Penilaian Otentik (Authentic Assessment)

Matakuliah Asesmen otentik dirancang untuk memberi­kan pengetahuan bagi mahasiswa pendidikan fisika tentang asesmen otentik (1) konsep penilaian otentik; (2) Pelaksanaan asesmen otentik pembelajaran yang benar sebagai dasar bagi tenaga pendi­dik untuk melakukan refleksi dan evaluasi; dan (3) Penyediaan kerangka peningkatan kinerja bagi tenaga pendidik untuk mengoptimalkan peran­nya dalam perencanaan, pelaksana­an, dan evaluasi pembelajaran; (4) Penanaman program pengembangan tenaga pendidik yang memenuhi kebutuhan masyarakat, yang meli­puti identifikasi kebutuhan, pelaksanaan, efektivitas tenaga pendidik. Penekanan utama asesmen otentik adalah pada pertumbuhan profesional tenaga pendidik. Bahasan kuliah ini meliputi: Konsep Penilaian Otentik; Rubrik, Penilaian Sikap, Penilaian Pengetahuan, Penilaian Produk, Penilaian Kinerja, Penilaian Proyek, dan Penilaian Portofolio. Kegiatan Asesmen otentik Pembelajaran; Data Hasil Kegiatan Asesmen otentik dan Laporan Hasil Asesmen otentik Pembelajaran.