General
Pertemuan IV
AKTIVITAS PERTEMUAN IV HARI I
Sub-CPMK-4:
Mahasiswa dapat memahami pembelajaran interdispliner berorientasi pada HOTS dengan pendekatan STEM 4.0 pada materi IPA di SD.
Indikator:
4.1. Ketepatan dalam menelaah berbagai disiplin ilmu, elemen CTS dan komponen STEM 4.0 dalam pembelajaran IPA di SD.
- Secara teoritis, kita sudah mempelajari kajian-kajian teori pembelajaran interdisipliner dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan HOTS, terutama keterampilan berpikir kritis; pada materi IPA SD.
- Sebelum kita lanjut untuk mengembangkan desain pembelajaran berdasarkan pada kajian-kajian tersebut, ada yang perlu diketahui apakah kita sudah layak memberikan pembelajaran tersebut (Sederhananya: Apakah kita sudah berpikir kritis untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi IPA SD?)
- Oleh karena itu, pada pertemuan ini diberikan tes pengetahuan (pada materi IPA) yang didesain sampai pada level HOTS.
- Tes dilakukan selama 60 menit.
- Setelah tes pengetahuan, dosen dan mahasiswa bertatap maya untuk membahas soal-soal pada tes tersebut selama 40 menit berikutnya.
Petunjuk
- Mahasiswa yang mengerjakan tes ini adalah hanya mahasiswa dengan NPM ganjil.
- Bentuk soal berupa essay dengan materi IPA yang berjumlah 6 butir soal.
- Waktu pengerjaan berdurasi 60 menit, dimulai pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB.
- Ketikkan jawaban kalian pada tempat yang telah disediakan. Jika jawaban menuntut adanya gambar, maka lampirkanlah gambar yang merupakan jawaban Anda dengan cara menggunggahnya (Layanan upload/unggah hanya untuk gambar, bukan tulisan).
- Waktu 60 menit dihitung sejak Anda membuka tes ini dan akan menutup secara otomatis jika sudah berjalan 60 menit atau sudah mencapai pukul 11.00 WIB.
- Jawaban secara otomatis tersimpan ketika Anda mengakhiri tes (Submit jawaban) atau waktu sudah habis.
Petunjuk
- Mahasiswa yang mengerjakan tes ini adalah hanya mahasiswa dengan NPM genap.
- Bentuk soal berupa essay dengan materi IPA yang berjumlah 6 butir soal.
- Waktu pengerjaan berdurasi 60 menit, dimulai pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB.
- Ketikkan jawaban kalian pada tempat yang telah disediakan. Jika jawaban menuntut adanya gambar, maka lampirkanlah gambar yang merupakan jawaban Anda dengan cara menggunggahnya (Layanan upload/unggah hanya untuk gambar, bukan tulisan).
- Waktu 60 menit dihitung sejak Anda membuka tes ini dan akan menutup secara otomatis jika sudah berjalan 60 menit atau sudah mencapai pukul 11.00 WIB.
- Jawaban secara otomatis tersimpan ketika Anda mengakhiri tes (Submit jawaban) atau waktu sudah habis.
Ini adalah layanan bagi dosen dan mahasiswa untuk bertatap maya mendiskusikan materi perkuliahan.
AKTIVITAS PERTEMUAN IV HARI II
Sub-CPMK-4:
Mahasiswa dapat memahami pembelajaran interdispliner berorientasi pada HOTS dengan pendekatan STEM 4.0 pada materi IPA di SD.
Indikator:
4.2. Ketepatan dalam mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu, elemen CTS dan komponen STEM 4.0 dalam pembelajaran IPA di SD.
Petunjuk:- Perkuliahan berjalan secara asynchronous (mahasiswa melakukan kegiatan sesuai petunjuk di Vclass).
- Sesuai dengan kelompok yang dibentuk dalam Latihan Kerja Mahasiswa I (Kelompok) pada Pertemuan III Hari II, kerjakan Latihan Kerja Mahasiswa II (Kelompok) seperti petunjuk yang diberikan.
- Sebelum, selama atau sesudah melakukan latihan tersebut, mahasiswa dapat menonton dan mempelajari video pembelajaran yang disajikan sebelumnya.
Berikut ini adalah video tentang pengalaman guru SD yang telah melibatkan lingkungan di luar sekolah dalam pembelajaran. Silahkan tonton dan pahami apa yang sajikan dalam video tersebut sehingga pemahaman kalian menjadi lebih dalam dan mempermudah penyusunan skenario dan praktik pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan-pertemuan berikutnya.
Petunjuk Diskusi:
- Fokuskan perhatian kalian pada kegiatan pembelajaran di lingkungan luar sekolah.
- Pelajari dan pahami manfaat pembelajaran yang melibatkan lingkungan dii luar sekolah.
Bagian ini juga disertai dengan Layanan Diskusi sebagai media tanya-jawab terkait dengan konten dalam video pembelajaran yang disajikan.
Catatan:
- Silahkan klik judul Sub-Bagian ini (Video Pembelajaran dan Diskusi).
- Klik Layanan Diskusi dan kemudian pilih Reply untuk memberikan pertanyaan atau memberikan tanggapan terkait dengan pertanyaan yang tersedia.
Petunjuk Pelaksanaan Latihan
- Bentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang (jika kelompok terakhir tidak terpenuhi 4 orang, maka anggota kelompok dapat berjumlah 3 atau 5). Kelompok ini merupakan kelompok yang sama seperti kelompok pada Latihan I.
- Tonton dan pelajari konten dalam video pembelajaran yang disajikan berikut ini.
- Berdasarkan video tersebut, silahkan kerjakan dalam kelompok poin-poin latihan yang disajikan dalam Lembar Latihan Kerja berikut ini (Dapat diunduh).
- Setelah Lembar Latihan Kerja telah terisi berdasarkan pada hasil kerja kelompok, convert ke dalam .pdf.
- Upload kembali Lembar Latihan Kerja dalam bentuk .pdf tersebut di sini.
- Waktu pengumpulan dibatasi pada pukul 08.00 - 09.40 WIB.