Dasar-Dasar Pemahaman Perilaku
  1. 1.        Deskripsi Mata Kuliah

Analisis psikologis terhadap kemampuan dasar manusia dan perkembangan kepribadian. Bahasan-bahasan perkuliahan meliputi: terutama yang menyangkut perhatian dan pengamatan, ingatan dan lupa, motivasi dan emosi, belajar, berpikir dan berbahasa, serta aplikasinya dalam  memahami tingkah laku individu dan kelompok, serta analisis perkembangan kepribadian.

 

  1. 2.        Tujuan Mata Kuliah

Setelah mengikuti mata kuliah Dasar-dasar pemahaman perilaku, mahasiswa mampu memahami berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku serta menganalisis terjadinya perbedaan perilaku dalam kegiatan bimbingan dan konseling.

 

  1. 3.        Strategi Belajar

Perkuliahan ini menerapkan strategi pembelajaran berupa ceramah, umpan balik, presentasi, dan diskusi kelompok. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan tugas pekerjaan rumah setiap selesai pembahasan  materi, berupa resensi buku dan studi kasus. Pekerjaan rumah disesuaikan dengan materi. Strategi ini menuntut mahasiswa berperan aktif dalam proses pembelajaran baik secara mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab, dan mandiri.

 

 

  1. 4.        Materi/Bahan Bacaan

1)    Ahmadi, A. 1998. Psikologi Umum.ed. 2. Jakarta: PT. Rineka Cipta

2)    Azwar, S. 1996. Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset.

3)    Farozin, M. & Fathiyah, K.N. 2002. Pemahaman Tingkah Laku. Jakarta: PT. Rineka Cipta

4)    Sujanto, A. 2001. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

5)    Walgito, B. 1998. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi

6)    Widayatun, T.R. 1999. Ilmu Prilaku. Jakarta: Pt. Fajar Interpratama.

 

  1. 5.        Tugas-tugas

-        Bacaan wajib perkuliahan harus sudah dibaca sebelum mengikuti perkuliahan.

-        Mahasiswa melakukan tugas harian berupa presentasi makalah secara kelompok sesuai materi tiap sesi perkuliahan.

-        Mid semester dilaksanakan pada minggu kedelapan

-        Kuis diadakan pada minggu keenam belas.

-        Ujian akhir semester dilaksanakan sesuai jadual ujian yang disusun oleh jurusan Ilmu Pendidikan

 

6.  Kriteria Penilaian

 

Pengajar memberikan penilaian berdasarkan kriteria sebagai berikut:

Nilai

Huruf Mutu

≥ 75

A

71-75

B+

66-70

B

61-65

C+

56-60

C

51-55

D

≥ 50

E

 

 

Pembobotan Nilai akhir menggunakan pembobotan sebagai berikut:

No

Unsur Penilaian

Rincian Bobot

Bobot Nilai

1

UTS

20%

20%

2

UAS

25%

25%

3

Kuis

10%

10%

4

Tugas 1 (Latihan)

15%

35%

Tugas 2 (Analisis Kasus)

15%

Tugas 3  (Kelompok)

5%

5

Performance 

10%

10%

Total

100%

100%

 

Rincian Per-Minggu

Minggu Ke

Unsur Penilaian

Rincian Bobot

Bobot Nilai

1-2

Tugas 1

3%

9 %

Tugas 2

3%

Tugas 3  (Kelompok)

1%

Presentasi

2%

3-5

Kuis 1

5%

14 %

Tugas 1

3%

Tugas 2

3%

Tugas 3  (Kelompok)

1%

Presentasi

2%

6-8

Tugas 1

3%

9 %

Tugas 2

3%

Tugas 3  (Kelompok)

1%

Presentasi

2%

9

UTS

20%

20%

10-13

Kuis 2

5%

14 %

Tugas 1

3%

Tugas 2

3%

Tugas 3  (Kelompok)

1%

Presentasi

2%

14-15

Tugas 1

3%

9 %

Tugas 2

3%

Tugas 3  (Kelompok)

