Aplikasi Android dengan Flutter

Flutter merupakan cross-platform framework, alias aplikasi yang dapat digunakan di lebih dari satu platform. Aplikasi yang dibuat dengan menggunakan Flutter dapat dijalankan baik di platform Android maupun iOS. Bahkan pada pengembangan terbarunya, Flutter tidak hanya digunakan pada platform mobile, namun sudah merambah ke sisi web dan desktop. Tentu hal ini akan menghemat waktu karena tidak perlu mempelajari bahasa native yang digunakan di masing-masing platform.

Flutter sendiri telah digunakan oleh berbagai perusahaan besar seperti Google, Alibaba.com, dan Tencent. Berbagai perusahaan tersebut memilih Flutter karena hanya membutuhkan satu codebase untuk mengembangkan aplikasi di berbagai platform, alhasil dapat menghemat waktu, tenaga, dan juga biaya. Menurut data Google, per Agustus 2020 sudah ada lebih dari 90.000 aplikasi di Google Play yang dibuat dengan menggunakan Flutter, dan angka ini akan terus bertambah dengan kecepatan 10.000 aplikasi baru tiap bulannya.

Course ini akan mempelajari komponen dasar yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi mobile menggunakan Flutter, seperti Flutter SDK, widget, navigation, dan proses deployment hingga menjadikan berkas APK.