Weekly outline
General
Profil Dosen Pengampu mata kuliah
Drs. Darlen Sikumbang, M.Biomed.
Tabik Pun
Salam sehat bagi kita
Kita akan mulai perkuliahan dengan penuh semangat y
Pertemuan pertama (Kontrak Kuliah dan RPS)
Mata kuliah ini memiliki capaian pembelajaran:
Memahami secara mendalam ilmu gizi dan kesehatan dan merancang program pendidikan gizi serta mengkaji permasalahan gizi berdasarkan hasil-hasil penelitian
Tujuan pembelajaran untuk pertemuan pertama:
1. Menjelaskan kontrak kuliah
2. Menjelaskan sejarah ilmu gizi dan kesehatan.
3. Menjelaskan Pengertian ilmu gizi dan kesehatan.
4. Menjelaskan keterkaitan ilmu gizi dengan ilmu lainnya
Motivasi: manfaat perkuliahan ini dapat merancang pola makan yang sehat
Pahamilah dengan seksama PPT kontrak kuliah dan pengenalan materi dengan sebaik-baiknya
Rangkuman minggu pertama:
1. Kontrak kuliah disepakati
2. Tugas diupload di virtual kelas
3. Sejarah ilmu gizi
4. Pengertian Ilmu Gizi
Pertemuan ke 2 (Sejarah Ilmu Gizi kesehatan)
Kegiatan Awal
Tabik Pun
Salam sehat bagi kita
Pertemuan hari ini memiliki capaian pembelajaran yakni:
1. Menjelaskan sejarah ringkas ilmu gizi dan kesehatan
2. Menjelaskan keterkaitan ilmu lainnya dengan ilmu gizi dan kesehatan
3. Menjelaskan peranan ilmu gizi dan kesehatan bagi masyarakat
Bacalah dengan sebaik-baiknya PPT pertemuan 2 ini
Setelah membaca PPT materi pertemuan ke-2
Kita lanjutkan diskusi kelas melalui google meeting
silahkan join y link: https://meet.google.com/tte-zysi-ibm
Kesimpulan hari ini:
Beberapa penelitian yang menegaskan bahwa ilmu gizi sudah ada sejak dulu, antara lain:
- Penelitian tentang Pernafasan
dan Kalorimetri – Pertama dipelajari oleh Antoine Lavoisier
(1743-1794). Mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan
energi makanan yang meliputi proses pernafasan, oksidasi dan
kalorimetri. Kemudian berkembang hingga awal abad 20, adanya penelitian
tentang pertukaran energi dan sifat-sifat bahan makanan pokok.
- Penemuan Mineral – Sejak lama mineral telah diketahui dalam tulang
dan gigi. Pada tahun 1808 ditemukan kalsium. Tahun 1808, Boussingault
menemukan zat besi sebagai zat esensial. Ringer (1885) dan Locke (1990),
menemukan cairan tubuh perlu konsentrasi elektrolit tertentu. Awal abad
20, penelitian Loeb tentang pengaruh konsentrasi garam natrium, kalium
dan kalsium klorida terhadap jaringan hidup.
- Penemuan Vitamin – Awal abad 20, vitamin sudah dikenal. Sejak tahun
1887-1905 muncul penelitian-penelitian dengan makanan yang dimurnikan
dan makanan utuh. Dengan hasil: ditemukan suatu zat aktif dalam makanan
yang tidak tergolong zat gizi utama dan berperan dalam pencegahan
penyakit (Scurvy dan Rickets). Pada tahun 1912, Funk mengusulkan memberi
nama vitamine untuk zat tersebut. Tahun 1920, vitamin diganti menjadi
vitamine dan diakui sebagai zat esensial.
- Penelitian Tingkat Molekular dan Selular – Penelitian ini dimulai
tahun 1955, dan diperoleh pengertian tentang struktur sel yang rumit
serta peranan kompleks dan vital zat gizi dalam pertumbuhan dan
pemeliharaan sel-sel. Setelah tahun 1960, penelitian bergeser dari
zat-zat gizi esensial ke inter relationship antara zat-zat gizi, peranan
biologik spesifik, penetapan kebutuhan zat gizi manusia dan pengolahan
makanan thdp kandungan zat gizi.
