- 1. Deskripsi Mata Kuliah
Analisis psikologis terhadap kemampuan dasar manusia dan perkembangan kepribadian. Bahasan-bahasan perkuliahan meliputi: terutama yang menyangkut perhatian dan pengamatan, ingatan dan lupa, motivasi dan emosi, belajar, berpikir dan berbahasa, serta aplikasinya dalam memahami tingkah laku individu dan kelompok, serta analisis perkembangan kepribadian.
- 2. Tujuan Mata Kuliah
Setelah mengikuti mata kuliah Dasar-dasar pemahaman perilaku, mahasiswa mampu memahami berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku serta menganalisis terjadinya perbedaan perilaku dalam kegiatan bimbingan dan konseling.
- 3. Strategi Belajar
Perkuliahan ini menerapkan strategi pembelajaran berupa ceramah, umpan balik, presentasi, dan diskusi kelompok. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan tugas pekerjaan rumah setiap selesai pembahasan materi, berupa resensi buku dan studi kasus. Pekerjaan rumah disesuaikan dengan materi. Strategi ini menuntut mahasiswa berperan aktif dalam proses pembelajaran baik secara mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab, dan mandiri.
- 4. Materi/Bahan Bacaan
1) Ahmadi, A. 1998. Psikologi Umum.ed. 2. Jakarta: PT. Rineka Cipta
2) Azwar, S. 1996. Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset.
3) Farozin, M. & Fathiyah, K.N. 2002. Pemahaman Tingkah Laku. Jakarta: PT. Rineka Cipta
4) Sujanto, A. 2001. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
5) Walgito, B. 1998. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi
6) Widayatun, T.R. 1999. Ilmu Prilaku. Jakarta: Pt. Fajar Interpratama.
- 5. Tugas-tugas
- Bacaan wajib perkuliahan harus sudah dibaca sebelum mengikuti perkuliahan.
- Mahasiswa melakukan tugas harian berupa presentasi makalah secara kelompok sesuai materi tiap sesi perkuliahan.
- Mid semester dilaksanakan pada minggu kedelapan
- Kuis diadakan pada minggu keenam belas.
- Ujian akhir semester dilaksanakan sesuai jadual ujian yang disusun oleh jurusan Ilmu Pendidikan
6. Kriteria Penilaian
Pengajar memberikan penilaian berdasarkan kriteria sebagai berikut:
Nilai |
Huruf Mutu |
≥ 75 |
A |
71-75 |
B+ |
66-70 |
B |
61-65 |
C+ |
56-60 |
C |
51-55 |
D |
≥ 50 |
E |
Pembobotan Nilai akhir menggunakan pembobotan sebagai berikut:
No |
Unsur Penilaian |
Rincian Bobot |
Bobot Nilai |
1 |
20% |
20% |
|
2 |
UAS |
25% |
25% |
3 |
Kuis |
10% |
10% |
4 |
Tugas 1 (Latihan) |
15% |
35% |
Tugas 2 (Analisis Kasus) |
15% |
||
Tugas 3 (Kelompok) |
5% |
||
5 |
Performance |
10% |
10% |
Total |
100% |
100% |
Rincian Per-Minggu
Minggu Ke |
Unsur Penilaian |
Rincian Bobot |
Bobot Nilai |
1-2 |
Tugas 1 |
3% |
9 % |
Tugas 2 |
3% |
||
Tugas 3 (Kelompok) |
1% |
||
Presentasi |
2% |
||
3-5 |
Kuis 1 |
5% |
14 % |
Tugas 1 |
3% |
||
Tugas 2 |
3% |
||
Tugas 3 (Kelompok) |
1% |
||
Presentasi |
2% |
||
6-8 |
Tugas 1 |
3% |
9 % |
Tugas 2 |
3% |
||
Tugas 3 (Kelompok) |
1% |
||
Presentasi |
2% |
||
9 |
20% |
20% |
|
10-13 |
Kuis 2 |
5% |
14 % |
Tugas 1 |
3% |
||
Tugas 2 |
3% |
||
Tugas 3 (Kelompok) |
1% |
||
Presentasi |
2% |
||
14-15 |
Tugas 1 |
3% |
9 % |
Tugas 2 |
3% |
||
Tugas 3 (Kelompok) |
1% |
||
Presentasi |
2% |
||
16 |
UAS |
20% |
25% |
|
Total |
100% |
100% |
Kriteria acuan penilaian tugas individual dan kelompok :
No |
Kegiatan |
Indikator |
Ketepatan analisis dan kebenaran jawaban |
||
UAS |
Pola pikir sistem, ketepatan analisis dan kebenaran jawaban |
|
Kuis |
Kejujuran dan kebenaran jawaban |
|
Performance |
Kemampuan menerapkan etika berkomunikasi, kualitas ide, penguasaan materi, kerjasama dan keaktifan |
|
Tugas Mandiri dan Kelompok |
Ketepatan format, ketepatan isi, tata tulis, kemutakhiran isi, sumber pustaka |
- 7. Jadwal Kuliah
Minggu Ke |
Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
Indikator |
Bahan Kajian |
|
1-2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menguraikan karakteristik dan hakikat manusia |
|
|
|
3-5 |
Mahasiswa mampu merumuskan dan menguraikan terbentuknya sikap dan perilaku manusia |
|
|
|
6-8 |
Mahasiswa mampu menentukan dan menguraikan teori yang menentukan terbentuknya keperibadian manusia |
|
|
|
9 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
Minggu 1-8 |
||
10-13 |
Mahasiswa mampu menunjukkan dan menguraikan perilaku normal dan abnormal seta faktoe penyebabnya |
|
Perilaku Menyimpang
|
|
14-15 |
Mahasiswa mampu menunjukkan dan menguraikan tentang contoh peranan dan perilaku manusia dalam organisasi |
|
|
|
16 |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
Minggu 1-15 |
||
- Teacher: Citra Abriani
- Enrolled students: No students enrolled in this course yet