Weekly outline
General
Mata Kuliah Sejarah Kimia untuk kelas B diberikan oleh Ibu Dr. Ratu Betta Rudibyani, M. Si. selaku Penanggung Jawab Mata Kuliah dan Ibu Gamila Nuri Utami , S. Pd., M. Pd sebagai anggota.
Mata Kuliah Sejarah Kimia untuk kelas B diberikan oleh Ibu Dr. Ratu Betta Rudibyani, M. Si. selaku Penanggung Jawab Mata Kuliah dan Gamila Nuri Utami , S. Pd., M. Pd sebagai anggota.
Profil Dosen I.:
N a m a : Dr. Ratu Betta Rudibyani, M. Si.
NIP : 195702011981032001
email : ratu.betta.r@gmail.com
No. Hp/WA. : 089631637338
Alamat Rumah : Jl. Untung Suropati, No. 79. Bandar LampungProfil Dosen II.
N a m a : Gamila Nuri Utami S. Pd., M. Pd.
NIP : 199211212019032019
No. Hp/WA : 082186905360Capaian yang diharapkan dalam perkuliahan ini adalah agar mahasiswa mampu menjelaskan:
(a) pentingnya ilmu kimia pada zaman kuno, (b) para ahli yang berperan dalam perkembangan ilmu kimia di zaman kuno, (c) pemikiran kritis paling awal mengenai sifat zat, (d) pemikiran para ahli pada abad ke-4 tentang materi, (e) pemikiran Aristoteles yang dipercaya sampai abad pertengahan, (f) perkembangan ilmu kimia di Mesir, (g) perkembangan ilmu kimia di India.
Matakuliah ini dilaksanakan secara daring. Sebelum pembelajaran dimulai, mahasiswa diminta mengisi daftar hadir yang telah disediakan.
Selama pembelajaran, mahasiswa diminta mempelajari materi yang diberikan dan bertanya bila ada yang tidak atau kurang jelas.
Setelah selesai pembelajaran materi dirangkum kemudian ditutup. Mahasiswa diminta mengerjakan tugas yang diberikan dan mengumpulkan sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Pertemuan ke-1, Kontrak Kuliah
Assalamu'alaikum Warokhmatullohi, Wabarokatuuh. Selamat Siang mahasiswa semua, apakabar?
Ilmu kimia secara sejarah merupakan pengembangan baru, tapi ilmu ini berakar pada alkimia yang telah dipraktikkan selama berabad-abad di seluruh dunia. Sejarah tentang ilmu kimia dibagi menjadi empat kategori zaman yaitu: Zaman Prasejarah (Sebelum Masehi) - Awal Era Kristen, awal era Kristen – akhir abad ke-17 (alkimia), akhir abad ke-17 – pertengahan abad ke 19 (kimia tradisional) dan pertengahan abad ke-19 (kimia modern).
Capaian yang diharapkan dalam perkuliahan ini adalah mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya ilmu kimia pada zaman kuno, (b) para ahli yang berperan dalam perkembangan ilmu kimia di zaman kuno.
Sejarah kimia dimulai lebih dari 4000 tahun yang lalu dimana bangsa Mesir mengawali dengan the art of synthetic "wet" chemistry. 1000 tahun SM, masyarakat purba telah menggunakan teknologi yang akan menjadi dasar terbentuknya berbagai macam cabang ilmu kimia. Ekstrasi logam dari bijinya, membuat keramik dan kaca, fermentasi bir dan anggur, membuat pewarna untuk kosmetik dan lukisan, mengekstraksi bahan kimia dari tumbuhan untuk obat-obatan dan parfum, membuat keju, pewarna, pakaian, membuat paduan logam seperti perunggu.
Mereka tidak berusaha untuk memahami hakikat dan sifat materi yang mereka gunakan serta perubahannya, sehingga pada zaman tersebut ilmu kimia belum lahir. Tetapi dengan percobaan dan catatan hasilnya merupakan sebuah langkah menuju ilmu pengetahuan.
Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pokok-pokok pikiran dan hasil karya para ahli kimia berdasarkan penelusuran dan penelaahan pustaka secara kritis (literasi) terhadap perkembangan ilmu kimia dari jaman kuno hingga konsep yang diterima sekarang.
Mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep kimia modern berdasarkan tahapan perkembangan konsep tersebut - setelah melakukan kajian terhadap perkembangan ilmu kimia,
Mahasiswa dapat mengembangkan nilai, sikap ilmiah, sikap terhadap ilmu yang baik, serta keterampilan kerja ilmiah.
Pertemuan ke-2, Ilmu Kimia Pada Zaman Kuno
Assalamu'alaikum Warokhmatullohi, Wabarokatuuh.
Selamat siang mahasiswa semua, apakabar? semoga dalam keadaan sehat dan dapat mengikuti kuliah dengan baik.
Perkuliahan hari ini akan mempelajari Ilmu Kimia pada Zaman Kuno. Tugas diskusi kelompok yang telah dibuat, akan di diskusikan dalam forum kelas. Kelompok yang presentasi perlu mencatat aktivitas diskusi mahasiswa yang bertanya dari kelompok lain dan menjawab pertanyaan. Aktivitas tersebut dimasukkan dalam laporan kelompok.
Laporannya dikumpulkan pada vclass dan Siakadu.
Silahkan anda mengisi daftar hadir di sini.
Silahkan anda mengumpulkan tugas pada form ini.
- Capaian yang diharapkan dalam perkuliahan ini adalah mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya ilmu kimia pada zaman kuno, (b) para ahli yang berperan dalam perkembangan ilmu kimia di zaman kuno.
Sejarah kimia dimulai lebih dari 4000 tahun yang lalu dimana bangsa Mesir mengawali dengan the art of synthetic "wet" chemistry. 1000 tahun SM, masyarakat purba telah menggunakan teknologi yang akan menjadi dasar terbentuknya berbagai macam cabang ilmu kimia. Ekstrasi logam dari bijinya, membuat keramik dan kaca, fermentasi bir dan anggur, membuat pewarna untuk kosmetik dan lukisan, mengekstraksi bahan kimia dari tumbuhan untuk obat-obatan dan parfum, membuat keju, pewarna, pakaian, membuat paduan logam seperti perunggu.
Mereka tidak berusaha untuk memahami hakikat dan sifat materi yang mereka gunakan serta perubahannya, sehingga pada zaman tersebut ilmu kimia belum lahir. Tetapi dengan percobaan dan catatan hasilnya merupakan sebuah langkah menuju ilmu pengetahuan.
Mahasiswa diharapkan dapat mempelajari pokok-pokok pikiran dan hasil karya para ahli kimia berdasarkan penelusuran dan penelaahan pustaka secara kritis (literasi) terhadap perkembangan ilmu kimia dari jaman kuno hingga konsep yang diterima sekarang.
Mahasiswa agar dapat memahami konsep-konsep kimia modern berdasarkan tahapan perkembangan konsep tersebut - setelah melakukan kajian terhadap perkembangan ilmu kimia,
Mahasiswa dapat mengembangkan nilai, sikap ilmiah, sikap terhadap ilmu yang baik, serta keterampilan kerja ilmiah.
Pertemuan ke-3; Perkembangan Kimia Pada Abad Pertengahan
Assalamu'alaikum Warokhmatullohi Wabarokatuh. Selamat siang mahasiswa semua, apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat wal'afiat.
Sebelum kita mulai, kita sama sama berdoa dengan mengucapkan "Bismillah" Bismillahirokhmanirrokhim.
Mahasiswa diminta mengisi daftar hadir pada form yang telah disediakan.
Pada pembelajaran hari ini, ada tugas kelompok yang akan dipresentasikan, didiskusikan dalam kelas. Judul ke-2 akan dikaji dan dianalisis oleh kelompok dalam waktu 15 sampai 30 menit. Dilanjutkan dengan diskusi di kelas salam 45 menit. Setelah diskusi selesai, kelompok yang presentasi memberi kesimpulan dan disampaikan di depan kelas.