- Keadaan Sekarang – Muncul konsep-konsep baru antara lain: pengaruh keturunan terhadap kebutuhan gizi; pengaruh gizi terhadap perkembangan otak dan perilaku, kemampuan bekerja dan produktivitas serta daya tahan terhadap penyakit infeksi. Pada bidang teknologi pangan ditemukan : cara mengolah makanan bergizi, fortifikasi bahan pangan dengan zat-zat gizi esensial, pemanfaatan sifat struktural bahan pangan, dsb. FAO dan WHO mengeluarkan Codex Alimentaris (pera
- turan food labeling dan batas keracunan).
- Penelitian tentang Pernafasan
dan Kalorimetri – Pertama dipelajari oleh Antoine Lavoisier
(1743-1794). Mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan
energi makanan yang meliputi proses pernafasan, oksidasi dan
kalorimetri. Kemudian berkembang hingga awal abad 20, adanya penelitian
tentang pertukaran energi dan sifat-sifat bahan makanan pokok.
Pertemuan ke-3 (Prinsip Dasar Imu Gizi Kesehatan)
Kegiatan Awal
Tabik pun ...
Salam sehat semuanya
Capaian pembelajaran pertemuan ke-2:
1. Menjelaskan sejarah ringkas ilmu gizi dan kesehatan
2. Menjelaskan keterkaitan ilmu lainnya dengan ilmu gizi dan kesehatan
3. Menjelaskan peranan ilmu gizi dan kesehatan bagi masyarakat
- Pahami kasus pada wacana di LKM, kemudian pecahkan kasus pada wacana ini!
Setelah kita diskusi, maka kesimpulan hari ini:
1. Penggolongan berdasarkan besar komponen:•Zat Gizi Makro: Karbohidrat, Protein dan Lemak•Zat Gizi Mikro : Vitamin, Mineral2. Penggolongan berdasarkan fungsi dari zat gizi :•Sumber tenaga (karbohidrat, lemak dan protein)•Zat pembangun (protein, mineral)•Zat pengatur (vitamin, protein dan mineral)3. Penggolongan berdasarkan Struktur Kimia•Organik : KH, protein, Lemak dan vitamin•Non-organic : mineral dan Air
Minggu ke IV (Keseimbangan Energi)
Kegiatan Awal
Tabikpun...... Salam Sehat selalu
Hari ini, capaian pembelajaran:
1. Menjelaskan karakteristik keseimbangan energi
2. Menjelaskan keterkaiatan hukum energi dan gizi
3. Menjelaskan kesetimbangan energi jika terjadi obesitas
4. Menjelaskan manfaat energi dari makanan
5. Menentukan AKG pada setiap individu
Motivasi: Menjaga AKG bagi mahasiswa
- Pahami materi di you tube di bawah ini
Silahkan upload tugas dengan format doc (makalah) dan PPT (untuk PPT) dibuat dalam satu folder (Zip atau Winrar) dengan format nama file:nama kelompok_kelas
Mari kita diskusi kelas menggunakan link zoom yang dishare di wa grup kelas
Pahamilah Materi Keseimbangan Energi dibawah ini
Kesimpulan materi hari ini adalah:
Vitamin merupkana komponen minor tetapipenting bagi bahan panganVitamin dibutuhkan untuk pertumbuhan yangnormal, memelihara, dan menjaga fungsi tubuh
Pertemuan ke-5 (Karbohidrat)
Kegiatan Awal
Tabik pun
Salam sehat sehat selalu
Pertemuan ke 5, capaian pembelajaran sebagai berikut:
1. Menjelaskan Nilai Gizi bahan makanan yang mengandung karbohidrat
2. Menganalisis pencernaan dan absorbsi karbohidrat
3. Menjelaskan penyakit dan kelaian disebabkan kelebihan maupun kekurangan karbohidrat
Apersepsi: apakah sama nilai gizi pada makanan yang mengandung karbohidrat?
