Topic outline
Selamat Datang di Kelas Pengembangan Kecerdasan Majemuk
PROFIL MATA KULIAH
Nama Program Studi : Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Nama Mata Kuliah : Pengembangan Kecerdasan Majemuk
Kode Mata Kuliah : PUD620204
SKS : 3 SKS
Dosen Pengampu : Ulwan Syafrudin, M.Pd. dan Sugiana, M. Pd.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua...
Selamat datang di kelas Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Di kelas ini mahasiswa diharapkan dapat mengikuti seluruh proses perkuliahan dengan aktif dan antusias. Di dukung dengan fasilitas Virtual Class, mahasiswa dapat mengakses seluruh sumber serta media pembelajaran yang ada. Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah Wajib bagi mahasiswa prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di FKIP Universitas Lampung. Mata kuliah ini memiliki bobot 3 SKS dengan Komposisi (2-1).
KONSEP DASAR KECERDASAN
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua
Pada pertemuan Ke-2 mata kuliah Pengembangan Kecerdasan Majemuk ini, semoga kita semua diberi kesehatan dan dalam keadaan baik, sehingga dapat mengikuti proses perkuliahan dengan maksimal. Sebelum pemberian materi, silahkan Mengisi daftar hadir pada Kolom Daftar Hadir Pertemuan ke-2.
Topik hari ini diharapkan mahasiswa mampu dalam hal sebagai berikut: 1) Menjelaskan konsep Kecerdasan dari sisi landasan filosofi, psikologis, dan teknologis; 2) Menjelaskan Perkembangan otak; dan 3) Menguasai sejumlah teori perkembangan kecerdasan
Sebelum memulai perkuliahan pada pertemuan ke-2 mata kuliah Pengembangan Kecerdasan Majemuk ini, mahasiswa diharapkan untuk mengisi daftar hadir pertemuan ke-2, dengan memilih option yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Daftar kehadiran hanya dapat diisi mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 08.00 WIB, pastikan tidak terlambat mengisi ya....
KONSEP DASAR KECERDASAN MAJEMUK
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua,,,,,
Semoga kita semua diberi kesehatan dan dalam keadaan baik, sehingga dapat mengikuti proses perkuliahan dengan maksimal. Sebelum pemberian materi, silahkan Mengisi daftar hadir pada Kolom Daftar Hadir Pertemuan ke-3.
Topik pada pertemuan Ke-3 mata kuliah Pengembangan Kecerdasan Majemuk ini, diharapkan mahasiswa mampu dalam hal sebagai berikut: 1) Menjelaskan konsep kecerdasan majemuk dari sisi landasan filosofi, psikologis, dan teknologis; 2) Menjelaskan sejumlah teori Kecerdasan Majemuk; 3) Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam melakukan diskusi terkait teori dan paradigma kecerdasan majemuk dalam pendidikan.
Sebelum memulai perkuliahan pada pertemuan ke-3 mata kuliah Pengembangan Kecerdasan Majemuk ini, mahasiswa diharapkan untuk mengisi daftar hadir pertemuan ke-3, dengan memilih option yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Daftar kehadiran hanya dapat diisi mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 08.00 WIB, pastikan tidak terlambat mengisi ya....
Setelah mempelajari materi ketiga, silahkan berikan kesimpulan/pendapat kalian pada bagian diskusi ini. Bagaimana pendapat anda mengenai:
1. Bagaimana cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini.
2. Berdasarkan materi yang telah disampaikan, silahkan masing-masing mahasiswa untuk mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing-masing. Diperbolehkan lebih dari satu kecerdasan.
Open Start: 9 September 2021, Pukul 07.30 WIB
Close : 9 September 2021, Pukul 10.00 WIB
Happy Learning ya teman-teman,,,,,,,!!!
ASPEK-ASPEK KECERDASAN MAJEMUK, FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN HAMBATAN PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat siang dan salam Sejahtera untuk kita semua,,,,
semoga kita selalu diberi kesehatan, sehingga dapat mudah memahami topik hari ini... sebelum memulai materi hari ini, silahkan mengisi daftar hadir di kolom daftar hadir di pertemuan ke-4 ini.
Mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan aspek-aspek dari 9 kecerdasan Majemuk
- Menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan majemuk
- Menjelaskan hambatan dalam pengembangan kecerdasan majemuk
- Menemukan hambatan dalam pelaksanaan pengembangan kecerdasan majemuk selama diskusi di kelas
- Mengkaji implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang bernilai humanis dalam menyelesaikan hambatan pada pengembangan kecerdasan majemuk dalam forum diskusi
- Menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah anak usia dini secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam mencari solusi dari hambatan pengembangan kecerdasan majemuk
- Memecahkan permasalahan terkini tentang hambatan dalam pengembangan kecerdasan majemuk berdasarkan hasil penelitian.
Sebelum memulai perkuliahan pada pertemuan ke-4 mata kuliah Pengembangan Kecerdasan Majemuk ini, mahasiswa diharapkan untuk mengisi daftar hadir pertemuan ke-4, dengan memilih option yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Daftar kehadiran hanya dapat diisi mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 08.00 WIB, pastikan tidak terlambat mengisi ya....
Berikut ini merupakan cuplikan dalam beberapa film yang menggambarkan beberapa kecerdasan,,, silahkan diamati....
Berdasarkan Penjelasan yang sudah diberikan, silahkan analisis bagaimana cara mensinergikan lembaga pendidikan (guru, orang tua, dan masyarakat) dalam mengembangkan 9 kecerdasan pada anak usia dini?
Respon dari teman-teman akan diterima sampai dengan tanggal 16 September 2021, pukul 10.00 WIB
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN HAMBATAN PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat siang dan salam Sejahtera untuk kita semua,,,,
Semoga kita selalu diberi kesehatan, sehingga dapat mudah memahami topik hari ini... sebelum memulai materi hari ini, silahkan mengisi daftar hadir di kolom daftar hadir di pertemuan ke-5 ini.
Pada pertemuan ke-5 ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan majemuk
- Menjelaskan hambatan dalam pengembangan kecerdasan majemuk
- Menemukan hambatan dalam pelaksanaan pengembangan kecerdasan majemuk selama diskusi di kelas
- Mengkaji implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang bernilai humanis dalam menyelesaikan hambatan pada pengembangan kecerdasan majemuk dalam forum diskusi
- Menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah anak usia dini secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam mencari solusi dari hambatan pengembangan kecerdasan majemuk
- Memecahkan permasalahan terkini tentang hambatan dalam pengembangan kecerdasan majemuk berdasarkan hasil penelitian
Sebelum memulai perkuliahan pada pertemuan ke-5 mata kuliah Pengembangan Kecerdasan Majemuk ini, mahasiswa diharapkan untuk mengisi daftar hadir pertemuan ke-5, dengan memilih option yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Daftar kehadiran hanya dapat diisi mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 08.00 WIB, pastikan tidak terlambat mengisi ya....
Setelah penjelasan singkat terkait faktor yang mempengaruhi dan hambatan dalam mengembangkan kecerdasan majemuk anak usia dini, serta penjelasan di minggu yang lalu, maka silahkan bentuk kelompok (masing-masing kelompok beranggotakan 3-4 orang). Kemudian silahkan diskusikan terkait:
- Bagaimana peran Kecerdasan Majemuk dalam mengembangkan keenam aspek perkembangan anak?
- Observasi kejadian disekitar anda, bagaimana orang tua mengembangkan kecerdasan majemuk pada anak-anaknya. (khusus pada orang tua yang memiliki anak usia 0-6 tahun). Pada poin ini silahkan dianalisis apakah orang tua menghambat atau mengembangkan kecerdasan majemuk pada anak (analisis sesuai kejadian dan didukung oleh teori maupun hasil penelitian).
Ketentuan: format pengumpulan tugas (Kelas A/B_Tugas Kelompok_Pdf)
Tugas Dikumpulkan Paling lambat Tanggal 30 September 2021, pukul 14.00 WIB
Selamat mengerjakan,,,,
Tetap Semangattttt!!!!
STIMULASI PENGEMBANGAN KECERDASAN DAN STRATEGI PENGAJARAN KECERDASAN MAJEMUK
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi dan salam Sejahtera untuk kita semua,,,,
Semoga kita selalu diberi kesehatan, sehingga dapat mudah memahami topik hari ini... sebelum memulai materi hari ini, silahkan mengisi daftar hadir di kolom daftar hadir di pertemuan ke-6 ini.