Perkuliah ini akan menggunakan google meet selama 60-80 menit.
Makalah dan hasil diskusi akan dikumpulkan dalam vclass dan Siakadu.
Silahkan anda mengisi daftar hadir pada form yang telah disediakan.
Setelah perkuliahan selesai, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan perkembangan kimia pada abad pertengahan.
Silahkan anda mengumpulkan tugas kelompok judul-2 pada form ini.
Pertemuan ke-4; Kimia Pada Abad 17-18 (Kimia Tradisional)
Assalamu'alaikum Warokhmatullohi Wabarokatuh. Selamat siang mahasiswa semua, apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat wal'afiat.
Sebelum kita mulai, kita sama sama berdo'a dengan mengucapkan "Basmallah" Bismillahirokhmanirrokhim. Selanjutnya,
Mahasiswa diminta mengisi daftar hadir pada form yang telah disediakan.
Pada pembelajaran hari ini, ada tugas kelompok yang akan dipresentasikan, didiskusikan dalam kelas. Judul ke-3 akan dikaji dan dianalisis oleh kelompok dalam waktu 15 sampai 30 menit. Dilanjutkan dengan diskusi di kelas salam 45 menit. Setelah diskusi selesai, kelompok yang presentasi memberi kesimpulan dan disampaikan di depan kelas.
Perkuliah ini akan menggunakan google meet selama 60-80 menit.
Makalah dan hasil diskusi akan dikumpulkan dalam vclass dan Siakadu.
Silahkan anda mengsisi daftar hadir yang telah disediakan.
Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan perkembangan kimia pada abad 17-18.
Pada tahun 1605, Sir Francis Bacon menerbitkan The Proficience and Advancement of Learning, yang berisi deskripsi tentang apa yang kemudian dikenal sebagai metode ilmiah.[35] Pada tahun 1605, Michal Sedziwój menerbitkan risalah alkimia A New Light of Alchemy yang mengusulkan adanya "makanan kehidupan" di dalam udara, yang kemudian dikenal sebagai oksigen. Pada tahun 1615 Jean Beguin menerbitkan the Tyrocinium Chymicum, sebuah buku teks kimia awal, dan di dalamnya tergambar persamaan kimia untuk pertama kalinya.[36] Pada tahun 1637 René Descartes menerbitkan Discours de la méthode, yang berisi garis besar metode ilmiah.
Karya kimiawan Belanda Jan Baptist van Helmont, Ortus medicinae diterbitkan pada tahun 1648; buku ini dikutip oleh beberapa orang sebagai karya transisi besar antara alkimia dan kimia, dan berpengaruh penting pada Robert Boyle. Buku ini berisi hasil berbagai eksperimen dan menetapkan versi awal hukum kekekalan massa. Tidak lama berselang setelah Paracelsus dan iatrokimia, Jan Baptist van Helmont menyarankan bahwa ada zat substansial selain udara dan menamainya - "gas", dari kata Yunani chaos. Selain mengenalkan kata "gas" ke dalam kosakata ilmiah, van Helmont melakukan beberapa percobaan yang melibatkan gas. Jan Baptist van Helmont juga dikenang saat ini atas sebagian besar gagasannya tentang pembentukan spontan dan eksperimen pohon 5 tahunnya, dan juga dianggap sebagai penemu kimia pneumatik [en].
Pelajaran hari ini memiliki relevansi dengan perkembangan ilmu kimia saat ini. Mahasiswa diminta menjelaskan beberapa ilmuwan yang berhasil mengembangkan ilmu kimia dan memberikan contohnya.
Silahkan tugas kelompok anda dikumpulkan disini.
Pertemuan ke-5; Penemuan Kimia Sebagai Dasar Pertumbuhan Kimia Modern
Assalamu'alaikum Warokhmatullohi Wabarokatuh. Selamat siang mahasiswa semua, apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat wal'afiat.