Pahami youtube dibawah ini, setelah itu join di zoom y
Silahkan upload tugas dengan format doc (makalah) dan PPT (untuk PPT) dibuat dalam satu folder (zip atau winrar) dengan format nama file:nama kelompok_tugas kelompok_kelas
Kegiatan Akhir
Setelah kita melakukan diskusi, maka kesimpulan hari ini:
•Dibutuhkan tubuh untuk sumber energi (energi dibutuhkan untuk aktivitas : berlari, belajar, bekerja dll)•Membantu penyerapan , merangsang pertumbuhan bakteri usus.•Bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat biasanya adalah makanan pokok seperti : beras, gandum, sagu, jagung, kentang, ubi kayu dan berbagai makanan olahannya (roti, nasi, dll)
Pertemuan ke-6 (Protein)
Kegiatan Awal
Tabik pun
Selamat Pagi.........salam semua untuk kita
Hari ini capaian pembelajaran
1. Menjelaskan Nilai gizi bahan makanan mengandung protein
2. Menganalis proses pencernaan dan absorbsi makanan yang mengandung protein
- Pahami materi melalui youtube dibawah ini
Siahkan upload tugas dengan format doc (makalah) dan PPT (untuk PPT) dibuat dalam satu folder (zip atau winrar) dengan format nama file: namakelompok_tugaskelompok_kelas
Setelah mendiskusi, kesimpulan materi hari ini:
Berfungsi untuk :
•Pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan, pembentukan antibodi, transpor nutrient.• memperbaiki sel-sel dan jaringan tubuh yang rusakProtein Nabati :
protein yang berasal dari tumbuhan
Protein hewani :
protein yang berasal dari hewan
Minggu ke-7 (Lemak)
Kegiatan Awal
Tabik pun
Salam sehat sehat selalu
Pertemuan ke 5, capaian pembelajaran sebagai berikut:
1. Menjelaskan Nilai Gizi bahan makanan yang mengandung lemak
2. Menganalisis pencernaan dan absorbsi lemak
3. Menjelaskan penyakit dan kelaian disebabkan kelebihan maupun kekurangan lemak
Apersepsi: apakah sama nilai gizi pada makanan yang mengandung lemak?
Pahami materi ini melalui link youtube ini
Silahkan tuliskan pertanyaan Anda melalui ruang diskusi, kemudian kelompok yang mempresentasi akan menjawabnya
Silahkan tugas Anda
Fungsi :
•Berfungsi sebagai sumber energi, membangun jaringan, memeberi rasa kenyang, dan sebagai pelarut atau pembawa vitamin.•Cadangan makananLemak Nabati :
Lemak yang berasal dari tumbuhan
Lemak Hewani : Lemak yang berasal dari hewan
Minggu ke 8 (Vitamin)
Kegiatan Awal
Tabik Pun
Salam sehat semuanya
Capaian pembelajaran hari ini:
1. Menganalisis perbedaan sifat dan manfaat vitamin
2. Menjelaskan kelebihan dan kekurangan vitamin
3. Menjelaskan proses pencernaan vitamin
Silahkan pahami link youtube ini, kemudian tuliskan pertanyaan serta presenter menjawabnnya
Silahkan letakkan tugas makalah dan PPT di kolom assigment
Kesimpulan materi hari ini adalah:
Vitamin merupkana komponen minor tetapipenting bagi bahan panganVitamin dibutuhkan untuk pertumbuhan yangnormal, memelihar
a, dan menjaga fungsi tubuh
Pertemuan ke-9 (Mineral)
Kegiatan Awal
Tabik pun
Salam sehat semuanya
Capain pertemuan hari ini:
1. Menjelaskan Nilai Gizi bahan makanan yang mengandung mineral dan air
2. Menganalisis pencernaan dan absorbsi mineral dan air
3. Menjelaskan penyakit dan kelaian disebabkan kelebihan maupun kekurangan mineral dan air
Apersepsi: apakah sama nilai gizi pada makanan yang mengandung mineral?
Pahami materi ppt dilabel kemudian tuliskan masing-masing satu pertanyaan dan akan dijawab oleh presenter
Silahkan tuliskan masing-masing satu pertanyaan, kemudian di jawab oleh presenter
Setelah anda memberikan pertanyaan silahkan join di zoom yach, telah di share di wa grup
Kegiatan penutup, kesimpulan materi hari ini:
1.Mineral merupakan suatu senyawa yang terdapat di alam dengan kandungan kimia homogen, dan bentuk yang teratur (sistem kristal) yang terbentuk secara alamiah atau melalui proses anorganik.