1%

Presentasi

2%

16

UAS

20%

25%

 

Total

100%

100%

 

 

 

 

 

Kriteria acuan penilaian tugas individual dan kelompok :

 

No

Kegiatan

Indikator

UTS

Ketepatan analisis dan kebenaran jawaban

UAS

Pola pikir sistem, ketepatan analisis dan kebenaran jawaban

Kuis

Kejujuran dan kebenaran jawaban

Performance

Kemampuan menerapkan etika berkomunikasi, kualitas ide, penguasaan materi, kerjasama dan keaktifan

Tugas Mandiri dan Kelompok

Ketepatan format, ketepatan isi, tata tulis, kemutakhiran isi, sumber pustaka

 

 

  1. 7.      Jadwal Kuliah

 

Minggu Ke

Kemampuan Akhir yang Diharapkan

Indikator

Bahan Kajian

1-2

Mahasiswa mampu menjelaskan dan menguraikan karakteristik dan hakikat manusia

  1. Ketepatan menjelaskan aspek manusia dalam organisasi secara umum
  2. Ketepatan menguraikan dalam bentuk contoh perbedaan individu, orang seutuhnya, perilaku yang termotivasi dan martabat nilai manusia
  • Aspek manusia dalam organisasi secara umum
  • Perbedaan individu
  • Konsep Manusia seutuhnya
  • Perilaku termotivasi

3-5

Mahasiswa mampu merumuskan dan menguraikan terbentuknya sikap dan perilaku manusia

  1. Mahasiswa mampu menguraikan terjadinya perilaku manusia berdasarkan pendekatan behavior, kognitif, humanistic, kepuasan dan psikoanalisis
  2. Mahasiswa mampu merumuskan dan menguraikan sikap dan hubungannya dengan perilaku
  • Pembentukan prilaku berdasarkan pendekatan behavior, kognitif, humanistic kepuasan dan psikoaanalitis
  • Sikap dan hubungannya dengan perilaku manusia

6-8

Mahasiswa mampu menentukan dan menguraikan teori yang menentukan terbentuknya keperibadian manusia

  1. Mahasiswa mampu menguraikan konsep dan teori kepribadian psikodinamik dan humanistik
  2. Mahasiswa merumuskan factor kepribadian yang berkaitan dengan perilaku

 

  • Konsep kepribadian bersadarkan teroi kepribadian
  • Keterkaitan antara kepribadian dan perilaku

 

9

             UJIAN TENGAH SEMESTER

Minggu 1-8

10-13

Mahasiswa mampu menunjukkan dan menguraikan perilaku normal dan abnormal seta faktoe penyebabnya

  1. Mampu menjelaskan dasar-dasar umum dan ciri-ciri perilaku normal-abnormal, serta faktor pemicu penyimpangan perilaku
  2. Mampu menunjukkan melalui contoh nyata dari konsep teoritis normal-abnormal
  3. Menjelaskan konsep kelainan mental
  4. Menguraikan penanganan penyimpangan perilaku dan perubahan perilaku
  5. Menunjukkan dan menguraikan tugas dan kewenangan profesi

Perilaku Menyimpang

  1. Ciri-ciri perilaku normal-abnormal
  2. Faktor pemicu penyimpangan perilaku
  3. Teoritis normal-abnormal
  4. Kelainan mental
  5. Psikoterapi dan modifikasi perilaku
  6. Kewenangan profesi dalam menangani penyimpangan perilaku

 

14-15

Mahasiswa mampu menunjukkan dan menguraikan tentang contoh peranan dan perilaku manusia dalam organisasi

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai peran manusia dan pengaruhnya dalam organisasi/lingkungan
  2. Mahasiswa mampu menguraikan peran dan pengaruhnya terhadap pembentukan perilaku
  • Konsep Peran manusia dalam lingkungan
  • Fungsi peran manusia dalam lingkungan
  • Peran dan pengaruhnya terhadap pembentukan perilaku

16

UJIAN AKHIR SEMESTER

Minggu 1-15

 

 

  • Teacher: Citra Abriani
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet