Weekly outline
General
- Mata kuliah umum (MKU) Pendidikan Bahasa Indonesia bertujuan untuk memberi pengetahuan/ pemahaman yang mendalam terhadap kaidah bahasa Indonesia laras ilmiah, sehingga mahasiswa dapat menerapkan kaidah tersebut dalam setiap penggunaan bahasa Indonesia. Dengan demikian, setelah mengikuti perkuliahan MKU Bahasa Indonesia ada tiga manfaat yang diperoleh mahasiswa, yakni (a) pemahaman terhadap kaidah bahasa Indonesia, seperti EYD/EBI , kalimat efektif, dan penyusunan paragraf yang padu; (b) pelatihan secara intensif kaidah penggunaan bahasa Indonesia laras ilmiah; dan (c) terampil dan bersikap positif dalam penggunaan kaidah bahasa Indonesia laras ilmiah.
Perkuliahan bahasa Indonesia secara online dengan zoom. Setiap perkuliahan menggunakan link zoom di bawah ini.
Link zoom: https://us02web.zoom.us/j/87013167093?pwd=MTd1Z1UwWEEvajdUVDVjRGg0bHVKZz09
Minggu ke-1: 18 Februari 2022
Pendahuluan, kontrak kuliah, tata tertib, dan materi yang akan dipelajari.
Kuliah dengan zoom, silahkan bergabung dengan link zoom yang diberikan.
Minggu ke-2 : 25 Februari 2022
Tugas 1 Bahasa Indonesia. Tugas per kelompok dan setiap kelompok mengumpulkan satu file. Bahan resume berupa tulisan dapat diunduh di link:
https://bit.ly/bahanresumeAGR-A-2022
Minggu ke-3 : 04 Maret 2022
PERTEMUAN 9 (15/4/2022)
Menurut JS Badudu, kalimat efektif adalah kalimat yang baik karena apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh si pembaca (si penulis dalam bahasa tulis) dapat diterima dan dipahami oleh pendengar (pembaca dalam bahasa tulis) sama benar dengan apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh si penutur atau si penulis.
Ciri-ciri kalimat efektif, yakni kesepadanan, keparalelan, kehematan, kecermatan, kepaduan, dan kelogisan.
Berikut saya lampirkan materi tentang kalimat efektif, mohon dibaca dan dipahami dengan baik.
Ketentuan perkuliahan pert.9:
1. Mahasiswa wajib mengisi daftar hadir pada link gform yang tersedia maksimal 15 menit setelah perkuliahan dimulai.
2. Mahasiswa wajib membaca dan memahami materi yang ada.
3. Mahasiswa diperbolehkan menggunakan referensi buku atau internet.
4. Mahasiswa wajib mengisi responsi di hari yang sama dengan cara klik "reply" di forum RESPONSI PERT.9.
Perbaiki kalimat-kalimat berikut agar menjadi kalimat efektif!
- Bagi mahasiswa yang belum membayar SPP dilarang mengikuti ujian.
- Dalam tulisan itu mengemukakan bahwa perhatian orang tua sangat menentukan perkembangan jiwa anak.
- Pemberantasan perjudian itu polisi dibantu oleh masyarakat setempat.
- Inem yang berkaca mata hitam dan berambut kriting.
- Perampokan yang disertai dengan membunuh itu terjadi di perempatan Unila.
- Kedatangan Rektor Unila di Desa Suka Ribut bertujuan untuk meninjau mahasiswa KKN, pelantikan pengurus karang taruna, dan meresmikan gedung perjuangan desa.
Silakan isi daftar hadir pada link tsb.maksimal 15 menit setelah perkuliahan dimulai.
PERTEMUAN 10 (22/4/2022)
Paragraf adalah bagian bab dari suatu karangan. Dalam menyusun sebuah paragraf kamu perlu mengenali unsur-unsur yang diperlukan. Selain itu, paragraf juga terdiri dari beberapa jenis, yang setiap jenis memiliki tujuan dan letak ide pokok yang berbeda. Pengertian paragraf adalah gabungan dari tiga hingga tujuh kalimat yang berisi pikiran, gagasan, atau ide pokok. Paragraf biasa juga disebut sebagai karangan singkat karena berisi satu gagasan dalam sebuah topik.
Dalam menulis teks, paragraf menjadi komponen utama yang penting untuk menyampaikan maksud penulis kepada pembaca. Sebagai unsur bahasa terbesar sebelum wacana, paragraf memiliki komponen yang kompleks. Satu paragraf harus memiliki ide pokok dan serangkaian kalimat yang berhubungan satu sama lain.
Berikut saya lampirkan materi tentang jenis-jenis paragraf.
Ketentuan perkuliahan pert.10:
1. Mahasiswa wajib mengisi daftar hadir pada link gform yang tersedia maksimal 15 menit setelah perkuliahan dimulai.
2. Mahasiswa wajib membaca dan memahami materi yang ada.
3. Mahasiswa diperbolehkan menggunakan referensi buku atau internet.
4. Mahasiswa wajib mengisi responsi dengan batas waktu s.d. tgl 23-4-2022 dengan cara klik "reply" di forum RESPONSI PERT.10 dan ikuti ketentuan yg ada.
Buatlah satu wacana berisi 3 paragraf (deduktif, induktif, dan campuran) dengan topik sesuai dengan bidang ilmu Anda (Agronomi/Ilmu Pertanian)!
ketentuan:
- Garis bawahi atau cetak tebal kalimat utama di tiap paragraf.
