Ringkasan topik

  • Selamat Datang di Kelas Pengembangan Kecerdasan Majemuk

    PROFIL MATA KULIAH

    Nama Program Studi : Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

    Nama Mata Kuliah      : Pengembangan Kecerdasan Majemuk

    Kode Mata Kuliah        : PUD620204

    SKS                                : 3 SKS

    Dosen Pengampu        : Ulwan Syafrudin, M.Pd. dan Sugiana, M. Pd.

  • KONSEP DASAR KECERDASAN

    Assalamualaikum Wr. Wb. 

    Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua

    Pada pertemuan Ke-2 mata kuliah Pengembangan Kecerdasan Majemuk ini, semoga kita semua diberi kesehatan dan dalam keadaan baik, sehingga dapat mengikuti proses perkuliahan dengan maksimal. Sebelum pemberian materi, silahkan Mengisi daftar hadir pada Kolom Daftar Hadir Pertemuan ke-2.

    Topik hari ini diharapkan mahasiswa mampu dalam hal sebagai berikut: 1) Menjelaskan konsep Kecerdasan dari sisi landasan filosofi, psikologis, dan teknologis; 2) Menjelaskan Perkembangan otak; dan 3) Menguasai sejumlah teori perkembangan kecerdasan

  • KONSEP DASAR KECERDASAN MAJEMUK

    Assalamualaikum Wr. Wb. 

    Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua,,,,,

    Semoga kita semua diberi kesehatan dan dalam keadaan baik, sehingga dapat mengikuti proses perkuliahan dengan maksimal. Sebelum pemberian materi, silahkan Mengisi daftar hadir pada Kolom Daftar Hadir Pertemuan ke-3.

    Topik pada pertemuan Ke-3 mata kuliah Pengembangan Kecerdasan Majemuk ini, diharapkan mahasiswa mampu dalam hal sebagai berikut: 1) Menjelaskan konsep kecerdasan majemuk dari sisi landasan filosofi, psikologis, dan teknologis; 2) Menjelaskan sejumlah teori Kecerdasan Majemuk; 3) Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam melakukan diskusi terkait teori dan paradigma kecerdasan majemuk dalam pendidikan.

  • ASPEK-ASPEK KECERDASAN MAJEMUK, FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN HAMBATAN PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK

    Assalamualaikum Wr. Wb. 

    Selamat siang dan salam Sejahtera untuk kita semua,,,, 

    semoga kita selalu diberi kesehatan, sehingga dapat mudah memahami topik hari ini... sebelum memulai materi hari ini, silahkan mengisi daftar hadir di kolom daftar hadir di pertemuan ke-4 ini. 

    Mahasiswa diharapkan mampu: 

    1. Menjelaskan aspek-aspek dari 9 kecerdasan Majemuk
    2. Menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan majemuk
    3. Menjelaskan hambatan dalam pengembangan kecerdasan majemuk
    4. Menemukan hambatan dalam pelaksanaan pengembangan kecerdasan majemuk selama diskusi di kelas
    5. Mengkaji implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang bernilai humanis dalam menyelesaikan hambatan pada pengembangan kecerdasan majemuk dalam forum diskusi
    6. Menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah anak usia dini secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam mencari solusi dari hambatan pengembangan kecerdasan majemuk
    7. Memecahkan permasalahan terkini tentang hambatan dalam pengembangan kecerdasan majemuk berdasarkan hasil penelitian.

  • FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN HAMBATAN PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK

    Assalamualaikum Wr. Wb. 

    Selamat siang dan salam Sejahtera untuk kita semua,,,, 

    Semoga kita selalu diberi kesehatan, sehingga dapat mudah memahami topik hari ini... sebelum memulai materi hari ini, silahkan mengisi daftar hadir di kolom daftar hadir di pertemuan ke-5 ini. 

    Pada pertemuan ke-5 ini, mahasiswa diharapkan mampu: 

    1. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan majemuk
    2. Menjelaskan hambatan dalam pengembangan kecerdasan majemuk
    3. Menemukan hambatan dalam pelaksanaan pengembangan kecerdasan majemuk selama diskusi di kelas
    4. Mengkaji implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang bernilai humanis dalam menyelesaikan hambatan pada pengembangan kecerdasan majemuk dalam forum diskusi
    5. Menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah anak usia dini secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam mencari solusi dari hambatan pengembangan kecerdasan majemuk
    6. Memecahkan permasalahan terkini tentang hambatan dalam pengembangan kecerdasan majemuk berdasarkan hasil penelitian
  • STIMULASI PENGEMBANGAN KECERDASAN DAN STRATEGI PENGAJARAN KECERDASAN MAJEMUK

    Assalamualaikum Wr. Wb. 

    Selamat pagi dan salam Sejahtera untuk kita semua,,,, 

    Semoga kita selalu diberi kesehatan, sehingga dapat mudah memahami topik hari ini... sebelum memulai materi hari ini, silahkan mengisi daftar hadir di kolom daftar hadir di pertemuan ke-6 ini. 

    Pada pertemuan ke-6 ini, mahasiswa diharapkan mampu: 

    • Mampu menjelaskan stimulasi pengembangan kecerdasan majemuk
    • Mampu menguasai strategi pengajaran kecerdasan majemuk
    • Mampu menjelaskan konsep bermain kreatif
    • Menghargai keanekaragaman pandangan dan pendapat atau temuan orisinal orang lain
    • Mampu bekerjasama dengan rekan satu kelompok dalam mendiskusikan permainan kreatif dalam mengembangkan kecerdasan majemuk
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, inovatif, bermutu dan terukur dalam merancang kegiatan bermain untuk mengembangkan kecerdasan majemuk
    • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian tugas kelompok
    • Mampu menyusun perencanaan kegiatan bermain dalam menggembangkan kecerdasan majemuk berdasarkan pengetahuan dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa

  • KONSEP BERMAIN KREATIF DAN PERANCANGAN KEGIATAN BERMAIN

    Assalamualaikum Wr. Wb. 

    Selamat pagi dan salam Sejahtera untuk kita semua,,,, 

    Semoga kita selalu diberi kesehatan, sehingga dapat mudah memahami topik hari ini... sebelum memulai materi hari ini, silahkan mengisi daftar hadir di kolom daftar hadir di pertemuan ke-7 ini. 

    Pada pertemuan ke-7 ini, mahasiswa diharapkan mampu: 

    • Mampu menjelaskan stimulasi pengembangan kecerdasan majemuk
    • Mampu menguasai strategi pengajaran kecerdasan majemuk
    • Mampu menjelaskan konsep bermain kreatif
    • Menghargai keanekaragaman pandangan dan pendapat atau temuan orisinal orang lain
    • Mampu bekerjasama dengan rekan satu kelompok dalam mendiskusikan permainan kreatif dalam mengembangkan kecerdasan majemuk
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, inovatif, bermutu dan terukur dalam merancang kegiatan bermain untuk mengembangkan kecerdasan majemuk
    • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian tugas kelompok
    • Mampu menyusun perencanaan kegiatan bermain dalam menggembangkan kecerdasan majemuk berdasarkan pengetahuan dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa

  • UTS

    • Topik 9

    • Topik 10

    • Topik 11

      Silahkan Kumpulkan tugas rancangan permainan multiple intellegence kelompok 1-3

    • Topik 12

      Silahkan Kumpulkan tugas rancangan permainan multiple intellegence kelompok 4-5

    • Topik 13

      Silahkan Kumpulkan tugas rancangan permainan multiple intellegence kelompok 6-7

    • Topik 14

      Assalamualaikum Wr.Wb. Salam Sejahtera.

      Untuk pertemuan ini kita masih akan mengerjakan project pembauatan media kita ya. Silakan lanjutkan pengerjaan project dan laporkan hasil kemajuan pada gform yang tersedia. Pada pertemuan ini target yang seharusnya dicapai adalah finishing dan persiapan untuk dipresentasikan di minggu depan.

    • UAS

      Kumpulkan Tugas Akhir Perkuliahan Yakni Video Permainan kecerdasan Majemuk.

      Paling Telat di kumpulkan Tgl. 12 Desember 2021