Pemrograman Berorientasi Objek

Saat ini dikenal setidaknya ada 4 paradigma pemrograman, yaitu paradigma terstruktur atau fungsional, paradigma berorientasi objek, constraint solving dan pattern matching. Dari empat paradigma ini memiliki kelebihan masing-masing, sehingga beberapa masalah mungkin akan lebih mudah diselesaikan dengan fungsional, terkadang juga lebih cocok diselesaikan dengan konsep orientasi objek, dan masalah lainnya mungkin akan lebih mudah diselesaikan dengan paradigma constraint solving maupun pattern matching.

Course akan mempelajari konsep dan bagaimana implementasi pemrograman berorientasi objek. Pada akhir course peserta diharapkan dapat membuat sebuah sistem atau penyelesaian masalah dengan pemrograman berorientasi objek.

Materi untuk course ini meliputi: (1) Dasar-dasar pemrograman: tipe data, variabel, array dan struktur kontrol; (2) Konsep OOP: Class, Enkapsulasi, Konstruktor, Overloading, Override, Inheritance, Polymorphisme,  Abstraksi, dan Interface. (3) Implementasi: Class Diagram, Basis Data dan JavaFX.