Sebelum kita mulai, kita sama sama berdoa dengan mengucapkan "Basmallah" Bismillahirokhmanirrokhim.
Mahasiswa diminta mengisi daftar hadir pada form yang telah disediakan.
Pada pembelajaran hari ini, ada tugas kelompok yang akan dipresentasikan, didiskusikan dalam kelas. Judul ke-4 akan dikaji dan dianalisis oleh kelompok dalam waktu 15 sampai 30 menit. Dilanjutkan dengan diskusi di kelas salam 45 menit. Setelah diskusi selesai, kelompok yang presentasi memberi kesimpulan dan disampaikan di depan kelas.
Perkuliah ini akan menggunakan google meet selama 40-60 menit.
Laporan makalah hasil diskusi dikumpulkan di vclass dan Siakadu.
Isi daftar hadir anda pada form yang telah disediakan.
Setelah perkuliahan selesai, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan penemuan kimia sebagai dasar pertumbuhan kimia modern
Serangkaian penemuan ilmiah yang berhubungan dengan pembakaran, dianggap sebagai titik awal lahirnya kimia modern. Hal ini disebabkan oleh temuan-temuannya yang dilandasi dengan prinsip dan teori yang dikembangkan oleh pakar kimia. Kemudian dikaji melalui percobaan dengan menggunakan metode ilmiah. Nah, beberapa pakar kimia yang dianggap sebagai pencetus kimia modern adalah Joseph Priestley (1733-1804), Antoine Lavoisier (1743-1794), dan John Dalton (1766-1844).
Priestley merupakan yang pertama kali melakukan percobaan dengan pembakaran materi yang dikaji secara ilmiah. Hasil dari pengukurannya, jika suatu materi dibakar akan mengalami kehilangan zat berflogiston. Hal tersebut dilihat dari perbedaan massa sebelum dan sesudah pembakaran. Penemuan pengukuran ini pun kemudian dikenal dengan teori flogiston. Akan tetapi, terdapat kelemahan dari percobaan Priestley yaitu, pembakaran dilakukan dalam wajan yang terbuka, sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran materi dengan lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itulah, pernyataan Priestley ini disanggah oleh Lavoisier.
Silahkan anda mengumpulkan tugas diskusi kelompok, Judul -4, di sini.
Pertemuan ke-6; Kimia Abad ke-19
Assalamu'alaikum Warokhmatullohi Wabarokatuh. Selamat siang mahasiswa semua, apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat wal'afiat.
Sebelum kita mulai, kita sama sama berdoa dengan mengucapkan "Basmallah" Bismillahirokhmanirrokhim.
Mahasiswa diminta mengisi daftar hadir pada form yang telah disediakan.
Pada pembelajaran hari ini, ada tugas kelompok yang akan dipresentasikan, didiskusikan dalam kelas. Judul ke-5 akan dikaji dan dianalisis oleh kelompok dalam waktu 15 sampai 30 menit. Dilanjutkan dengan diskusi di kelas salam 45 menit. Setelah diskusi selesai, kelompok yang presentasi memberi kesimpulan dan disampaikan di depan kelas.
Perkuliah ini akan menggunakan google meet selama 40-60 menit.
Makalah dan hasil diskusi akan dikumpulkan dalam vclass dan Siakadu.
Silahkan anda mengisi daftar hadir di sini.
Silahkan anda kumpulkan tugas kelompok anda di sini.
- Sepanjang abad ke-19, kimia dibagi antara mereka yang mengikuti teori atom John Dalton dan mereka yang tidak, seperti Wilhelm . Era abad 19, atau juga dikenal sebagai era Victoria, menyimpan banyak penemuan yang bahkan kita gunakan atau konsumsi hingga sekarang.
Para penemu dan ilmuwan yang menjadi pelopor di bidang kimia telah membuka jalan pada penemuan-penemuan di abad ke-19. Pada peiode ini, terdapat dua nama yang paling menonjol, Robert Bunsen dan Alfred Nobel.
