General
Pertemuan III
AKTIVITAS PERTEMUAN III HARI I
Sub-CPMK-1:
Mahasiswa dapat memahami pembelajaran interdisipliner dengan pendekatan STEM 4.0 pada materi IPA di SD.
Indikator:
3.1. Ketepatan dalam memaknai komponen STEM 4.0.
3.2. Ketepatan dalam menjelaskan pembelajaran dengan mempertimbangkan komponen STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematics) pada materi IPA di SD
Ini adalah layanan bagi dosen dan mahasiswa untuk memaparkan materi perkuliahan dan berdiskusi lebih lanjut.
Silahkan
Berikut ini adalah materi perkuliahan. Silahkan unduh untuk dapat mempelajarinya kembali dengan lebih mudah.
Materi Presentasi
Video ini berisi penjelasan tentang STEM dengan bahasa yang berbeda untuk mempertajam pemahaman.
Materi Tambahan I
Materi Tambahan II
Materi Tambahan III
- Ini disajikan untuk membantu mahasiswa dalam memahami Pendekatan STEM dalam pembelajaran. Silahkan dikerjakan sesuai dengan petunjuk di bawah ini.
Petunjuk Pengerjaan- Perhatikan dan pelajari video pembelajaran yang disajikan.
- Kerjakan soal-soal yang mengikutinya pada form yang disediakan.
- Waktu pengerjaan dilakukan selama 40 menit, dimulai pada pukul 11.00 - 11.40 WIB dan akan ditutup setelah perkuliahan berakhir.
AKTIVITAS PERTEMUAN III HARI I
Sub-CPMK-3:
Mahasiswa dapat memahami pembelajaran interdisipliner dengan pendekatan STEM 4.0 pada materi IPA di SD.
Indikator:
3.3. Ketepatan dan kesesuaian dalam mensimulasikan Science, Technology, Engineering dan Mathematics dalam pembelajaran pada materi IPA di SD
Berikut ini adalah video tentang pengalaman guru SD yang telah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan STEM. Silahkan tonton dan pahami apa yang sajikan dalam video tersebut sehingga pemahaman kalian menjadi lebih dalam dan mempermudah penyusunan skenario dan praktik pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan-pertemuan berikutnya.
Petunjuk Diskusi:
- Fokuskan perhatian kalian pada komponen-komponen STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematics)
- Pelajari dan pahami keterkaitan antara komponen-komponen STEM tersebut dalam membentuk kemampuan siswa.
Bagian ini juga disertai dengan Layanan Diskusi sebagai media tanya-jawab terkait dengan konten dalam video pembelajaran yang disajikan.
Catatan:
- Silahkan klik judul Sub-Bagian ini (Video Pembelajaran dan Diskusi).
- Klik Layanan Diskusi dan kemudian pilih Reply untuk memberikan pertanyaan atau memberikan tanggapan terkait dengan pertanyaan yang tersedia.
Petunjuk Pelaksanaan Latihan
- Bentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang (jika kelompok terakhir tidak terpenuhi 4 orang, maka anggota kelompok dapat berjumlah 3 atau 5).
- Tonton dan pelajari konten dalam video pembelajaran yang disajikan berikut ini.
- Berdasarkan video tersebut, silahkan kerjakan dalam kelompok poin-poin latihan yang disajikan dalam Lembar Latihan Kerja berikut ini (Dapat diunduh).
- Setelah Lembar Latihan Kerja telah terisi berdasarkan pada hasil kerja kelompok, convert ke dalam .pdf.
- Upload kembali Lembar Latihan Kerja dalam bentuk .pdf tersebut di sini.
- Waktu pengumpulan dibatasi pada pukul 08.00 - 09.40 WIB.