General
Pertemuan VI
AKTIVITAS PERTEMUAN V HARI I dan II
Sub-CPMK-5:
Mahasiswa dapat mengembangkan skenario pembelajaran interdisipliner berorientasi pada HOTS dengan pendekatan STEM 4.0 pada materi IPA di SD.
Indikator:
6.1. Ketepatan dan kesesuaian dalam merancang pembelajaran interdisipliner berbasis CTS dengan pendekatan STEM 4.0 pada materi IPA di SD.
Materi:
Pengembangan RPP.
Petunjuk:- Perkuliahan berjalan secara asynchronous (mahasiswa melakukan kegiatan sesuai petunjuk di Vclass).
Mahasiswa secara individual mengerjakan Project (Bag. 1): Mengembangkan RPP pembelajaran interdispliner berbasis Critical Thinking Skills (CTS) dengan pendekatan STEM 4.0 atau pendekatan saintifik pada materi IPA di SD.
Ini adalah layanan komunikasi untuk memaparkan materi dan diskusi.
Berikut ini adalah materi perkuliahan. Silahkan unduh untuk dapat mempelajarinya kembali dengan lebih mudah.
Contoh RPP Pembelajaran IPA di SD (Model Discovery Learning dan Pendekatan Saintifik)
Contoh RPP Pembelajaran IPA di SD (Model Project-based Learning dan Pendekatan STEM)
Petunjuk:
- Mahasiswa secara individual mengerjakan Project Bag. 1: Mengembangkan RPP pembelajaran interdispliner berorientasi pada Critical Thinking Skills (CTS) pada materi IPA di SD.
- RPP dikembangkan dengan menggunakan salah satu model pembelajaran ini: Discovery/Inquiry Learning, Problem-based Learning, atau Project-based Learning.
- RPP dikembangkan dengan menggunakan salah satu pendekatan ini: pendekatan STEM 4.0 atau pendekatan saintifik.
- RPP yang dikembangkan mengacu pada capaian pembelajaran yang mengandung materi-materi berikut ini.
- Mahasiswa memilih satu materi di dalam daftar pada poin (2) sebagai bahan pengembangan RPP.
- Setiap mahasiswa memilih 1 materi yang berbeda dengan mahasiswa lainnya. Jika semua materi yang disediakan sudah dipilih sedangkan masih ada mahasiswa yang belum menentukan materi, maka mahasiswa tersebut boleh memilih kembali 1 materi yang sama (Catatan: 1 materi hanya boleh dipilih maksimal oleh 2 orang).
- Project ini akan di-review bersama pada pertemuan ke-7 hari ke-1 sesuai jadwal perkuliahan.
- Project ini dikerjakan selama 2 minggu dan dikumpulkan maksimal pada pertemuan ke-8 hari ke-1 pada Kamis, 14 April 2022, pukul 10.00 WIB.