Robert Bunsen
Pernah mendengar tentang Bunsen Burner? Jika iya, kamu harus berterimakasih padanya (atau menyalahkannya!): Robert Bunsen (1811-1899), penemu dari perlengkapan sains favorit semua orang. Silahkan cek peralatan kimia dasar kita, jika belum mengetahuinya, silahkan cari informasi tentang ini!
Ia adalah seorang dosen di Jerman dan tampak seperti seorang pria yang menyenangkan. Disela waktu luangnya menulis buku, ia mengembangkan penawar racun arsenik dan menemukan unsurnya yakni saesium.
Seperti yang bisa kamu bayangkan, ia tertarik dengan benda-benda yang terbakar dan terfokus pada perbedaan spektrum warna (spektrum pancar) yang dihasilkan oleh beberapa senyawa ketika mereka dipanaskan. Hal tersebut menjadi alasan ia membuat alat pembakar yang terkenal. Alat tersebut membuat spektrum warna hasil pembakaran suatu zat tidak dihancurkan oleh warna dari nyala apinya.
Jangan melakukan pembakaran sendirian, tapi coba mengulas semua hal sendiri. Biarkan tutor kimia membimbing mu belajar!
Alfred Nobel
Kamu juga pasti tahu nama yang satu ini. Ahli kimia dan pebisnis, Alfred Nobel (1833-1896). Ia adalah seseorang yang sangat populer di semua bidang karena adanya penghargaan Nobel. Sebuah penghargaan untuk prestasi di bidang sastra, sains dan ekonomi.
Namun, biografi pria ini tidak sebaik yang anda bayangkan. Kehidupan profesionalnya meliputi penjualan senjata hingga peledak dan bahkan di bidang Kimia, ia juga berkontribusi menemukan peledak yang ia jual.
Pencapaian utama Nobel adalah penemuan atas alat peledak dinamit. Pada awalnya, ia menciptakan dinamit dengan tujuan sebagai alat konstruksi jalan, industri dan pembuatan kanal. Namun, penemuan kimia ini mempunyai sejarah yang buruk, seperti yang kita ketahui.
Di tahun-tahun berikutnya, seiring dengan berlanjutnya cerita, ia merasa bersalah tentang produksi zat kimia dengan sifat paling destruktif / merusak yang pernah ada. Kemudian, ia mendonasikan sejumlah dana melalui Penghargaan Nobel di bidang kimia, fisika, medis dan perdamaian.
Pertemuan ke-7; Sejarah Berkembangnya Cabang Ilmu Kimia
Assalamu'alaikum Warokhmatullohi Wabarokatuh. Selamat siang mahasiswa semua, apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat wal'afiat.
Sebelum kita mulai, kita sama sama berdoa dengan mengucapkan "Basmallah" Bismillahirokhmanirrokhim.
Mahasiswa diminta mengisi daftar hadir pada form yang telah disediakan.
Pada pembelajaran hari ini, ada tugas kelompok yang akan dipresentasikan, didiskusikan dalam kelas. Judul ke-6 akan dikaji dan dianalisis oleh kelompok dalam waktu 15 sampai 30 menit. Dilanjutkan dengan diskusi di kelas salam 45 menit. Setelah diskusi selesai, kelompok yang presentasi memberi kesimpulan dan disampaikan di depan kelas.
Perkuliah ini akan menggunakan google meet selama 40-60 menit.
Makalah dan hasil diskusi akan dikumpulkan dalam vclass dan Siakadu.
Silahkan anda mengisi daftar hadir pada form yang telah disediakan.
Pada akhir perkuliahan, diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan sejarah berkembangnya cabang ilmu kimia.