- Beri keterangan jenis paragraf yang Anda buat. (misal: jenis paragraf argumentasi/deskripsi/persuasif/narasi/eksposisi)
- Hasil tugas berupa format pdf dan diunggah pada forum ini "RESPONSI PERT.10".
Silakan isi daftar hadir pada link tsb. maksimal 15 menit setelah perkuliahan dimulai.
PERTEMUAN 11 (29/4/2022)
Pola pengembangan paragraf merupakan cara seseorang penulis dalam mengembangkan pola pikirnya berupa pengembangan kalimat topik ke dalam kalimat-kalimat penjelas yang dituangkan dalam sebuah paragraf.
Dalam menyusun tulisan, pola pengembangan paragraf sangatlah penting. Pola pengembangan paragraf berguna untuk membuat tulisan lebih jelas serta lebih runtut. Mengutip dari Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lampung, pola pengembangan paragraf merupakan cara penulis untuk mengembangkan pola pikiran dalam suatu paragraf. Pengembangan pola pikiran ini bisa dilakukan dengan mengembangkan kalimat topik ke dalam berbagai kalimat penjelas yang ada dalam paragraf. Menurut Munirah dalam Buku Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf (2015), pola pengembangan paragraf bisa dilakukan melalui berbagai cara yang telah disesuaikan dengan sifat paragraf tersebut.
Ketentuan perkuliahan pert.11:
1. Mahasiswa wajib mengisi daftar hadir pada link gform yang tersedia maksimal 15 menit setelah perkuliahan dimulai.
2. Mahasiswa wajib membaca dan memahami materi yang ada.
3. Mahasiswa tidak diperkenankan melakukan plagiasi dari sumber manapun.
4. Mahasiswa wajib mengisi responsi di hari ini maksimal pkl 23.59 wib dengan cara klik "reply" di forum RESPONSI PERT.11.
Buatlah dua paragraf dengan memperhatikan ejaan dan pola pengembangan paragraf.
Ketentuan:
1. Garis bawahi/cetak tebal kalimat utama dalam paragraf tsb.
2. Beri keterangan tentang jenis paragraf dan pola pengembangannya. mis. (paragraf deduktif-pola definisi luas).
3. Hasil tugas berupa format pdf dan diunggah pada forum ini "RESPONSI PERT.11".
Silakan isi daftar hadir pada link tsb.maksimal 15 menit dari waktu perkuliahan dimulai.
PERTEMUAN 12 (13/5/2022)
Bahasa merupakan media yang digunakan berkomunikasi baik secara tulis maupun lisan. Penggunaan bahasa tulisan yang baik dan benar adalah sesuai dengan Kaidah tata Bahasa Ejaan Bahasa Indonesia tataran yang berkaitan dengan tata Bahasa adalah ejaan, morfologi, dan sintaksis. Tataran ini mendukung tulisan menjadi lebih ilmiah, terstruktur, dan ternilai. Namun faktanya sangat banyak kesalahan berbahasa di semua tataran. Banyak yang masih mengabaikan pemilihan kata, penulisan partikel,penggunaan kata hubung yang tepat, dan bahkan penselarasan makna.
Kesalahan berbahasa dapat ditemukan dalam tulisan mana pun, dalam karya tulis ilmiah, karya sastra, iklan slogan, artikel, dan sebagainya. Skripsi adalah salah satu karya tulis ilmiah yang kedalamannya masih terdapat banyak kesalahan berbahasa baik secara penulisan kata baku, penggunaan partikel dengan tepat, pemahaman makna sehingga menjadi kalimat tidak efektif dan sulit dipahami.
Ketentuan perkuliahan pert.12:
1. Mahasiswa wajib mengisi daftar hadir pada link gform yang tersedia maksimal 15 menit setelah perkuliahan dimulai.
2. Mahasiswa wajib membaca dan memahami materi yang ada.
3. Mahasiswa tidak diperkenankan melakukan plagiasi dari sumber manapun.
4. Mahasiswa wajib mengisi responsi maksimal pkl tanggal 14 Mei 2022 dengan cara klik "reply" di forum RESPONSI PERT.12.
Tugas Responsi:
1. Buatlah analisis kesalahan berbahasa dari dua buah artikel online (kesalahan ejaan dan katidakefektifan kalimat)
2. Tentukan jenis paragraf dan kalimat utama pada artikel tsb.
Ketentuannya:
1. Hasil tugas berupa format MS.Word (diunggah pada forum responsi pert.12)
2. Halaman pertama berisi tangkap layar/SS artikel online yg akan dianalisis kesalahan berbahasanya dan cantumkan alamat websitenya.
3. Halaman selanjutnya analisis kesalahan berbahasa (kesalahan ejaan dan katidakefektifan kalimat).
Silakan isi daftar hadir pada form tsb.maksimal 15 menit dari perkuliahan dimulai.
9 May - 15 May
16 May - 22 May
Setiap mahasiswa ditugasi mengunggah satu artikel ilmiah primer.
23 May - 29 May
30 May - 5 June
Bacalah salah satu paragraf pada Bab Pendahuluan artikel jurnal ilmiah (sesuai dengan tugas sebelumnya). Tunjukkan atau jelaskan apakah paragraf tersebut memiliki kohesi dan koherensi yang baik.
1) Tunjukkan dan jelaskan tingkat kohensi dan koherensi pada Bab "Hasil dan Pembahasan" pada artikel jurnal ilmiah (sesuai dengan tugas sebelumnya).
2) Tunjukkan apakah hasil penelitian pada artikel ilmiah itu mendukung hasil-hasil penelitian sebelumnya (hipotesis terbukti)