!
Pertemuan Keempat (Prinsip-prinsip Penggunaan Media dalam Pembelajaran)
Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Tabik Puun..
Selamat pagi rekan mahasiswa, pada pertemuan ketiga kemarin kita telah membahas tentang landasan penggunaan media pembelajaran maka pertemuan keempat ini kita akan mempelajari tentang Prinsip-prinsip Penggunaan Media dalam Pembelajaran.
Seorang guru harus memiliki profesionalitas dan kompetensi dalam keterampilan dan kreativitas media pembelajaran agar optimal ketika digunakan pada proses kegiatan belajar mengejar di kelas. Selain menggunakan media pembelajaran yang sudah tersedia, seorang guru dituntut untuk mampu membuat dan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang ia ajarkan di kelas. Tujuan dari penggunaan dan pengembangan media agar dapat menyampaikan pesan kepada peserta didik dapat terlaksana lebih efektif dan efisien. Untuk itu dalam penggunaan dan pengembangan media pembelajaran, guru harus memperhatikan prinsip media pembelajaran.
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip penggunaan media pembelajaran serta memahami perangkat media pembelajaran.
Silahkan isi absensi dengan format NPM_Nama Lengkap
Apabila ada pertanyaan dari materi yang belum dipahami, silahkan bertanya dan saling memberi pendapat pada form ini!
web meeting menggunakan google meet.
silahkan klik web meeting berikut ini!
Pertemuan Kelima (Klasifikasi Media Pembelajaran)
Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Tabik Puunn..
Selamat pagi rekan mahasiswa, pada pertemuan kelima ini kita akan mempelajari Klasifikasi media pembelajaran.
Upaya pengklasifikasian media dapat mengungkapkan ciri-ciri suatu media, tujuan dan maksud pengelompokannya. Dari contoh pengelompokan kita dapat melihat membagi media pembelajaran berdasarkan taksonomi, dan klasifikasinya yang terdiri dari; ciri fisik, unsur pokoknya, pengalaman belajar, penggunaan, cara penggunaan, dan hierarki manfaat media.
Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk : (1) menjelaskan pembagian taksonomi media pembelajaran, (2) menjelaskan pembagian klasifikasi media pembelajaran,
Silahkan isi absensi dengan format NPM_Nama Lengkap
- Apabila ada pertanyaan dari materi yang belum dipahami, silahkan bertanya dan saling memberi pendapat pada form ini!
web meeting menggunakan google meet.
silahkan klik web meeting berikut ini!
Berikut ini merupakan Quiz 1 yang harus dikerjakan mahasiswa. silahkan dikerjakan pada kertas folio dengan ditulis tangan, selanjutnya di foto dan diunggah pada form yang telah disediakan dengan file pdf. File diberi nama dengan format NPM_NAMA LENGKAP. Selamat mengerjakan.
- Apa perbedaan antara sumber belajar, media dan alat peraga ? Jelaskan disertai dengan contoh !
- Edgar Dale melakukan klsifikasi media dari tingkat paling abstrak kepaling kongkrit yang dikenal dengan istilah kerucut pengalaman. Jelaskan !
Selamat pagi rekan-rekan mahasiswa semua kita bertemu kembali pada mata kuliah Media Pembelajaran sejarah. Hari ini ada tugas individu yang akan dikerjakan oleh kalian:
Carilah Jurnal yang terindeks Sinta boleh 12,3,4,dan 5 tentang Media Pembelajaran. Setelah kalian temukan jurnalnya lalu kalian kritisi menurut pendapat kalian masing-masing. Jurnal yang kalian cari tidak boleh sama antara mahasiswa satu dengan yang lain. Cara mengerjakannya: cari dulu jurnal tersebut di web jurnal lalu kalian download setelah itu kalian kritisi. Jurnal yang kalian temukan harus ikut dikirim ke vclass ini serta pendapat yang sudah kalian kritisi. Tugas boleh diketik.
Pertemuan Keenam (Karakteristik Media Pembelajaran)
Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Tabik Puunn..
Selamat Pagi rekan mahasiswa, pada pertemuan keenam ini kita akan mempelajari tentang Karakteristik Media Pembelajaran.
Karakteristiknya media pembelajaran dikelompokkan yang terdiri dari media visual non proyeksi, media visual proyeksi, media audio, media audio visual, dan multimedia.
Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk menjelaskan pembagian karakteristik media pembelajaran.
Silahkan isi absensi dengan format NPM_Nama Lengkap
Apabila ada pertanyaan dari materi yang belum dipahami, silahkan bertanya dan saling memberi pendapat pada form ini!
web meeting menggunakan google meet.
silahkan klik web meeting berikut ini!