Pada pertemuan ke-6 ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mampu menjelaskan stimulasi pengembangan kecerdasan majemuk
- Mampu menguasai strategi pengajaran kecerdasan majemuk
- Mampu menjelaskan konsep bermain kreatif
- Menghargai keanekaragaman pandangan dan pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Mampu bekerjasama dengan rekan satu kelompok dalam mendiskusikan permainan kreatif dalam mengembangkan kecerdasan majemuk
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, inovatif, bermutu dan terukur dalam merancang kegiatan bermain untuk mengembangkan kecerdasan majemuk
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian tugas kelompok
- Mampu menyusun perencanaan kegiatan bermain dalam menggembangkan kecerdasan majemuk berdasarkan pengetahuan dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa
KONSEP BERMAIN KREATIF DAN PERANCANGAN KEGIATAN BERMAIN
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi dan salam Sejahtera untuk kita semua,,,,
Semoga kita selalu diberi kesehatan, sehingga dapat mudah memahami topik hari ini... sebelum memulai materi hari ini, silahkan mengisi daftar hadir di kolom daftar hadir di pertemuan ke-7 ini.
Pada pertemuan ke-7 ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mampu menjelaskan stimulasi pengembangan kecerdasan majemuk
- Mampu menguasai strategi pengajaran kecerdasan majemuk
- Mampu menjelaskan konsep bermain kreatif
- Menghargai keanekaragaman pandangan dan pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Mampu bekerjasama dengan rekan satu kelompok dalam mendiskusikan permainan kreatif dalam mengembangkan kecerdasan majemuk
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, inovatif, bermutu dan terukur dalam merancang kegiatan bermain untuk mengembangkan kecerdasan majemuk
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian tugas kelompok
- Mampu menyusun perencanaan kegiatan bermain dalam menggembangkan kecerdasan majemuk berdasarkan pengetahuan dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa
Sebelum memulai perkuliahan pada pertemuan ke-7 mata kuliah Pengembangan Kecerdasan Majemuk ini, mahasiswa diharapkan untuk mengisi daftar hadir pertemuan ke-7, dengan memilih option yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Daftar kehadiran hanya dapat diisi mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 08.00 WIB, pastikan tidak terlambat mengisi ya....
Setelah penjelasan singkat terkait Stimulasi Pengembangan kecerdasan majemuk; Strategi pengajaran kecerdasan majemuk; Konsep bermain kreatif; Perancangan kegiatan bermain dalam mengembangkan kecerdasan majemuk. Silahkan susun suatu kegiatan bermain dalam mengembangkan 9 kecerdasan majemuk (buat satu permainan baik itu original atau modifikasi). Tentukan juga subjek yang bisa menggunakan permainan tersebut. Format pengerjaan ada di atas.
Ketentuan penulisan: rata kanan kiri; spasi 1,5; times new roman
Ketentuan: format pengumpulan tugas (Kelas A/B_Tugas individu_namaLengkap (NPM)_pdf)
Tugas Dikumpulkan Paling lambat Tanggal 14 Oktober 2021, pukul 10.00 WIB
Selamat mengerjakan,,,,
Tetap Semangattttt!!!!
UTS
Topic 9
Topic 10
Topic 11
Silahkan Kumpulkan tugas rancangan permainan multiple intellegence kelompok 1-3
Topic 12
Silahkan Kumpulkan tugas rancangan permainan multiple intellegence kelompok 4-5
Topic 13
Silahkan Kumpulkan tugas rancangan permainan multiple intellegence kelompok 6-7
Topic 14
Assalamualaikum Wr.Wb. Salam Sejahtera.
Untuk pertemuan ini kita masih akan mengerjakan project pembauatan media kita ya. Silakan lanjutkan pengerjaan project dan laporkan hasil kemajuan pada gform yang tersedia. Pada pertemuan ini target yang seharusnya dicapai adalah finishing dan persiapan untuk dipresentasikan di minggu depan.
Silakan jika ada yang ingin ditanyakan. Tuliskan Nama dan kelompok ya sebelum pertanyaannya.
Topic 15
UAS
Kumpulkan Tugas Akhir Perkuliahan Yakni Video Permainan kecerdasan Majemuk.
Paling Telat di kumpulkan Tgl. 12 Desember 2021