- Salah satu tokoh terbesar di bidang kimia yang lahir di masa Dinasti Abbasiyah adalah Jabir bin Hayyan. Hingga sekarang, ia diakui sebagai Bapak Kimia Bangsa Arab. Jabir mengembangkan secara ilmiah dua operasi utama kimia, yaitu kalnikasi dan reduksi kimia. Ia juga memperbaiki metode penguapan, sublimasi, peleburan, dan kristalisasi. Beberapa buku hasil karangannya masih menjadi rujukan hingga sekarang mencakup Kitab At-Tajmi' (tentang Konsentrasi), Az-Zi’baq As-Syarqi (Air Raksa Timur), Kitab Ar-Rahmah, dan lain sebagainya.
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam Masa Dinasti Abbasiyah", https://tirto.id/gasoSecara umum, ilmu kimia juga mempelajari rekayasa materi, sehingga ia berubah menjadi materi lain. ilmu kimia mencakup topik-topik seperti sifat-sifat atom, caranya membentuk ikatan kimia, dan interakti beberapa zat melalui gaya antarmolekul.
Ilmu tentang kimia sudah dipraktikkan sejak tahun 3500 SM. Di kawasan Mesir Kuno sudah mengenal reaksi kimia yang umum, seperti cara membuat anggur dan pengawetan mayat. Hal ini menjadi salah satu penguat bahwa ilmu kimia sudah mendarah daging dalam kehidupan manusia, meski tanpa disadari.
Pembagian ilmu kimia yang ada di dalam masyarakat cukup luias. Bidang yang dipelajari dalam keilmuan para ahli membaginya dalam beberapa bidang ilmu, yaitu Kimia Fisika, Kimia Analitik, Kimia An Organik, Kimia Organik dan Biokimia. Silahkan anda mengumpulkan tugas kelompok anda disini.
Pertemuan ke-8; UTS
Assalamu'alaikum Warokhmatullohi Wabarokatuh. Selamat siang mahasiswa semua, apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat wal'afiat. Pada hari ini kita laksanakan Ujian Tengah Semester.
Ujian Tengan Semester hari ini akan dilaksanakan selama 60 menit. Tulis nama dan NPM serta kelas anda pada lembar jawaban anda. Tidak ada waktu tambahan.
Tidak diperbolehkan copy paste.
Silahkan anda mengisi daftar hadir di sini.
Silahkan anda kumpulkan hasil UTS anda di form ini.
Jawab soal berikut pada lembar soal ini. Lalu kirim ke form yang berbeda. Waktu 60 menit, mulai pukul 13.00 - 14.00
Pertemuan ke-9 (Review Sejarah Perkembangan Ilmu Kimia)
Assalamu'alaikum, Warokhmatullohi, Wabarokatuuh.
Apa kabar mahasiswa kimia yang kami banggakan? semoga semua dalam keadaaan baik ya. Meski kita masih dalam keadaan pandemi seperti ini jangan berkurang semangatnya untuk menimba ilmu ya.
Mulai pertemuan 9 hingga 16, saya Gamilla Nuri Utami akan melanjutkan materi perkuliahan Sejarah Kimia. Terima Kasih kepada Ibu Ratu Betta yang sudah memberi banyak pengetahuan mengenai sejarah perkembangan ilmu kimia mulai dari zaman pra-sejarah sampai dengan perkembangan kimia di abad ke-18. Perkembangan kimia pesatnya dimulai dari pertengahan abad 18 hingga terus berkembang hingga saat ini. Semoga apa yang sudah dipelajari dari pertemuan sebelumnya tidak dilupakan ya.
Buatlah sebuah peta konsep yang merepresentasikan materi perkuliahan sejarah perkembangan ilmu kimia sejak sebelum masehi hingga modern berdasarkan pemahaman Anda selama 8 pertemuan yang lalu. Buat se-kreatif mungkin dengan tulisan tangan yang rapi dan kumpulkan disini (dalam bentuk pdf) pukul 13.45 kemudian segera join ke gmeet.
Silakan bergabung di gmeet untuk mengikuti perkuliahan.