Berikut ini merupakan tugas yang harus dikerjakan mahasiswa. silahkan dikerjakan dan diunggah pada form yang telah disediakan dengan file pdf. File diberi nama dengan format NPM_NAMA LENGKAP. Selamat mengerjakan.
- Berdasarkan ukurannya, media pembelajaran terbagi menjadi dua jenis, yakni media dua dimensi dan media tiga dimensi. Jelaskan perbedaan keduanya!
- Berdasarkan sifatnya, media pembelajaran terbagi menjadi tiga, yakni audio, visual, dan audio visual. Jelaskan ketiganya berdasarkan kelebihan dan kelemahannya masing-masing!
Pertemuan Ketujuh (Pengembangan Media Pembelajaran berbasis ICT )
Assalaumu'alaikum. Wr. Wb. Tabik Puun..
Selamat pagi rekan mahasiswa, pada pertemuan ketujuh ini kita akan membahas tentang Pengembangan Media Pembelajaran berbasis ICT.
Perkembangan Information and Communication Technology (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada saat ini berjalan sangat cepat sejalan dengan perkembangan teknologi telekomunikasi, termasuk jaringan komputer. Berbagai teknologi dan aplikasi pendukung juga telah dikembangkan sebagai upaya untuk mendukung dan mempermudah aktivitas kehidupan manusia dan organisasi, termasuk kegiatan belajar mengajar dalam dunia pendidikan.
Dalam menyikapi perkembangan dan kemajuan ICT tersebut, para dosen dan guru dituntut untuk menguasai teknologi (ICT) agar dapat mengembangkan materi-materi pembelajaran berbasis ICT dan memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan dan kesempatan yang lebih luas kepada pebelajar dalam belajar.
Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk menjelaskan pengembangan media pembelajaran berbasis ICT (Information And Comunication Technology).
Silahkan isi absensi dengan format NPM_Nama Lengkap
Apabila ada pertanyaan dari materi yang belum dipahami, silahkan bertanya dan saling memberi pendapat pada forum ini!
web meeting menggunakan google meet.
silahkan klik web meeting berikut ini!
Berikut ini merupakan tugas yang harus dikerjakan mahasiswa. silahkan dikerjakan dan diunggah pada form yang telah disediakan dengan file pdf. File diberi nama dengan format NPM_NAMA LENGKAP. Selamat mengerjakan.
- Jelaskan pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini dalam pengembangan media pembelajaran!
- Sebut dan jelaskan strategi pemanfaatan TIK dalam pembelajaran!
Pertemuan Kesembilan (Prosedur Pemilihan Media Pembelajaran Sejarah)
Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Tabik Puunn..
Selamat pagi rekan mahasiswa pada pertemuan kesembilan ini kita akan mempelajari tentang Prosedur Pemilihan Media Pembelajaran Sejarah.
Penggunaan media pembelajaran merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Penggunaan media pembelajaran memainkan peranan yang sangat besar dalam mengidentifikasi keberhasilan suatu program pendidikan. Untuk mewujudkan harapan tersebut, maka guru harus mampu menerapkan prosedur pemilihan hingga penggunaan media sebagai sarana dalam pelaksanaan pembelajaran, oleh karena itu guru/fasilitator perlu mempelajari bagaimana menerapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifitaskan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar.
Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk menjelaskan prosedural pemilihan dan penggunaan media pembelajaran Sejarah untuk SMA.
Silahkan isi absensi dengan format NPM_Nama Lengkap
Apabila ada pertanyaan dari materi yang belum dipahami, silahkan bertanya dan saling memberi pendapat pada forum ini!
web meeting menggunakan google meet.
silahkan klik web meeting berikut ini!
Berikut ini merupakan tugas yang harus dikerjakan mahasiswa. silahkan dikerjakan dan diunggah pada form yang telah disediakan dengan file pdf. File diberi nama dengan format NPM_NAMA LENGKAP. Selamat mengerjakan.
1. Jelaskan prosedur pemilihan media pembelajaran sejarah
2. Jelaskan faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran sejarah
Pertemuan Kesepuluh (Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah)
Assalamu'alaikum. Tabik Puunn..
Selamat pagi rekan mahasiswa, pada pertemuan kesepuluh ini kita akan membahas tentang Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah.
Penggunaan media pembelajaran merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Penggunaan media pembelajaran memainkan peranan yang sangat besar dalam mengidentifikasi keberhasilan suatu program pendidikan. Untuk mewujudkan harapan tersebut, maka guru harus mampu menerapkan prosedur pemilihan hingga penggunaan media sebagai sarana dalam pelaksanaan pembelajaran, oleh karena itu guru/fasilitator perlu mempelajari bagaimana menerapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifitaskan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar.
Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk menjelaskan prosedural pemilihan dan penggunaan media pembelajaran Sejarah untuk SMA.
