Statistika Ekonomi 1 Manajemen_Kelas C Semester genap 2020/2021

Statistika Ekonomi 1  (FEB – 612108, FEB – 612108) merupakan bagian dari mata kuliah alat analisis   dan mata kuliah dasar untuk mengikuti mata kuliah ekonometrika. Statistika Ekonomi 1 merupakan mata kuliah wajib  diikuti oleh mahasiswa fakultas ekonomi semester  dua atau mahasiswa lainnya pada semester genap. Statistika adalah salah satu alat untuk menggambarkan suatu keadaan termasuk keadaan ekonomi. Sebagai salah satu alat analisis ekonomi, statistika mempunyai abstaksi yang tinggi sehingga penggunaannya dalam ilmu ekonomi akan sangat membantu ketajaman analisis dan daya generalisasi. Penguasaan matematika dengan baik akan mempermudah dalam melakukan analisis ekonomi.

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menggunakan pendekatan Statistika dan mampu menjelaskan/ menguraikan makna dari hasil perhitungan dalam analisis ekonomi. Topik yang dibahas dalam mata kuliah Statistika Ekonomi 1 terdiri dari:

(1) pengumpulan dan pengolahan data, (2) penyajian data, (3) pengukuran nilai sentral, (4) pengukuran dispersi, (5) pengukuran angka indeks, (6) regresi dan korelasi sederhana, (7) analisis deret berkala, (8) indeks musiman dan gerakan siklis, (9) angka indeks,  (10) Probabilitas