Pertemuan ke-10 (Sejarah Hukum-hukum Dasar Kimia)
"Great things never come from the comfort zones"
Assalamu'alaikum, Warokhmatullohi, Wabarokatuuh.
Hai pemuda/i kebanggaan negeri, apakah kamu termasuk yang senang dengan comfort zones? Lebih baik lekas berbenah untuk keluar dari zona nyaman kamu, semakin banyak cobaan kau hadapi mentalmu akan semakin kuat. Yuk kita menimba ilmu lagi sama-sama.
Baik, sesuai dengan kontrak kuliah jika pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai: Sejarah hukum-hukum dasar kimia yang tercetus pada abad ke-19.
Sebelumnya isilah daftar hadir yang telah disediakan.
Silakan unggah makalah kalian disini.
- https://www.youtube.com/watch?v=6hgUorP2kKQ
Setelah menyimak video presentasi dari grup Berzelius, silakan kepada grup lainnya untuk memberikan komentar terhadap presentasi, saran dan kritik, maupun mengajukan pertanyaan terkait topik yang dibahas.
silakan masuk ke gmeet untuk diskusi terkait topik hari ini.
Pertemuan ke-11 (Sejarah Perkembangan Kimia Analitik)
"Analytical chemistry, especially in those days, was bare of almost any scientific interpretations. It became clear to me that such an understanding was not only necessary to increase the prestige of analytical chemistry as a real science by providing these interpretations, but that a good understanding of physical, chemical, and Physico-chemical fundamentals would lead to the development of new methods, improvement of existing methods, and to the calculation of errors in analytical procedures.”
- https://youtu.be/ZzgcNvqO8FI
Setelah menyimak video presentasi dari grup Marie Curie, silakan kepada grup lainnya untuk memberikan komentar terhadap presentasi, saran dan kritik, maupun mengajukan pertanyaan terkait topik yang dibahas.
Pertemuan 12. Sejarah Perkembangan Kimia Organik-Biokimia
Assalamualaikum.. salam sehat untuk kita semua.
Kimia organik dan biokimia merupakan bagian tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Karena penyusun utama makhluk hidup merupakan senyawa organik yaitu protein, asam nukleat, lemak, karbohidrat, hormon, dan enzim. Prinsip kimia organik-biokimia dipakai dalam berbagai bidang diantaranya adalah dalam bidang farmasi, kedokteran, mikrobiologi, pertanian dan banyak ilmu pengetahuan yang lain. Oleh karena itu, hari ini kita akan mempelajari mengenai sejarah perkembangan kimia organik dan biokimia..
- https://www.youtube.com/watch?v=szGiiIsre2A
Setelah menyimak video presentasi tersebut, ajukanlah pertanyaan maupun tanggapan kalian terhadap presentasi dan topik materi yang telah dijelaskan.
Pertemuan 13. Sejarah Perkembangan Kimia Anorganik
Assalamualaikum Wr. Wb..
Hai para insan muda kreatif.. kembali lagi pada perkuliahan Sejarah Kimia. Setelah minggu lalu kita sudah mempelajari sejarah kimia organik dan biokimia, hari ini kita akan melanjutkan topik sejarah perkembangan kimia anorganik.
Tujuan Pembelajarannya yaitu:
1. Mahasiswa mampu menyebutkan ahli kimia anorganik
2. Mahasiswa mampu menjelaskan munculnya bidang kimia anorganik
3. Mahasiswa mampu membedakan kimia organik dengan anorganik
4. Mahasiswa mampu menjelaskan penemuan-penemuan penting terkait bidang kimia anorganik
Sebelum memulai perkuliahan, silakan isi daftar hadir terlebih dahulu.