Silahkan isi absensi dengan format NPM_Nama Lengkap
Apabila ada pertanyaan dari materi yang belum dipahami, silahkan bertanya dan saling memberi pendapat pada forum ini!
web meeting menggunakan google meet.
silahkan klik web meeting berikut ini!
Berikut ini merupakan tugas yang harus dikerjakan mahasiswa. silahkan dikerjakan dan diunggah pada form yang telah disediakan dengan file pdf. File diberi nama dengan format NPM_NAMA LENGKAP. Selamat mengerjakan.
- Jelaskan perbedaan instruksional media dan instructional aids
- Jelaskan model perencanaan penggunaan media yang efektif
Pertemuan Kesebelas (Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah)
Assalamu'alaikum.. Wr. Wb. Tabik Punn
Selamat Pagi rekan mahasiswa bagaimana kabarnya selama perkuliahan daring ini. semoga sehat selalu. pada pertemuan kesebelas ini kita akan membahas model-model pengembangan media pembelajaran sejarah.
Seorang pendidik atau guru dituntut untuk mempunyai berbagai keterampilan yng mendukung tugasnya dalam mengajar. Salah satu keterampilan tersebut adalah bagaimana seorang guru dapat menggunakan dan bahkan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Pengembangan media pembelajaran yang dapat direalisasikan dalam praktik. Di samping memahami penggunaannya, para guru patut berupaya untuk mengembangkan ketrampilan membuat sendiri media yang menarik, murah dan efisien, dengan tidak menolak kemungkinan pemanfaatan alat modern yang sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu dan teknologi. Guru harus bisa memilih media yang tepat dan menarik saat mengajar. Tuntutan era globalisasi dengan perkembangan tekonologi informasi dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pembelajaran sejarah.
Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk memahami dan dapat melaksanakan pengembangan media pembelajaran sejarah.
Silahkan isi absensi dengan format NPM_Nama Lengkap
Apabila ada pertanyaan dari materi yang belum dipahami, silahkan bertanya dan saling memberi pendapat pada forum ini!
web meeting menggunakan google meet.
silahkan klik web meeting berikut ini!
Berikut ini merupakan tugas yang harus dikerjakan mahasiswa. silahkan dikerjakan dan diunggah pada form yang telah disediakan dengan file pdf. File diberi nama dengan format NPM_NAMA LENGKAP. Selamat mengerjakan.
1. Jelaskan mengapa dalam pembelajaran sejarah perlu dilakukan pengembangan
2. Jelaskan model pengembangan media menurut Borg and Gall dan Sugiyono, dan analisislah kelebihan dan kekurangan pada kedua model tersebut.
Pertemuan Keduabelas (Model-model Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah)
Assalamu'alaikum.. Wr. Wb. Tabik Punn
Selamat Pagi rekan mahasiswa bagaimana kabarnya selama perkuliahan daring ini. semoga sehat selalu. pada pertemuan keduabelas ini kita akan membahas model-model pengembangan media pembelajaran sejarah.
Seorang pendidik atau guru dituntut untuk mempunyai berbagai keterampilan yng mendukung tugasnya dalam mengajar. Salah satu keterampilan tersebut adalah bagaimana seorang guru dapat menggunakan dan bahkan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Pengembangan media pembelajaran yang dapat direalisasikan dalam praktik. Di samping memahami penggunaannya, para guru patut berupaya untuk mengembangkan ketrampilan membuat sendiri media yang menarik, murah dan efisien, dengan tidak menolak kemungkinan pemanfaatan alat modern yang sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu dan teknologi. Guru harus bisa memilih media yang tepat dan menarik saat mengajar. Tuntutan era globalisasi dengan perkembangan tekonologi informasi dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pembelajaran sejarah.
Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk memahami dan dapat melaksanakan pengembangan media pembelajaran sejarah.
Silahkan isi absensi dengan format NPM_Nama Lengkap
Apabila ada pertanyaan dari materi yang belum dipahami, silahkan bertanya dan saling memberi pendapat pada forum ini!
web meeting menggunakan google meet.
silahkan klik web meeting berikut ini!
Berikut ini merupakan tugas yang harus dikerjakan mahasiswa. silahkan dikerjakan dan diunggah pada form yang telah disediakan dengan file pdf. File diberi nama dengan format NPM_NAMA LENGKAP. Selamat mengerjakan.
1. Jelaskan mengapa dalam pembelajaran sejarah perlu dilakukan pengembangan
2. Jelaskan model pengembangan media menurut Borg and Gall dan Sugiyono, dan analisislah kelebihan dan kekurangan pada kedua model tersebut
Pertemuan Ketigabelas (Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Dua Dimensi Non Proyeksi )
Assalamu'alaikum.. Wr. Wb. Tabik Punn
Selamat Pagi rekan mahasiswa bagaimana kabarnya selama perkuliahan daring ini. semoga sehat selalu. pada pertemuan ketiga belas ini kita akan membahas pengembangan media pembelajaran sejarah dua dimensi non proyeksi.