2. Air adalah senyawa kimia yang merupakan hasil ikatan dari unsur hidrogen (H2) yang bersenyawa dengan unsur oksigen (O) dalam hal ini membentuk senyawa H2O. Air merupakan cairan dari setiap sel, kandungan air bagi setiap jaringan tubuh sangat bervariasi misalnya jaringan otot sekitar 7,5%, jaringan lemak sekitar 2%, darah sekitar 90%
3. Penggolangan mineral: Mineral Esensial dan non esensial
4. Proses ingesti biasanya melibatkan beberapa tipe manipulasi mekanik.
Pencernaan dibagi menjadi lima proses terpisah:
a. Injesti: Menaruh makanan di mulut
b.Pencernaan mekanik: Mastikasi, penggunaan gigi untuk merobek dan menghancurkan makanan, dan menyalurkan ke perut.
c.Pencernaan kimiawi: Penambahan kimiawi (asam, 'bile', enzim, dan air) untuk memecah molekul kompleks menjadi struktur sederhana
d. Penyerapan: Gerakan nutrisi dari sistem pencernaan ke sistem sirkulator dan 'lymphatic capallaries' melalui osmosis, transport aktif, dan difusi
e. Penyingkiran: Penyingkiran material yang tidak dicerna dari 'tract' pencernaan melalui defekasi. Di belakang proses tersebut adalah gerakan otot di seluruh sistem deglutisi dan peristalsis.
.
Silahkan upload tugas makalah di sini yach
Pertemuan ke10 (UTS)
Ujian Tengah Semester
1. Jelaskan keterkaitan ilmu gizi kesehatan dengan toksikologi!
2. Menurut Anda apakah mengkonsumsi nasi dengan mie instan dapat dibenarkan berdasarkan kajian ilmu gizi kesehatan? Jelaskan alasan Saudara
Soal no 3
3. Jelaskan menu seimbang yang dikonsumsi seseorang jika orang ini memiliki riwayat busung lapar!
4. Apakah mengkonsumsi makanan beragam tanpa memperhatikan jumlah dan proporsinya sudah benar? Jelaskan!
5. Seseorang terkena gejalah kesemutan di organ gerak, vitamin apa yang dapat dikonsumsi oleh orang tersebut!
Pertemuan ke 11 (Pencernaan dan absorbsi Nutrien)
Tabikpun
Capaian Pembelajaran
1. Menjelaskan penyerapan zat gizi
2. Menjelaskan Fungsi zat gizi
Pahami materi PPT hari ini, kemudian tuliskan pertanyaan di forum kegiatan inti
Silahkan letakkan tugas kelompok anda
Pertemuan 12: Metabolisme gizi dalam pencerncaan
Kegiatan Awal
Tabikpun
Selamat pagi
Capaian pembelajaran:
1. Menganalis metabolisme dalam pencernaan
2. Menjelaskan penyakit/gejalah pada sistem pencernaan
3. Menjelaskan solusi terhadap penyakit/gejalah sistem pencernaan
Pahami materi di ppt kemudian tuliskan masing-masing 1 pertanyaan dan di jawab oleh presenter
letakkan makalah tugas kelompok dalam bentuk pdf
Pertemuan ke 13 (Dampak Mallnutrisi bagi sistem pencernaan)
Kegiatan Awal
Capaian pembelajaran
1. Menjelaskan faktor-faktor yang dapat menyebabkan malnutrisi
2. Menganalisis dampak malnutris bagi pencernaan
Pahami PPT dibawah ini kemudian tuliskan pertanyaan saudara disini yach
Setelah saudara paham kita lanjutin diskusi kelas melalui zoom
Pertemuan ke-14 (Dampak mallnutrisi bagi sistem pencernaan II)
Kegiatan Awal
Tabikpun
Selamat Pagi
Hari ini tujuan Capaian pembelajaran
1. Menjelaskan faktor-faktor yang dapat menyebabkan malnutrisi
2. Menganalisis dampak malnutris bagi pencernaan
Motivasi dengan topik materi hari ini membuat lebih teliti dalam membeli makanan yang baik bagi sistem pemcernaan kita
Pahami materi dengan tepat, kemudian tuliskan satu pertanyaan
31 May - 6 June
7 June - 13 June