Unduhlah file apk berikut pada smartphone android kalian, kemudian install, dan buka. Pelajarilah media pembelajaran tersebut. Akses navigasi dapat kalian klik pada apa yang ingin kalian ketahui. Kalian bisa mengetahui kompetensi yang akan dicapai, uraian materi, dan melakukan evaluasi terhadap apa yang kalian dapatkan setelah menyimak penjelasan materi tersebut. Jangan lupa ada tugas juga yang harus kalian selesaikan. Tombol navigasi yang dapat berubah warna berarti menyimpan suatu informasi, kalian dapat membukanya dengan cara mengklik tombol tersebut, kemudian akan keluar informasi yang sesuai. Oh ya, setelah mengunduh file apk ini, kalian tidak perlu menggunakan kuota internet untuk menggunakan medianya loh, sehingga ketika suatu saat jaringan sedang tidak mendukung, kalian tetap dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Praktis bukan?! Selamat belajar.. Good luck..
Jika file apk di atas tidak dapat dibuka di smartphone android kalian, atau khawatir memori smartphone kalian penuh, kalian bisa mengunduh file zip berikut menggunakan laptop/PC. Setelah diunduh, ekstrak file tersebut, kemudian buka "kimia anorganik.html" dengan cara mengklik 2 kali. Media pembelajaran ini sama saja seperti file apk di atas, hanya berbeda bentuk file dan tempat mengaksesnya. Sama seperti file apk td, file zip ini juga dapat dibuka tanpa menggunakan akses internet. Oke, silakan dipilih mana yang menurut kalian lebih mudah saja. Selamat belajar.
Kumpulkanlah tugas yang terdapat dalam media pembelajaran tersebut paling lambat Sabtu, 27 November pukul 17.00.
Pertemuan 14. Sejarah Perkembangan SPU
Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan. Tanpa pendidikan, Indonesia tak mungkin bertahan.
- Najwa Sihab -
Hallo para generasi pencipta, para pemuda yang akan mengharumkan Indonesia dengan karya.
Pertemuan kali ini kita akan belajar mengenai sejarah perkembangan tabel periodik unsur. Hari ini kita akan mengalami proses belajar yang berbeda dari biasanya. Yuk langung join ke link gmeet yang sudah tersedia. Jangan lupa isi daftar hadir terlebih dahulu yaaa..
Semangat belajar..
Silakan bergabung di gmeet untuk mengikuti perkuliahan.

Semoga bisa memotivasi yang lain dalam meraih prestasi yaaa.. tetap semangat guys :)
Pertemuan 15. Sejarah Perkembangan Kimia Fisika
Assalamualaikum Wr.Wb..
Hallo calon pendidik masa depan..
Tak terasa kita sudah menemui pertemuan terakhir di semester pertama ini. Hari ini materi terakhir kita yaitu sejarah perkembangan kimia fisika. Minggu depan kalian akan menghadapi UAS dan akan melihat hasil kerja keras kalian selama 1 semester. Semoga sesuai dengan harapan di awal yaa. Ganbatte Kudasai.
- https://drive.google.com/file/d/1VcdizNL7igQXONOKrVzsa0GWNrwpfBo5/view?usp=sharing
- https://docs.google.com/presentation/d/1EywMDxPbqbTeFATDbirAEA4lV6b5Hx4P/edit?usp=sharing&ouid=105288545686597813782&rtpof=true&sd=true
- https://www.youtube.com/watch?v=hlzVlqTctso
Setelah menyimak video presentasi tersebut, ajukanlah pertanyaan maupun tanggapan kalian terhadap presentasi dan topik materi yang telah dijelaskan.
Pertemuan 16. Ujian Akhir Semester
Assalamualaikum. Selamat siang semua.
Sesuai kesepakatan kita akan melaksanakan UAS siang ini, 15 Desember 2021 pk. 13.30. Ujian bersifat open book dengan menggunakan sistem google form. Cermati petunjuk ujian, perhatikan pula waktu saat anda mengerjakan soal, sistem akan tertutup otomatis tepat pukul 15.15, yang berarti anda sudah tidak bisa mengumpulkan jawaban ujian. Silakan klik link di bawah dengan memasukkan kode unik: 354. Selamat mengerjakan, semoga sukses.
Silakan klik link berikut untuk mengikuti ujian.