Seorang pendidik atau guru dituntut untuk mempunyai berbagai keterampilan yng mendukung tugasnya dalam mengajar. Salah satu keterampilan tersebut adalah bagaimana seorang guru dapat menggunakan dan bahkan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Pengembangan media pembelajaran yang dapat direalisasikan dalam praktik. Di samping memahami penggunaannya, para guru patut berupaya untuk mengembangkan ketrampilan membuat sendiri media yang menarik, murah dan efisien.
Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk memahami dan dapat melaksanakan pengembangan media pembelajaran sejarah dua dimensi non proyeksi.
Silahkan isi absensi dengan format NPM_Nama Lengkap
Apabila ada pertanyaan dari materi yang belum dipahami, silahkan bertanya dan saling memberi pendapat pada forum ini!
web meeting menggunakan google meet.
silahkan klik web meeting berikut ini!
Berikut ini merupakan tugas yang harus dikerjakan mahasiswa. silahkan dikerjakan dan diunggah pada form yang telah disediakan dengan file pdf. File diberi nama dengan format NPM_NAMA LENGKAP. Selamat mengerjakan. 1. Jelaskan media pembelajaran sejarah 2 dimensi non proyeksi. 2. Berikan 3 contoh media 2 dimensi dan jelaskan cara pembuatan dan cara melakukannya.
Pertemuan Keempatbelas (Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Dua Dimensi Non Proyeksi)
Assalamu'alaikum.. Wr. Wb. Tabik Punn
Selamat Pagi rekan mahasiswa bagaimana kabarnya selama perkuliahan daring ini. semoga sehat selalu. pada pertemuan keempat belas ini kita akan membahas pengembangan media pembelajaran sejarah dua dimensi non proyeksi.
Seorang pendidik atau guru dituntut untuk mempunyai berbagai keterampilan yng mendukung tugasnya dalam mengajar. Salah satu keterampilan tersebut adalah bagaimana seorang guru dapat menggunakan dan bahkan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Pengembangan media pembelajaran yang dapat direalisasikan dalam praktik. Di samping memahami penggunaannya, para guru patut berupaya untuk mengembangkan ketrampilan membuat sendiri media yang menarik, murah dan efisien.
Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk memahami dan dapat melaksanakan pengembangan media pembelajaran sejarah dua dimensi non proyeksi.
Silahkan isi absensi dengan format NPM_Nama Lengkap
Berikut ini merupakan tugas yang harus dikerjakan mahasiswa. silahkan dikerjakan dan diunggah pada form yang telah disediakan dengan file pdf. File diberi nama dengan format NPM_NAMA LENGKAP. Selamat mengerjakan. 1. Jelaskan media pembelajaran sejarah 2 dimensi non proyeksi. 2. Berikan 3 contoh media 2 dimensi dan jelaskan cara pembuatan dan cara melakukannya.
Pertemuan Kelimabelas (Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Komputer)
Assalamu'alaikum.. Wr. Wb. Tabik Punn
Selamat Pagi rekan mahasiswa bagaimana kabarnya selama perkuliahan daring ini. semoga sehat selalu. pada pertemuan kelimabelas ini kita akan membahas pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis komputer.
Seorang pendidik atau guru dituntut untuk mempunyai berbagai keterampilan yng mendukung tugasnya dalam mengajar. Salah satu keterampilan tersebut adalah bagaimana seorang guru dapat menggunakan dan bahkan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Pengembangan media pembelajaran yang dapat direalisasikan dalam praktik. Di samping memahami penggunaannya, para guru patut berupaya untuk mengembangkan ketrampilan membuat sendiri media yang menarik, murah dan efisien, dengan tidak menolak kemungkinan pemanfaatan alat modern yang sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu dan teknologi. Guru harus bisa memilih media yang tepat dan menarik saat mengajar. Tuntutan era globalisasi dengan perkembangan tekonologi informasi dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pembelajaran sejarah.
Setelah menyelesaikan materi ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk merancang pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis komputer.
Silahkan isi absensi dengan format NPM_Nama Lengkap
Berikut ini merupakan tugas yang harus dikerjakan mahasiswa. silahkan dikerjakan dan diunggah pada form yang telah disediakan dengan file pdf. File diberi nama dengan format NPM_NAMA LENGKAP. Selamat mengerjakan.
1. Jelaskan kelebihan dan kekurangan pengembangan pembelajaran sejarah berbasis komputer
2. Buatlah satu contoh konsep kerangka pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis komputer yang menarik!
Pertemuan Keenambelas (Ulangan Akhir Semester)
Silahkan isi absensi dengan format NPM_Nama Lengkap